komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by mdid »

smgandi wrote:
billyd1773dz wrote:
mdid wrote:Just for info, kemarin main ke showroom kelapa gading eh ada Pajero gen 4 Di-D, mesin sama dengan gen 3 cuma ada CRD, plus navigation. Harganya cuma 1.25 M ! Tapi yang bensin 3.0 bensin, mesin 6G72 sama dgn Gmx punya, harga 735 jt.
Ironisnya, pajero diesel gen 3 tahun 2000, iklan kompas minggu lalu, ngak tahu kondisinya kayak apa, buka harga 295 Jt.
waduh 1.25M kok di bilang "cuma" hehehe.... klw nda slaah gen4 kan 3.5ltr om? hargannya 900jt (dri web ktb) atw beda versi kli yah?

btw DiD saat baru brp sih om hargannya?

wah iyatuh kemarin juga lihat ada gen3 tpi GDI tuh tulisannya bensin yah? 250jt mintannya..

6G72 yg terbaru powernnya jadi 185ps tu... gede amet...
4M41T gen4 CRD+ VGT jadi 175ps.. asik VGT uy...


thx
:beer:
Tanpa bermaksud mendahului, barangkali boleh saya jawab pertanyaannya.
Setau saya yg dimasukkan KTB utk Pajero gen 4, mesinnya 3.8L bensin. Yg gen 4 sdh ndak ada mesin 3.5L. Pilihan mesinnya 3.0L ato 3.8L, semuanya bensin. Tapi itu utk yg import dr Jepang. Kalo yg import dr Aussie, ada pilihan yg DiD 3.2L.
Gen 3 ada tulisannya GDI itu bensin 3.5L.
DiD yg gen 3 setau saya barunya dulu 700jt-an.
Sharing info, waktu di beres Mitsu, banyak kasus Pajero gen 3, 3.5 bensin dan mitsu MPV Grandis TH 00 yang memakai teknologi GDI bermasalah di injector, penyebabnya buruk nya kualitas bensin saat itu dan selang pergantian filter bensin kelamaan. Untuk Pajero bensin masalah tanki juga sama dengan solar, hanya pengikisan lapisan didalam tangki tidak sehebat solar. Tapi pajero dan grandis sekarang sudah lebih aman karena Pertamina dengan slogan 'on the move' dan bertambahnya SPBU pasti pas.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by billyd1773dz »

mdid wrote: Hi @smgandi, salam kenal nih. Tambahan yang sy tahu. Pajero gen 4 yg dimasukin KTB harganya 900-an , sedangkan versi IU - jepang, adalah 3.0 harga cuma 700-an. Sebenarnya naksir yang 3.0 daripada 3.8 atau 3.2 yg mahal tapi kelengkapan kurang. Contoh versi 3.0 adalah reverse camera warna bukan b/w lagi, ada gps, dvd player cuma A/T 4 speed. Kayaknya bisa murah karena memanfaatkan fasilitas EPA dari Jepang. 3.2 Di-d versi australia ada rear lock diff, sedangkan versi jepang adalah center diff. lock. @Billy, emang banyak perbedaanya antara rear dan center diff lock, bisa jelasin lebih banyak .Kalo aku lihat di LC Vx100, Patrol 3.0 TDI taon 2000 semuanya center diff lock, kalo rear lock kebanyakan option dan pasang sendiri seperti dari ARB dsb.
sya coba jelasin sebisannya yah om...

setau sya center diff lock itu ada di setiap mobil ber penggerak 4x4 partime, dri jip pertama juga center diffnya sudah selalu mengunci.

lalu, ATPM biasannya mencantumkan center difflok, justru untuk menunjukan bahwa center diff produknya bisa di unlok(buka), dmn setelah di buka mobil itu menjadi AWD/4x4 Fulltime seperti sedan2 rally. saat center diff lock d buka, distribusi torsi dri mesin menjadi bebas, yang semula putaran ke axle depan dan belakang selalu 50:50 kini jadi bebas, bergantung beban tiap roda, jadi kalau ada satu saja ban mobil yang hilang traksi seluruh torsi mesin kan di salur kan ke ban itu, dan mobil lebih mudah stuck. untuk itu SUV AWD biasannya dipasang sejenis LSD d differential tengah, gunannya untuk membatasi atau mengunci center diff saat hilang traksi secara otomatis biasannya di beri nama torque converter.

keuntungannya center diff lock saat d unlock ini mobil jadi bisa menggunakan 4x4 d aspal untuk meningkatkan traksi.

kalau di pajero klw nda salah om mdid pernah menjabarkan ada 2H 4H 4HLC 4LLC. d sini 4H adalah mode 4x4 fulltime saat center diff lock d unlok.

om coba saja dongkrak 1 roda depan dan 1 roda belakang DID sampai hilang traksi. terus d 4H seharusnnya hannya ban depan yg terangkat yang berputar. karena beban d depan dan blkng lebih berat d axle blkng. kemudian masukan 4LLC kini depan blkng yang berputar bersamaan pertanda center diff lock sudah aktif.

