Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 665
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
2 hal yang jelas keunggulan RWD ladder frame:
1. Umur sparepart kaki2 lebih lama dibanding FWD. Sparepart nya ya shok dan link2nya.
2. Kenyaman ketika melewati jalan makadam berbatu, jalan keriting banyak lubang (karena getaran dari kaki2 selain teredam suspensi juga teredam oleh bushing2 dari bodi ke chasisnya..
Diluar itu mah fiffty2..
Tp kalau tanjakan terjal, berhenti di tengah2, kondisi jalannya basah, rwd msh bisa merangkak. Kalau nggak terjal2 banget, fwd msh mumpuni. Ya awalnya sempat spin dikit habis itu bisalah dikit2 naik..
Nah ukuran terjal ini yg susah terukur. Sehingga keunggulan rwd yg jelas ya yg saya tulis diatas tadi.
1. Umur sparepart kaki2 lebih lama dibanding FWD. Sparepart nya ya shok dan link2nya.
2. Kenyaman ketika melewati jalan makadam berbatu, jalan keriting banyak lubang (karena getaran dari kaki2 selain teredam suspensi juga teredam oleh bushing2 dari bodi ke chasisnya..
Diluar itu mah fiffty2..
Tp kalau tanjakan terjal, berhenti di tengah2, kondisi jalannya basah, rwd msh bisa merangkak. Kalau nggak terjal2 banget, fwd msh mumpuni. Ya awalnya sempat spin dikit habis itu bisalah dikit2 naik..
Nah ukuran terjal ini yg susah terukur. Sehingga keunggulan rwd yg jelas ya yg saya tulis diatas tadi.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1345
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
saya penasaran....merk esemka ya pasti?marmut wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 8:03 sebelum nanjak bakarin menyan dulu sama keempat bannya siram air mawar supaya nambah grip. jangan lupa mesin juga dikepretin air mawar biar nggak overheat saat tanjakan.
* : diusahakan driver kias dulu mandi dari 7 mata air supaya jiwa raga terbebas dari beban dosa yang berat.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4619
- Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Kuat di tanjakan itu pasti truk Mobil dengan Torsi gede dan penggerak roda belakang.
Kuat di tanjakan itu intinya cuma 2:
1. mobil torsi gede di RPM serendah mungkin
2. ban/roda penggerak nya dapat traksi.
Syarat 1:
"Torsi besar didapat di RPM rendah" nah … semakin CC besar yang NA (Normal aspirated) biasanya torsi bawahnya gede banget. Tapi kalau pakai Turbo biasanya RPM rendahnya kurang nendang, karena torsi puncak didapat di RPM 1800 an, dengan tujuan irit bahan bakar.
Mobil kalau pas tanjakan harusnya semua mobil naik ASAL tidak beriringan sehingga bisa diatur di RPM sekitar 1800 untuk mobil diesel, Mobil bensin diatur RPM 3000 an. Karena itu lah RPM dengan torsi maksimal.
Kalau Mobil 1500 CC matik kemudian jalannya dibawah 5 KM per jam terus selama 2 menit dengan penumpang PENUH, resiko bisa mandek di tengah jalan karena mungkin RPM nya cuma di 1200 an.
Syarat 2:
Ban harus dapatkan traksi/tidak berdecit. Kalau urusan ban sih gampang, tinggal dilebarin tapaknya dan diberi ban baru yang bagus pasti dapat traksi maksimal biarpun itu penggerak rodak depan.
TAPI tetap saja yah RPM harus sesuai yang saya sebutkan diatas.
Kalau perbandingan Innova Reborn dengan Santa fee disel.
Saya pegang Santa fee diesel yah asumsi sama sama pakai DEX yang bagus kualitasnya (tidak dapat solar basi)
Kenapa pegang Santa Fee karena ke 2 mobil diesel tersebut sama sama torsi gede.
di Santa fee justru torsi maksimal di RPM 1200 - 2800 (FLAT torsi SEPERTINYA)
Sedangkan Innova diesel torsi Maksimal 1800.
Santa Fee pakai Ban yang harganya setahu saya 2 x lipat lebih dari Innova diesel. Kualitas beda jauh sekali …
TORSI gede di ROM rendah dan traksi ban bagus, walaupun penggerak roda depan tetapi dengan kualitas ban yang sangat 2x bagus maka traksinya akan sangat 2x mencengkeram jalan.
Kuat di tanjakan itu intinya cuma 2:
1. mobil torsi gede di RPM serendah mungkin
2. ban/roda penggerak nya dapat traksi.
Syarat 1:
"Torsi besar didapat di RPM rendah" nah … semakin CC besar yang NA (Normal aspirated) biasanya torsi bawahnya gede banget. Tapi kalau pakai Turbo biasanya RPM rendahnya kurang nendang, karena torsi puncak didapat di RPM 1800 an, dengan tujuan irit bahan bakar.
Mobil kalau pas tanjakan harusnya semua mobil naik ASAL tidak beriringan sehingga bisa diatur di RPM sekitar 1800 untuk mobil diesel, Mobil bensin diatur RPM 3000 an. Karena itu lah RPM dengan torsi maksimal.
Kalau Mobil 1500 CC matik kemudian jalannya dibawah 5 KM per jam terus selama 2 menit dengan penumpang PENUH, resiko bisa mandek di tengah jalan karena mungkin RPM nya cuma di 1200 an.
Syarat 2:
Ban harus dapatkan traksi/tidak berdecit. Kalau urusan ban sih gampang, tinggal dilebarin tapaknya dan diberi ban baru yang bagus pasti dapat traksi maksimal biarpun itu penggerak rodak depan.
TAPI tetap saja yah RPM harus sesuai yang saya sebutkan diatas.
Kalau perbandingan Innova Reborn dengan Santa fee disel.
Saya pegang Santa fee diesel yah asumsi sama sama pakai DEX yang bagus kualitasnya (tidak dapat solar basi)
Kenapa pegang Santa Fee karena ke 2 mobil diesel tersebut sama sama torsi gede.
di Santa fee justru torsi maksimal di RPM 1200 - 2800 (FLAT torsi SEPERTINYA)
Sedangkan Innova diesel torsi Maksimal 1800.
Santa Fee pakai Ban yang harganya setahu saya 2 x lipat lebih dari Innova diesel. Kualitas beda jauh sekali …
TORSI gede di ROM rendah dan traksi ban bagus, walaupun penggerak roda depan tetapi dengan kualitas ban yang sangat 2x bagus maka traksinya akan sangat 2x mencengkeram jalan.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1345
- Joined: Thu Aug 02, 2018 4:43
- Location: Jakarta
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
untuk nomor 2, rasanya masih unclear ya....quyquy wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 8:30 2 hal yang jelas keunggulan RWD ladder frame:
1. Umur sparepart kaki2 lebih lama dibanding FWD. Sparepart nya ya shok dan link2nya.
2. Kenyaman ketika melewati jalan makadam berbatu, jalan keriting banyak lubang (karena getaran dari kaki2 selain teredam suspensi juga teredam oleh bushing2 dari bodi ke chasisnya..
Diluar itu mah fiffty2..
Tp kalau tanjakan terjal, berhenti di tengah2, kondisi jalannya basah, rwd msh bisa merangkak. Kalau nggak terjal2 banget, fwd msh mumpuni. Ya awalnya sempat spin dikit habis itu bisalah dikit2 naik..
Nah ukuran terjal ini yg susah terukur. Sehingga keunggulan rwd yg jelas ya yg saya tulis diatas tadi.
RWD ladder frame lebih nyaman dipakai di jalan berbatu/keriting/berlubang dibanding FWD monokok. Jadi apakah innova reborn lebih nyaman dipakai di jalan berbatu/keriting/berlubang dibanding crv turbo/hyundai santa fe? hmmm...rasanya perlu analisa lebih jauh
nah untuk yang di tanjakan terjal, melanjutkan pertanyaan thread saya di awal...langsung ke contoh kasus,
apa iya misal hyundai new santa fe diesel (193hp/441Nm) bakal ngos-ngosan buat naik di tanjakan terjal habis berhenti di tengah2,, dibanding innova reborn diesel (149hp/360Nm) ??
menang di rwd tapi kalah di spek..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
biar ngga puyeng n ambigu dg pengalaman msg" yg pastinya berbeda, perlu di ketahui n sepakati:
apa yg terjdi saat kendaraan naik tanjakan?
saat nanjak the weight shift to the rear, so the availble traction shifts in proportion. those having enough weight over the driven wheel will be benefit from it...simple physic.
balik k pertanyaan ts ..
imo....bukan mslh bs/tdk bisa tapi tepatnya mana yg perform better d kodisi tsb. penggerak rwd akan lbh d untungkan d kondisi tsb, meski by spek slightly lower.
variable tergantungnya ya banyak: sudut landai tanjakan, type ban, PWR, skill driver, dll dll. cm yg terjadi saat nanjak khan tetep akan di alami.
