Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 330
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - EH32 - W203
Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
Gara-gara om @Jose dan om @goodwill nih saya keracunan bikin review juga.
Namanya Reysha, daily saya sejak 21 Maret lalu.
Prolog
Setelah Civic Genio saya kejual, langsung deh saya mikirin gantinya. Tadinya kepikir untuk ganti mobil yang bisa dibangun2 lagi, tapi kok saya sekarang makin gak ada waktu mikirin mobil. Akhirnya pilihan mengerucut ke beli baru di angka 400an. Pilihannya waktu itu 3 Sedan dan Altis Hybrid.
Sialnya, 3 Sedan inden bisa sampai tengah tahun. Altis lebih gila lagi karena level kacab pun gak bisa mastiin mobil datang kapan. Sementara saya butuh mobilnya langsung ready. Sempet kepikir untuk ambil CX-30 tapi sama aja barang gak ready.
Akhirnya switch ke mobil bekas. Inceran pertama saya si Brabus B25 2011 (E250 tuned by Brabus) keduluan sehari. Waktu itu awalnya calon2nya :
- W212 E250 Avantgarde AMG
- W204 C250 AMG Plus
- 320i M Sport
- Harrier Modellista (saya suka model Harrier biasa tapi gak suka mobil yang banyak kembarannya di jalan)
- GS250
- Mark X
Setelah mikir lagi kalo saya gak mau service di beres untuk eropahan, akhirnya pilihan mengerucut ke jepunan. Harrier Modellista dan Mark X yang sreg cuma di Surabaya, so pilihan satu2nya tinggal GS250.
GS250 2012 akhirnya saya cek ke dealernya di daerah mangdu. Semua ok, service history lengkap, pr cuma ganti karet pintu yang sobek dan diffuser belakang copot. Dia minta awalnya 425. Saya tembak 325 bayar sekarang, akhirnya dia keukeuh di 360 saya 350. Besoknya saya kerja ke luar kota, mikir okein aja deh 360 eh taunya udah dibayarin orang.
Oya unitnya sekarang banyak ditawarin makelaran ig 400an, tuh saya kasi tau dia ambilnya 360 hahaha.
Setelah GS250 sold, puyeng saya mikir haha. Dapetlah iklan ES300h 2015 sama Harrier Modellista di marketplace, dihubungi 22nya susah. ES300h sold terus si Harrier saya dicuekin. Mulai putus asa dan saya mulai cari2 6 Estate. Pas lagi nyari 6 Estate, ternyata ada ES300h satu di dealer daerah Cilandak. Overbudget sih tapi coba samperin aja deh.
Hari itu saya nyamperin ES300h paginya. Minus yang langsung keliatan antara lain, manual book beserta tasnya ilang semua, record lexus keputus di 2020 (kayaknya servis di toyota karena ada stickernya), bumper depan belakang repaintan, dan jok driver shifter setir semua ada cacat kulitnya. Plusnya, semua bagian interior kecuali yang saya sebut tadi kondisinya luar biasa bagus seperti baru bahkan masih plastikan, fitur semua normal dan perlengkapan spare key spare tire etc semua masih ada dan belum pernah dipakai. Even majalah Lexus ketika mobil dibeli masih ada di bagasi.
Siangnya nyamper 6 Estate, busuk banget barangnya. Nyala susah, memory seat error. Sampe sekarang barangnya masih ada di marketplace. Akhirnya nego2 sadis sama dealer si ES karena udah rada cape juga nyari gak dapet2, dikasih dan langsung DP. Minggu depannya gencheck ke lexus, ternyata keluar estimasi 30jt. Saya push ke dealer untuk diganti, akhirnya dikasih 20jt nya diganti (motor fan etc dan aki). Turns out mobil ini bekas salah satu ex employee Lexus Indonesia yang resign 2020 lalu. Mungkin ini juga alasannya kenapa service history di lexus putus di 2020.
3 hari setelah ultah, saya lunasin mobil dan bawa pulang. Karena mobilnya overbudget H-1 saya ngejar2 customer lunasin barang hahaha.
