Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
iwang wrote:ajaib jg mubil baru sih. atau mungkin modip2 kali yeh, pengirit bbm gitu dah. kalo kelistrikan biasa (awdio atau lampu misalnya) kan paling korslet dan sikring putus. separah2nya mogok doang. kalo sampe kebakar berarti itu percikan nyampe ke bensin atau oli powersteering.
kalo saya sih ambil hikmahnya aja pak...selama itu masih "human-made", pasti ada resiko "human-error"nya juga...
jadi tinggal kita harus lebih teliti kalo pilih, pake dan merawatnya gitu loh...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Gout denger nih kabarnye. Pernah jg tuh liat kia carnival kebakar di tol kbn jeruk.
bisa jadi gara2 ada yg korslet nih.
yg demen modif audio, kudu hati2, cari installer yg rapih. Soalnya kan ada fuse yg ditaro di ruang mesin. Bisa jg kabel ground kendor atau gimane. Ga jauh ama yg listrik2 dah...
Belum lagi kalo kepala kabel kendor di aki, bisa mercikin api. Ngomong2, klo kendor, kepala nya bisa memerah lho..panas bgt dah, bisa nyala juga. Gout pernah kok susah distarter, ternyata kendor, terus pala aki nya panas banget.
cruizer wrote:Gout denger nih kabarnye. Pernah jg tuh liat kia carnival kebakar di tol kbn jeruk.
bisa jadi gara2 ada yg korslet nih.
yg demen modif audio, kudu hati2, cari installer yg rapih. Soalnya kan ada fuse yg ditaro di ruang mesin. Bisa jg kabel ground kendor atau gimane. Ga jauh ama yg listrik2 dah...
Belum lagi kalo kepala kabel kendor di aki, bisa mercikin api. Ngomong2, klo kendor, kepala nya bisa memerah lho..panas bgt dah, bisa nyala juga. Gout pernah kok susah distarter, ternyata kendor, terus pala aki nya panas banget.
Ternyata peringatan nggak boleh pake HP saat isi bensin sungguh tidak boleh diabaikan, karena pada saat isi bensin itu uapnya ke mana2, dan kita nggak tahu apakah HP kita sedang fit atau tidak, bagaimana jika di HP bisa terjadi percikan bunga api kecil? Trus kena uap bensinnya, dijamin langsung menyala.
Di thread2 livina disebutkan klo memodifikasi khususnya yang berhubungan dengan electrical memang agak riskan, ngga bisa sembarangan dan lebih save bila dilakukan bengkel resmi. Mungkin ini salah satu dugaan penyebab terjadinya api, ada modifikasi misal penggantian HU, penambahan foglamp, audio dll yg instalasinya kurang baik.....Mungkin lho...
arry_b wrote:Di thread2 livina disebutkan klo memodifikasi khususnya yang berhubungan dengan electrical memang agak riskan, ngga bisa sembarangan dan lebih save bila dilakukan bengkel resmi. Mungkin ini salah satu dugaan penyebab terjadinya api, ada modifikasi misal penggantian HU, penambahan foglamp, audio dll yg instalasinya kurang baik.....Mungkin lho...
bukan cuma Livina, semua mobil juga harus hati2 soal modif yg berkaitan dg electrical.
Modif bila dilakukan dg benar dan sesuai dg porsinya .. ga akan ada masalah.
iwang wrote:harus ada fuel, heat sama oxygen. di tangki bensin ga ada heat dan oxygen makanya ga pada mledak mobil di jalanan
di ruang mesin sih kemungkinan terbesarnya, ada fuel, ada oxygen and lots of heat.
apa orangnya bawa benda yg menyala di dalem mobil? rokok?
seberapa besar sih kemungkinan ini :
pompa bensin (dicelupin ke tangki) yg kumparannya overheat ?...
atau kabel2 yg menuju ke pompa bensin itu konslet ?
ada aja kemungkinan meledak, cuma kalo semudah itu tiap hari banyak tangki mobil meledak. soal kabel konslet, itu kan mengeluarkan percikan, sedang motor listrik jg pasti ada percikan di kumparannya, cuma sealingnya yang bagus (intrinsically safe), non sparking gitu lah. tentu sudah dipikirkan kemungkinan2nya.
mungkin terjadi, tapi kecil kemungkinannya, kabel jg kan ga nggantung di dalam tangki, karena motornya nancep dari atas tangki (semua kabel dan socket diluar.
tapi mengingat fuel meter/gauge lipina sempet di recall****, mungkin aja ada defect lain di bagian lain
****yang bahaya kan ginian, orang jadi mudah hilang kepercayaan..apalagi ada kompor menyala..hehe
diesel bro
kata drivernya (perempuan): udah mulai berasa ada yg gak beres di senayan, maka dia dilarikan dg tergesa2 ke blok M..begitu nyampe blok M, terbakarlah
memang pake hp sewaktu isi bensin ga bisa diremehkan. pernah kejadian pom bensin terbakar di aussie, oleh krn pemakaian hp. sejak itu di sana tiap pom lsg ada sticker hp di coret.
IMO bila diesel sampai kebakaran itu benar2 parah deh, bukannya solar itu selain tidak bisa terbakar langsung juga harus ada medianya baru bisa kebakar. CMIIW
esh wrote:IMO bila diesel sampai kebakaran itu benar2 parah deh, bukannya solar itu selain tidak bisa terbakar langsung juga harus ada medianya baru bisa kebakar. CMIIW
Bagaimana pendapat pakar minyak kita?
Gw dulu waktu SMA pernah sebentar pake taft GT...dan kalo ngisi solar mesin gak pernah dimatiin. Yg jaga juga gak pernah ngomong apa2 lagi.......