Jadi teringat sepeda yang tanpa tuas rem. Yang belum terbiasa pasti gelagapan kalo mau ngerem.MSU wrote: ↑Sun Sep 06, 2020 23:45 teknologi 1 pedalnya mgkn butuh waktu lama untuk diterima di sini...
problemnya kt udh puluhan tahun di mobil tu wajib ada pedal gas, rem & kopling (optional)
bahaya kl baru pertama kali bawa di ibukota..mesti rem mendadak...kaki gelagapan cari pedal rem akhirnya malah tu mobil nge-rem mendadak & kasian mobil belakangnya
Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Fri Jul 12, 2019 1:06
- Location: Malang
- Daily Vehicle: Vario 1st Gen
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1693
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
sepeda jadul itu ya wkwk...mboisker wrote: ↑Mon Sep 07, 2020 2:47Jadi teringat sepeda yang tanpa tuas rem. Yang belum terbiasa pasti gelagapan kalo mau ngerem.MSU wrote: ↑Sun Sep 06, 2020 23:45 teknologi 1 pedalnya mgkn butuh waktu lama untuk diterima di sini...
problemnya kt udh puluhan tahun di mobil tu wajib ada pedal gas, rem & kopling (optional)
bahaya kl baru pertama kali bawa di ibukota..mesti rem mendadak...kaki gelagapan cari pedal rem akhirnya malah tu mobil nge-rem mendadak & kasian mobil belakangnya
meskipun ada pedal rem-nya ttp bahaya kl angkat gas = nge-rem mnrt saya haha...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2306
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
setuju, karena kadang kita angkat pedal gas bukan karena didepan ada traffic ya, karena pingin lempengin angkle kaki aja hahaha.. toh kalu mobil konvensional, angkat gas masih meluncur (deselerasinya belum signifikan)..MSU wrote: ↑Mon Sep 07, 2020 3:05sepeda jadul itu ya wkwk...mboisker wrote: ↑Mon Sep 07, 2020 2:47Jadi teringat sepeda yang tanpa tuas rem. Yang belum terbiasa pasti gelagapan kalo mau ngerem.MSU wrote: ↑Sun Sep 06, 2020 23:45 teknologi 1 pedalnya mgkn butuh waktu lama untuk diterima di sini...
problemnya kt udh puluhan tahun di mobil tu wajib ada pedal gas, rem & kopling (optional)
bahaya kl baru pertama kali bawa di ibukota..mesti rem mendadak...kaki gelagapan cari pedal rem akhirnya malah tu mobil nge-rem mendadak & kasian mobil belakangnya
meskipun ada pedal rem-nya ttp bahaya kl angkat gas = nge-rem mnrt saya haha...
harus adaptasi sih dengan fitur one pedal for all purpose ini,,,
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Fri Jul 14, 2017 13:18
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Innova_Diesel
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
Jadi ini maksudnya umur baterainya akan sangat singkat ya Om???osbertc0ol wrote: ↑Sun Sep 06, 2020 16:30 Ane liat2 ini batrenya kecil sekali ya?
dan bener2 engine > generator > battery > motor.. nggak ada generator > motor ya?
Kalo gitu teori awam sih battery cycle nya cepet banget dong,
Battery cycle = Battery dipake full capacity nya.
Nissan leaf efficiency
30kwh = 100miles (1x setiap 100 miles)
18,75 kwh = 100km (kita bulatkan jadi 19 kwh)
1 kwh = 5.25km
Ref: https://blog.greenenergyconsumers.org/b ... ctric-cars
Battery nissan kicks 1.57kwh (kita bulatkan 1.5 kwh)
Ref: https://otomotif.kompas.com/read/2020/0 ... -indonesia
1 battery cycle = 1.5(kwh) x 5.25km = 7.8km
jalan 78 km aja udah 10 cycle.
7800km udah 1000 cycle....
kok sepertinya ada yang salah ya wkwkkw
semoga saya beneran salah..
ini battery degradation dari nissin leaf 30kwh (20x lebih besar dari nissin kicks)
kalo dari data diatas, 50.000 miles itu = 500x cycle = sudah tinggal 75%
100.000 miles = 160.000km = 1000x cycle sisa 66%
nih om mobil zaman now yang coba pake lagi, untuk charge sedikit.Omnibus wrote: ↑Sun Sep 06, 2020 4:07 mirip sistem yg dipakai locomotive kereta. mesin sbg genset. sedikit lg nyaris sempurna, yaitu atap harusnya dipasangin solar panel padahal warnanya sdh hitam dan ga ada sunroof. mungkin utk penyempurnaan di facelift.
kebayang kl pakai solar panel dan nyetir siang hari, the road length is your limit.
nggak gitu signifikan sih om dari reviewnya.. Agak lupa tp kalo sa salah di jemur 8 jam (work hour) cm nambah <5miles. CMIIW
[youtube]https://www.youtube.com/watch?v=t2-U8ebk4aA[/youtube]
Tapi kalau ada jaminan baterai sampai 5 tahun harusnya worth it ya. Apalagi kalau dengan size nya yang kecil semoga harga baterai lebih terjangkau. Kalau baca mobil hybrid di forum2, rata2 biaya penggantian baterai bisa mencapai 30-40 juta. Semoga ini baterainya bisa 20x lebih murah juga sesuai kapasitasnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
singkat nya ini yang agak2 susah didefinisikan,s4kti wrote: ↑Mon Sep 07, 2020 3:35
Jadi ini maksudnya umur baterainya akan sangat singkat ya Om???
Tapi kalau ada jaminan baterai sampai 5 tahun harusnya worth it ya. Apalagi kalau dengan size nya yang kecil semoga harga baterai lebih terjangkau. Kalau baca mobil hybrid di forum2, rata2 biaya penggantian baterai bisa mencapai 30-40 juta. Semoga ini baterainya bisa 20x lebih murah juga sesuai kapasitasnya.
kalo dinegara maju kan masa pakai kendaraan itu 5 tahun,
jadi batre tahan 5 tahun ya awet, sesuai masa pakai kendaraan..
disini mah "cuma" tahan 10 tahun juga dibilang singkat kali...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 138
- Joined: Fri Jul 12, 2019 1:06
- Location: Malang
- Daily Vehicle: Vario 1st Gen
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
Mungkin seperti beberapa kasus engine brake di almaz ya? Itu aja banyak yg protes.MSU wrote: ↑Mon Sep 07, 2020 3:05sepeda jadul itu ya wkwk...mboisker wrote: ↑Mon Sep 07, 2020 2:47Jadi teringat sepeda yang tanpa tuas rem. Yang belum terbiasa pasti gelagapan kalo mau ngerem.MSU wrote: ↑Sun Sep 06, 2020 23:45 teknologi 1 pedalnya mgkn butuh waktu lama untuk diterima di sini...
problemnya kt udh puluhan tahun di mobil tu wajib ada pedal gas, rem & kopling (optional)
bahaya kl baru pertama kali bawa di ibukota..mesti rem mendadak...kaki gelagapan cari pedal rem akhirnya malah tu mobil nge-rem mendadak & kasian mobil belakangnya
meskipun ada pedal rem-nya ttp bahaya kl angkat gas = nge-rem mnrt saya haha...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1240
- Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
Engine brake di almaz emang parah yah ane bilang, jalan pelan di komplek rumah, lepas gas bentar langsung itu engine brake, rasanya bakalan cepek bawa mobil kaya gini... gimana konsumsi bbm nya mau irit?mboisker wrote:Mungkin seperti beberapa kasus engine brake di almaz ya? Itu aja banyak yg protes.
Nah ane ngebayangin juga kalau pake 1 pedal di kick ini, kayanya bakalan mirip2 atau malah lebih braking lagi sensasinya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1693
- Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
belum ada yang bisa remap om?benzz89 wrote: ↑Mon Sep 07, 2020 6:13Engine brake di almaz emang parah yah ane bilang, jalan pelan di komplek rumah, lepas gas bentar langsung itu engine brake, rasanya bakalan cepek bawa mobil kaya gini... gimana konsumsi bbm nya mau irit?
Nah ane ngebayangin juga kalau pake 1 pedal di kick ini, kayanya bakalan mirip2 atau malah lebih braking lagi sensasinya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 670
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
klo bikin ribet… bakalan amsyong dagang di marih
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 655
- Joined: Wed Sep 14, 2016 11:20
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1112
- Joined: Wed Mar 15, 2017 9:14
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Yamaha
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
Mobil listrik kalo lagi idle bukannya emang 0 rpm om ?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
Battery cycle hanya salah 1 faktor dari umur baterai itu sendiris4kti wrote: ↑Mon Sep 07, 2020 3:35
Jadi ini maksudnya umur baterainya akan sangat singkat ya Om???
Tapi kalau ada jaminan baterai sampai 5 tahun harusnya worth it ya. Apalagi kalau dengan size nya yang kecil semoga harga baterai lebih terjangkau. Kalau baca mobil hybrid di forum2, rata2 biaya penggantian baterai bisa mencapai 30-40 juta. Semoga ini baterainya bisa 20x lebih murah juga sesuai kapasitasnya.
banyak faktor yg menentukan ini
seperti
Cara charge / discharge
Suhu
Minimum energy stored
dll
so kita liat aja ini gimana dengan baterai yang sangat mini...
100rb km udah 10.000 cycle lebih...
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Fri Jul 14, 2017 13:18
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: Innova_Diesel
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
Setelah cek-cek data, sepertinya untuk kapasitas baterainya memang standar untuk kapasitas mobil hybrid Om. Seperti untuk mobil Ioniq Hybrid : The Ioniq Hybrid's electric motor additionally delivers an estimated 32 kW (43 bhp) with an estimated maximum torque of 125 lb⋅ft (169 N⋅m), powered by a lithium-ion polymer battery with 1.56 kWh capacity.osbertc0ol wrote: ↑Mon Sep 07, 2020 10:00Battery cycle hanya salah 1 faktor dari umur baterai itu sendiris4kti wrote: ↑Mon Sep 07, 2020 3:35
Jadi ini maksudnya umur baterainya akan sangat singkat ya Om???
Tapi kalau ada jaminan baterai sampai 5 tahun harusnya worth it ya. Apalagi kalau dengan size nya yang kecil semoga harga baterai lebih terjangkau. Kalau baca mobil hybrid di forum2, rata2 biaya penggantian baterai bisa mencapai 30-40 juta. Semoga ini baterainya bisa 20x lebih murah juga sesuai kapasitasnya.
banyak faktor yg menentukan ini
seperti
Cara charge / discharge
Suhu
Minimum energy stored
dll
so kita liat aja ini gimana dengan baterai yang sangat mini...
100rb km udah 10.000 cycle lebih...
Terus untuk Toyota, juga sama sih bisa dicek disini : https://en.wikipedia.org/wiki/Hybrid_Synergy_Drive.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
Betul hybrid, dimana roda masih bisa di gerakan sama mesin.s4kti wrote: ↑Mon Sep 07, 2020 10:14
Setelah cek-cek data, sepertinya untuk kapasitas baterainya memang standar untuk kapasitas mobil hybrid Om. Seperti untuk mobil Ioniq Hybrid : The Ioniq Hybrid's electric motor additionally delivers an estimated 32 kW (43 bhp) with an estimated maximum torque of 125 lb⋅ft (169 N⋅m), powered by a lithium-ion polymer battery with 1.56 kWh capacity.
Terus untuk Toyota, juga sama sih bisa dicek disini : https://en.wikipedia.org/wiki/Hybrid_Synergy_Drive.
Kicks kan full pake baterai, mesin cuma genset.
fully battery dependent.
Camry Hybrid aja 70rb km kadang udah minta jajan batre
Hybrid (2 way power)
Engine > Power < Battery
|___________________|
Nissan kicks (1 way power)
Engine > Battery > Power
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2797
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
Sudah kuduga... ujung2nya pada takut batre rusak trus kluar duit gede.. hahahahaha
Besok2 klo ada pameran kicks, tu sales batu makam tanyain dulu "pak, harga batrenya brapa duit semisal ganti baru?" Semisal dy ga bisa jawab tinggal aja udeh..
Daripada kena kicks di rekening tabungan
Besok2 klo ada pameran kicks, tu sales batu makam tanyain dulu "pak, harga batrenya brapa duit semisal ganti baru?" Semisal dy ga bisa jawab tinggal aja udeh..
Daripada kena kicks di rekening tabungan
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 211
- Joined: Wed Jan 25, 2017 16:43
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
Angkat pedal ngerem sendiri hanya berlaku di mode apa gt. Baru ngeh setelah liat review carmudi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1361
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
Jadi inget mbah padepokan bebonk pernah bilang beberapa manufaktur yang sengaja matiin atau non aktifin battery thermal management system (BTMS) di sistem penyimpanan tenaga nya biar baterai mobil nya hanya dapat dipakai beberapa ratus/ribu cycle charge sajaosbertc0ol wrote: ↑Sun Sep 06, 2020 16:30 Ane liat2 ini batrenya kecil sekali ya?
dan bener2 engine > generator > battery > motor.. nggak ada generator > motor ya?
Kalo gitu teori awam sih battery cycle nya cepet banget dong,
Battery cycle = Battery dipake full capacity nya.
Nissan leaf efficiency
30kwh = 100miles (1x setiap 100 miles)
18,75 kwh = 100km (kita bulatkan jadi 19 kwh)
1 kwh = 5.25km
Ref: https://blog.greenenergyconsumers.org/b ... ctric-cars
Battery nissan kicks 1.57kwh (kita bulatkan 1.5 kwh)
Ref: https://otomotif.kompas.com/read/2020/0 ... -indonesia
1 battery cycle = 1.5(kwh) x 5.25km = 7.8km
jalan 78 km aja udah 10 cycle.
7800km udah 1000 cycle....
kok sepertinya ada yang salah ya wkwkkw
semoga saya beneran salah..
ini battery degradation dari nissin leaf 30kwh (20x lebih besar dari nissin kicks)
kalo dari data diatas, 50.000 miles itu = 500x cycle = sudah tinggal 75%
100.000 miles = 160.000km = 1000x cycle sisa 66%
Anggep aja pesan terselubung kayak pemakaian lifetime ATF yang gk perlu diganti di mobil kovensional tapi versi Hybrid Vehicle (HV) atau Electric Vehicle nya...
Balik-baliknya kepake lagi prinsip business industri manufaktur
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
Sesakit sakitnya miara DSG gw masih rela deh... Sebanding ama enaknya... Dan emang kelas.KielConstantine wrote: ↑Mon Sep 07, 2020 11:24 Sudah kuduga... ujung2nya pada takut batre rusak trus kluar duit gede.. hahahahaha
Besok2 klo ada pameran kicks, tu sales batu makam tanyain dulu "pak, harga batrenya brapa duit semisal ganti baru?" Semisal dy ga bisa jawab tinggal aja udeh..
Daripada kena kicks di rekening tabungan
Murah lah 30jt nya DSG daripada batre lithium
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 820
- Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
Klo harga batrenya sebanding ama penghematan bbm nya gmn? Ane baca review camry hybrid dimarih, gegara itu jd pengen mobil hybrid/listrik, dengan harapan biaya batre + selisih harga sebanding ama biaya penghematan bbm nya, klo compare ama mobil ice konvensional.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 270
- Joined: Tue May 26, 2009 13:52
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
hitungan kalkulato sih klo goalnya irit, kyknay gk irit jg sih beli mobil hybrid sekarang.
beli nya mahal bgt, irit nya sama aja kyk nabung buat bayar lg batre.
masih mahal sekali, masih new tech.
tapi klo goal nya green, ramah lingkungan (walo msh debate sama aja).
saya concern nya sih kena banjir apa kabar tuh?
nanti konslet gk y?
kesetrum gk org2 sekitar nya.
harusnya gk segampang itu jg sih surge..
beli nya mahal bgt, irit nya sama aja kyk nabung buat bayar lg batre.
masih mahal sekali, masih new tech.
tapi klo goal nya green, ramah lingkungan (walo msh debate sama aja).
saya concern nya sih kena banjir apa kabar tuh?
nanti konslet gk y?
kesetrum gk org2 sekitar nya.
harusnya gk segampang itu jg sih surge..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 409
- Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
Ukuran baterai yang disematkan di Nissan Kicks itu 1.57kWh, mirip dengan mobil hybrid yg skrg dipasarkan di Indonesia yaitu Corolla Cross (1.5kWh), Corolla Altis (1.5kWh), CHR (1.31kWh), Camry Hybrid (1.6kWh).
Cuma bedanya baterai Nissan memakai jenis Li-Ion dan Toyota Ni-MH. Gak tahu mana yang lebih baik sih, Tesla pakai yg jenisnya Li-Ion.
Untuk masalah baterai kan ada garansi baterai dari pabrikan. Jika baterai di mobil hybrid sudah lumayan terdegradasi tinggal 60% (km/l menurun), klaim aja garansinya di tahun ke-4 sebelum hangus. Langsung nambah deh umur baterai mobilnya, aman untuk 5 taun ke depan lagi.
Dengarnya baterai bekas bisa direkondisi dengan biaya 3-5 juta, seperti yang banyak dilakukan owner Prius hybrid di luar negeri. Mungkin bakal bermunculan bengkel spesialis baterai hybrid di Indonesia seiring populasi mobil hybrid bertambah.
Akselerasinya Nissan Kicks tergolong kencang 0-100 ditempuh dalam 8 detik, sedangkan Corolla Cross Hybrid memerlukan waktu lebih lama 11-12 detik.
Saat ini di Jepang, penjualan Nissan Note epower tergolong sukses bisa menyaingi Toyota Prius bahkan beberapa waktu melebihinya.
Untuk keiritan sih Nissan Note epower (yang setara baterai & mesinnya dengan Kicks) bisa sampai 37 km/l di tol (Prius 40 km/l):
Cuma bedanya baterai Nissan memakai jenis Li-Ion dan Toyota Ni-MH. Gak tahu mana yang lebih baik sih, Tesla pakai yg jenisnya Li-Ion.
Untuk masalah baterai kan ada garansi baterai dari pabrikan. Jika baterai di mobil hybrid sudah lumayan terdegradasi tinggal 60% (km/l menurun), klaim aja garansinya di tahun ke-4 sebelum hangus. Langsung nambah deh umur baterai mobilnya, aman untuk 5 taun ke depan lagi.
Dengarnya baterai bekas bisa direkondisi dengan biaya 3-5 juta, seperti yang banyak dilakukan owner Prius hybrid di luar negeri. Mungkin bakal bermunculan bengkel spesialis baterai hybrid di Indonesia seiring populasi mobil hybrid bertambah.
Akselerasinya Nissan Kicks tergolong kencang 0-100 ditempuh dalam 8 detik, sedangkan Corolla Cross Hybrid memerlukan waktu lebih lama 11-12 detik.
Saat ini di Jepang, penjualan Nissan Note epower tergolong sukses bisa menyaingi Toyota Prius bahkan beberapa waktu melebihinya.
Untuk keiritan sih Nissan Note epower (yang setara baterai & mesinnya dengan Kicks) bisa sampai 37 km/l di tol (Prius 40 km/l):
Last edited by Andhyka on Tue Sep 08, 2020 3:18, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
Batere nya Li-Ion mirip sama batere hp dan laptop ya. Laptop saya sih walau uda bocor baterenya (da 4 thn), selama di pake sambil di colok charger aman aman aja.
Kecuali kalau charger dilepas cuman tahan 20 menit.
Mungkin di mobil e power ini, kalo batere nya uda perlu diganti, kerasanya pas pake EV mode yg tidak bisa berjalan sejauh awal nya.
Kecuali kalau charger dilepas cuman tahan 20 menit.
Mungkin di mobil e power ini, kalo batere nya uda perlu diganti, kerasanya pas pake EV mode yg tidak bisa berjalan sejauh awal nya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
Semoga saja kedepan makin banyak pilihan mobil hybrid yg masuk ke Indo & harganya terjangkau (around 200-300jt)
Kalau memang running cost + maintenence cost (pergantian batrai) selama 10th bisa lebih murah dibandingkkan total running cost mobil berbahan bakar fosil (selama10th), sy yakin orang akan perlahan2 pindah ke mobil listrik/hybrid
Makin banyak mobil yg pakai batrai, production cost buat batrai pasti berkurang, harga mobil bs lebi murah & nggak khawatir kantong bolong waktu ganti batrai
Kalau memang running cost + maintenence cost (pergantian batrai) selama 10th bisa lebih murah dibandingkkan total running cost mobil berbahan bakar fosil (selama10th), sy yakin orang akan perlahan2 pindah ke mobil listrik/hybrid
Makin banyak mobil yg pakai batrai, production cost buat batrai pasti berkurang, harga mobil bs lebi murah & nggak khawatir kantong bolong waktu ganti batrai
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 569
- Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
Apa ada disini yang uda cobain mobil listrik? 90% ane rasa blom pada coba klo uda coba rasanya ga mau balik lagi ke ice konvensional...klo si nissan kicks kan one pedalnya cuman di mode s doank kalo mode biasa ya ngga...tipikal org indo blom coba blom ngerasain tapi uda judge duluan...wkwkwk..jadi ya memang bukan pilihan mayoritas org cuman yg pengen taste the future ya ini alternatif drpd hrs tebus tesla termurah 1.5m...utk pajak jg ga murah krn itungan mesinnya ada 2...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Apr 22, 2008 14:51
Re: Nissan Kicks 2020, Harga Rp 449 Juta
saya om, motor listrik sih.. dulu di negri tirai bambu.Shonen wrote: ↑Tue Sep 08, 2020 4:55 Apa ada disini yang uda cobain mobil listrik? 90% ane rasa blom pada coba klo uda coba rasanya ga mau balik lagi ke ice konvensional...klo si nissan kicks kan one pedalnya cuman di mode s doank kalo mode biasa ya ngga...tipikal org indo blom coba blom ngerasain tapi uda judge duluan...wkwkwk..jadi ya memang bukan pilihan mayoritas org cuman yg pengen taste the future ya ini alternatif drpd hrs tebus tesla termurah 1.5m...utk pajak jg ga murah krn itungan mesinnya ada 2...
dari yang motornya listriknya kecil 48v max 40kmh sampe yang gede (Custom) 84v max 120kmh. (lupa kva nya brp)
itu bener2 nikmat banget powernya.
kalo saya sendiri sih pengen diskusi umur baterainya, soalnya mobil lain yang size baterai nya kecil itu kan Hybrid, ini sbenernya pure electric car tp pake genset wkwkw.. tp pasti nissin udah perhitungin lah.......... kapan user harus ganti baterai
one pedalnya itu bisa di setting kok seberapa agresif. semakin agresif regenerative listriknya juga semakin besar.