Review Hyundai Atoz GLS 2004

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Review Hyundai Atoz GLS 2004

Post by y_anjasrana »

Dah ampir sebulan ganti Twincam 91 SE Limited ma Hyundai Atoz GLS M/T 2004. Kyknya udah cukup banyak tau tentang karakter mobil mungil ini. Jadi bisa cerita-cerita deh.

Pertama liat ni mobil emank mungil banget. Dari panjangnya aja cuma 3,5 meter, dibandingkan dgn twincam 91 or Avanza yg panjangnya 4 meteran. Gw beli emank niatnya cari mobil yg bisa masuk ke halaman rumah. Selama ini halaman depan yg mungil, ukuran 4,5m (panjang) x 6 m (lebar), ga cukup kalu diisi 2 mobil. Utk masukin avanza/twincam melewati pintu selebar 3 meter dari jalan komplek dlm sekali belok, lumayan sulit. Kalu salah ambil ancang2 pasti harus maju mundur. Apalagi utk masukin 2 mobil sekaligus. Jelas tidak mungkin kecuali mobil yg udah masuk trus digeser kesamping.

Waktu masuk rumah pertama kali, butuh sekitar 10 kali maju mundur supaya bisa masuk di samping carport. Tanaman2 yg ditanam ma nyonyah harus minggir semua. Untung di pot semua, jadi tinggal geser doank. Pokoknya ribet banget. Maklum pertama kali. Tapi setelah beberapa kali, akhirnya gw bisa juga parkir di tempat super sempit tanpa ada yg kasih aba-aba. Cukup 2-3 kali maju mundur udah bisa parkir dgn rapi. Untuk keluarnya juga cepat. Kalu pertama2 harus 2-3 kali maju mundur baru bisa keluar. Sekarang cukup mundur dikit, trus maju n langsung keluar. Bisa kebayang khan kalu "cuma" parkir di mall? Ga butuh tempat gede, bisa nyelip dimana aja. Hehehe...

Jujur, ni mobil super enteng power steeringnya. Buat parkir di tempat seperti di rumah, sama sekali ga pegel. Cuma memang rada ngeri kalu jalan kenceng, karena tetep ringan. Tapi seberapa kenceng sih larinya. EPS buatan hyundai ini keliatan cukup bagus. Biar ban depan sampai baret2 karena dipaksa muter2 di parkiran, tangan ga pegel2. Jauh deh kalu dibandingin mobil yg pake steering by power. Huehue...

Soal kecepatan, lumayan juga. Untuk dapet 100 kmpj ga butuh waktu terlalu lama. Untuk dapet di atas itu memang harus sabar. Tarikannya lumayan lambat. Tapi kalu di toll, tinggal aplikasi gaya balap "slip stream" aja. Dijamin mobil2 ber-cc lebih besar bisa dilewati. (Dlm kondisi normal ya). Tapi selama ini ga berani bawa di atas 120kmpj. Soalnya kondisi ban yg kelewat kecil, bikin mobil kurang stabil di kecepatan tinggi.

Ngomong2 soal kestabilan, pasti terkait dgn suspensi. Kalu anda pedagang, jangan sekali2 ngomong suspensi ttg mobil ini deh. Asli ga enak bgt. Kurang lebih kyk naek gerobak deh. Sudah ban kecil, suspensi keras, alhasil tiap lewat pipa kejut/speed trap/polisi tidur, bunyi gedubrakan muncul disana sini. Namun denger2 sih bisa diperbaiki dgn mengganti per dari mobil lain, cuma lupa mobil apaan. Di tikungan juga jangan coba2 kenceng. Dgn ban kecil, body yg agak tinggi, wajar saja kalu rada limbung. Tp untungnya ga terlalu parah. Mungkin akibat per yg agak keras.