kalau torque converter masih bagus sih saat d 4H ban depan blkng saat terangkat bisa berputar, walau putarannya beda. tpi sama dgn LSD biasannya sering sudah aus, dan akhirnnya ngelos.

kalau rear difflok tentu fungsinnya untuk mengunci diff d axle blkng agar putaran kanan dan kiri bisa selalu sama 50:50

jadi d SUV modern biasannya ada 3 differential di axle depan-transfercase-axle blkng kalau di SUV konvensional diff tengahnya selalu mengunci.

hehehe asik tuh pajero DID gen 4... ada rear diff loknnya :frm_tumbleft: :frm_tumbright:

kalau beli opsi kurang tahu hargannya, tpi klau aftermarket, mereknnya ECTED LSD+ Active DIff LOCK temen beli bwat wranglernya dri AS di hitung2 50jt.... :frm_bang_head: :frm_bang_head: sama dgn ARB bisa di ON/OFF Tapi tidak pke pneumatic, dan ARB, locker saja tidak ada LSDnya ECTED pakai elektrik jadi lebih cepet enggak perlu nuggu kompresor pneumatic ARB. kalau Detroit Locker itu kelasnnya Automatic Locker, jadi saat di beri torsi/gas otomatis ngeLOCK di lepas gasnya dia ngeUNLOK sendiri kelemahannya, cendrung kasar dan jahat ke asroda.. kalau LOCKRIGHT/EZ-Locker dia locker mati jadi selalu ngelok klw model gini mending di LAS aja bonggolnnya hehehe murah...

kalau locker ORI Opsi pasti lebih mahal lagi nih...

semoga bisa d mengerti

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

billyd1773dz wrote:6G72 yg terbaru powernnya jadi 185ps tu... gede amet...
wah.. 185 PS? yang gen 2 di manual book cuma 155 ps..
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

ternyata begitu ya mengenai diff lock.. tenkyu om billy.. jelaslah..
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by mdid »

billyd1773dz wrote:
mdid wrote: sya coba jelasin sebisannya yah om...

setau sya center diff lock itu ada di setiap mobil ber penggerak 4x4 partime, dri jip pertama juga center diffnya sudah selalu mengunci.

lalu, ATPM biasannya mencantumkan center difflok, justru untuk menunjukan bahwa center diff produknya bisa di unlok(buka), dmn setelah di buka mobil itu menjadi AWD/4x4 Fulltime seperti sedan2 rally. saat center diff lock d buka, distribusi torsi dri mesin menjadi bebas, yang semula putaran ke axle depan dan belakang selalu 50:50 kini jadi bebas, bergantung beban tiap roda, jadi kalau ada satu saja ban mobil yang hilang traksi seluruh torsi mesin kan di salur kan ke ban itu, dan mobil lebih mudah stuck. untuk itu SUV AWD biasannya dipasang sejenis LSD d differential tengah, gunannya untuk membatasi atau mengunci center diff saat hilang traksi secara otomatis biasannya di beri nama torque converter.

keuntungannya center diff lock saat d unlock ini mobil jadi bisa menggunakan 4x4 d aspal untuk meningkatkan traksi.

kalau di pajero klw nda salah om mdid pernah menjabarkan ada 2H 4H 4HLC 4LLC. d sini 4H adalah mode 4x4 fulltime saat center diff lock d unlok.


kalau rear difflok tentu fungsinnya untuk mengunci diff d axle blkng agar putaran kanan dan kiri bisa selalu sama 50:50

jadi d SUV modern biasannya ada 3 differential di axle depan-transfercase-axle blkng kalau di SUV konvensional diff tengahnya selalu mengunci.

hehehe asik tuh pajero DID gen 4... ada rear diff loknnya :frm_tumbleft: :frm_tumbright:

kalau beli opsi kurang tahu hargannya, tpi klau aftermarket, mereknnya ECTED LSD+ Active DIff LOCK temen beli bwat wranglernya dri AS di hitung2 50jt.... :frm_bang_head: :frm_bang_head: sama dgn ARB bisa di ON/OFF Tapi tidak pke pneumatic, dan ARB, locker saja tidak ada LSDnya ECTED pakai elektrik jadi lebih cepet enggak perlu nuggu kompresor pneumatic ARB. kalau Detroit Locker itu kelasnnya Automatic Locker, jadi saat di beri torsi/gas otomatis ngeLOCK di lepas gasnya dia ngeUNLOK sendiri kelemahannya, cendrung kasar dan jahat ke asroda.. kalau LOCKRIGHT/EZ-Locker dia locker mati jadi selalu ngelok klw model gini mending di LAS aja bonggolnnya hehehe murah...

kalau locker ORI Opsi pasti lebih mahal lagi nih...

