apapun ttg mesin GL series

Segala motor tipe sport (GL, CBR, Tiger, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
blackpit
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: 19 Oct 2007, 09:45
Location: 024-mataram

apapun ttg mesin GL series

Post by blackpit »

mo nanya2 nih bro semua...gini, kita kan tahu kalo kebanyakan mocin yg beredear disini mesinya mirip2 ama punya honda, ga cuman tipe bebek tp juga sport-nya; ada Happy, Kaisar, Minerva, Demak, Beijing, Honlei dll. hampir semuanya memakai mesin yg tehnologinya mirip2 ama mesin honda (semisal mesin GL series). sementara itu saat ini banyak konsumen motor yg menganggap teknologi mesin GL sudah ketinggalan jaman, sebagai gambaran banyak orang kecewa dan mengkritik AHM yg memproduksi Megapro dan Tiger tanpa ada perubahan yg berarti (ganti baju doang).

nah..yg menjadi pertanyaan saya sekarang adalah...seberapa kadaluwarsanya sih teknologi mesin GL? apa si kelebihan dan kekurangannya? apa iya performa mesin GL ini sudah jauh ketinggalan dgn mesin sekelas dr merk lain? pokoknya apapun ttg profil tipe mesin ini saya pengan tau, kiranya temen2 bisa bantu kasih info tolong reply-nya ya, terimakasih... :beer: :beer: :beer:
1924, remember...remember...!
h3ndryg
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 30 Jan 2007, 07:51

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by h3ndryg »

Sebetulnya mesin mesin nggak bakal bisa kadaluarsa, wong dari besi dan babet kog, hii.hi...hi..... bercanda
Sbetulnya kalau dibilang tehnologi GL ya nggak terlalu dibilang kadaluarsa.
kalau dibilang GL sudah jauh ketinggalan dengan mesin dr merek lain, sperti Vixion, CBR, FU ya jauhlah, tapi kalau sperti Thunder 125 ataupun Scorpio masih samalah, nggak beda beda jauh.
Yang bikin mesin GL ada keunggulan yaitu orang orang sudah banyak tau dengan mesin type GL ini, dan mudah mencari sparepartnya. Untuk urusan dikorek masih bisa untuk dibikin kencang, tergantung masing masing mekaniknya.
Kalau kekurangan sih, kayanya nggak ada ya (menurut saya loh), karena walaupun tehnologi lama, tapi tehnologinya sudah diperbaiki dari versi versi sebelumnya, istilahnya lebih tahan banting lahhh.
Orang orang pada mengkritik AHM bukan karena tehnologinya tapi knp AHM jual barang tehnologi lama tapi harganya sama atau lebih mahal daripada mesin yang bertehnologi lebih maju
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: 20 Feb 2007, 23:43
Location: Sunter
Contact:

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by r1210g »

Mesin GL tuh termasuk ke dalam golongan mesin tegak..
Golongan mesin tegak itu merupakan golongan mesin yang kencang..
Soal mudah dikorek smua sama aja..
tapi dengan dasar mesin tegak inilah keuntungannya punya mesin GL...

Kelemahan dari mesin tegak hanyalah masallah vibrasi ato getaran...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
User avatar
Handy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 481
Joined: 17 Jan 2004, 12:53
Location: Jakarta
Contact:

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by Handy »

ngak semua jenis GL tegak kok. misalnya GL1800 (goldwing) 6 cylinder horizontal bertolak belakang kanan dan kiri. klo di mobil biasanya disebut boxer.
Image
ホンダ NSR レヌ バィク
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Location: Indonesia

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by anak_singkong »

biar kalah teknologi jangan salah sangka dulu soal tenaga..

soal power..
GL-PRO 150cc tahun 88-90an ama Mega Pro terbaru yg sekarang jg sy msh pegang GL-PRO.

soale..
sy prnah baca disalah satu tabloid automotif soal teknologi mesin motor GL-PRO type lama beda ama Mega Pro. teknologi mesinnya beda yg menyebabkan GL-PRO sbg type sport terbaiknya HONDA yg ada disini saat itu. powernya aja beda.