So far diajak jalan, masalah utama hanya suspensi saja. Utk di dalam kota, mobil ini lumayan nyaman. Dgn kepadatan yg luar biasa di Jakarta, mobil ini enteng saja diajak nyelip2. Bikin keqi orang iya. Tinggal rajin2 oper2 gigi aja supaya dapet tenaga. Maklum mesin 1000cc berapa sih tenaganya. Kalu maksa start dari gigi 2, bisa2 diklaksonin ma mobil di belakang. Hehehe...

Utk luar kota (lewat toll maksudnya), cuma satu cara supaya bisa cepet: Slip stream. Ga ada cara lain untuk memaksa Atoz bisa lari kenceng. Tenaga yg pas-pasan milik Atoz memang cuma pantas dibawa di jalur paling kiri dan tengah. Tapi kalu mau di jalur paling kanan, ya musti ngekor mobil lain. Cuma hati-hati saja. Soalnya rem standard pd mobil ber-velg 13 inch dijamin ga punya rem yg pakem seperti mobil dgn velg 14-15inch. Jadi kalu mau slip stream, selalu jaga jarak agak jauh untuk antisipasi harus rem mendadak.

Segitu dulu, nanti dilanjutkan ttg interior dan lainnya ya.
:mrgreen:
Accurate V5 Accounting System Consultant
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Review Hyundai Atoz GLS 2004

Post by GTR »

bukannya atoz udah EPS yah?
coba ganti shock dulu bro, trus ban juga ganti yg lebih lebar..
kelemahan mobil ini spt mobil2 korea lain, remnya kurang responsif kan; koplingnya jg sedikit ada gejala slip, ga bs langsung "nyamber" transfer tenaganya.
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Review Hyundai Atoz GLS 2004

Post by avansa »

Selamat ,akhirnya Atos juga kau Beli Bang...emang kalau di komplek mobil harus masuk carp port semua..? di tempat saya yang punya dua mobil ,cuman di parkir aja depan halaman di pinggirin.
Image
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Review Hyundai Atoz GLS 2004

Post by y_anjasrana »

Rem emank kurang berasa, musti rada dalem baru ngerem. Kalu koplingnya rada nyentak2 gitu. Kalu ngelepas pedal kopling terlalu cepat, tenaganya langsung nyentak. Sampe bunyi "duk" malah. Tapi tenaganya memang kecil, jadi mobil ga sampe loncat. Kalu twincam gw dulu, mobil bisa diajak "loncat". :D

Soal parkir, sebetulnya ga ada aturan harus parkir di dalem. Twincam gw dulu juga parkir di luar koq. Tapi berabe juga parkir di luar, mobil bawaannya cepat kotor. Belum lagi tutup pentil ban, timah balancing ban. Ilang mlulu. Apalagi atoz gw ini warna item solid. Jadinya kalu kotor cepet keliatan. Masa tiap hari harus nyuci mobil. Kapan kerjanya boss.... :e-whistle: (aslinya sih emank males. Hehehe...)

Btw, lanjut lagi soal reviewnya ya.

Soal Interior.

Begitu masuk dalam, berasa semuanya dekat. Mo ambil minuman dekat, setel radio dekat, ambil permen dekat, rogoh2 jok belakang dekat, buang sampah dekat, sampe raba2 cewe di sebelah juga dekat. :upss:

Biarpun serba dekat, duduk di dalemnya ga berasa sumpek lho. Lumayan lega juga. Mungkin karena door trimnya tidak terlalu tebal, dan jarak antar bangku depan lebih rapat. Jadinya saat duduk sendiri tidak terasa sempit. Jarak kepala dgn langit2 mobil jg lega koq. Pdhl gw lumayan tinggi jg. Ga ada tuh mentok sana sini. Posisi duduk juga ga bikin mentok dengkul. Dilihat dari posisi duduk, nyetir Atoz lumayan enak. Bawaannya santai. Memang posisinya lebih tegak dibanding sedan, namun lebih rendah dibanding avanza.

