ASKing = TVS apache 160 RTR

Segala motor tipe sport (GL, CBR, Tiger, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

K4z4
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Wed Apr 15, 2009 8:38

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by K4z4 »

Kalo masalah kabel putus, gw blom pernah baca di forum2, yg udah pernah gw liat itu catnya banyak yg terkelupas (cuma yg punya gw mulus) atau baut yang agak berkarat (nah yang ini gw juga kena), gw rasa itu karena proses pengiriman dari india nya dan juga waktu antara produksi dan penjualan yang kelamaan. Contoh apache gw, di rakit bulan mei-2008, sampe di indo juli-2008, trus nyampe di rumah gw april 2009.
Kalo masalah di atas sih masih gw maklumi lah.
Tapi yang gw salut adalah kerapihan dari apache dan perlindungan terhadap komponen2 nya. Contohnya spion nya itu ada karet pelindung atas dan bawah yang rapat supaya gak kemasukan air trus cerminnya itu ada tulisan di sisi dalam (gw pikir tulisan itu tempelan biasa yang bisa dicopot) yang ngasih tau bahwa object di spion terlihat lebih dekat dari jarak sebenarnya yang bisa ngebantu kita jaga jarak, trus kabel kopling dan rem juga ada pelindungnya. Susah juga ngomongnya yah....hehehe...coba deh boss liat di dealernya, bandingin sama motor lain.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by JESKONENG »

ya syukurlah kalok merk2 selain jepang gak dianggep sebagai "motor merk alternatip" aja, tapi sudah dimasukkan dalam pertimbangan pemilihan secara obyektif antar semua merk motor yang ada...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
K4z4
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Wed Apr 15, 2009 8:38

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by K4z4 »

Setuju boss "gak ada merk alternatif". Kalo kita cerdas, gak akan melihat barang hanya dari satu sisi (nama pabrikan).
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by p4nd4 »

bro nanya dong..katanya apache ini kalo jalan jauh bikin pegel yah ? bener ga ?
soalnya katanya sih posisi ridingnya agak membungkuk..tapi kalo liat di brosurnya katanya stangnya bisa diatur ketinggiannya buat kenyamanan.

dulu pake karisma ganti ke king (motor ini posisi duduknya nyaman banget) trus lantaran asap bau ganti lagi ke jupiter z mmm sakit punggung aku kambuh langsung...:(

jadi mo nyari motor yang nyaman lagi nih tapi jangan yang 2 tak lagi deh
K4z4
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Wed Apr 15, 2009 8:38

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by K4z4 »

Wah, aku blom pernah jalan jauh boss....Tapi emang bener kalo setangnya bisa di set pada dua posisi, tegak sama balap (caranya nyetingnya belom tau, nanti gw tanya kalo service pertama). Selain posisi setang, posisi pedal kaki dan rem menukik ke bawah (posisi sport).
Kalo gw naik apache, posisi tulang punggung tetap lurus, tetapi membentuk sudut dengan garis horizontal. Kalo gw liat orang naik megapro/king, posisi tulang punggung tegak lurus dengan horizontal.
Nah, pengertian membungkuk itu gimana yah ?? Kalo menurut gw bungkuk itu artinya tulang punggung gak lurus. posisi tulang punggung yang gak lurus itu yang bikin cepet capek.
Mungkin lebih tepatnya menunduk kali yah daripada membungkuk.
danangms
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 637
Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
Location: Lamongan

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by danangms »

gw selama pake apache jarak jauh kalo jalanannya mulus ge terasa sakit di punggung.
tapi kalo jalannya rusak berat, punggung jadi cepet capek. pernah test surabaya jogja enak banget...
Safety First
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by p4nd4 »

wahh gitu yah bro...thx buat infonya....
kalo jalan rusak berat mah naek motor apa aja juga ga enak hahaha..

kebetulan hari sabtu kemarin tvs ikut bazaar di gedung bank bni jln pemuda medan..harga resmi medan 17.600.000 selama bazaar dapat discount 10% tinggal 15.840.000 murah banget...kemarin dah kasih panjar..mudah-mudahan 3 hari ini bisa ditebus kekeke....

motor bermutu harga murah.. :big_peace:
K4z4
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Wed Apr 15, 2009 8:38

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by K4z4 »

Wah...selamat boss dengan motor barunya...diskonnya gede banget tuh...iri gw. Nanti sharing2 yah....
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by p4nd4 »

wahh cari cari info di web katanya banyak masalah dengan apache yah bro ? padahal dah kasih tanda jadi lagi...
K4z4
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Wed Apr 15, 2009 8:38

