setelah kebakaran ada tukang sapu jalan yg menyapu sisa2 kebakaran.................. hehehe...........(jk)..tukang sapu wrote:Pegimane nih ada kelanjutan dari info soal kebakaran ini? Penasaran pingin tau kenapa.
Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
tukang sapu bawa sapu juga disapu
sapumu sapuku sapu sapu taon brapa ya tu lagu
apa ga ada penjelasan dari bengkel atau dari nissan ya? bahaya jg jadi preseden buruk, udah amper bensinnya masalah, ini lagi kebakar..mana lagi susah jualan mobil..hehe
sapumu sapuku sapu sapu taon brapa ya tu lagu
apa ga ada penjelasan dari bengkel atau dari nissan ya? bahaya jg jadi preseden buruk, udah amper bensinnya masalah, ini lagi kebakar..mana lagi susah jualan mobil..hehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
Saya tetap menyimak, mudah2an ada orang NMI yang kebetulan baca thread ini
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1643
- Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
heran ya, di Indo kayaknya banyak skali kejadian mobil terbakar sendiri, rasanya di luar negri jrg deh dengar ada kasus kasus kayak beginian, ato mungkin org Indonya yg kurang ngerawat mobil ya? Misalnya ga check routine, ganti oli telat trus, kalo ngeganti parts, maunya pake parts yg plg murah, ga gitu peduli kualitas partsnya, yg penting murah.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
Temen gue juga pernah beli VIOS gen 1 baru. Kebakaran karena konslet, katanya sih akinya. Baru pakai 1 minggu.
Sampei di meetingkan di markas Toyota di Luar Negeri segala katanya.
Sampei di meetingkan di markas Toyota di Luar Negeri segala katanya.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
Klo penyebabnya aki hampir ga mungkin terjadi.Karena aki segede2nya tetap 12 volt.dah gtu aki sendiri ga mungkin overcharge kecuali dinamo ampere diganti lebih besar melebihi kapasitas maksimalnya.Itupun tidak menyebabkan terbakar karena klo aki kepenuhan biasanya menggelembung dan rusak so mesin yang sudah injeksi langsung mati.
kerusakan fuse juga hanya menyebabkan kerusakan ECU bila berkaitan sensor2.Dan tidak ngefek ke terbakarnya mesin apalagi mobil hehe
Biasanya terbakarnya mobil sering mendera pada yang doyan modifikasi audio atau aksesoris.Dimana pemakaian daya sangat besar namun kabel2nya tidak mumpuni. Bisa juga kabel sobek yang membakar karpet dll.
Bila terbakar dari mesin kemungkinan saluran bensin bocor,dan ada kabel yang terkelupas yang mengeluarkan bunga api.
Bisa jadi dari pemasangan relay untuk lampu dan aksesoris di engine bay yang kualitasnya jelek,
Klo Vios terbakar hanya gara2 aki itu ga mungkin,memang pernah ada kasus di surabaya vios gen 1 terbakar.Tapi itu disebabkan pengunci filter bensin tidak rapat sehingga bensin menetes.
Untuk mobil dengan mesin tengah (ferrari lambo) dan mesin belakang umunya terbakar karena mesin terlalu mepet dengan tangki dan pendinginan yang kurang bagus sehingga bensin mudah menguap umumnya bocor halus di selang2 apalagi iklim tropis.
jangan heran pernah melihat ferrari terbakar atau VW terbakar hehe
Di Modcom dulu ada foto 2 ferrari terbakar and 1 Porsche di jakarta
kerusakan fuse juga hanya menyebabkan kerusakan ECU bila berkaitan sensor2.Dan tidak ngefek ke terbakarnya mesin apalagi mobil hehe
Biasanya terbakarnya mobil sering mendera pada yang doyan modifikasi audio atau aksesoris.Dimana pemakaian daya sangat besar namun kabel2nya tidak mumpuni. Bisa juga kabel sobek yang membakar karpet dll.
Bila terbakar dari mesin kemungkinan saluran bensin bocor,dan ada kabel yang terkelupas yang mengeluarkan bunga api.
Bisa jadi dari pemasangan relay untuk lampu dan aksesoris di engine bay yang kualitasnya jelek,
Klo Vios terbakar hanya gara2 aki itu ga mungkin,memang pernah ada kasus di surabaya vios gen 1 terbakar.Tapi itu disebabkan pengunci filter bensin tidak rapat sehingga bensin menetes.
Untuk mobil dengan mesin tengah (ferrari lambo) dan mesin belakang umunya terbakar karena mesin terlalu mepet dengan tangki dan pendinginan yang kurang bagus sehingga bensin mudah menguap umumnya bocor halus di selang2 apalagi iklim tropis.
jangan heran pernah melihat ferrari terbakar atau VW terbakar hehe
Di Modcom dulu ada foto 2 ferrari terbakar and 1 Porsche di jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
Yup, mobil vios yg dimaksud emang posisi di Sby.
sekitar 2 tahun lalu , 3 temen gue dan 1 tetangga juga mengalami kebakaran pada mesinnya. Semula mobil2 lama:
1.Escudo 1998 , tdk sampai meledak.
2. Amenity 1991 tdk sampai meledak
3. Corona 90 tdk sampai meledak
4. Great Corolla 1995(terbakar total)
Kebakaran terjadi saat mobil tidak jalan , hanya memanasi mesin(posisi idle)
Ke4 nya disebabkan oleh konsleting aki.
Akinya menempel pada kap mesin sehingga menimbulkan api. Kap mesin sampai gosong.
Untungnya tidak sampai meledak.
Karena keburu disiram ama air dan pemadam kebakaran utk mobil(Yg tabung).
Seluruh kabel luluh lantak.
Bahan2 dari plastik juga luluh, seperti tutup saringan udara.
Kalo dibiarin sampai menyentuh bensin pasti hancur total.
Corona gue lihat sendiri saat terjadi kebakaran.
utk suzuki dan great gue lihat saat setelah api dipadamkan.
sekitar 2 tahun lalu , 3 temen gue dan 1 tetangga juga mengalami kebakaran pada mesinnya. Semula mobil2 lama:
1.Escudo 1998 , tdk sampai meledak.
2. Amenity 1991 tdk sampai meledak
3. Corona 90 tdk sampai meledak
4. Great Corolla 1995(terbakar total)
Kebakaran terjadi saat mobil tidak jalan , hanya memanasi mesin(posisi idle)
Ke4 nya disebabkan oleh konsleting aki.
Akinya menempel pada kap mesin sehingga menimbulkan api. Kap mesin sampai gosong.
Untungnya tidak sampai meledak.
Karena keburu disiram ama air dan pemadam kebakaran utk mobil(Yg tabung).
Seluruh kabel luluh lantak.
Bahan2 dari plastik juga luluh, seperti tutup saringan udara.
Kalo dibiarin sampai menyentuh bensin pasti hancur total.
Corona gue lihat sendiri saat terjadi kebakaran.
utk suzuki dan great gue lihat saat setelah api dipadamkan.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
Aki , walau voltasenya kecil hanya 12 volt , tetapi amperenya besar 40 sd 70 ampere. Jadi kalo konslet , apalagi ke2 kutub terhubung kap mesin, bisa meledak.
Contoh lain : Las listrik. Voltase kecil tetapi ampere besar.
Kalo voltase besar tapi ampere kecil justru berbahaya bagi manusia. Contoh Listrik PLN 220 Volt.
Toh dayanya sama aja: P= V x I. Daya(Watt) = Voltase x Ampere.
Contoh lain : Las listrik. Voltase kecil tetapi ampere besar.
Kalo voltase besar tapi ampere kecil justru berbahaya bagi manusia. Contoh Listrik PLN 220 Volt.
Toh dayanya sama aja: P= V x I. Daya(Watt) = Voltase x Ampere.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Wed Nov 05, 2008 4:06
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
Kayaknya kalau meledak sih enggak ya...kecuali kalau dekat tangki bensin, paling awalnya kabel meleleh dan terus kebakar...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
Soal seberapa bisa aki konslet membakar mobil sebaiknya minta pendapat propesor aki SM, om sjamsul.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
Coba aja kepala aki kita hubungkan dengan lempengan besi(bukan kabel yg gampang leleh). Apa yg akan terjadi???
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
Tidak terjadi apa apa bila kepala aki kena besi.Bahkan ketika gue memasang baut minus,cuma percikan kecil banget yang tidak cukup untuk membakar tisu sekalipun.
Aki memang menyimpan 40-70A,tapi aki telah diamankan oleh fuse(beberapa di kabin beberapa di kap mesin).Dan aki tidak bisa menyebabkan terbakar hanya karena lempengan body karena besi sasis body tingkat resistensinya besar.
Kecuali kabel dari kutup positif nempel dengan negatif.Tapi itu tadi sudah ada fuse yang mengamankan.
Klo di logika,cukup kah daya listrik dari aki bisa membakar logam? Atau membakar kap mesin?
Untuk menimbulkan bunga api sebesar 0.8-1.1 mm di busi membutuhkan koil hingga 40-80 ribu volt.
Sementara I (arus) tetap mengandalkan arus standart dari aki.
Bahkan percikan busi yang ribuan volt tidak bisa membakar body kok,gue kan sering ngetest nyala bunga api ke body.
Aki memang menyimpan 40-70A,tapi aki telah diamankan oleh fuse(beberapa di kabin beberapa di kap mesin).Dan aki tidak bisa menyebabkan terbakar hanya karena lempengan body karena besi sasis body tingkat resistensinya besar.
Kecuali kabel dari kutup positif nempel dengan negatif.Tapi itu tadi sudah ada fuse yang mengamankan.
Klo di logika,cukup kah daya listrik dari aki bisa membakar logam? Atau membakar kap mesin?
Untuk menimbulkan bunga api sebesar 0.8-1.1 mm di busi membutuhkan koil hingga 40-80 ribu volt.
Sementara I (arus) tetap mengandalkan arus standart dari aki.
Bahkan percikan busi yang ribuan volt tidak bisa membakar body kok,gue kan sering ngetest nyala bunga api ke body.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
Kalau hanya memasang baut minus(tanpa konslet sih yang ada apinya), karena percikan yg timbul itu adalah hanya akibat beban alat kelistrikan yg nggak gitu kecil dan tahanannya tinggi.
Coba hubungkan kepala positif aki ke body mobil. Misal memakai kunci pas.
Body mobil itu konduktor yang hebat lho.
Sama aja kalo kita menghubungkan kedua kutub aki dengan Kunci Pas misalnya.
Kalo kedua kutub terhubung langsung , yang pasti tidak melalui fuse donk.
Kecuali yang konslet itu kabelnya, pasti fuse langsung putus.
La wong yang konslet kepala akinya...
Kalo hanya mengetes beberapa detik sih nggak akan menghasilkan nyala api besar.
Coba kalo konsletnya lama. Misal 10 menit apa yang akan terjadi?
Konslet aki bisa membuat besi gosong dan cat terkelupas karena terbakar. Gak usah lama2 cukup 10 detik aja..... Mau coba.....(pengalaman pada mobil gue sendiri)
Apalagi disampingnya ada bahan2 yg gampang terbakar, semisal plastik , atau peredam kap. Lebih bahaya lagi..
Pemakaian aksesoris mobil , misal sound system atau lampu2 yang memakai kabel besar dan tanpa fuse juga berbahaya. Api bisa terbakar di jalur kabel. Kalo kabelnya di dalam kabin/dasbor atau di dekat selang bensin bisa jadi berabe.
Akinya sendiri bisa meledak lo. Jangankan aki yang memakai cairan asam sulfat dan besi, baterai handphone aja kalo kepanasan karena konslet bisa meledak berkeping2(gue udah ngalamin sendiri pada nokia gue).
Kalau percikan busi oleh koil 40 ribu volt itu sih masuk akal, karena tahanannya hanya melewati udara , bisa dikatakan tahanannya 100000000000000000Kilo ohm.
Tapi kalau terhubung langsung itu tahanannya adalah 0.
Contoh sederhana coba hubungkan kedua kabel pln di rumah. apa yg terjadi?
Kalau seandainya tidak ada sekring/ apa yg terjadi?
Kebakaran , dan ini sering terjadi.
Padahal daya pln hanya sekitar 220v x 4,5A = 990 VA.(daya semu, utk merubah daya dikalikan efisiensi/factor pengali).
Bandingin dgn aki mobil= 12 volt x 70 A = 840 VA.
Efek yang dihasilkan adalah hampir sama......
Coba hubungkan kepala positif aki ke body mobil. Misal memakai kunci pas.
Body mobil itu konduktor yang hebat lho.
Sama aja kalo kita menghubungkan kedua kutub aki dengan Kunci Pas misalnya.
Kalo kedua kutub terhubung langsung , yang pasti tidak melalui fuse donk.
Kecuali yang konslet itu kabelnya, pasti fuse langsung putus.
La wong yang konslet kepala akinya...
Kalo hanya mengetes beberapa detik sih nggak akan menghasilkan nyala api besar.
Coba kalo konsletnya lama. Misal 10 menit apa yang akan terjadi?
Konslet aki bisa membuat besi gosong dan cat terkelupas karena terbakar. Gak usah lama2 cukup 10 detik aja..... Mau coba.....(pengalaman pada mobil gue sendiri)
Apalagi disampingnya ada bahan2 yg gampang terbakar, semisal plastik , atau peredam kap. Lebih bahaya lagi..
Pemakaian aksesoris mobil , misal sound system atau lampu2 yang memakai kabel besar dan tanpa fuse juga berbahaya. Api bisa terbakar di jalur kabel. Kalo kabelnya di dalam kabin/dasbor atau di dekat selang bensin bisa jadi berabe.
Akinya sendiri bisa meledak lo. Jangankan aki yang memakai cairan asam sulfat dan besi, baterai handphone aja kalo kepanasan karena konslet bisa meledak berkeping2(gue udah ngalamin sendiri pada nokia gue).
Kalau percikan busi oleh koil 40 ribu volt itu sih masuk akal, karena tahanannya hanya melewati udara , bisa dikatakan tahanannya 100000000000000000Kilo ohm.
Tapi kalau terhubung langsung itu tahanannya adalah 0.
Contoh sederhana coba hubungkan kedua kabel pln di rumah. apa yg terjadi?
Kalau seandainya tidak ada sekring/ apa yg terjadi?
Kebakaran , dan ini sering terjadi.
Padahal daya pln hanya sekitar 220v x 4,5A = 990 VA.(daya semu, utk merubah daya dikalikan efisiensi/factor pengali).
Bandingin dgn aki mobil= 12 volt x 70 A = 840 VA.
Efek yang dihasilkan adalah hampir sama......
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Sat Jul 05, 2008 19:03
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
Mnkgn di mobil ada yg buang gas terus nyalain rokok. http://www.serayamotor.com/diskusi/post ... =52&t=9998#
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
Mungkin mobil2 yg terbakar itu pada lepas platik penutup kepala accu. Lalu pengikat accunya kurang kencang. Jadi saat ada goncangan dudukan accu berubah, trus nyenggol kap mesin.
Hue.. benda kecil kyk tutup kepala accu, kalu ilang bisa bikin mobil kebakar ya...
Hue.. benda kecil kyk tutup kepala accu, kalu ilang bisa bikin mobil kebakar ya...
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
Perlu bukti lebih kuat untuk membuktikan pernyataan bahwa aki bisa membakar mobil hanya karena nempel kutub2nya.
Sudah pernah saya kunci pas menempel ke kutub dan timbul percikan api tapi sama sekali tidak kerasa setrumnya.Klo dari koil temen saya sampe pingsan sehari hehe
Sudahlah daripada argumen mending kita take care ke mobil kita biar ga kebakar atau dibakar ma orang gila atau suporter bola yang rusuh hehe,.
Sudah pernah saya kunci pas menempel ke kutub dan timbul percikan api tapi sama sekali tidak kerasa setrumnya.Klo dari koil temen saya sampe pingsan sehari hehe
Sudahlah daripada argumen mending kita take care ke mobil kita biar ga kebakar atau dibakar ma orang gila atau suporter bola yang rusuh hehe,.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
Ya jelas lah , nggak nyetrum , soalnya voltasenya cuma rendah 12 volt, amperenya yg tinggi(60 Ampere).
Kalo voltase tinggi 220volt(pln) , tapi ampere rendah 4 ampere, itu pasti terasa nyetrumnya.
Tetapi daya yg dihasilkan sama.(dari perhitungan di awal).
Coba lihat aja las listrik , besi dijadikan kutub negatif , dan elektroda lasnya dijadikan kutub positif. Coba pegang keduanya, khan nggak terasa nyetrum.
Juga untuk permainan anak2 semacam boom2 car , atau roller coaster , semua menggunakan ampere besar dan voltase kecil. Kereta listrik KRL juga begitu.
Tapi efek yang ditimbulkan pada motor atau percikan api saat konsleting , sama saja dibandingkan Voltase besar dan ampere kecil.
Arti dari Voltase itu: Energi potensial antara 2 buah kutub/titik dari rangkaian listrik.
Arti dari Ampere itu : Arus atau banyaknya muatan yang mengalir dlm rangkaian listrik.
Kita bisa analogikan dgn air yg mengalir dalam suatu pipa:
Kalau kita menginginkan debit air , misal 10 liter per detik , dimana ada 2 pilihan:
1. Memakai pipa diameter kecil.
2. memakai pipa diameter besar.
Voltase bisa kita analogikan dgn kecepatan air mengalir(V)
Ampere bisa kita analogikan dengan Luasan pipa yang dilalui(A)
Debit dapat dianalogikan dgn DAYA listrik.
Utk Pipa diameter kecil(LUasan kecil) , KECEPATAN air lebih besar.
Utk Pipa Diameter besar(Luasan besar) , KECEPATAN air jauh lebih lambat.
Tetapi debit yang dihasilkan(Air yang dialirkan) Adalah sama yaitu 10 liter per detik.
Kalau kita analogikan dgn kehidupan sehari2,
Kita semprot tangan kita dgn air berkecepatan tinggi( Voltase listrik tinggi) , tangan akan terasa lebih sakit daripada air berkecepatan rendah(Voltase rendah).
Tetapi hasil yang ditimbulkan sama , yaitu kita terbasahi oleh air dengan jumlah yang sama , misal 10 liter.
Kelebihan voltase tinggi(PLN) , hanya membutuhkan kabel(pipa air) yang kecil, lossingnya juga lebih kecil (analogi air berkecepatan tinggi bisa menjangkau jarak lebih jauh daripada air berkecepatan rendah).
Kelemahan Ampere tinggi (Aki mobil), adalah membutuhkan kabel yang besar. Losing juga lebih besar.Tetapi kelebihannya tidak berbahaya bagi manusia.
Coba lihat kabel hitam dari aki ke body. Besarnya minta ampun.Padahal panjangnya hanya sekitar 20 cm. Coba bayangkan kalau panjangnya 1 km(seperti PLN) .Pasti kabel yg dibutuhkan lebih besar , karena Lossing(Tahanan yg ditimbulkan lebih besar).
Semoga nggak bingung dgn penjelasan yang mbulet ini
Kalo voltase tinggi 220volt(pln) , tapi ampere rendah 4 ampere, itu pasti terasa nyetrumnya.
Tetapi daya yg dihasilkan sama.(dari perhitungan di awal).
Coba lihat aja las listrik , besi dijadikan kutub negatif , dan elektroda lasnya dijadikan kutub positif. Coba pegang keduanya, khan nggak terasa nyetrum.
Juga untuk permainan anak2 semacam boom2 car , atau roller coaster , semua menggunakan ampere besar dan voltase kecil. Kereta listrik KRL juga begitu.
Tapi efek yang ditimbulkan pada motor atau percikan api saat konsleting , sama saja dibandingkan Voltase besar dan ampere kecil.
Arti dari Voltase itu: Energi potensial antara 2 buah kutub/titik dari rangkaian listrik.
Arti dari Ampere itu : Arus atau banyaknya muatan yang mengalir dlm rangkaian listrik.
Kita bisa analogikan dgn air yg mengalir dalam suatu pipa:
Kalau kita menginginkan debit air , misal 10 liter per detik , dimana ada 2 pilihan:
1. Memakai pipa diameter kecil.
2. memakai pipa diameter besar.
Voltase bisa kita analogikan dgn kecepatan air mengalir(V)
Ampere bisa kita analogikan dengan Luasan pipa yang dilalui(A)
Debit dapat dianalogikan dgn DAYA listrik.
Utk Pipa diameter kecil(LUasan kecil) , KECEPATAN air lebih besar.
Utk Pipa Diameter besar(Luasan besar) , KECEPATAN air jauh lebih lambat.
Tetapi debit yang dihasilkan(Air yang dialirkan) Adalah sama yaitu 10 liter per detik.
Kalau kita analogikan dgn kehidupan sehari2,
Kita semprot tangan kita dgn air berkecepatan tinggi( Voltase listrik tinggi) , tangan akan terasa lebih sakit daripada air berkecepatan rendah(Voltase rendah).
Tetapi hasil yang ditimbulkan sama , yaitu kita terbasahi oleh air dengan jumlah yang sama , misal 10 liter.
Kelebihan voltase tinggi(PLN) , hanya membutuhkan kabel(pipa air) yang kecil, lossingnya juga lebih kecil (analogi air berkecepatan tinggi bisa menjangkau jarak lebih jauh daripada air berkecepatan rendah).
Kelemahan Ampere tinggi (Aki mobil), adalah membutuhkan kabel yang besar. Losing juga lebih besar.Tetapi kelebihannya tidak berbahaya bagi manusia.
Coba lihat kabel hitam dari aki ke body. Besarnya minta ampun.Padahal panjangnya hanya sekitar 20 cm. Coba bayangkan kalau panjangnya 1 km(seperti PLN) .Pasti kabel yg dibutuhkan lebih besar , karena Lossing(Tahanan yg ditimbulkan lebih besar).
Semoga nggak bingung dgn penjelasan yang mbulet ini
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 781
- Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
Koil itu tegangan/voltase tinggi 40 ribu volt.
Ampere kecil, berkisar 0,5 ampere saja CMIIW.
Ampere kecil, berkisar 0,5 ampere saja CMIIW.
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 302
- Joined: Mon Jun 25, 2007 15:03
- Location: SURABAIA
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
kali2 yg nyetir drink and smoke kali..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 302
- Joined: Mon Jun 25, 2007 15:03
- Location: SURABAIA
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
kali2 yg nyetir drink and smoke kali..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
untuk aki, sebaiknya dihindarkan untuk mengetes dg menyambung langsung antara kutub pos dg neg, pakailah alat test yg benar, misalkan hidrometer n voltmeter. Klo dilangsungin bisa menyebabkan terjadinya hal2 yg tidak diinginkan, misalkan aki ampe meledak dll, shg bisa merugikan diri sendiri.
Untuk aki yg ampe gendut di sisinya itu biasanye disebabkan krn cell di aki dah pada rusak, shg aki tidak dapat menyimpan stroom, sedangkan alternator mengisi terus dayanye ke aki, shg terjadi hal yg demikian. Apalagi klo dipake terus menerus, maka sisi2 aki akan menjadi gendut lbh besar lagi n terjadinya panas yg berlebihan di bodi aki itu sendiri. So klo dah begitu sebaiknya aki diganti.
Mudah2an bisa membantu.
Untuk aki yg ampe gendut di sisinya itu biasanye disebabkan krn cell di aki dah pada rusak, shg aki tidak dapat menyimpan stroom, sedangkan alternator mengisi terus dayanye ke aki, shg terjadi hal yg demikian. Apalagi klo dipake terus menerus, maka sisi2 aki akan menjadi gendut lbh besar lagi n terjadinya panas yg berlebihan di bodi aki itu sendiri. So klo dah begitu sebaiknya aki diganti.
Mudah2an bisa membantu.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 694
- Joined: Fri Jul 25, 2008 14:35
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
Masak sih cuma 0.5? Temen gue dari aki langsung ke koil lo.and setau gue fuse standart di kontak 15 A untuk dari aki.Klo bener cuma 0.5 ampere kenapa pabrikan pasang fuse 15A? Pastinya arus yang lewat fuse tsb lebih dari 0.5 A deh.Mozawa wrote:Koil itu tegangan/voltase tinggi 40 ribu volt.
Ampere kecil, berkisar 0,5 ampere saja CMIIW.
G mungkin deh kayanya.
Klo kabel PLN terutama dari induk/pembangkit voltasenya gede lo.Bisa more than 60.000 volt
alah kok sampe PLN sih? pokoknya klo mau aman coba beli pemadam 1 kg di mobil.setidaknya bisa meminimalisir kerugian
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
Sepertinya voltase ballast HID juga tinggi lho. Menurut om sjamsul voltase seperti ini bisa memicu kebakaran bila terjadi hubungan pendek?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
jangankan voltage tinggi, yg rendahpun spt aki bisa menyebabkan terjadinya kebakaran di boil (klo lagi sial ato cara sambung kabelnye kaga bagus).esh wrote:Sepertinya voltase ballast HID juga tinggi lho. Menurut om sjamsul voltase seperti ini bisa memicu kebakaran bila terjadi hubungan pendek?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Wed Nov 05, 2008 4:06
Re: Grand Livina terbakar di Tol Kebon Jeruk
Sebenarnya yang bikin bahaya kalau korslet itu adalah panas yang di timbulkan... kalau korslet itu berarti tahanannya bisa di anggap enol, so sesuai rumusnya I adalah V di bagi R, jadi kalau tahanan adalah enol, maka V yang notabene adalah 12V dibagi enol adalah tak hingga. Benda yang di aliri amper yang besar biasanya akan menghasilkan panas, makin tinggi ampernya makin besar panasnya, panas ini yang akan membakar benda2 di sekitarnya, makanya timbulah kebakaran. Selain itu ampere yang besar tuh biasanya rugi2nya juga besar, karena loss energi oleh panas yang di hasilkan dan satu hal lagi dia butuh kabel yang besar buat nahan panas itu... so hal ini mengapa tegangan transmisi, seperti yang sudah di jelaskan di atas, di buat setinggi mungkin supaya ampernya kecil yang efeknya kabel yang di butuhkan juga kecil dan rugi2nya juga kecil....