Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
most SUV stock, cuma bisa sampe sekitar 35 derajat deh.. ini juga udah berat..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Thu Dec 13, 2007 8:18
Re: Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
@ Nyoman,
Whew thx bro jadi optimis utk test drive nih, ada modif mesin bro buat tambah responsif? Bro nyoman udh pake teri AT berapa Km? Ada pengalaman yang kurang menyenangkan gak selama ini?
Ada modif kaki2 biar ga limbung?
Whew thx bro jadi optimis utk test drive nih, ada modif mesin bro buat tambah responsif? Bro nyoman udh pake teri AT berapa Km? Ada pengalaman yang kurang menyenangkan gak selama ini?
Ada modif kaki2 biar ga limbung?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
saya pk yg mt.. sudah 5000km yg at milik salah satu om saya.. itu juga sudah 10rb km..
klo kurang menyenangkan ya pas jalan di tol bro.. kerasa kurang tarikannya..(mau aplikasi turbo charge) ga tau bs pa g..
biar g limbung coba pk stabiliZer di depan ama belakang.. cukup membantu..
oh ya klo nanjak2 saya pasangkan lsd.. lsdnya kan bisa diseting jadi ga bahaya untuk harian..
@gtr
saya pk lsd di mobilnya bro..
kebetulan sempet seting ecu..
klo kurang menyenangkan ya pas jalan di tol bro.. kerasa kurang tarikannya..(mau aplikasi turbo charge) ga tau bs pa g..
biar g limbung coba pk stabiliZer di depan ama belakang.. cukup membantu..
oh ya klo nanjak2 saya pasangkan lsd.. lsdnya kan bisa diseting jadi ga bahaya untuk harian..
@gtr
saya pk lsd di mobilnya bro..
kebetulan sempet seting ecu..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Mon Jan 14, 2008 7:32
Re: Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
Supaya gak limbung coba pasang besi palang yang di kap mesin bro strut bar kalo gak salah namanya ya?edo tensei wrote:@ Nyoman,
Whew thx bro jadi optimis utk test drive nih, ada modif mesin bro buat tambah responsif? Bro nyoman udh pake teri AT berapa Km? Ada pengalaman yang kurang menyenangkan gak selama ini?
Ada modif kaki2 biar ga limbung?
tapi bantingan jadi tambah keras malah, mending standard aja bro kalo gak doyan ngebut2x amat udah cukup kok standard.
Kalo upgrade dari Avanza ke terios pasti akan berasa enak kok pakek terios.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Thu Dec 13, 2007 8:18
Re: Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
LSD Limited Slip Differential bro? sorry cupu nih hehe
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
avanza ke terios yah berasa enak, karena beda kondisi baru aja kali ya...
yg baru terasa beda sih kalo pindah ke mobil lain apa aja deh sekitar GL/Jazz/yaris/sx4 gitu biarpun sama2 bekas..
yg baru terasa beda sih kalo pindah ke mobil lain apa aja deh sekitar GL/Jazz/yaris/sx4 gitu biarpun sama2 bekas..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
nanjak 45 derajat?
Hmm.....IMO, kadang2 kita sebagai pemakai jalan gak bener2 ngukur tingginya tanjakan, sering kali kita cuma kira2 saja dan banyakan perkiraan kita itu meleset.
saya juga sering banget berteori dengan memakai kira2 dan juga sering salah.......hehehehe....
sebenernya 45 derajat itu tanjakan yg sangat curam, biasanya mobil2 yg nanjak di tanjakan 45 derajat itu engga bisa nanjak secara santai. Yg saya tau itu VW Touareg dan LAnd ROver LR3 aja nanjak 45 derajat harus dengan model crawling (merayap) dengan memanfaatkan 4wd low range gearnya.
IMO lagi tanjakan 45 derajat susah dilakukan sambil mobil berjalan kencang (baca: normal) karena kemungkinan terguling cukup besar.
