Kijang vs Panther vs Kuda

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by VanzMatic »

danan32 wrote:@ om anizu : dapet lsx yg seger aja uda untung om,yg lgx jarang juga disini. Kalo gerung-gerung mungkin kudu pake peredam di firewall kali ya,ato pake ilmu bisukan hati butakan telinga aja ya
ya nggapapa om..
Lebih baik cari yang bengkel resmi nya ada, so minimal kalo cari parts nya nggada di bengkel biasa, bisa cabut langsung ke bengkel Toyota.

Yang perlu diinget lagi, mesin 2L KiDis ini berhenti hanya sampai kapsul terakhir sebelum Innova, CMIIW..
Sedangkan, KuDis, spare parts mesin masih ada karena L300 masih produced. Tinggal focus betulin kaki kaki dulu, karena slow moving parts ini ane ngga paham akan bertahan sampai berapa tahun lagi.

Kalau ane pribadi, prefer ke KuDis, karena spare parts KuDis ini awet awet, palagi om Danan engga demen geber mlulu. Insya Allah akan jauh lebih awet, ASAL beli partsnya di be-res Mitsu.
So, jauhan dikit ke DPS nggapapa, karena juga bakal awet2 aja. Untuk servis rutin, cukup ke bengkel biasa yang tergolong rame sehari harinya. Karena sepengalaman ane, miara Kuda Diesel ni kayak miara motor ala mahasiswa aja: Ganti oli plus filternya, bersiin filter udara ama cek pompa solar.

Cek cek yang lain secara rutin hanya di radiator plus airnya, minyak rem minyak kopling.. same as others lha.
:big_blushing:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by maskopat »

danan32 wrote:Walo ane masi bujang,ane tetep utamain biar bisa angkut org banyak,emang kidis lapang,ane ga suka bejeg-bejeg gas om,nyante wae ora sah kesusu,tp kl dah kepepet waktu dg terpaksa harus banter.

Ane kek nya condong ke kidis daripada kudis,soalnya ane di kota kecil,jarang banget ada beres mitsu.
Mesin gerung-gerung di kidis ini yg buat ane ragu om,pernah jejeran ama kudis gen awal,suara dieselnya lebih smooth,ama keampuhan mesin L300 nya yg bikin ane kagum ma kudis.
Dilema ni...
di daerahnya di mana om? kalo ada banyak populasi L300, harusnya aman2 aja sih... paling body part dan interior part yang repot nyarinya. jakarta aja susah... :upss:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by maskopat »

VanzMatic wrote:Saya bukan master om.. Saya hanya rahayat jelantah..eh..jelata..
:big_blushing:

Kalo antara Kijang diesel atau Kuda Diesel, butuhnya yang bener2 bisa angkut jumlah banyak atau tidak?
Kalau seingat ane, dari sisi mesin, Kijang Diesel kuat di torsi, kalau udah high speed, udah nggerung gerung.
Kalau Kuda diesel, kekuatan torsi sedikiit dibawah Tokidis, tapi hirev di Kuda engga separah tokidis gerung2 nya.
Ini subjektif di ane lo.

Tokidis LSX/LGX diesel, cukup lapaaang dalemannya. Apalagi row ketiga nya si tokidis, nyaman buanget.
row ketiga Kuda, dengkul ane udah hamper mentok dgn kursi row dua.

Perawatan, sama sama kendaraan tuir, Tokidis lebih mudah dicari sparepartsnya. Kalo Kuda Diesel, sangat disarankan cari spareparts di bengkel resmi saja, walaupun di bengkel biasa juga berceceran spare parts yang banyak sama dengan L300. Tapi, berhubung sebab akibat Kuda ini dari sono nya emang diciptakan untuk highspeed, secara otomatis, mau tidak mau, suka tidak suka, tubuh kita juga jadi kepengaruh untuk bejek gas terus kalo mesinnya sehat.
Kalau Tokidis, entah kenapa, ane jadi ngga mood untuk narik narikan/bejek2 gas.

*mana nih mod Kopat?
:big_slap:
hadir om.... ya faktor pemilihan Kudis dan Kidis sih seperti yang om VM bilang..
oh ya, om billyd1773dz rasanya pernah miara kudis dan kidis... kita tunggu aja apakah beliau bersedia share di sini...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by maskopat »

Rakean wrote:kalo dari segi performa mesin sih ane lebih suka kudis (4D56) daripada kidis (2L)

utk ngacir dan bandel lebih asik dan sangat berpotensial di cangkokin turbo, kalo kidis menang di lapang aja kabin nya, mesin nya agak rentan kalo di cangkokin turbo, dan suka ada kasus retak rambut

CMIIW
nah kasus retak rambut di 2L ini kerap ane dengar. tapi belum tahu detailnya. gimana nih om maksudnya koq bisa retak rambut di 2L?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by maskopat »

anizu wrote:mendingan ambil lgx aja om, kalo memang cenderung ke kidis.

kalo lsx kasian penumpang belakang, sejuknya AC ga sampai belakang. bisa juga dengan blower maksimal. tapi ya itu, nggerung-nggerung. ga enak di kuping :mky_01:
setuju. kalo dah tokisul langsung LGX aja..... :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by maskopat »

danan32 wrote:@ om rakean : mengingatkan ane ama pertanyaan ttg panty,tadi ane kepikiran mo nanya tu mesin kidis bisa dicangkok turbo apa ga,eh uda dijawab,hmmm...
~ Kidis mesin nya yg harus NA,tapi lapang kabinnya
~ kudis mesinnya bisa dicangkok turbo,tapi rada sempit,versi grandia langka,beres cuma ada di denpasar. Kabin walo sempit ane suka tampilannya.

*tambah bingun...
perlu pake turbo? bisa aja mungkin pake copotan dari L200 Strada, tapi effortnya mungkin gak sedikit karena perlu penyesuaian kompresi lagi. mending swap engine aja pake mesin L200 Strada. apalagi kalo dapet yang sama gearbox dan transfer case. jadi deh kuda diesel 4WD... :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
danan32
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: Thu Jun 27, 2013 17:36

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by danan32 »

@om vm,om kopat thx berat,ude mau share,kalo di kota ane populasi l300 ga begitu banyak,banyakan sijuki. Adek ane di yogya juga nyaranin kudis tp yg grandia,lebi gagah katanya.
Emang si skali-skali kluar dari pakem kluarga (sll pilih kijang) ga da salahnya,coba ane dalami dl dah kudis ni kek gmana.
Utk body part lumayan horor ya,masuk pertimbangan jg nih..,kalo kepepet banget mungkin bs call om badak ato om mandala kali ya.
danan32
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: Thu Jun 27, 2013 17:36

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by danan32 »

Kudis or kidis ni rencana buat gantiin everest nya. Lebi enak kek nya pake mobil yg ramping-ramping macam kudis-kidis,bisa lebih membumi ama sekitar,ga ribet kalo masuk pasar kumbasari,ato jalan-jalan kampung.dan masi bisa juga buat nanjak ke pura-pura di atas bukit.

Makasi om-om smua uda ngeshare,ditunggu bahasannya ttg kudis-kidis-panty lagi.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by VanzMatic »

Kuda gen 1 (2000) lampu model Pajero mini: suspensi keras.
Kuda gen 2 (2002) lampu dobel : Suspensi sudah empuk.
Kuda gen 3 (2004) Gril belah ala Daimler: face paling ancur, paling ngga nyambung dengan bagian buntutnya.
:big_smoking:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by Rakean »

maskopat wrote:
danan32 wrote:@ om rakean : mengingatkan ane ama pertanyaan ttg panty,tadi ane kepikiran mo nanya tu mesin kidis bisa dicangkok turbo apa ga,eh uda dijawab,hmmm...
~ Kidis mesin nya yg harus NA,tapi lapang kabinnya
~ kudis mesinnya bisa dicangkok turbo,tapi rada sempit,versi grandia langka,beres cuma ada di denpasar. Kabin walo sempit ane suka tampilannya.

*tambah bingun...
perlu pake turbo? bisa aja mungkin pake copotan dari L200 Strada, tapi effortnya mungkin gak sedikit karena perlu penyesuaian kompresi lagi. mending swap engine aja pake mesin L200 Strada. apalagi kalo dapet yang sama gearbox dan transfer case. jadi deh kuda diesel 4WD... :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
konon mesin nya 4D56 itu sangat potensial lho utk dikasi turbo garret, baca2 di internutz rata2 pengguna 4D56 N/A pada puas hasilnya setelah dicangkok turbo

untuk mesin panther (4JA1 N/A) juga oke di cangkok turbo, ada di yutub yang tembus 178km/h (id nya berliantrading), kata empunya pake turbo nya elf

untuk mesin 4JA1 potensial untuk di tuning, banyak dragster2 diesel drag di thailand yang pake mesin ini

untuk mesin panther lawas (C223) konon katanya agak rentan di cangkok turbo, tapi temen ada yg cangkok turbo, hasilnya pas fun drag bisa ngalahin panther turbo standard (4JA1-L)
Last edited by Rakean on Fri Oct 04, 2013 9:23, edited 3 times in total.
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:
VanzMatic wrote:Saya bukan master om.. Saya hanya rahayat jelantah..eh..jelata..
:big_blushing:

Kalo antara Kijang diesel atau Kuda Diesel, butuhnya yang bener2 bisa angkut jumlah banyak atau tidak?
Kalau seingat ane, dari sisi mesin, Kijang Diesel kuat di torsi, kalau udah high speed, udah nggerung gerung.
Kalau Kuda diesel, kekuatan torsi sedikiit dibawah Tokidis, tapi hirev di Kuda engga separah tokidis gerung2 nya.
Ini subjektif di ane lo.

Tokidis LSX/LGX diesel, cukup lapaaang dalemannya. Apalagi row ketiga nya si tokidis, nyaman buanget.
row ketiga Kuda, dengkul ane udah hamper mentok dgn kursi row dua.

Perawatan, sama sama kendaraan tuir, Tokidis lebih mudah dicari sparepartsnya. Kalo Kuda Diesel, sangat disarankan cari spareparts di bengkel resmi saja, walaupun di bengkel biasa juga berceceran spare parts yang banyak sama dengan L300. Tapi, berhubung sebab akibat Kuda ini dari sono nya emang diciptakan untuk highspeed, secara otomatis, mau tidak mau, suka tidak suka, tubuh kita juga jadi kepengaruh untuk bejek gas terus kalo mesinnya sehat.
Kalau Tokidis, entah kenapa, ane jadi ngga mood untuk narik narikan/bejek2 gas.

*mana nih mod Kopat?
:big_slap:
hadir om.... ya faktor pemilihan Kudis dan Kidis sih seperti yang om VM bilang..
oh ya, om billyd1773dz rasanya pernah miara kudis dan kidis... kita tunggu aja apakah beliau bersedia share di sini...
hadir om.... :D

kebetulan pernah miara kuda kijang n panther hehehe :D

yg pertama dipinang kuda diesel dulu taun 2000an waktu pertama kli keluar tu varian diesel first carnya bokap gw.... :D , terus 1 thun kemudian L300 minibus kantor di tuker kijang diesel 97. L300 pickup diganti panther 2002 pickup... :D gw masih sd/smp waktu itu........

yup ampir sama kya kata suhu2 di atas... soal karakter mesin.. Kuda mantep bngt high rev nya untuk diesel n.a di putaran atas tidak ngegerung dan masih bisa laju. di tol d jamannya asa uda pling enak aja...

sebaliknya kijang di putaran atas ngegerung dan berisik d tol kurang nyaman. tpi soal nanjak.. sekalipun kijangnya lebih tua 3-4thnan tapi lebih kuat kijang mudah aja nempel kuda, yg waktu itu kudany uda di oprek dikit2 sma bokap pke turbo2an elektrik gtu.. dikit sih efeknya..

bawa kijang memang rada beda, usable rpmnya sampai 2500 uda hrs di oper.. lebih dri itu uda g ada tenaganya n berisik... tp dengan shift cepat di gigi tinggi kijang masih bisa lari dan kuat nanjak... karna mainya rpm rendah otomatis di atara kuda n panther jadi pling irit.

kuda harus main RPM atas.. di panteng dan shift saat redline mantep dan g ngegerung... rasanya nyoba diesel n.a cuma kuda aja yg gini.... yup enak bwat d tol dan jalur rata.. namun sayang bwat nanjak kurang enak mesti sering downshift, meski ga ngegerung tetep aja ke penumpang lebih berisik dan kurang nyaman

panther........ dulu gw bljr nyupir dri L300, kuda kijang, panther... yang paling susah nyupir panther.... asa pling liar n responsif putaran bawahnya. ke putaran atas juga enak aja ga ngegerung kaya kijang... rasanya rata. throttle control *kaki kanan* jaman sd kls 6 gw susah amet bikin akselerasi smooth.... pasti jedut2an wkwkw :D meski ujungnya akhir smp 2-3 thn kemudian yg di ksih permit bawa malah panther haha :D
rpm brp nya g tw.. karna pickup kaga ada tachometernya haha :D

tahun 2004 yg kuda paling pertama kerasa makin kendor tenaganya........ asap kebul, dan uda g asik aja larinya, kijang n panther masih seger2 aja tuh... memang kelebihan kuda di tol dan high speed, syangnya kota gw d tasik y g bgtu berguna yah... hehe :D akhirny d d putusin di lepas kudanya, bokap tuker sedan.

yg kuda yg paling di rawat karna punya bokap pribadi, kijang panther itu punya kantor.. jadi y tau lah bnyk tangan yg pakai, ada yg perlu juga di pinjem2in...

pernah turing dgn temen2 SMA k pgnd gw pke kijang.. temen pke panther touring turbo baru.... sempet gantian nyupir, n klw nanjak juga keliat panther touring selalu g bisa nempel tokidis, bru d jalan datar panther lebih kenceng. catatan refueling juga kijang lebih irit. lupa lg detailnya 1: brpnya hehe :D
panther yg baru memang lebih kecil tenaganya di banding yg lama.

baru 2010-11 kemarin yg kijang akhirnya d jual tuker ipah diesel... KM uda 500K lebih, blm pernah turun mesin, dan rasanya blm pernah mogok atw rusak berat. memang uda kendor juga ni mesin.. blm pernah di kalibrasi atau purging haha :D padahal ni tokidis di pasang ban MT 30" dan klw rocky gw lg di kandangin, sering iseng2 masuk jalur oprut pke tu tokidis, 4x2 bearti kuncinya momentum jadi ada apa di didepan gaspoll hajarr............ haha :D bandel ni mobil.

panther sampai skrng masih di pakai... uda sedih klw liat body n kabinnya penyok karat n robek di sana sini bukti joroknya orng yg pke....... tp klw gw pinjem n pakai.... engine masih responsif bngt....enak di pkenya.. :thumbup: asap masih wajar, clutch n gb juga wajar. kelemahan panther di axle blkng klw g salah jadi ada 2 bagian... di situ pernah patah dan ban nya lepas.... memang pickup suka di pke ngangkut berat sih.. :D panthernya masih yg baut 4, yg baru kan 6

setelah kuda di lepas... panther n kijang di kasih ban MT 30" biar klw ke kebon n kepaksa asruk2an g takut wkwkw :D

handling n suspensi... kuda pling baik.. apalagi punya bokap di ganti als coil spring axle blkngnya.... haha :D panther nya pickup jd y keras.. seengaknya stir bisa di nilai, masih ball n nut jadi g sesensitif rack n pinion kya di kijang n kuda.

kabin.. paling gede n lega jelas kijang... ini juga alasan kijang yg d pertahanin sekalipun lebih tua...
kualitasnya sih memang lebih baik kuda yah, desain juga lebih baik kuda. kuda gw masih yg first gen.. jok 3rd juga masih adu dengkul... tp di modip sih yg tengah ke blkng.. yg tengah jadi captain seat. itu pun rasanya masih sempit.

imho ke3 mobilnya ini bandel semua, rasanya g akan salah pilih salah satu dri ini....

tenaga pling berkesan sih panther... soal halus dan highspeed kuda.. bandel n irit kijang hehe :D

sebelum punya mbl ini keluarga pke L300 minibus n pickup... kenangan pling berkesan.. selain mbl pertama bljr nyupir juga saat mogok wkwk.. gw masih terlalu kecil bwat inget penyebapnya detailny apa. dulu l300nya yg bensin.. kyanya seputar pengapian.. paling sering klw lagi banjir.. yg klw mesin kolong rawan bngt kena air.. :D dulu demen bngt klw banjir n mobil masuk ke situ *main air* dan klw pke L300 pasti mogok hahaha :D jadi klw bokap mw ngajak main air, pke chevy Luv ... sblmnya punya taft kebo sih, syang di jual..



cmiiw :D
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by billyd1773dz »

Rakean wrote:
maskopat wrote:
danan32 wrote:@ om rakean : mengingatkan ane ama pertanyaan ttg panty,tadi ane kepikiran mo nanya tu mesin kidis bisa dicangkok turbo apa ga,eh uda dijawab,hmmm...
~ Kidis mesin nya yg harus NA,tapi lapang kabinnya
~ kudis mesinnya bisa dicangkok turbo,tapi rada sempit,versi grandia langka,beres cuma ada di denpasar. Kabin walo sempit ane suka tampilannya.

*tambah bingun...
perlu pake turbo? bisa aja mungkin pake copotan dari L200 Strada, tapi effortnya mungkin gak sedikit karena perlu penyesuaian kompresi lagi. mending swap engine aja pake mesin L200 Strada. apalagi kalo dapet yang sama gearbox dan transfer case. jadi deh kuda diesel 4WD... :frm_tumbright: :frm_tumbleft:
konon mesin nya 4D56 itu sangat potensial lho utk dikasi turbo garret, baca2 di internutz rata2 pengguna 4D56 N/A pada puas hasilnya setelah dicangkok turbo

untuk mesin panther (4JA1 N/A) juga oke di cangkok turbo, ada di yutub yang tembus 178km/h (id nya berliantrading), kata empunya pake turbo nya elf

untuk mesin 4JA1 potensial untuk di tuning, banyak dragster2 diesel drag di thailand yang pake mesin ini

untuk mesin panther lawas (C223) konon katanya agak rentan di cangkok turbo, tapi temen ada yg cangkok turbo, hasilnya pas fun drag bisa ngalahin panther turbo standard (4JA1-L)
klw di kasih turbo, injectornya gmn om?

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by walid_007 »

Perasaan ga ada kijang pake mesin disel 2 l... yang ada mah 2.4 l diesel

Klo yg 2 itu bensin dgn efi + 1.8 dengan efi dan sebelum 2000 tMpa efi...

Gwe juga pernah liat krista 2004 gen terahir ada tulisan d4d di bagasi... tulisanny beda dengan d4d innova

Mohon diperjelas suhu2dimarih
engine roaring!
danan32
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: Thu Jun 27, 2013 17:36

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by danan32 »

Kalo 2L tu kek nya kode mesin kidis deh,jadi bukan nunjukin isi silinder nya


*maap kalo salah
danan32
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: Thu Jun 27, 2013 17:36

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by danan32 »

Om billy penyakit spesifik dari kidis ama kudis apa aja ya? Kalo kudis ada versi panjangnya gak?
Ane kalo cari kudis prefer ke grandia,kudis gen 2. Apa-apa aja kelemahannya ya,termasuk body part mana aja yg paling sering rontok?

Kalo kidis krista masi tinggi ya pasarannya.

Panther,ane masi miara yg th 96,dulu niat mo engine swap,tp stlh tau printilannya banyak,mundur teratur dah,biar aja NA,belajar nerima kemampuan mesin diesel jadul.
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by ricz »

walid_007 wrote:Perasaan ga ada kijang pake mesin disel 2 l... yang ada mah 2.4 l diesel

Klo yg 2 itu bensin dgn efi + 1.8 dengan efi dan sebelum 2000 tMpa efi...

Gwe juga pernah liat krista 2004 gen terahir ada tulisan d4d di bagasi... tulisanny beda dengan d4d innova

Mohon diperjelas suhu2dimarih
2L itu kode mesin Kidis...

Kalo emblem di Kidis krista 2004, ditulis "KRISTA 2.4D" scr pernah miara Kidis Krista 2003...
2021 Fortuner VRZ
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by billyd1773dz »

danan32 wrote:Om billy penyakit spesifik dari kidis ama kudis apa aja ya? Kalo kudis ada versi panjangnya gak?
Ane kalo cari kudis prefer ke grandia,kudis gen 2. Apa-apa aja kelemahannya ya,termasuk body part mana aja yg paling sering rontok?

Kalo kidis krista masi tinggi ya pasarannya.

Panther,ane masi miara yg th 96,dulu niat mo engine swap,tp stlh tau printilannya banyak,mundur teratur dah,biar aja NA,belajar nerima kemampuan mesin diesel jadul.
kuda gw pkenya bentar yah...

di kurung waktu itu, mesin pernah glow plug nya tewas... pagi2 susah bngt nyala.....
dan penyakit diesel yg pke glow plug/indirect injection di tempat dingin rada susah start, dulu inget bokap pke kompor di bawah tanki solar nya baru bisa langsung hidup...
nozzle pernah pincang juga... keselek solar busuk kyanya sial aja nih..
pernah rem blkng slanknya bocor, waktu lg jln ke jogja.

klw elektronik kabin sih sampai di lepas semua jalan normal g ada masalah. d jual di km 100rb-an..

ntah dgn orng lain penyakitny sama tidak.

kurng apal om, klw penyakit spesifiknya.. suhu2 lain pasti lebih tau.



klw kijang sampai 2011 kemarin............ pernah sensor temp mesin error, jadi nunjuk overheat padahal kaga..... trus.. crossjoint /kopel bunyi, matahari kopling sekali, apa lagi yah.... kyanya itu aja.. glowplug t-belt dll nya aja blm pernah di ganti.. direct injection g perlu nunggu glow dulu sebelum start. bisa langsung di nyalain. klw kuda kaya taft, mesti nunggu glow dulu. kijang n panther g perlu.

kijang setelah kuda di jual, jadi sering di pke bokap juga klw lg butuh angkutan banyak, n akhir2 2009 sampai d jual suka bwat mudik dan kendaraan utama bwat antar kota. mbl bokap pribadi jd tukang minum semua sih. :mky_01: d jual d 500K

panther... kurang apal, yg make pegawai.... asa g pernah denger ada masalah besar deh. kecuali gardan blkng itu aja...
panther ada 2, satu pickup satu ambulance.... yg ambulance g masalah gardan blkngnya.... mungkin memang hubunganya ke angkutan berat, bukan penyakit bawaan.


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by billyd1773dz »

walid_007 wrote:Perasaan ga ada kijang pake mesin disel 2 l... yang ada mah 2.4 l diesel

Klo yg 2 itu bensin dgn efi + 1.8 dengan efi dan sebelum 2000 tMpa efi...

Gwe juga pernah liat krista 2004 gen terahir ada tulisan d4d di bagasi... tulisanny beda dengan d4d innova

Mohon diperjelas suhu2dimarih
yup bener kata suhu2 di atas itu kode mesinya 2L....

mesin yg sama dgn Hilux 2.4D yg masih rigid axle heavy duty tahun 90an...
hilux yg topgear pernah tenggelamin d laut, d bakar, n djatuhin dari lantai 30...
http://www.youtube.com/watch?v=xnWKz7Cthkk


di arena adventure offroad mesin 2L-T di trio taft kebo, pernah merajai kerjurnas adventure offroad beberapa tahun berturut turut... lucunya catatan waktunya lebih cepat dari kelas >2500 yg pke mesin cherokee sampai V8

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
danan32
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: Thu Jun 27, 2013 17:36

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by danan32 »

Kudis gen 1 masi pake glow plug ya,kalo gen 2 uda bebas glow plug ga ya?,dulu banget pernah pny taft kebo,(andalan kantor PU ga jauh-jauh ama 4WD) emang rada susah start kl lagi di lembang (dingin).
Hadeuuh galaw mania ni..kidis krista apa kudis grandia...
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by billyd1773dz »

danan32 wrote:Kudis gen 1 masi pake glow plug ya,kalo gen 2 uda bebas glow plug ga ya?,dulu banget pernah pny taft kebo,(andalan kantor PU ga jauh-jauh ama 4WD) emang rada susah start kl lagi di lembang (dingin).
Hadeuuh galaw mania ni..kidis krista apa kudis grandia...
sebenernya yg direct injection juga ada yg pke glow biasanya panasinnya lebih cepet g selama yg indirect injection karna glownya d ruang bakar, jadi g perlu di puter n tahan dulu d staternya. cmiiw...

indirect glownya di prechamber, direct langsung di combustion chamber...

4D56 vs 2L vs 4JA
ya indirect vs direct

kyanya selama 4D56 indirect injection masih perlu glow deh. dan indirect nya itu salah satu yg bikin lebih high rpm, juga lebih smooth dan lebih halus di banding yg lain

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
danan32
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: Thu Jun 27, 2013 17:36

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by danan32 »

O gitu ya,thx om billy,glow plug ada plus minus nya jg.

Tadi liat-liat di Bern*aga,blum ada grandia keknya bakal lama dapet mobil idaman ni,ane prefer grandia krn bukaan belakang lebih lebar ala kidis.

Yah..alon-alon ora waton..
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by Rakean »

billyd1773dz wrote: klw di kasih turbo, injectornya gmn om?

:beer:
kalo liat kucing ane sih injectornya std aja um, paling atur load solar supaya optimal, kalo di kucing temen udah dicangkokin boost compensator

billyd1773dz wrote:
yup bener kata suhu2 di atas itu kode mesinya 2L....

mesin yg sama dgn Hilux 2.4D yg masih rigid axle heavy duty tahun 90an...
hilux yg topgear pernah tenggelamin d laut, d bakar, n djatuhin dari lantai 30...
http://www.youtube.com/watch?v=xnWKz7Cthkk


di arena adventure offroad mesin 2L-T di trio taft kebo, pernah merajai kerjurnas adventure offroad beberapa tahun berturut turut... lucunya catatan waktunya lebih cepat dari kelas >2500 yg pke mesin cherokee sampai V8

:beer:
2L sama 2LT agak beda kalo gak salah, 2LT memang badak dibanding si 2L
billyd1773dz wrote:ga jauh-jauh ama 4WD) emang rada susah start kl lagi di lembang (dingin).
Hadeuuh galaw mania ni..kidi
danan32 wrote:Kudis gen 1 masi pake glow plug ya,kalo gen 2 uda bebas glow plug ga ya?,dulu banget pernah pny taft kebo,(andalan kantor PU s krista apa kudis grandia...
sebenernya yg direct injection juga ada yg pke glow biasanya panasinnya lebih cepet g selama yg indirect injection karna glownya d ruang bakar, jadi g perlu di puter n tahan dulu d staternya. cmiiw...

indirect glownya di prechamber, direct langsung di combustion chamber...

4D56 vs 2L vs 4JA
ya indirect vs direct

kyanya selama 4D56 indirect injection masih perlu glow deh. dan indirect nya itu salah satu yg bikin lebih high rpm, juga lebih smooth dan lebih halus di banding yg lain

:beer:
setau ane 4JA1 gak pake glow plug deh
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by VanzMatic »

*niubie menyimak...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by billyd1773dz »

Rakean wrote:
billyd1773dz wrote: klw di kasih turbo, injectornya gmn om?

:beer:
kalo liat kucing ane sih injectornya std aja um, paling atur load solar supaya optimal, kalo di kucing temen udah dicangkokin boost compensator

billyd1773dz wrote:
yup bener kata suhu2 di atas itu kode mesinya 2L....

mesin yg sama dgn Hilux 2.4D yg masih rigid axle heavy duty tahun 90an...
hilux yg topgear pernah tenggelamin d laut, d bakar, n djatuhin dari lantai 30...
http://www.youtube.com/watch?v=xnWKz7Cthkk


di arena adventure offroad mesin 2L-T di trio taft kebo, pernah merajai kerjurnas adventure offroad beberapa tahun berturut turut... lucunya catatan waktunya lebih cepat dari kelas >2500 yg pke mesin cherokee sampai V8

:beer:
2L sama 2LT agak beda kalo gak salah, 2LT memang badak dibanding si 2L
billyd1773dz wrote:ga jauh-jauh ama 4WD) emang rada susah start kl lagi di lembang (dingin).
Hadeuuh galaw mania ni..kidi
danan32 wrote:Kudis gen 1 masi pake glow plug ya,kalo gen 2 uda bebas glow plug ga ya?,dulu banget pernah pny taft kebo,(andalan kantor PU s krista apa kudis grandia...
sebenernya yg direct injection juga ada yg pke glow biasanya panasinnya lebih cepet g selama yg indirect injection karna glownya d ruang bakar, jadi g perlu di puter n tahan dulu d staternya. cmiiw...

indirect glownya di prechamber, direct langsung di combustion chamber...

4D56 vs 2L vs 4JA
ya indirect vs direct

kyanya selama 4D56 indirect injection masih perlu glow deh. dan indirect nya itu salah satu yg bikin lebih high rpm, juga lebih smooth dan lebih halus di banding yg lain

:beer:
setau ane 4JA1 gak pake glow plug deh
biasany klw g pke boostcomp, g terlalu signifikan bedanya..
rocky gw yg pke s/c rasanya tetep masih jauh dgn rugger asli...

hilux yg d tenggelemin d laut itu juga, 2L non turbo om...

ummm liat part catalog sih ada om..
d search yg jual jg ada ternyata glowplug for 4JA1....
http://www.ebay.com.au/itm/4-x-Diesel-G ... 1029013283
http://www.alibaba.com/showroom/4ja1-gl ... isuzu.html

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
danan32
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: Thu Jun 27, 2013 17:36

Re: Kijang vs Panther vs Kuda

Post by danan32 »

Kalo di c223 kek nya ada glow plug,di takometer nya ada tuh tanda kayak per,trus kl start engine,posisi kunci acc indikator aki rada turun ampe setengah kira-kira 5 detik naik lg smp 3/4 dibarengi suara "tek" baru ane start engine.
Kalo ritual diatas gitu nandain c223 masi pake glow plug ga?
Kalo cc ane mah langsung masuk kunci kontak lgsg start,panas 5 menit lgsg jalan.