driver become biker please share experience :-)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

driver become biker please share experience :-)

Post by Yusaku »

silakan sharing pengalaman dan tips khusus, selama anda berkendara dengan roda 2, padahal kan biasanya bawa mobil hehehe :mrgreen.

saya mulai dengan pengalaman saya selama 1 bulan berpindah ke roda 2 "supra x 100cc":

1. kalau macet suka grogi, gerakanya geal-geol mau jatuh ke kiri ama samping :lol:
2. kok belok mesti melebar ya?, padahal badan sudah miring lho ke arah tikungan yang dituju
3. hari 3 bawa motor, nyerempet orang naik motor juga yang akan belok ke kanan, karena dari sisi jalan paling kiri langsung sein motong ke kanan, saya di belakanya sampai bingung gimana cara hindarinnya hauhuahua
4.puanass banget kalau siang, belum lagi asap solar dari kendaraan tak terawat
5. sering kesal ama angkutan umum ama mobil gila yang suka di jalur kiri sepeda motor, bikin kita harus selalu ambil jalur tengah
7.belum bisa bonceng orang, kalau dipaksain ya pasti geal-geol terus brukk
8. heran kok ada yang bisa motong/belok tanpa spion ????
9.grogi waktu putar balik takut dihantam sama mobil dari arah berlawanan hehehe
10. bingung enaknya pake rem depan apa belakang ya ??? keseringan depan cuma kerasa kurang pakem padahal udah cakram.
11. sering lupa nurunin gigi, jadi kalau di tanjakan kayak orang nggak bisa nanjak
12. sering keliru antri di pom bensin bagian roda 4
13. sering lupa naikin sandaran samping(di sini bedanya ama mobil, kebanyakan biker saling solider mengingatkan kalau ada standar samping yang belum dinaikin)
14. nurunin gigi mesti kaya efek engine brake berat alias kasar
15. heran lihat parkiran motor yang selalu penuh di mal-mal surabaya + temapat penitipan helm
16. mesti sedia stnk di kantong kemeja
17. wow irit 15.000 sudah full sebelum bensin naik jadi 6.000
18.sering grogi kalau di tengah kemacetan apalagi dijalur tengah dipepet ama roda 4 hahaha
art3m1s
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 551
Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
Location: B A N D U N G

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by art3m1s »

"1. kalau macet suka grogi, gerakanya geal-geol mau jatuh ke kiri ama samping
2. kok belok mesti melebar ya?, padahal badan sudah miring lho ke arah tikungan yang dituju"

yah ini gimana yak.. ini kebiasaan sih.. ente naik motor for the 1st time, alias baru blajar naik motor baru2 ini?

"3. hari 3 bawa motor, nyerempet orang naik motor juga yang akan belok ke kanan, karena dari sisi jalan paling kiri langsung sein motong ke kanan, saya di belakanya sampai bingung gimana cara hindarinnya hauhuahua"

ini juga faktor feeling n kebiasaan sih.. malah gw pernah jatohin motor orang, gara2 orang kyk gini.. gw nya selamat, gak jatoh, orangnya jatoh mpe muter2.. hahahahah

"4.puanass banget kalau siang, belum lagi asap solar dari kendaraan tak terawat"

yap!! kudu rajin cuci muka deh!

"5. sering kesal ama angkutan umum ama mobil gila yang suka di jalur kiri sepeda motor, bikin kita harus selalu ambil jalur tengah"

nah ini.. ntar ktika lagi nyetir mobil, jgn sembarangan yak!! hehehehe...

"7.belum bisa bonceng orang, kalau dipaksain ya pasti geal-geol terus brukk"

ya ini juga lagi2 faktor kebiasaan.. kyknya dr poin ini disimpulkan, ente baru aja blajar motor ya

"8. heran kok ada yang bisa motong/belok tanpa spion ????
9.grogi waktu putar balik takut dihantam sama mobil dari arah berlawanan hehehe"
ketika kita nyetir motor, beda ma nyetir mobil.. spion isn't esensial.. secara motor thu kecil, dan kita cukup toleh dikit, uda keliatan deh thu keadaan skitar motor.. tapi disarankan untuk tetep pake spion! tp jgn tlalu konsen liat spion mulu, tar nabrak pula.. takut dihantam? sama lah kyk kalo baru ptama nyetir mobil!

"10. bingung enaknya pake rem depan apa belakang ya ??? keseringan depan cuma kerasa kurang pakem padahal udah cakram."
mending dua2nya.. depan doank relatif bikin kemudi gak gitu stabil, apalagi kalo aga kenceng..

