Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by Cloud »

satu lagi, drag juga racing. kalo mobil pake ban drag yang lebih empuk n lebar, konsekuensinya bahan bakar lebih boros. tapi bahaya juga kalo pake ban drag yang depan (kecil) yang cuma buat lurus, waktu berbelok tajam, kemampuannya jelas jauh berkurang.
kalo motor, lain lagi, di motor gede drag bike mengaplikasi ban besar n empuk. di negara kacau kita, pake ban lebih kecil. nah, pake ban drag ini bikin gesekan jauh berkurang. meski lebih kencang, buat manuver sangat berbahaya. apalagi jika kena lubang, bisa2 ban pecah.
masih banyak orang gila pake ban sepeda (kecil) di motornya, dengan swing arm dipendekin. logika mereka mati ya?
jelas2 drag butuh motor diam, gak standing, malah dipendekin swing armnya. jelas2 motor gampang wheelie. mungkin pikiran otak mati mereka, kalo motor digas dikit udah wheelie itu motornya kencang ya?
liat aja di drag bike indonesia. masih banyak yg pendekin swing arm. di jalan juga.
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3718
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by satyr »

ddaru wrote:Soal slipstream ni, mungkin bagi yang melakukannya bisa bermanfaat, tapi harusnya dipikir dunk, orang yang diikutin / ditempel dari belakang tuh bakal ngrasa risih banget lho. Saya yakin, pengemudi mobil yang didepan tu bakal ngeri kalo mereka tiba-tiba harus ngerem mendadak karena ada mobil di belakang yang membuntuti dengan jarak yang sangat dekat.

Kalo ada orang yang ngekor saya, pasti saya isengin, misal di tol, lari kecepatan 120 & ada mobil ngekor mepet banget di belakang saya, sambil kaki kanan saya tetap di pedal gas mempertahankan kecepatan, kaki kiri saya sedikit menyentuh rem sekedar buat menyalakan lampu rem , pasti tuh orang yang ngekor di belakang kaget & ngerem rada kenceng waktu liat lampu rem saya nyala di kecepatan tinggi, hasilnya dia jadi ga terlalu deket sama buntut mobil saya lagi. Tapi ada juga orang yang diginiin ga kapok-kapok, tetep aja ngekor.

:capede:
kalo gw biasanya ke kiri.. tp tetep digas biar dia ga bisa nyalip2... :mrgreen: :mrgreen:
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
User avatar
asepkadek
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 284
Joined: Wed Jul 26, 2006 7:18

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by asepkadek »

sda, apalagi kalo ngasih dim, terus pas kita kekiri yg mo nyalip tadi kehalang mobil didepan, secara mobil depannya ga bisa kekiri karena ada gw biasanya yg td ngekor ikut ngekor lagi,
Ride/Drive with the pride,respect and satisfucktion
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
Location: Yogyakarta

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by ddaru »

satyr wrote:kalo gw biasanya ke kiri.. tp tetep digas biar dia ga bisa nyalip2... :mrgreen: :mrgreen:
Kalo saya males pindah-pindah jalur segala, orang dah enak di jalur itu ngapain pindah jalur cuma gara-gara ada 'orang gila' dibelakang saya :e-naughty: . Mending diisengin kayak tadi aja, mainin lampu remnya biar tu orang kaget, hehe, ato tancap gas skalian, tapi ga usa pindah jalur sgala.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by andy1800 »

sangking penginnya gw ketemu berada di belakang bro ddaru, ...maka, gw double post aaah..... :e-whistle:
andy1800 wrote:
ddaru wrote:Kalo saya males pindah-pindah jalur segala, orang dah enak di jalur itu ngapain pindah jalur cuma gara-gara ada 'orang gila' dibelakang saya :e-naughty: . Mending diisengin kayak tadi aja, mainin lampu remnya biar tu orang kaget, hehe, ato tancap gas skalian, tapi ga usa pindah jalur sgala.
- setiap klinik safety driving pasti selalu mengajarkan untuk mengalah demi keselamatan: yg waras ngalah.

- sedangkan, gue awam samasekali dengan teknik balap... yg gw punya adalah teknik ugal2an.
- jadi, mohon bapak2 pada mengalah saja pada saya ya, kalau saya menempel di belakangnya...mohon minggir saja.
- saya nggak punya teknik balap kok...jadi saya tidak bermaksud slipstream... tapi saya cuma ingin mendahului bapak2.
- teknik ugal2an saya mengajarkan: menempel ketat adl cara yg lbh sopan dibanding kl saya dim2 atau klakson2 dg stebel nautilus saya, utk memberitahukan kl saya ingin mendahului.

- saya berharap semakin banyak bapak2 yg mengikuti kursus / klinik safety driving, sehingga makin banyak yg waspada thd pengemudi ugal2an spt saya.
- dan mohon ingat selalu motto di atas: yg waras ngalah, lbh baik jangan pergunakan lajur paling kanan.
- sehingga memberi saya kesempatan utk bisa lebih leluasa mempergunakan lajur plg kanan untuk mendahului bapak2... ... yah, yah, yah.. ;)
...pliiiiiiiiiis... :e-pray: :e-pray:



kalau gak minggir dan nggak tancap gas juga, ...cium pantat yarisnya dikit aaah.... gimana reaksinya yaa...
.................... :e-whistle: .... :ngacir:..kekekekekek
tapi, serius, gw ingin tau, apa antisipasi bapak2 bila ketemu dg supir yg konyol suka nabrakin tanpa pikir pajang spt saya gini?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
Location: Yogyakarta

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by ddaru »

Wakakak, kadang orang ngerti safety driving tapi sulit mraktekin di suasana lalulintas sebenernya.

Hehehe, senggol aja bro, dah diasuransi kok. Tapi tar tunggu kepala saya nongol dari jendela trus semua hewan di kebun binatang saya keluarin semua, hehehe.... :evil:
Kayaknya ngisengin orang yang ugal-ugalan tu lebih menyenangkan daripada ugal-ugalan itu sendiri deh, hehehe... :e-whistle:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by andy1800 »

hayuuuuk......





wuah, aseeeeek...dpt lawan sepadan neh!
dan nampaknya cuma gw seorang diri neh, yg supir ugal2an, di SM ini.... yg laen pembalap semuah
di keroyok donk gue...... :e-doh: .....wakakakakak
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by imsus2c »

ddaru wrote:Tapi tar tunggu kepala saya nongol dari jendela trus semua hewan di kebun binatang saya keluarin semua, hehehe.... :evil:
Termasuk penghuni penjara dan alam gaib juga dpanggilin semua tuh........ :ngacir:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by y_anjasrana »

Back to topic lg dunk. Soal pemakaian ban drag di jalan raya jelas bikin stabil, namun otomatis bikin boros bbm. Hari gini, ngegas... bbm mahal omm... :p

Lanjut :

Aplikasi balap yg bisa dipakai di jalan, adalah GPS. Umumnya dipakai di event rally, seperti rally Dakkar. Untuk mencegah peserta rally nyasar di tengah gurun, mobil, truk dan motor biasanya dilengkapi peralatan GPS. Saat ini peralatan GPS sudah banyak dijual di pasaran. Namun sepertinya belum terlalu banyak yg pakai di Jakarta (sepenglihatan gw lho). Soalnya otak orang Jakarta jauh lebih canggih dibanding peta GPS. Untuk nembus jalan macet banyak sekali medan off-road (jalan tikus) yg ga tercatat di GPS. Blum lagi kalau ada galian. Mana ada di GPS? :D

Jadi, GPS sepertinya hanya dibutuhkan utk tracking kendaraan, seperti truk, taxi, mobil rental, atau untuk boss2 yg nyetir sendiri dan suka bingung cari alamat. Or orang dari luar jakarta yg takut nyasar. Or pedagang mobil biar ada alasan utk naekin harga mobilnya.. Hehehe...
Accurate V5 Accounting System Consultant
sanchili
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Sun Aug 10, 2008 15:28
Location: Cianjur deket Bandung

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by sanchili »

y_anjasrana wrote:Back to topic lg dunk. Soal pemakaian ban drag di jalan raya jelas bikin stabil, namun otomatis bikin boros bbm. Hari gini, ngegas... bbm mahal omm... :p

Lanjut :

Aplikasi balap yg bisa dipakai di jalan, adalah GPS. Umumnya dipakai di event rally, seperti rally Dakkar. Untuk mencegah peserta rally nyasar di tengah gurun, mobil, truk dan motor biasanya dilengkapi peralatan GPS. Saat ini peralatan GPS sudah banyak dijual di pasaran. Namun sepertinya belum terlalu banyak yg pakai di Jakarta (sepenglihatan gw lho). Soalnya otak orang Jakarta jauh lebih canggih dibanding peta GPS. Untuk nembus jalan macet banyak sekali medan off-road (jalan tikus) yg ga tercatat di GPS. Blum lagi kalau ada galian. Mana ada di GPS? :D

