Double CAb

Segala mobil tipe pickup (L-300, T-120, Kijang Pickup, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Re: double cab = mana yang bagus

Post by ween »

frontier wrote:Gue kebetulan sejak 2001 di Kalsel, jadi sempat mengamati sejak munculnya double cab sampai sekarang, yang jumlahnya seabreg2... kalo kita menyusuri jalan A.Yani di Banjarmasin pas jam sibuk, hampir dari setiap 10 mobil pasti terselip 1 atau 2 double cab pickup..... juga yang parkir di halaman hotel2 di Banjarmasin...... buanyak banget populasinya... apalagi kalo ke daerah tambang batubara di Sungai Danau, Batulicin..... Nah hasil pengamatan dan hasil ngobrol2 dengan beberapa bengkel di Banjarmasin, inilah info yang mungkin membantu kita membandingkan berbagai merk tsb :

- Ford Ranger 2500cc = lemah di mekanisme front wheel drive, gigi2nya tidak terlalu kuat gitu, kopling berat, tapi ada airbag..... tapi merk ini cukup tahan solar oplosan, dan populasinya cukup banyak, bersaing dengan Mits. L-200.

- Mitsubishi Strada L-200 2500cc = Ini jenis double cab terbanyak populasinya, bersaing dengan Ford Ranger, mungkin karena tampilan bodynya yang cukup garang dan mesin cukup tangguh walau tenaga kecil sekitar 100 HP, dan harga relatif lebih murah dari yang lain serta suspensi standar yang nyaman. Penumpang belakang cukup nyaman karena leg room kayaknya paling lega walau lebar body lebih sempit daripada Nissan Frontier. Tahan pula terhadap solar oplosan.

- Nissan Frontier 3000cc = tenaga paling besar (150 HP/314 Nm) nomor dua setelah Toyota Hi-Lux Vigo 3000cc. Frontier kencang dan fun to drive(max 160 km/jam) body lebar/ramping dan macho, tapi faktor minusnya menyolok, yaitu sangat tidak tahan solar oplosan, tidak ada ABS, Airbag. Di bengkel Nissan Bjm sudah banyak yang terkapar, minimal harus dikuras tankinya dan dipasangi tambahan filter solar extra. Ada pula beberapa unit yang sudah kena di komponen branstop, harus diganti baru sekitar 4-5 jutaan harganya.

- Isuzu D-Max 3000cc = tenaga 130 HP, dan belum terdengar keluhan dari pengguna. Nampaknya cukup tahan solar oplosan.... Populasi lebih banyak daripada Nissan Frontier tapi lebih sedikit daripada L-200 dan Ford Ranger. ABS/Airbag... komplet... Nampaknya ini pilihan bagus.

- Mazda B2500 = mesin serupa Ranger, namun body nampak lebih ringan dan kurang macho...populasi sedikit.

- Toyota Hi-Lux Vigo = yang 3000 cc powernya terbesar di antara semua yang double cab yang exist sekarang ini. 170 HP. Cuma muahalnya minta ampun, di atas 300 jutaan... Ada beberapa di Kalsel.

Gitu lah sekedar info dari Kalsel, salam.

[/b]
btw, gw juga suka nich d'cab........mungkin beberapa wkt k depan mau ambil....
bung frontier, jadi yg pake abs & airbag cuma ranger, d-max&vigo yah?
secara umum(saya belum mempelajari detail & di lapangan) saya liat cuma d-max yg pake mekanisme 4x4 shift on fly(masuk ke mode 4x4nya lewat tombol elektronik,sperti blazer yg 4x4)? jadi yang laen masih pake tuas 4x4 low gear?

bung frontier, soal pajak2&keurnya brp y?
trus ada tips u/ cari 2ndnya di jkt?

thx berat buat masukannya
Danny1205
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Dec 13, 2006 3:52
Location: Jakarta

L200 Strada

Post by Danny1205 »

Saya mau share sedikit, kebetulan baru ambil L200 Strada.. So far oke banget performance-nya, sesuai yg g butuhkan u/ kendaraan sehari-hari di Jkt (tinggi, kaki2 kuat untuk ngelahap "ranjau2" lobang di jalanan, cukup irit, lebih tahan thp banjir).