semoga bisa d mengerti

thx
:beer:
@Billy, thanks infonya. Penjelasan di mengerti . ARB air lockers yg Billy maksud lambat diatas u kunci 2 roda ato yang kunci 4 roda, setahu saya yg kunci 4 roda maksudnya setiap roda bisa di kunci dgn switch yg di taroh dekat dashboard, cepat responsnya apa mungkin tergantung ukuran compresor juga.
Menurut pengalaman Billy lockers gini atau rear diff lock worthed ngak sich selain di pakai di event, maksudnya kalo masuk camp /pedalaman. Kalo lihat harganya yg mahal dan fungsinya cuma ngelock roda, bagaimana dengan pakai winch, apalagi kalo bepergian nya cuma satu mobil. Ato dgn budget 50 juta pasang winch depan belakang masih ada kembalian duit ??
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by billyd1773dz »

mdid wrote: @Billy, thanks infonya. Penjelasan di mengerti . ARB air lockers yg Billy maksud lambat diatas u kunci 2 roda ato yang kunci 4 roda, setahu saya yg kunci 4 roda maksudnya setiap roda bisa di kunci dgn switch yg di taroh dekat dashboard, cepat responsnya apa mungkin tergantung ukuran compresor juga.
Menurut pengalaman Billy lockers gini atau rear diff lock worthed ngak sich selain di pakai di event, maksudnya kalo masuk camp /pedalaman. Kalo lihat harganya yg mahal dan fungsinya cuma ngelock roda, bagaimana dengan pakai winch, apalagi kalo bepergian nya cuma satu mobil. Ato dgn budget 50 juta pasang winch depan belakang masih ada kembalian duit ??
ok..

gini om, ARB air locker kan menggunakan pompa untuk mengisi kompresor pneumaticnya untuk menggerakan locker. nah yang lama itu saat ngisi kompresornya. sedangkan saat sudah selesai ngisinnya sih, cepat sekali mengaktiifkannya cukup tekan tombol. walau compresor hannya di matiin 1menit aja, saat d nyalain lagi mesti nunggu sekitar 1-3menitan untuk nunggu compresor penuh, setelah itu kalau switchnnya tidak di off pompa akan berjalan otomatis, dia berjalan sesuai kebutuhan kalau kosong dia ngisi penh berhenti.. cuma yah itu berisik aja pompanya hehehe..

jangan sekali2 menjalan kan locker ARB saat compressor blm penuh.. jadi nanti lockernnya blm bisa ngunci sempurna, diffnya bisa rontok tuh.. dan sebaiknnya jgn ngaktifin saat jalan/roda berputar as/diffnya terancam....

biasannya User ARB loker dpn blkng selalu ada 3tombol. 1 utk mengaktifkan lok depan 1 blkng 1 lagi compressor. compressornnya sendiri tidak hannya bisa di gunakan untuk pneumatic locker, tpi bisa juga untuk mompa ban, atau tools lain yg manfaatin tekanan udara.

hehehe wah pengalaman sya belum bnyk om.... tpi setau sya sih, klw bukan untuk kompetesi yang harus bisa ngelewatin trek secepat mungkin. locker kurang usefull.. apalagi kondisi trek di indonesia yang lebih banyak lumpurnnya.. kalau udah gini sih mau pakai locker depan blkang sekalipun di jamin tetep kepater... soalnnya kalau di indo ke 4 roda bisa jadi masuk di lumpur dan tidak punnya traksi. kalau pun ada 1-2 roda yang ada di tanah kering punnya traksi bagus. 1-2 roda itu tak akan mampu ngegerakin mobil yang kepater itu.. tau kan klw udah masuk lumpur winch sekalipun bisa kewalahan... apa lagi hannya di bantu 1-2 roda.


saran sya klw untuk xpedisi pedalaman berburu, atau just for fun gtu yang nomer 1 itu BAN, kemudian no 2 suspensi no 3 ratiodrivetrain baru winch terakhir mesin.

karena,
BAN yang kontak ke tanah itu ban, jadi mau power sebesar apa juga klw ban enggak beres percuma aja... .

SUSPENSI maksudnnya artikulasi. selama suspensi bisa ber artikulasi dengan baik loker tidak begitu di perlukan, suspensi yang lentur juga berguna agar tidak mudah kebalik, dan tetep stabil.

RATIO DRIVETRAIN, kalau ban d ganti besar, biasannya mobil jadi keberatan dan lemot, sebelum mengganti mesin sebelumnnya atur dulu ratio giginya agar pas dan mobil bisa tetep berjalan seperti saat meggunakan ban standar.