#utk urusan comfort
monokok akan lbh comfort d banding ladder, termasuk jk anda bandingkan dg ladder kasta tertinggi.
apa yg terjdi saat kendaraan naik tanjakan?
saat nanjak the weight shift to the rear, so the availble traction shifts in proportion. those having enough weight over the driven wheel will be benefit from it...simple physic.
balik k pertanyaan ts ..
imo....bukan mslh bs/tdk bisa tapi tepatnya mana yg perform better d kodisi tsb. penggerak rwd akan lbh d untungkan d kondisi tsb, meski by spek slightly lower.
variable tergantungnya ya banyak: sudut landai tanjakan, type ban, PWR, skill driver, dll dll. cm yg terjadi saat nanjak khan tetep akan di alami.
#utk urusan comfort
monokok akan lbh comfort d banding ladder, termasuk jk anda bandingkan dg ladder kasta tertinggi.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Klo Dihitung sampai segitu'nya ya ga akan ketemu Solusikrniawnhdr wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 9:31untuk nomor 2, rasanya masih unclear ya....quyquy wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 8:30 2 hal yang jelas keunggulan RWD ladder frame:
1. Umur sparepart kaki2 lebih lama dibanding FWD. Sparepart nya ya shok dan link2nya.
2. Kenyaman ketika melewati jalan makadam berbatu, jalan keriting banyak lubang (karena getaran dari kaki2 selain teredam suspensi juga teredam oleh bushing2 dari bodi ke chasisnya..
Diluar itu mah fiffty2..
Tp kalau tanjakan terjal, berhenti di tengah2, kondisi jalannya basah, rwd msh bisa merangkak. Kalau nggak terjal2 banget, fwd msh mumpuni. Ya awalnya sempat spin dikit habis itu bisalah dikit2 naik..
Nah ukuran terjal ini yg susah terukur. Sehingga keunggulan rwd yg jelas ya yg saya tulis diatas tadi.
RWD ladder frame lebih nyaman dipakai di jalan berbatu/keriting/berlubang dibanding FWD monokok. Jadi apakah innova reborn lebih nyaman dipakai di jalan berbatu/keriting/berlubang dibanding crv turbo/hyundai santa fe? hmmm...rasanya perlu analisa lebih jauh
nah untuk yang di tanjakan terjal, melanjutkan pertanyaan thread saya di awal...langsung ke contoh kasus,
apa iya misal hyundai new santa fe diesel (193hp/441Nm) bakal ngos-ngosan buat naik di tanjakan terjal habis berhenti di tengah2,, dibanding innova reborn diesel (149hp/360Nm) ??
menang di rwd tapi kalah di spek..
Selain Chassis dan Sistem Penggerak ada komponen lain juga
Macam Tenaga/Power, Torsi, Diameter Ban n Roda serta Gear Rasio
Klo Innova Diesel jelas kalah Power dan Torsi daripada Santa Fe Diesel
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Mon Apr 01, 2019 9:51
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Sudah pasti menang santa fe bro, dari hp torsi dan akselerasi aja ketahuan menang siapa.krniawnhdr wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 9:31untuk nomor 2, rasanya masih unclear ya....quyquy wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 8:30 2 hal yang jelas keunggulan RWD ladder frame:
1. Umur sparepart kaki2 lebih lama dibanding FWD. Sparepart nya ya shok dan link2nya.
2. Kenyaman ketika melewati jalan makadam berbatu, jalan keriting banyak lubang (karena getaran dari kaki2 selain teredam suspensi juga teredam oleh bushing2 dari bodi ke chasisnya..
Diluar itu mah fiffty2..
Tp kalau tanjakan terjal, berhenti di tengah2, kondisi jalannya basah, rwd msh bisa merangkak. Kalau nggak terjal2 banget, fwd msh mumpuni. Ya awalnya sempat spin dikit habis itu bisalah dikit2 naik..
Nah ukuran terjal ini yg susah terukur. Sehingga keunggulan rwd yg jelas ya yg saya tulis diatas tadi.
RWD ladder frame lebih nyaman dipakai di jalan berbatu/keriting/berlubang dibanding FWD monokok. Jadi apakah innova reborn lebih nyaman dipakai di jalan berbatu/keriting/berlubang dibanding crv turbo/hyundai santa fe? hmmm...rasanya perlu analisa lebih jauh
nah untuk yang di tanjakan terjal, melanjutkan pertanyaan thread saya di awal...langsung ke contoh kasus,
apa iya misal hyundai new santa fe diesel (193hp/441Nm) bakal ngos-ngosan buat naik di tanjakan terjal habis berhenti di tengah2,, dibanding innova reborn diesel (149hp/360Nm) ??
menang di rwd tapi kalah di spek..
Nyaman? Jelas santa fe lah, santa fe yg lama aja mobil asia ternyaman, cuma lexus ls yg lbh nyaman itupun sedikit. Yg baru ini pasti ls kalah sama santa fe dalam hal kenyamanan
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Mon Apr 01, 2019 9:51
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Betul bro, orang indon gak ketulungan g*bloknya. Beli mobil mahal dapatnya sasisnya truk yg gak laku dinegara maju. Disini dipuja2.krniawnhdr wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 6:20kenyamanan keluarga yang dibawa orientasi nomer sekian, gitu kah?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 25
- Joined: Mon Apr 01, 2019 9:51
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Soal grip jelas unggul fwd krn bannya ditekan oleh berat mesin. Rwd kalau mw dpt efek yg sama mesti dikasih beban batu bata, jadi pick up
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 739
- Joined: Wed May 03, 2017 9:39
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Karimun Wagon R
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Semua tergantung manusia di belakang setir.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1432
- Joined: Mon Nov 15, 2010 10:28
- Daily Vehicle: K24 RM3
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Ini ts nya terinspirasi sehabis nonton ini ya: https://youtu.be/Lib6BJizMwk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 697
- Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
- Location: Perawang, Riau
- Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Kalo sama2 full loaded & nanjak RWD lebih bisa nanjak dibanding FWD. Karena bagaimanapun saat beban penuh RWD ban penggerak lebih mendapat traksi dibanding FWD. Tapi mobil saya FWD enjoy saja
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Mbahh... Ngopi ngopi...marmut wrote:sebelum nanjak bakarin menyan dulu sama keempat bannya siram air mawar supaya nambah grip. jangan lupa mesin juga dikepretin air mawar biar nggak overheat saat tanjakan.
* : diusahakan driver kias dulu mandi dari 7 mata air supaya jiwa raga terbebas dari beban dosa yang berat.
Ngakak baca comment ini....Memberbaruapril19 wrote:Betul bro, orang indon gak ketulungan g*bloknya. Beli mobil mahal dapatnya sasisnya truk yg gak laku dinegara maju. Disini dipuja2.krniawnhdr wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 6:20kenyamanan keluarga yang dibawa orientasi nomer sekian, gitu kah?
[emoji28][emoji28][emoji28]
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1056
- Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
- Daily Vehicle: Galant + Mx King
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Err kebetulan saya pengguna sedan dan lumayan suka posisi nyetir sedankrniawnhdr wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 6:36Indeed om...Saya juga preferensinya lebih suka mobil gc tinggi dibanding sedan...Winz wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 6:32Ladder Frame memberikan Posisi Nyetir Commandingkrniawnhdr wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 6:20
kenyamanan keluarga yang dibawa orientasi nomer sekian, gitu kah?
Beberapa orang tidak suka posisi nyetir rendah seperti sedan
Termasuk saya, bahkan Nyonya tidak suka numpang mobil rendah
Nyonya Numpang Camry punya saudara bawaan'nya pusing2 malah
tapi emang saya engga pernah punya sedan sih. cuma pas nebeng2 atau pas naik taksi aja
Mungkin temen2 yang preferensinya sedan punya input yang bisa dishare....?
Saya suka duduk hampir selonjor, rendah, dan sedan kan relatif lebih stabil daripada suv atau mpv atau mobil tinggi lainnya.
Tapi saya akui sih sekali bawa suv ladder frame memang rasanya tinggi dan commanding banget.
Oh iya btt kalau untuk tanjakan saya bawa galant dan miras di sarangan gak ada masalah juga, kuat kuat aja, isi 4 orang tapi rada mini (60kg ke bawah).