Dulu g agak takut sama body-nya yg panjang (4.9 m) sama radius putar yg besar, tapi ternyata panjang ngga terlalu masalah (g pasangin sensor parkir en it helps a lot), tapi memang radius putar Strada yg lumayan besar (6.4 m) bikin kudu hati2 kalo nikung2 di gedung parkir yg pas-2an atau U-turn di jalan sempit.

Kalo soal fuel consumption mungkin belom ketauan banget 'coz baru jalan sedikit, tapi dalam kondisi yg super duper macet-pun di-itung2 masih dapet 1:9 km/liter, g pake biosolar 'coz biasanya ngisi di POM deket rumah.

Soal shift on the fly, mungkin maksudnya ganti dari 2H ke 4H sambil mobil-nya jalan ya. Strada bisa... Kita bisa shift dari 2H ke 4H
(2 WD ke 4WD Hi Gear) pas mobil jalan max. 100 km/jam. Tapi kalo mau shift dari 4H ke 4L (4 WD Hi Gear ke 4 WD Low Gear) mobil-nya kudu berhenti, begitu juga sebaliknya dari 4L ke 4H.

Yg beda sama D-max adalah D-max sudah tidak pakai tuas persneling lagi untuk meng-aktifkan 4H & 4L-nya, tapi digantikan dengan tombol. Tapi menurut review2 tombol tsb suka macet.

Tapi yg dimaksud dengan shift on the fly bukan karena Strada masih pakai tuas 4WD sedangkan D-Max sudah pakai tombol, tapi bisa shift dari 2H ke 4H pada kondisi mobil jalan. Tolong dikoreksi kalau salah....

Untuk Strada sendiri keur sekitar 200 rb-an lewat biro jasa (setiap 6 bulan), pajak 4 jt / thn lah.

Bantingan Strada terus terang kalah empuk sama Frontier, tapi Frontier yg g coba (ex. atpm Nissan Jakarta yg udah dipake off road en overhaul kaki2) terlalu empuk sehingga berasa rebound-nya terlalu banyak.

Kalo di tikungan sih Strada cukup oke, tikungan TOL dari arah Ancol - Cawang pas di pecahan Plumpang - Kelapa Gading masih berani g embat 100 km/jam.

Respon mesin Strada juga kalah responsif dibanding Frontier. Gigi 3 & 4 Strada yg berasa paling enak tenaga-nya.

Kalu mau sabar sih nunggu Frontier Navara aja yg baru launch di Thailand bulan lalu. Di OZ sendiri Navara = nomer 1 barengan sama Hilux Vigo. Tapi kalo masuk indo masih pake mesin CRD = cape deh... Kecuali solar indo udah bagus ya.

Btw, ada ide untuk bikin bantingan Strada jadi lebih empuk ??
En untuk di Jakarta ada rekomendasi ngga dimana yg jual Tonneau Cover / Sports Lid untuk bak belakang ?? Thanks buat info-nya.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: L200 Strada

Post by Turboman »

Danny1205 wrote:
Respon mesin Strada juga kalah responsif dibanding Frontier. Gigi 3 & 4 Strada yg berasa paling enak tenaga-nya.

Btw, ada ide untuk bikin bantingan Strada jadi lebih empuk ??
En untuk di Jakarta ada rekomendasi ngga dimana yg jual Tonneau Cover / Sports Lid untuk bak belakang ?? Thanks buat info-nya.

Utk performa Stradanya boleh coba ganti air filter dgn yg free flow (K&N / King Dragon / JFC kalau ada) serta pasangi Max. 2B. Nanti mau dengar reportnya........huehuehueheu

Utk bantingan, sistem suspensi juga butuh break in period, coba nanti after 5000 km lihat lagi apakah menjadi lebih enak / sama saja.

Utk shock kalau rasanya terlalu keras bisa coba produk2 nya Monroe, kadang Monroe type tertentu ada yg lebih empuk drpd shock bawaan pabrik CMIIW.

Kalau nggak sering bawa beban berat, per daun belakang juga bisa dibuat lebih empuk. CMIIW
User avatar
HidupMerekLain
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Tue Feb 27, 2007 1:50
Location: Bontang, Kalimantan Timur

Post by HidupMerekLain »

Mau tanya neh, dengan dana Rp 240 juta, bisa dapet double cab apa saja dan model taun berapa?
Sebenernya dari dulu saya ngincer D-Max, tapi harganya mangkin taun mangkin muahal ...
Ada yang tau berapa harga second-nya dan dimana ada yang jual?
my.opera.com/mrtaufik
User avatar
HidupMerekLain
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Tue Feb 27, 2007 1:50
Location: Bontang, Kalimantan Timur

Post by HidupMerekLain »

Saya tinggal di Bontang, Kaltim. Belum ada DEX :( Jadi kalau mau beli double cab, kudu yang mesinnya tahan solar gak mutu.
Lagian rencana kalau sudah punya, bener2 mau dibawa masuk utan nerobos sampai ke Berau.
my.opera.com/mrtaufik
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

HidupMerekLain wrote:Saya tinggal di Bontang, Kaltim. Belum ada DEX :( Jadi kalau mau beli double cab, kudu yang mesinnya tahan solar gak mutu.
Lagian rencana kalau sudah punya, bener2 mau dibawa masuk utan nerobos sampai ke Berau.
OK, kalau kualitas solar di tempat anda meragukan ada baiknya utk pilih D Cab yg mesinnya masih konvensional non Common Rail.

Utk mengantisipasi tidak tentunya kualitas solar maka solar bisa dicampur additive macam Amsoil ADF :

http://www.amsoil.com/storefront/adf.aspx

Juga 10 - 20 rb. km sekali purging nozzle & injector dengan obat spt. Liqui Moly Diesel Purge & sejenisnya.
User avatar
HidupMerekLain
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Tue Feb 27, 2007 1:50
Location: Bontang, Kalimantan Timur

Post by HidupMerekLain »

Mudah2an link berikut bermanfaat, buat yang mau cari spec + foto2 double-cab terbaru:
http://www.sonirodban.com (tukang jualan double-cab di Thai)
http://www.speedycars.net (harus jadi member dulu)
my.opera.com/mrtaufik
User avatar
HidupMerekLain
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Tue Feb 27, 2007 1:50
Location: Bontang, Kalimantan Timur

Post by HidupMerekLain »

@Turboman,
apa ya yang mesinnya non-commonrail?
my.opera.com/mrtaufik
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21997
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

HidupMerekLain wrote:@Turboman,
apa ya yang mesinnya non-commonrail?
Ranger model lama, L 200 Strada, Isuzu D Max model th. 2006 ke belakang, Nissan Frontier, Hi Lux yg masih 1 KZ-TE (bukan Hi Lux Vigo)
User avatar
HidupMerekLain
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Tue Feb 27, 2007 1:50
Location: Bontang, Kalimantan Timur

Post by HidupMerekLain »

Tinggal satu step lagi saya bakal dapet Isuzu D-Max keluaran taun 2004.
Kalau nggak ada alangan, dalam minggu ini rencananya saya mau ngetes mobilnya di Balikpapan.
Berhubung baru kali ini saya mau nunggangin double cab, ada saran apa saja yang musti saya perhatikan waktu meriksa + ngetes unitnya?
my.opera.com/mrtaufik
bincangoto.com
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Thu Mar 08, 2007 15:36

Post by bincangoto.com »

HidupMerekLain wrote:Tinggal satu step lagi saya bakal dapet Isuzu D-Max keluaran taun 2004.
Kalau nggak ada alangan, dalam minggu ini rencananya saya mau ngetes mobilnya di Balikpapan.
Berhubung baru kali ini saya mau nunggangin double cab, ada saran apa saja yang musti saya perhatikan waktu meriksa + ngetes unitnya?
Gimana nich .. ditunggu laporan nya melintasi rimba pake D-Max :wink:
Buku Otomotif Gratis >> http://www.bincangoto.com/showthread.php?t=1
Nissan X-Trail bikinan Indonesia ? >> http://www.bincangoto.com/showthread.php?t=23
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

kan udah dapet mobilnya nih orang?

tapi belum ada laporan melintas hutan sih, baru jalan antar kota
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
HidupMerekLain
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Tue Feb 27, 2007 1:50
Location: Bontang, Kalimantan Timur

Post by HidupMerekLain »

