palisade malah lebih laris dibanding santafe, pertimbangan yang beli karena harganya tergolong “murah” 888jt udah dapet suv gede 5m tampang mafia, auranya setara mobil kelas 2Merwinign wrote:Sempet nanya salesnya ga om, palisade penjualannya gimana? Sampe selaris itu kah atau kuota unitnya terbates? Ga nyangka juga baru setaun terakhir tapi palisade, santa fe udah mayan banyak di jalan. Staria dr IG sales2 hyundai jg udah mulai handovervhar7 wrote: ↑Fri Sep 17, 2021 5:14 Kalo saya pribadi engga. Bukan karena kenapa2, tapi karena mobil ini saya perlu utk kerja mondar mandir, secara image dan price agak over kalo buat mobil kerja. Jd dari awal memang tidak consider palisade sama sekali.
Tapi kalo om keperuntukan nya utk mobil keluarga atau buat disayang2, dan jarang dipake buat blusukan ke jalan yg sempit, lalu appreciate sekali terhadap aura mobil nya yg seperti american mafia looks, the answer is YES. You should buy palisade rather than santa fe. Tp again better nunggu yang facelift aja taun depan.
Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 221
- Joined: Wed May 08, 2013 7:45
- Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Udh naik jd 898 otr jakarta om, yg signature 2WD. Di kota saya tipe sama 902. Palisade yg animonya bagus nunjukin purchasing power segmen yg disasar hyundai bener2 kuat ya om, terutama di kota besaryohanesw wrote: ↑Fri Sep 17, 2021 6:00palisade malah lebih laris dibanding santafe, pertimbangan yang beli karena harganya tergolong “murah” 888jt udah dapet suv gede 5m tampang mafia, auranya setara mobil kelas 2Merwinign wrote:Sempet nanya salesnya ga om, palisade penjualannya gimana? Sampe selaris itu kah atau kuota unitnya terbates? Ga nyangka juga baru setaun terakhir tapi palisade, santa fe udah mayan banyak di jalan. Staria dr IG sales2 hyundai jg udah mulai handovervhar7 wrote: ↑Fri Sep 17, 2021 5:14 Kalo saya pribadi engga. Bukan karena kenapa2, tapi karena mobil ini saya perlu utk kerja mondar mandir, secara image dan price agak over kalo buat mobil kerja. Jd dari awal memang tidak consider palisade sama sekali.
Tapi kalo om keperuntukan nya utk mobil keluarga atau buat disayang2, dan jarang dipake buat blusukan ke jalan yg sempit, lalu appreciate sekali terhadap aura mobil nya yg seperti american mafia looks, the answer is YES. You should buy palisade rather than santa fe. Tp again better nunggu yang facelift aja taun depan.
Bener sih, saya dr dulu suka sama ini mobil om terutama warna biru tua. American looks, bisa angkut rombongan juga. Di trans jawa saya pasti nemu 1-2 unit palisade lewat dan (hampir) selalu ngasepin duo gajah effortless banget
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Tue Dec 27, 2016 17:13
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Ada tanya. Hyundai Wiyung yg kemarin saya datengin, mereka jualan 13 unit bulan agustus, trus september sampe pertengahan ini 3 unit. Memang palisade kayaknya paling laku keras ketimbang yg lain2 nya.erwinign wrote: ↑Fri Sep 17, 2021 5:56Sempet nanya salesnya ga om, palisade penjualannya gimana? Sampe selaris itu kah atau kuota unitnya terbates? Ga nyangka juga baru setaun terakhir tapi palisade, santa fe udah mayan banyak di jalan. Staria dr IG sales2 hyundai jg udah mulai handovervhar7 wrote: ↑Fri Sep 17, 2021 5:14 Kalo saya pribadi engga. Bukan karena kenapa2, tapi karena mobil ini saya perlu utk kerja mondar mandir, secara image dan price agak over kalo buat mobil kerja. Jd dari awal memang tidak consider palisade sama sekali.
Tapi kalo om keperuntukan nya utk mobil keluarga atau buat disayang2, dan jarang dipake buat blusukan ke jalan yg sempit, lalu appreciate sekali terhadap aura mobil nya yg seperti american mafia looks, the answer is YES. You should buy palisade rather than santa fe. Tp again better nunggu yang facelift aja taun depan.
Beneran kayak kejatuhan rejeki nih Hyundai, palisade pdhl produk yg paling mahalll malah quantity nya yang laku keras. Sales nya jg bilang sebelum ada palisade belum pernah hyundai jualan nya sekenceng sekarang
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Betul sih om, drastis banget sejak ada palisade tuh. Sebelum santa fe DM pun blong2an semua jualannya. Dan palisade dr packaging memang udah proper sih krn cukup menjual, lbh menjual dr santafe. Ada yg kurang kaya speedo jarum, layar kecil yg isinya padahal udah bagus sih ga gitu signifikan sbnrnya.vhar7 wrote: ↑Fri Sep 17, 2021 6:38Ada tanya. Hyundai Wiyung yg kemarin saya datengin, mereka jualan 13 unit bulan agustus, trus september sampe pertengahan ini 3 unit. Memang palisade kayaknya paling laku keras ketimbang yg lain2 nya.erwinign wrote: ↑Fri Sep 17, 2021 5:56Sempet nanya salesnya ga om, palisade penjualannya gimana? Sampe selaris itu kah atau kuota unitnya terbates? Ga nyangka juga baru setaun terakhir tapi palisade, santa fe udah mayan banyak di jalan. Staria dr IG sales2 hyundai jg udah mulai handovervhar7 wrote: ↑Fri Sep 17, 2021 5:14 Kalo saya pribadi engga. Bukan karena kenapa2, tapi karena mobil ini saya perlu utk kerja mondar mandir, secara image dan price agak over kalo buat mobil kerja. Jd dari awal memang tidak consider palisade sama sekali.
Tapi kalo om keperuntukan nya utk mobil keluarga atau buat disayang2, dan jarang dipake buat blusukan ke jalan yg sempit, lalu appreciate sekali terhadap aura mobil nya yg seperti american mafia looks, the answer is YES. You should buy palisade rather than santa fe. Tp again better nunggu yang facelift aja taun depan.
Beneran kayak kejatuhan rejeki nih Hyundai, palisade pdhl produk yg paling mahalll malah quantity nya yang laku keras. Sales nya jg bilang sebelum ada palisade belum pernah hyundai jualan nya sekenceng sekarang
Yg model listrik kaya kona aja terhitung lumayan sering nongol di jalan sekarang. Padahal grs besar hyundai mainnya di segmen premium dan bisa selaris itu selama pandemi sih hebat
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Tue Dec 27, 2016 17:13
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Yes... Santa Fe kalah laris jauh ketimbang Palisade. Bahkan waktu saya pertama kali dateng ke showroom wkt mau deal2 an Santa Fe, keliatan ada 1 unit palisade lagi mau dikirim. Terus waktu saya mau ambil mobil nya di showroom seminggu kemudian, eh ada lagi Palisade lagi disiapin buat dikirim. What a surprise emang..erwinign wrote: ↑Fri Sep 17, 2021 6:47
Betul sih om, drastis banget sejak ada palisade tuh. Sebelum santa fe DM pun blong2an semua jualannya. Dan palisade dr packaging memang udah proper sih krn cukup menjual, lbh menjual dr santafe. Ada yg kurang kaya speedo jarum, layar kecil yg isinya padahal udah bagus sih ga gitu signifikan sbnrnya.
Yg model listrik kaya kona aja terhitung lumayan sering nongol di jalan sekarang. Padahal grs besar hyundai mainnya di segmen premium dan bisa selaris itu selama pandemi sih hebat
Pdhl ini brand nya Hyundai dimana masih banyakkk orang yg menganggap brand ini terkesan dibawah brand lainnya kayak Honda Toyota dll. Ini lumayan terbukti dari pengalaman saya sendiri setelah punya Santa Fe. Beberapa respond dari orang:
- Ada yg ngira Santa Fe ini golongan Wuling gara2 stop lamp nya mirip2 almaz atau cortez.
- Ada juga yg kaget "loh ngga salah beli Hyundai, bukan nya lebih berkelas Innova ya".
- Ada juga yang tanya beli di harga berapa, saya isengin jawab "400 jutaan" dan orang nya percaya
- Ada juga teman yang sudah anti dulu dengan mobil korea karena dianggap sekelas dan kualitas kayak Mocin (Mobil Cina) haha
Hal ini sebenernya mirip dialami Mazda di Indonesia dulu sebelum CX-5 masuk ke Indonesia. Dulu image Mazda buat saya dan di kalangan orang seperti brand mobil Jepang yg malas utk dilirik dan mindset nya selalu ke Honda or Toyota lebih bagus, lebih enak, lebih mewah, dll. Tapi semenjak CX-5 generasi 1 masuk, lalu sampe generasi 2 dan beberapa line up lain seperti CX-9, pelan2 produk Mazda mulai bisa diterima orang sebagai mobil yang kiblat nya ke arah premium dan design nya juga bagus. Malah Honda menurut saya agak terkesan lebih fokus berkonsetrasi di mobil2 LCGC dan built quality sepertinya agak menurun.
Tinggal diliat aja apakah habis gini Hyundai bakal berhasil merubah image nya di masyarakat atau tidak.
-
- SM Moderator
- Posts: 1304
- Joined: Fri Jan 18, 2019 10:39
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Tinggal tunggu pabrik sudah jadi dan barangnya sudah CKD. Disana baru kelihatan kualitas barangnya.vhar7 wrote: ↑Fri Sep 17, 2021 10:09Yes... Santa Fe kalah laris jauh ketimbang Palisade. Bahkan waktu saya pertama kali dateng ke showroom wkt mau deal2 an Santa Fe, keliatan ada 1 unit palisade lagi mau dikirim. Terus waktu saya mau ambil mobil nya di showroom seminggu kemudian, eh ada lagi Palisade lagi disiapin buat dikirim. What a surprise emang..erwinign wrote: ↑Fri Sep 17, 2021 6:47
Betul sih om, drastis banget sejak ada palisade tuh. Sebelum santa fe DM pun blong2an semua jualannya. Dan palisade dr packaging memang udah proper sih krn cukup menjual, lbh menjual dr santafe. Ada yg kurang kaya speedo jarum, layar kecil yg isinya padahal udah bagus sih ga gitu signifikan sbnrnya.
Yg model listrik kaya kona aja terhitung lumayan sering nongol di jalan sekarang. Padahal grs besar hyundai mainnya di segmen premium dan bisa selaris itu selama pandemi sih hebat
Pdhl ini brand nya Hyundai dimana masih banyakkk orang yg menganggap brand ini terkesan dibawah brand lainnya kayak Honda Toyota dll. Ini lumayan terbukti dari pengalaman saya sendiri setelah punya Santa Fe. Beberapa respond dari orang:
- Ada yg ngira Santa Fe ini golongan Wuling gara2 stop lamp nya mirip2 almaz atau cortez.
- Ada juga yg kaget "loh ngga salah beli Hyundai, bukan nya lebih berkelas Innova ya".
- Ada juga yang tanya beli di harga berapa, saya isengin jawab "400 jutaan" dan orang nya percaya
- Ada juga teman yang sudah anti dulu dengan mobil korea karena dianggap sekelas dan kualitas kayak Mocin (Mobil Cina) haha
Hal ini sebenernya mirip dialami Mazda di Indonesia dulu sebelum CX-5 masuk ke Indonesia. Dulu image Mazda buat saya dan di kalangan orang seperti brand mobil Jepang yg malas utk dilirik dan mindset nya selalu ke Honda or Toyota lebih bagus, lebih enak, lebih mewah, dll. Tapi semenjak CX-5 generasi 1 masuk, lalu sampe generasi 2 dan beberapa line up lain seperti CX-9, pelan2 produk Mazda mulai bisa diterima orang sebagai mobil yang kiblat nya ke arah premium dan design nya juga bagus. Malah Honda menurut saya agak terkesan lebih fokus berkonsetrasi di mobil2 LCGC dan built quality sepertinya agak menurun.
Tinggal diliat aja apakah habis gini Hyundai bakal berhasil merubah image nya di masyarakat atau tidak.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1067
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4159
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 221
- Joined: Wed May 08, 2013 7:45
- Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
oh ya bener om, baru2 ini naik harga haha, tapi emang urussan prestise beli mobil di indo masih jadi pertimbangan utama sih di indo makanya palisade laku keraserwinign wrote:Udh naik jd 898 otr jakarta om, yg signature 2WD. Di kota saya tipe sama 902. Palisade yg animonya bagus nunjukin purchasing power segmen yg disasar hyundai bener2 kuat ya om, terutama di kota besaryohanesw wrote: ↑Fri Sep 17, 2021 6:00palisade malah lebih laris dibanding santafe, pertimbangan yang beli karena harganya tergolong “murah” 888jt udah dapet suv gede 5m tampang mafia, auranya setara mobil kelas 2Merwinign wrote: Sempet nanya salesnya ga om, palisade penjualannya gimana? Sampe selaris itu kah atau kuota unitnya terbates? Ga nyangka juga baru setaun terakhir tapi palisade, santa fe udah mayan banyak di jalan. Staria dr IG sales2 hyundai jg udah mulai handover
Bener sih, saya dr dulu suka sama ini mobil om terutama warna biru tua. American looks, bisa angkut rombongan juga. Di trans jawa saya pasti nemu 1-2 unit palisade lewat dan (hampir) selalu ngasepin duo gajah effortless banget
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Memang kalau standard hyundai oli selalu shell rimula.
Kalau shell full syn harganya ya muahal sih, padahal kl di toko online cuma 2/3 harganya. Ganti oli per 10rb km/6 bulan sekali kalau sama PT HMI. Kalau HMID ya mboh.. cuma skg bmw sayapun per 1 tahun sekali atau 13rb KM ganti olinya. Agak ga make sense memang kalau 15rb di indonesia. Kalau di europe malah pas sy naik 7 series yg baru ganti olinya per 30rb KM sekali.
Untuk bunyi2, saya pke yg awal tahun 2018 so far so good sampe dijual 50rb km.
Sekarang lagi kepikiran mau ganti palisade tp nunggu jandanya aja, moga2 potong 100-200jt kan mayan buat remap dll. Hehe..
Kalau shell full syn harganya ya muahal sih, padahal kl di toko online cuma 2/3 harganya. Ganti oli per 10rb km/6 bulan sekali kalau sama PT HMI. Kalau HMID ya mboh.. cuma skg bmw sayapun per 1 tahun sekali atau 13rb KM ganti olinya. Agak ga make sense memang kalau 15rb di indonesia. Kalau di europe malah pas sy naik 7 series yg baru ganti olinya per 30rb KM sekali.
Untuk bunyi2, saya pke yg awal tahun 2018 so far so good sampe dijual 50rb km.
Sekarang lagi kepikiran mau ganti palisade tp nunggu jandanya aja, moga2 potong 100-200jt kan mayan buat remap dll. Hehe..
-
- SM Specialist
- Posts: 16307
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
krn yang punya buying power segitu selama ini pengen big SUV 7-seater diesel larinya ya fortuner pajero fortuner pajero lagi... makanya keluar palisade menggila langsung penjualannya.erwinign wrote: ↑Fri Sep 17, 2021 6:03Udh naik jd 898 otr jakarta om, yg signature 2WD. Di kota saya tipe sama 902. Palisade yg animonya bagus nunjukin purchasing power segmen yg disasar hyundai bener2 kuat ya om, terutama di kota besaryohanesw wrote: ↑Fri Sep 17, 2021 6:00palisade malah lebih laris dibanding santafe, pertimbangan yang beli karena harganya tergolong “murah” 888jt udah dapet suv gede 5m tampang mafia, auranya setara mobil kelas 2Merwinign wrote:
Sempet nanya salesnya ga om, palisade penjualannya gimana? Sampe selaris itu kah atau kuota unitnya terbates? Ga nyangka juga baru setaun terakhir tapi palisade, santa fe udah mayan banyak di jalan. Staria dr IG sales2 hyundai jg udah mulai handover
Bener sih, saya dr dulu suka sama ini mobil om terutama warna biru tua. American looks, bisa angkut rombongan juga. Di trans jawa saya pasti nemu 1-2 unit palisade lewat dan (hampir) selalu ngasepin duo gajah effortless banget
800jt - 1 miliar itu mau upgrade nanggung, eropa gak ada pilihan big SUV diesel di harga segitu, termurah harganya 1.5 miliar. ya akhirnya merelakan beli fortuner pajero. atau kalo ada dana 1.5 miliar juga buat prestise beli seri-5 yang harganya masih satu miliar kurang, sisanya beli pajero fortuner innova buat nguli.
sebenernya fenomena sama dengan CX-9 itu juga loh, yang terbaru booming banget. CX-9 dan palisade ini lumayan mirip timingnya pas brand awareness masda dan hyundie udah bagus dulu baru dia masuk. udah gitu dua duanya cc gak besar yang selama ini ditakuti orang ngendonesah. di sini denger cc di atas 3000 udah pada alergi. jd mobil besar, mewah, gak boros, mereknya kalo di kota besar lumayan establish.
kalo dulu CX-9 lama mah orang juga mikir 1 miliar beli mobil yang bengkelnya entah dimana kan.... 3700cc jg image nya "boros".
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 221
- Joined: Wed May 08, 2013 7:45
- Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
kalo nyari sekelas santafe tapi ada seat cooler ala cuma cx9 pilihannya ya?
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 859
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 221
- Joined: Wed May 08, 2013 7:45
- Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
cx8 ada juga om, ini kemaren temen dapet cx9 disc 70jt jadi 800jt jadi beda tipis rentang harganya haha. berapa hari belakangan di jalan jkt sampe 40c puanas polll jadi kepikiran nyari harga rentang segitu yang ada cooler seat selain cx9/palisade.
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 859
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Wah, adakah oom? Barusan iseng liat2 yutub cx 8 gak nemu pencetan cooler seat nya tuh. Malah yang ada heater seat yang bahkan sampe ada di baris kedua juga.
Di kelas suv yg seharga santa fe ini emg kayanya rada jarang yang punya cooler seat sih oom. Cek2 merek2 sebelah, tiguan allspace jg cuma ada heater seat, 3008 dan 5008 jangankan ada cooler seat, heater seat nya aja malah kena sunat semenjak CBU malon yg trim allure plus...
Tapi kalo mau geser ke kelas sedan/estate, di harga segitu ada sih yang punya cooling seat, ada mzd 6 sama kemiri hibrida. Bahkan dalam beberapa waktu kedepan bisa jadi harga mereka akan semakin murah lagi gara2 skema PPNBM yang baru
Atau kalo cuma sekedar butuh cooling seat doang dan gak butuh yang lain2, sebenernya ada sih oom, bahkan harganya jauh jauh jauh lebih murah dari santa fe...
Jawabannya adalah...
Kia sonet........
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 221
- Joined: Wed May 08, 2013 7:45
- Daily Vehicle: Santa Fe CRDI 2021
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
cx8 ada om tapi yg tip elite. sonet jelas ga muat wkwkrakyatwkwkland wrote:Wah, adakah oom? Barusan iseng liat2 yutub cx 8 gak nemu pencetan cooler seat nya tuh. Malah yang ada heater seat yang bahkan sampe ada di baris kedua juga.yohanesw wrote: ↑Sun Sep 19, 2021 11:11cx8 ada juga om, ini kemaren temen dapet cx9 disc 70jt jadi 800jt jadi beda tipis rentang harganya haha. berapa hari belakangan di jalan jkt sampe 40c puanas polll jadi kepikiran nyari harga rentang segitu yang ada cooler seat selain cx9/palisade.rakyatwkwkland wrote: CX9 mah di atasnya santa fe jauh um... sekelas palisade...
Kayanya yang harganya lebih mirip santa fe itu CX8 ya, nah ndak tahu deh ada cooler seatnya ga itu?
Di kelas suv yg seharga santa fe ini emg kayanya rada jarang yang punya cooler seat sih oom. Cek2 merek2 sebelah, tiguan allspace jg cuma ada heater seat, 3008 dan 5008 jangankan ada cooler seat, heater seat nya aja malah kena sunat semenjak CBU malon yg trim allure plus...
Tapi kalo mau geser ke kelas sedan/estate, di harga segitu ada sih yang punya cooling seat, ada mzd 6 sama kemiri hibrida. Bahkan dalam beberapa waktu kedepan bisa jadi harga mereka akan semakin murah lagi gara2 skema PPNBM yang baru
Atau kalo cuma sekedar butuh cooling seat doang dan gak butuh yang lain2, sebenernya ada sih oom, bahkan harganya jauh jauh jauh lebih murah dari santa fe...
Jawabannya adalah...
Kia sonet........
2013 - Mitsubishi Mirage
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
2014 - Suzuki Ertiga GX
02/2018 - Xpander Sport
02/2019 - Xtrail T32 2017
08/2019 - Livina VL
10/2019 - Santa Fe CRDi 2014
10/2021 - Santa Fe CRDI 2021
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Tue Dec 27, 2016 17:13
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Setuju! emang cooler seat ini sangat2 dibutuhkan di indo yang suhu nya uda kayak di arab. Bener2 nyamannnn kalo siang ada cooler seat, abis mobil kejemur pun bisa cepet dingin.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2225
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
nice review oom, congrats buat mobil barunya
cuma klo buat saya pribadi sih mengingat harganya 700+ buat tipe signature ini ada beberapa hal yg harusnya ada tapi malah kesunat:
- headunit 12 inch (widescreen)
- velg 20
- audio harman/kardon
- ventilated seat
sisanya udah sempurna sih.
nah kan klo pake yg velg 20 inch ini jadi keliatan padet gitu
cuma klo buat saya pribadi sih mengingat harganya 700+ buat tipe signature ini ada beberapa hal yg harusnya ada tapi malah kesunat:
- headunit 12 inch (widescreen)
- velg 20
- audio harman/kardon
- ventilated seat
sisanya udah sempurna sih.
nah kan klo pake yg velg 20 inch ini jadi keliatan padet gitu
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Tue Dec 27, 2016 17:13
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Thank you buat om om semua yg kasih saran ganti ban. Saya sudah ganti 4 ban semua pake Michelin Primacy SUV dannnnnnn hasilnya beda bangett....
Yg dulu bantingan keras kalo kena lubang or jalanan keriting, sekarang kerasa lebih kenyal, lebih lembut, lebih empuk dan road noise juga berkurang lumayan.. Memang belum bisa sama kayak innova reborn or alphard gt tapi Inti nya saya sudah tidak di stage yang "complain" lagi dengan bantingan dan road noise nya.
So, hepi sekali mobilnya jadi kerasa a whole package yg enak sekali, tinggal beresin bunyi2 di panoramic sama rencana mau upgrade audio. Ada saran bengkel audio di Surabaya yang bagus? Sempat google2 dan searching2 ada Hwely audio dan HG Audiophile, atau ada rekomendasi lain? Rencana mau upgrade tapi tetep OEM look semua
Yg dulu bantingan keras kalo kena lubang or jalanan keriting, sekarang kerasa lebih kenyal, lebih lembut, lebih empuk dan road noise juga berkurang lumayan.. Memang belum bisa sama kayak innova reborn or alphard gt tapi Inti nya saya sudah tidak di stage yang "complain" lagi dengan bantingan dan road noise nya.
So, hepi sekali mobilnya jadi kerasa a whole package yg enak sekali, tinggal beresin bunyi2 di panoramic sama rencana mau upgrade audio. Ada saran bengkel audio di Surabaya yang bagus? Sempat google2 dan searching2 ada Hwely audio dan HG Audiophile, atau ada rekomendasi lain? Rencana mau upgrade tapi tetep OEM look semua
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3450
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Liat om fitmentnya setelah ganti ban ke primacy suv di santafe, penasaranvhar7 wrote: ↑Wed Sep 22, 2021 15:40 Thank you buat om om semua yg kasih saran ganti ban. Saya sudah ganti 4 ban semua pake Michelin Primacy SUV dannnnnnn hasilnya beda bangett....
Yg dulu bantingan keras kalo kena lubang or jalanan keriting, sekarang kerasa lebih kenyal, lebih lembut, lebih empuk dan road noise juga berkurang lumayan.. Memang belum bisa sama kayak innova reborn or alphard gt tapi Inti nya saya sudah tidak di stage yang "complain" lagi dengan bantingan dan road noise nya.
So, hepi sekali mobilnya jadi kerasa a whole package yg enak sekali, tinggal beresin bunyi2 di panoramic sama rencana mau upgrade audio. Ada saran bengkel audio di Surabaya yang bagus? Rencana mau upgrade tapi tetep OEM look semua
Banyak yg masih ga nyadar om kl ban itu paling penting, dan sangat ngaruh ke naikannya jadi gimana. Saya pengalaman di yaris bakpao, itu ban potenza RE080 bawaannya mantep banget nget. Krn belum sadar ban, wkt itu ngasal gantinya gajah tunggal champ BXT. Wah bikin setres banget om naikannya. Udah berisik, gripnya busuk banget, sering spooring (setaun 2x), setir bisa jd speleng, tiap salip2 kecil di dalem kota aja bisa kaya kepleset gitu kesannya. Kaco. Akhirnya ganti ke falken ziex 914 yg notabene kelas summer touring walaupun falken long termnya begitulah, cm setelah ganti dari BXT ke ziex 914 gile dah om, bener2 naikannya kaya yaris bakpao baru keluar dealer, senyap, mantep, grip kaya potenza bawaannya. Di yaris aja udah sesignifikan itu, apalagi di mobil kelas santafe TM. Selain itu soal ban, yg lucu juga perbedaan dr ban busuk ke ban proper, itu signifikannya bisa sampe rattle kabin aja jadi berkurang om. Saya ngalamin di yaris sama ertiga.
Ngayunnya diliat2 beda jauh ya om kayanya, misal jaman pake kumho itu mungkin naikannya kaya sokbreker dah mati, tapi begitu ganti michelin primacy suv jadi kaya sokbreker baru
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Tue Dec 27, 2016 17:13
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
iya ternyata ada efek nya ya hanya dengan ganti ban hahahaha awalnya saya agak ragu2 ini beneran bisa beda ga hanya ganti ban... Jangan2 uda keluar uang banyak hasilnya ga seberapa. Eh ternyata abis ganti 4 ban, iya bener ada beda nya dan sudah dicoba sampe 3 hari beneran lebih enak bukan sekedar perasaan atau sugesti.erwinign wrote: ↑Wed Sep 22, 2021 15:52
Liat om fitmentnya setelah ganti ban ke primacy suv di santafe, penasaran
Banyak yg masih ga nyadar om kl ban itu paling penting, dan sangat ngaruh ke naikannya jadi gimana. Saya pengalaman di yaris bakpao, itu ban potenza RE080 bawaannya mantep banget nget. Krn belum sadar ban, wkt itu ngasal gantinya gajah tunggal champ BXT. Wah bikin setres banget om naikannya. Udah berisik, gripnya busuk banget, sering spooring (setaun 2x), setir bisa jd speleng, tiap salip2 kecil di dalem kota aja bisa kaya kepleset gitu kesannya. Kaco. Akhirnya ganti ke falken ziex 914 yg notabene kelas summer touring walaupun falken long termnya begitulah, cm setelah ganti dari BXT ke ziex 914 gile dah om, bener2 naikannya kaya yaris bakpao baru keluar dealer, senyap, mantep, grip kaya potenza bawaannya. Di yaris aja udah sesignifikan itu, apalagi di mobil kelas santafe TM. Selain itu soal ban, yg lucu juga perbedaan dr ban busuk ke ban proper, itu signifikannya bisa sampe rattle kabin aja jadi berkurang om. Saya ngalamin di yaris sama ertiga.
Ngayunnya diliat2 beda jauh ya om kayanya, misal jaman pake kumho itu mungkin naikannya kaya sokbreker dah mati, tapi begitu ganti michelin primacy suv jadi kaya sokbreker baru
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 469
- Joined: Wed Jul 26, 2017 9:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: LMPV + LCGC
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Bunyi krepyek2 jangan2 karet2 pintu Om, mobil mertua saya (Ertiga 2014) juga sering bunyi kaya gitu kalo salah satu ban naik di tanjakan, mungkin istilah offroad nya "sasis twisting"vhar7 wrote: ↑Sun Sep 12, 2021 16:02
Kekurangan lainnya di Santa Fe ada di sound system nya yang menurut saya terlalu biasa dan cenderung tidak enak. Bass nya ga ada, suara nya agak tertahan atau bahasa jawa nya "mendem". Dibandingkan sama audio bose di CX-5 sangat jauhhhh.. Mungkin ke depan akan saya upgrade nih audio. Lalu yg agak mengganggu berikutnya adalah bunyi2 di panoramic sunroof nya. Mobil baru jalan 200 km sudah bunyi "krepyek krepyek" dan ketika salah satu ban naik di tanjakan, ban lainnya masih belum, kadang ada bunyi di panoramic nya "CETOKKK".
Kekurangan berikutnya ada di sensor TPMS (Tire Pressure Monitoring System) yang tidak bisa di reset manual ataupun di set di tekanan berapa dia akan muncul warning nya. Rekomendasi tekanan angin ban di buku manual adalah 35 psi, saya isi di 32 psi. Kenapa ga 35 psi? karena 35 terlalu kerasss sekali, bahkan di 32 psi saja masih kerasa keras. Nah ketika isi angin di 32 psi, TPMS cukup akurat menunjukkan sama di 32. Tetapi problem nya ketika mobil dibawa ke daerah yang dingin seperti di Bromo, terus besok dipakai pas keadaan ban dingin, TPMS nya membaca tekanan angin ban jadi 29 or 30, disitulah warning muncul. Pdhl ketika sudah di daerah panas dan dipake agak lama, tekanan angin nya bisa naek sampe ke 34. Saya sudah tanya ini ke bagian service, mereka bilang solusi satu2 nya ya tekanan nya di naikkan saja sampe 38 kalo mau aman, busetttt....