Jadi, GPS sepertinya hanya dibutuhkan utk tracking kendaraan, seperti truk, taxi, mobil rental, atau untuk boss2 yg nyetir sendiri dan suka bingung cari alamat. Or orang dari luar jakarta yg takut nyasar. Or pedagang mobil biar ada alasan utk naekin harga mobilnya.. Hehehe...


saya setuju dengan bro anjasnara :D

untuk motor saya lebih suka memakai ban yg lebih gede soalny enakk dan bisa stabil dalam berkendara apalagi pas saat hujan klo memakai yg kecil pasti suka selip :mrgreen:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by y_anjasrana »

Yup, utk motor harian lebih stabil bila pakai ban bertapak lebar. Yg bikin bahaya ban motor drag <250cc yg tipis abis, justru dipakai
harian.
kalo motor, lain lagi, di motor gede drag bike mengaplikasi ban besar n empuk. di negara kacau kita, pake ban lebih kecil. nah, pake ban drag ini bikin gesekan jauh berkurang. meski lebih kencang, buat manuver sangat berbahaya. apalagi jika kena lubang, bisa2 ban pecah.
Motor drag di Indo rata-rata pakai cc-kecil, 250cc ke bawah. Motor ber-cc kecil otomatis punya tenaga juga pas-pasan. Biar dikorek kyk apapun, tetap aja tidak mampu mendongkrak tenaga terlalu banyak. Makanya utk memperkecil waktu tempuh, faktor gesekan ban juga diperhitungkan. Makin kecil permukaan ban yg menempel otomatis gaya geseknya juga makin kecil. Contoh yg paling terlihat ada pada sepeda balap. Bannya sangat tipis bukan? Sengaja dibuat setipis mungkin untuk mengecilkan gaya gesek.

Sebaliknya pada mobil drag atau motor drag ber-cc besar umumnya memiliki tenaga sangat besar. Saking besarnya roda menjadi spin (jalan di tempat). Otomatis bila roda penggerak sampai spin, waktu tempuh menjadi besar. Oleh karena itu dipakai ban bertapak lebar utk menambah faktor gesekan supaya roda tidak sampai spin. Dengan demikian tenaga mesin tersalur dengan baik hingga ke permukaan jalan. Bahkan biasanya sebelum start, mobil atau motor drag harus melakukan burnout dahulu. Salah satu tujuannya adalah memanaskan ban. Ban yg panas relatif lebih "lengket".

Pemakaian ban lebar juga hanya pada ban penggerak saja. Ban non penggerak justru pakai yg tipis untuk mengurangi gesekan. Pada motor drag ber-cc besar, ban depan tipis, ban belakang super lebar. Begitu pula pada mobil drag.

Untuk manuver jelas tidak diperlukan. Soalnya jalannya cuma lurus doank khan? Justru umumnya mobil dan motor drag dibuat untuk sulit belok. Nah yg ini jelas ga mungkin diterapkan di harian. Ga mungkin kan utk harian pake mobil/motor yg susah belok?

:D
Accurate V5 Accounting System Consultant
sanchili
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Sun Aug 10, 2008 15:28
Location: Cianjur deket Bandung

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by sanchili »

wakakakakkak parah jg ya klo bisa sampe susah belok gt

hihi ngeri jd inget dulu waktu belajar motor niat hati pingin belok tp kaku akhirnya nabrak dinding rumah orang deh :D
User avatar
zzi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Fri Aug 08, 2008 8:38
Location: bogor - semarang

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by zzi »

hehe...

klo udah di jalur kanan em susah ch.. kdg ad orang yang nek mobil baru + kenceng gak sabar gitu...


trus aja pke lampu dim... nyebelind !!! :2gunfire: :snipersmile:

dy gak tau apa rasanya nek mobil tua nan lelet..apalagi klo rem nya udah dalem?

kan gw juga mau ikutan nyalip (nyalip truk ato bus.. :upss: )
segak nya sabar dikit toh....

tau deh yang mobil nya baguss... :ungg:

jelek loh driver gak sabar.. :upss:

kaburr,, :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by doq »

nah nah..... gmana efeknya dg pemakaian busi/kabel busi racing pd kendaraan standar?
apa cukup pengaruh ato cuma buang2 duit aja? :e-think:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by andy1800 »

busi racing.... adalah/disebut juga busi yg bertipe "dingin".
disebut begitu, krn tidak cepat panas.