"11. sering lupa nurunin gigi, jadi kalau di tanjakan kayak orang nggak bisa nanjak"
lah, dulu nyetir mobil gimana?

"12. sering keliru antri di pom bensin bagian roda 4"
isinya premium yak?? ahahaha.. kalo isinya pertamax plus, pst tetep di jalur yg sama

"13. sering lupa naikin sandaran samping(di sini bedanya ama mobil, kebanyakan biker saling solider mengingatkan kalau ada standar samping yang belum dinaikin)"
idem sama gw dulu!! ati2 bahaya looooo

"14. nurunin gigi mesti kaya efek engine brake berat alias kasar"
Hmm.. ini bisa diakalin sih.. motornya supra, brarti semi matic.. gini.. coba turunin gigi jgn pas di speed tinggi, terutama kalo ke gigi 1.. turunin dulu speednya.. (sampe speed brapa, tgantung motor masing2.. n ini kbentuk dari feeling kalo uda lama naik motor). ato nga, coba pas turunin gigi, tahan pedal perseleningnya.. dia akan di posisi kyk netral.. nah pas itu aga ngerem dikit sampe speednya uda aga pas, baru deh lepas pedalnya.. kalo mau enak, naik motor kopling, pindah gigi gak gt kerasa

"15. heran lihat parkiran motor yang selalu penuh di mal-mal surabaya + temapat penitipan helm"
ya piye yo rek? motor gitu loh!! sama aja ah, mobil kalo parkir di jakarta ma bandung juga sumpeK!!

"16. mesti sedia stnk di kantong kemeja"
ngapaen? kalo mo keluar parkiran maksudnya? hehehe.. di dompet juga nyantai aja kok.

"17. wow irit 15.000 sudah full sebelum bensin naik jadi 6.000"
ya iya lahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh. tapi motor gw diisi 15rebu, cuma naik 1 bar.. wakwakwkawk

"18.sering grogi kalau di tengah kemacetan apalagi dijalur tengah dipepet ama roda 4 hahaha"
ini kembali lagi.. KEBIASAAN!!
B6133PJO
art3m1s
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 551
Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
Location: B A N D U N G

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by art3m1s »

sharing aja waktu ptama blajar naik motor yang paling lucu...

jadi waktu itu, gw aga2 ngertilah masalah setel2 langsam dll.. (secara hidup di bengkel). eh baru bisa naik motor nihhh... trus karena males mesti gas2 gitu.. eh sok2an, gas nya gw setel dalam keadaan idle aga gede, trus masukin gigi 1.. jalan sihhhhh.......... nah, pas mau ngerem................ tnyata DORONG trusssssssssss!!! jadi dah eyke jatoh!! brak!! awakwkakwakwkaw

trus ini buat yg baru mo blajar motor kopling..

biasanya relatif kesenengan mencet tuas kopling.. jadi kalo mau brenti, takut mesin mati, eh malah tuas kopling di pencet.. padahal mestinya jgn gitu.. kalo kopling di pencet, motor makin mulus jalan dah.. engine break nya gak ada sama sekali!! hehehe.. tapi ya duolu gw juga gitu, maklum, otodidak blajarnya!!

trus biasanya juga, kalo yang kbiasaan naik bebek, trus naek motor dengan susunan gigi 1-n-2-3-4-5-6... waduh, sering kbalik thu kalo mo naikin gigi, alhasil motor oleng dah.. pa lagi kalo lagi sok2an mau narik, eh salah masukin gigi...!!! wkawkakwakwk

trus biasanya lagi, kalo baru naik kopling, pada sibuk ngurusin kopling, apalagi kalo mau brenti pas macet.. alhasil malah jadi modar thu motor! wakwkawkakw.. APALAGI kalo yg 2tak!! wakwkawkakw...

ya tapi itu semua thu soal kebiasaan sih... jangan takut buat mencoba lah!!
B6133PJO
andywardana
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat May 03, 2008 14:24

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by andywardana »

tes
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by Yusaku »

art3m1s wrote:"1. kalau macet suka grogi, gerakanya geal-geol mau jatuh ke kiri ama samping
2. kok belok mesti melebar ya?, padahal badan sudah miring lho ke arah tikungan yang dituju"

yah ini gimana yak.. ini kebiasaan sih.. ente naik motor for the 1st time, alias baru blajar naik motor baru2 ini?

