penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by anak_singkong »

Selama ini sy perhatikan tiap org beli motor dr selera masing2 tp ga disesuaikan dgn sikon. soal jalanan yg dilewatin. contohnya sy tinggal di Depok yg banyak jalanan rusaknya tp tetangga2 sy disini pd punya motor Vario ama Mio yg sebenernya ga sesuai..trus ada jg yg beli motor Tiger Revo tp selalu nginjek tanahnya jinjit ini sih masalah fisik nih.. -> sorry no offense :|

klo utk jalanan rusak enakan pake trail spt Suzuki TS125 atau Hyosung RX125 ada jg Yamaha YT-115 mesin RXS. klo pake skubek ga sesuai krn bukan pd tempatnya. sebaliknya polisi URC yg di Sudirman sy liat pd pake trail Hyosung RX125. pdhal jalanan mulus lagian jg tugas URC utk ngejar pelanggar hukum ga lucu klo klo pas lg nguber pelanggar stangnya yg lebar itu nyangkut di spion mobil org trus jatuh. gimana? mungkin klo pake motor sport kelas menengah lbh relevan.

motor skubek paling laris adlh MIO CW tp disini banyakan jalanan rusak..ya emang sih semua motor jg bakalan rusak klo trus2an lewat jalanan rusak..cuma..klo MIO CW/Vario CW apa ga bakalan lbh parah!?

klo sport tulen spt CBR150, Ninja KRR emang gagah spt motor balap..tp posisi duduknya aja ga bersahabat dgn sikon jalanan disini..blm lg klo jalanan macet..sy pernah pake motor RGR150 jalan dr Depok ke JKT minta ampunnya cuma dijalanan macet doang..ngambil beloknya jauh bgt ga bs patah2 ky motor bebek.

motor sport turing spt Tiger Revo, Scorpio ama Pulsar sebenernya paling elegan..kesannya mewah gitu..tp klo dilihat dgn sikon jalanan..motor ini sy rasa kurang. pake Scorpio selap-selip susah hrs ngambil jarak dulu klo mo belok patah..persis ky bawa truk gandengan. apalagi klo udh dimodif pake box minta ampun deh. selap-selip lbh susah.

motor yg paling pas apalagi klo bukan bebek tapi ada jg sedikit kekurangannya..pake bebek utk org yg punya BB >70kg+ bakalan susah apalagi klo boncengan..tp tetep enak utk segala kondisi jalanan.

untuk motor sportnya paling pas utk jalanan disini adlh motor2 sport kelas menengah spt Suzuki Thunder 125, Honda Mega Pro/Honda GL atau Yamaha Vixion/Yamaha RX. bodynya emang sesuai ama postur org sini yg rata2 punya tinggi 160-180cm.

semua itu balik lg ke kebiasaan si pengendara tsb. klo dia udh nyaman ama motor yg ga sesuai itu apa mo dikata? pake Vario CW sah2 aja lewat jalanan rusak mirip kubangan klo orangnya ngerasa nyaman..
trus yg mo pake Tiger Revo stang trail box samping+box magic jar klo ngerasa udh biasa ngelibas jalanan macet dgn motor 'truk gandengan' itu ya silahkan aja..

ini cuma opini sy aja..klo ada mo nambahin atau kasih tanggapan apalagi yg mo protes silahkan.

ditunggu.
User avatar
jojo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 645
Joined: Sat Jul 22, 2006 16:05
Location: Jakarta

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by jojo »

makanya bro, diciptakan bebek. serbaguna untuk segala kondisi dan keperluan. cocok untuk apa saja, tapi performa yang pas-pasan. jadi untuk yang mengandalkan performa, bebek jelas gak cocok. ok.
semoga selamat sampai duluan
User avatar
budzaemon
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 642
Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
Location: Indonesia

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by budzaemon »

yah gitu deh Om, namanya orang beli motor kadang pgn menang gaya duluan, kenyamanan ntar dulu (termasuk gw, walaupun sekarang akhirnya tobat dan pake GL100 yang enteng bisa tekuk stang dan ga pegel he3x...) paling ideal gw rasa ya motor batangan jaman dulu yg lincah kayak CB100, King, A100, Win, karena ga gede2 kayak batangan sekarang model Scorpio, Tiger, Thunder,
brarti emang bebek sekarang kayaknya yang paling friendlyuse dengan segala kondisi

(atw emang sekarang postur orang Indonesia udah mengalami perubahan? maklum perbaikan gizi menuju cetakan baru (klo gw sih jujur cetakan lama he3x..) jadi motor dibikin 'lebih gede' he3x..)
Frozen Fire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Mon Jul 09, 2007 6:25

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by Frozen Fire »

setuju bro...
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by riofhaloho »

yah... kl punya duit gak ada salahnya beli beberapa jenis motor...!! :D

ngerubah mind set orang2 emang susah... untung aj bro anak_singkong dah sadar... :D
jgn2 ente bawa harley davidson pp ke kantor... ckckckckck... :D
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by anak_singkong »

riofhaloho wrote:yah... kl punya duit gak ada salahnya beli beberapa jenis motor...!! :D

ngerubah mind set orang2 emang susah... untung aj bro anak_singkong dah sadar... :D
jgn2 ente bawa harley davidson pp ke kantor... ckckckckck... :D
maksudnya sy nih? saya naik KRL bos..

motor diciptakan bwt kenyamanan. klo qta beli motor model pure sport kya CBR tp kondisi jalanan yg sehari2 dilewatin banyakan jalan rusak berlobang ya silahkan aja..cuma..jgn ngeluh klo badan sakit..itu risiko! :e-naughty:
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by riofhaloho »

^bener bro...

ohh... ente make cc terbesar dijalanan lho.. btw, krl itu cc-nya berapaan yah...? hehehehehe.... :)
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by anak_singkong »

riofhaloho wrote:^bener bro...

ohh... ente make cc terbesar dijalanan lho.. btw, krl itu cc-nya berapaan yah...? hehehehehe.... :)
:e-think: :roll: :shrug:
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by inoz »

bisa bikin topik baru tuh
"hal hal aneh seputar pemilik motor "
pasti asyiiik deh, kayak tadi jalan banyak yg rusak pake bebek
jalan macet pake harley, kmakanya karena geram ngacir aja dia masuk tol yg gak kekejar ama patroli polisi haaaaa haaaa....
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by anak_singkong »

motor model chopper kya Honda Phantom 150 sebenernya jg ga cocok bwt sikon lalin disini..klo jalanan macet malah lbh susah utk selap-selip.
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by riofhaloho »

Honda Phantom bukannya yg 200 bro? :P
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by anak_singkong »

coba aja cari di search engine Google, Yahoo dll..
kyanya 150 tuh..apa mungkin ada yg versi 200cc jg??
Frozen Fire
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Mon Jul 09, 2007 6:25

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by Frozen Fire »

phantom itu 200cc, dia share engine ama honda tiger........
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4422
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by Ryan Steele »

Tergantung pribadi masing2 sich. Saya pribadi lebih enak pakai bebek non kopling manual, walaupun BB saya sudah 80 Kg.
Kalo kena macet, jari2 tangan kiri nggak pegal.
riofhaloho wrote:btw, krl itu cc-nya berapaan yah...? hehehehehe.... :)
Emang KRL pake mesin? 'Kan pake dinamo.
Dinamonya segede apa, ya???


Ayo tebak2an. Ada KRL lagi jalan ke arah utara, ada angin dari arah barat daya. Asapnya mengarah ke mana???
no signature
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by JESKONENG »

kalo spedamongtor untuk dipake di indonesia kayaknya paling sip ya kawak supermoto\trail yang 250 cc itu.. asyik melibas jalan berlobang ataupun menerabas jalan kampung... kalo trail2 yang imut (125cc 2 tak) torsinya kurang galak di rpm bawah, suaranya bikin sakit kuping, dan mungkin polusinya lumayan mengerikan bagi lingkungan kehidupan... cuma kekurangan semua motor jenis itu adalah stang yang agak terlalu lebar ya... cuma.. dlaam milih merk/jenis motor... setelah diitung2 dari segi torsi/tenaga, kenyamanan, keterjangkauan harga, dan tampang, gue akhirnya milih Pulsar 200 cc... gue akui, memang milih Pulsar itu ada faktor gambling-nya, dari sisi ketersediaan parts untuk jangka panjang, jaminan aftersales dan dayatahan komponen motor... yang jelas udah terbukti beberapa kali menghajar lobang cukup dalam yang tepinya tajam, eh.. velg / ban baik2 aja tuh... cukup kuat juga ya...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
art3m1s
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 551
Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
Location: B A N D U N G

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by art3m1s »

kalo saya sih uneg-unegnya gini..

suka bingung liat orang skrg banyak yg pake skumatik.. it's ok lah, karena itu mmang motor perkotaan.. tapi...

1. rata2 pengguna skumatik (mio, dkk) NGEBUTTTTTTTTTTT!!! mngebut and sangagt nyolot bawa motornya.. padahal motor itu bukan motor buat ngebut, dan sangat gak safety buat ngebut.. terutama susah banget nge rem.. btul ga?
2. rata2 pengguna skumatik thu gila ya? trotoar di terjang aja, lobang juga.. padahal apa gak kasian thu sama CVT nya? secara motor kyk gituan thu tercipta buat jalan mulus.. n lagian potensial jatoh gede banget kan kalo dia nabrak lobang ato jalannya gak mulus..
3. yang lebih gila lagi, waktu itu gw ke Curug Maribaya dari arah taman hutan raya dago (pasti tau lah orang2 bandung).. motor gw aja gw parjkir di bawah, eh.. tnyata di atas, ktemu para skumatik skumatik gila yang naikin thu motor sampe ke atas... astaga, apa mereka udah sinting ya?

tapi mungkin harga skumatik yg relatif murah membuat orang2 jadi banyak yg beli motor ini, dan make seperti layaknya motor pada umumnya, dan sangat memaksa si skuter ini?
B6133PJO
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by anak_singkong »

art3m1s wrote:kalo saya sih uneg-unegnya gini..

suka bingung liat orang skrg banyak yg pake skumatik.. it's ok lah, karena itu mmang motor perkotaan.. tapi...