MESIN, kalau semua sudah memenuhi, dan sudah di kuasai dgn baik dan masih di rasa kurang, bisa upgrade mesin baik itu d swap atau upgrade, hannya waspada aja... sering kejadian kya temen sya punnya sierra, dia sih mainnya xtreme terus.. sebelumnnya pke mesin asli F10A lancar aja enggak pernah trouble, kemudian di swap G16A mesin vitara. wah itu kerjaanya jadi patah as mulu.. setelah itu axle di ganti samurai sudah kuat, giliran kopelnya rontok berkali kali, setelah itu d reinforce. giliran gearboxnnya yang rontok.. bgtu semua di perkuat, yang rontok jadi pakuat-kuat aja axle-kopel-Gbnya.. sekarang ganti lgi F10A malah aman..... hehehe jadi urusan mesin sering jadi panjang urusanya... padahal saran sya kopelnya jgn d reinforce karena bagian ini pling murah dan mudah d betulin klw patah, jadi d jadiin weak point aja, dri pada yg jebol axle/Gb sih.. tpi memang lebih aman lgi tetep pke F10A..

WINCH Di perlukan sebagai alat recovery tapi jangan membebankan sepenuhnnya ke winch, kalau ban halus suspensi tidak mumpuni,ratio drivetrain ngaco, jadi ngeWinch terus bisa jebol tuh winchnnya.

SAFETY seperti Roll bar 4-6 point saran sya sih, bgtu anda mengkukuh kendaraan anda untuk oprut baik itu FUN atw sesekali kompetisi ringan sebaiknnya langsung di pasang Rollbar sebab who knows? kemarin XJ temen juga guling d daerah cadas pangeran ke dalem jurang sedalem 40M lebih setara lantai 5 sampai 7kli berguling dan salto di udara, d jurang yang sangat terjal dan bercadas2... itu sih klw bukan ijin yang d atas dan rollbar 8point enggak tau deh.....
padahal enggak ada hujan enggak ada angin.. temen gw juga jam terbangnnya udah bnyk... kyannya karena bosen treknnya kering jadi kurang alert..

LOCKER fungsinnya lebih ke pelengkap,saat semua kepeerluan terpenuhi tidak ada salahnnya memasang locker. untuk di trek kering bisa sangat-sangat membantu, saat artikulasi suspensi mentok, locker sangat membantu. tapi klw udah licin sih kurang membantu, walau tetep ada andilnya. kalau di AS sih, trek Rock CRAWLING bakal berguna bangt locker.. karena kering dan tidak licin kan ngebantu bngt traksinnya...
Lalu untuk SUV modern yang FISS macam pajero yang artikulasinya kurang memadai, maka locker bisa jadi solusi yang bagus... walau fungsinnya tidak akan lebih baik dri suspensi yg berartikulasi, karna setiap roda kan jadi tetep napak. lebih sip lagi artikulasi + locker hehehe.... kemudian di padang pasir juga locker bisa sangat membantu terutama reardifflok

selain itu untuk pemula seperti sya sebaiknnya jgn buru2 masang locker... hehehe dri ngegas aja udah beda.. salah2 minimal mobil muntir trus ke gebrus, parahnnya as roda patah atw diffrontok.. hehehe soalnnya sya pernah kejadian... mending beli winch warn 9.5XP gtu depan blkng... lebih pasti kepakennya, sekarang aja tu locker klw nda bener2 perlu pantang d pke...

CMIIW
mohon di koreksi..

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

:e-clap: :e-clap: :e-clap: :e-clap: :e-clap: :e-clap: :e-clap: :e-clap: :e-clap:
mdid
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Sat Sep 27, 2008 9:25
Location: jakarta

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by mdid »

@Billy, penjelasan komplit dan dimengerti. Salut buat kamu :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: , tapi binggung lagi kalo ingat kamu ambil jurusan IT , he he he he ngungkit lagi ya, seharusnya jurusan ....... :big_peace:

Menurut saya banyak guna dari offroad untuk aktifitas bermobil sehari hari , misalnya kita menjadi lebih mengerti karakter mobil FWD dan RWD (rear wheel drive) , mobil LWB dan SWB (short wheel base), mobil torsi besar (diesel) dan HP besar (bensin) sehingga lebih siap untuk bermobil sehari hari seperti saat mau parkir, saat membawa beban banyak, saat melewati tanjakan /turunan, saat menarik mobil lain, saat masuk tikungan, saat menghadap lubang cilukba, saat melewati banjir. Pada akhirnya kegiatan bermobil menjadi lebih disukai meski kenikmatan berkendara dalam kota makin turun karena jumlah mobil dan motor makin bertambah.

Bagaiman menurut Billy yang lebih aktif dan tahu banyak dunia 4x4. Menurut Billy, apakah pengalaman dan ilmu di 4x4 ada yang bisa membantu atau minimal terpakai dalam aktifitas berkendara mobil sehari hari. Kalo ada bisa kasih contoh yang detail untuk sharing dengan teman lain, ya syukur syukur bulan depan Gmx segera meluncur ke pondok cabe.