"3. hari 3 bawa motor, nyerempet orang naik motor juga yang akan belok ke kanan, karena dari sisi jalan paling kiri langsung sein motong ke kanan, saya di belakanya sampai bingung gimana cara hindarinnya hauhuahua"

ini juga faktor feeling n kebiasaan sih.. malah gw pernah jatohin motor orang, gara2 orang kyk gini.. gw nya selamat, gak jatoh, orangnya jatoh mpe muter2.. hahahahah

"4.puanass banget kalau siang, belum lagi asap solar dari kendaraan tak terawat"

yap!! kudu rajin cuci muka deh!

"5. sering kesal ama angkutan umum ama mobil gila yang suka di jalur kiri sepeda motor, bikin kita harus selalu ambil jalur tengah"

nah ini.. ntar ktika lagi nyetir mobil, jgn sembarangan yak!! hehehehe...

"7.belum bisa bonceng orang, kalau dipaksain ya pasti geal-geol terus brukk"

ya ini juga lagi2 faktor kebiasaan.. kyknya dr poin ini disimpulkan, ente baru aja blajar motor ya

"8. heran kok ada yang bisa motong/belok tanpa spion ????
9.grogi waktu putar balik takut dihantam sama mobil dari arah berlawanan hehehe"
ketika kita nyetir motor, beda ma nyetir mobil.. spion isn't esensial.. secara motor thu kecil, dan kita cukup toleh dikit, uda keliatan deh thu keadaan skitar motor.. tapi disarankan untuk tetep pake spion! tp jgn tlalu konsen liat spion mulu, tar nabrak pula.. takut dihantam? sama lah kyk kalo baru ptama nyetir mobil!

"10. bingung enaknya pake rem depan apa belakang ya ??? keseringan depan cuma kerasa kurang pakem padahal udah cakram."
mending dua2nya.. depan doank relatif bikin kemudi gak gitu stabil, apalagi kalo aga kenceng..

"11. sering lupa nurunin gigi, jadi kalau di tanjakan kayak orang nggak bisa nanjak"
lah, dulu nyetir mobil gimana?

"12. sering keliru antri di pom bensin bagian roda 4"
isinya premium yak?? ahahaha.. kalo isinya pertamax plus, pst tetep di jalur yg sama

"13. sering lupa naikin sandaran samping(di sini bedanya ama mobil, kebanyakan biker saling solider mengingatkan kalau ada standar samping yang belum dinaikin)"
idem sama gw dulu!! ati2 bahaya looooo

"14. nurunin gigi mesti kaya efek engine brake berat alias kasar"
Hmm.. ini bisa diakalin sih.. motornya supra, brarti semi matic.. gini.. coba turunin gigi jgn pas di speed tinggi, terutama kalo ke gigi 1.. turunin dulu speednya.. (sampe speed brapa, tgantung motor masing2.. n ini kbentuk dari feeling kalo uda lama naik motor). ato nga, coba pas turunin gigi, tahan pedal perseleningnya.. dia akan di posisi kyk netral.. nah pas itu aga ngerem dikit sampe speednya uda aga pas, baru deh lepas pedalnya.. kalo mau enak, naik motor kopling, pindah gigi gak gt kerasa

"15. heran lihat parkiran motor yang selalu penuh di mal-mal surabaya + temapat penitipan helm"
ya piye yo rek? motor gitu loh!! sama aja ah, mobil kalo parkir di jakarta ma bandung juga sumpeK!!

"16. mesti sedia stnk di kantong kemeja"
ngapaen? kalo mo keluar parkiran maksudnya? hehehe.. di dompet juga nyantai aja kok.

"17. wow irit 15.000 sudah full sebelum bensin naik jadi 6.000"
ya iya lahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh. tapi motor gw diisi 15rebu, cuma naik 1 bar.. wakwakwkawk

"18.sering grogi kalau di tengah kemacetan apalagi dijalur tengah dipepet ama roda 4 hahaha"
ini kembali lagi.. KEBIASAAN!!
1,2,3: yup baru belajar motor hehehe, ketahuan dech masih cupu hahahhaa :mrgreen:
11. mobil sih pakai manual, cuma herannya masih belum biasa sama sistem gigi rotari milik bebek
12. yup premium hehhee sampai tengsin diusir dari bagian roda 4 hahaha
16. kalau di surabaya masuk parkiran juga dicek hehehe cth: pakuwon trade centre ama tunjungan plaza.
17. motornya bro art3m1s, rasanya kelas berat deh (cth phantom, kawasaki ninja, mega pro dll) kok masih belum penuh 15.000 hahahha
betul bro, saya barusan belajar motor, maklum jam terbang di motor masih rendah :lol:, kalau nurunin gigi enaknya diturunin pakai ujung kaki bagian depan atau belakang, bro ? :thanks:

thx for the reply :beer:
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by Yusaku »

art3m1s wrote:sharing aja waktu ptama blajar naik motor yang paling lucu...