Maklum lah, monokok pasti semua stress dari twisting di salurkan ke seluruh body.
coba aja cek di menit 6.24 Om, persis sama kaya yg Om ceritain di pano nya.
Coba aja pasang stablizer di kaki2 dan kolong body Om, pasti lebih kaku.
Soal tekanan Ban, nubi juga pernah sih wkt akap dari Surabaya ke Jakarta pake Fiesta.'
Di Surabaya isi tekanan ban 36, pas di Semarang mau isi lagi krn saya mikir udh banyak berkurang grgr kena lobang mulu, eh malah naik jadi 38, kondisi emg panas banget sih.. jadi asumsi nubi, udara di dalem ban mengalami pemuaian trs jadi naik tekanannya. CMIIW
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Sun Dec 13, 2015 11:15
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Halo Om, bagaimana suara2 di panoramic sekarang? Saya masih bingung mau spk santa fe diesel vs cx5 fl. Kebetulan saya sangat sensitif dgn suara2 di kabin karena buat saya sangat mengurangi kenyamanan. Mohon info perkembangannya yah. Makasih.vhar7 wrote: ↑Sun Sep 19, 2021 14:35Setuju! emang cooler seat ini sangat2 dibutuhkan di indo yang suhu nya uda kayak di arab. Bener2 nyamannnn kalo siang ada cooler seat, abis mobil kejemur pun bisa cepet dingin.yohanesw wrote: ↑Sun Sep 19, 2021 11:11cx8 ada juga om, ini kemaren temen dapet cx9 disc 70jt jadi 800jt jadi beda tipis rentang harganya haha. berapa hari belakangan di jalan jkt sampe 40c puanas polll jadi kepikiran nyari harga rentang segitu yang ada cooler seat selain cx9/palisade.rakyatwkwkland wrote:
CX9 mah di atasnya santa fe jauh um... sekelas palisade...
Kayanya yang harganya lebih mirip santa fe itu CX8 ya, nah ndak tahu deh ada cooler seatnya ga itu?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 52
- Joined: Tue Dec 27, 2016 17:13
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
So far bunyi2 cuma ada di panoramic aja dan saya sudah tau penyebab nya yaitu karet yg mengelilingi sunroof nya itu getas. Solusi nya disemprot pake silicone rubber spray langsung hilang. Tapi kadang setelah 3-5 minggu bisa muncul lagi, ya tinggal disemprot lagi.orthoguy wrote: ↑Fri Jan 28, 2022 9:48Halo Om, bagaimana suara2 di panoramic sekarang? Saya masih bingung mau spk santa fe diesel vs cx5 fl. Kebetulan saya sangat sensitif dgn suara2 di kabin karena buat saya sangat mengurangi kenyamanan. Mohon info perkembangannya yah. Makasih.
Saya kebetulan ada CX 5 2018 juga, overall enakan santa fe menurut saya, terutama dari sektor mesin itu yg bener2 beda ketimbang CX 5. Kalo bisa ambil santa fe aja. It's really a great car menurut saya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 30
- Joined: Sun Dec 13, 2015 11:15
Re: Review Pemakaian 3 minggu Hyundai Santa Fe 2.2D 2021
Wah makasih banyak responnya Om. Kemarin memang akhirnya saya putuskan spk santa fe diesel white signature, inden 2-3 bulan di malang. Saya pikir second row cx5 juga terlalu sempit untuk perjalanan jauh bersama keluarga. Btw, silicone rubber spray nya merk apa om? Makasih.vhar7 wrote: ↑Fri Jan 28, 2022 19:13So far bunyi2 cuma ada di panoramic aja dan saya sudah tau penyebab nya yaitu karet yg mengelilingi sunroof nya itu getas. Solusi nya disemprot pake silicone rubber spray langsung hilang. Tapi kadang setelah 3-5 minggu bisa muncul lagi, ya tinggal disemprot lagi.
Saya kebetulan ada CX 5 2018 juga, overall enakan santa fe menurut saya, terutama dari sektor mesin itu yg bener2 beda ketimbang CX 5. Kalo bisa ambil santa fe aja. It's really a great car menurut saya