waktu awal2 cuman ngekkk...ngekk..., habis itu ck..ck... sampe ga nyala sama sekali. Di masa-masa susah start, lampu indikator tanda aki yg ada di dashboard pun juga ga nyala tuh...sjamsul wrote:Yg ane mo tanya tuh bengkel bilang aki nt mati berdasarkan apa?.imsus2c wrote:pak sjamsul sebagai guru besar di bidang AKI universitas SM, saya mo nanya nih...(serius nanya loh, engga nge-test)
sebelum ini saya pake aki GS Hybrid dengan kapasitas sesuai petunjuk buku manual mobil (NS70, mobil hyundai santa fe), kondisi mobil standard (ga ada modifikasi ato penambahan kelistrikan, cuman ganti HU biar bisa muter CD/DVD dan USB) dan alternator masih normal.
Di aki GS-hybrid tu kan ada lubang kecil pengintip buat indikasi kondisi aki, kalo ga salah ada 3 indikator= sehat (warna biru), tambah stroom/air (warna bening/putih) dan almarhum (warna merah)
Waktu itu umur aki sudah hampir 3 tahun, waktu mo distart sering ngadat sampe akhirnya bener-bener ga ngangkat, di cek bengkel ternyata aki-nya sudah almarhum, jadi kepala-nya ga perlu disiram air panas dan diketok ma tang lagi. TAPI kenapa lubang intipnya masih warna biru yah? yg menandakan aki sebenarnya masih bugar? Kan jadi ketipu alias fungsi indikatornya percuma dong?
Sekarang sih pake aki yg konvensional/biasa...tapi coba yg Yuasa.
Makasih kalo mo kasih kuliah dan pencerahan-nya
Tlg kaseh masukan yg lebih detail, apakah sdh diliat dg hidrometer ato cuma dilliat aja tanpa di test volt n bjnya.
nt bilang kagak ngangkat nya bagaimane?. Apakah hanya berbunyi ck,ck..ck pada saat distarter atau ada muter sedikit mesinnya tapi lemah?. misalkan ngeeek.....ngeeeeekkkk.
Fungsi warna pada indikator biasanya memang menunjukkan kondisi aki, wlp tidak selalu akurat. Bisa aja terjadi warna maseh biru, tapi kaga mo starter. Oleh sebab itu klo mo lebih akurat, sebaiknya diperiksa volt n berat jenisnye. ok
saat di cek sih sy juga ga tau pasti alat/jenis test-nya, yg saya tau, itu aki dilepas trus dicolok-colokin sama alat yg ada lampu2nya dan jarum2 indikatornya (maklum sy awam masalah aki)...sampe akhirnya mereka bilang ni aki sudah almarhum...
trus ditest pake aki lain yg masih sehat...distart ya langsung grenggg....akhirnya beli aki baru deh..
cuma ya itu yg saya heran, indikator di aki masih biru (aki bagus) di dashboard-pun lampu tanda aki juga ga nyala...akhirnya beli akinya harus lewat fase "kejutan' gitu loh...
mungkin spt kata bro r1210g, emang tu indikator ga bisa diandalkan 100%, kali lain kalo startnya bermasalah, mendingan langsung cek bengkel aja...