jadi waktu itu, gw aga2 ngertilah masalah setel2 langsam dll.. (secara hidup di bengkel). eh baru bisa naik motor nihhh... trus karena males mesti gas2 gitu.. eh sok2an, gas nya gw setel dalam keadaan idle aga gede, trus masukin gigi 1.. jalan sihhhhh.......... nah, pas mau ngerem................ tnyata DORONG trusssssssssss!!! jadi dah eyke jatoh!! brak!! awakwkakwakwkaw

trus ini buat yg baru mo blajar motor kopling..

biasanya relatif kesenengan mencet tuas kopling.. jadi kalo mau brenti, takut mesin mati, eh malah tuas kopling di pencet.. padahal mestinya jgn gitu.. kalo kopling di pencet, motor makin mulus jalan dah.. engine break nya gak ada sama sekali!! hehehe.. tapi ya duolu gw juga gitu, maklum, otodidak blajarnya!!

trus biasanya juga, kalo yang kbiasaan naik bebek, trus naek motor dengan susunan gigi 1-n-2-3-4-5-6... waduh, sering kbalik thu kalo mo naikin gigi, alhasil motor oleng dah.. pa lagi kalo lagi sok2an mau narik, eh salah masukin gigi...!!! wkawkakwakwk

trus biasanya lagi, kalo baru naik kopling, pada sibuk ngurusin kopling, apalagi kalo mau brenti pas macet.. alhasil malah jadi modar thu motor! wakwkawkakw.. APALAGI kalo yg 2tak!! wakwkawkakw...

ya tapi itu semua thu soal kebiasaan sih... jangan takut buat mencoba lah!!
hehehe pertama kali sih mau bawa yang kopling, "biasa sudah terlalu pede bawa mobil manual" begitu coba di jalanan komplek, sepanjang 1/2 kilo kerjaannya ngidupin motor terus hahahhaa
art3m1s
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 551
Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
Location: B A N D U N G

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by art3m1s »

motornya bro art3m1s, rasanya kelas berat deh (cth phantom, kawasaki ninja, mega pro dll) kok masih belum penuh 15.000 hahahha
betul bro, saya barusan belajar motor, maklum jam terbang di motor masih rendah , kalau nurunin gigi enaknya diturunin pakai ujung kaki bagian depan atau belakang, bro ?
dulu sih senengan pake kaki bagian blakang, canggung kalo pake kaki bagian blakang.. tapi kalo skrg tgantung motornya.. hehehe... tapi kalo utk motor bebek biasa yang semi matic (rotari), tetep lebih demen nurunin gigi pake kaki bagian depan.. ga dapet dapet feelnya kalo turunin pake kaki bagian blakang..

ehhhhhh.. motor gw ma motor murah yang dihina2 mulu.. cuma kebetulan isinya aja pertamax plus.. heuheuheuheue.. jadi 15rebu ya kagak baik2 deh!!
hehehe pertama kali sih mau bawa yang kopling, "biasa sudah terlalu pede bawa mobil manual" begitu coba di jalanan komplek, sepanjang 1/2 kilo kerjaannya ngidupin motor terus hahahhaa
Walahhhh...... hahahahah
16. kalau di surabaya masuk parkiran juga dicek hehehe cth: pakuwon trade centre ama tunjungan plaza.
ngerepotin amet yak!! tapi bagus lah, jadi maling motor gak bisa alesan "ga bawa stnk".

hehehe..
B6133PJO
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by TUFF Stough »

Yusaku wrote:8. heran kok ada yang bisa motong/belok tanpa spion ????
9.grogi waktu putar balik takut dihantam sama mobil dari arah berlawanan hehehe
Yang penting spion masih standar Bro, dan jangan segan2 ditengok tuh spion. Khawatirnya kelamaan nggak ditengok, ntar diambekin. :e-whistle: Jadi intinya kalau mau pindah jalur dadakan, tengok dulu spionnya untuk melihat ada nggak kira2 di belakang kita yang bakalan nyolot. Tapi usahakan sebaiknya jaga jarak dengan yang di depan juga di belakang sebelum ngelengos (biar bisa ngasih tanda sein).

Ada juga cara untuk ngasih tanda sein secara darurat, tapi tidak berupa lampu, yaitu dengan melongokkan kepala ke kiri atau kanan (untuk melihat ke pengendara belakang). Setidaknya dengan begitu kita ngasih tahu pengendara di belakang kita kalau kita mo belok kiri atau kanan. Masalah pengendara tsb ngerti bahasa tubuh atau nggak, itu laen persoalan. :shrug: :mrgreen: :upss:
Yusaku wrote:10. bingung enaknya pake rem depan apa belakang ya ??? keseringan depan cuma kerasa kurang pakem padahal udah cakram.
Dipadukan aja rem depan sama rem belakang. Mulanya tekan yang depan dulu, jangan terlalu kencang, nanti rodanya ngunci, baru sedikit2 memainkan rem belakang. Tapi spt saran di atas, selalu jaga jarak.
Yusaku wrote:14. nurunin gigi mesti kaya efek engine brake berat alias kasar
Ini juga masih sering aku alami kalau pinjam pakai motor orang yang kopling otomatis. Triknya saat turunkan gigi, dibarengin dengan membuka sedikit gas untuk mengimbangi RPM yang bakal drop. Demikian juga saat naikkan gigi, agak diatur waktunya dengan sedikit menutup gas untuk mengimbangi RPM yang bakal naik.
art3m1s wrote:sharing aja waktu ptama blajar naik motor yang paling lucu...

...trus biasanya juga, kalo yang kbiasaan naik bebek, trus naek motor dengan susunan gigi 1-n-2-3-4-5-6... waduh, sering kbalik thu kalo mo naikin gigi, alhasil motor oleng dah.. pa lagi kalo lagi sok2an mau narik, eh salah masukin gigi...!!! wkawkakwakwk
Apalagi aku Bro, waktu motor Shogun SP gw baru dateng. Niatnya mo ke pom bensin untuk isi penuh tangkinya. Shogun SP ini merupakan motor pertama gw, sekaligus motor berkopling manual yang pertama kali aku jajal. Pas masuk gigi-1 mo ke gigi-2, kok nggak bisa2? Mana di tengah jalan bensinnya udah tiris duluan. Mau nggak mau harus dorong ke tukang bensin eceran di pinggir jalan buat diisi barang seliter. Selesai diisi, dorong lagi pulang ke rumah, telp ke adek ipar, baru tahu betapa bodohnya aku. :oops:
art3m1s
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 551
Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
Location: B A N D U N G

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by art3m1s »

Apalagi aku Bro, waktu motor Shogun SP gw baru dateng. Niatnya mo ke pom bensin untuk isi penuh tangkinya. Shogun SP ini merupakan motor pertama gw, sekaligus motor berkopling manual yang pertama kali aku jajal. Pas masuk gigi-1 mo ke gigi-2, kok nggak bisa2? Mana di tengah jalan bensinnya udah tiris duluan. Mau nggak mau harus dorong ke tukang bensin eceran di pinggir jalan buat diisi barang seliter. Selesai diisi, dorong lagi pulang ke rumah, telp ke adek ipar, baru tahu betapa bodohnya aku.
hahahah.. ini dodol bgt.. hehehe ^^
B6133PJO
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
Location: Yogyakarta

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by ddaru »

Kalo saya rada beda nih.
Saya uda bisa nyetir sejak kelas 5 SD, bisa nyetir duluan karena dulu emang saya/ortu saya ga punya motor. Papa saya beli motor waktu saya kelas 1 SMP, Supra X tahun 2000. Pertama nyoba langsung bisa, karena saya dari kecil hobinya dengan sepeda, jadi waktu disuru nyoba motor langsung bisa jalan. Masalahnya cuma kalo nurunin gigi, ga bisa smooth karena kurang biasa sama kopling motor bebek, kalo naikin gigi ga ada masalah. Sering latian jadi lancar, tapi baru dapet SIM C waktu kelas 1 SMA, jadi naek motornya baru turun ke jalan waktu kelas 1 SMA. Kalo mobil mah dah dibolein turun ke jalan dari SMP karena biasanya kalo di Jogja yang banyak tu razia motor, bukan mobil, jadi justru diboleinnya bawa mobil. Waktu itu si mobil Papa, karena saya belum dibeliin mobil sendiri, baru dibeliin mobil sendiri setelah kuliah.