untuk supaya bekerja dengan baik, mesin (dan busi) memerlukan utk mencapai suhu tertentu (mari kita sebut: suhu kerja optimal ).
dalam kondisi racing, mesin akan mencapai suhu yg lebih tinggi drpd suhu kerja mesin utk keperluan harian....
krn pada balapan, mesin berputar dg lbh kencang, RPM nya (jauh) lbh kencang drpd kerja mesin harian.
nah, businya, jg dirancang utk bekerja (paling baik) pada suhu yg lebih tinggi tersebut.
(demikian juga dg parts racing lainnya.... termasuk ban racing)

sehingga, kalau belum mencapai suhu mesin (pada balapan) tsb, maka businya belum akan bekerja dg baik.
padahal, mesin utk harian, hampir tidak mungkin mencapai suhu mesin spt pd balapan tsb.
sehingga, busi racing tsb tidak akan bekerja dg baik....
shg, kejadiannya: mesin malah akan mberebet2

sedangkan kabel-busi racing,
dirancang utk dapat melewatkan arus dan tegangan yg lbh besar drpd kabel-busi standar.
jadi, kalau dipasang pd motor/mobil harian, tidak terlalu banyak berguna.... meskipun, tidak ada juga kerugiannya, selain harga yg lbh mahal.



itu tadi ttg busi/kabel-busi racing yg beneran loh ya.... krn, ada juga busi biasa yg dilabel-i: "racing"
ada juga busi yg dilabel-i racing, krn dirancang sedikit lbh "dingin" drpd busi biasa... tp tidak se-dingin busi racing beneran.
mgkin lbh tepat kalau disebut busi agak-agak racing dikit..... hehe

analoginya, ini mirip dg Ban Potenza, atau rem Brembo
itu adalah nama2 yg besar di dunia balap....
tentu saja, meskipun utk pasar daily-use BS jg meluncurkan ban dg nama: Potenza...tp tentu saja spec nya tidak sama dg Potenza yg mereka bikin utk F1....
demikian jg Brembo... bikin jg rem (caliper & brake pads) dg spec utk aplikasi harian... meskipun brand/modelnya sama, dg yg racing punya.
mgkin, secara part number, yg utk racing akan dikasih PN: BM876543....& yg utk harian, dikasih part number BM876543D... sdkan bentuknya sama persis


nah, tp masalahnya, banyak jg yg mengaku (krn mmg taunya begitu), bahwa yg dia pasang utk motor/mobilnya itu adalah parts (benar2) racing...
pdhal, adalah parts dr Brand yg memang terkenal di racing.... namun yg dipakainya itu adalah parts yg utk daily-use (semi-racing)
nah, kalau yg diaplikasikannya di motor/mobil hariannya adalah yg spt itu, ..ya tidak apa2..


gitu....kali'....... :angel:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by nescafe »

doq wrote:nah nah..... gmana efeknya dg pemakaian busi/kabel busi racing pd kendaraan standar?
apa cukup pengaruh ato cuma buang2 duit aja? :e-think:
klo di mobil gw pengaruhnya cukup berasa..
gw pantau dr pergerakan RPM gw yg enggak malu2 lg.. hehehe.. alias gerak cepat..

tp, some people say's ga ada efeknya di mobil mereka.. hmm.. gw ga ngerti.. :shrug:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by doq »

nescafe wrote:
doq wrote:nah nah..... gmana efeknya dg pemakaian busi/kabel busi racing pd kendaraan standar?
apa cukup pengaruh ato cuma buang2 duit aja? :e-think:
klo di mobil gw pengaruhnya cukup berasa..
gw pantau dr pergerakan RPM gw yg enggak malu2 lg.. hehehe.. alias gerak cepat..

tp, some people say's ga ada efeknya di mobil mereka.. hmm.. gw ga ngerti.. :shrug:
oom nes pake yg mana? 2-2nya ato salah satu aja?
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by nescafe »

doq wrote:
nescafe wrote:
doq wrote:nah nah..... gmana efeknya dg pemakaian busi/kabel busi racing pd kendaraan standar?
apa cukup pengaruh ato cuma buang2 duit aja? :e-think:
klo di mobil gw pengaruhnya cukup berasa..
gw pantau dr pergerakan RPM gw yg enggak malu2 lg.. hehehe.. alias gerak cepat..

