Bukan masih ragu, tapi sekedar menunjukkan ane itu kaga sombong.......... ..........neo88 wrote: tp kok cmiiw , bro sjam masi ragu yach... ?
[/color]
Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
mbah yg satu ini ney................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
kasi masukan yaaaaa.......biar tambah bingung xixixixixixixixix
1. cek n ganti OLI------------------>tiap 2000/2500/3000 km (tergantung kondisi jalan yg dilalui se hari2 + gaya mengendarai)
2. cek n bersihkan busi------------->biasanya barengan sm ganti oli
3. cek n bersihkan filter oli---------->tiap 10.000 km
4. cek n bersihkan filter bensin------>waahhh.....motor sy g ada filter bensin ky nya de
5. cek n bersihkan filter udara------->barengan sm ganti oli
6. cek n Bersihkan Karburator----->barengan sm ganti oli
7. cek n Stel Klep-------->barengan sm ganti oli
8. Bersihkan kepala mesin termasuk kepala piston----->biasanya tiap 10.000 km
9. Bersihkan rantai------->barengan sm ganti oli
10. Bersihkan knalpot------>apanya yg d bersihin ya?.....khan 4 tak
11. Overall chek up.... ???????
12. Turun mesin...--------------->klo paking set bag. dlm ada yg bocor, or klo piston jebol(mit amit iihhh)
13. Jual motor nn... ganti ama yg Baru--------------->klo ada duid, or uda bosen or nunggu hibahan dari oom sjamsul
1. cek n ganti OLI------------------>tiap 2000/2500/3000 km (tergantung kondisi jalan yg dilalui se hari2 + gaya mengendarai)
2. cek n bersihkan busi------------->biasanya barengan sm ganti oli
3. cek n bersihkan filter oli---------->tiap 10.000 km
4. cek n bersihkan filter bensin------>waahhh.....motor sy g ada filter bensin ky nya de
5. cek n bersihkan filter udara------->barengan sm ganti oli
6. cek n Bersihkan Karburator----->barengan sm ganti oli
7. cek n Stel Klep-------->barengan sm ganti oli
8. Bersihkan kepala mesin termasuk kepala piston----->biasanya tiap 10.000 km
9. Bersihkan rantai------->barengan sm ganti oli
10. Bersihkan knalpot------>apanya yg d bersihin ya?.....khan 4 tak
11. Overall chek up.... ???????
12. Turun mesin...--------------->klo paking set bag. dlm ada yg bocor, or klo piston jebol(mit amit iihhh)
13. Jual motor nn... ganti ama yg Baru--------------->klo ada duid, or uda bosen or nunggu hibahan dari oom sjamsul
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
...........doq wrote:nunggu hibahan dari oom sjamsul
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
- Location: didepanmu gitu lhoo
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
aduuhhh gimana rasanyaaa... dpt... 2x jurus dari prop sjam.... bro doq ???
8. mmm tiap 10.000 km yachh.. wahh neo br aja 1 mgg-an lalu dibersihinnn rasanyaa uuueenakk puuoll tuhh kendaraan
spt kendaraan baru lhoo... setelahhhh +- 30.000 km xiixixixii...
10. ohhh kalo 4 tak ga perlu bersihin knalpot yach... cooryy br tau
12. oooo gitu... hek ehh,, amit amit dehh kalo pek turun mesin, mending dijual aja yachh.. apa mungkin baru >80.000-100.000 KM yachh ato... tergantung perawatan ??
n
doq wrote: 8. Bersihkan kepala mesin termasuk kepala piston----->biasanya tiap 10.000 km
9. Bersihkan rantai------->barengan sm ganti oli
10. Bersihkan knalpot------>apanya yg d bersihin ya?.....khan 4 tak
11. Overall chek up.... ???????
12. Turun mesin...--------------->klo paking set bag. dlm ada yg bocor, or klo piston jebol(mit amit iihhh)
8. mmm tiap 10.000 km yachh.. wahh neo br aja 1 mgg-an lalu dibersihinnn rasanyaa uuueenakk puuoll tuhh kendaraan
spt kendaraan baru lhoo... setelahhhh +- 30.000 km xiixixixii...
10. ohhh kalo 4 tak ga perlu bersihin knalpot yach... cooryy br tau
12. oooo gitu... hek ehh,, amit amit dehh kalo pek turun mesin, mending dijual aja yachh.. apa mungkin baru >80.000-100.000 KM yachh ato... tergantung perawatan ??
n
Last edited by neo88 on Fri Nov 07, 2008 4:42, edited 1 time in total.
Maximum speed ......................... Setting ON
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
- Location: didepanmu gitu lhoo
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
prop.. sjamsul
waktu ganti totok depanyaa paa sekalian reflektornya head lamp n ritting juga yachh...?
waktu itu beli harga brp broo?
waktu ganti totok depanyaa paa sekalian reflektornya head lamp n ritting juga yachh...?
waktu itu beli harga brp broo?
Maximum speed ......................... Setting ON
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
Betul tuh neo, lengkap digantinya, klo harga dah lupa, tapi di atas 100 rb dah.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
magsud ane kalau yang karbu kan mesti puter tuh baut untuk bersih bersih,tune up..lah yang saya magsud kalau yang non karbu,yang inject getoh apa masih harus putar baut untuk bersih bersihnya..sory bro kalau kurang jelas,,maklum saya vitaminya lagi abis.he..he..he.sjamsul wrote:Sorry bro ane kaga ngarti pertanyaannye, tolong diulang donk maksud pertanyaan nt.avansa wrote:ikut ah biar bisa nyetel karbu motor,tapi kalau yang injek nggak pakai apa pakai di puter bautnya Om,,?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
Maap neh,,untuk ccek dan ganti olie motor,itu nggak sama yah dengan mobil ,motor yang saya baca di atas cek dan ganti tiap 2000 km , Nah yang di sarankan sama orang teknis,bukan penjual olie untuk cek dan ganti olie pada rodaempat setiap 5000 km.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
(sedikit bingung model : on)avansa wrote:magsud ane kalau yang karbu kan mesti puter tuh baut untuk bersih bersih,tune up..lah yang saya magsud kalau yang non karbu,yang inject getoh apa masih harus putar baut untuk bersih bersihnya..sory bro kalau kurang jelas,,maklum saya vitaminya lagi abis.he..he..he.
Mungkin yg dimaksud dik avansa adalah kalau yg injection apa harus putar baut untuk setelnye kali, bukan untuk bersih2. tul ngak neh?. Jadi klo menurut secara pemikiran seorang propesssoooorrrr aki itu harus jelas nanyanye, antara setel dg bersih2 itu beda loh. Klo cuma bersih2 yah tinggal dicuci aja, tapi klo disetel hrs pake sedikit pengetahuan di bidang setel menyetel gitu looohhhh.........
Mangkenye klo vitamin dah abis yah beli lagi atuhhhh.......... hehheeehehe......
Sorry neh bro, klo yg injection setelnye harus pake alat, spt pada boil. Jadi kaga bisa kira2 aja spt pada karbu. Terus terang aja klo secara pribadi ampe saat ini ane kaga yakin klo mekanik sini dah pinter pake alat untuk setel yg pake injection, cuma sedikit sekali yg bener2 pinter. So jangankan yg injection, yg pake karbu aja banyak sekali yg pada ngaco setel anginnye.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
@avansa:
Pernah suatu kali ane serpis mtr di salah satu beres honda. Kebetulan ane dr kejauhan liat cara kerja si mekaniknye. Saat setel klep dia kaga pake alat yg bernama fuller, jadi ane tegor kenapa kaga pake fuller n dg entengnya dia jawab klo dia sudah biasa setel kaga pake fuller. Langsung aja ane suruh dia ambil tuh fuller n setelnya hrs pake itu alat, untungnye dia turutin sbab klo kaga ane dah pasti ngamuk2.
Dari sini bisa diambil satu kesimpulan klo tidak setiap beres itu kerjanya benar2 beresss.......... tul ngak?. Belon lagi cara setel angin pada karbu, banyak yg ngaco. Padahal pihak owner dah menyiapkan rpm meter yg bisa dipake buat bantu setel angin pada karbu. Salah siapa yah?.
Pernah suatu kali ane serpis mtr di salah satu beres honda. Kebetulan ane dr kejauhan liat cara kerja si mekaniknye. Saat setel klep dia kaga pake alat yg bernama fuller, jadi ane tegor kenapa kaga pake fuller n dg entengnya dia jawab klo dia sudah biasa setel kaga pake fuller. Langsung aja ane suruh dia ambil tuh fuller n setelnya hrs pake itu alat, untungnye dia turutin sbab klo kaga ane dah pasti ngamuk2.
Dari sini bisa diambil satu kesimpulan klo tidak setiap beres itu kerjanya benar2 beresss.......... tul ngak?. Belon lagi cara setel angin pada karbu, banyak yg ngaco. Padahal pihak owner dah menyiapkan rpm meter yg bisa dipake buat bantu setel angin pada karbu. Salah siapa yah?.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 302
- Joined: Mon Jun 25, 2007 15:03
- Location: SURABAIA
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
Tiap berapa KM kah (bisa jd dlm bulan [krn ada yg mnrt buku servis mana yg tercapai dulu]) boleh jg tulis keduanya berikut alasannya kenapa yaa... efeknya apa kalo ga cek n bersihkan... mulai dari :
1. cek n ganti OLI ? tiap 5rb sekali
2. cek n bersihkan busi ? sesuai buku petunjuk
3. cek n bersihkan filter oli ? as no 1
4. cek n bersihkan filter bensin/solar? ganti tiap 10k (solar)
5. cek n bersihkan filter udara ? punya aftermarket air filter jadi cuci tiap 5k sekali
13. Jual motor nn... ganti ama yg Baru (kalo nihh pake taon dehh...) tiap 5tahun sekali
1. cek n ganti OLI ? tiap 5rb sekali
2. cek n bersihkan busi ? sesuai buku petunjuk
3. cek n bersihkan filter oli ? as no 1
4. cek n bersihkan filter bensin/solar? ganti tiap 10k (solar)
5. cek n bersihkan filter udara ? punya aftermarket air filter jadi cuci tiap 5k sekali
13. Jual motor nn... ganti ama yg Baru (kalo nihh pake taon dehh...) tiap 5tahun sekali
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
klo sy ga pake patokan KM..avansa wrote:Maap neh,,untuk ccek dan ganti olie motor,itu nggak sama yah dengan mobil ,motor yang saya baca di atas cek dan ganti tiap 2000 km , Nah yang di sarankan sama orang teknis,bukan penjual olie untuk cek dan ganti olie pada rodaempat setiap 5000 km.
ada motor sy yg cuma pake dr rumah ke pasar atw ke depan komplek aja..dr thn 2002 sampe skrg km-nya br 9000..
berarti 2000km nya lama bgt..bs setahun kli..ya msa mau setahu sekali.
kta mekanik sy..klo motor jrg pake jg ganti oli paling ga hrs 3 bulanan deh.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
- Location: didepanmu gitu lhoo
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
lah... bro anak_singkong ente sama pakenya ama neo kaloo tiap hr cm +- 15Km kapann nyampee 2000 nyeee yeee...
m...mmm apa efeknya sihh kalo telat ganti oliee.. misalnya 1 taon sekali heeheee ?
m...mmm apa efeknya sihh kalo telat ganti oliee.. misalnya 1 taon sekali heeheee ?
Maximum speed ......................... Setting ON
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
- Location: didepanmu gitu lhoo
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
cvsmb wrote: 13. Jual motor nn... ganti ama yg Baru (kalo nihh pake taon dehh...) tiap 5tahun sekali
yaaa amm plooopp...., tiap 5 taon ganti baru... mauuu... dunkkkk....
jgn2 ente anaknyaa gubernur yeee...
Maximum speed ......................... Setting ON
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
telat ganti olie jangan coba coba deh,kasihan tuh mesin apa lagi kalau udah benar benar kering apa lagi ampe habis,kayaknya tidak ada yang lain kecuali turun mesin,benar nggak Pak Prop?
Untuk bengkel ,beres emang banyak yang lebih senang atau mungkin karena udah terbiasa menggunakan tangan untuk urusan karbu. Kalau saya mengatakan,mereka mungkin masih gaptek jadi perlu kayak Bro Sjam pasang muka angker dan siap ngamuk kalau enggak dituruti.
Untuk bengkel ,beres emang banyak yang lebih senang atau mungkin karena udah terbiasa menggunakan tangan untuk urusan karbu. Kalau saya mengatakan,mereka mungkin masih gaptek jadi perlu kayak Bro Sjam pasang muka angker dan siap ngamuk kalau enggak dituruti.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
sjamsul wrote:@avansa:
Belon lagi cara setel angin pada karbu, banyak yg ngaco. Padahal pihak owner dah menyiapkan rpm meter yg bisa dipake buat bantu setel angin pada karbu. Salah siapa yah?.
mank bener tu, beres blom tentu beres.......makanya tiap beres service di beres, setelan angin d karbu sy beresin sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
Efeknya adalah toko oli pada turun omsetnye, khan kasian..... tul ngak?neo88 wrote:m...mmm apa efeknya sihh kalo telat ganti oliee.. misalnya 1 taon sekali heeheee ? [/color]
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
Benar, klo oli dah kering dipaksain yah mo kaga mo mesti turun mesin, klo mo bagus lagi, tapi klo pakenye cuma dekat2 aja sih belon tentu oli kering wlp dah dipake 2 th. Makanya harus periksa level oli secara teratur.avansa wrote:telat ganti olie jangan coba coba deh,kasihan tuh mesin apa lagi kalau udah benar benar kering apa lagi ampe habis,kayaknya tidak ada yang lain kecuali turun mesin,benar nggak Pak Prop?
Untuk bengkel ,beres emang banyak yang lebih senang atau mungkin karena udah terbiasa menggunakan tangan untuk urusan karbu. Kalau saya mengatakan,mereka mungkin masih gaptek jadi perlu kayak Bro Sjam pasang muka angker dan siap ngamuk kalau enggak dituruti.
Ane pasang mukanye kaga angker, cuma agak sedikit galak aja, maksudnya spy si mekanik kerjanye lbh baik n tidak asal2an. Kasian org yg kaga ngarti, jadi korban bengkel yg ceroboh ato kerjanye asal aja.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
Sedikit tambahan klo setelan agin pd karbu kaga bener:
1. Bensin boros kaga karuan.
2. Larinye payah. Klo dah begini si pemake bisa berpikiran mtr hrs turun mesin dll, padahal cuma urusan sepele aja.
3. Mesin agak susah diidupin, apalagi klo pagi n cenderung gampang mati, padahal busi belum lama diganti.
Nah, ane khan dah tulis cara setel angin pada karburator, klo dipraktekin mudah2an 3 hal tsb bisa diatasi. ok.
cmiiw.
1. Bensin boros kaga karuan.
2. Larinye payah. Klo dah begini si pemake bisa berpikiran mtr hrs turun mesin dll, padahal cuma urusan sepele aja.
3. Mesin agak susah diidupin, apalagi klo pagi n cenderung gampang mati, padahal busi belum lama diganti.
Nah, ane khan dah tulis cara setel angin pada karburator, klo dipraktekin mudah2an 3 hal tsb bisa diatasi. ok.
cmiiw.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
Om, stel angin karbu bagusnya tiap berapa lama/jauh? Patokannya apa?sjamsul wrote:Nah, ane khan dah tulis cara setel angin pada karburator, klo dipraktekin mudah2an 3 hal tsb bisa diatasi. ok.
cmiiw.
Kl ganti jenis BBM, misal Premium ke Pertamax..ataw Pertamax ke Shell 92, perlu stel ulang angin karbu?
Trims.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
Patokan stel karbu tergantung kita sendiri. Biasanye ane lakukan klo dah dirasakan kurang enak dibawanya tuh mtr, khan gampang aja tinggal ambil obeng doang. Jadi tidak ada patokan berapa lama ato berapa jauh.didietkeren wrote:Om, stel angin karbu bagusnya tiap berapa lama/jauh? Patokannya apa?
Kl ganti jenis BBM, misal Premium ke Pertamax..ataw Pertamax ke Shell 92, perlu stel ulang angin karbu?
Trims.
Klo dirasakan masih enak tarikannya n kaga ada ganguan lainnya nampaknya kaga perlu deh. ok
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
kalo motornya baru baca aja buku manualnya..
disitu ada patokan brp KM qta hrs servis atw ganti onderdil.
disitu ada patokan brp KM qta hrs servis atw ganti onderdil.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Tiap berapa KM kah kita musti rutin cek n servis ?
nah ini emang yg bikin(rada) repot klo kendaraan karbu........perbedaan ketinggian tempat-pun sebenernya karburator perlu disetel ulang anginnya cmmiw.didietkeren wrote: Om, stel angin karbu bagusnya tiap berapa lama/jauh? Patokannya apa?
Kl ganti jenis BBM, misal Premium ke Pertamax..ataw Pertamax ke Shell 92, perlu stel ulang angin karbu?
Trims.
pernah ngerasain ga klo motor yg sama, d bawa dari bdg ke jkt ada sedikit perubahan akselerasi/bbm dsb? efeknya kurang lebih spt itu.........
kelemahan ini yg g ada pd kendaraan dg sistem injeksi cmmiw