Tapi dulu pernah bawa veloz at bareng temen tanjakan di samigaluh jogja juga kuat kuat aja (yaa technically avanza bukan ladderframe tapi gapapa lah ya buat perbandingan).
Oh iya ban mirage waktu itu bridgestone ecopia, ban galant forceum hexa(salah satu ban terburuk yg pernah saya pake, meski traction nya aa tapi berisik).
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1311
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Jangankan RWD vs FWD.
FWD pun bisa mengalahkan AWD dengan ban yg tepat.
gmn y seandainya di tanjakan licin di adu avanza dengan ban eco2an vs ertiga/xpander dengan ban primacy.
FWD pun bisa mengalahkan AWD dengan ban yg tepat.
gmn y seandainya di tanjakan licin di adu avanza dengan ban eco2an vs ertiga/xpander dengan ban primacy.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2306
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Yg dibold om jivos, setuju. RWD or FWD keduanya bisa melahap tanjakan, tapi kalau perform better? Saya tetap pegang RWD. (Eventho faktor skill akan tetap menentukan semuanya)jivos wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 9:42
balik k pertanyaan ts ..
imo....bukan mslh bs/tdk bisa tapi tepatnya mana yg perform better d kodisi tsb. penggerak rwd akan lbh d untungkan d kondisi tsb, meski by spek slightly lower.
variable tergantungnya ya banyak: sudut landai tanjakan, type ban, PWR, skill driver, dll dll. cm yg terjadi saat nanjak khan tetep akan di alami.
#utk urusan comfort
monokok akan lbh comfort d banding ladder, termasuk jk anda bandingkan dg ladder kasta tertinggi.
Yg saya bold, hohoho belum tentu.. ini kasusnya kan tanjakan ya? FWD power besar (diatas kertas) tidak melulu lebih unggul loh.. kalau drivernya tidak kompeten, malah lebih besar kemungkinan akan spin ditempat.. (allniwsantafe udah ada TC belum ya? Yg old belum ada soalnya)Memberbaruapril19 wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 10:08Sudah pasti menang santa fe bro, dari hp torsi dan akselerasi aja ketahuan menang siapa.
Nyaman? Jelas santa fe lah, santa fe yg lama aja mobil asia ternyaman, cuma lexus ls yg lbh nyaman itupun sedikit. Yg baru ini pasti ls kalah sama santa fe dalam hal kenyamanan
Btw om memberbaru ini kayaknya fans berat santa-fe ya?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 394
- Joined: Tue May 20, 2014 11:41
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Mau share pengalaman aja, kebetulan saya ex pengguna santa fe crdi 2014, sekarang pake ANPS. Selama pake keduanya gapernah yang namanya kesulitan di rute jalan nanjak panjang, terjal bahkan dijalan kerikil pun. Hmmm buat ngebandinginnya, saya pernah ke bukit bintang bandung dengan kedua mobil ini, pake santa fe lebih pede, turbo lagnya berasa lebih minim, maticnya juga lebih pinter ngatur giginya, tapi karena d santa fe belum ada vsc+fwd, ada di suatu titik tanjakan yang jalannya rusak dan banyak kerikilnya bbrp kali terjadi wheelspin di roda depan. Pake ANPS gapernah spin, tapi kok lag turbonya lebih berasa, dan terkadang maticnya kaya telat/bingung utk downshift(mungkin krn kebanyakan gigi). Tapi kalo tanjakan panjang kyk di tolcipularang/tol semarang-solo buled enakan santa fe, lebih stabil dan lebih terukur arah steernya.
'You can go fast, But I can go anywhere'
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Mon Apr 29, 2019 2:38
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Sedan
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
saya punya pengalaman bawa sedan FWD nanjak ke Bromo diakhir 2015 lalu,,,waktu Bromo erupsi,,,jalanan sebelum Ngadisari putih semua,,,pasir abu euyyy,,,bayangin jalanan licin pasir plus nanjak fwd ,,pula
alhamdulillah sampai juga didepan hotel Lava .
pintar pintar jaga rpm saja supaya roda gak slip
alhamdulillah sampai juga didepan hotel Lava .
pintar pintar jaga rpm saja supaya roda gak slip
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 263
- Joined: Fri Dec 05, 2014 5:15
- Location: medan
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Waktu di tes semua mobil isi 7 orang trus tes berenti ditengah tanjakan baru lanjut nanjak lg biar greget. Hehehemr_mytplx wrote:Jangankan RWD vs FWD.
FWD pun bisa mengalahkan AWD dengan ban yg tepat.
gmn y seandainya di tanjakan licin di adu avanza dengan ban eco2an vs ertiga/xpander dengan ban primacy.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Ini ga terbatas pada SUV kan ya?
Mpv boleh? Klo nanjak kayaknya sih kuat2 aja.. yg jadi masalah mungkin traksi bannya..
Pengalaman..
Rumah ortu ane, ada garasi dengan carport didepannya. Tapi carportnya nanjak dgn bagian 1/2 atas adalah lantai keramik yg klo kena air licin dan sisa bagian bawah adalah lantai cor2an semen biasa yg lebih kasar.
Nah saya biasa nyuci mobil di carport situ dgn posisi menanjak.
Manakala nyuci lio ane (pas ane mudik), kebetulan ban depan pas bgt bertumpu di lantai keramik (bagian atas carport), alhasil habis nyuci, lantai keramik masih basah, mo masukin lio ke garasi, ban depan ngesot2 dulu. Atau kudu mundur dulu ancang2, atau nunggu lantai keramiknya kering.
Nah pas nyuci Xenia ortu. Posisi sama, tapi roda belakang bertumpu pada lantai cor semen itu. Alhasil klo habis nyuci, masukin ke garasi jg bisa langsung, karena ban belakang dapat traksi cukup.
Tapi.. klo pas berhenti dan roda belakang bertumpu pada bagian atas (lantai keramik basah) kasusnya jadi mirip.. xenia ngesot2 ban belakangnya saat mo masuk garasi, meskipun ga sering jg. Kudu mundur ancang2 dulu atau nunggu lantai keramiknya kering.
Keduanya masih pake ban std..
Oia sekalian nanya, yg kayak gitu (ngesot ga dapet traksi) bisa ga sih diatasi dengan asc/vsc?
Mpv boleh? Klo nanjak kayaknya sih kuat2 aja.. yg jadi masalah mungkin traksi bannya..
Pengalaman..
Rumah ortu ane, ada garasi dengan carport didepannya. Tapi carportnya nanjak dgn bagian 1/2 atas adalah lantai keramik yg klo kena air licin dan sisa bagian bawah adalah lantai cor2an semen biasa yg lebih kasar.
Nah saya biasa nyuci mobil di carport situ dgn posisi menanjak.
Manakala nyuci lio ane (pas ane mudik), kebetulan ban depan pas bgt bertumpu di lantai keramik (bagian atas carport), alhasil habis nyuci, lantai keramik masih basah, mo masukin lio ke garasi, ban depan ngesot2 dulu. Atau kudu mundur dulu ancang2, atau nunggu lantai keramiknya kering.
Nah pas nyuci Xenia ortu. Posisi sama, tapi roda belakang bertumpu pada lantai cor semen itu. Alhasil klo habis nyuci, masukin ke garasi jg bisa langsung, karena ban belakang dapat traksi cukup.
Tapi.. klo pas berhenti dan roda belakang bertumpu pada bagian atas (lantai keramik basah) kasusnya jadi mirip.. xenia ngesot2 ban belakangnya saat mo masuk garasi, meskipun ga sering jg. Kudu mundur ancang2 dulu atau nunggu lantai keramiknya kering.
Keduanya masih pake ban std..
Oia sekalian nanya, yg kayak gitu (ngesot ga dapet traksi) bisa ga sih diatasi dengan asc/vsc?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 409
- Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Jika peruntukannya passenger car, kemampuan tanjakan RWD vs FWD saya rasa mirip.
Keunggulan RWD memang ada tapi terimbas loss power akibat tenaga hilang karena disalurkan dulu ke axle belakang.
Pilihan dan kondisi ban lebih pengaruh, tinggal cari ya grippy biar traksinya bagus.
Oh ya ban dgn traksinya bagus itu lebih boros bahan bakar, jadi:
HIGH Traction = BAD Fuel Consumption
LOW Traction = GOOD Fuel Consumption
Keunggulan RWD memang ada tapi terimbas loss power akibat tenaga hilang karena disalurkan dulu ke axle belakang.
Pilihan dan kondisi ban lebih pengaruh, tinggal cari ya grippy biar traksinya bagus.
Oh ya ban dgn traksinya bagus itu lebih boros bahan bakar, jadi:
HIGH Traction = BAD Fuel Consumption
LOW Traction = GOOD Fuel Consumption
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1642
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Memangnya rute yg dilewatin tanjakannya securam apa sih dan kondisinya sehancur apa?
Buat saya kok resiko banget lewatin jalan yg kondisinya ga wajar
Buat saya kok resiko banget lewatin jalan yg kondisinya ga wajar
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
Eco Mode
DDiS 1.3 by Fiat Multijet
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
Eco Mode
DDiS 1.3 by Fiat Multijet
1NR-VE
K10C
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1547
- Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
- Location: SOUTH SUMATRA
- Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Saya sependapat untuk peruntukannya passenger car, kemampuan tanjakan RWD vs FWD saya rasa mirip.
Keunggulan RWD memang ada tapi terimbas loss power akibat tenaga hilang karena disalurkan dulu ke axle belakang sehingga mobil RWD rata rata lebih boros bahan bakar dibandingkan dgn mobil mobil FWD yg lebih sedikit loss power akibat tenaga hilang.[emoji23]
Keunggulan RWD memang ada tapi terimbas loss power akibat tenaga hilang karena disalurkan dulu ke axle belakang sehingga mobil RWD rata rata lebih boros bahan bakar dibandingkan dgn mobil mobil FWD yg lebih sedikit loss power akibat tenaga hilang.[emoji23]
Andhyka wrote:Jika peruntukannya passenger car, kemampuan tanjakan RWD vs FWD saya rasa mirip.
Keunggulan RWD memang ada tapi terimbas loss power akibat tenaga hilang karena disalurkan dulu ke axle belakang.
Pilihan dan kondisi ban lebih pengaruh, tinggal cari ya grippy biar traksinya bagus.
Oh ya ban dgn traksinya bagus itu lebih boros bahan bakar, jadi:
HIGH Traction = BAD Fuel Consumption
LOW Traction = GOOD Fuel Consumption
HR15DE 2014
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2599
- Joined: Wed Aug 16, 2017 8:07
- Location: Bali, Indonesia
- Daily Vehicle: ANPS+XpC
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
Tiba2 banyak yg Bandingkan Monocoque dan Ladder Frame lagimike22 wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 11:36 Ini ts nya terinspirasi sehabis nonton ini ya: https://youtu.be/Lib6BJizMwk
Setelah Pasar SUV Monocoque dari awal tahun ini Penjualan Parah
Sebenar'nya HPM yang bisa menyelamatkan Pasar SUV Monocoque ini
Tapi apa daya, tiap lihat di Thread atau Grup FB rata2 isi keluhan aja
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2899
- Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
- Location: Jabodetabek
- Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box
Re: Monokok FWD VS Ladder Frame RWD, Mana yang lebih kuat di tanjakan?
kalau bawa sedan sya terganggu dengan mobil2 lain yang sorot lampunya seakan akan langsung kena ke bangku supir....michaelgiri93 wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 12:41Err kebetulan saya pengguna sedan dan lumayan suka posisi nyetir sedankrniawnhdr wrote: ↑Mon Apr 29, 2019 6:36Indeed om...Saya juga preferensinya lebih suka mobil gc tinggi dibanding sedan...
tapi emang saya engga pernah punya sedan sih. cuma pas nebeng2 atau pas naik taksi aja
Mungkin temen2 yang preferensinya sedan punya input yang bisa dishare....?
Saya suka duduk hampir selonjor, rendah, dan sedan kan relatif lebih stabil daripada suv atau mpv atau mobil tinggi lainnya.
Tapi saya akui sih sekali bawa suv ladder frame memang rasanya tinggi dan commanding banget.
Oh iya btt kalau untuk tanjakan saya bawa galant dan miras di sarangan gak ada masalah juga, kuat kuat aja, isi 4 orang tapi rada mini (60kg ke bawah).
Tapi dulu pernah bawa veloz at bareng temen tanjakan di samigaluh jogja juga kuat kuat aja (yaa technically avanza bukan ladderframe tapi gapapa lah ya buat perbandingan).
Oh iya ban mirage waktu itu bridgestone ecopia, ban galant forceum hexa(salah satu ban terburuk yg pernah saya pake, meski traction nya aa tapi berisik).