Balik ke Terios, kayaknya kalo untuk keperluan sehari2 , kita engga gitu perlu mobil yg bisa nanjak secara curam, kalo untuk tanjakan2 umum sih terios gampang ngelibasnya apalagi terios masih pake RWD.
memang secara umum, mobil2 SUV enak dipake untuk nanjak dalam artinya kita yakin ni mobil pasti kuat nanjak, tapi kalo soal bisa lari berapa pas nanjak, nah ini yg berbeda2 tergantung berat bawaan dan mesin mobil.
Untuk terios dgn mesin 1500cc, IMO: napas pasti ada, tapi engga tau seberapa panjang napasnya untuk terus menambah kecepatan dikala nanjak.
Kalo saya bilang napasnya terios ya seperti kebanyakan SUV denga mesin kecil lha bro......pasti agak berat walaupun di kickdown terus menerus dikala nanjak, dan juga memang peruntukkan terios bukan untuk speed di tanjakan.
Hmm.....IMO, kadang2 kita sebagai pemakai jalan gak bener2 ngukur tingginya tanjakan, sering kali kita cuma kira2 saja dan banyakan perkiraan kita itu meleset.
saya juga sering banget berteori dengan memakai kira2 dan juga sering salah.......hehehehe....
sebenernya 45 derajat itu tanjakan yg sangat curam, biasanya mobil2 yg nanjak di tanjakan 45 derajat itu engga bisa nanjak secara santai. Yg saya tau itu VW Touareg dan LAnd ROver LR3 aja nanjak 45 derajat harus dengan model crawling (merayap) dengan memanfaatkan 4wd low range gearnya.
IMO lagi tanjakan 45 derajat susah dilakukan sambil mobil berjalan kencang (baca: normal) karena kemungkinan terguling cukup besar.
Balik ke Terios, kayaknya kalo untuk keperluan sehari2 , kita engga gitu perlu mobil yg bisa nanjak secara curam, kalo untuk tanjakan2 umum sih terios gampang ngelibasnya apalagi terios masih pake RWD.
memang secara umum, mobil2 SUV enak dipake untuk nanjak dalam artinya kita yakin ni mobil pasti kuat nanjak, tapi kalo soal bisa lari berapa pas nanjak, nah ini yg berbeda2 tergantung berat bawaan dan mesin mobil.
Untuk terios dgn mesin 1500cc, IMO: napas pasti ada, tapi engga tau seberapa panjang napasnya untuk terus menambah kecepatan dikala nanjak.
Kalo saya bilang napasnya terios ya seperti kebanyakan SUV denga mesin kecil lha bro......pasti agak berat walaupun di kickdown terus menerus dikala nanjak, dan juga memang peruntukkan terios bukan untuk speed di tanjakan.
Last edited by Risol1 on Thu Jul 24, 2008 14:29, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
he3 akhirnya ada yg tau juga....
mau pakai apa kek, cuma segelintir kendaraan SUV (khusus) yg bisa jalan climb 45derajat.
SUV umum yg bisa 35dearajat saja sudah hebat.
terios/rush itu final gearnya besar (lebih besar dari avanza 1.5), jadi jatuhnya kecepatan setiap gear hampir sama aja dgn xeniavanza 1,3 (krn ruster kapasitas 1.5).
yg terasa pd mobil2 final gear besar, tgn kiri mayan aktif krn frekuensi ganti gigi sering/tinggi..(sebentar aja juga udah gigi 5), kalo deselerasi bbrp saat sering require downshift, karena rpm langsung ikut berubah mayan juga.
mau pakai apa kek, cuma segelintir kendaraan SUV (khusus) yg bisa jalan climb 45derajat.
SUV umum yg bisa 35dearajat saja sudah hebat.
terios/rush itu final gearnya besar (lebih besar dari avanza 1.5), jadi jatuhnya kecepatan setiap gear hampir sama aja dgn xeniavanza 1,3 (krn ruster kapasitas 1.5).
yg terasa pd mobil2 final gear besar, tgn kiri mayan aktif krn frekuensi ganti gigi sering/tinggi..(sebentar aja juga udah gigi 5), kalo deselerasi bbrp saat sering require downshift, karena rpm langsung ikut berubah mayan juga.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Thu Dec 13, 2007 8:18
Re: Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
Thanx U guys info nya berguna banget, secara buat pemakaian urban Terios nih not bad lah yah itung2 antisipasi musim ujan bros hehe, daerahku seneng banjir jg sih n jalan kurang bagus jadi kaki2 mesti kuat.
