Toyota VVT-i versus Honda VTEC

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Mikel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Fri Aug 01, 2003 13:34

Toyota VVT-i versus Honda VTEC

Post by Mikel »

http://www.billzilla.org/vvtvtec.htm
The V-TEC is the obvious choice for outright power, and the Honda's certainly seem to rev a heck of a lot more than the Toyota's do. (The S2000 red lines at a stratospheric 9,000rpm - stock!)
akhir-akhir ini, gw semakin gak suka ama Honda dan keputusan bisnisnya. Punya mesin bagus tapi gak pernah dikeluarin. Entry level performance car Honda juga terkesan boyo belakangan ini. Integra Type R, Civic Type R semuanya kena masalah understeer karena FWD. Mesin boleh paling kuat di kelasnya, tapi handlingnya kurang, yang nyetir kudu jago banget (dan yang jago dah kebeli sama tim kaya semua, dan Honda kurang kaya)
Civic standard dapet mesin aduhai lemotnya... oke deh irit (amrik dan jepang), tapi semangat Civic yang mod friendly dah ilang sekarang. Dulu masih oke diganti mesin B16 atau B18 dah cocok platformnya. Sekarang mcpherson strut-nya susah banget dimodif dibandingin ama double wishbone Civic lama.
Mesin selalu jadi keunggulan Honda, tapi chassis... ya... cuma S2000 dan NSX doang, akan tetapi dua mobil itu juga punya segelintir masalah... yang satu kudu digas kayak orang gila (S2K), yang satunya lagi kudu jago nyetirnya karena mesinnya kecil, cuma menang enteng dan lincah doang (NSX)
Honda perlu melakukan sesuatu, semoga sukses Accord Euro R, peluncuran Honda Legend baru, NSX dengan turbo, sistem 4WD baru dan penggantian CEO bikin Honda jadi lebih baik... minimal, Honda nemenin Toyota sebagai dua perusahaan yang tersisa di jepang yang murni tanpa intervensi asing
Demonium

Post by Demonium »

Variable Valve Timing-Inteligence nya kok ga ada ya di pembahasan oom
User avatar
Mikel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Fri Aug 01, 2003 13:34

Post by Mikel »

VVT-i - where instead of the simple 'on' or 'off' positions of the earlier VVT system, this version can make the inlet cam retard/advance to any angle between the maximum limits, and to do this the camshaft has a position sensor on the back of the head. This means that the engine is even more flexible in it's power output than before.
kudu ngerti teknik bacanya... gw juga kurang tau...

VVT-i Toyota lebih canggih dari versi VVT Suzuki, setara dengan VTEC Honda. Meskipun VVT-i Toyota cuma nyentuh 100Hp/L, lebih kecil dari VTEC Honda yang nyentuh 120Hp/L (stok, naturally aspirated). Tapi mesin Honda kudu digeber abis ampe 9000 rpm, sementara Toyota cuma sampai 8000, jadi mesin Toyota lebih responsif, gak perlu kemampuan pengendara untuk nahan rpm tinggi.
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

hmm
setelah gue baca cuman teknik VVTi nya toyota belon bisa nandingin Vtec nya honda tetep..
Demonium

Post by Demonium »

asyik tapi maen RPM tinggi
meraung raung hihihihi

sebetulnya yg di sebut keunggulan itu ga cuma dari sisi power produce nya aja, tapi efisiensi bahan bakar pun jadi pertimbangan
Tapi mesin Honda kudu digeber abis ampe 9000 rpm, sementara Toyota cuma sampai 8000, jadi mesin Toyota lebih responsif
mungkin ini llimit RPM nya bukan sisi responsif nya
responsi / tidak itu bisa diliat dari power band nya
maksudnya, mesin itu mulai kerasa narik di rpm berapa, dan VTEC itu kan mekanisme katup, VTEC bisa di autr kapan mau hidup / mau hidup di rpm berapa

alat pengaturnya ada Apex-i Vtec Controlller
bisa juga via ECu mesin nya

maaf rada panjang....itu cuma se gitu2 nya pengentahuan saya soal VTEC

makasih sekian pidato kenegaraan saya
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

So ... still VVTi Toyota kan. Ambil contoh aja deh tenaga NEW ALTIS 2004 VVTi dan New Civic 2004 VTEC. New ALTIS tetep lebih responsif.
Demonium

Post by Demonium »

oya vtec controller itu buat ngatur itu vtec nyala di rpm berapa

mis : Ferio, itu VTEC nya jalan di sekitar rpm 5500 an

nah, itu bisa diatur misalnya pengen nyala di rpm 2000 kek 3000 kek bebas
Demonium

Post by Demonium »

ini anak emang dudul bgt
altiz kan dohc dul
User avatar
Mikel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Fri Aug 01, 2003 13:34

Post by Mikel »

DigitALL wrote:So ... still VVTi Toyota kan. Ambil contoh aja deh tenaga NEW ALTIS 2004 VVTi dan New Civic 2004 VTEC. New ALTIS tetep lebih responsif.
ya itu karena, VVT-i nya yang bantu, 1800cc dan DOHC-nya... liat aja mesin B16 Honda Civic SiR (1600cc DOHC VTEC), tenaganya 160Bhp, dibandingin ama Altis, 145Bhp. VVT-i mah lewat kalo Honda mau adu sama spek
mungkin ini llimit RPM nya bukan sisi responsif nya
responsi / tidak itu bisa diliat dari power band nya
maksudnya, mesin itu mulai kerasa narik di rpm berapa, dan VTEC itu kan mekanisme katup, VTEC bisa di autr kapan mau hidup / mau hidup di rpm berapa
oh iya... ternyata gw salah, :) masih kudu ngembara nih, gak bole ngaku Honda fan boy dulu :cry:
Demonium

Post by Demonium »

lho lho
jgn gitu bung
kita disini kan sama2 cari tahu
nah kalo sama takumi yg diatas itu
heehhehe ga comment deh
itu manusia kamus
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

waduh waduh..
gue jawab atu2..
kalo mo bukti Vtec honda kenceng gampang
Liat ITCC balap sentul honda City 1500cc Vtec cuman SOHC bisa ngalahin Vios VVTi DOHC , makanya sampe2 regulasi menganak tirikan Honda VTEC sampe2 kusus keluari mesin "VTEC" harus di tambah bobot brp kg lah.. dan sampe2 Toyota Mesti manggil TOM'S jepang buat ngoprek nya.. mesinya , sedangkan honda mekanik lokal.. kalo gak karena regulasi bobot gue jamin Vios susah menang..

maksud honda bisa sampe 9000rpm karena mesin honda terbukti kuat nahan kompresi lebih tinggi ketimbang toyota.. dan inget semakin Tinggi RPM semakin besar Tenaga yang di hasilkan.. liat ajah
lu kenapa mesin F1 pada bekisaran 18.000rpm?

dan VTEC controler rata nyala di rpm 3000an

soal ALTIS mesinnya tetep DOHC banci..
kenapa baca spec mesinya
2ZZ-FE ( di akhiran masih terdapat "FE")
Kalo FE itu buat Fuel Economic..
resposif di rpm rendah .. di atas nya rata2..
dan liat sendiri HP nya 147hp

kalo mo nyaingin B16-B18 honda
mesinya toyota keluarin
2ZZ-GE (akhiran "GE")
pure DOHC buat SPort
RPM rendah emang busuk, menengah ke atas Buset maut abis..
dan mo tau brp hp yang di hasilkan 2ZZ-GE?
180HP....! cukup lah buat ngelawan B18C (tetep belon bisa ngalahin)
dan 2ZZ-GE terdapat di
Toyota Celica GT-S ( inget GT-S bukan yang biasa beredar di indo loh)
sama Toyota Matrix XRS pasaran jepang
Demonium

Post by Demonium »

bener kan
manusia kamus

saya senang statement ini
mo tau brp hp yang di hasilkan 2ZZ-GE?
180HP....! cukup lah buat ngelawan B18C (tetep belon bisa ngalahin)
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Thanks buat semua info berharga ini...

Now, i understand. Thanks again !
User avatar
pinoh_boy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1136
Joined: Thu Mar 04, 2004 6:47

Post by pinoh_boy »

Memang nih julukan bung takumi asli manusia kamus. hehheh
User avatar
Mikel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Fri Aug 01, 2003 13:34

Post by Mikel »

Takumi wrote:waduh waduh..
gue jawab atu2..
kalo mo bukti Vtec honda kenceng gampang
Liat ITCC balap sentul honda City 1500cc Vtec cuman SOHC bisa ngalahin Vios VVTi DOHC , makanya sampe2 regulasi menganak tirikan Honda VTEC sampe2 kusus keluari mesin "VTEC" harus di tambah bobot brp kg lah.. dan sampe2 Toyota Mesti manggil TOM'S jepang buat ngoprek nya.. mesinya , sedangkan honda mekanik lokal.. kalo gak karena regulasi bobot gue jamin Vios susah menang..
eh? emang ya? gw gak tau nih kondisi otomotif di Indo... tolong jelasin dong apa yang terjadi di ITCC, kok bisa sih VTEC dikasiin beban ekstra... SOHC gitu loh, emangnya ngalahin VIOS?
Demonium

Post by Demonium »

iya honda licik sih mesin nya kekencengan
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

Mikel wrote:
eh? emang ya? gw gak tau nih kondisi otomotif di Indo... tolong jelasin dong apa yang terjadi di ITCC, kok bisa sih VTEC dikasiin beban ekstra... SOHC gitu loh, emangnya ngalahin VIOS?

ya gitu deh Sekarang ITCC sama Grup N menganak tirikan Honda .. dengan alasan "agar lebih kompetitif"
soalnya Honda tuh (estilo maupun City) always menang terus kaya ibarat di F1 Ferrari menang terus..
gue pengalaman ngebongkar mesin Honda , Toyota ,Ford
gue angkat block bawah mesinnya toyota en ford butuh 3-4 orang
sedangkan gue angkat Block Honda najong cuman butuh 1-2 orang doank..

honda emang hebat kalo urusan N/A..
mo bukti? liat F1 kemaren.. Honda juara 2 doi cuman kalah di strategi Pit Stop nya doank.. lama bener..
Demonium

Post by Demonium »

duh
beralih nih dari mitsu takumi?
User avatar
Mikel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Fri Aug 01, 2003 13:34

Post by Mikel »

Takumi wrote: ya gitu deh Sekarang ITCC sama Grup N menganak tirikan Honda .. dengan alasan "agar lebih kompetitif"
soalnya Honda tuh (estilo maupun City) always menang terus kaya ibarat di F1 Ferrari menang terus..
masa siihhhh???? ini stock engine atau udah ganti seri B untuk estilo? kalo dah ganti seri B... ya gak ada yang ngejar. Tapi kalo City... SOHC??? Wah, gw masi gak percaya nih, soalnya juga gak pernah liat balapannya nih, ada info buat ITCC babak berikutnya?
Demonium

Post by Demonium »

Mikel wrote:
Takumi wrote: ya gitu deh Sekarang ITCC sama Grup N menganak tirikan Honda .. dengan alasan "agar lebih kompetitif"
soalnya Honda tuh (estilo maupun City) always menang terus kaya ibarat di F1 Ferrari menang terus..
masa siihhhh???? ini stock engine atau udah ganti seri B untuk estilo? kalo dah ganti seri B... ya gak ada yang ngejar. Tapi kalo City... SOHC??? Wah, gw masi gak percaya nih, soalnya juga gak pernah liat balapannya nih, ada info buat ITCC babak berikutnya?
pake SOHC lah
kebayang aja pake seri B sih
makin jauhhhhhhhh
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

wah wah Gurp N sama ITCC mana boleh ganti jeroan .. apa lagi ganti mesin , harus stok atuh bapak..
User avatar
baronfh
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
Location: CGK

Post by baronfh »

Halo rekan-rekan, maaf lama tak bergabung..... ada kendala di pembayaran koneksi internet. Hehehhehe... ni aja nyolong dari warnet... :P

VVT-i Toyota itu sama cara kerja seperti i-VTEC Honda. SUdah dibahas diatas thread ini....

Soal redline... IMHO ada beberapa komponen yang menetukan, seberapa tinggi mesin itu bisa berputar.
1. STROKE dari mesin. Semakin pendek stroke, semakin tinggi redlinenya. S2000 kalo ada yang mau perhatiin, strokenya pendek sekali dibandingkan dengan BORE nya. Mesin motor juga seperti itu. Perbandingan stroke dan bore agak gede.... hehehehe... Setau saya physical limit untuk mesin sekarang di 5000 feet detik. Artinya, panjang stroke dikalikan dengan rpm maximal tidak lebih dari 5000 feet/detik kalo dijadikan satu garis lurus. Bingung? Saya juga... hehehehhe
Mesin F1 sendiri strokenya gila sekali pendeknya, sedangkan borenya lumayan lebar. Makanya F1 bisa redline di 18000 plus, tapi tolong diingat juga, semakin pendek stroke berarti idle stationernya juga makin tinggi. Mesin motor idlenya di 1500, sedangkan mesin F1 idlenya di 4000 rpm. Noh.... pusing ga? :) Sedangkan mesin mobil standar kita berkisar antara 700 ampe 900 rpm.

2. Bahan liner cylinder dan material ring piston, serta penunjang lainnya seperti jalur oli, coolant, etc. Semakin exotic materialnya, semakin bisa mendekati limit fisika yang 5000 feet/detik tadi...

3. Sistem pemasukan bahan bakar. Kenapa mobil diesel redlinenya cuma kisaran 4000 rpm? Karena pompa BBM diesel ga sanggup mensuplai diesel dengan kompresi 22+ : 1 dan diputar dengan rpm lebih dari itu. Butuh tekanan pompa berapa untuk melawan kompresi mesin segitu, sehingga solar bisa tetap "crut"? Selain mesin diesel juga tentu saja, strokenya panjanggggggggg, truk ato bisa aja redline di rpm 2500. Hehehehehhe.. :)

Tapi kita jangan terjebak dikotomi Honda dan Toyota, yang penting kita menghargai dan memahami setiap maksud dari engineer tiap-tiap merek dari tiap tipe mesin yang mereka buat.

Tapi saya setuju dengan cuma dua merk itu yang masi asli Jepang. Setau saya Mitsubishi juga masi jepang, sedangkan yang mazda suzuki dah kawin ama ford dan GM/Chevrolet... Subaru gimana ya? :D

Kayanya dah kepanjangan, semoga info ini bermaanfaat....
Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....
Demonium

Post by Demonium »

F1 idle nya 4000 ya ?
gila bgt...kebayang aja mobil saya idle 4000
bs setengah hari sekali masuh spbu
User avatar
baronfh
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
Location: CGK

Post by baronfh »

Betul om Demon...idlenya di 4000 rpm. Lah ya makanya tenaga puncak berkisar di 18000+ rpm... hehehhehehe.....
Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....
Demonium

Post by Demonium »

gila abis ya
serem aja 4000
wahhhh luar biasa berisik nya kali ya