Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by nescafe »

hmm.. klo untuk businya 400rb/4pcs, nah kalau quantumnya gw lupa.. :(
seinget gw kalau kabelnya merek NGK.. umm 1100K..
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by doq »

nescafe wrote:hmm.. klo untuk businya 400rb/4pcs, nah kalau quantumnya gw lupa.. :(
seinget gw kalau kabelnya merek NGK.. umm 1100K..

cateeeeet.......nambahin daftar jajanan :mrgreen:
inilah mobil....sekalinya jajan langsung nguras kantong :e-wall:
palagi oom nes yg punya koleksi gtu ya?...... :upss:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by satyr »

mobil kalo masi std or stage 1.. pengapian std udah cukup

busi iridium paling naek 0,3-0,4 hp
kabel busi paling 1 hp

dan koil mobil Toyota, Honda, mitsu udah bagus... kecuali loe sering bgt bawa di rpm atas...

dan 1 hal biasanya komponen2 gini (kabel busi racing, koil racing) umurnya lebi pendek dari std mobil. so siap2 aja keluar dana lebih (pengalaman pribadi.. that's why skr gw biarkan pengapian std..soalnya ganti merk aneh2 malah jebol mulu)

saran gw.. buat naekin performa di mobil harian:
1. intake filter udara
2. header + exhaust
3. porting polish
4. unichip sebagai penutup
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by doq »

^^ setubuh...eh setuju oom :mrgreen:

kecuali utk poin no.3......ky nya blom perlu kesana..........1,2,4 aja dulu..... :mrgreen:

busi/kabel busi high perform umurnya lbh pendek dr ori oom? khan ada embel2 "high perform" kudunya lbh tahan or minimal sama ky ori donk? cmiiw......blom pernah pk sey..... :ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by AD74YA »

Kalo di matik ngaruh gak ya?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by nescafe »

doq wrote:
nescafe wrote:hmm.. klo untuk businya 400rb/4pcs, nah kalau quantumnya gw lupa.. :(
seinget gw kalau kabelnya merek NGK.. umm 1100K..

cateeeeet.......nambahin daftar jajanan :mrgreen:
inilah mobil....sekalinya jajan langsung nguras kantong :e-wall:
palagi oom nes yg punya koleksi gtu ya?...... :upss:
bukannya koleksi oom, karena lantis gw dijual and kabel busi NGK-nya ga bsa di applied ke mobil lain, ya sudah tak simpen digudang saja..
o'ya open air filter apex'i 650K.. (mungkin bro doq tertarik, jd buat namabah daftar jajan.. :D )
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
ShadowLenZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 348
Joined: Mon May 19, 2008 4:17

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by ShadowLenZ »

satyr wrote:
ddaru wrote:Soal slipstream ni, mungkin bagi yang melakukannya bisa bermanfaat, tapi harusnya dipikir dunk, orang yang diikutin / ditempel dari belakang tuh bakal ngrasa risih banget lho. Saya yakin, pengemudi mobil yang didepan tu bakal ngeri kalo mereka tiba-tiba harus ngerem mendadak karena ada mobil di belakang yang membuntuti dengan jarak yang sangat dekat.

Kalo ada orang yang ngekor saya, pasti saya isengin, misal di tol, lari kecepatan 120 & ada mobil ngekor mepet banget di belakang saya, sambil kaki kanan saya tetap di pedal gas mempertahankan kecepatan, kaki kiri saya sedikit menyentuh rem sekedar buat menyalakan lampu rem , pasti tuh orang yang ngekor di belakang kaget & ngerem rada kenceng waktu liat lampu rem saya nyala di kecepatan tinggi, hasilnya dia jadi ga terlalu deket sama buntut mobil saya lagi. Tapi ada juga orang yang diginiin ga kapok-kapok, tetep aja ngekor.

:capede:
kalo gw biasanya ke kiri.. tp tetep digas biar dia ga bisa nyalip2... :mrgreen: :mrgreen:
Yach..ini kaya pengalaman gw waktu itu..ada innova ngebut2 di tol cipularang..lumayan sekitar 150an..

Dari belakang gw kasih sen kanan..dan gw bingung..dia koq minggir tumben.(soalnya lagi kebut2an)

Ternyata..

Setelah ke kiri dia gas tuh mobil sekenceng2nya :mrgreen:

Tapi tetep aja bisa gw salip mudah..wong dia MPV gembrot gitu n gw pake sedan (biasa pikiran orang awam : 1500cc VS 2000cc, harus menang 2000cc donk) :e-doh:

Ha ha udahnya dia gendok n terus2an ngejar2 gw (merasa mobilnya 2000cc dan harus menang)..tapi ya ga kekejar juga..gw tinggalin dech akhirnya.. :mrgreen: :mrgreen:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by doq »

nescafe wrote: bukannya koleksi oom, karena lantis gw dijual and kabel busi NGK-nya ga bsa di applied ke mobil lain, ya sudah tak simpen digudang saja..
o'ya open air filter apex'i 650K.. (mungkin bro doq tertarik, jd buat namabah daftar jajan.. :D )
open air filter? :e-think:
terus terang msh ragu mo nyoba......ngeri klo musim ujan.......palagi jkt sering banjir......eeeee bdg ikut2an banjir!! :e-wall:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by doq »

@ShadowLenZ: kekekeke :mrgreen: sy jg pernah d cipularang arah bdg d tempel ama fortuner ngedim mlulu padahal depan padet

begitu kosong ta'kasih lewat trus gantian gw tailgate......ternyata e ternyata g bs kabur dia :mrgreen: sampe akhirnya ngasi lewat :e-whistle:

padahal waktu itu make apv :mrgreen: :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by nescafe »

ShadowLenZ wrote:
satyr wrote:
ddaru wrote:Soal slipstream ni, mungkin bagi yang melakukannya bisa bermanfaat, tapi harusnya dipikir dunk, orang yang diikutin / ditempel dari belakang tuh bakal ngrasa risih banget lho. Saya yakin, pengemudi mobil yang didepan tu bakal ngeri kalo mereka tiba-tiba harus ngerem mendadak karena ada mobil di belakang yang membuntuti dengan jarak yang sangat dekat.

Kalo ada orang yang ngekor saya, pasti saya isengin, misal di tol, lari kecepatan 120 & ada mobil ngekor mepet banget di belakang saya, sambil kaki kanan saya tetap di pedal gas mempertahankan kecepatan, kaki kiri saya sedikit menyentuh rem sekedar buat menyalakan lampu rem , pasti tuh orang yang ngekor di belakang kaget & ngerem rada kenceng waktu liat lampu rem saya nyala di kecepatan tinggi, hasilnya dia jadi ga terlalu deket sama buntut mobil saya lagi. Tapi ada juga orang yang diginiin ga kapok-kapok, tetep aja ngekor.

:capede:
kalo gw biasanya ke kiri.. tp tetep digas biar dia ga bisa nyalip2... :mrgreen: :mrgreen:
Yach..ini kaya pengalaman gw waktu itu..ada innova ngebut2 di tol cipularang..lumayan sekitar 150an..

Dari belakang gw kasih sen kanan..dan gw bingung..dia koq minggir tumben.(soalnya lagi kebut2an)

Ternyata..

Setelah ke kiri dia gas tuh mobil sekenceng2nya :mrgreen:

Tapi tetep aja bisa gw salip mudah..wong dia MPV gembrot gitu n gw pake sedan (biasa pikiran orang awam : 1500cc VS 2000cc, harus menang 2000cc donk) :e-doh:

Ha ha udahnya dia gendok n terus2an ngejar2 gw (merasa mobilnya 2000cc dan harus menang)..tapi ya ga kekejar juga..gw tinggalin dech akhirnya.. :mrgreen: :mrgreen:
mungkin yg nyetir jg gembrot bro.. :mrgreen:
nah, akhirnya lw salip ntu innova waktu lari berapa? 170 kah?
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by satyr »

doq wrote:^^ setubuh...eh setuju oom :mrgreen:

kecuali utk poin no.3......ky nya blom perlu kesana..........1,2,4 aja dulu..... :mrgreen:

busi/kabel busi high perform umurnya lbh pendek dr ori oom? khan ada embel2 "high perform" kudunya lbh tahan or minimal sama ky ori donk? cmiiw......blom pernah pk sey..... :ungg:
maksudnya high performance = increase HP

tp bukan berarti increase durability

biasanya sebutan yg buat increase durability = heavy duty atau long life (kalo di lampu) :D

makanya menurut gw daripada ganti2 part umur pendek, mending improve di yg lebi berasa.. n umurnya panjang :)

kecuali mau all out sih bisa

temen gw ada yg ubah pengapiannya. dari asalnya koil + distributor, jadi 4 koil langsung buat tiap busi.. dia pake koil jazz

berasa? tentu.. :D.. tp ubahannya jg ga simple kayak modif stage 1 pada umumnya
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
paddock
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 694
Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by paddock »

Mo pengen kencang tapi lebih irit dari standar asal mau perubahan ekstrem?
Bubut flywheel,.dan serahkan ahlinya,.dan minta garansi supaya kerjaanya bagus and klo kerjaanya ga bagus atau balance bersedia ganti,.(REV,Garden speed,Sigma Speed)
Cukup 10 persen maksimal 30 persen,.
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by satyr »

gw prefer sigma n garden

kalo gak RS Tuning/lestari
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by y_anjasrana »

Kyknya kalu lebih seru kebut2an pake Atoz deh. Hehehe... Top speed dan tenaga sih ga seberapa. Pasti kalahnya malah. Tapi kalu sabar bisa kenceng jg koq. Kalu sukses bakal bikin orang lebih kesel. Kalu disusul ma sedan or mobil 2000cc mah lumrah. Tp kalu disusul ma mobil "kutu" siapa ga shock...!!!

Hueheuheu....
:upss:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by roadtrain99 »

ikutan...

1. rem cakram besar
utk mobil : kondisi jalan raya biasa rem standard udah ok, mungkin cukup ganti brake system nya aja, mulai dari master booster sampe ke piston dan caliper, brake pads nya. cakram ga perlu besar.

utk motor: umumnya diindo cuma sekelas bebek dan tiger/ninja, lucu aja velg cungkring pake rem cakram besar, emang larinya seberapa sih? Memperbesar cakram berarti jarak rem berkurang tapi belum tentu daya cengkeram nya sama, krn bobot cakram nya juga sudah menambah beban gabungan dengan body, mesin dan chassis serta pengendara. Rem standard motor bebek/tiger memang sudah dirancang utk seharian. Utk kering dan harus kompensasi ketajaman rem sewaktu hujan, krn klo terlalu pakem akibat bisa slip. Kadang2 lucu liat anak2 pk motor bebek ring velg 17-18 tapi rem nya bisa 15". Ada pula lagi yg lucu, dipakein 2 disc di depan, entah buat apa, wong motor nya masih dibawah 150kg bobotnya.
motor gede aja standardnya ga segitu amat, cth harley velg 16" rem palingan 12", yg velg 21 aja pake 12" disc. Rata2 motor2 khusus touring yg baru sudah ada abs nya spt ultra, honda goldwing dll. Liat tuh yamaha r1 yg sportsbike ga gede2 amat disc nya. Yg bikin beda tuh piston dan kaliper nya berapa jumlahnya.

Perubahan rem mesti hati2, karena alat inilah yg bisa menghentikan laju kendaraan. Btw, racing brake pads lebih cepet aus dan ada working temp nya utk optimal. Sedangkan standard pads didesign utk harian dan yg pasti lebih tahan lama krn ga mungkin juga kan tiap 500 km ganti pad? Yg bagus tuh pad yg tidak keras, klo keras akan memakan disc nya, akibatnya bisa ngebubut terus.

2. Roll cage
utk pemakaian jalan raya, ga perlu. Krn harus pake helm dan seat belt serta bucket seat yg ngejelimet.

3. Velg besar (biasanya mobil)
sekarang cenderung utk show display aja. Mungkin ada yg sering liat btcc atau jaccs touring, mereka pake velg gede yg super enteng. Velg2 besar replika yg tw punya, emang ga enteng2 amat. Untungnya: tapak mobil lebih lebar ke aspal, nikung lebih nge"grip". Ruginya: komsumsi bbm meningkat.

4. Ban tapak lebar
mobil: Untungnya lebih stabil. ruginya: semakin lebar tapak, berarti semakin banyak karet yg bergesek ke aspal, berarti komsumsi bensin meningkat.
motor: rata2 bebekers/tiger suka ganti ban belakangnya biar mirip moge. Sesuain aja deh ama lebar swing arm nya. Rumus itung2an bensin tetep berlaku, lebih boros walaupun emang lebih stabil.

Pemakaian ban slick di jln raya, ok kalo kering terus, kalo ujan? nah ma'nyun deh...

5. slip stream
mobil: kalo ngikutin bus/truk di tol sih sah2 aja, biar pas truk/bus nya minggir narik mobil nya ga keteteran. tapi hati2 kalo ngekorin mobil yg bertenaga lebih besar, contoh kijang ngekorin camry, kalo camry nya narik..ya udah d byebye.
motor ga perlu slip stream, bahaya. Sering banget di jalan yg 2 arah padat, tapi motor suka ngekor depannya mentang2 dari arah yg berlawanan jarang kendaraan. kalo tiba2 ada mobil/truk gede, terus kaget..nah..mau apa coba.

6. racing suspension/lowered springs
Utk aplikasi jalan raya sehari2, ga cocok, krn keras banget. Kalo perlu motong per, mendingan beli emang yg udah pendek, jgn potong per standard, krn daya load per nya pun udah beda. Ati2 tuh kalo beli shock yg tanpa rumah per, terutama kalo pake las, kudu extra hati2.

7. air filter/busi/kabel busi/coil
ini sih masih sah2 aja, krn lumayan bisa ngiritin, semakin bagus pengapian, bbm jg makin irit, tinggal pengemudi nya aja, suka bejek gas apa ngga. yg pasti tenaga lumayan nambah.

8. trondol (bukan spare part)
sering terlihat di motor2. Asli, jelek tau, ngapain di trondolin? biar enteng? lah motor bebek/tiger juga kebanyakkan plastic body nya, ga ngenteng2in amat lagian. Lampu dicopotin? tolol, ngapain, seneng amat bikin repot diri sendiri sewaktu malem. Lampu rem dan sein dicopot? waduh..jelek, lagipula kesian pengguna jalan yg lain. Kalo mau ganti aja yg kecilan. Naik sepeda aja sekalian huehuehe...btw, plat no. polisi jgn ikut di trondol..itu gunanya utk id kendaraan..lagian beratnya brp sih plat nomor?


yg lain2 spt porting, polish cyl head, engine balance, ganti cam wuih..klo diikutin bisa repot. mending ikut balap aja sekalian.