Namanya mobil second, awalnya suasana interior agak suram. Mungkin karena kain jok yg rada gelap, trus karpet karet yg hitam, dashboard yg abu2. Tapi setelah main ke monzanya om maxxx, suasana jadi berubah. Padahal cuma ganti kulit jok dari kain ke kulit sintetis warna abu2 muda. Suasana jadi lebih lega. Sampai2 teman atau sodara yg liat, selalu bilang "dalemnya lega ya...".

Kalu fitur bisa dibilang minim. Power window hanya ada di barisan depan, sedangkan di belakang cukup dgn window by power. Spion masih manual dan model angkot (posisi potrait). Rada kagok juga dgn spion model potrait. Mungkin karena terbiasa dgn spion model landscape yg bisa lega intip2 kendaraan di belakang.

Trus utk head unit, yg nongkrong disitu merk Kenwood. Ga ngerti deh, standardnya udah begitu atau belum. Soundnya juga lumayan bening. Yaa.. scr kuping gw ga canggih2 banget. Jadi cukup lah.. Hahaha...

Jok baris belakang keliatannya ga terlalu lega. Dengkul yg rada2 mentok. Tp bagasi lumayan lega. Banyak yg bisa masuk koq. Waktu itu aja sempat buat bawa tangga lipet dan kabel sekardus. Itu masih lega banget.

Mmm... apalagi ya. Kalu kondisi interior selain jok memang sepertinya masih standard, tapi lumayan koq kalu cuma buat ngantor harian. Toh nyetir sendiri, ga terlalu banyak yg dinikmati khan? Soalnya selama nyetir harus konsen ke jalan. Paling2 audio harus bunyi dan bisa kenceng. Biar ga ngantuk.. :e-dance:

Oiya, ada satu yg kurang, padahal penting. Jam. Di dashboard sama sekali ga ada jam. Benda kecil tapi fungsinya penting justru ga ada. Jam yg ada cuma di head unit, yg hilang kalu hu-nya dinyalain. Payah khan? Akhirnya terpaksa beli di toko accessories deh. Mana pake salah beli lagi. Ga keliatan kalu gelap. :e-wall:

Ok segitu dulu, nextime dilanjutin lagi

:thanks:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Review Hyundai Atoz GLS 2004

Post by avansa »

BBM nya Om ? konon di negeri asalnya 1 liter bisa untuk 26 km...wah boilnya serba item ya Om...Dulu Avansa S nya kayak item juga .
Kalau di jakrta pelihara mobil Korea hati tenang karena spart part melimpah,kalau di daerah saya..kudu mikir dua kali.walau kenyataanya banyak bersliweran mobil Korea.
Image
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Review Hyundai Atoz GLS 2004

Post by andy1800 »

Earth, Wind, & Fire problem, khas atoz... blm pernah trouble, bro ?
Fuel Pump, CKP, atau ECU, masih baik2 saja ?... atau udah diberesin oleh previous owner ?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Review Hyundai Atoz GLS 2004

Post by imsus2c »

member lain di SM ini yg sama - sama pake A-Z, kalo ga salah nick-nya tonie
kayaknya akhir2 ini jarang ol...dia sih dolo bilangnya ke saya bukan pake A-Z tapi pake "santa fe mini" :e-think: hehehe...

siapa tau kalo sdh OL, bisa di-compare dengan pengalamannya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Review Hyundai Atoz GLS 2004

Post by y_anjasrana »

Avanza S gw warna silver boss. Baru kali ini punya mobil item. Rada repot ya? Untung mobilnya kecil, jadi nyucinya gampang. Hehehe....

Kalu problem sih ada aja. Waktu baru ambil, gara2 mampir ke tukang photocopy bentar, mobil ga bisa jalan lagi. Accu-nya soak. Akhirnya di dorong dikit, trus bisa jalan lagi mpe rumah. Di rumah trus pesen accu ma bengkel langganan (bisa delivery soalnya :D).