kebetulan..
dulu sy punya 2 opsi mau pilih GL-PRO atau King. saya pernah baca dibrosur dan sampe skrg sy msh inget GL-PRO 93 powernya 16dk/10.000rpm dgn torsi 2.0kg-cm/8000rpm bandingan dgn yg Mega PRO yg skrg powernya cuma 14dk/10.000 torsi 1.6kg-cm/8000rpm. power segini jamannya GL-PRO 90an = powernya GL-MAX 90an.

ga heran deh GL-PRO dulu jd motor anak muda jg selain KING.
User avatar
blackpit
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: 19 Oct 2007, 09:45
Location: 024-mataram

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by blackpit »

kenapa mesin GL tahun 90 bs lebih gede powernya dr generasi skrg? apa krn materialnya, konstruksinya ato krn waktu dulu efisiensi bahan bakar ga terlalu diutamakan..
1924, remember...remember...!
User avatar
budzaemon
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: 08 Nov 2005, 17:19
Location: Indonesia
Contact:

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by budzaemon »

klo GL100? (ga ada yg bahas nih? he3x..)
pcs123
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: 14 Jan 2008, 11:11

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by pcs123 »

Wah betul tuh kt sespuh di atas....

Gw prnah punya GL pro neotech 95....
Msn standar hnya stela klepnya di borosin 1 tingkat,...
Knalpot racing psen sm org AHAS gw....

Itu mtor gw bs nyambangin mtor king yg korekannya tdk trlalu extrim... (ini gw denger dr suara msin tuh mtr)
Sama Motor RGR... (apa mtr RGR nya yg bego bwnya yah... he.....3x)

Kynya perbedaan megapro ma gl dulu dr bhn materialnya..... klo yg gl dulu asli jepu... klo yg skrg....
ppssstttt.... dngr2x dr om cwe gw yg gawe di AHM sini... sbgian dah dproduksi sm pabrika chungkuo punya.....
Tp bener apa ga nya blm trbukti tuh... (klo dilihat dr penglman tigy revo ada yg jebol.. pdhal msh baru...) sapa tau yah.... :upss:

Peace nih boz... :beer:
pcs123
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: 14 Jan 2008, 11:11

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by pcs123 »

@Boz Budz....

Klo gl 100 gw dah pernah pake punya kak ipar gw tuh....
Cuma di bore up jd 150.... jd kenceng sih (tp ga tau ngedongkrak brp dk)....
Tp pas di jajal 1 bln jebol tuh mesin....... :ungg: pas kita yg pake lg......

Heee....3x.. untung tu ipar lgnsung ganti mtrnya jd tigy...... jd ga suruh ganti deh...

Eh... bro beli CDInya brpaan..... truz type DC kan cdinya... pke konverter dunk buat Vertexnya....

Sori nih para sespuh jd kluar dr topik..... peace ah... :beer:
h3ndryg
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 30 Jan 2007, 07:51

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by h3ndryg »

pcs123 wrote:Wah betul tuh kt sespuh di atas....

Gw prnah punya GL pro neotech 95....
Msn standar hnya stela klepnya di borosin 1 tingkat,...
Knalpot racing psen sm org AHAS gw....

Itu mtor gw bs nyambangin mtor king yg korekannya tdk trlalu extrim... (ini gw denger dr suara msin tuh mtr)
Sama Motor RGR... (apa mtr RGR nya yg bego bwnya yah... he.....3x)

Kynya perbedaan megapro ma gl dulu dr bhn materialnya..... klo yg gl dulu asli jepu... klo yg skrg....
ppssstttt.... dngr2x dr om cwe gw yg gawe di AHM sini... sbgian dah dproduksi sm pabrika chungkuo punya.....
Tp bener apa ga nya blm trbukti tuh... (klo dilihat dr penglman tigy revo ada yg jebol.. pdhal msh baru...) sapa tau yah.... :upss:

Peace nih boz... :beer:
Kalau barang barang Honda sekarang spt FIT, REVO pokoknya yg baru, sy sudah lama curiga jangan jangan memang mereka ambil segala macam mesin dari china. Makanya sebetulnya orang indonesia yg sudah mind brandednya Honda bakal dibohongin terus. :lol:, ternyata motor yg dibanggakan bikinan china juga. kasian dehhhhh
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Location: Indonesia

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by anak_singkong »

Tiger jg klo ga salah msh bagian dr GL series yah? -> CMIIW
User avatar
lon3lyboyx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: 29 Jan 2008, 08:10