Selama SMA saya sekolah bawa motor terus, tetep Supra X yang dulu. Selama SMA saya jatuh dari motor 2x. Yang pertama karena jadi korban tawuran, didorong orang dari samping sampe jatuh. Sebenernya motornya waktu jatuh gapapa, tapi yang bikin hancur karena motornya digebukin. Tangan saya sampe memar-memar gitu, mata saya biru (bukan karena jatuh, tapi kena jotos). Yang kedua karena kepepet mobil L300 pick up, dia ga ngeliat spion & ga sadar kalo disebelah kanannya ada saya, jadi saya kepepet sampe kena pembatas jalan trus jatuh terguling-guling. Untung ga luka parah, cuma lecet doank. Saya pake motor sampe kuliah semester 2.

Nah, setelah semester 2 sampe skarang saya dah bawa mobil terus (brarti dah 2 taun ini saya bawa mobil terus nih). Selama 2 tahun ini Supra X saya ga pernah dipake sampe akinya rusak & susah banget distarter. Dah malez banget deh skarang bawa motor, dah ngerasain enaknya tiap hari kuliah dengan mobil ber-AC dan musik merdu. Pernah setelah berbulan-bulan ga pernah naek motor, waktu mobil saya ada yang minjem, saya terpaksa naek motor. Sehari aja naek motor kena panas & angin, saya langsung opname masuk rumah sakit! Pulang kuliah naek motor, sampe rumah saya nyaris pingsan, sesak napas. Mungkin kondisi saya waktu itu kurang fit & dah lama ga naek motor, jadi kondisi saya langsung drop waktu kepanasan & kena angin. Karena seumur-umur saya belum pernah yang namanya sesak napas, Mama panik trus langsung bawa saya ke UGD. Di UGD katanya saya dehidrasi jadi harus langsung di-infus & dikasi oksigen.

Sejak itu skarang saya kalo ga terpaksa sekali dah ogah banget naek motor, cukup jaman saya SMA aja dah puas deh. Habisnya panas kepanasan, hujan kehujanan, & kalo dipepet orang urusannya sama nyawa. Kalo pake mobil khan nyaman, dipepet orang yang kena bodi mobil, bukan bodi kita. Jadi sekarang walopun bensin naek, saya ga ada (belum ada) niat buat naik motor lagi, mending nyetirnya diatur biar bisa lebih irit. Lagian ortu saya juga skarang kuatir banget kalo saya bawa motor. Habisnya lalulintas di Jogja semakin ruwet & para pengguna motor lainnya uda semakin liar, jadi kalo pake motor di jalan raya emang sama aja dengan bermain 'nyawa', harus ekstra hati-hati. Kalo kendaraan umum? Malez dah, dari rumah kalo mau nyegat bus jalannya jauuuuh...
art3m1s
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 551
Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
Location: B A N D U N G

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by art3m1s »

hehe.. bro ddaru padahal cuma di jogja lo.. coba kalo bersaing di jakarta ^^
B6133PJO
art3m1s
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 551
Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
Location: B A N D U N G

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by art3m1s »

mobil n motor intinya sama ajalah buat gw... yg penting gw cepet nyampe!! hehehe
B6133PJO
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
Location: Yogyakarta

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by ddaru »

Dah nyerah bro kalo saya di Jakarta disuru bawa motor...
Besok kalo ternyata saya dapet kerjanya di Jakarta, saya mending cari apartemen di tengah kota deh, biar tar kalo ngantor bisa deket & ga lama-lama kena macetnya. (dream mode on) :mrgreen:

Btw, kalo di Jogja motor-motornya justru lebih ruwet dari di Jakarta lho! Di jalan banyak motornya daripada mobil! Mobil saya dah kesenggol beberapa kali tu sama motor-motor ga tau diri.

Kalo saya ga perlu cepet-cepet deh sampe tujuan, yang penting pas sampe tujuan ga keringetan, masih wangi & tampil klimis, hehehe...
art3m1s
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 551
Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
Location: B A N D U N G

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by art3m1s »

hehe.. memang sih.. kalo biasa lagi pulang ke daerah sana.,.. motor bikin kesel yg nyetir mobil..

tapi buat sesama pengendara motor, lebi nyebelin kalo nyetir di jakarta!

haha
B6133PJO
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by TUFF Stough »

Dengan kenaikan harga premium ini, makin menjadikan motor sebagai solusi yang paling logic saat ini. Selain irit BBM, juga ampuh menghadapi macet (kecuali macetnya sudah paragh banget).

Tapi berhubung sekarang adalah musim panca roba yang mana adalah juga musim berkembangnya berbagai penyakit, ada baiknya jaga kesehatan tubuh, perbanyak konsumsi makanan2 yang sehat, vitamin, dan segala macam cara supaya tubuh tetap bugar. Terutama para biker yang kalau cuaca panas nggak kehujanan, kalau cuaca hujan nggak kepanasan. :beer:
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by Cloud »

yup, sering2lah pake mtr biar lancar. klo mo lebih lancar, pake sepeda dulu. pada umumnya, kalo udah mahir naik sepeda, naik motor dh gak geol2 lagi. yang penting, jangan ngebut, n kalo latihan cari jalur sepi, tapi kalo sambil jalan d keramaian ya gk papa asal sabar, pelan gk papa yg penting selamat.
cb latihan bonceng, dijamin klo bisa bonceng, naik sendirian jauh lebih mudah.
Latihan belok juga perlu, usahakan belok tidak melebar, sesuai jalurnya, jangan mengambil jalur pengendara/pengemudi lain.
latihan jalan pelan juga perlu, kalo belum lancar n masih geal-geol jangan ragu kaki diturunkan. makin lama, kaki pasti dh gk banyak turun.
salut ma bro, baru pk motor, tapi pilih bebek, bukan skuter. Tapi ada nilai + bebek. kalo dh mahir naik bebek, naik skuter (skubek) tinggal penyesuaian rem belakang aja. beda klo terbiasa naik skubek, naik bebek agak repot dengan pindah gigi.
lebih bagus lagi naik sport, mudah adaptasi ke bebek ato skubek.
yg penting tetep ati2, target lancar dulu, soalnya suatu saat skill bermotor bisa jadi sangat diperlukan.
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by Cloud »

yup, sering2lah pake mtr biar lancar. klo mo lebih lancar, pake sepeda dulu. pada umumnya, kalo udah mahir naik sepeda, naik motor dh gak geol2 lagi. yang penting, jangan ngebut, n kalo latihan cari jalur sepi, tapi kalo sambil jalan d keramaian ya gk papa asal sabar, pelan gk papa yg penting selamat.
cb latihan bonceng, dijamin klo bisa bonceng, naik sendirian jauh lebih mudah.
Latihan belok juga perlu, usahakan belok tidak melebar, sesuai jalurnya, jangan mengambil jalur pengendara/pengemudi lain.
latihan jalan pelan juga perlu, kalo belum lancar n masih geal-geol jangan ragu kaki diturunkan. makin lama, kaki pasti dh gk banyak turun.
salut ma bro, baru pk motor, tapi pilih bebek, bukan skuter. Tapi ada nilai + bebek. kalo dh mahir naik bebek, naik skuter (skubek) tinggal penyesuaian rem belakang aja. beda klo terbiasa naik skubek, naik bebek agak repot dengan pindah gigi.
lebih bagus lagi naik sport, mudah adaptasi ke bebek ato skubek.
yg penting tetep ati2, target lancar dulu, soalnya suatu saat skill bermotor bisa jadi sangat diperlukan.
art3m1s
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 551
Joined: Thu Apr 08, 2004 12:02
Location: B A N D U N G

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by art3m1s »

nah.. ini bijak bener nasehatny!! hahaha...
B6133PJO
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by TUFF Stough »

Dari dulu aku parno banget kalo disuruh pinjam motor orang. Kalau nggak kepaksa sekali, nggak bakalan aku pake motor orang laen, walaupun itu motornya adek ipar sendiri. Padahal adek iparku sering gonta-ganti motor, dari Ninja, ZX, hingga ShogunR jadul. Mungkin khawatir kalo nabrak nggak bisa gantiin kali ya? :lol: Soalnya sebelumnya sudah pernah nabrak 2x (sudah 10 tahun yang lalu), 2-2nya dengan motor pinjaman sodara. :oops:

Jadinya waktu ngambil Shogun SP juga nggak pernah nyoba2 motor dengan kopling manual sebelumnya. Dengan Shogun SP yang ini pun sudah pernah nabrak sekali hingga kait2 di body-nya pada patah (2 tahun yang lalu). Tapi sejak itu Alhamdullilah belum pernah nabrak lagi, maupun senggolan dengan spion mobil.

