Perlakuan thd aki & embel2nye....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by nescafe »

sjamsul wrote:
poeticmind wrote:koh sjam... bener ga sih, ada yg mengatakan kalo mobil diesel makan aki jika tidak dipakai beberapa hari dibanding mobil bensin? maksudnya jika mobil bensin langsung bisa jreng, sedangkan mobil diesel selalu seperti kehabisan / lemah aki...?

saya selalu ditanya begini, jawaban saya biasanya begini (sok tau...) : ahhhh ga ada itu! sama aja... :big_slap:
bener om..... di mbl ane juga gitu..... berhubung ane ga tiap hari pake itu mbl, saat distarter, ga langsung idup mesinnye. Jadi mesti beberapa kali starter, baru bisa idup....... ane ga tau apakah ane jarang serpis injektornye ato apa gitu.... tp yg pasti buat ane ga masalah, selama msh bisa distarter n mesin bisa idup, wlp harus beberapa kali starternye.......

ma kasih yeeeeeeeeeeeee................... :upss: .... :ngacir: :ngacir: :ngacir: ......
Kembali koh.. :ngacir:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

mana kembaliannye nes....... :upss:
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by nescafe »

sjamsul wrote:mana kembaliannye nes....... :upss:
Sudah kuduga, baru disentil dikit pasti langsung nongol.. Hihahahaaha.... :ngaci:
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by poeticmind »

sjamsul wrote:
poeticmind wrote:koh sjam... bener ga sih, ada yg mengatakan kalo mobil diesel makan aki jika tidak dipakai beberapa hari dibanding mobil bensin? maksudnya jika mobil bensin langsung bisa jreng, sedangkan mobil diesel selalu seperti kehabisan / lemah aki...?

saya selalu ditanya begini, jawaban saya biasanya begini (sok tau...) : ahhhh ga ada itu! sama aja... :big_slap:
bener om..... di mbl ane juga gitu..... berhubung ane ga tiap hari pake itu mbl, saat distarter, ga langsung idup mesinnye. Jadi mesti beberapa kali starter, baru bisa idup....... ane ga tau apakah ane jarang serpis injektornye ato apa gitu.... tp yg pasti buat ane ga masalah, selama msh bisa distarter n mesin bisa idup, wlp harus beberapa kali starternye.......

ma kasih yeeeeeeeeeeeee................... :upss: .... :ngacir: :ngacir: :ngacir: ......
mana ... sini..sini... :cupss:
Image
newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by newcity_vtec »

Terima kasih atas jawaban dari para senior.
Sebelumnya saya ralat, akinya ktnya yg seukuran dengan aki L300.
Malam ini baru dapat pinjaman aki baru untuk di test...
Kalau untuk kekencangan klem di kepala aki saya rasa sih sdh cukup kencang...

Jika masih ndak bisa nyala berarti mesti cek kabel ama dinamo starternya x ya...
Ada yg tau dimana yg bisa cek masalah kelistrikan seperti itu?

Thanx
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

Hansen wrote:
BADAK wrote:
poeticmind wrote:maksudnya, aki air sama MF... sama2 hasilnya. kalo aki air sama hybrid belum pernah compare nih... jarang yg minta hybrid. kebanyakan langsung minta MF atau stay di aki biasa.

ane test utk aki biasa VS aki MF di merek GForce. maap, bukan promosi ya ini... cuma ane punya cinta pribadi sama GForce. :)
Kalo aki basah vs kering menurutku lbh worthed basah. Dgn selisih harga ckp banyak, hny beda dlm pengisian air. Lagian kita mengisi air jg bukannya tiap hari. selain itu aki kering kurang tahan thd panas, jd gak heran kl byk mbl jepang pake aki kering krg awet.
Skrg yg aku test aki hybrid, yg katanya perpaduan antara aki basah & kering, tp harga plg murah diantara kedua tipe tsb.
Wah smp cinta merk itu, jgn2 prnh dpt bonus tour ke LN ya :mrgreen:
Dak, masak sih aki hybrid lebih murah dari aki basah biasa? :e-think: :e-think: :e-think:
Iya sen, ini tipe hybrid dr salah satu merk aki terkenal di indo. tau lah yg aku maxud. selisih dr tipe konvensional mayan loh, bisa sekitar goban. nah, dgn hrg lbh murah, penguapan air sedikit (low maintenance), ada indikator nya, brarti ini aki yg plg worthed menurutku. makanya tinggal hasil test umur aja apakah bisa lbh awet dr tipe konvensional & MF. kl tryt awet, aku kasi :frm_tumbleft: buat tipe ini.
Tapi hybrid yg aku test bukan yg ada air zuur lgsg dr pabrik, tp diisikan dr toko lho. jd bnr2 sama kyk tipe konvensional hny kandungan plat nya yg berbeda.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by Hansen »

BADAK wrote:
Hansen wrote: Dak, masak sih aki hybrid lebih murah dari aki basah biasa? :e-think: :e-think: :e-think:
Iya sen, ini tipe hybrid dr salah satu merk aki terkenal di indo. tau lah yg aku maxud. selisih dr tipe konvensional mayan loh, bisa sekitar goban. nah, dgn hrg lbh murah, penguapan air sedikit (low maintenance), ada indikator nya, brarti ini aki yg plg worthed menurutku. makanya tinggal hasil test umur aja apakah bisa lbh awet dr tipe konvensional & MF. kl tryt awet, aku kasi :frm_tumbleft: buat tipe ini.
Tapi hybrid yg aku test bukan yg ada air zuur lgsg dr pabrik, tp diisikan dr toko lho. jd bnr2 sama kyk tipe konvensional hny kandungan plat nya yg berbeda.
Siiip dak, tapi koq yg ane liat di pasaran malah sebaliknya ya? :e-think: aki dengan merk sama, jenis aki basah lebih murah sedikit (goban gitu deh) daripada yg jenis hybrid nya :e-think:

Btw aki GS hybrid kan ada 2 jenis tuh dak, yg hijau (standard) dan merah (High CCA) ... bedanya apa toh dak? :e-think:
Image
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by poeticmind »

newcity_vtec wrote:
Jika masih ndak bisa nyala berarti mesti cek kabel ama dinamo starternya x ya...
Ada yg tau dimana yg bisa cek masalah kelistrikan seperti itu?

Thanx
Langsung ke koh sjamsul... Beliau akan bantu. :mrgreen:
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

poeticmind wrote:
newcity_vtec wrote:
Jika masih ndak bisa nyala berarti mesti cek kabel ama dinamo starternya x ya...
Ada yg tau dimana yg bisa cek masalah kelistrikan seperti itu?

Thanx
Langsung ke koh sjamsul... Beliau akan bantu. :mrgreen:
tergantung lokasinye om..... klo lokasi beliau di luar betawi, ane ragu, apakah bisa bantu beliau...... :mrgreen:
newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by newcity_vtec »

Mau report sedikit.
Setelah aki diganti dgn aki baru GS Hybrid ukuran 65 A, starter langsung menyala.
Tidak ada jeda sama sekali.
Kira2 penyakitnya apa ya?
Pak Sjamsul lokasinya dimana nih Pak? Saya di Jakarta Barat juga nih.
Jadi bisa sekalian cek.
Thanx
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

newcity_vtec wrote:Mau report sedikit.
Setelah aki diganti dgn aki baru GS Hybrid ukuran 65 A, starter langsung menyala.
Tidak ada jeda sama sekali.
Kira2 penyakitnya apa ya?
Pak Sjamsul lokasinya dimana nih Pak? Saya di Jakarta Barat juga nih.
Jadi bisa sekalian cek.
Thanx
kira2 penyakitnya di aki bro.....tp ga ada salahnya nt periksa dinamo starternya.....sebelon penyakit spt sebelumnya nimbul lagi....
btw mbl nt keluaran th berapa ya... :e-think:

lokasi kite sama bro.....nt tinggalin no. tlp aja via pm.... nanti ane hubungi.....tp ane cuma bisa bantu cek aki aja ya....... :mrgreen:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by BADAK »

Hansen wrote:
BADAK wrote:
Hansen wrote: Dak, masak sih aki hybrid lebih murah dari aki basah biasa? :e-think: :e-think: :e-think:
Iya sen, ini tipe hybrid dr salah satu merk aki terkenal di indo. tau lah yg aku maxud. selisih dr tipe konvensional mayan loh, bisa sekitar goban. nah, dgn hrg lbh murah, penguapan air sedikit (low maintenance), ada indikator nya, brarti ini aki yg plg worthed menurutku. makanya tinggal hasil test umur aja apakah bisa lbh awet dr tipe konvensional & MF. kl tryt awet, aku kasi :frm_tumbleft: buat tipe ini.
Tapi hybrid yg aku test bukan yg ada air zuur lgsg dr pabrik, tp diisikan dr toko lho. jd bnr2 sama kyk tipe konvensional hny kandungan plat nya yg berbeda.
Siiip dak, tapi koq yg ane liat di pasaran malah sebaliknya ya? :e-think: aki dengan merk sama, jenis aki basah lebih murah sedikit (goban gitu deh) daripada yg jenis hybrid nya :e-think:

Btw aki GS hybrid kan ada 2 jenis tuh dak, yg hijau (standard) dan merah (High CCA) ... bedanya apa toh dak? :e-think:
Memang sen, untuk aki GS tipe hybrid lbh mahal. Tp untuk kompetitornya mlh lbh murah, tp beda air zuur. Merk ini yg lg aku uji coba.
GS hybrid coklat setauku diberi nama High CCA soalnya pny kemampuan cold cranking ampere lbh tinggi. tp krn aplikasinys tdk cocok untuk iklim indo maka jarang ada yg jual.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by aburaza »

kalo pas kontak on, mesin mati, audio (standar) nyala. Trus buka pintu, audio mati trus nyala lg...
Normal g?mobil corabs (kalo pintu buka, lampu hazard, kabin, sidedoor nyala)
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
newcity_vtec
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: Thu Mar 15, 2007 0:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Tiger 2000

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by newcity_vtec »

Koh Sjamsul,

Mobil ane keluaran tahun 1999.
Mobil tua nih..
Hari ini dipakai, starter lansung joss...http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=950#

Nanti saya PM koh
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

newcity_vtec wrote:Koh Sjamsul,

Mobil ane keluaran tahun 1999.
Mobil tua nih..
Hari ini dipakai, starter lansung joss...http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... &start=950#

Nanti saya PM koh
mbl ane keluaran th 97, bearti cuma beda 2 taon ama mbl ane......
klo dah joss, bearti dah ok dong... tp ga ada salahnya klo nt pas ada waktu, periksa pengisiannya...... biar lbh meyakinkan gitu..... jadi tinggal cari bengkel alternator terdekat...ok....
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by poeticmind »

sjamsul wrote:
poeticmind wrote:
newcity_vtec wrote:
Jika masih ndak bisa nyala berarti mesti cek kabel ama dinamo starternya x ya...
Ada yg tau dimana yg bisa cek masalah kelistrikan seperti itu?

Thanx
Langsung ke koh sjamsul... Beliau akan bantu. :mrgreen:
tergantung lokasinye om..... klo lokasi beliau di luar betawi, ane ragu, apakah bisa bantu beliau...... :mrgreen:
sama2 jkt barat, koh... ente coba aja tanya... siapa tau malah tetangga sekomplek ? :e-whistle:



.... :ngacir:
Image
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by m4rio »

kalo ane mikirnya gini tentang rubah aki : ember 1 liter ( aki lama ) dan ember 2 liter ( aki baru ) nah biarpun di isi dengan air keran yang keluar misalnya 1 liter/ menit. nah aki ember yang kapasitasnya udah 2 liter kgk bakalan penuh, karena selama mobil jalan beban kelistrikan juga pasti digunakan, ya buat ac, lampu2, tape, dll. jadi dengan kapasaitas keran 1 liter/menit gk kekejar buat penuhinnya. jadi kalo mau katanya selain aki di gedein alternator juga harus di rubah ke yang lebih besar juga...

semoga bener.. hehehehe :big_peace:
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

m4rio wrote:kalo ane mikirnya gini tentang rubah aki : ember 1 liter ( aki lama ) dan ember 2 liter ( aki baru ) nah biarpun di isi dengan air keran yang keluar misalnya 1 liter/ menit. nah aki ember yang kapasitasnya udah 2 liter kgk bakalan penuh, karena selama mobil jalan beban kelistrikan juga pasti digunakan, ya buat ac, lampu2, tape, dll. jadi dengan kapasaitas keran 1 liter/menit gk kekejar buat penuhinnya. jadi kalo mau katanya selain aki di gedein alternator juga harus di rubah ke yang lebih besar juga...

semoga bener.. hehehehe :big_peace:
bisa bener, bisa juga kurang bener mar..... tergantung besarnya beban yg dipake n pemakaian mobilnya.....
dlm perumpamaan yg nt dapet, bisa dibenarkan klo arus yg dipake stabil, tp yg perlu nt ingetin adalah antara jalan siang n malem khan berbeda.... jadi saat jalan siang hari, lampu besar khan ga dipake, jadi kelebihan daya alternator bisa dipake buat ngisi aki.......tul ga ?....
Nah, yg paling bener menurut ane sih, adalah dg cara mengukur pengisian akinya saat semua peralatan dipake..... klo menurut pengukuran alat tsb, kapasitas alternator masih mencukupi, mk ga perlu pake ganti alternator segala, mengingat harga alternator yg ori ga murah loh......sedangkan klo pake yg kw, kualitasnya meragukan.............

smoga bermanfaat.............

ma kasih yeeeeee............ :ngacir: :ngacir: :ngacir: ..............
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by m4rio »

sjamsul wrote:
m4rio wrote:kalo ane mikirnya gini tentang rubah aki : ember 1 liter ( aki lama ) dan ember 2 liter ( aki baru ) nah biarpun di isi dengan air keran yang keluar misalnya 1 liter/ menit. nah aki ember yang kapasitasnya udah 2 liter kgk bakalan penuh, karena selama mobil jalan beban kelistrikan juga pasti digunakan, ya buat ac, lampu2, tape, dll. jadi dengan kapasaitas keran 1 liter/menit gk kekejar buat penuhinnya. jadi kalo mau katanya selain aki di gedein alternator juga harus di rubah ke yang lebih besar juga...

semoga bener.. hehehehe :big_peace:
bisa bener, bisa juga kurang bener mar..... tergantung besarnya beban yg dipake n pemakaian mobilnya.....
dlm perumpamaan yg nt dapet, bisa dibenarkan klo arus yg dipake stabil, tp yg perlu nt ingetin adalah antara jalan siang n malem khan berbeda.... jadi saat jalan siang hari, lampu besar khan ga dipake, jadi kelebihan daya alternator bisa dipake buat ngisi aki.......tul ga ?....
Nah, yg paling bener menurut ane sih, adalah dg cara mengukur pengisian akinya saat semua peralatan dipake..... klo menurut pengukuran alat tsb, kapasitas alternator masih mencukupi, mk ga perlu pake ganti alternator segala, mengingat harga alternator yg ori ga murah loh......sedangkan klo pake yg kw, kualitasnya meragukan.............

smoga bermanfaat.............

ma kasih yeeeeee............ :ngacir: :ngacir: :ngacir: ..............
emank om...
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

mar, ane ga ngarti arti kata 'emank om....'...... maksudnya apakah setuju ato gimana gituuuu...... :e-think:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by m4rio »

sjamsul wrote:mar, ane ga ngarti arti kata 'emank om....'...... maksudnya apakah setuju ato gimana gituuuu...... :e-think:
maksudnya setuju om...

jadi kalo gtiu kalo mau naikin kapasitas aki kalo gk mau ampe ganti alternator gk boleh terlalu jauh dari aki standard om???????
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

m4rio wrote:
sjamsul wrote:mar, ane ga ngarti arti kata 'emank om....'...... maksudnya apakah setuju ato gimana gituuuu...... :e-think:
maksudnya setuju om...

jadi kalo gtiu kalo mau naikin kapasitas aki kalo gk mau ampe ganti alternator gk boleh terlalu jauh dari aki standard om???????
ga juga mar, tergantung beberapa hal :
1. apakah tempat akinya mencukupi..... klo mencukupi ato nt mau memindahkan tempat akinye, mk aki dg kapasitas maksimal, misalkan 200 amper juga ga masalah..... (misalkan aki tsb diletakkan di bagasi).....
2. apakah kantongnye ga teriak..... krn aki dg kapasitas yg lbh besar, harganya relatip lbh mahal.....
3. apakah cara pake akinye bener....... maksudnya apakah saat aki msh baru, diperlakukan dg bener, misalkan (spt yg ane sering tulis).... sebelon dipake (aki baru), mk sebaiknya disetroom dulu ampe full..... baru dipake, spy aki bisa lbh panjang umurnye......
4. dll......
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

@mario:
mar, klo msh ada pertanyaan lainnya, tulis aja yah, nanti malem akan ane coba jawab.....krn ane mo keliling dulu, cari makanan.... ok.....
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by poeticmind »

sjamsul wrote:@mario:
mar, klo msh ada pertanyaan lainnya, tulis aja yah, nanti malem akan ane coba jawab.....krn ane mo keliling dulu, cari makanan.... ok.....
koh... di bandung ada makanan enak nih... kayaknya ente pasti pas selera nya. :mrgreen:
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Perlakuan thd aki & embel2nye....

Post by sjamsul »

poeticmind wrote:
sjamsul wrote:@mario:
mar, klo msh ada pertanyaan lainnya, tulis aja yah, nanti malem akan ane coba jawab.....krn ane mo keliling dulu, cari makanan.... ok.....
koh... di bandung ada makanan enak nih... kayaknya ente pasti pas selera nya. :mrgreen:
bukannya ga mau om..... tp macetnya ga nahannnnn....... :ngacir: :ngacir: :ngacir: ....