Compare New Jupiter Z (2007) n New Supra X 125 (2007)

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

TUFF Stough wrote:Intinya sih kompresi tinggi ditambah dgn stroke pendek otomatis konsumsi bbm menjadi lebih banyak dibanding kompresi rendah dgn stroke lebih panjang.

Tambahan lagi, dengan kompresi tinggi, otomatis bbm yang digunakan nggak bisa sembarangan. Kalau kompresi sudah di atas 1:9, minimal harus pertamax. Bisa sih dipaksakan pakai premium, tapi umur komponen mesin dipertaruhkan.

Kalau kita merujuk artikel ini
Kompresi Tinggi Bohong
maka pertama kita perlu cermati apakah spec yg diatas kertas itu kompresi dinamis atau statis.
Isi artikel itu menggambarkan bahwa spec yg tertulis cenderung kompresi statis.
Jadi pakai premium ngga salah2 amat.

Kemudian pada Jupiter z , bore x stroke = 51x54 , selisih 3mm
SupraX 125 = 52.4 x 57.9 , selisih 5.5mm
Kedua data jelas menggambarkan mesin-mesin ini lebih besar stroke daripada bore. Meaning.. longstroke,
bukan stroke pendek (shortstroke).

peforma motor dipengaruhi spek/hal2 lain juga seperti:
- sudut klep
- timing dan lamanya buka/tutup klep
- gear ratio & reduction ratio
- power to weight ratio
- dll (yyuuu...)

So we all got the picture, don't we :)
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Post by TUFF Stough »

Thanks utk Bro yoyoyo atas penjelasannya yg komprehensif. :)

SupraX125 juga menganut stroke pendek toh? Kalau itu aku baru tahu. :oops:
User avatar
le_bogs
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 82
Joined: Sat Dec 23, 2006 7:14
Location: in my mind

Post by le_bogs »

^
Lho bro, bukannya bro yoyoyo bilang kalo supra x dan jupiter z itu long stroke atau stroke panjang?
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Post by TUFF Stough »

Eh, iya. Sorry, salah baca. :oops:
FARID
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Sun Feb 19, 2006 14:12

Post by FARID »

kalo saya beli motor saya pilih yang pertama product HONDA pilihan kedua SUZUKI kekerangan YAMAHA
1 BBM BOROS SEKALI TERUTAMA GENERASI YUPITER
2 MODELNYA TERLALU DIPAKSAIN TERUTAMA YANG MODEL NEW YUPI Z (LAMPU DEPANYA )
3 HARGANYA BARU MAHAL HARGA JUAL MURAH
4 YAMAHA SERING KALAH DIMOTOR GP 500CC , MOTOR RUSAK DIPAKE BALAP , KASIAN TUH ROSI.APALAGI YANG DIPRODUKSI MASSAL
5 UNTUK BAN YANG PAKE DI YUPI MX AMA YUPI Z KUALITASNYA JELEK BANGET , TERUS GAK ADA STANDAR MERK ATAU MODEL.
DLLLLLL...........
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

bro, kalem, jangan pakai capslock lagi ok?
Selera boleh beda, it's ok.
utk point 4, kok cerita rossi di GP 500cc ? Beside, ngga bisa dong produk massal disamakan kondisinya dengan motor yg dipakai GP.
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

kompresi juga bisa turun kalo kondisi motor gak fit, misal ring piston dah gak rapet lagi, seal/paking pada bocor, dll. jadi ya, yang namanya kompresi tuh emang dinamis banget, banyak faktor yang mempengaruhinya selain dari pabrikan sendiri yang mendesain kalau ternyata kompresinya gak full.
semoga selamat sampai duluan
lobak
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sat Dec 18, 2004 16:43

Post by lobak »