Kalo menurut pengalaman Gmx, apakah ada tip/ sharing dari membawa kijang (MPV) menjadi Pajero (SUV) dengan perubahan ukuran serta tenaga mobil ?>
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

mdid wrote:ya syukur syukur bulan depan Gmx segera meluncur ke pondok cabe.
om mdid,
sepertinya saya belum bisa santai sampai januari, januari pun udah mesti siap2 banjir tahunan, dan sedang nangani project yang target Ready for Service di awal feb nih om. tapi mungkin kalo tiba2 diajak ke pondok cabe sih bisa2 saya ikut aja :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
mdid wrote:Kalo menurut pengalaman Gmx, apakah ada tip/ sharing dari membawa kijang (MPV) menjadi Pajero (SUV) dengan perubahan ukuran serta tenaga mobil ?
cerita dikit ya,

mobil pertama saya zebra 1.0 '89, saya pakai kira2 8 tahun dari 97 - 2005. lalu saya pindah kerja, dapet mobil kijang diesel selama 3 tahun 2005 - 2008, selain itu di periode yang sama saya secara pribadi ambil avanza 1.3. kemudian sekarang ini, kijang diwariskan ke pengganti saya di kantor, avanza disulap jadi pajero gen 2 V6 3.0, kadang2 tukeran mobil dgn blazer adik. saya juga pernah nyobain keliling2 jateng pake Hiline Long dan per hari ini saya mulai coba2 pakai eterna untuk harian, pajero di eman2 di rumah hehehe

zebra, kijang, avanza, pajero secara dimensi bisa dibilang ngga beda jauh, biar gede juga saya masih bisa nyelip2 di tengah2 kemacetan, masuk2 jalan tikus. kalo saya nebeng temen2 yang pake jazz, swift, atau yaris malah sering dipepet orang
avanza dan eterna punya kesamaan dibanding yang lainnya yaitu torque di rpm lebih tinggi, enak dipake speeding walaupun bahaya buat avanza

dari yang pernah saya alami
avanza dan eterna, enak dipakai keluar kota yang ada tol-nya seperti jakarta-bogor, jakarta-bandung, jakarta-merak. kalo di macet2 atau jalan rusak agak nyiksa juga, mesti mainin gas buat dapetin rpm
kijang diesel dan pajero enak dipake dalam kota, di tol, di luar kota bukan tol, ke desa2, di mana2 enak

akhirnya kembali ke pepatah yang saya baca di thread sebelah:

"people buy horsepower, but drive torque"

begitu saja pengalaman saya sebagai on road driver yang cenderung speed driver. pengen juga punya pengalaman off road walaupun ngga sepiawai om mdid dan billy, pajero kan all terrain, bukan mall terrain. susahnya, kalo saya pergi2, nyokap pasti ikutan, jadi ragu2 kalo mau keluar dari jalanan, takut ganggu kenyamanan nyokap
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by billyd1773dz »

mdid wrote:@Billy, penjelasan komplit dan dimengerti. Salut buat kamu :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut: , tapi binggung lagi kalo ingat kamu ambil jurusan IT , he he he he ngungkit lagi ya, seharusnya jurusan ....... :big_peace:

Menurut saya banyak guna dari offroad untuk aktifitas bermobil sehari hari , misalnya kita menjadi lebih mengerti karakter mobil FWD dan RWD (rear wheel drive) , mobil LWB dan SWB (short wheel base), mobil torsi besar (diesel) dan HP besar (bensin) sehingga lebih siap untuk bermobil sehari hari seperti saat mau parkir, saat membawa beban banyak, saat melewati tanjakan /turunan, saat menarik mobil lain, saat masuk tikungan, saat menghadap lubang cilukba, saat melewati banjir. Pada akhirnya kegiatan bermobil menjadi lebih disukai meski kenikmatan berkendara dalam kota makin turun karena jumlah mobil dan motor makin bertambah.

Bagaiman menurut Billy yang lebih aktif dan tahu banyak dunia 4x4. Menurut Billy, apakah pengalaman dan ilmu di 4x4 ada yang bisa membantu atau minimal terpakai dalam aktifitas berkendara mobil sehari hari. Kalo ada bisa kasih contoh yang detail untuk sharing dengan teman lain, ya syukur syukur bulan depan Gmx segera meluncur ke pondok cabe.

Kalo menurut pengalaman Gmx, apakah ada tip/ sharing dari membawa kijang (MPV) menjadi Pajero (SUV) dengan perubahan ukuran serta tenaga mobil ?>
wah, ini jd kya lagi ujian nih.... hihihi soal essaynya bahasannya mirip2 kya gini wkekeke... hehehe jgn2 om mdid ini jd dosen juga yah?? hehehe becanda....

:big_peace:
klau ada jurusan kul 4x4 sih pasti tak ambil om...
:BIG:

mungkin intinnya, "apa yang bisa di terapkan dri kebiasaan driving d medan offroad ke kegiatann mengemudi sehari hari" gini yah?

wah apa yah? nda sering2 amet kok om.. oprut nya hehehe....
klw yg plig sya rasakan sih, kita jadi jauh lebih "alert" dan siap akan kondisi lalu lintas dan jalan, juga lebih sensitif terhadap kendaraan yang d pke, bahkan sampai sadar kapan mobil akan melintir atau saat ban mulai slip saat ngebuti, response dan gerak refleks saat mobil muntir juga akan jauh lebih terlatih. sampai bisa kerasa dan mensimulasikan gerak ke 4 ban yang berputar dan mengkondisikan kapan ban itu akan hilang traksi ke aspal.

knp bisa begitu?
simple saja. saat kita touring d jalan buruk yang sudah masuk ke ke lingkup "alam bebas" segala sesuatu jadi sulit diperediksi. kalau di jalan raya, yg harus kita antipasi, seperti pengedara lain, motor, becak,pejalan kaki dll. kalau sudah di alam, yg harus di antipasi adalan pijakan setiap roda kendaraan anda, bisa sja yang terlihat aman, namun begtu di lewatin rupannya sangat licin, atau tiba2 ban mobil anda saat meninjak batu tergelincir mengakibatkan posisi mobil jadi sulit dan mesti di tarik.driver jd harus bener2 merasakan posisi "kaki" tiap mobil kemana akan berpijak dan memutuskan aman atau tidaknnya, dalam hal ini navigator jg sangat berperan dlm menjadi "mata" bgi driver bila ada blind spot. hal ini lebih sulit di prediksi dri pd hal yg biasa di temui di jalan kan? tapi saat anda berhasil melewati obstacle ini Sungguh tidak ada driving experince yang lebih menyenangkan dri hal ini.

tampak sulit?
tidak juga, prakteknya anda hannya perlu fokus ke jalan, lalu, membyngkan laju mobil anda, setelah itu lakukan lah tampa ragu2 namun tetap terkontrol dan tenang. lebih mudah lagi klw anda bersama teman, yg lebih berpengalaman, kemudian dia jalan duluan anda tinggal memperhatikan cara teman anda melewati obstacle.

sering juga d trek mobil muntir karena jalan licin, kemudian gejala tyreflooding atw ban yg ngambang, se tidaknnya kita udah pernah merasakan sensasinnya dan untuk mengatasinya, sehingga anda bisa lebih alert saat kejadian serupa terjadi d kegiatan sehari2 anda.

klw sudah biasa, tapi enggak baik yah... jgn di tiru hehehe... klw misalnnya macet, udah pede dan bisa memprediksiin klw balik arah loncatin pembatas jln gmn, atau saat hendak belok kiri d persimpangan namun jln kehalangan oleh motor yg menunggu stopan, bisa ambil jalur trotoar. atau hendak parkir, namun penuh.. celingak celinguk ada spot nyempil mepet ke pohon namun tidak ada yg parkir di situ karena akar pohonnya besar2.. masukin 4L beres deh... sekali lagi ini enggak baik yah hehehe... jgn di tiru just incase if emeregency...

kegiatan ini juga sangat efektif untuk mengintip pribadi sesorang lho... biasannya saat sudah beberapa hri sja di hutan, fisik sudah capek, akal pun mulai jrng di pakai, biasannya nafsunnya jdi di duluin, klw udah gini dri cara ngegas mobilnnya aja udah ketahuan... lalu sat ada masalah orng ini benar2 bersifat penolong atw tidak, atw lainnya, yg biasannya jrng keluar..

oh yah.. ini juga menghilang kan "senewen" klw ada pengemudi motor atw becak yg nyerempet2... knp coba? hehehe udah bisa mobilnnya baret sma pohon.... hehehehehe becanda ini mah... semprot aja cetnnya pke WD40 sebelum brangkat d jamin ranting2 kecil enggak bakal bikin gores d bodi....

klw ini pribadi, pernah beberapa minggu kendaraan hrian sya pke kijang, waktu itu bandung sedang macet gila... mau ke arah setiabudi gw d dago, ada jalur motong lewat punclut, tpi selama ini sya anggap jalur itu 4x4 only, karena lewat construction site yg masih di gali sma sekli blm di aspal, wah dri pd macet coba deh lewat sana,saat itu musim kemarau,jalur kering tpi di selimutin pasir tebal sampai satupertiga ban.jd tetep aja sulit. bener aja ni kijang d tanjakan pertama langsung slip,diem dlu di lihat medan beberapa saat sambil, memasukan sugesti "gw lgi bw jip forwil"(nekat sebenernya sih) yap gas secukupnya... di maininin dikit yg seluruhnya hampir kya reflek, fokusin ke roda belakang yg berputar agar selalu dpt teraksi, walau beberapa kli muntir tpi selalu bisa di koreksi, tanjakan ke 1 ke 2ke 3 d raih dlm satu nafas... inget ini mobil sejuta umat kijang dgn ban profil tipis aspal only aga d ceperin pula hehehe malah ke enakan gw pke tuwil.. besoknya balik lgi lewat sana.. sebelumnnya tampa maksud apa2 udah ada 2 mobil MPV panther yg sya tarik d jalur ini.. kyannya slip kemudian masuk ke galian... pesan yg sya ambil, klw udah gini kelihatan sekali peningkatan skill yg d peroleh, semula tak mungkin bw kijang di jalur ini sekarang walau sulit, tpi berhasil lewat dan semakin hapal dgn karakter mobil semakin sedikit resiko kerusakan mobil anda.

wah bnyk sih enggak cukup klw d jabarin semua di sini.... anda buktikan saja sendiri. klw sudah ada kendaraanya tinggal mau atau tidak, berani atau tidak, ajak sja keluarga anda, kita adventuring sambil picnic bersama keluarga that's the point. explore another side of indonesia

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by billyd1773dz »

gmx wrote: cerita dikit ya,

mobil pertama saya zebra 1.0 '89, saya pakai kira2 8 tahun dari 97 - 2005. lalu saya pindah kerja, dapet mobil kijang diesel selama 3 tahun 2005 - 2008, selain itu di periode yang sama saya secara pribadi ambil avanza 1.3. kemudian sekarang ini, kijang diwariskan ke pengganti saya di kantor, avanza disulap jadi pajero gen 2 V6 3.0, kadang2 tukeran mobil dgn blazer adik. saya juga pernah nyobain keliling2 jateng pake Hiline Long dan per hari ini saya mulai coba2 pakai eterna untuk harian, pajero di eman2 di rumah hehehe

zebra, kijang, avanza, pajero secara dimensi bisa dibilang ngga beda jauh, biar gede juga saya masih bisa nyelip2 di tengah2 kemacetan, masuk2 jalan tikus. kalo saya nebeng temen2 yang pake jazz, swift, atau yaris malah sering dipepet orang
avanza dan eterna punya kesamaan dibanding yang lainnya yaitu torque di rpm lebih tinggi, enak dipake speeding walaupun bahaya buat avanza

dari yang pernah saya alami
avanza dan eterna, enak dipakai keluar kota yang ada tol-nya seperti jakarta-bogor, jakarta-bandung, jakarta-merak. kalo di macet2 atau jalan rusak agak nyiksa juga, mesti mainin gas buat dapetin rpm
kijang diesel dan pajero enak dipake dalam kota, di tol, di luar kota bukan tol, ke desa2, di mana2 enak

akhirnya kembali ke pepatah yang saya baca di thread sebelah:

"people buy horsepower, but drive torque"

begitu saja pengalaman saya sebagai on road driver yang cenderung speed driver. pengen juga punya pengalaman off road walaupun ngga sepiawai om mdid dan billy, pajero kan all terrain, bukan mall terrain. susahnya, kalo saya pergi2, nyokap pasti ikutan, jadi ragu2 kalo mau keluar dari jalanan, takut ganggu kenyamanan nyokap
hehehe bener om...

klw sya dri segi mobil, klw pke jip se tinggi secara psikologis lebih tenang menghadapi lalu lintas, beda dgn mobil ceper yg rendah biasannya mereka lebih mudah kaget, atw minimal kesal dgn pengedaran lain yg seradak seruduk d banding yg pke jip, yg rendah biasannya lebih merasa d intimidasi dri yg tinggi, biasannya motor aja lebih tinggi dri sedan, apalgi truk?

hehehe... ajak aja om itung2 piknik gtu om... enggak yg berat2 yg fun aja dulu...

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

billyd1773dz wrote: hehehe bener om...

klw sya dri segi mobil, klw pke jip se tinggi secara psikologis lebih tenang menghadapi lalu lintas, beda dgn mobil ceper yg rendah biasannya mereka lebih mudah kaget, atw minimal kesal dgn pengedaran lain yg seradak seruduk d banding yg pke jip, yg rendah biasannya lebih merasa d intimidasi dri yg tinggi, biasannya motor aja lebih tinggi dri sedan, apalgi truk?

hehehe... ajak aja om itung2 piknik gtu om... enggak yg berat2 yg fun aja dulu...
sebenernya tergantung drivernya juga sih, bisa juga yang pendek2 mengintimidasi yang tinggi :big_smoking:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by billyd1773dz »

^^
hehehe maksudnnya gmn om? kya kecil2 caberawit gtu om?

soalnnya temen2 ane yg suka complain sma jalan raya tu rata2 yang suka pke sedan, ada motor deketin dikit langsung semprot ngelakson,gw aja pke sedan nyokap rasannya langsung beda... capek.. mau minta jalan susah amet...dan memang orang lain juga lebih berani motong jalan sedan di banding boil gede dgn ban nongol.... klw pke boil stu lgi perasaan kasih sein aja uda pada ngasih.. motor2 enggk berani deket2, klw ada yg nyeggol pasti kena ban dulu.. drivernnya juga jadi nyantai aja... blm klw pke jip lebih aman dri pada pke boil lain, knp? pernah denger nda pengemudi toyota FJ40 (hartop) atw CJ7 d rampok d perempatan? imagenya hartop tuh di populerkan sinetron indo sebagai mobil penculik....