Note: seluruh kejadian tabrakan tsb sudah dipertanggungjawabkan sepenuhnya oleh aku sendiri sehingga tidak ada masalah yang akan timbul di kemudian hari (walaupun aku sendiri yang babak belur). :beer:
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by anak_singkong »

Yusaku wrote:silakan sharing pengalaman dan tips khusus, selama anda berkendara dengan roda 2, padahal kan biasanya bawa mobil hehehe :mrgreen.

saya mulai dengan pengalaman saya selama 1 bulan berpindah ke roda 2 "supra x 100cc":

1. kalau macet suka grogi, gerakanya geal-geol mau jatuh ke kiri ama samping :lol:
2. kok belok mesti melebar ya?, padahal badan sudah miring lho ke arah tikungan yang dituju
3. hari 3 bawa motor, nyerempet orang naik motor juga yang akan belok ke kanan, karena dari sisi jalan paling kiri langsung sein motong ke kanan, saya di belakanya sampai bingung gimana cara hindarinnya hauhuahua
4.puanass banget kalau siang, belum lagi asap solar dari kendaraan tak terawat
5. sering kesal ama angkutan umum ama mobil gila yang suka di jalur kiri sepeda motor, bikin kita harus selalu ambil jalur tengah
7.belum bisa bonceng orang, kalau dipaksain ya pasti geal-geol terus brukk
8. heran kok ada yang bisa motong/belok tanpa spion ????
9.grogi waktu putar balik takut dihantam sama mobil dari arah berlawanan hehehe
10. bingung enaknya pake rem depan apa belakang ya ??? keseringan depan cuma kerasa kurang pakem padahal udah cakram.
11. sering lupa nurunin gigi, jadi kalau di tanjakan kayak orang nggak bisa nanjak
klo menurut sy sih..
istilahnya nih..situ udh kalah dulu sblm berperang..
blm apa2 udh grogi..
bawa motor tuh bawaannya PD aja..

rileks dulu..tarik napas panjang trus tingkatkan keberanian.

sy dulu waktu belajar motor lsg PD saking PD malah sempet ampir nabrak warung tempel..

hehehe.. :D
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by JESKONENG »

bertaun2 tadinya aku pake mobil, a.l. VW Kombi 75 (sangat fun saat konvoi rame2 sesama kombi di klub VVC Jkt)... Nissan Frontier double cab 2004 (rasanya paling gagah di jalan raya), lalu Jazz VTEC 2005.... cuma fun kalo di luar kota... di Jakarta selalu terjebak dalam stress, pingin pipis dll... lalu pake Pulsar 200 cc... kesan setelah 3 bulan ini naik motor : less stress.... ada rasa "bebas merdeka".. ada rasa kesegaran... cuma pancaindra harus selalu waspada, extra alert karena harus selalu jaga keseimbangan supaya gak jatuh atau geal geol nyrempet kendaraan lain hehehehe.... negative side nya ada = kepanasan kringetan di siang bolong atau basah kuyup kena hujan...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by JESKONENG »

oh ya.. kalo urusan nyemplak motor... sejak jaman kuliah aku bawa Vespa Sprint 72, lalu ganti Honda CB175 twin th 74, lalu terakhir pake Binter Merzy (Kawak KZ-200) th 83 yang dibore up sampai jadi 250cc... tulang kering kaki kiri udah pernah patah (sekarang masih memakai lempengan stainless steel dengan 6 baut di tulang itu) gara2 ngetes knalpot tahun 84 hehehe...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by TUFF Stough »

JESKONENG wrote:... lalu pake Pulsar 200 cc... kesan setelah 3 bulan ini naik motor : less stress.... ada rasa "bebas merdeka".. ada rasa kesegaran...
Bebas karena kita nggak ikutan stuck saat jalanan macet spt halnya dengan roda-4. Setidaknya selama masih ada space yang bisa diselipi, maka masih bebas bergerak. Tapi hati2 jangan sampai bersenggolan dengan mobil. :twisted:

Selain itu juga sensasi saat tubuh diterpa angin saat motor melaju tidak bisa diperoleh saat berada dalam kabin mobil yang tertutup rapat (kecuali AC-nya dimatikan, jendela dibuka, tapi itupun langsung bersentuhan dengan debu jalanan; kalau motor khan masih tertutup helm dan jaket :mrgreen: ).
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by JESKONENG »

Saran bagi penyemplak motor.. kalo mau riding jarak agak jauh dan pingin kecepatan agak tinggi, bagusnya pake body protector aja (knee and elbow protector) selain helm dan sepatu boot dan sarung tangan dengan protector juga...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
yoodan
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Jun 02, 2008 14:36
Location: bdg.

Re: driver become biker please share experience :-)

Post by yoodan »

huehue..
jadi inget dulu waktu pertama motor dateng..
nyalain motor, naek, coba jalan..
kaki kanan sama kiri masi dibawah..
hehehe
ga berani.
seminggu bawanya mepet kiri terus, tegang.

mau tau motornya : Mio.
hekhekhek..

trus setelah bisa, nyoba bawa ninja punya temen.. tiap berenti, motornya pasti mati.
ampe pernah diklaksonin sama orang belakang.
hehehe.