Udah dapet, tapi emang baru dipake di jalanan aspal yang semi rusak. Jadi sampai hari ini jalannya masih 2H terusss ...
BTW, saya pan tadinya pilih D-Max ini gara2 gak jadi beli Suzuki GV. Setelah nyobain Suzuki GV yang versi 4WD di Jordan (gw bawa muter2 ke Petra, Asyhabul Kahfi, Jabal Nebo, Dead Sea), gw bersyukur banget2 gak jadi beli Suzuki GV.
D-Max jaohhhhhhh banget lebih nyamannya dari Suzuki GV. Suspensi lebih OK (jauh banget lebih OK-nya), kabin lebih senyap (gile pake GV ribut banget!), tarikan mesin lebih manteppp (biar solar dan taun 2004 juga).
In short, gak nyesel pilih D-Max!
O ya, gw sempet jalan juga di Qatar. Dari populasi double-cab yang banyak gw liat selama di dua negara itu (Jordan dan Qatar), untuk kawasan Middle East urutan popularitas double-cab kayaknya bisa disimpulin sbb:
1. Toyota Hi-Lux Vigo
2. Isuzu D-Max Rodeo
3. Nissan Frontier Navara
4. Mitsubishi Strada
5. Isuzu Rodeo 4WD versi double-cab (gak keluar di Indonesia deh)
my.opera.com/mrtaufik
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3050
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Post by solar_kerosen »

bos mau nanya boleh dong ? bagaimana kekuatan para mobil doublecab ini dibandingkan mobil jeep sejati seperti taft gt /f 70 tahun 90 menurut mekanik gue yg dulu sekarang udah pensiun katanya taft produksi 91++ plat bodinya udah tipis hihihihihi apakah gampang rusak kaki kakinya dan bodinya karatan atau justru lebih kuat ? kayaknya gak mungkin deh biaya bahan besi kan mahal gitu loeh :e-dance:
Danny1205
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Wed Dec 13, 2006 3:52
Location: Jakarta

Post by Danny1205 »

Kalau menurut pengamatan saya Double Cab rata2 punya pelat body yang relatif lebih tebal dibandingkan mobil2 MPV, SUV yg sekelas. Strada sih pelat body-nya tebel, apalagi kalo dibandingin sama pelat body-nya new CR-V.

Tapi kalo dibandingin sama Taft GT ngga tau juga karena belom pernah compare head 2 head. Tapi Taft GT sih termasuk 'badak' overall performance-nya.

Kaki2 sih harusnya kuat yah, wong cuman per daun buat dibelakang en torsion bar + double wishbone untuk di depan, mirip banget sama konstruksi kaki2 kijang kapsul (simpel en terbukti kuat). Dan kijang kapsul 97 saya masih oke2 aja / tidak pernah ada keluhan di kaki2 sampai sekarang padahal udah jalan hampir 300 rb km. Baru ganti Tie Rod 1x itupun karena sudah waktunya diganti. Hanya bushing2 yang performance-nya sudah jelek karena sudah berumur.
fxsuprapto
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Fri May 25, 2007 8:46
Location: Balikpapan

Post by fxsuprapto »

Untuk double cab yang dipakai di area tambang, Ford Ranger paling parah ketahannya. Nggak sampek 5 tahun sudah babak belur biaya maintenancenya, terutama rewel di sekitar kaki.

Paling top tetap Toyota, mungkin karena dibuat dari bahan yang lebih kuat + anti karat yang josss.....??
micky black
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Wed Jun 20, 2007 10:48

Post by micky black »

menurut gw...D-cab yang kuenceng...yah Frontier(150 PS belum intercooler pula)....tinggal pake piggy back...sedan2 ex. estillo, great, jazz v tec bisa dilawan lah...pengalaman coy
su_minson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
Location: Jakarta

Post by su_minson »

Kalo Ranger RAs cabin 4x2?
no one's perfect
User avatar
harley
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Tue Nov 20, 2007 9:55
Location: home will be where my harley is

chevy colorado kok hilang

Post by harley »

Hi frens,
ada yang tau kenapa chevy colorado kok tidak jadi dijual di ATPM? Padahal katanya bakal di launching tahun 2005/6... :cry:
mohon pencerahannya frens... :oops:
keep the shiny-side up
& the rubber-side down
axr
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:55
Location: KGP

Post by axr »

Yang, pasti sih chevy aja lagi cari pangsa pasar di indonesia lewat dimana market itu lebih laku dari D-cab, seperti sedan dan city car, Ngak mungkin mereka mau abisin uang mereka di D-cab yang pasarnya aja jarang setengah modar.
Biarpun Colorado emang bagus dan pantas di acungin jempol, gimana pun juga mereka pasti belum berani.

Gw pernah liat Colorado, buset, paketnya comes ama 20inch wheels, bed cover with stainless steel bar, bed liner, costum leather interior. kalau ngak salah harganya sih selangit.
Mitsubishi Evolution 6 TM, Black
Nissan Frontier Navara 2.5, Black, A/T
http://dcab.forumer.com
User avatar
harley
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Tue Nov 20, 2007 9:55
Location: home will be where my harley is

Post by harley »

axr wrote:Yang, pasti sih chevy aja lagi cari pangsa pasar di indonesia lewat dimana market itu lebih laku dari D-cab, seperti sedan dan city car, Ngak mungkin mereka mau abisin uang mereka di D-cab yang pasarnya aja jarang setengah modar.
Biarpun Colorado emang bagus dan pantas di acungin jempol, gimana pun juga mereka pasti belum berani.

Gw pernah liat Colorado, buset, paketnya comes ama 20inch wheels, bed cover with stainless steel bar, bed liner, costum leather interior. kalau ngak salah harganya sih selangit.
bro axr,
thanks for the reply... Setau saya kan dmax dan colorado share the same platform spt avanza&xenia, kok isuzu berani jual tapi chevy tidak? berarti saat ini colorado tidak beredar di atpm / IU dong...
keep the shiny-side up
& the rubber-side down
axr
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:55
Location: KGP

Post by axr »

Bro Harley,
Masalah share same platform atau ngak juga tetep ngak ada bedanya, soalnya image brand untuk Chevy belum ada ama sekali di indonesia di banding Izusu.
Gini aja deh, kalau di amrik misalnya ada Izusu D-max dan Colorado, yang pasti kan Colorado lebih laku.
Jadi ada pangsa pasar sendiri lah.
Mitsubishi Evolution 6 TM, Black
Nissan Frontier Navara 2.5, Black, A/T
http://dcab.forumer.com
User avatar
harley
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Tue Nov 20, 2007 9:55
Location: home will be where my harley is

Post by harley »

axr wrote:Bro Harley,
Masalah share same platform atau ngak juga tetep ngak ada bedanya, soalnya image brand untuk Chevy belum ada ama sekali di indonesia di banding Izusu.
Gini aja deh, kalau di amrik misalnya ada Izusu D-max dan Colorado, yang pasti kan Colorado lebih laku.
Jadi ada pangsa pasar sendiri lah.
Bro Axr,
o gitu tho... berarti chevy colorado tidak jadi dipasarkan di indo dong... :(
keep the shiny-side up
& the rubber-side down
axr
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 102
Joined: Mon Oct 08, 2007 16:55
Location: KGP

Post by axr »

harley wrote:
axr wrote:Bro Harley,
Masalah share same platform atau ngak juga tetep ngak ada bedanya, soalnya image brand untuk Chevy belum ada ama sekali di indonesia di banding Izusu.
Gini aja deh, kalau di amrik misalnya ada Izusu D-max dan Colorado, yang pasti kan Colorado lebih laku.
Jadi ada pangsa pasar sendiri lah.
Bro Axr,
o gitu tho... berarti chevy colorado tidak jadi dipasarkan di indo dong... :(
Ngak denger rumor mau di masukin secara mass sih, cuma ada aja yang masukin lewat fleet gitu bro.
Suka banget yah ama chevy colorado? boros banget loh bro, tau sendiri mobil amrik.
dan itu mah jaminan ngak lepas dari diesel biasa.

Salah satu dari orang di http://dcab.12.forumer.com/ ada yang tau banget tuh tentang tu mobil.
Dia ampir beli. masuk ke sana terus tanya aja bro.
Mitsubishi Evolution 6 TM, Black
Nissan Frontier Navara 2.5, Black, A/T
http://dcab.forumer.com
frostbitez
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Mon May 19, 2008 11:57

Re: Double CAb

Post by frostbitez »

sorry maybe out of topic...

kalo boleh nanya ada yang tau fuel consumtion frontier navara 2004 (mesin masi 3.0 turbo diesel)
soalnya g ada rencana mo ambil mobil frontier seken...ada hal2 yang perlu g tau yang bisa di share ke gua (maklum yah nubie)...i mean about weakness in this type?

yang g baca diatas
1. lemah terhadap solar oplosan...umm g sih di bangka emang solarna kualitas rendah...(tapi kalo reviewnya bro diatas (ranger tahan solar oplosan, di tempat saya (bangka) malah banyakan ranger yang terkapar...pada kasi saran ambilnya strada (g maunya ini cuma carinya susah)

thx for ur concern