FARID wrote:kalo saya beli motor saya pilih yang pertama product HONDA pilihan kedua SUZUKI kekerangan YAMAHA
1 BBM BOROS SEKALI TERUTAMA GENERASI YUPITER
2 MODELNYA TERLALU DIPAKSAIN TERUTAMA YANG MODEL NEW YUPI Z (LAMPU DEPANYA )
3 HARGANYA BARU MAHAL HARGA JUAL MURAH
4 YAMAHA SERING KALAH DIMOTOR GP 500CC , MOTOR RUSAK DIPAKE BALAP , KASIAN TUH ROSI.APALAGI YANG DIPRODUKSI MASSAL
5 UNTUK BAN YANG PAKE DI YUPI MX AMA YUPI Z KUALITASNYA JELEK BANGET , TERUS GAK ADA STANDAR MERK ATAU MODEL.
DLLLLLL...........
hehhe.. ada yg stress neh gara2 jagoannya kalah memalukan :D
kambing_knight
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Tue Jun 26, 2007 5:46
Location: Surabaya

Post by kambing_knight »

FARID wrote:kalo saya beli motor saya pilih yang pertama product HONDA pilihan kedua SUZUKI kekerangan YAMAHA
1 BBM BOROS SEKALI TERUTAMA GENERASI YUPITER
2 MODELNYA TERLALU DIPAKSAIN TERUTAMA YANG MODEL NEW YUPI Z (LAMPU DEPANYA )
3 HARGANYA BARU MAHAL HARGA JUAL MURAH
4 YAMAHA SERING KALAH DIMOTOR GP 500CC , MOTOR RUSAK DIPAKE BALAP , KASIAN TUH ROSI.APALAGI YANG DIPRODUKSI MASSAL
5 UNTUK BAN YANG PAKE DI YUPI MX AMA YUPI Z KUALITASNYA JELEK BANGET , TERUS GAK ADA STANDAR MERK ATAU MODEL.
DLLLLLL...........
1. Konsumsi BBM Jupi Z berapa sih?
2. Model mah selera masing2 bro..menurut ane keren tuh modelnya..
3. Harganya..mang sih..tapi bknnya Revo jg segitu hrganya???malah 100 cc doang
4. GP500 bukannya JADUL??Dulu Yamaha dgn Wayne R bisa juara dunia..Sekarang kan era MOTOGP..
5. Jeleknya darimana bro??Licinkah ato begimana???Klo model kembangan sih..byk motor lain yg jelek
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Post by neo88 »

FARID wrote:kalo saya beli motor saya pilih yang pertama product HONDA pilihan kedua SUZUKI kekerangan YAMAHA
1 BBM BOROS SEKALI TERUTAMA GENERASI YUPITER
2 MODELNYA TERLALU DIPAKSAIN TERUTAMA YANG MODEL NEW YUPI Z (LAMPU DEPANYA )
3 HARGANYA BARU MAHAL HARGA JUAL MURAH
4 YAMAHA SERING KALAH DIMOTOR GP 500CC , MOTOR RUSAK DIPAKE BALAP , KASIAN TUH ROSI.APALAGI YANG DIPRODUKSI MASSAL
5 UNTUK BAN YANG PAKE DI YUPI MX AMA YUPI Z KUALITASNYA JELEK BANGET , TERUS GAK ADA STANDAR MERK ATAU MODEL.
DLLLLLL...........
wahhha wahhh nih masukan baguss :D ... tapi sayangnya kurang jelas
1. yup betul bro knight., mang konsumsinya berapa sih ? 1 lt= ... km?
2. yup neo pribadi jg krg begitu suka... soalnya boros lampu sihhh hheeheheeh :lol:
3. lhooo mang harusnya hrg baru brapa broo? truss jualnya berapa ? :(
4. wahhh kalo kita beli motor kan bukan tuk balapan jadi ya beda gitu lhooo....
5. lhoo mang jeleknya gimana broo? bagi crita dong pengalamannya ? harusnya starndar ato merek apa broo yg bagus?

Additional...
6. brooo JUPI bergetar ga yach baik jaln perlahan (gigi 1) ato cepat (gigi 4) ? :wink:
7. oh yaaa tuh NEW JUPI ada tambahan apa yg NEW ? ato cuma ganti Striping ma lampu depan ? Image
8. tolong direview lg dong kelemahan NEW JUPI ama NEW SUPRI ? :e-dance:
Maximum speed ......................... Setting ON
ekops
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Thu Aug 23, 2007 15:37

Post by ekops »

Gw sebenernya dah lama nunggu comment dr para member yg dah pengalaman, (baik kelebihan & kekurangan) tp karna keburu butuh, jd akhirnya gw beli NSX125R,
Gw beli 1mgg yg lalu, tp gw blm pernah pake, soalnya posisi gw di Jogja, & motor gw di Solo, msh nunggu STNK biar bs dibawa ke Jogja.
Gw sih awalnya naksir ama MX, trus sempet ngelirik New Shogy ke dealer. Sempet mikir jg bandingin ama New Jupi Z.
Tp akhirnya gw putusin milih NSX125R (warna Putih)
Alasan gw kmrn milih tu motor antara lain soal Irit (katanya) & Tenaga(CC NSX125R lbh gede dibanding NJZ)
Tp gw ga tau gmn performa aslinya setelah dipake, apakah CC gede sebanding ama Tenaga
apakah emang lebih irit dibanding yg laen, gw blm buktiin.
I'm still waiting.. :roll:
Moga ajah gw ga salah pilih, kalo pun salah pilih, moga aja gw ga nyesel :D
Disyukuri aja dah, gw dah punya motor sendiri.. :)
Last edited by ekops on Mon Oct 01, 2007 6:48, edited 1 time in total.
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Post by neo88 »

yoyoyo wrote: Kalau kita merujuk artikel ini
Kompresi Tinggi Bohong
maka pertama kita perlu cermati apakah spec yg diatas kertas itu kompresi dinamis atau statis.
Isi artikel itu menggambarkan bahwa spec yg tertulis cenderung kompresi statis.
Jadi pakai premium ngga salah2 amat.

Kemudian pada Jupiter z , bore x stroke = 51x54 , selisih 3mm
SupraX 125 = 52.4 x 57.9 , selisih 5.5mm
Kedua data jelas menggambarkan mesin-mesin ini lebih besar stroke daripada bore. Meaning.. longstroke,
bukan stroke pendek (shortstroke).

peforma motor dipengaruhi spek/hal2 lain juga seperti:
- sudut klep
- timing dan lamanya buka/tutup klep
- gear ratio & reduction ratio
- power to weight ratio
- dll (yyuuu...)

So we all got the picture, don't we :)


uwahhhh makaciiii buanget bro yoyoyo.... neo jadi tambah ilmu lagi nihhh :e-dance:
artinya kompresi yg dicantumkan tuhh ga terlalu berarti yachh wahhh klo gitu diminumin premium aja tuhhh kan irit doku.... tapi KOTOR di KARBU ntar malah batuk2 dehhh heeheheee Image CMIIW
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Post by ibar78 »

nsx 125 modif mantap tuh....gw mauuuuuuuu
:popcorn:
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

FARID wrote:kalo saya beli motor saya pilih yang pertama product HONDA pilihan kedua SUZUKI kekerangan YAMAHA
1 BBM BOROS SEKALI TERUTAMA GENERASI YUPITER
2 MODELNYA TERLALU DIPAKSAIN TERUTAMA YANG MODEL NEW YUPI Z (LAMPU DEPANYA )
3 HARGANYA BARU MAHAL HARGA JUAL MURAH
4 YAMAHA SERING KALAH DIMOTOR GP 500CC , MOTOR RUSAK DIPAKE BALAP , KASIAN TUH ROSI.APALAGI YANG DIPRODUKSI MASSAL
5 UNTUK BAN YANG PAKE DI YUPI MX AMA YUPI Z KUALITASNYA JELEK BANGET , TERUS GAK ADA STANDAR MERK ATAU MODEL.
DLLLLLL...........
kekerangan??? :lol: kekurangan kli ya?

konsumsi BBM tergantung cara bawanya; klo sering ngebut ya boros

soal model itu relatif; tiap org punya penilaian masing2

harga jual kembali malah skrg ini Jupiter Z udah mulai tinggi diatas Supra X, Karisma

GP-500?? bukannya GP-500 udah lama diberhentikan? skrg yg ada jg motoGP.