tp, some people say's ga ada efeknya di mobil mereka.. hmm.. gw ga ngerti.. :shrug:
oom nes pake yg mana? 2-2nya ato salah satu aja?
k2nya, waktu itu pakai NGK iridium dengan kabel businya NGK..
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by andy1800 »

andy1800 wrote:
nescafe wrote:
doq wrote:nah nah..... gmana efeknya dg pemakaian busi/kabel busi racing pd kendaraan standar?
klo di mobil gw pengaruhnya cukup berasa..
gw pantau dr pergerakan RPM gw yg enggak malu2 lg.. hehehe.. alias gerak cepat..
k2nya, waktu itu pakai NGK iridium dengan kabel businya NGK..
....nah, tp masalahnya, banyak jg yg mengaku (krn mmg taunya begitu), bahwa yg dia pasang utk motor/mobilnya itu adalah parts (benar2) racing...
dan disinilah, "masalah" itu benar2 terjadi.... :mrgreen:
ada yg taunya bahwa NGK Iridium adalah Racing Spark Plug....
padahal, oleh NGK sendiri, itu tidak dimaksdukan sbg racing spark plug.
NGK Iridium, digunakan jg sbg OE pd banyak mobil.... bahkan NGK Iridium IX pun disebutnya sbg high Performance...bukan Racing.

jadi, kalau menggunakan kelas2 busi yg (agak2 racing) spt itu, tentu saja biasanya akan cukup meningkatkan kinerja mesin...
dan "peningkatan" ini, akan semakin menjadi ter-rasa-kan oleh user, bila busi bawaannya (OE) yg diganti, adalah busi yg kelas "commercial service".
atau digantinya memang pas udah mulai melemah...
dg bhs lugasnya: sebenarnya bukan peningkatan, tapi menjadi standar (performa yg seharusnya)... sebab, busi sblmnya lah yg dibawah standar.





FYI:
pada websitenya, Iridium series, masuk dlm katagori Cars, Trucks & SUVs
>>>> http://www.ngksparkplugs.com/products/c ... country=US
NGK wrote:NGK offers two choices of this precious metal plug:
-The Iridium - A high quality iridium plug installed as original equipment (OE) in the automotive industry since 1994, and
-the new Iridium IX® - The ultimate evolution of a performance spark plug.
sedangkan utk busi racing, yaitu serie: V-Powerâ„¢ Racing, EG TYPE, EV TYPE, dan EGV TYPE.....
mereka bukan menngunakan elektroda Iridium, tp menggunakan elektroda Gold Palladium atau Nickel atau Platinum.
>>>> http://www.ngksparkplugs.com/products/r ... country=US
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by nescafe »

wah.. kesalahan gw langsung terkoreksi oleh pak momod..
trimaksih pak momod :D
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by andy1800 »

lain kali nggak boleh keliru lagi yaa.... :e-naughty: :agrue: :e-naughty:
itu kan jadi bikin momod-boss harus sibuk & repot,.... musti pidato puanjang luebar, demi momod-asisten .... :e-snooty:




:e-whistle: ............. :ngacir:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by AD74YA »

nescafe wrote:
doq wrote:nah nah..... gmana efeknya dg pemakaian busi/kabel busi racing pd kendaraan standar?
apa cukup pengaruh ato cuma buang2 duit aja? :e-think:
klo di mobil gw pengaruhnya cukup berasa..
gw pantau dr pergerakan RPM gw yg enggak malu2 lg.. hehehe.. alias gerak cepat..

tp, some people say's ga ada efeknya di mobil mereka.. hmm.. gw ga ngerti.. :shrug:

Tapi serius itu ngaruh nes?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by nescafe »

gw udah coba 2 kali, pertama di mazda lantis, yg ke2 di terrano, tp di terrano lebih enak, karena dicombine pakai MSD sama coil quantum..

tp ngeliat harganya NGK iridium IX.. geleng2 dah gw.. :(
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by nescafe »

andy1800 wrote:lain kali nggak boleh keliru lagi yaa.... :e-naughty: :agrue: :e-naughty:
itu kan jadi bikin momod-boss harus sibuk & repot,.... musti pidato puanjang luebar, demi momod-asisten .... :e-snooty:




:e-whistle: ............. :ngacir:
Image ...> kesel sama momod bos.. ga pernah ngerendah.. :mad:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Aplikasi Balap di Harian - Bahaya atau Aman?

Post by doq »

nescafe wrote:gw udah coba 2 kali, pertama di mazda lantis, yg ke2 di terrano, tp di terrano lebih enak, karena dicombine pakai MSD sama coil quantum..

tp ngeliat harganya NGK iridium IX.. geleng2 dah gw.. :(
ok....berarti hasil maximal d dapat dg pemakaian busi/kabel busi high perform + coil after market :e-think:

kira2 kena brapa tu oom?
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator