[ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

JBS1077
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 20 Oct 2008, 11:31

[ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by JBS1077 »

Hi all,

Numpang tanya nih, saya ingin pasang kaca film di mobil baruku (Yaris) tapi masalahnya dari pabrik sudah terpasang kaca film standard Toyota. Padahal saya sudah minta jangan dipasangin tapi menurut sales A2K semua mobil sudah terlanjur dipasang dari pabrik. Pertanyaan saya adalah kalau saya ingin memasang kaca film after-market, apakah defogger-nya akan rusak atau tidak?

Saya sudah menanyakan ke tiga toko dan dua dari itu bilang seharusnya tidak rusak karena masih baru, walaupun mrk tidak berani jamin. Toko2 tersebut memberi penjelasan bahwa sampai saat ini tidak pernah mengalami kerusakan pada mobil baru. Kalau satu toko yg di PMK (authorized dealer utk 3M & Perfections) bilang kalau defogger sudah pasti akan rusak walaupun mobil masih baru. Bahkan toko ini spesifik bilang kalau T. Yaris dan H. City paling rentan rusak defoggernya kalau dicopot kaca film-nya.

Menurut para SMers gimana? Seberapa banyak diantara kalian yg pernah mencopot KF lama yg ada defogger? Rusak nggak? Mohon share infonya ya.

Thanks! :thanks:
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: 23 Apr 2007, 20:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Contact:

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by maxx »

Bahkan toko ini spesifik bilang kalau T. Yaris dan H. City paling rentan rusak defoggernya kalau dicopot kaca film-nya.

Benar!... dua type itu ... PLUS LIVINA series.. rentan rusak defroggernya saat KF di copot.
Btw, kalo benar2 masih baru.. alias tidak lebih dari 2 bln .. umumnya masih mudah di copot KF tanpa merusak defrogger. Tapi sudah pasti resiko ditanggung pemilik mobil, krn meskipun KF akan di copot dg hati2 resiko tsb tetap ada.

Nah buat yg punya mobil2 tsb.. saat baru terima mobil .. bila mmg langsung mo ganti KF ... cepat aja di copot KF bawaan pabriknya jangan nunggu lama2. Justru seharusnya bisa u/ minta tidak dipasang, krn KF yg terpasang kualitasnya tidak bagus.

Kalo memang sudah dipasang dari pabrik.. minta aja dealer-nya mencopot KF tsb sebelum delivery, jd yg tanggung resiko deffroger rusak adalah dealer.
Sebenarya kalo sudah diminta dari awal sebelum DP atau bikin ikatan pembelian .. seharusnya bisa diatur ... tp kalo sudah ditengah jalan ya susah u/ nego lagi.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
JBS1077
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 20 Oct 2008, 11:31

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by JBS1077 »

yaaa... :off_no:

bro, emangnya sudah pasti kalo mobil2 tertentu akan rusak kalo dicopot? persentase kegagalannya seberapa tinggi?

hahaha... kaya ga mau terima gitu gw...hehehe...

sedih nih kalo emang beneran nggak bisa ganti... :ungg:
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: 23 Apr 2007, 20:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Contact:

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by maxx »

JBS1077 wrote:yaaa... :off_no:

bro, emangnya sudah pasti kalo mobil2 tertentu akan rusak kalo dicopot? persentase kegagalannya seberapa tinggi?

hahaha... kaya ga mau terima gitu gw...hehehe...

sedih nih kalo emang beneran nggak bisa ganti... :ungg:
Tidak ada yg pasti bos, umumnya u/ mobil2 tsb kalo KF std tlah terpasang lebih dari 3bln.. semakin lama maka resiko semakin besar.

Tp ingat tidak semua merk.. contoh aja BMW thn 90an ... meskipun sudah bertahun2 KF terpasang ... ga ada masalah dg defroger meskipun gonta ganti KF.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by sjamsul »

Sebetulnye ada satu produk untuk mengatasi hal ini, tapi ane kaga tau apakah produk ini sekarang masih ada di pasaran.

Produk ini fungsinya adalah menyambung defogger klo putus saat kaca film dilepas. Bentuknya cairan & warnanye mirip ama defogger. Jadi klo defogger putus saat kaca film dilepas, tinggal disambung aja ama ini produk tunggu kering, maka defogger akan berfungsi normal kembali.

Merk produk ini adalah wurth. Kemasannye di botol kecil. Harusnya di agen kaca film yg besar mempunyai barang ini sbg pelengkap dlm bongkar pasang kaca film.
Tapi tau sendiri lah disene klo yg namanye produk servis (menurut ane) jarang sekali diperhatikan oleh pemasok kaca film alias mereka kaga mo dipusingkan oleh hal2 kecil spt ini, taunye cuma bisa jual n cari untung segede2nye. tul ngak?.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: 23 Apr 2007, 20:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Contact:

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by maxx »

Produk ini fungsinya adalah menyambung defogger klo putus saat kaca film dilepas

Saat KF dicopot bukannya bikin deffroger putus tapi elemen defroggernya ikut terangkat semuanya krn lapisan elemnya tipis dan menempel kuat di KF.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by sjamsul »

maxx wrote:
Produk ini fungsinya adalah menyambung defogger klo putus saat kaca film dilepas

Saat KF dicopot bukannya bikin deffroger putus tapi elemen defroggernya ikut terangkat semuanya krn lapisan elemnya tipis dan menempel kuat di KF.
wah sorry klo gitu ane salah kaseh tanggepan. :e-pray:
JBS1077
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 20 Oct 2008, 11:31

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by JBS1077 »

maxx wrote:
Tidak ada yg pasti bos, umumnya u/ mobil2 tsb kalo KF std tlah terpasang lebih dari 3bln.. semakin lama maka resiko semakin besar.

Tp ingat tidak semua merk.. contoh aja BMW thn 90an ... meskipun sudah bertahun2 KF terpasang ... ga ada masalah dg defroger meskipun gonta ganti KF.[/quote]

kalo mobil saya paling baru 2 minggu keluar dari dealer? kira2 masih aman utk dicopot ga? :)
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: 23 Apr 2007, 20:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Contact:

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by maxx »

JBS1077 wrote:
kalo mobil saya paling baru 2 minggu keluar dari dealer? kira2 masih aman utk dicopot ga? :)
Kalo baru 2 minggu harusnya masih aman, tp resiko tetap ada bos.Kalo merasa panas dan ga mau ambil resiko defrogger lepas... KF di double aja, tp resenya tuh KF sparta dalam 1thn pasti ada luntur2 reflektifnya nanti jadi belang.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
JBS1077
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 20 Oct 2008, 11:31

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by JBS1077 »

saya sih mengerti ada resikonya tapi saya ingin tahu probabilitasnya seberapa besar akan rusak. :)

kalo KF ditiban kayanya ga banget soalnya saya justru pengen ganti KF yg tidak gelap utk samping & belakang. btw, kalo saya mau pasang 3M crystalline clear (depan) dan crystalline 40% (samping & belakang) jatuhnya brp utk Yaris?
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: 23 Apr 2007, 20:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Contact:

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by maxx »

JBS1077 wrote:saya sih mengerti ada resikonya tapi saya ingin tahu probabilitasnya seberapa besar akan rusak. :)

kalo KF ditiban kayanya ga banget soalnya saya justru pengen ganti KF yg tidak gelap utk samping & belakang. btw, kalo saya mau pasang 3M crystalline clear (depan) dan crystalline 40% (samping & belakang) jatuhnya brp utk Yaris?
probabilitasnya sulit diukur krn blum ada yg buat sampling statistik soal defroger copot :D
Kalo berdasarkan pengalaman u/ mobil yaris baru 2 minggu probabilitasnya keberhasilannya 70%-80%

3M CR70 dpn + 3M CR40 smpg blkg u/ yaris >> cek pm bos
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
cvsmb
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 302
Joined: 25 Jun 2007, 22:03
Location: SURABAIA

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by cvsmb »

punya gue innova tipe V uda rusak defoggernya waktu ganti ke 3M disalah satu variasi mobil di sby. Padahal mobil baru gress... :big_slap:

Kalo saya bilang semua itu tergantung sama orang2 yg mau lepasin kaca film lama.. mesti yg professional.

APA YG AKAN SAYA LAKUKAN? Gw akan pecahin kacanya trus klim ke asuransi sebelum masa asuransi habis... :big_weee:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by sjamsul »

cvsmb wrote:saya bilang semua itu tergantung sama orang2 yg mau lepasin kaca film lama.. mesti yg professional.

APA YG AKAN SAYA LAKUKAN? Gw akan pecahin kacanya trus klim ke asuransi sebelum masa asuransi habis... :big_weee:
Wlp dah profesional kaga menjamin wkt lepas kaca film tidak rusak.

Ati2 loh bro, perbuatan demikian bisa mengakibatkan kerugian sendiri di kemudian hari. Memang asuransi kemungkinan besar akan mengganti kacanya, tp apa stl itu pake boilnya jadi enak. Klo secara pribadi ane kaga mo melakukan hal itu, krn jadi tidak enak bawa boilnya. Kenapa begitu?.
Krn telah melakukan kecurangan dlm hal berasuransi. Tul gak?.

So menurut ane mendingan beli aja kaca yg baru, khan harga kaca itu sangat murah jika dibandingkan dg harga boilnya. :mrgreen:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16498
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by Hansen »

sjamsul wrote:
cvsmb wrote:saya bilang semua itu tergantung sama orang2 yg mau lepasin kaca film lama.. mesti yg professional.

APA YG AKAN SAYA LAKUKAN? Gw akan pecahin kacanya trus klim ke asuransi sebelum masa asuransi habis... :big_weee:
Wlp dah profesional kaga menjamin wkt lepas kaca film tidak rusak.

Ati2 loh bro, perbuatan demikian bisa mengakibatkan kerugian sendiri di kemudian hari. Memang asuransi kemungkinan besar akan mengganti kacanya, tp apa stl itu pake boilnya jadi enak. Klo secara pribadi ane kaga mo melakukan hal itu, krn jadi tidak enak bawa boilnya. Kenapa begitu?.
Krn telah melakukan kecurangan dlm hal berasuransi. Tul gak?.

So menurut ane mendingan beli aja kaca yg baru, khan harga kaca itu sangat murah jika dibandingkan dg harga boilnya. :mrgreen:
tapi kaca yg dilengkapi dengan defogger itu nggak murah loh... :e-naughty:
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by sjamsul »

@hansen:
dibandingkan dg bikin ndiri, khan lebih murah beli jadi........ :ngacir: :ngacir: :ngacir: ...
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: 11 Mar 2008, 21:31
Location: Yogyakarta

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by ddaru »

Saya juga paranoid banget tuh sama yang namanya defogger rusak kalo ganti kaca film, saya pada akhirnya ngedobel kaca film tu untuk kaca belakang Yaris saya. Untung bawaan Yaris saya dari dealer Nasmoco ga jelek-kelek amat, 3M FX-Series, tapi menurut saya masih kurang gelap. Tadinya mau diganti, tapi takut defogger rusak, akhirnya saya memutuskan untuk mendobel pake Spectrum 40%. Hasilnya lumayan.
Tapi kadang muncul pikiran pengen juga ganti kaca film semuanya pake 1 produk yang bagus sekalian ga usah pake ngedobel-dobel segala, tapi ya itu tadi, takut defoggernya rusak.

Malah di Swift saya bawaan pabriknya jelek banget, ga tau mereknya apa, warna bronze gitu, tapi mutunya jelek banget, warnanya dah mulai berubah gitu, dari awal belum sempet diganti mpe sekarang. Kalo ini ga mungkin saya dobel karena sudah gelap & mutunya memang tidak begitu bagus, kalo Yaris saya bawaannya udah 3M jadi pede aja kalo tetep dipasang & didobel.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by sjamsul »

@ddaru:
bro klo kaca blk di dobel apa kaga merepotkan klo mo liat ke belakang?. :e-think:
User avatar
ddaru
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 660
Joined: 11 Mar 2008, 21:31
Location: Yogyakarta

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by ddaru »

sjamsul wrote:@ddaru:
bro klo kaca blk di dobel apa kaga merepotkan klo mo liat ke belakang?. :e-think:
Saat pertama kali didobel, awalnya memang rada sulit melihat ke belakang kalo malem, karena gelap & belum terbiasa, tapi setelah terbiasa jadi ga terlalu mengganggu, ga masalah. Tapi kalo siang saya sangat tertolong, bener-bener adem, kerasa banget kerja AC jadi ringan.
JBS1077
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 20 Oct 2008, 11:31

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by JBS1077 »

wah, threadnya masih jalan aja toh. hehehe...

saya ingin menindaklanjuti thread yg saya mulai. kurang lebih 2 minggu lalu saya akhirnya menggantikan KF standard dealer dan syukurnya tidak rusak. saya sempet menyalakan defogger saya dari rumah menuju ke toko yg +/- 30min. kemudian saat dicopot saya minta agar pencopotannya dibagi beberapa bagian sehingga pressure-nya tidak berlebihan. jujur saya ga yakin apakah dgn menyalakan defogger itu membantu atau tidak tp tidak ada salahnya sih. oh ya, sambil berdoa juga ya. hehehe.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by sjamsul »

JBS1077 wrote:ujur saya ga yakin apakah dgn menyalakan defogger itu membantu atau tidak tp tidak ada salahnya sih. oh ya, sambil berdoa juga ya. hehehe.
defogger sangat membantu loh bro. Coba aja perhatikan klo sehabis ujan, di bagian kaca belakang sering banget berembun yg bisa mengganggu penglihatan ke belakang. Hal ini disebabkan krn perbedaan suhu udara di dalam n di luar boil, shg terbentuklah embun tsb di bagian luar. Nah dg menyalakan defogger, maka embun tsb dapat dieliminasi. smoga membantu.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: 23 Apr 2007, 20:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Contact:

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by maxx »

sjamsul wrote:
JBS1077 wrote:ujur saya ga yakin apakah dgn menyalakan defogger itu membantu atau tidak tp tidak ada salahnya sih. oh ya, sambil berdoa juga ya. hehehe.
defogger sangat membantu loh bro. Coba aja perhatikan klo sehabis ujan, di bagian kaca belakang sering banget berembun yg bisa mengganggu penglihatan ke belakang. Hal ini disebabkan krn perbedaan suhu udara di dalam n di luar boil, shg terbentuklah embun tsb di bagian luar. Nah dg menyalakan defogger, maka embun tsb dapat dieliminasi. smoga membantu.
he he he.. sptny aada mis com nih... yg satu cerita tentang a.. yg satu jawabin tentang d :P
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16498
Joined: 03 Apr 2007, 21:24

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by Hansen »

maxx wrote:
sjamsul wrote:
JBS1077 wrote:ujur saya ga yakin apakah dgn menyalakan defogger itu membantu atau tidak tp tidak ada salahnya sih. oh ya, sambil berdoa juga ya. hehehe.
defogger sangat membantu loh bro. Coba aja perhatikan klo sehabis ujan, di bagian kaca belakang sering banget berembun yg bisa mengganggu penglihatan ke belakang. Hal ini disebabkan krn perbedaan suhu udara di dalam n di luar boil, shg terbentuklah embun tsb di bagian luar. Nah dg menyalakan defogger, maka embun tsb dapat dieliminasi. smoga membantu.
he he he.. sptny aada mis com nih... yg satu cerita tentang a.. yg satu jawabin tentang d :P
iye tuh... :mrgreen:
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by sjamsul »

Oh iye, krn buru2 bacanye jadi salah nangkep maksudnye. Sorry yah buat yg baca n tengkyu buat bro maxx n hasen atas koreksinya. :big_peace:
LeQ
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 14 Jul 2008, 07:33

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by LeQ »

JBS1077 wrote:wah, threadnya masih jalan aja toh. hehehe...

saya ingin menindaklanjuti thread yg saya mulai. kurang lebih 2 minggu lalu saya akhirnya menggantikan KF standard dealer dan syukurnya tidak rusak. saya sempet menyalakan defogger saya dari rumah menuju ke toko yg +/- 30min. kemudian saat dicopot saya minta agar pencopotannya dibagi beberapa bagian sehingga pressure-nya tidak berlebihan. jujur saya ga yakin apakah dgn menyalakan defogger itu membantu atau tidak tp tidak ada salahnya sih. oh ya, sambil berdoa juga ya. hehehe.
Bro, mobil gw yaris juga neh dan pengen ganti kaca film yg samping+blkg...
Yaris rentan rusak ya defoggernya pas ganti kaca film blkg..
Nah waktu itu kletek kaca film yg blkg ada perlakuan khusus gak bro biar defoggernya gak ikut terangkat? Gw khawatir juga neh soalnya....
JBS1077
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: 20 Oct 2008, 11:31

Re: [ASK] Pasang Kaca Film, Defogger Rusak???

Post by JBS1077 »

@LeQ
tidak ada perlakuan khusus yg terbukti ampuh sih. yg jelas hari itu gw mau pasang gw sempet menyalakan defogger sejak dari rumah, perjalanan ke tokonya sekitar 20min. trus, gw minta KF pencopotannya dibagi beberapa bagian spy pressurenya tdk berlebihan. gw ga bisa menjaminkan dgn cara ini akan sukses ya soalnya tukangnya pd blg sdh hampir pasti rusak. mungkin krn mobil gw jg baru 2 minggu keluar dari showroom jd lemnya msh belum terlalu mengeras.

kalo emang niat mau copot saran gw harus bersedia menerima konsekuensi jika ada kemungkinan defogger loe bakal rusak. kalo loe ga siap utk hal yg terburuk mending jgn deh. :D
Post Reply