Oya apa bener pemasangan grounding cable extra bikin shifting AT makin smooth bro?
Oya apa bener pemasangan grounding cable extra bikin shifting AT makin smooth bro?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
oh gt ya bro..Risol1 wrote:nanjak 45 derajat?
Hmm.....IMO, kadang2 kita sebagai pemakai jalan gak bener2 ngukur tingginya tanjakan, sering kali kita cuma kira2 saja dan banyakan perkiraan kita itu meleset.
saya juga sering banget berteori dengan memakai kira2 dan juga sering salah.......hehehehe....
sebenernya 45 derajat itu tanjakan yg sangat curam, biasanya mobil2 yg nanjak di tanjakan 45 derajat itu engga bisa nanjak secara santai. Yg saya tau itu VW Touareg dan LAnd ROver LR3 aja nanjak 45 derajat harus dengan model crawling (merayap) dengan memanfaatkan 4wd low range gearnya.
IMO lagi tanjakan 45 derajat susah dilakukan sambil mobil berjalan kencang (baca: normal) karena kemungkinan terguling cukup besar.
Balik ke Terios, kayaknya kalo untuk keperluan sehari2 , kita engga gitu perlu mobil yg bisa nanjak secara curam, kalo untuk tanjakan2 umum sih terios gampang ngelibasnya apalagi terios masih pake RWD.
memang secara umum, mobil2 SUV enak dipake untuk nanjak dalam artinya kita yakin ni mobil pasti kuat nanjak, tapi kalo soal bisa lari berapa pas nanjak, nah ini yg berbeda2 tergantung berat bawaan dan mesin mobil.
Untuk terios dgn mesin 1500cc, IMO: napas pasti ada, tapi engga tau seberapa panjang napasnya untuk terus menambah kecepatan dikala nanjak.
Kalo saya bilang napasnya terios ya seperti kebanyakan SUV denga mesin kecil lha bro......pasti agak berat walaupun di kickdown terus menerus dikala nanjak, dan juga memang peruntukkan terios bukan untuk speed di tanjakan.
soalnya pas saya naik, tanjakannya extrim.. apalagi jalannya tanah...
mungkin itu yang bikin kt ngerasa tinggi..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
strut bar?Dennif wrote:Supaya gak limbung coba pasang besi palang yang di kap mesin bro strut bar kalo gak salah namanya ya?edo tensei wrote:@ Nyoman,
Whew thx bro jadi optimis utk test drive nih, ada modif mesin bro buat tambah responsif? Bro nyoman udh pake teri AT berapa Km? Ada pengalaman yang kurang menyenangkan gak selama ini?
Ada modif kaki2 biar ga limbung?
tapi bantingan jadi tambah keras malah, mending standard aja bro kalo gak doyan ngebut2x amat udah cukup kok standard.
Kalo upgrade dari Avanza ke terios pasti akan berasa enak kok pakek terios.
untuk ruster ama fortuner aja belum ada.. harus kostum... di topic strutbar corner sudah sempat saya tanyakan, ternyata belum ada strutbar untuk suv.. saya sudah coba pake stabillizer.. membantu kok..
biar tambah kerasa, dari rumah jalan kaki..Kalo upgrade dari Avanza ke terios pasti akan berasa enak kok pakek terios
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
yup..edo tensei wrote:LSD Limited Slip Differential bro? sorry cupu nih hehe
saya sempet pasang di bengkel tempat dx saya pasang lsd.. merknya sj saya ga tau.. tapi enk juga... ga pernah ada masalah..
btw kmrn di bengkel sempet ditawarin turbo charger..tapi saya nolak.. soalnya suara cshh.. setiap lepas gas, shift gear nge rem cukup menganggu..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Thu Dec 13, 2007 8:18
Re: Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
Haha bukannya suara "cssh"-nya itu yang bikin orang pasang turbo? Suara blow off nya itu bakal bikin lu ketagihan ngebejek boz hehe...NYoman wrote:yup..edo tensei wrote:LSD Limited Slip Differential bro? sorry cupu nih hehe
saya sempet pasang di bengkel tempat dx saya pasang lsd.. merknya sj saya ga tau.. tapi enk juga... ga pernah ada masalah..
btw kmrn di bengkel sempet ditawarin turbo charger..tapi saya nolak.. soalnya suara cshh.. setiap lepas gas, shift gear nge rem cukup menganggu..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 227
- Joined: Mon Jan 14, 2008 7:32
Re: Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
strut bar?NYoman wrote:Dennif wrote:Supaya gak limbung coba pasang besi palang yang di kap mesin bro strut bar kalo gak salah namanya ya?edo tensei wrote:@ Nyoman,
Whew thx bro jadi optimis utk test drive nih, ada modif mesin bro buat tambah responsif? Bro nyoman udh pake teri AT berapa Km? Ada pengalaman yang kurang menyenangkan gak selama ini?
Ada modif kaki2 biar ga limbung?
tapi bantingan jadi tambah keras malah, mending standard aja bro kalo gak doyan ngebut2x amat udah cukup kok standard.
Kalo upgrade dari Avanza ke terios pasti akan berasa enak kok pakek terios.
untuk ruster ama fortuner aja belum ada.. harus kostum... di topic strutbar corner sudah sempat saya tanyakan, ternyata belum ada strutbar untuk suv.. saya sudah coba pake stabillizer.. membantu kok..
Bro Nyoman diforum sebelah sudah ada kok yg pakai strutbar untu ruster coba buka di http://forum.teruci.org/showthread.php?tid=1226
tapi saya sendiri belum pernah nyoba
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
^
iya bro.. mmg ada tp kostum made...
dan saya dengar dr b'berapa rekan yang menggunakan strutbar, ternyata karet nya sering longgar dan berpindah tempat..
jadi ada bunyi gesekan besi antar besi yang ngik..ngik itu..
iya bro.. mmg ada tp kostum made...
dan saya dengar dr b'berapa rekan yang menggunakan strutbar, ternyata karet nya sering longgar dan berpindah tempat..
jadi ada bunyi gesekan besi antar besi yang ngik..ngik itu..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
he3x.. tau sendiri kan, terios peredammannya kurang baik.. jadi cukup mengganggu.. walaupun turbinnya kecil, suaranya lumayan keras...edo tensei wrote:Haha bukannya suara "cssh"-nya itu yang bikin orang pasang turbo? Suara blow off nya itu bakal bikin lu ketagihan ngebejek boz hehe...NYoman wrote:yup..edo tensei wrote:LSD Limited Slip Differential bro? sorry cupu nih hehe
saya sempet pasang di bengkel tempat dx saya pasang lsd.. merknya sj saya ga tau.. tapi enk juga... ga pernah ada masalah..
btw kmrn di bengkel sempet ditawarin turbo charger..tapi saya nolak.. soalnya suara cshh.. setiap lepas gas, shift gear nge rem cukup menganggu..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Thu Dec 13, 2007 8:18
Re: Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
[
he3x.. tau sendiri kan, terios peredammannya kurang baik.. jadi cukup mengganggu.. walaupun turbinnya kecil, suaranya lumayan keras...[/quote]
Nahh ngomong2 bro, gimana tuh improve peredamnya rekomend apa nih? kalo pas test drive sih yang manual kayaknya lebih bising dibanding yang matic? Apa perasaan gw ajah ya. BTW test drive nya lumayan lah utk terios AT dengan harga terjangkau mesin halus, walau shiftingnya ga sehalus jazz (ke showroom pake jazz vtec soalnya hehehe). Tapi overall bagus lah value for money menurut gw, gimana guys?
he3x.. tau sendiri kan, terios peredammannya kurang baik.. jadi cukup mengganggu.. walaupun turbinnya kecil, suaranya lumayan keras...[/quote]
Nahh ngomong2 bro, gimana tuh improve peredamnya rekomend apa nih? kalo pas test drive sih yang manual kayaknya lebih bising dibanding yang matic? Apa perasaan gw ajah ya. BTW test drive nya lumayan lah utk terios AT dengan harga terjangkau mesin halus, walau shiftingnya ga sehalus jazz (ke showroom pake jazz vtec soalnya hehehe). Tapi overall bagus lah value for money menurut gw, gimana guys?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
Ambil GL 1.8 aja bro he2.. 200km/h mahh enteng.. Suspensi juga nyaman banged jauh dibanding RUSTER..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
jgn disandingin sm gl 1.8..
mesinnya aj ud bd tuh..(126hp dilawanin 109hp)
suspensi jgn ditanya.. SUV dilawanin mpv..(btw wheelbase terios lbh panjang 85mm ..lbh panjang dr all new CRV)
tp klo jalan yang sering dilewati sperti yang dibilang bro Dennif, saya kurang recomend GL..
tapi perlu di ingat seat baris 3 milik ruster lebih lega daripada gl.. tinggi saya 170 aj ud g enk bgt di blkng.. sempit..
mesinnya aj ud bd tuh..(126hp dilawanin 109hp)
suspensi jgn ditanya.. SUV dilawanin mpv..(btw wheelbase terios lbh panjang 85mm ..lbh panjang dr all new CRV)
tp klo jalan yang sering dilewati sperti yang dibilang bro Dennif, saya kurang recomend GL..
tapi perlu di ingat seat baris 3 milik ruster lebih lega daripada gl.. tinggi saya 170 aj ud g enk bgt di blkng.. sempit..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
Nahh ngomong2 bro, gimana tuh improve peredamnya rekomend apa nih? kalo pas test drive sih yang manual kayaknya lebih bising dibanding yang matic? Apa perasaan gw ajah ya. BTW test drive nya lumayan lah utk terios AT dengan harga terjangkau mesin halus, walau shiftingnya ga sehalus jazz (ke showroom pake jazz vtec soalnya hehehe). Tapi overall bagus lah value for money menurut gw, gimana guys?[/quote]edo tensei wrote:[
he3x.. tau sendiri kan, terios peredammannya kurang baik.. jadi cukup mengganggu.. walaupun turbinnya kecil, suaranya lumayan keras...
klo AT saya rasa shift nya sudah termasuk halus kok bro..
MT saya baik2 saja ..suaranya ga bising kok(pengaruh dgn pemakaian pertamax ga ya?)..
klo peredaman, untuk d pk standar sudah cukup lumayan.. tdk terlalu bising(tdk sebising A/X)...
untuk meminimalisir gejala yang kyk gini saya pk tuff koll dinol untuk peredamannya.. cukup membantu lah..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Thu Dec 13, 2007 8:18
Re: Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
kalo tuff kote dinol itu disemprot bagian apanya kalo peredam? bukab yang jenis tar yang dibakar ya?
Wah mungkinperasaan gw aja bro yang merasa manual bising maklum mobil test drive hehe..yang jelas di banding AX emang lebih senyap
Wah mungkinperasaan gw aja bro yang merasa manual bising maklum mobil test drive hehe..yang jelas di banding AX emang lebih senyap
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Review Terios TX AT/ RUSH AT Please
klo jenis tar yang di bakar itu untuk anti karat(dan baru kering sekitar 2 bulan.. saya lho ini.. ga tau klo yang lain)
klo peredam juga katanya di semprot di bagian bawah, ama di daerah sekeliling mesin..(yang ini saya kurang tau.. babe soalnya yang punya urusan.. apa sudah termasuk dengan anti karat itu ya.)..
klo peredam juga katanya di semprot di bagian bawah, ama di daerah sekeliling mesin..(yang ini saya kurang tau.. babe soalnya yang punya urusan.. apa sudah termasuk dengan anti karat itu ya.)..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)