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by lon3lyboyx »

anak_singkong wrote:Tiger jg klo ga salah msh bagian dr GL series yah? -> CMIIW
Umm kayanya iya deh, kalo liat bentuk mesin sama kok sama GL series.. En kalo di brosurnya tiger ditulis GL-S.
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Location: Indonesia

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by anak_singkong »

klo sy prnah pegang GL-MAX tp cuma sebentar..motor itu inventaris perusahaan..sy males aja trus sy balikin lg deh..banyak

kesannya..
biar tampang udh ketinggalan jaman tp power mesin terasa lbh enak drpd Thunder 125 malahan utk gentak2an msh enakan GL-MAX drpd Megapro..tp utk akselerasi dan kegesitannya msh kalah ama motor2 bebek kelas mesin 100/110cc. enaknya GL-MAX ini klo trek2 panjang kya LA, Kemayoran atau Kuningan digeber 100kpj lbh jg msh stabil..ga melayang ky motor bebek..tp ga enaknya klo ketemu jalanan padat susah utk selap-selip..
suara mesin GL-MAX neotech ini msh kedengeran kasar drpd GL-100..konsumsi BBMnya jg termasuk irit..isi bensin premium 15000 perak dari posisi 1/2 di indikator lsg full..setelah dipakai 2 hari keliling2 jarum indikator msh sedikit diatas tanda merah. itu berarti termasuk hitungan irit.

gitu aja deh review dikit soal GL-MAX
User avatar
tsu81
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 238
Joined: 04 Jan 2007, 22:25
Location: Neo Venezia

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by tsu81 »

hmm... kemaren nyoba Max Neotech 95 kepunyaan adik ipar
agak berat saat awal, juga saat mo pindah gigi, ujung kaki terasa sakit mo nyungkit gigi
tapi klo udah jalan enak juga kok, akselerasi lumayan, ni motor enak klo buat jarak jauh daripada kota2, karena ya itu... berat awalnya
apa gw yang ga bisa bawa GL yah ? kebiasa manja si ama cibi.....

terus....@ bro budz
punya GL 100 bro ? gw rencana mo nebus punya temen soalnya, rencananya si mo dijadiin supermoto
ada yang pernah punya pengalaman sehari2 naek GL100, soalnya temen gw ditanyain juga jawabnya enak2 mulu
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Location: Indonesia

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by anak_singkong »

GL-100 sy punya jg cuma skrg lg disewain.. :)
nih motor karakter bapak2 bgt..bawaannya santai..klo ditarik ngedennya lama dulu baru dapet larinya..ya klo mo skdr JJS bw anak bolehlah..

mesinnya awet tahan lama ga banyak ngerongrong..utk perjalanan jauh cukup bagus.

tp kekuatannya bawa beban berat motor emang kuat bgt rangkanya.
User avatar
budzaemon
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: 08 Nov 2005, 17:19
Location: Indonesia
Contact:

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by budzaemon »

tsu81 wrote:hmm... kemaren nyoba Max Neotech 95 kepunyaan adik ipar
agak berat saat awal, juga saat mo pindah gigi, ujung kaki terasa sakit mo nyungkit gigi
tapi klo udah jalan enak juga kok, akselerasi lumayan, ni motor enak klo buat jarak jauh daripada kota2, karena ya itu... berat awalnya
apa gw yang ga bisa bawa GL yah ? kebiasa manja si ama cibi.....

terus....@ bro budz
punya GL 100 bro ? gw rencana mo nebus punya temen soalnya, rencananya si mo dijadiin supermoto
ada yang pernah punya pengalaman sehari2 naek GL100, soalnya temen gw ditanyain juga jawabnya enak2 mulu
yups, gw punya tahun 90 Bro, udah CDI, gw tebus dari kantor bokap tapi udah gw dandanin (ceritanya sih pengen gaya CB) dan sekarang gw pake harian, iritnya mantap Bro.
Bener kata Om Juragan Ojek Anak Singkong, tenaga baru dapet klo udah digeber, rangkanya mantap, banyak dicari ama orang2 yang mo ngeresto CB. Shock depannya banyak dicari dragbiker karena kokoh, pendek dan enteng. Karbunya udah pake pompa akslerator (tapi sayang GL100 gw karbu aslinya dikanibal sama bengkel kantor bokap, diganti karbu imitasi, sial)

enaknya : -cek busi gampang (ya iyalah ketimbang si Vartex yang mesti bongkar fairing dulu)
-irit (gw 10 rebu bisa tembus 3 hari bahkan kadang seminggu (klo pas cuma jarak2
deket doank))
- lincah buat nyalip2 di kemacetan, ga terlalu berat kayak tiger atw megapro,
serasa naek bebek tapi posisi sport
- tenaga mumpuni buat perkotaan, buat jalan ancur juga ga masalah (peleknya ring
18)
- spare part banyak pilihan, mulai dari ori sampe abal2, banyak bengkel gampang (ya
iyalah, Honda)
- tempelin variasi apa aja lumayan masuk he3x...

Ga enaknya : - top speed gw rasa kurang buat nerabas jalur lurus dan sepi (buat gw lho), jadi
kadang masih bisa dibalap sama bebek (itulah gunanya kopling manual,
bisa dimaenin koplingnya buat mancing tenaganya)
- karena modelnya jadul suka diremehin klo diliat cewek2 kampus he3x...(damn),
disangka tukang pos kali ya, apalagi kadang suka dibanding2in sama tiger atw
megapro (mungkin beda klo udah jadi supermoto)
- ngurut kabel2nya bikin pusing klo ada yang korslet (maklum motor ga keurus
dulunya, warna kabel udah brantakan karena banyak sambungannya)
- gara2 karbu kanibalan, sering banjir klo setting angin dan keran bensinnya ga pas
bikin stress)
- mesti rada care sama kelistrikannya, kabel2 sampe aki, ati2 juga tangki bocor,
maklum bagian vital listrik (sepul atw magnet ya?lupa gw pokoknya yang
ditutupnya ada tulisan CDI-nya gitu) di bawah tangki pas (khas motor2 jaman
dulu), soalnya ada kejadian GLPro kebakar, gara2 tangki bocor nyamber bagian itu
Attachments
pengennya sih mirip kayak gini
pengennya sih mirip kayak gini
H_CB200.jpg (20.5 KiB) Viewed 41421 times
tapi bisanya cuma kayak gini
tapi bisanya cuma kayak gini
semoga berasa CB (he3x..)
semoga berasa CB (he3x..)
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Location: Indonesia

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by anak_singkong »

@mas Budz..
kenapa ga dibikin kya gini aja nih??

klo ga salah di motorplus minggu lalu ada tuh komunitas CB modif..

keren2, mas..
motornya tuh udh ampir mirip sih tgl pake tangki CB yg asli ama ban lebar velg almu tapak lebar..

wuiiihh!!

jadi pengen beli CB nih trus modif deh kya gitu. :ungg:
Attachments
cb_classic3.jpg
cb_classic2.jpg
User avatar
blackpit
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: 19 Oct 2007, 09:45
Location: 024-mataram

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by blackpit »

@bro budzaemon, dr keterangan bro kayaknya motor gl memang cocok bt harian khususnya di indonesia yg jalanya semrawut, apalagi harga bbm makin mahal. kalo emang masih seneng terusin pk-nya bro...

oya ada yg pengen gw tanyain, pompa akselerator itu yg gimana yak? fungsinya apa ya bro? kalo perkiraan gw benar kemungkinan karbu motor gw belum ada pompa akseletornya, soalnya yang gw liat cuman ada kabel gas (1 jalur) dan kabel chuck doang-ga kayak yang ada di megapro..
1924, remember...remember...!
User avatar
budzaemon
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: 08 Nov 2005, 17:19
Location: Indonesia
Contact:

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by budzaemon »

blackpit wrote:@bro budzaemon, dr keterangan bro kayaknya motor gl memang cocok bt harian khususnya di indonesia yg jalanya semrawut, apalagi harga bbm makin mahal. kalo emang masih seneng terusin pk-nya bro...