Utk ac dari awal juga udah mampus. Cuma angin doank. Tp setelah ganti compressor, ya dingin lagi deh. Pikir2 mendingan begitu, daripada beli ma pedagang mobil. Cuma sebulan doank dingin, abis itu bocor sana sini.

Utk mesin, masih enak diajak jalan, walaupun ada kebocoran di ruang mesin. Knalpot sih cuma ngebul kalu pagi. Normal khan? Tp yg ga normal, dari bawah mesin keluar asep. (sori buat yg namanya Asep :D) Kata orang bengkel musti turun mesin biar "normal" lagi. Gue sendiri ga begitu ngerti yg normal itu gimana, maklum baru kali ini pake Atoz. Tapi itu kata mereka ga harus buru2 koq. Yg penting sering2 cek oli aja. Tp trus terang spesialisasi tu bengkel bukan di mesin. Jadi rada ragu juga negh. Paling2 nabung dulu buat general check up di bengkel spesialis mesin, terutama utk mesin hyundai.

Btw sekarang udah sebulan sejak dari terakhir ke bengkel (ganti oli). Oli sudah berkuran separo-nya. Parah juga ya. Tp mungkin juga gara2 pake oli artis nih. Salah gw juga sih, lupa kasih tau mereka pake oli apaan. Mungkin kalu pake oli yg bagusan ga terlalu parah. Nunggu dapet THR dulu nih, baru ganti. Soalnya baru 3500km, masih 1500km lagi khan? Hehehe..
Accurate V5 Accounting System Consultant
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Review Hyundai Atoz GLS 2004

Post by Risol1 »

wah kalo baru jalan 3500km (1 bulan), oli mesin udah kurang setengah berarti mesinnya dah gak bener tuh bos, banyak oli yg kebakar jadinya ngebul.:e-naughty:

FCnya berapa bos?
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Review Hyundai Atoz GLS 2004

Post by y_anjasrana »

Yaa.. itu kan pake oli artiz boss. Salah isi jadi ga jelas juga. Apa bener mesinnya ga beres, atau olinya aja yg gampang menguap.

Ya.. maklum bulan puasa, bawaannya ngantuk. Jadi olinya gampang "nguap"...

Hehehe...
Accurate V5 Accounting System Consultant
che3300
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Thu Apr 08, 2004 4:49
Location: Planet Mar$

Re: Review Hyundai Atoz GLS 2004

Post by che3300 »

He2x .. ATOZ , gue make mobil ini dari taon 2001 - 2008
overall sangat puas..... mungil, gampang nyelip2, pokoknya sangat puas,
kalo saja kemarin bukan karena AC-nya terakhir2 suka bocor, pasti masih dipakai.
tapi lantaran uda diperbaiki sana sini, masih kagak bisa2, akhirnya diganti Yaris matic

Atox, sangat gampang kalo mau parkir, lewat jalan kecil, hehe..

@TS, kok Atoz anda gak ada jamnya?
atau mungkin Atoz gue dulu masih yang CBU ya? yang foglampnya masih warna kuning?
ada kok jam di tengah2 dashboard.

dulu ATOZ, gue ada modif audio, jadi meskipun kecil, bisa jep ajep juga...
ganti jok kulit. tapi bodi semua standar, cuman bumper depan & belakang di cat serupa warna bodi aja,
warna silver...
Peace
wtg8333
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sun Sep 15, 2013 16:55

Re: Review Hyundai Atoz GLS 2004

Post by wtg8333 »

konsumsi bbm nya gimana?gua juga lagi kepikiran mau pake atoz, mumpung ada yg gak mampu kredit lagi jadi mau oper
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Review Hyundai Atoz GLS 2004

Post by Jambangan »

Wuih trit jadul :upss:
Sekarang TSnya udh pake mirage :upss:




:ngacir: