GTR wrote:manufaktur body rush JDM dan indo beda banget atuh, mirip juga dgn Granmax dan toyota town ace,
jgn cuma liat dari yg kasat mata saja.
cari info aja spec rush Short di Ivan motor, bobotnya aja lebih berat dari yg long, nah bayangin beda tebel plat body2nya, belum lagi clearance2 mesin lainnya.
tuas a/t nya rush cbu juga in-dash, sepertinya ini sudah electronic controlled.
saya pernah ada kesempatan ngobrol dgn R&D engineer TAM. katanya sih granmax yg dijual lokal dan impor jepang sama aja dari sisi body moulding. bedanya di toleransi quality (assembling, painting, dll), asesoris keselamatan, interior, peredam, dan suspensi. granmax saya pakai utk operasional staff sekitaran pabrik kami di Cibitung.
secara umum, mobil CKD tidak akan main2 di body moulding (saya pernah factory visit bbrp ATPM dan memang terlihat line productionnya sama pd saat moulding). terlalu mahal costnya kalau ATPM bikin bbrp line production, dr sisi investasi mesin/pabrik, operasional, dan R&D. setau saya, ngurangin ketebalan pelat beberapa mikron saja, perlu whole set R&D.
maaf, krn saya sdg tertarik dgn SX4 CKD, masalah ini saya perhatikan sekali.