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by K4z4 »

Wah baru tau kalo banyak masalah, liat di mana boss trus masalahnya apa aja ??
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by p4nd4 »

coba cek di link bawah ini bro..baca di commentnya..

http://awiguna.wordpress.com/2009/04/23 ... emetiknya/

ada yang kena kabel kopling putus..solusinya sih katanya ganti dengan kabel kopling vespa..

trus mesin getarnya ga normal...ada mekanik dealer yang ganti businya dengan tvs neo..jadinya maknyus..

trus kualitas cek yang kurang bagus...sampai ada yang cat ulang keseluruhan..

trus ada satu yang bilang baru 1 tahun gear nya jadi bermasalah dari gigi 2-3 bisa langsung normal sendiri...nah tapi kemudian diganti oleh ATPM sih...habis ganti malah tambah enak motornya katanya..

trus sparepart yang belum tersedia secara tiba-tiba..ada yang kampas rem cakram depan masih pake asbes jadi cakramnya bentar aja dah tipis..
nahh kalo sparepart katanya banyak sparepart suzuki yang cocok dengan apache.

cuman kalo dari segi mesin pada ngakuin kalo apache bagus

makanya kemarin sore aku langsung ke dealer tvsnya...pas di sana ada juga dia jual yang apache second tahun 2008 harganya 13.500 rb aku liat sih cat mesin belum ada yang terkelupas sih cuman catnya emang mulai agak pudar (yg aku liat yang warna grey dof)

trus jumpa lagi satu karyawan tvs yang pake apache merah.. nah yang ini warna sih masih lumayan bagus..overall sih bagus menurut aku...trus aku sampaiin keluhan2 blog itu...dia bilang kadang2 susah sih ngomongnya kan tergantung juga yang make..ada yang makenya kasar yah gampang rusak dimana-mana

trus aku test ride apache bekas itu...mmm enak tuh posisi duduknya malah lebih enak dari vixion kalo menurut aku...vixion tuh punggung ga cape tapi tenaganya tekan ke siku jadinya sekitar siku yang agak pegel..

trus pada saat naik apache malah ga lohh...jadi tambah bingung aku...ambil atau tidak yah ?
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by p4nd4 »

mmm ini ada yang post infonya :
Ferry permalink

@yogi

kalo memang berniat, pertama, yang pasti karena semua ngalamin (walo beda2 posisi), adalah cat. sukur2 bisa cat semua, sampe ke rangka2 n mesin juga, termasuk pegangan belakang. sukur2, setelah cat dikerok, di anti karat dulu…

ganti baut2, dengan yg sebagus2nya sekalian. (TVS padahal jadi supplier baut bajaj, tapi kok baut bajaj keknya gag pada karatan ya? tanya kenapa)

perisapkan kabel kopling (bbrp ngalamin, untungnya saya tidak)

cek kampas rem depan, seluruh set, apakah pemasangan sudah presisi, atau belum, jangan sampe kejadian bro hadiy, bro ichsan, terjadi. (untungnya saya tidak :D )

cek juga rem belakang, jauh lebih bagus kalo berani ganti sekalian pake cakram (jangan sampe kek bro aziz, sudah ganti kampas, tetep aja berdecit sampe miris kalo buat nge rem, n setelah jalan 50 km-an, tuh teromol panasnya diatas toleransi wajar)

mengenai rantai, ini yg gw bingung, soalnya, memang dari awal gw ragunya di sroket belakang (yang kasat mata terlihat). dari awal motor nyampe, runcing2 banget tuh sproket. tapi karena gw gag tau standar keruncingan sproket, ya gw diem aja.

sejauh itu, cuma itu sih, ama paling setting mesin, n setelah running in, kalo ada masalah (misalnya susah netral, ato ada netral antara gigi 2 n 3, dll)langsung diselesaikan saja (jadi inget, dulu bro prazt di manado cepet penanganannya, dealer kah yang berbeda?)). n just to share, ternyata anak2 HTML juga ngalamin susah netral ya…(info dapet dari brother HTML bernomor ratusan)

@Antonius, kalo raptor, itu masih prototype doang, barang pajangan dari Indianya sana, sama seperti motor listriknya yg dulu dibawa ke PRJ. raptor, kalo gw bilang, adalah motor yang bener2 cross over. mirip supermoto, tapi seperti berjenis kelamin DUB (bebek). velg lebar, cakram depan belakang, mesin tegak, tapi keknya tangki dibawah jok (setidaknya bentuk depan jok berada di bawah jok posisinya n bukan diatas jok) mesin, kalo liat di fotonya doang siy kek apache, mungkin sama 160cc, ato mungkin bore -up. yang 180 cc menace, sudah launch, persis Fi, cuma beda di stiker ama mesin.

@wira, sensor sudah dilakukan kok bro….buktinya yang pake nick MEGAN (bro megantara kalo gag salah, n gw panggil bro, soalnya gw anggap dia juga rider tvs, n bukan pabrikan) banyak post nya yang di sensor di page ini saja. yang jelas, blog ini buat bahas apa saja, n untuk beberapa hal, memang mengerucut mengenai TVS, karena memang artikel nya mengenai itu. kritikan, tidak ada yg enak di telinga. tapi, selama kata2 tidak ngena di hati, harusnya no problem, tapi kalo emang udah SARA dll, jangan cuma berani di blog.

@MEGAN. gw gag tau apa yg lo posting sob, secara gw telat liatnya… tapi sepertinya, itu membahas masalah internal, diluar hal lazim dalam blog ini. apakah ada kata2 kasar? gw juga gag tau.tapi satu keknya komentar yg perlu gw garis bawahi (kang awi, tolong di bold biar kelihatan komen aslinya)

komen asli dari bro MEGAN:Untuk siapapun yang ada di blog ini mari kita, merenung dan berfikir positife saja atas kejadian2 masa lalu baik itu berupa comunity maupun mengenai kuda besi kita apakah pantas kita menjelek2 product yang sudah terlanjur kita beli????? atou menjelek2kan comunity yang pernah kita jalani??????

kalo kita menjelek2kan product yang kita beli /comunity yang pernah kita jalani , sama saja kita juga menjelek2kan pribadi kita sendiri????

kolo emang sudah tidak suka/product itu jelek ya sudah dijual ajaa…………………gitu aja koq repoooot!!!!!.

Komentar Bro Ferry:
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by p4nd4 »

ohh yahh satu lagi hasil interview aku dengan pemakai apache di dealer tvs...ban belakang emang licin usahakan ganti ban dengan tubeless saja...karyawan di dealer itu beli merek swallow aja tuh bannya gede lagi tambah macho sayang ga bawa hp untuk di foto harganya katanya sekitar 300ribuan...kalo yang depan ga di ganti ga papa..cuman kalo velg racing ga pake tubeless trus bocor susah dibuka loh bannya takutnya velgnya jadi rusak..

kasus apache second yang aku test tuh belakangnya goyang dikit, rupanya velg belakangnya dah ga bulat lagi..
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by p4nd4 »

Tejo TVS permalink

Dear All broder..
Dalam tahap kepedulian ATPM terhadap para kastemer TVS pada umumnya dan dan TVS Apache pada khususnya. ATPM membuka imel untuk menyalurkan keluhan, kritikan dan masukkan broder semua untuk menjadikan kita lebih baik lagi. Broder yang sudah melakukan claim spareparts dll ke dealer dan tidak ditanggapi dapat langsung mengirim imel ke kami.
imel apache: [email protected]
imel neo :[email protected]
semoga dengan adanya imel ini ATPM dapat menjawab dan melakukan tindakan untuk membatu broder-broder.
K4z4
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Wed Apr 15, 2009 8:38

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by K4z4 »

Kalo keluhan selain dari mesin / performa, gw sih masih toleransi, karna dulu gw pernah ngalamain juga waktu pake Suzuki New Shogun 110.
Belom lama businya udah rusak, sampe harus di dorong dulu baru nyala. Kabel speedo meter putus sampe 3 kali. Cat body gampang baret. Tapi it's OK, selama dia bisa lari ngacir. Kerusakan kayak gitu masih cukup dikantong gw, paling abis 30 ribuan.
Tapi kalo dari awal mesinnya gak ada performanya, bisa dibayangin duit yang harus keluar.
Contoh di treat2 sebelah, baru beli motor harus ganti CDI, ganti piston, ganti Karbu, dll. Berapa juta tuhhhh yang harus keluar ??
Lagian kalo motor udah diganti CDI, piston, karbu, menurut gw itu udah bukan merk waktu belinya lagi.
danangms
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 637
Joined: Sat Dec 27, 2008 12:45
Location: Lamongan

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by danangms »

bro2 sekalian, ada yang sudah ganti pilot jet karbu apache belum? katanya diganti yang ukuran 17,5 milik force one tarikan jadi tambah enak? kalo ganti pilot jet kira kira habis berapa?
thanx infonya...
Safety First
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by JESKONENG »

danangms wrote:bro2 sekalian, ada yang sudah ganti pilot jet karbu apache belum? katanya diganti yang ukuran 17,5 milik force one tarikan jadi tambah enak? kalo ganti pilot jet kira kira habis berapa?
thanx infonya...
pilot jet kalok merk murah meriah kayak X-treme cuman 20 ribu perak... kalok merk Daytona skitar 45 ribuan, setara dengan pilot jet kalok kita beli di dealer resmi Yamaha, pasti skitar 40ribuan juga...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by p4nd4 »

K4z4 wrote:Kalo keluhan selain dari mesin / performa, gw sih masih toleransi, karna dulu gw pernah ngalamain juga waktu pake Suzuki New Shogun 110.
Belom lama businya udah rusak, sampe harus di dorong dulu baru nyala. Kabel speedo meter putus sampe 3 kali. Cat body gampang baret. Tapi it's OK, selama dia bisa lari ngacir. Kerusakan kayak gitu masih cukup dikantong gw, paling abis 30 ribuan.
Tapi kalo dari awal mesinnya gak ada performanya, bisa dibayangin duit yang harus keluar.
Contoh di treat2 sebelah, baru beli motor harus ganti CDI, ganti piston, ganti Karbu, dll. Berapa juta tuhhhh yang harus keluar ??
Lagian kalo motor udah diganti CDI, piston, karbu, menurut gw itu udah bukan merk waktu belinya lagi.
iya bro..habis mikir-mikir mmm kayanya problemnya ga terlalu parah juga sih hehe...jangan terlalu dipikirkan yah produk apa aja sekarang juga sering bermasalah..yang 25juta aja juga sering bermasalah...apalagi aku dapatnya murah lagi hehe..makin mantafff ambil apache dahh tinggal tunggu gajian..mudah2an hari ini bisa masuk ke rekening lansung meluncur ke dealer... :big_peace:
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by p4nd4 »

JESKONENG wrote:
danangms wrote:bro2 sekalian, ada yang sudah ganti pilot jet karbu apache belum? katanya diganti yang ukuran 17,5 milik force one tarikan jadi tambah enak? kalo ganti pilot jet kira kira habis berapa?
thanx infonya...
pilot jet kalok merk murah meriah kayak X-treme cuman 20 ribu perak... kalok merk Daytona skitar 45 ribuan, setara dengan pilot jet kalok kita beli di dealer resmi Yamaha, pasti skitar 40ribuan juga...
kalo segi kualitas menang mana bro ? merk Daytona apa yang Yamaha ?
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by p4nd4 »

bro kalo soal oli gimana ?..pake apa yang bagus ?
K4z4
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Wed Apr 15, 2009 8:38

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by K4z4 »

Pengen juga ahhh ganti pilot jet daytona, cincai mah kalo cuma selisih 5 ribu doang. Kalo oli rencananya mo pake Shell atau Repsol yang 10/40, yang ditengah2, kalo motul kemahalan. Tapi pake enduro 10/40 katanya OK juga. Asal rajin ajah ganti olinya sebulan sekali.
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by p4nd4 »

akhirnya black apache sampe rumah juga hehe....

kalo aku sih oli rencananya mo pake yang idemitsu eco 4t 10w-30 aja... seperti saran salah satu pakar oli disini...yang penting rajin ganti oli aja...

oh yah bro K4z4 udah ganti apa aja di apachenya ?
K4z4
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Wed Apr 15, 2009 8:38

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by K4z4 »

Masih 100% gress, blom ada yang diganti2, standartnya juga udah top markotop kok.....hehehehe. rencananya minggu ini mo service pertama. Oli idemitsu pasti jarang yah, soalnya gw baru denger tuh.
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by p4nd4 »

mm seharusnya di jkt lebih gampang cari bro..aku dah ganti oli idemitsu 10w-30...rasanya tarikan lebih enak sih...

kalo pake oli dari tvs...gigi satu tarik ke rpm 4-5rb agak sendat tapi pake oli 10-30 tarikan kayanya lebih plong gitu...

apa perasaan aku aja yahh...over all mantaff nih motor....:)
p4nd4
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 763
Joined: Mon Nov 29, 2004 4:27

Re: ASKing = TVS apache 160 RTR

Post by p4nd4 »

oh Yah bro K4z4 dah ganti ban lom ? gimana apakah bannya terasa licin ? baik yang belakang atau yang depan ?