Toyota VVT-i versus Honda VTEC

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

Sebenarnya bukan ndak bisa Toyota bikin mesin yang lebih bertenaga, mungkin dengan pertimbangan mesin dengan tenaga besar yang membutuhkan kompresi lebih tinggi dan pengaturan bukaan katup yang bisa mengatur masuknya bahan bakar sehingga bisa terbakar sempurna akan membutuhkan material yang lebih bagus. Ini yang akan menaikkan ongkos produksi juga berpengaruh pada ongkos perawatan dan perbaikan pada konsumen.
Demonium

Post by Demonium »

ga offence ya
tapi kalo bagus sama bagus
saya tetep pegang Honda, itu yg Citu juga bukan mesin bgs nya Honda kok
malah dari spek di atas kertas sih bgs yg toyota kan ?
User avatar
bunbun
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Oct 23, 2003 5:47
Location: dalemnya hati

Post by bunbun »

Demonium wrote:gila abis ya
serem aja 4000
wahhhh luar biasa berisik nya kali ya
gue bisa lebih tuw kalo pas lagi kena banjir... 8)

duh, oot... :roll:
aldo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 17, 2004 3:03

Post by aldo »

kalo punya mobil sangar gitu, gak bingung apa ya mo ngebut dimana..hihi ntar nabrak2 lagi....itu kalo nge-rem keluar parasut gak.. :lol:
User avatar
Mikel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Fri Aug 01, 2003 13:34

Post by Mikel »

indy wrote:membutuhkan kompresi lebih tinggi dan pengaturan bukaan katup yang bisa mengatur masuknya bahan bakar sehingga bisa terbakar sempurna akan membutuhkan material yang lebih bagus. Ini yang akan menaikkan ongkos produksi juga berpengaruh pada ongkos perawatan dan perbaikan pada konsumen.
Se7! katanya sih ini yang bikin mobil-mobil Honda pada mahal, material pendukung mekanisme VTEC-nya itu.
Gw aja masih merinding kalo liat spek Civic Type-R di BTCC, 290bhp dari I-4 2000cc NA.
aldo wrote:kalo punya mobil sangar gitu, gak bingung apa ya mo ngebut dimana..hihi ntar nabrak2 lagi....itu kalo nge-rem keluar parasut gak..
Mercedez SLR yang baru gak pake parasut sih... tapi pake "air brake" jadi kalo ngerem di bagasinya keluar semacam sayap buat bikin drag. Masih inget filem seri night rider? itu loh mobil trans am yang bisa ngomong... waktu pursuit mode atau apalah, ngeremnya kayak pesawat, banyak banget body panelnya yang kebuka :e-clap: hebaattttt.... kalo beneran, bensinnya seboros apa ya? mungkin jok-nya juga dipake buat tangki bensin.
Demonium

Post by Demonium »

jadi nget film jama baheula itu hehehehhe
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

hahaha pake Serie B...
Langsung "Bubar!"
yang ada Honda semua yang balepan..
User avatar
Mikel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Fri Aug 01, 2003 13:34

Post by Mikel »

Takumi wrote:hahaha pake Serie B...
Langsung "Bubar!"
yang ada Honda semua yang balepan..
Yup... Gw nonton di Star Sport balapan Asian Touring Car atau apa gitu... lupa, pokoknya asia deh, ada orang malaysia, taiwan, jepang dll. Yang balapan campur, tapi dari kira-kira 16 mobil yang balapan, cuma 1 yang logonya Toyota (Altezza Sport) dan kalah pula... Yang menang kalau gak Integra ya Civic
Demonium

Post by Demonium »

lu bukannya partai mitsu takumi ???
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

hehe.. iya nih.. cuman kalo masalah Mesin N/A gue akuin Honda emang gila!
emang Cara Kerja VVT-i Nya Toyota sama Honda tuh sama cam bergeser bersamaan cuman HOnda jauh lebih canggih lagi.. soalnya Bandul Di Cam nya Honda Terdapat Lebih dari mobil2 laen.. yaitu 3 bandul.. , yang pertama buat Rpm Rendah.. , Yang kedua RPM tengah.. yang ke 3 High REV.. bener2 maut deh.. jadi honda kalo ganti Cam 270an mah di mana mobil laen "brejet2.." honda tetep kalem!.. VVT-i nya toyota gak ada apa2nya
Demonium

Post by Demonium »

jgn gitu ah
ga enak ma yg make toyota hehehe
User avatar
electrofuq
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10

Post by electrofuq »

jd penasaran..
klo antara genio dan estillo dan ferio perbedaan mesinnya apa aja? atau cuman sama kapasitasnya aja? atau ada lagi?
Desy R
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 45
Joined: Mon Jul 19, 2004 3:32

Post by Desy R »

Kalau nggak salah genio/estillo itu mesinnya mesin injeksi biasa dgn spek 1.6 SOHC 16V PGM-FI, sedangkan ferio mesinnya udah mengadopsi VTEC dgn spek 1.6 SOHC 16V VTEC PGM-FI. (CMIIW).
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Mikel wrote: masa siihhhh???? ini stock engine atau udah ganti seri B untuk estilo? kalo dah ganti seri B... ya gak ada yang ngejar. Tapi kalo City... SOHC??? Wah, gw masi gak percaya nih, soalnya juga gak pernah liat balapannya nih, ada info buat ITCC babak berikutnya?
Regulasi ITCC maunya nggak boleh engine swap, dan harus pakai mobil yang diproduksi di Indo. Dengan kata lain, itu yang tanding di ITCC pakenya D16 (SOHC).

ITCC babak berikut itu 3 Oktober di Sirkuit Sentul. Kalo mau race report dari seri 4, ada di sisipan AutoCar.

Ada yang mau datang? Gue rencananya sih mau ke sono. Kalo misalnya mau sama2, PM gue aja.
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Kalo ada yang masih kurang jelas, ini ada summary buat peraturan ITCC 2004. Karena ini cuma summary, kalo misalnya ada yang salah, tolong kasih tahu, ya:

Mesin
Kapasitas mesin maksimum 1.600cc dengan oversize maksimum 1mm.
Tidak diperkenankan melakukan modifikasi yang bertujuan meringankan bobot komponen di dalam mesin.
Manifold saluran buang boleh diganti dan saringan knalpot bebas (which then, interpreted to straight pipe)
Tampak luar sistem computer mesin (ECU) harus asli sesuai tampak aslinya, programnya boleh diubah atau ditambahkan piggy back yang telah dihomologasi oleh IMI.
Karburator boleh dimodifikasi, namun tampak luar harus sesuai dengan tampak aslinya.
Sistem injection, throttle body standar boleh dimodifikasi namun tampak dan dimensi luarnya harus standard.
Tangki bensin harus asli atau FT3 (would someone please enlighten me on this?)
Koil boleh diganti, tapi tidak boleh mengubah sistem atau alat tambahan untuk memperbesar pengapian.

Transmisi
Mounting gearbox bebas, dengan syarat jumlah dan posisinya sesuai dengan aslinya.
Rumah kopling dan kopling boleh diganti juga dengan syarat jumlahnya sama dengan aslinya.
Flywheel standar boleh diringankan bobotnya, namun tak boleh diganti dengan flywheel yang berbahan lebih ringan.

Suspensi
Per mobil dan shock absorber ukurannya bebas, tapi sistemnya harus sama.
Untuk coil spring, tabung shock absorber dapat dibuat adjustable ke atas dan ke bawah.
Anti roll bar bebas, boleh ditambah atau dimodifikasi.
Strut bar juga bebas untuk digunakan.

Rem
Bahan kampas rem cakram dan sepatu rem tromol bebas, tapi bentuknya harus sesuai dengana aslinya.
Untuk piringan rem cakram boleh dilubangi dengan catatan, kaliper harus sesuai dengan aslinya.

Roda dan Ban
Ban yang digunakan harus produksi dalam negeri atau ban impor yang telah dihomologasi oleh IMI.
Velg bebas, ukuran diameter minimum sama dengan aslinyaq.
Ban tidak boleh keluar dari spakbor, harus berada di dalam bodi.

Interior
Bebas, tapi dashboard harus sesuai aslinya harus terpasang dan bebas untuk dimodifikasi

Eksterior
Bumper depan, belakang, kap mesin dan kap bagasi boleh diubah bentuk dan bahannya.
Kaca spion luar kiri dan kanan harus tetap ada, namun bentuknya jhuga boleh untuk diubah.
Tambahan spoiler, side skirt, dan fender diperbolehkan.
Wajib memasang satu buah lamu rem berwarna merah yang berfungsi dan dapat terlihat secara jelas dari belakang dengan ukuran minimal 10x5cm.
Lampu belakang berwarna merah yang besarnya sama dengan lampu belakang harus dinyalakan pada saat hujan atau berkabut.

Perangkat keselamatan
Setiap mobil wajib memasang rollbar minimum empat titik dengan pipa berbahan mild steel atau seamless.
Sabuk keselamatan minimum empat titik wajib dipasang berikut tabung pemadam kebakaran tipe BCF/BTM 2,5 kg.
Seluruh perangkat keselamatan ini harus sesuai dengan peraturan FIA.