Car : 2015 Lexus ES300h (AVV60)
Mileage : 72rb on going
Price : rahasia, tapi nawar dari dealer 20jt, parts malak dealer 20jt, dikasi ban baru 7jt total benefit 47jt.
Exterior
Dari depan, ES300h lama ini masih mirip sama yang baru karena Spindle Grille nya sama2 gede. Sama pre fl nya malah kayak beda generasi karena depannya beda banget. Lampu depan sudah LED dan auto leveling, ada DRL bentuk huruf L juga. Kerennya kalau mobil dinyalain malam/di parkiran beratap lampu depan akan auto nyala dan menari kayak model Merc baru2. Gimmick doang sih tapi lucu hahaha.
Emblem depan ada biru-birunya karena ini hybrid. Oya kalau cuci mobil mesti telaten banget karena kontur bumper dan grillenya nyusahin kalo ngelap2.
Sampingnya ES ini keliatan beda sama yang baru. Yang ini keliatan lebih tinggi dan generic dibanding gen terbaru yang keliatan banget ala-ala coupe dan garis bodinya tegas. Dari samping mobil ini keliatan simple banget karena handle pintu sewarna bodi, garis bodi juga nggak terlalu keliatan. Di bawah ada emblem hybrid dan di spion ada puddle light.
Puddle light mobil ini lucu, dia akan nyala dan lampu interior juga nyala ketika kita yang bawa kunci dekat2 mobil. Kalo kita ngejauh lampunya mati lagi. Spion baru akan ngebuka kalau kunci dibuka.
Velg ES300h ini 17 inci dengan ban 215/55 R17, oemnya Yokohama tapi sama dealer tempat saya beli digantiin Michelin Primacy 4. Agak kekecilan di mobil sebesar 4.9m ini tapi enaknya ban tebal jadi bikin nyaman.
Bagian belakangnya seperti yang orang bilang, mirip dengan Camry XV50. Well gak semirip itu sih tapi bagi orang awam mirip. Apalagi yang pre fl lampunya belum ada konturnya jadi persis XV50 depan belakang. Yang facelift ini lampunya ganti jadi lebih berasa Lexus hahaha. Emblem Lexus ada biru-birunya dan di “300h” juga biru. Lucunya di bagasi ada ducktail, buat apa ya? Soalnya yang ES250 biasa gak dapat, apa buat aerodinamika ya.
Sensor parkir lengkap 4 biji depan belakang dan indicatornya ada di MID. Bagasi belakang sudah PBD tapi sepertinya ngga ada sensor kakinya.
Interior
Interior mobil ini boleh saya kasi 2 jempol. Material semua kulit asli bukan kulit-kulitan seperti beberapa rival eropanya, desain belum ketinggalan jaman, dan ergonomis sekali.
Begitu buka pintu depan, langsung terlihat dashboard tinggi yang desainnya rapi dan masih up-to-date. Sayangnya bentuk doortrim agak ketinggalan jaman dan biasa saja. Warna interior mobil saya ini Topaz Brown, sayang sudah cacat di steer, jok driver, dan shifter. Menurut saya ini karena materialnya semua kulit asli (di Lexus bilangnya Semi-Aniline Leather, lebih halus dari Nappa) dan coatingnya kurang jadi mudah sekali aus. Sepertinya mobil ini dari baru selalu dibawa sendiri karena jok kiri dan belakangnya semua masih halus dan bersih seperti baru.
Setelan jok depan hanya 10 arah termasuk extend legrest dan 3 memori. Memory seat mobil ini menyimpan setelan jok elektrik, setir elektrik, dan spion. Penyetelan steer elektrik juga cukup membantu. Bentuk jok mobil ini tidak punya support yang besar, tapi konturnya cukup nyaman dan empuk. Di jok juga ada cooler 3 level yang suka saya pakai kalau siang. Jok kiri depan juga elektrik tapi legrest ngga bisa diextend.
Speedometer keliatannya simpel padahal ini keren, yang kiri bisa ganti2 powermeter atau tachometer kalau pindah ke mode Sport. MID kayak naik innova, mirip banget hahaha. Bedanya ini maps bisa muncul, audio, dan layar hybrid juga ada.
Setirnya banyak pencetan, tapi sebenernya ya cuma buat MID dan audio. Cruise as usual Toyota ada di balik steer dan belum adaptive. Oya di setir juga ada insert kayu yang solid dan enak dipegang, beda sama di Camry. Rem parkir masih model injek hiks.
Soal multimedia, di forum dan review luar banyak yang protes karena dibilang gak intuitif dan susah dipake. Menurut saya malah ini enak2 aja, belum seenak iDrive tapi lebih enak dari COMANDnya Merc terutama era W205 pre fl yang lemot banget. Mousenya kalo belum biasa memang ribet tapi kalau biasa enak karena serasa pakai mouse lappy.
Suara audio jangan ditanya lah, menurut saya Burmester di W213 pun kalah. Yang bisa ngalahin sepengalaman saya cuma Mark Levinsonnya LS, Burmester W222 dan Panamera. Speakernya total ada 15 kalau menurut brosur. Gimmick lain yang buat mobil terasa premium adalah kacanya akan memelan kalau sudah mau full nutup atau buka, supaya gak bunyi duk kaca ketemu pintu atau stopper. Simpel sih tapi feelnya dapet. Sunroof ada dan bisa tilt slide.
Minusnya yang kentara banget menurut saya adalah kurangnya storage. Glove box memang dilapis beludru tapi kecil, masukin brosur mobil aja harus kelipet dikit. Cup holder cuma ada 2. Doortrim pocketnya kecil. Buat saya yang hobi minum banyak rada ganggu, tapi sekarang bulan puasa sih hahaha.
Masuk ke belakang, ruangnya gede banget. Di pintu kanan kiri ada shade, dan di belakang ada shade elektrik yang bisa dinaik turunin dari armrest/depan. Di footwell juga ada ambient light kayak di depan, kasih feel premium yang lebih.
Walaupun ruangnya lega, sayangnya sandaran gak bisa direcline kayak yang baru. Armrest berat dan banyak mainannya, dari AC, audio, sampai sunshade. Oya AC mobil ini sudah 3 zone dan ada purifier nya. Dingin banget sih hahaha padahal fan selalu cuma 1. Di belakang ada 2 cup holder di armrest dan lantainya rata jadi bisa ber3 duduk di belakang.
Bagasinya udah PBD dan muat 5 tas golf kalau di brosurnya. Saya sih belum nyoba hehe. Bagasinya ada aki dan battery jadi makan space dikit.
Driving
Pertama masuk, kita disambut easy entry yang langsung sesuaiin posisi jok ke posisi terakhir dan kalau keluar ada easy exit yang naikin steer dan mundurin jok. Enak sih buat ganti sepatu kalau mau turun tapi bakalan kaget kalau yang ngga biasa.
Setel memory seat, injek rem tangan dan masukin ke D, jalan deh. Begitu jalan, mobil ini bener-bener hening karena cuma ngandelin motor listrik. Kalau batere udah 2 bar, baru dia nyalain mesin buat charging. Kalau batere di atas 3 bar dia mati lagi mesinnya kalau di mode ECO.
Soal NVH, ES300h ini juara banget. Lebih comfort dibanding rival eropanya, lebih hening juga karena hybrid. Mostly dia bakal jalan cuma pake motor listrik. Kalau dibanding E-Class yang pakai airmatic ya kalah, tapi dibanding E-Class atau 5er yang normal suspension ini jauh lebih comfort. Masih belum berasa eropa redamannya, tapi tetep comfort banget. Bisa dibilang se-Crown lah.
Mobil ini juga hening banget, even kalau mesin bensinnya nyala. Waktu saya coba gaspol aja gak berasa ngebut karena gak ada suara apa-apa. Nah tapi kalau posisi mobil stop, mesin nyala itu agak kerasa getarannya.