ban Jupiter Z modelnya kembangan rapat2 gitu masa licin sih? sy prnah pake ga tuh. klo MX iya soale bannya DUNLOP yg terkenal licin. trus ban standar merk/model lain itu kaya gimana? asal ukurannya sama2 17" pake ban merk apa aja bs asal jgn ban VESPA aja. :P

sorry..
klo sy kurang sependapat..tp pendapat bung FARID perlu diperjelas lg..ok?
h3ndryg
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Tue Jan 30, 2007 0:51

Post by h3ndryg »

hi hi hi asyik rame
ngemeng ngemeng soal NSX 125, itu motor apaan ya, sorry nggak tau, mohon diterangin :D.
Wah jangan jangan sebenernya si bung Farid ini orang Honda yg menyusup kemari untuk ngejelek jelekin produk Yamaha he...he....he........ trus sayangnya pengetahuan tentang Rossi dan Tunggangannya sangat nol besar. Kata siapa motornya Rossy jelek lagian nggak ada hubungannya lageeee
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Post by TUFF Stough »

NSX125R = New SupraX 125R

Well, mudah2an diskusi ini tidak berkembang menjadi flamming.
mungkin_estilo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Fri Jun 08, 2007 7:12
Location: Jakarta

Post by mungkin_estilo »

Hore.... ada yang rame.... Beli Karimun Estilo aja... Uenak, bisa lari kenceng, ada AC, audio pake CD, pake injeksi n boleh minum premium... Eh salah ya???

IMHO aku pilih NSX125 karena Honda. Pengalaman kemarin membuktikan bahwa Megapro 2001 yang aku rawat dengan normal dan berusia lebih 5 tahun masih bisa dipake dengan nyaman dan kemarin ketika aku jual cepat aja langsung diambil orang dengan harga hampir 10jt.

Beberapa orang yang berpikiran untuk memakai kendaraan hanya untuk kebutuhan harian merasa bahwa performa Honda yang emang pas-pasan dah cukup.

Tapi ada juga orang yang mementingkan performa mesin (akselerasi, top speed) merasa bahwa mesin2 honda yang dikeluarkan AHM sangat tidak bisa memenuhi kebutuhannya.

Jadi pilihan apa yang diambil tergantung dari sudut mana yang diambil dalam melihat kebutuhan qta sendiri. Mau yang asal jalan biasa aja n dijual lagi bisa cepat laku, pilih honda. Kalo mau performa mesin yang lebih kenceng, pilih yamaha.

Masalah getar di Honda emang dari jaman grand (waktu aku masih SMA tuh) dah ada n smp sekarang masih ada cirinya. Jika dibandingkan dengan Yamaha mulai yang 4 tak (crypton) emang lebih halus getarannya.

Pengalaman pribadi sebagai motorist, untuk urusan nanjak emang Honda sedikit lebih unggul dari Yamaha (aku cobanya di Sumatera yang emang agak ekstrim dibandingkan dengan Jakarta).

Yang aku tulis disini hanya pendapat pribadi sebagai seorang yang gak tahu sama sekali tentang mesin. Cuman bisanya makai n tertib ke bengkel resmi pada jadwal yang ada di buku manualnya.

Oke bros???? :e-clap:
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Post by ibar78 »

mana ada bebek std ga pake cakram depan belakang...whuuuuu
:popcorn:
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Post by jojo »

mesin 4tak memang sejatinya memiliki getaran lebih tinggi, bandingkan dengan 2 tak, pasti lebih minim getaran. karena komponen kepala silinder 4t lebih banyak (rumit) daripada 2t, jadi ya, menghasilkan getaran lebih.

untuk meminimkan getaran 4t, banyak pabrikan sekarang mengaplikasi engine balancer. selain itu, getaran juga bisa diredam dari letak pemasangan mesin yang benar (engine mounting), dan suspensi yang bagus. jadi, perlu berpikir pintar dalam memilih produk, mau yang minim getaran? pastikan motor anda sudah ber-engine balancer, ber-engine mounting prima, dan ber-suspensi bagus.
semoga selamat sampai duluan
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

jojo wrote:mesin 4tak memang sejatinya memiliki getaran lebih tinggi, bandingkan dengan 2 tak, pasti lebih minim getaran. karena komponen kepala silinder 4t lebih banyak (rumit) daripada 2t, jadi ya, menghasilkan getaran lebih.

untuk meminimkan getaran 4t, banyak pabrikan sekarang mengaplikasi engine balancer. selain itu, getaran juga bisa diredam dari letak pemasangan mesin yang benar (engine mounting), dan suspensi yang bagus. jadi, perlu berpikir pintar dalam memilih produk, mau yang minim getaran? pastikan motor anda sudah ber-engine balancer, ber-engine mounting prima, dan ber-suspensi bagus.
wew.. Ga salah u bro?
Pernah naik bajaj kan? bukan pulsar loh...
Itu 2tak bro... Gimana getarannya?
2tak itu bergetar 2x lebih daripada 4tak..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

ibar78 wrote:mana ada bebek std ga pake cakram depan belakang...whuuuuu
koq statementnya agak ngambang ya? ambigu...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
123stu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Tue Dec 26, 2006 11:45
Location: jakarta

Post by 123stu »

r1210g wrote:
ibar78 wrote:mana ada bebek std ga pake cakram depan belakang...whuuuuu
koq statementnya agak ngambang ya? ambigu...
itu pernyataan, penyanggahan, ato pertanyaan? :lol: :lol: :lol: :lol:
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

wah..
kacau dah. :lol:

kaga nyambung
ekops
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Thu Aug 23, 2007 15:37

Post by ekops »

Akhirnya, setelah sabar menunggu 10 hari STNK jadi, gw pake jg NSX125R gw. Gw nekat pulang ke rumah cuman buat ngambil tu motor (udah ga sabar). Ternyata selama 10 hari di rumah, Ordometer cuman nyampe 19 km, jam 8 malem gw nyampe rumah, jam 9 gw pake muter buat beli helm, isi BBM Full, ama ke ATM, akhirnya ordometer dah mo nyampe angka 35 km.

Pagi td abis shubuh, gw bawa tu motor ke Kota Gudeg. Gw ikutin aja petunjuk di buku, max speed 100km/jam. Gw bawa tu motor awalnya cuman speed 50 (itu aja rasanya dah dingin banget badan gw). Begitu nyampe di jalan raya yg sepi, gw naikin speednya, selama perjalanan rata² speed gw 80 km/jam (kebetulan ada cw yg ngajakin ngebut, dia pake supra x yg umurnya 5 thn lbh tua dr motor gw :D). Pas nyampe di kota Klaten, gw mulai terbiasa di speed 90 an (biasanya gw klo bawa motor kalem, speed segitu bagi gw udah tinggi, sampe badan udah menggigil kedinginan). Dah, speed gw berkisar antara 80-90.

Dari pengalaman pertama gw, ada bbrp yg bs gw sampein ke temen²,
1. Waktu gw berhenti di lampu merah, pas ngurangin gigi 4-3-2-1 ato nambah dr N-1, terasa nyentak, padahal gas dah gw lepas.
2. Suara knalpot gw rasanya kurang halus, ato karna motor gw itu type Racing ya?
3. Begitu lewat di ring road, jalan yg lumayan sepi, gw rasain lagi performa ni motor, ternyata dah lumayan tarikannya.
4. Gw berangkat jam 4:47 waktu HP gw, sampe di kos jam 6:00, dr 35 km ke 97, km (berarti dr rumah ke kos gw sekitar 63 km)
5. Semalem gw isi BBM Full, tadi begitu nyampe kos, gw liat cm hilang 1 bar, tp setelah gw matiin motor, masuk kamar & bbrp mnt kemudian gw liat lg, ga jadi berkurang alias msh Full, gw jg heran & penasaran, berapa sih konsumsi BBM nya ni motor ?

Segitu aja pengalaman gw pagi ini bersama my NSX125R, msh kedinginan neh. Kalo ada yg tulisan salah mohon koreksinya.
ntar kalo ada kabar baru, Insya Allah gw kasih review lg

Thx
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

motor baruuu..semua motor baruu ya gitu. semuanya msh enak.

selamat deh.