hehehehe tpi bener kta om.. gmn orangnnya dan kebiasaan juga sih... klw memang sabar yah sabar... hehehe gimana juga jalan raya itu cerminan sifat pengemudinnya.

klw udah ketemu orang ngotot gw sih mending kasih jalan aja.. enggak usah buat perkara hehe

thx
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

om, ada lelangan mobil bekas newmont di forum sebelah, awalnya jual 2 LC & 8 hilux dcab 500jt, lama2 buka info mobilnya ada 115 yang mau di scrap.. tapi kondisinya ya AS IS & form C
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by ibar78 »

mau tuker nih om GMX pajeronya sama dcab? heheheheheh...
:popcorn:
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

ndak lah, pajero ini udah cukup memenuhi kebutuhan, ga kurang, ga lebih.. kebutuhan akan speed udah terpenuhi oleh tunggangan baru (yg lebih tua :big_peace: )
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

gmx wrote:ndak lah, pajero ini udah cukup memenuhi kebutuhan, ga kurang, ga lebih.. kebutuhan akan speed udah terpenuhi oleh tunggangan baru (yg lebih tua :big_peace: )
ralat: maksudnya ga kurang, banyak lebihnya :mrgreen: :mrgreen:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by zweifellos »

kok ga ada kelanjutan thread ini ya. padahal seru bgt saya liat diskusinya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by gmx »

hiyaaa... thread lama bangkit dari kubur... kan dilanjutkan di about mitsu SUV om, orang2nya juga sama aja dia2 juga kan..
User avatar
firawan6275
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
Location: Medan

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by firawan6275 »

waduh makasih bngt om atas pujiannya...
:beer:

hehehe sebenernnya sya belum kerja di mana-mana om... sya baru lulus sma tahun ini.. dan bru kul semester pertama itu pun jurusan IT... hehehe sya tahunnya kya beginian mungkin karna bnyk baca,atw muter2 forum terus klw ada mobil yang gw suka gw cari infonnya terus kebetulan d SM treat pajero rame terus ketemu deh sma om mdid dan om gmx... jd nambah lagi ilmunnya.. heheh thx yah..

oh yah nambahin hampir lupa.... soal keluarga VX 100.. di sini ada 2 jenis seri 100 dan 105, beda di kaki-kaki dan kemewahannya.

vx100 bnyk sekali beredar di jalan, suspensi independent, bener kta om mdid pke suspensi udara bisa naik turun, dan kemewahan kelas 1.

klw VX105 dia axlennya rigid depan blkng, fiturnnya juga pling standar, kalau berpapasan pasti langsung tahu deh, kya ada yang ganjil gtu.. kya pelek kaleng, nda ada overfender dan pernak pernik lainnya, d bdg sering lihat kya gini.. biasannya sih, yg beli instasi pemerintah, atau kedutaan asing.. VX105 ini yang jago kemampuan oprutnnya klw nda salah ada opsi locker depan blkng.. mantap... hehehe

hehehe baru tahu klw VX80 ada 2 akinnya? dan 24 volt? soalnnya d FJ40 temen, yang d swap 1HD-T VX dynamo staternnya dan altenatornnya tetep bawaan vx tpi di test 12 volt om? akinnya cukup 1?

VX80/100/200 sama hummer H2 gede mana yah? ini aja udah oversize bngt...

thx
:beer:[/quote]

Numpang ikutan ya..
Tahun kemarin saya pernah gantiin battery customer saya yg pake LC VX80. Tapi batterynya cuma satu 12V 100Ah. Diganti pake battery Caterpillar 100Ah 750CCA. Sampai sekarang batterynya masih sehat walafiat, toh klo pun rusak kan warrantynya 3 tahun. Kayaknya bisa dihitung jari deh yg berani kasih warranty battery. Rata2 berani cuma 1 bulan, catatan sytem chargingnya tidak bermasalah..

Jadi kok bisa beda ya batterynya, apa sudah dimodif? Thanks
cadit
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Nov 17, 2011 8:20

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by cadit »

setelah baca tread ini, niat untuk ikut nunggangi pajero makin tinggi.... sayang belum ada dana... nabung dulu ah...
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by ak4ng »

cadit wrote:setelah baca tread ini, niat untuk ikut nunggangi pajero makin tinggi.... sayang belum ada dana... nabung dulu ah...
ane doain bro..... :mky_02: :mky_02:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
vote42ner
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1217
Joined: Fri May 20, 2011 1:06

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by vote42ner »

Cuman susah banget nyari jandanya pajero neeh..
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by zweifellos »

vote42ner wrote:Cuman susah banget nyari jandanya pajero neeh..
'janda' kembang. sikit jumlahnya, banyak peminatnya. :mrgreen:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
vote42ner
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1217
Joined: Fri May 20, 2011 1:06

Re: komparasi Mits pajero2.8 TDi vs Toyota Prado TDI th 2001

Post by vote42ner »

Malah gampangan nyari jandanya pajero semprot...sama sama pajero seeh....hehehe