Bobot minimum
Untuk mobil di bawah ini, ketentuannya adalah sebagai berikut:
Honda City Type Z : 975kg
Honda Civic Genio/Estilo : 1000kg
Kia Rio : 925kg
Suzuki Baleno Next-G / Aerio : 925kg
Timor DOHC : 925kg
Toyota Corolla All New 1.6 : 1000kg
Toyota Corolla GTI : 1000kg
Toyota Vios : 950kg

Untuk mobil bersistem pasokan bahan bakar injection, SOHC, dan jumlah katup 4 buah per silinder, ketentuannya adalah sebagai berikut:
Kelas N1:
1cc s/d 1.000cc, min 750kg

Kelas N2:
1.001cc s/d 1.300cc, min 800kg

Kelas N3:
1.301cc s/d 1.400cc, min 850kg
1.401cc s/d 1.500cc, min 925kg
1.501cc s/d 1.600cc, min 1.000kg

Penyesuaian berat minimum:
Untuk mobilyang jumlah katup per silindernya kurang dair 4 buah per silinder, berat minimumnya dikurangi 40kg.
Untuk mobill yang berpasokan bahan berkarburator, berat minimumnya dikurangi 40kg.
Untuk mobil berteknologi Variable Valve Timing, berat minimum ditambah 15kg.
Untuk mobil berteknologi Variable Valve Lift, berat minimum ditambah 40kg.
Untuk mobil berteknologi DOHC atau berkonfigurasi mesin V, berat minimum ditambah 15kg.
Silver
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Mon Aug 16, 2004 1:50

Post by Silver »

Mikel wrote:
Takumi wrote: ya gitu deh Sekarang ITCC sama Grup N menganak tirikan Honda .. dengan alasan "agar lebih kompetitif"
soalnya Honda tuh (estilo maupun City) always menang terus kaya ibarat di F1 Ferrari menang terus..


Ok deh Honda top banget di ITCC, tapi kenapa Mitsu kog gak pernah ikut di ajang touring? Yang gw tahu, mesin-mesin mitsu termasuk handal, contohnya Eterna dan Lancer GTi dan untuk performa tidak perlu diragukan lagi.

Mohon tanggapannya
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Gak ada yang mau sponsor, bos....

Tapi kalo yang bisa tuning Mitsu itu banyak, nggak?
Image
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Toyota VVT-i versus Honda VTEC

Post by aldy »

Kok sepi ya :big_smoking: :big_smoking:

Mau mbangunin ini thread lagi :big_peace: ..Ini salah satu potensi i-VTEC..dioprek dikit power naiknya banyak (N/A loh :mrgreen:)..

http://otomotifnet.com/otoweb/index.php ... /1/7/10034

Kenapa kok begitu dipuji2 ini mesin..Soalnya mesin i-VTEC generasi terbaru bukan VTEC banci lagi but full VTEC 16 valve (race engine potential)..dan dipake balap formula juga..

http://asia.vtec.net/Engines/LSERIESG2/index.html (disini dijelasin ..1st L15A gen. engine has been replaced with full time 16 valve..mirip2 ama legend engine D15 series)

http://www.autoblog.com/2009/11/05/scca ... formula-f/

(formula F with SOHC engine whaaat...????)

Terus fenomena para pembalap ITCC mengganti tunggangan dengan ANJ..

http://otomotifnet.com/otoweb/index.php ... /1/7/10180

Karena emang para pembalap mengakui "ANJ the fastest car in circuit (ITCC)"..

http://otomotifnet.com/otoweb/index.php ... 0/1/7/8861

Jadi kesimpulan ane mesin2 DOHC yg dipake mobil2 kelas 1500cc kurang ada gregetnya masak kalah ama SOHC..Sampe2 ini perlombaan ITCC jadi kayak OMR (one make race).. :off_bored: :off_bored:
Ayo2 toyota terutama,mazda,,ford dll keluarkan potensi2nya biar tambah seru balap ITCCnya... :off_good:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
adri31
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 306
Joined: Wed Feb 24, 2016 9:01

Re: Toyota VVT-i versus Honda VTEC

Post by adri31 »

Kalau sekarang, perbandingan i-vtec sama dual vvti gimana?
Bagaimana dengan double vanos, mivec, cvvd?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11317
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Toyota VVT-i versus Honda VTEC

Post by Omnibus »

adri31 wrote: Wed May 11, 2022 4:27 Kalau sekarang, perbandingan i-vtec sama dual vvti gimana?
Bagaimana dengan double vanos, mivec, cvvd?
menurut sy udah lama berlalu era kompetisi vvt (variable valve timing) diantara pabrikan mobil. selain krn sdh tercapai maximum theoretical limit mesin2 NA yg segitu2 aja tanpa bantuan turbo, juga krn emission regulation jd kurva power vs co2 emission nya sdh di angka optimum. msh bisa ditingkatin lg tp sdh harus ganti material engine yg mana cost bakal jd mahal dan jauh lbh murah dipakein turbo, which is the trend that's happening now.

kl ditanya perbandingan vvt system mana yg paling bagus, jawaban sy valvetronic by bmw. dgn absen nya throttle body maka kevakuman sepanjang intake tract hanya akan ada di silinder aja. jd begitu pedal gas di WOT (wide open throttle) (yes nama yg aneh mengingat lg ngomongin system yg ga ada throttle lagi) tekanan atmospheric bakal langsung mengisi kekosongan di dalam silinder. pumping loss minimal n volumetric efficiency maksimal, itu yg bikin mesinnya lbh responsif. better than individual throttle butterfly + vanos yg in the past sangat famous di mesin2 M series.
berbeda dgn mesin yg msh pakai throttle body dimana kevakuman ada di sisi setelah TB (intake plenum, intake manifold, intake ports) jd ketika di WOT aliran udara msh harus mengisi kevakuman di area2 tsb sebelum masuk ke silinder --> less responsive
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Toyota VVT-i versus Honda VTEC

Post by ariswp »

Sudah lewat jauh sih komparasi variable valve gini,
Sudah dilewati era n/a direct injection (ex : skyactiv, earthdream), sudah dilewati era turbo direct injection dengan segala pertimbangan yg harus diraih (tidak hanya power saja) : efisiensi, emisi, dll

ujung2nya komentator skrg ya "mending remap inivi disil mitic" hehe
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Toyota VVT-i versus Honda VTEC

Post by ChZ »

ngeliat ini thread sudah berusia hampir 20 thn wkwkkwkwkw bacanya lucu juga apalagi postingan pertama.

ternyata dulu ada juga yang ngerasa mobil yang kite kite bilang legend sekarang susah di apa apain.

yang sekarang juga ada yang mengidolakan mobil masa itu bilang mobil sekarang jelek jelek blah blah blah dengan segala romantisme masa lalu :big_biglaugh:

di tiap zaman ada aja yang begini :big_biglaugh:

dan terbukti honda emang konsisten jadi bahan bully an forum-forum sepanjang zaman. :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15537
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Toyota VVT-i versus Honda VTEC

Post by ChZ »

ariswp wrote: Wed May 11, 2022 8:40 Sudah lewat jauh sih komparasi variable valve gini,
Sudah dilewati era n/a direct injection (ex : skyactiv, earthdream), sudah dilewati era turbo direct injection dengan segala pertimbangan yg harus diraih (tidak hanya power saja) : efisiensi, emisi, dll

ujung2nya komentator skrg ya "mending remap inivi disil mitic" hehe
skrg obrolan tentang pnp, ganti camshaft, cam gear, lightweight pulley, papas head biar mobil kenceng juga udah gak relevan...

yang ada sekarang beli inivi disil mitic di remap aja bosss....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Toyota VVT-i versus Honda VTEC

Post by josomba »

ChZ wrote: Wed May 11, 2022 8:49
ariswp wrote: Wed May 11, 2022 8:40 Sudah lewat jauh sih komparasi variable valve gini,
Sudah dilewati era n/a direct injection (ex : skyactiv, earthdream), sudah dilewati era turbo direct injection dengan segala pertimbangan yg harus diraih (tidak hanya power saja) : efisiensi, emisi, dll

ujung2nya komentator skrg ya "mending remap inivi disil mitic" hehe
skrg obrolan tentang pnp, ganti camshaft, cam gear, lightweight pulley, papas head biar mobil kenceng juga udah gak relevan...

yang ada sekarang beli inivi disil mitic di remap aja bosss....
Masih ada TUSSbol mbahh ....

:big_comfort: :big_comfort:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Toyota VVT-i versus Honda VTEC

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Wed May 11, 2022 6:13
menurut sy udah lama berlalu era kompetisi vvt (variable valve timing) diantara pabrikan mobil. selain krn sdh tercapai maximum theoretical limit mesin2 NA yg segitu2 aja tanpa bantuan turbo, juga krn emission regulation jd kurva power vs co2 emission nya sdh di angka optimum. msh bisa ditingkatin lg tp sdh harus ganti material engine yg mana cost bakal jd mahal dan jauh lbh murah dipakein turbo, which is the trend that's happening now.

poin ini

kita orang malah mikir nya, kl gt sebenernya emblem vtec turbo itu, vitek nya sebenernya ngibul donk mbah

toh apanya yg mo di atur lg klep nya, kan pengganti nya ud ad si keong, tinggal di stel aj mo di boost brapa, rpm brapa

jadi vitek turbo = DOHC biasa yg dipakein turbo

:big_think: :big_think: :big_think: :big_think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: