Perlakuan thd aki & embel2nye....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by imsus2c »

sjamsul wrote:
imsus2c wrote:pak sjamsul sebagai guru besar di bidang AKI universitas SM, saya mo nanya nih...(serius nanya loh, engga nge-test)
sebelum ini saya pake aki GS Hybrid dengan kapasitas sesuai petunjuk buku manual mobil (NS70, mobil hyundai santa fe), kondisi mobil standard (ga ada modifikasi ato penambahan kelistrikan, cuman ganti HU biar bisa muter CD/DVD dan USB) dan alternator masih normal.
Di aki GS-hybrid tu kan ada lubang kecil pengintip buat indikasi kondisi aki, kalo ga salah ada 3 indikator= sehat (warna biru), tambah stroom/air (warna bening/putih) dan almarhum (warna merah)
Waktu itu umur aki sudah hampir 3 tahun, waktu mo distart sering ngadat sampe akhirnya bener-bener ga ngangkat, di cek bengkel ternyata aki-nya sudah almarhum, jadi kepala-nya ga perlu disiram air panas dan diketok ma tang lagi. TAPI kenapa lubang intipnya masih warna biru yah? yg menandakan aki sebenarnya masih bugar? Kan jadi ketipu alias fungsi indikatornya percuma dong?
Sekarang sih pake aki yg konvensional/biasa...tapi coba yg Yuasa.
Makasih kalo mo kasih kuliah dan pencerahan-nya
Yg ane mo tanya tuh bengkel bilang aki nt mati berdasarkan apa?.
Tlg kaseh masukan yg lebih detail, apakah sdh diliat dg hidrometer ato cuma dilliat aja tanpa di test volt n bjnya.
nt bilang kagak ngangkat nya bagaimane?. Apakah hanya berbunyi ck,ck..ck pada saat distarter atau ada muter sedikit mesinnya tapi lemah?. misalkan ngeeek.....ngeeeeekkkk.
Fungsi warna pada indikator biasanya memang menunjukkan kondisi aki, wlp tidak selalu akurat. Bisa aja terjadi warna maseh biru, tapi kaga mo starter. Oleh sebab itu klo mo lebih akurat, sebaiknya diperiksa volt n berat jenisnye. ok
waktu awal2 cuman ngekkk...ngekk..., habis itu ck..ck... sampe ga nyala sama sekali. Di masa-masa susah start, lampu indikator tanda aki yg ada di dashboard pun juga ga nyala tuh...
saat di cek sih sy juga ga tau pasti alat/jenis test-nya, yg saya tau, itu aki dilepas trus dicolok-colokin sama alat yg ada lampu2nya dan jarum2 indikatornya (maklum sy awam masalah aki)...sampe akhirnya mereka bilang ni aki sudah almarhum...
trus ditest pake aki lain yg masih sehat...distart ya langsung grenggg....akhirnya beli aki baru deh..

cuma ya itu yg saya heran, indikator di aki masih biru (aki bagus) di dashboard-pun lampu tanda aki juga ga nyala...akhirnya beli akinya harus lewat fase "kejutan' gitu loh...

mungkin spt kata bro r1210g, emang tu indikator ga bisa diandalkan 100%, kali lain kalo startnya bermasalah, mendingan langsung cek bengkel aja...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

wrx wrote:pa sjamsul...

aki itu kan ada 3 macem...
aki biasa cair...
aki yg dibilang semi kering ky dimotor.... sebenernya tetep aki cair tapi pake teknologi di sealed jadi disebutnya maintenance free...
n yg suka disebut aki kering.. ky optima.. yg bahannya GEL..nah yg terakhir sih harganya ampun mahal bener....
harga mahal mungkin belum diproduksi secara besar2an, jadi fixed cost nye maseh tinggi (klo kata orang ekonomi). :big_smoking: :big_smoking:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

@imsusc:
alat tsb nampaknya bernama load tester. Ane kaga suka ama alat ini, makanya dari awal ane jarang singgung nih alat, krn untuk mengetes battery alat ini memakan daya yg cukup besar. Jadi klo akinya dah pas2an stroomnye, padahal belum mati, bisa aja dibilang dah mati ama tuh tokonye. Trus akinye dijual lagi deh ke angkot dg harga yg lebih tinggi (maklum aja dah namaye juga pedagang).
Ini kemungkinan yg terjelek yah bro, belum tentu juga akinye masih idup, krn ane cuma analisa aja dari cerita nt.
Kemungkinan lain adalah memang benar akinya dah mati. Oleh sebab itu next time klo nt ketemu kasus yg sama, tinggal perhatikan aja saat di test bj nya. Klo bj di setiap cell itu sama misalkan di posisi merah (semua cell) maka aki tsb hanya kekurangan stroom aja, tapi klo posisi tidak sama misalkan yg 5 cell di hijau n yg satu di merah, maka bearti tuh aki dah minta diganti.
Selain itu kebersihan kepala aki juga mesti dijaga, spy aki dapat bekerja dg sebaik2nya.
ok. :big_peace: :big_peace:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Pernah suatu ketika ane sdg dlm perjalanan pulang dr luar kota, ane lilat ada mobil panther mogok (kaga bisa distarter). Kasusnye sama persis dg nt punya boil. Cuma ngeeekkk....ngekkkkk. Trus ama yg punya boil dicoba bersihkan kepala akinye n ane juga bantuin, krn ane liat caranye dia buka kepala aki salah.

Setelah dibersihkan tuh mobil dapat distarter kembali dg baik alias tokcer.
Trus nyang punya boil gw kaseh pengarahan cara bersiin kepala aki dg baik (kejadian kira2 di th 2002). Jadi gw kayak dosen aja dah.

Nah dari kejadian ini, gw cuma mo kaseh contoh aja klo kite BISA nolongin org di saat2 tsb, kenapa kita harus cuek alias berpikiran masa bodo (OOT neh). Toh siapa tau laen kali kita nyang ditolongin org lain. ya ngak?. :big_peace: :big_peace:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by imsus2c »

sjamsul wrote:@imsusc:
alat tsb nampaknya bernama load tester. Ane kaga suka ama alat ini, makanya dari awal ane jarang singgung nih alat, krn untuk mengetes battery alat ini memakan daya yg cukup besar. Jadi klo akinya dah pas2an stroomnye, padahal belum mati, bisa aja dibilang dah mati ama tuh tokonye. Trus akinye dijual lagi deh ke angkot dg harga yg lebih tinggi (maklum aja dah namaye juga pedagang).
Ini kemungkinan yg terjelek yah bro, belum tentu juga akinye masih idup, krn ane cuma analisa aja dari cerita nt.
Kemungkinan lain adalah memang benar akinya dah mati. Oleh sebab itu next time klo nt ketemu kasus yg sama, tinggal perhatikan aja saat di test bj nya. Klo bj di setiap cell itu sama misalkan di posisi merah (semua cell) maka aki tsb hanya kekurangan stroom aja, tapi klo posisi tidak sama misalkan yg 5 cell di hijau n yg satu di merah, maka bearti tuh aki dah minta diganti.
Selain itu kebersihan kepala aki juga mesti dijaga, spy aki dapat bekerja dg sebaik2nya.
ok. :big_peace: :big_peace:
:frm_salut:

thanks atas kesediaannya memberikan kuliah singkatnya pak!!! kayaknya kalo bengkelnya bo'ong atau main gampanganya aja juga engga sih, reputasi mereka dah cukup baik di surabaya dan yg jelas mereka ga jualan atau makelaran aki kok...logikanya sih ga ada untungnya mengafkir aki saya. malah waktu mo ganti aki dan sy minta tolong ma mereka, mereka bilang, wah kita ga ada barang ginian, kalo bisa cari sendiri aja mas!
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

so akhirnya nt beli di tempat lain?. :e-think:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by imsus2c »

^^^
betul boss...di toko khusus jualan aki...bukan di bengkel tsb, berhubung belinya pake acara kejutan dan fulus di dompet pas2an, ya turun spec pake aki biasa/konvensional merk Yuasa, itu aja dikasi diskon 40%, tapi penjualnya minta aki sy yg sudah tewas (GS Hybrid) :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by neo88 »

sjamsul wrote:Hayoo neo88 jangan ngumpet aja, mo tanya apa?. :big_peace:
neehh neo dahh nongoll lagi... :mrgreen:

Broo... ternyata pake supra x 125 yachh n pake klakson keong jg .... Bro.. akinya tetep pake aki kering yach...
napa kok ga pake aki basah...?
vitamin aki tuhh apa ? bentuk n namanya apa ? apa dijual umum dipasaran ? seberapa efektifitasnya thd ketahanan aki n kekuatannya ?
Ohh yach... kalo dipasangi HID 2 buah di headlampnya apa kuat strumnyaa yaa broo sjamsull ?

sementara tuhh dulu ntar.. nambahh lagi dehhh :thanks:
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

betul, ane pake supra x 125 n tetep pake aki kering, krn dari bawaannye. Ampe sekarang tuh aki masih bagus, jadi ngapain ganti aki.

Klo vitamin aki nampaknye ane dah tulis deh, tapi khusus buat neo ane tulisin lagi deh.
Bentuknye cairan, namanye powet batt (bukan promosi yah). Kaga terlalu banyak yg jual di pasaran, apalagi tukang aki, krn mereka takut omsetnye pada turun. hehehe....
Mengenai efektifitasnye menurut pengalaman n hasil eksperimen ane sih boleh dibilang bagus sekali jika dibandingkan dg harganye yg relatif sangat murah.
Klo nt pasangin lampu hid 2 buah, nampaknye sih kaga bakalan kuat tuh akinye, wlp dah diganti dg aki yg lebih besar sekalipun. Temen ane dah coba pasangin di mtr honda vario, memang sinarnye putih, tapi jadi dibudakin ama tuh mtr, sebentar2 stroom aki, so akhirnye tuh hid dicopot lagi n balik ke lampu standard.
Ane sering liat di jalanan banyak yg pada pake bohlam hid, tapi ngak tau tahan apa kaga tuh akinye. Usulan ane seh klo nt mo tau yah setopin ajah yg pake hid, trus nt tanyain deh akinye kuat apa kaga klo dipakein hid, tapi ati2 ajah nanyanye takut dikirain ntar nt mo ngerampok lagi, khan jadi repot. tul ngak?. :shrug: :shrug:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Sedikit tips klo aki dah kurang bagus:
1. Pada aki basah, salah satunya adalah penambahan air aki menjadi lebih banyak dari biasanye, misalkan sebelumnya dalam 1 ato 2 bulan penambahan air aki setengah botol, maka dalam jangka waktu yg sama si aki minta minum bisa lebih dari 2 botol.
2. Starter kurang galak, terutama di pagi hari (u aki basah maupun kering).
3. Panas yg terjadi di bodi aki lebih tinggi dari biasanye.
4. Bisa terjadi juga bodi akinye jadi gendut.
5. Air akinye kadang2 sedikit berminyak.
6. Plat / cell aki tidak rata klo diliat dari atas.
7. Terjadinya kerak putih yg berlebihan dari biasanye.

Ini adalah ciri2 umum klo aki dah kurang bagus, tapi untuk lebih meyakinkan lagi silahkan diperiksa ke toko / bengkel langganan nt2. ok :big_peace:
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by neo88 »

sjamsul wrote:Klo vitamin aki nampaknye ane dah tulis deh, tapi khusus buat neo ane tulisin lagi deh.
thank you.... :cupss:

powet batt (bukan power batt, ya broo)? bisa kasi gambarnya produknya? (takut salah), selain powet batt ada produk yg sejenis yg laen gaa? murah brp broo hrgya ? dpt brp ml ? truss pemakainnya tuk berapa lama ?
sjamsul wrote:Usulan ane seh klo nt mo tau yah setopin ajah yg pake hid, trus nt tanyain deh akinye kuat apa kaga klo dipakein hid, tapi ati2 ajah nanyanye takut dikirain ntar nt mo ngerampok lagi, khan jadi repot. tul ngak?.
haahaaa... bisa aja neehh bro sjamsull.. but's goods ide.. :frm_tumbright: tp neo ga mo nyoba ahh... mendingan tanya ama bro SMers, but kalo 1 lampu aja paa yaa ga kuat broo.. ?
sjamsul wrote: 3. Panas yg terjadi di bodi aki lebih tinggi dari biasanye
5. Air akinye kadang2 sedikit berminyak.
6. Plat / cell aki tidak rata klo diliat dari atas.
panas seberapa? berapa derajat ?
lhoo kok bisa bermiyakk..? pa ya bisa kelihatan yach..? truss minyakknya dari mana ? pa dari bahan kimiawi aki (timbalnya) ?
maksudnya tdak rata tuhh gimana broo? lebih menonjol ato malah tengelam ato bengkok ? bisa kasi gb.nya ?

m..mm kalo aki yg dahh dipake selama 10 bln TAPI awalnya cuma diisi air zuur aja dan tidak dicharging full charging...(lgs dipasang di motor) truss apa ya bisa sekarang di full charging dgn harapan supaya umur akinya lebih lama ? (sama seperti awal beli baru trus diisi n di charge full)

ohh yach.. broo apa betull kalo.. kita sering2 pake double stater n bel2 klason keong tuhh bisa memperpendek umur aki terutama aki kering ?

mohon petujuknyaa bro sjamsul... sebelumnyaa.. :thanks:
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by neo88 »

bro... gimana pula cara merawat n memperlakukan aki kering m..mm
critanya gini kalo kita beli aki kering baru truss pake cuma 6 bln - 12 bln n mo ganti aki basah truss aki kering yg tidak dipake nihh diapaain ya.. spy awet.. pa didiamin aja bisa awet atoo cukup tutup kutup - n + aja atoo gmana.. supaya.. misall aki basahh tiba2 ada masalah soakk kita bisa pake aki kering... ? pernahh experimnt broo..
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

neo, ane jawabnye ntar malem ajah ya, krn ane mo rapat lingkungan dulu. ok.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

@neo:
namanye bener power batt, sorry ane salah ketik. :big_peace:
gambar produknye nanti deh ane coba poto. Klo produk sejenis mungkin ada di pasaran, tapi ane belon pernah coba.
Klo harga mungkin sekarang2 ini paling mahal juga sekitar 30 rb doang. isi 240 ml. Pemakaiannye cuma 1 kali ajah n boleh diulang klo aki dah dipake sekitar 2 th (ini bukan jualan yah).
Klo untuk boil 1 btl langsung dipake abis, jadi 1 lubang diisi 40 ml/lubang, tapi klo di aki motor cukup 5 ml ajah per lubang, maksimum 10 ml/ lubang. Jangan terlalu banyak, krn aki jadi kaga bagus. ok
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

klo nt pake lampu hid seh ane belon bisa kaseh jawaban yg pasti, krn belon pernah nyoba. Tapi apakah dg harga hid yg cukup mahal nt maseh mau?. Mendingan buat ganti ban ajah (cuma usul aja nih). :big_peace:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

klo aki dah dipake 10 bl n kondisinye masih bagus, sebaiknye nt pakein deh tuh vitamin aki trus klo bisa di charge ampe full krn cairan ini mencegah timbulnye kerak pada cell aki (sebelumnye ane dah tulis loh). Klo cell aki terjaga dg baik, maka dah dapat dipastikan umur aki akan lebih panjang.

kata siapa klo sering2 pake starter tangan n sering2 mencet klakson tuh aki jadi pendek umurnye?. Asalkan kiprok dalam kondisi bagus n perawatan akinye baik, maka hal itu TIDAK akan memperpendek usia aki. Contohnye aja di motor ane yg pake aki kering (yg dirubah jadi aki basah) ampe sekarang maseh bagus tuh, wlp dah berusia diatas 2 th, ampir 3 th. Padahal ane pake klakson keong n ane kaga mo pake starter kaki (pegel kali yah). :mrgreen: :mrgreen:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

neo88 wrote:bro... gimana pula cara merawat n memperlakukan aki kering m..mm
critanya gini kalo kita beli aki kering baru truss pake cuma 6 bln - 12 bln n mo ganti aki basah truss aki kering yg tidak dipake nihh diapaain ya.. spy awet.. pa didiamin aja bisa awet atoo cukup tutup kutup - n + aja atoo gmana.. supaya.. misall aki basahh tiba2 ada masalah soakk kita bisa pake aki kering... ? pernahh experimnt broo..
Sebaiknye dipake bergantian, misalkan 1 bulan pake aki basah, 1 bl lagi pake aki kering, dst.
Aki klo dah diisi (aki basah) sebaiknye langsung dipake (setelah dikaseh vitamin n di charge dulu) demikian pula untuk aki kering, sebab klo aki didiamkan saja, maka aki tsb lama kelamaan akan rusak. Mengenai berapa lama aki tsb rusak, ane belon pernah coba, tapi kira2 sekitar 3 ampe 6 bulan aki tsb akan tewas klo kaga dipake. Mangkenye coba deh nt tanyain klo ada aki basah klo dah lebih dari 3 bl kaga laku, maka akan ditarik dari peredaran oleh pabriknye (cmiiw).


Lagian juga kenapa nt pake beli aki lagi padahal aki yg lama maseh bagus, mendingan buat traktir ane makan bakso, khan lebih enak drpd buang2 duit kaga karuan. tul ngak?. :big_smoking: :big_smoking:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

Berhubung ane dah ngantuk, maka ane lanjutkan lagi besok yah. ok :e-whistle:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

neo, aki menjadi panas, krn pengisian dari alternator menjadi lebih besar. Misalkan dalam kondisi normal arus yg dikeluarkan oleh alternator 3 - 5 amper saja, tapi jika aki dah mulai soak maka arus yg dikeluarkan alternator bisa mencapai lebih dari 10 amper bahkan lebih. Nah krn arus pengisiannye besar, maka aki menjadi lebih panas dari biasanye n air akinya gampang sekali berkurang (berlaku u/ aki mobil ato motor).
Hal ini dapat dibuktikan ketika ane menyetroom aki yg dah soak.
Begini ceritanye.
Biasanye klo ane stroom aki baru (aki mobil), trus ane kaseh arus pengisian 8 amper. Kmd setelah beberapa jam, biasanye arus pengisiannye berkurang bisa menjadi kira-kira 6 amp, tergantung besarnya kapasitas aki. Pada saat itu bodi aki hanya anget aja.
kmd stroomnye dilanjutkan ampe kira-kira 18 jam n bodi aki hanya anget aja trus jarum pengisian menunjukkan angka di sekitar 3 - 4 amper ajah.

Tapiiii klo aki dah mati, maka baru beberapa jam saja aki dah panas n jarum di alat charger maseh berada di angka 7 - 8 amper, kalaupun penyetroman dilanjutkan hasilnya adalah aki bertambah panas n air akinya banyak menguap.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

klo masalah air akinya berminyak ane kaga tau penyebabnye, tapi ane pernah liat di aki varta (yg import). Di permukaan air akinye tdp spt minyak, trus ane pernah tanyain ke importirnya n ane tidak mendapatkan jawaban yg cukup memuaskan ane. Tapi menurut mereka minyak tsb ada gunanye, tapi ndak jelas gunanye buat apa (cmiiw).
Klo di aki bikinan lokal, kejadian ini pernah ane liat juga. Selain sedikit berminyak airnya juga keruh cenderung kehitaman. Mungkin ini akibat dari cell2 nya dah ada masalah, ato tuh aki pernah kekeringan akibat jarang diperiksa level air akinye.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

wah neo, tulisan ane kepanjangan ngak seh?. Sebab klo ngak gini ntar nt kaga ngarti, mangkenye ane jelasin sebaik mungkin. Krn sbg seorang propesssooorrrr aki (kidding ajah) penjelasannya harus lengkap n jelas spy gampang dicerna.