oya ada yg pengen gw tanyain, pompa akselerator itu yg gimana yak? fungsinya apa ya bro? kalo perkiraan gw benar kemungkinan karbu motor gw belum ada pompa akseletornya, soalnya yang gw liat cuman ada kabel gas (1 jalur) dan kabel chuck doang-ga kayak yang ada di megapro..
hmm fungsi detailnya gw ga terlalu tau tapi klo yang gw baca di M+, karbu GL100 dengan akslerator ini suka dipake di roadrace terutama bagi tim2 privateer yang cekak dana, akslerator berfungsi sebagai pemompa bahan bakar jadi suplai bahan bakar bukan sekedar banyak, tetapi deras (ada tenaganya) <==klo ga salah ini yang dibilang Om Chia sebagai salah satu kuncian ngorek motor,karena kebanyakan salah kaprah, membuat suplai bahan bakar banyak tapi tidak ada kekuatannya (tidak deras) cuma sekedar banjir, sehingga pembakaran tidak sempurna (percuma klo suplai banyak tapi tidak deras bisa menyebabkan suplai tidak tepat terutama bagi sirkuit yang butuh buka-tutup gas di tikungan), ibarat kata klo nyemprot tanaman pake selang, biar deras (alirannya bisa jauh) kan ujung selang kita tekan, beda klo kita biarin aja, air ngalir banyak tapi aliran lemah, kira2 gitu bro. <===CMIIW, soalnya cuma berdasarkan analisa dari tulisan di M+ doank bukan berdasarkan praktek, mungkin yg punya background teknik otomotif lebih bisa ngejelasin (Om Singkong mungkin bisa).


btw nanya donk, kemarin sempet ditawarin utk ganti mesin punya GL Pro, nah yg gw bingung dia bilang, sebaiknya ganti pake yang Neo Tech, emang bedanya apa sih Bro GL Pro biasa sama yang Neo Tech? eh iya ada yang tau klub GL100 ga he3x...? (adanya klub Max-Pro doank nih)

wah om singkong, gw udah beberapa bulan ga beli M+ nih, lgpula makin lama klo tiap minggu baca tuh tabloid jadi stress karena isinya bikin mupeng doank he3x..
h3ndryg
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 30 Jan 2007, 07:51

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by h3ndryg »

pompa accelerator namanya dihonda kalau nggak salah adalah TPFS (kepanjangannya nggak tau)
kerjanya pompa ini sebenarnya seperti dial jet (kalau nggak salah namanya itu) seperti memberi tambahan bensin diluar PJ dan MJ.
cara kerja TPFS adalah memberi semprotan pertama bensin ketika gas dibuka, tapi setelah itu tidak menyemprot lagi. Jadi memberi efek agar tarikan awal terasa ada tenaga. tapi setelah itu fungsi nya dipegang oleh MJ dan PJ.
beda dengan dial jet, yang akan menyemprot terus terusan ketika kevakuman di karburator sudah sangat tinggi (CMIIW, atau bekerja pada putaran menengah ke atas), makanya PJ dan MJ kalau menggunakan Dial Jet bisa menggunakan ukuran lebih kecil
User avatar
lon3lyboyx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: 29 Jan 2008, 08:10

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by lon3lyboyx »

@bro hendryg,

Cara liat di karbu kita ada TPFS ato gak gimana bro?
h3ndryg
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 30 Jan 2007, 07:51

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by h3ndryg »

untuk memastikan karbu kita ada TPFS bisa dilihat dari kabel gasnya bro, 1 bercabang jadi 2.
Lalu kalau dikarburatornya ada semacam pompa yang dilindungi oleh per karet letaknya ada didekat moncong karburator yang bertemu langsung dengan saringan udara.
Untuk Minerva, Karburatornya sudah menggunakan TPFS.
h3ndryg
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: 30 Jan 2007, 07:51

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by h3ndryg »

Oh iya, karburator model TPFS ini biasanya paling gampang kalau mau dibuat semacam dial jet, dengan cara melepas pompanya, agar keluarnya bensin tidak dikarenakan tarikan kabel, tapi karena kevakuman karburatornya.
User avatar
lon3lyboyx
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 444
Joined: 29 Jan 2008, 08:10

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by lon3lyboyx »

@bro hendryg..

Ohh gitu yah.. Berarti dah canggihan dikit dong karbu Minerva :e-clap:

Thanks atas infonya bro..
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: 03 Nov 2005, 15:11
Location: Indonesia

Re: apapun ttg mesin GL series

Post by anak_singkong »

maap nih bukannya TPFC kli? Transient Power Fuel Control semacam pompa akselerator di karbu..

tp tetep aja tarikan lemot :P
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post