1. rata2 pengguna skumatik (mio, dkk) NGEBUTTTTTTTTTTT!!! mngebut and sangagt nyolot bawa motornya.. padahal motor itu bukan motor buat ngebut, dan sangat gak safety buat ngebut.. terutama susah banget nge rem.. btul ga?
2. rata2 pengguna skumatik thu gila ya? trotoar di terjang aja, lobang juga.. padahal apa gak kasian thu sama CVT nya? secara motor kyk gituan thu tercipta buat jalan mulus.. n lagian potensial jatoh gede banget kan kalo dia nabrak lobang ato jalannya gak mulus..
3. yang lebih gila lagi, waktu itu gw ke Curug Maribaya dari arah taman hutan raya dago (pasti tau lah orang2 bandung).. motor gw aja gw parjkir di bawah, eh.. tnyata di atas, ktemu para skumatik skumatik gila yang naikin thu motor sampe ke atas... astaga, apa mereka udah sinting ya?

tapi mungkin harga skumatik yg relatif murah membuat orang2 jadi banyak yg beli motor ini, dan make seperti layaknya motor pada umumnya, dan sangat memaksa si skuter ini?
ya emang bener tuh..pemakaian motor hrs disesuaikan dgn medan yg dilaluinya.
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by inoz »

klo medan spt jkt saat dimana banyaak jln rusak dan berlubang ane pasti pake trail hyosung RX 125 CC, walo CC kecil tapi tarikanya sb enduro, jalan becek macet naik dan turun trotoir ama termasuk bisa nyuri jln bus way klo mau
slaki lagi gue pake trail enak tenang, walo agak susah sb berta tp hadlingnya enak
:thanks:
User avatar
ahardo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 443
Joined: Sat May 20, 2006 8:47
Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by ahardo »

wahhh.. susahlah klo kita orang pada umumnya beli motor menyesuaikan dengan kondisi jalan... itu tidak pernah kepikir ato terbersit diotak kita.. hahaha... mengingat klo mau beli motor pasti pengennya yang gaya, kerenn,.. tp iritt.. lagi pula atpm disinikan dulu rata2 menjual motor bebek dan motor batangan yang pada umumnya di gunakan di segala medan.. laen klo skrng sudah banyak pilihan... dan mungkin bisa jd skrng sudah boleh memikirkan motorku cocoknya apa ya... heheh..????
Turbo Hayabusa

Image
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by TUFF Stough »

Kalau menyesuaikan dengan kondisi jalan sih, kayanya yang cocok cuma model endurance aja. Di Indonesia ini sudah sulit nyari jalanan yang mulus. Bahkan di Jakarta sendiri, jalanan protokolnya aja sudah penuh lubang di mana2.
User avatar
hanx13
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1214
Joined: Thu Apr 24, 2008 17:01
Location: -=SURABAYA=-

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by hanx13 »

ganti ducati hypermotard aja, atow 1000DS, segala kondisi...:D
Image
Dekyarov
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 445
Joined: Thu Nov 24, 2016 4:11

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by Dekyarov »

Sekarang yg laku motor matic padahal dulu bebek ama sport yg menguasai jalanan.
User avatar
wekweks
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Sun Jul 08, 2012 14:51
Location: Gresik

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by wekweks »

W175 gimana? Cocok buat perkotaan dan light offroad?
leoleoleo94
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Tue Mar 06, 2018 13:47
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Vios,Calya,CBR

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by leoleoleo94 »

Saya rasa bukan cuma jalanan aja yg pengaruh,tapi faktor Konsumen juga pengaruh contoh aja saya dulu waktu Awal Kuliah dibeliin CBR 250R Lampu 1 sama orang tua,dulu berasa mewah pake motor ini gapedulu jalanan macet atau jalan rusak yg penting mewah Motor CBU [emoji1] .

Sekarang udah kerja dan udah sedikit berumur udah males bawa itu CBR,lebih banyak dirumah dan kadang lupa di panasin juga,sekarang lebih banyak pake Mio untuk tempur harian macet,ujan ujanan dan weekend lebih banyak pake mobil [emoji3]
gerobak nippon
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 215
Joined: Sat Sep 15, 2012 10:17
Daily Vehicle: Pajero 4N15

Re: penyesuaian pemakaian motor dgn sikon jalanan

Post by gerobak nippon »

Katanya motor bebek,
Tapi sama banjir dan genangan aja takut..
Bebek kan bisa berenang..

Katanya motor laki,
Tapi sama lubang dijalan aja takut..
Laki kok takut lubang, jangan2 laki jadi2an..

#Eeeh... :big_biglaugh: