MItsubsishi Delica D5

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3691
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by sandal »

ChZ wrote:
sandal wrote: Semoga ada IU yg berani masukin Mazda 8nya full spec nih.......

*colek salah satu IU di Jkt dan Sby yg terkenal :ngacir:
sepertinya kebaikan hati MMI juga merupakan kebijakan dari Mazda Jepang... karena di belahan dunia manapun Mazda MPV tidak ditawarkan dalam opsi AWD Turbo kecuali di Jepang.

ya masih bagus lah mau masukin Mazda MPV a.k.a Mazda8 :upss:
:mky_03: :mky_03:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by pilotgaruda »

Mungkin pas tahun 2008-an, mpv roti tawar belom booming, apalagi mazda juga belom seberani sekarang. Taun2 itu kan belom rame kaya sekarang..jadi mazda ga pede buat jualan mpv. Dan mitsubishi masih fokus sama pajero sportnya. Dan begitu mulai booming mobil2 roti tawar, kebetulan produk yg mereka punya saat itu ya produk2 lama..

Btw, mesin delica kalo dilihat secara spec, mirip bahkan sama dengan outlander sport. Baik HP maupun Torsi. Tapi kalo spec demikian untuk ngebawa bodi segede gitu menurut oom2 disini gimana?
Torsi outlander maupun delica di 197nm/ berapa rpm ane lupa.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by maskopat »

amfibi wrote:Ini mobil sukses bikin jatoh cinta pas liat langsung, aslinya gagah banget, GC juga tinggi ala inopah :mky_02:

Udah kabinnya lega banget legroom row2 & 3nya, paling lega dibandingkan rival sekelas :mky_02:
kalo kata mod helm, ini mobil seluas lapangan bola... :ngacir:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by maskopat »

pilotgaruda wrote:tadi buka2 wiki, di jepang launchnya taun 2007..wedew..bukannya anti delica..tp kenapa baru masukinnya sekarang ya?

tapi sisi positifnya sih, mobil2 taun segitu built qualitynya masih solid..menurut ane yah..dan masih worth it sih kl dipikir2 dgn keunggulannya..

dan ternyata ini penerus colt t120 dan L300 toh?
sebenernya Delica ini dikembangkan dari L400. seperti L300 tapi idungnya agak panjang.
Image

trus di gen berikutnya dibikin dari chassis pajero gen 2. yang ini ane yang demen. ada low gear. bener2 SUMPV.
Image

nah sekarang dah masuk ke gen 5 yang dilaunch oleh KTB kemarin.
kalo ane lihat sih emang new segmen ya. dan sebenernya segmen ini belum banyak kompetitor.
kompetitor yang mirip ada dari vw camper van...

nah sepertinya KTB lebih sreg menempatkan delica ini di kelas serena... :upss:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by montirangin »

build quality maksudnya dimana nih?
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by billyd1773dz »

pilotgaruda wrote:Mungkin pas tahun 2008-an, mpv roti tawar belom booming, apalagi mazda juga belom seberani sekarang. Taun2 itu kan belom rame kaya sekarang..jadi mazda ga pede buat jualan mpv. Dan mitsubishi masih fokus sama pajero sportnya. Dan begitu mulai booming mobil2 roti tawar, kebetulan produk yg mereka punya saat itu ya produk2 lama..

Btw, mesin delica kalo dilihat secara spec, mirip bahkan sama dengan outlander sport. Baik HP maupun Torsi. Tapi kalo spec demikian untuk ngebawa bodi segede gitu menurut oom2 disini gimana?
Torsi outlander maupun delica di 197nm/ berapa rpm ane lupa.
Delica indon enjinya 4J11, not a 4B11 as in OS n lancer EX bro....

4J11 jadi SOHC dgn nextgen - mivec ala PS V6 6B31 juga ada kemiripan i-vtec Honda L15 GE8 dan GK

dulu 4B11 dual continous camphasing kaya VVTI, maju mundurin titik buka valve di 2 cam DOHC...
4J11 jadi SOHC dengan mivec di valve intake, dan mampu ngatur valve lift, lama valve terbuka, juga kapan valve terbuka. ala valvetronic,valvematic n vtec.

kelebihan SOHC juga lower power mechanical loss, friksi lebih rendah juga lebih ringan, karna hanya 1 cam. namun kini sparkplug tidak bisa di pasang tepat di atas head, dan SOHC biasanya inferior di highrev dibanding DOHC *of course its depend on cam-valve lift and duration as well*.

kyanya in the future bnyk yg balik ke SOHC ni


dan soal kuat engganya di body almost 1.7T + ban relatif besar.......... musti TD hehe :D
yaa jgn berharap banyak

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by pilotgaruda »

@oom Billy:
Outlander DOHC ya? ane baru tau.. :mky_01:
Kalo SOHC memang menang di low RPM sih setau ane, tapi kemaren ane head-2-head dr spec diatas kertas :

Ini spec dr web KTB:
Delica:
150 (110 kW)/6000
19.4 (191 Nm)/4200
Berat: 1,685 Ton

Outlander:
150 (110 kW) / 6000
20.1 (197 Nm) / 4200
Berat 1,425 ton

malah gedean Outlander untuk torsi...dan max-nya sama2 di 4200rpm. Kalo diliat secara spec sih, sepertinya "daya tarikan" delica akan dibawah OS..
tapi bener kudu TD dulu yah buat mastiin..:mky_01:
Tomiko_Van
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by Tomiko_Van »

Info dari web Mitsubishi motors Japan,

"Jualan" Delica utk off-road package sebenarny ada 2 : Clead Diesel & 4WD (yg keduanya nggk masuk indonesia).
Bisa approach angle sampai 45 derajat :big_exellent:

Image
Image
ada videonya di https://www.youtube.com/watch?v=GjJjH9KFv_Y

:big_love:

Selain itu long-stroke suspension, off-road ready.. Siap melibas medan di indonesia
ImageImage

Dan tentunya... High approach angle, anti mentok..
ImageImage

Walaupun versi Indonesia hanya 2WD bensin 2.0l, paling tidak dapat tongkrongan Off-road MPV yg bisa melibas jalan jelek di indonesia..
:big_peace:
アイドリング!!!
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by RVR »

pilotgaruda wrote:@oom Billy:
Outlander DOHC ya? ane baru tau.. :mky_01:
Kalo SOHC memang menang di low RPM sih setau ane, tapi kemaren ane head-2-head dr spec diatas kertas :

Ini spec dr web KTB:
Delica:
150 (110 kW)/6000
19.4 (191 Nm)/4200
Berat: 1,685 Ton

Outlander:
150 (110 kW) / 6000
20.1 (197 Nm) / 4200
Berat 1,425 ton

malah gedean Outlander untuk torsi...dan max-nya sama2 di 4200rpm. Kalo diliat secara spec sih, sepertinya "daya tarikan" delica akan dibawah OS..
tapi bener kudu TD dulu yah buat mastiin..:mky_01:
Yg disesuaikan di delica adalah final gear ratio yg lebih besar dari outlander sport, mengingat cvt dengan ratio band yang persis sama dipake keduanya

Kalo soal adu akselerasi pasti mgmt engine disesuaikan ama tujuan dibuatnya mbl ini, yaitu angkut 7 ato 8 orang
Jadi atas dasar kenyamanan penumpang, pasti akselerasinya dibuat lembut saja
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by RVR »

RVR wrote:
pilotgaruda wrote:@oom Billy:
Outlander DOHC ya? ane baru tau.. :mky_01:
Kalo SOHC memang menang di low RPM sih setau ane, tapi kemaren ane head-2-head dr spec diatas kertas :

Ini spec dr web KTB:
Delica:
150 (110 kW)/6000
19.4 (191 Nm)/4200
Berat: 1,685 Ton

Outlander:
150 (110 kW) / 6000
20.1 (197 Nm) / 4200
Berat 1,425 ton

malah gedean Outlander untuk torsi...dan max-nya sama2 di 4200rpm. Kalo diliat secara spec sih, sepertinya "daya tarikan" delica akan dibawah OS..
tapi bener kudu TD dulu yah buat mastiin..:mky_01:
Yg disesuaikan di delica adalah final gear ratio yg lebih besar dari outlander sport, mengingat cvt dengan ratio band yang persis sama dipake keduanya

Kalo soal adu akselerasi pasti mgmt engine disesuaikan ama tujuan dibuatnya mbl ini, yaitu angkut 7 ato 8 orang
Jadi atas dasar kenyamanan penumpang, pasti akselerasinya dibuat lembut saja
Final gear ratio:
6,120 outlander sport
6,466 delica
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by billyd1773dz »

pilotgaruda wrote:@oom Billy:
Outlander DOHC ya? ane baru tau.. :mky_01:
Kalo SOHC memang menang di low RPM sih setau ane, tapi kemaren ane head-2-head dr spec diatas kertas :

Ini spec dr web KTB:
Delica:
150 (110 kW)/6000
19.4 (191 Nm)/4200
Berat: 1,685 Ton

Outlander:
150 (110 kW) / 6000
20.1 (197 Nm) / 4200
Berat 1,425 ton

malah gedean Outlander untuk torsi...dan max-nya sama2 di 4200rpm. Kalo diliat secara spec sih, sepertinya "daya tarikan" delica akan dibawah OS..
tapi bener kudu TD dulu yah buat mastiin..:mky_01:
betul SOHC hrsnya lebih baik low to mid rev nya... :D

on spec sheet sih pasti larinya akan di bawah OS..... lebih berat, Cd lebih tinggi juga..

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by billyd1773dz »

Tomiko_Van wrote:Info dari web Mitsubishi motors Japan,

"Jualan" Delica utk off-road package sebenarny ada 2 : Clead Diesel & 4WD (yg keduanya nggk masuk indonesia).
Bisa approach angle sampai 45 derajat :big_exellent:

Image
Image
ada videonya di https://www.youtube.com/watch?v=GjJjH9KFv_Y

:big_love:

Selain itu long-stroke suspension, off-road ready.. Siap melibas medan di indonesia
ImageImage

Dan tentunya... High approach angle, anti mentok..
ImageImage

Walaupun versi Indonesia hanya 2WD bensin 2.0l, paling tidak dapat tongkrongan Off-road MPV yg bisa melibas jalan jelek di indonesia..
:big_peace:
menarik positioning nya delica ini wkwkw :D *offroad mpv*

penasaran klw gembor2nya as *offroad mpv* delica FWD di aduin dgn ipah nanjak terjal full load dan di jalan ancur light offroad.. which one better yak wkwkw :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by maskopat »

Ane sih ngunggulin ipah klw kek gitu. Sama2 yg 2.0L kan. Rwd akan jd penentu. Hehehe
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by RVR »

maskopat wrote:Ane sih ngunggulin ipah klw kek gitu. Sama2 yg 2.0L kan. Rwd akan jd penentu. Hehehe
sy jagoin delica
traction control dunks...
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by maskopat »

RVR wrote:
maskopat wrote:Ane sih ngunggulin ipah klw kek gitu. Sama2 yg 2.0L kan. Rwd akan jd penentu. Hehehe
sy jagoin delica
traction control dunks...
Delica versi KTB ada Traction Control?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by RVR »

ada traction control om kopat
kan ada asc juga
worthed deh pokoknya
ambil dong, ntar repiew disini om
User avatar
keretalaut
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Jul 30, 2014 16:05

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by keretalaut »

enak nih untuk yg punya anak banyak..
It's more fun to drive a slow car fast than to drive a fast car slow. #Perney
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by billyd1773dz »

maskopat wrote:Ane sih ngunggulin ipah klw kek gitu. Sama2 yg 2.0L kan. Rwd akan jd penentu. Hehehe
sama om............. :D

yang penting selain rwd, ipah tu Rigid axle stroke dan travel bisa lebih panjang lagi..... wkwkw :D

tractioncontrol di FWD g terlalu berguna imho sih, been using it on RM... tetep aja mudah spin n struggle bgtu ketemu loose surface+nanjak berat malah powercut setiap spin..ditambah ini di body lebih panjang,besar dan berat dari RM..

memang bicara kenyamanan harusnya kalah jauh ama fiss delica wkwk :D
GC jg lebih tinggi dgn approach angle lebih baik.

cmiiw
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by maskopat »

RVR wrote:ada traction control om kopat
kan ada asc juga
worthed deh pokoknya
ambil dong, ntar repiew disini om
kalo ngambil2 ini ane bukan ahlinya....
mari minta gank tukang review yang tiap hari review mobil... :upss:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
balkie
Visitor
Visitor
Posts: 8
Joined: Fri Feb 03, 2012 8:29

Re: MItsubsishi Delica D5 - FWD ....

Post by balkie »

Pertama kali denger D5 mau masuk, wah saya happy akhirnya ada pilihan lain selain NAV1, Serena dan Biante. Apalagi lihat video2 dan review di web luar, keren banget. Memang versi 4x4 ga bakal dimasukin, tapi at least saya pikir pasti yg masuk itu pasti Delica dengan RWD, sempet nanya ke temen yg salesnya Mitsui dan dia konfirm yg masuk RWD (sebulan sebelum IIMS 2014). Dah siapin budget, pas IIMS 2014 langsung llihat unitnya, dan ternyata yg masuk adalah FWD ! ... Lah terus saya pikir apa bedanya sama trio NAV1, Biante & Serena ? cuma ground clearance doang ? Harganya 402 jeti net. Yang tiga itu masih bisa diutak atik harganya. Akhirnya ga jadi mau indent, dan kembali mikir2 mana yg mau dibeli di antara trio yg udah eksis itu :D
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by adty »

Kebalikan sama Om balkie, ane udah pake C26 pas liat D5 naksirr. Bentuknya gagah dari beberapa angle dan GC tinggi sih point utama si D5. Untuk interior depannya kaku kotak banget, dan posisi nyetir SUV banget. Secara bentuk MPV emang lebih manis C26 atau biante menurut ane. Cuma karena pake C26 suka ngilu kalo mentok, ini yg bikin tertarik sama D5. Pengen cepet2 ada reviewnya nih di SM, penasaran sama performa dllnya. Dan, D5 ini kira2 masa depannya disini gimana? Bakal diterima konsumen apa sebaliknya? Hmmm...
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by b8099ok »

Beli Delica D3 aja dah,... :P
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by maskopat »

adty wrote:Kebalikan sama Om balkie, ane udah pake C26 pas liat D5 naksirr. Bentuknya gagah dari beberapa angle dan GC tinggi sih point utama si D5. Untuk interior depannya kaku kotak banget, dan posisi nyetir SUV banget. Secara bentuk MPV emang lebih manis C26 atau biante menurut ane. Cuma karena pake C26 suka ngilu kalo mentok, ini yg bikin tertarik sama D5. Pengen cepet2 ada reviewnya nih di SM, penasaran sama performa dllnya. Dan, D5 ini kira2 masa depannya disini gimana? Bakal diterima konsumen apa sebaliknya? Hmmm...
C26 emang gampang gesrot. keknya bukan hanya karena GC yang rendah, tapi juga karena suspensi terlalu lembut. :big_bored:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4426
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by Ryan Steele »

Lah? Sejak kapan d:5 ada rwd? Ane taunya cuma awd sama fwd.
no signature
User avatar
jar-jit-no
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 742
Joined: Thu Nov 29, 2012 5:58
Location: Malang city

Re: MItsubsishi Delica D5

Post by jar-jit-no »

kok diliat speknya kyknya bakal boyo ya :big_think:

mestinya yg spek ini buat yg tipe roadest aja ya..kan ga bakal buat oprud

yg D:5 pake awd

dijamin..........tambah mahal

:ngacir: :ngacir:
4A91 4at - Slow Driver