Maseh ada 1 tips lagi, tapi dibahasnye nanti malam aja yah, krn mo siap2 kerja. ok
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by doq »

ikut saran mengenai pemakaian HID bwat motor, mendingan jangan pk HID utk motor...soalnya system HID yg ada saat ini sama sekali blom mendukung utk pemakaian motor, selain aki cepet tekor, reflektor lampu rawan meleleh/burem.

daripada pk HID, mendingan pake booster lampu aja......utk bohlamnya bisa bebas menggunakan tipe apa aja, baik standar atopun halogen.......bahkan d sarankan utk tetap menggunakan bohlam standar bawaan motor karena hasilnya lebih max, klo pk ini aki d jamin g bakal tekor n g bikin reflektor meleleh :big_peace:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by nescafe »

menurut primbon yg diberikan pak sjamsul, sebetulnya pemakaian booster lampu jg tidak disarankan.. :e-snooty:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by doq »

weleh2 ketinggalan kereta ney.....minta linknya om nes :e-doh:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by neo88 »

sjamsul wrote:krn ane mo rapat lingkungan dulu. ok.
otre... bro sjamsul jd pak RT yachh.. ? :mrgreen:
sjamsul wrote: gambar produknye nanti deh ane coba poto. ......
Klo harga mungkin sekarang2 ini paling mahal juga sekitar 30 rb doang. isi 240 ml. Pemakaiannye cuma 1 kali ajah n boleh diulang klo aki dah dipake sekitar 2 th (ini bukan jualan yah).
Jangan terlalu banyak, krn aki jadi kaga bagus. ok
yupp... 30 rb/240ml truss pake bisa 8 kali tuk motor tidakklahh mahall.. tapi apa vitamin tsb tahan smpai 16 taon ?? :mrgreen:
kaga bagusnya dimana broo ?

HID cuma tertarik aja.. mmm kalo ga yachh ganti halogenn aja mungkin dah cukup ya broo.. YUP goods ide... ganti ban aja heeheee :mrgreen:
sjamsul wrote: Asalkan kiprok dalam kondisi bagus n perawatan akinye baik, maka hal itu TIDAK akan memperpendek usia aki. Contohnye aja di motor ane yg pake aki kering (yg dirubah jadi aki basah) ampe sekarang maseh bagus tuh, wlp dah berusia diatas 2 th, ampir 3 th. Padahal ane pake klakson keong n ane kaga mo pake starter kaki (pegel kali yah).
standart bagus tuhh gmn bro?apa ada ciri2nya g kaloo dahh molai ga bagus alias mo rusak?ada cara memonitornya selain ke tukang altenator?
lhooo itu aki kering (yg tahan pek ampir 3 th)yach broo atoo yg bro maksud dari (bukn jadi) aki basah ke aki kering ??? <kapan harikan bro bil kan pake aki kering> merk pa broo akinya ? apa bawaan HONDA ?
yach... denger2 dr pemakai sih begitu... wahh kaloo ga bener.. enakk dunk.. neo bisa toett toeeett tanpa kawatir lg :mrgreen:
sjamsul wrote: ... tapi kira2 sekitar 3 ampe 6 bulan aki tsb akan tewas klo kaga dipake....

wa...h rusakkk dunkk aki neo... :shrug: hikkk.. hik....
sjamsul wrote: Sebaiknye dipake bergantian, misalkan 1 bulan pake aki basah, 1 bl lagi pake aki kering, dst.

wahhh susah jg yachh kalo musti gantian 1 bln... gitu... :e-doh:

broo sjamsul kalo mo beli charger tukk aki kira2 pilih merk pa n dasar2nya yg dijadikan pertimbangan pa yach..dlm memilih?
mahal ga ya broo? :turn-l:
sjamsul wrote: wah neo, tulisan ane kepanjangan ngak seh?. Sebab klo ngak gini ntar nt kaga ngarti, mangkenye ane jelasin sebaik mungkin. Krn sbg seorang propesssooorrrr aki (kidding ajah) penjelasannya harus lengkap n jelas spy gampang dicerna.

Maseh ada 1 tips lagi, tapi dibahasnye nanti malam aja yah, krn mo siap2 kerja. ok

ga...panjang kok yg penting juuelasss buangettt kok prop..
thank you.... so much.. :cupss:

yuppp ntarr malem neo tung2 tips nya lhoo... sambil tersenyum teluss Image
Maximum speed ......................... Setting ON