Lubang jalan dan poldur sih gak berasa kalau dihantam hahaha. Dan GC mobil ini gak ceper-ceper amat juga.
Tapi soal handling mobil ini harus ngalah sama rival eropanya. Limbung sih ngga ya, body control mobil ini bagus banget. Tapi setir kosong banget ngga ada feedback, cuma ketolong EPSnya yang makin berat di kecepatan tinggi. Ya memberat sih tapi ngga ada feel connected ke jalan sama sekali. Enaknya kalau parkir ngga kerasa bawa mobil 4.9 meter hahaha. Ngerinya mobil ini kalau ngebut ngga kerasa karena hening dan semua masih in control. Gak ada sense of speednya.
Soal speed juga agak males karena dilimit di 190-195 demi keselamatan si batere. Hanya aja accel nya kenceng banget, rasa-rasanya bisa ngimbangin E250 kalau baterenya full. Saya pernah sekali di pintu tol masuk mode Sport dan gaspol, mobil narik banget sampe saya kedorong ke jok tapi ban gak sampe spin. Enaknya hybrid sih, kebantu motor listrik yang torsinya instan. Jadi mobil ini larinya dari 0 kenceng banget sampe 180-190an tapi abis itu ya kelimit hiks.
Satu yang saya suka dari mobil ini : feel comfort dan homy nya. Saya kebetulan spend time sehari-hari di mobil sangat banyak, jadi poin plus banget punya mobil yang berasa kayak rumah dan gak bikin capek di jalan.
Verdict
Lexus ES300h, mobil yang cocok buat orang yang mau mobil comfort dan males ngebut.
Well ini sebenernya bukan mobil yang biasa dipilih buat seumuran saya, karena biasanya seumuran saya banyak belinya CR-V Turbo, Civic, 3 Hatch, City HB, Xpander, dan lain-lain. Ya kalau banyak duit atau dibeliin ortu mungkin pakai F30 atau Scirocco R. Kakak saya pun kaget waktu saya beli ini, padahal saya tipenya yang suka ngebut dan modif2.
Tapi saya juga harus berpikir logis. Bensin mahal, dan saya juga sekarang banyakan berkutat di kota yang macet atau tol luar kota yang banyak lanehogger, kapan ngebutnya? Bisa aja dengan uang segitu saya beli WRX A-Line, tapi sampe tempat klien saya pegel2 dan tekor di bensin. Pake ES saya bisa keliatan lebih dewasa (atau om2?) dan irit bensin karena cukup isi Pertamax.
Kalau anda sering naik tol yang lancar, sukanya ngebut, atau spirited driving, mending beli GS atau 5er. Beli ini gak bakal puas. Tapi kalau anda seringnya macet2an, atau lewat tol jarak jauh, atau malah sekalian disopirin, beli ini gak bakal nyesel. Sampai rumah/tujuan masih seger, dompet sehat, dan anda senang karena duit 500 jutaan anda ngga terbuang sia-sia beli mobil baru yang kurang worth.
Thanks!
Bonus : Maintenance and Usage
Sampai hari ini, bensin saya masih ¾ dan terakhir isi di 28 Maret. Rute saya harian Bekasi-Kuningan/Sudirman atau Bekasi-Rawamangun. Bensin cukup Pertamax dan full tank sekitaran 500 ribuan. Di MID herannya angkanya gak fantastis banget, saya mentok2 cuma 30km/l bolak balik bekasi cilandak.
Maintenance belum diapa2in, karena masih nunggu parts yang dibeliin dealer di Lexus Menteng. Yang bakal digantiin : fan, motor fan, aki beserta jasa, kurleb 20jt. Akinya doang 8jt hahaha merek Panasonic. Yang saya beli sendiri : shock belakang Tein EnduraPro Plus 7jt, belakang pair oem lexusnya 8.8jt ogah banget. Wiper depan beli merek Denso DDS 200rb, beli oem lexus bisa 400rb sama pasang.
Pas part dateng saya sekalian mau servis besar, 6jt aja. Servis biasa 1.6-2an, murah kan gak jauh sama honda? General check saya keluar 800 ribuan, kalau di Lexus Pluit malah cuma 500an.
Soal battery HV nya, oem di Lexus ganti assy 70jt sama pasang. Di saya alhamdulillah batere masih aman 16V per cell. Solusi kalau mau murah, ganti per cell nya aja 950-1.25jt karena yang rusak paling cuma bbrp cell, tapi langsung vonis ganti assy karena beres gak mau ganti cell. Bisa pm saya untuk nomor spesialisnya.
Namanya Reysha, daily saya sejak 21 Maret lalu.
Prolog
Setelah Civic Genio saya kejual, langsung deh saya mikirin gantinya. Tadinya kepikir untuk ganti mobil yang bisa dibangun2 lagi, tapi kok saya sekarang makin gak ada waktu mikirin mobil. Akhirnya pilihan mengerucut ke beli baru di angka 400an. Pilihannya waktu itu 3 Sedan dan Altis Hybrid.
Sialnya, 3 Sedan inden bisa sampai tengah tahun. Altis lebih gila lagi karena level kacab pun gak bisa mastiin mobil datang kapan. Sementara saya butuh mobilnya langsung ready. Sempet kepikir untuk ambil CX-30 tapi sama aja barang gak ready.
Akhirnya switch ke mobil bekas. Inceran pertama saya si Brabus B25 2011 (E250 tuned by Brabus) keduluan sehari. Waktu itu awalnya calon2nya :
- W212 E250 Avantgarde AMG
- W204 C250 AMG Plus
- 320i M Sport
- Harrier Modellista (saya suka model Harrier biasa tapi gak suka mobil yang banyak kembarannya di jalan)
- GS250
- Mark X
Setelah mikir lagi kalo saya gak mau service di beres untuk eropahan, akhirnya pilihan mengerucut ke jepunan. Harrier Modellista dan Mark X yang sreg cuma di Surabaya, so pilihan satu2nya tinggal GS250.
GS250 2012 akhirnya saya cek ke dealernya di daerah mangdu. Semua ok, service history lengkap, pr cuma ganti karet pintu yang sobek dan diffuser belakang copot. Dia minta awalnya 425. Saya tembak 325 bayar sekarang, akhirnya dia keukeuh di 360 saya 350. Besoknya saya kerja ke luar kota, mikir okein aja deh 360 eh taunya udah dibayarin orang.
Oya unitnya sekarang banyak ditawarin makelaran ig 400an, tuh saya kasi tau dia ambilnya 360 hahaha.
Setelah GS250 sold, puyeng saya mikir haha. Dapetlah iklan ES300h 2015 sama Harrier Modellista di marketplace, dihubungi 22nya susah. ES300h sold terus si Harrier saya dicuekin. Mulai putus asa dan saya mulai cari2 6 Estate. Pas lagi nyari 6 Estate, ternyata ada ES300h satu di dealer daerah Cilandak. Overbudget sih tapi coba samperin aja deh.
Hari itu saya nyamperin ES300h paginya. Minus yang langsung keliatan antara lain, manual book beserta tasnya ilang semua, record lexus keputus di 2020 (kayaknya servis di toyota karena ada stickernya), bumper depan belakang repaintan, dan jok driver shifter setir semua ada cacat kulitnya. Plusnya, semua bagian interior kecuali yang saya sebut tadi kondisinya luar biasa bagus seperti baru bahkan masih plastikan, fitur semua normal dan perlengkapan spare key spare tire etc semua masih ada dan belum pernah dipakai. Even majalah Lexus ketika mobil dibeli masih ada di bagasi.
Siangnya nyamper 6 Estate, busuk banget barangnya. Nyala susah, memory seat error. Sampe sekarang barangnya masih ada di marketplace. Akhirnya nego2 sadis sama dealer si ES karena udah rada cape juga nyari gak dapet2, dikasih dan langsung DP. Minggu depannya gencheck ke lexus, ternyata keluar estimasi 30jt. Saya push ke dealer untuk diganti, akhirnya dikasih 20jt nya diganti (motor fan etc dan aki). Turns out mobil ini bekas salah satu ex employee Lexus Indonesia yang resign 2020 lalu. Mungkin ini juga alasannya kenapa service history di lexus putus di 2020.
3 hari setelah ultah, saya lunasin mobil dan bawa pulang. Karena mobilnya overbudget H-1 saya ngejar2 customer lunasin barang hahaha.
Car : 2015 Lexus ES300h (AVV60)
Mileage : 72rb on going
Price : rahasia, tapi nawar dari dealer 20jt, parts malak dealer 20jt, dikasi ban baru 7jt total benefit 47jt.
Exterior
Dari depan, ES300h lama ini masih mirip sama yang baru karena Spindle Grille nya sama2 gede. Sama pre fl nya malah kayak beda generasi karena depannya beda banget. Lampu depan sudah LED dan auto leveling, ada DRL bentuk huruf L juga. Kerennya kalau mobil dinyalain malam/di parkiran beratap lampu depan akan auto nyala dan menari kayak model Merc baru2. Gimmick doang sih tapi lucu hahaha.
Emblem depan ada biru-birunya karena ini hybrid. Oya kalau cuci mobil mesti telaten banget karena kontur bumper dan grillenya nyusahin kalo ngelap2.
Sampingnya ES ini keliatan beda sama yang baru. Yang ini keliatan lebih tinggi dan generic dibanding gen terbaru yang keliatan banget ala-ala coupe dan garis bodinya tegas. Dari samping mobil ini keliatan simple banget karena handle pintu sewarna bodi, garis bodi juga nggak terlalu keliatan. Di bawah ada emblem hybrid dan di spion ada puddle light.
Puddle light mobil ini lucu, dia akan nyala dan lampu interior juga nyala ketika kita yang bawa kunci dekat2 mobil. Kalo kita ngejauh lampunya mati lagi. Spion baru akan ngebuka kalau kunci dibuka.
Velg ES300h ini 17 inci dengan ban 215/55 R17, oemnya Yokohama tapi sama dealer tempat saya beli digantiin Michelin Primacy 4. Agak kekecilan di mobil sebesar 4.9m ini tapi enaknya ban tebal jadi bikin nyaman.
Bagian belakangnya seperti yang orang bilang, mirip dengan Camry XV50. Well gak semirip itu sih tapi bagi orang awam mirip. Apalagi yang pre fl lampunya belum ada konturnya jadi persis XV50 depan belakang. Yang facelift ini lampunya ganti jadi lebih berasa Lexus hahaha. Emblem Lexus ada biru-birunya dan di “300h” juga biru. Lucunya di bagasi ada ducktail, buat apa ya? Soalnya yang ES250 biasa gak dapat, apa buat aerodinamika ya.
Sensor parkir lengkap 4 biji depan belakang dan indicatornya ada di MID. Bagasi belakang sudah PBD tapi sepertinya ngga ada sensor kakinya.
Interior
Interior mobil ini boleh saya kasi 2 jempol. Material semua kulit asli bukan kulit-kulitan seperti beberapa rival eropanya, desain belum ketinggalan jaman, dan ergonomis sekali.
Begitu buka pintu depan, langsung terlihat dashboard tinggi yang desainnya rapi dan masih up-to-date. Sayangnya bentuk doortrim agak ketinggalan jaman dan biasa saja. Warna interior mobil saya ini Topaz Brown, sayang sudah cacat di steer, jok driver, dan shifter. Menurut saya ini karena materialnya semua kulit asli (di Lexus bilangnya Semi-Aniline Leather, lebih halus dari Nappa) dan coatingnya kurang jadi mudah sekali aus. Sepertinya mobil ini dari baru selalu dibawa sendiri karena jok kiri dan belakangnya semua masih halus dan bersih seperti baru.
Setelan jok depan hanya 10 arah termasuk extend legrest dan 3 memori. Memory seat mobil ini menyimpan setelan jok elektrik, setir elektrik, dan spion. Penyetelan steer elektrik juga cukup membantu. Bentuk jok mobil ini tidak punya support yang besar, tapi konturnya cukup nyaman dan empuk. Di jok juga ada cooler 3 level yang suka saya pakai kalau siang. Jok kiri depan juga elektrik tapi legrest ngga bisa diextend.
Speedometer keliatannya simpel padahal ini keren, yang kiri bisa ganti2 powermeter atau tachometer kalau pindah ke mode Sport. MID kayak naik innova, mirip banget hahaha. Bedanya ini maps bisa muncul, audio, dan layar hybrid juga ada.
Setirnya banyak pencetan, tapi sebenernya ya cuma buat MID dan audio. Cruise as usual Toyota ada di balik steer dan belum adaptive. Oya di setir juga ada insert kayu yang solid dan enak dipegang, beda sama di Camry. Rem parkir masih model injek hiks.
Soal multimedia, di forum dan review luar banyak yang protes karena dibilang gak intuitif dan susah dipake. Menurut saya malah ini enak2 aja, belum seenak iDrive tapi lebih enak dari COMANDnya Merc terutama era W205 pre fl yang lemot banget. Mousenya kalo belum biasa memang ribet tapi kalau biasa enak karena serasa pakai mouse lappy.
Suara audio jangan ditanya lah, menurut saya Burmester di W213 pun kalah. Yang bisa ngalahin sepengalaman saya cuma Mark Levinsonnya LS, Burmester W222 dan Panamera. Speakernya total ada 15 kalau menurut brosur. Gimmick lain yang buat mobil terasa premium adalah kacanya akan memelan kalau sudah mau full nutup atau buka, supaya gak bunyi duk kaca ketemu pintu atau stopper. Simpel sih tapi feelnya dapet. Sunroof ada dan bisa tilt slide.
Minusnya yang kentara banget menurut saya adalah kurangnya storage. Glove box memang dilapis beludru tapi kecil, masukin brosur mobil aja harus kelipet dikit. Cup holder cuma ada 2. Doortrim pocketnya kecil. Buat saya yang hobi minum banyak rada ganggu, tapi sekarang bulan puasa sih hahaha.
Masuk ke belakang, ruangnya gede banget. Di pintu kanan kiri ada shade, dan di belakang ada shade elektrik yang bisa dinaik turunin dari armrest/depan. Di footwell juga ada ambient light kayak di depan, kasih feel premium yang lebih.
Walaupun ruangnya lega, sayangnya sandaran gak bisa direcline kayak yang baru. Armrest berat dan banyak mainannya, dari AC, audio, sampai sunshade. Oya AC mobil ini sudah 3 zone dan ada purifier nya. Dingin banget sih hahaha padahal fan selalu cuma 1. Di belakang ada 2 cup holder di armrest dan lantainya rata jadi bisa ber3 duduk di belakang.
Bagasinya udah PBD dan muat 5 tas golf kalau di brosurnya. Saya sih belum nyoba hehe. Bagasinya ada aki dan battery jadi makan space dikit.
Driving
Pertama masuk, kita disambut easy entry yang langsung sesuaiin posisi jok ke posisi terakhir dan kalau keluar ada easy exit yang naikin steer dan mundurin jok. Enak sih buat ganti sepatu kalau mau turun tapi bakalan kaget kalau yang ngga biasa.
Setel memory seat, injek rem tangan dan masukin ke D, jalan deh. Begitu jalan, mobil ini bener-bener hening karena cuma ngandelin motor listrik. Kalau batere udah 2 bar, baru dia nyalain mesin buat charging. Kalau batere di atas 3 bar dia mati lagi mesinnya kalau di mode ECO.
Soal NVH, ES300h ini juara banget. Lebih comfort dibanding rival eropanya, lebih hening juga karena hybrid. Mostly dia bakal jalan cuma pake motor listrik. Kalau dibanding E-Class yang pakai airmatic ya kalah, tapi dibanding E-Class atau 5er yang normal suspension ini jauh lebih comfort. Masih belum berasa eropa redamannya, tapi tetep comfort banget. Bisa dibilang se-Crown lah.
Mobil ini juga hening banget, even kalau mesin bensinnya nyala. Waktu saya coba gaspol aja gak berasa ngebut karena gak ada suara apa-apa. Nah tapi kalau posisi mobil stop, mesin nyala itu agak kerasa getarannya.
Lubang jalan dan poldur sih gak berasa kalau dihantam hahaha. Dan GC mobil ini gak ceper-ceper amat juga.
Tapi soal handling mobil ini harus ngalah sama rival eropanya. Limbung sih ngga ya, body control mobil ini bagus banget. Tapi setir kosong banget ngga ada feedback, cuma ketolong EPSnya yang makin berat di kecepatan tinggi. Ya memberat sih tapi ngga ada feel connected ke jalan sama sekali. Enaknya kalau parkir ngga kerasa bawa mobil 4.9 meter hahaha. Ngerinya mobil ini kalau ngebut ngga kerasa karena hening dan semua masih in control. Gak ada sense of speednya.
Soal speed juga agak males karena dilimit di 190-195 demi keselamatan si batere. Hanya aja accel nya kenceng banget, rasa-rasanya bisa ngimbangin E250 kalau baterenya full. Saya pernah sekali di pintu tol masuk mode Sport dan gaspol, mobil narik banget sampe saya kedorong ke jok tapi ban gak sampe spin. Enaknya hybrid sih, kebantu motor listrik yang torsinya instan. Jadi mobil ini larinya dari 0 kenceng banget sampe 180-190an tapi abis itu ya kelimit hiks.
Satu yang saya suka dari mobil ini : feel comfort dan homy nya. Saya kebetulan spend time sehari-hari di mobil sangat banyak, jadi poin plus banget punya mobil yang berasa kayak rumah dan gak bikin capek di jalan.
Verdict
Lexus ES300h, mobil yang cocok buat orang yang mau mobil comfort dan males ngebut.
Well ini sebenernya bukan mobil yang biasa dipilih buat seumuran saya, karena biasanya seumuran saya banyak belinya CR-V Turbo, Civic, 3 Hatch, City HB, Xpander, dan lain-lain. Ya kalau banyak duit atau dibeliin ortu mungkin pakai F30 atau Scirocco R. Kakak saya pun kaget waktu saya beli ini, padahal saya tipenya yang suka ngebut dan modif2.
Tapi saya juga harus berpikir logis. Bensin mahal, dan saya juga sekarang banyakan berkutat di kota yang macet atau tol luar kota yang banyak lanehogger, kapan ngebutnya? Bisa aja dengan uang segitu saya beli WRX A-Line, tapi sampe tempat klien saya pegel2 dan tekor di bensin. Pake ES saya bisa keliatan lebih dewasa (atau om2?) dan irit bensin karena cukup isi Pertamax.
Kalau anda sering naik tol yang lancar, sukanya ngebut, atau spirited driving, mending beli GS atau 5er. Beli ini gak bakal puas. Tapi kalau anda seringnya macet2an, atau lewat tol jarak jauh, atau malah sekalian disopirin, beli ini gak bakal nyesel. Sampai rumah/tujuan masih seger, dompet sehat, dan anda senang karena duit 500 jutaan anda ngga terbuang sia-sia beli mobil baru yang kurang worth.
Thanks!
Bonus : Maintenance and Usage
Sampai hari ini, bensin saya masih ¾ dan terakhir isi di 28 Maret. Rute saya harian Bekasi-Kuningan/Sudirman atau Bekasi-Rawamangun. Bensin cukup Pertamax dan full tank sekitaran 500 ribuan. Di MID herannya angkanya gak fantastis banget, saya mentok2 cuma 30km/l bolak balik bekasi cilandak.
Maintenance belum diapa2in, karena masih nunggu parts yang dibeliin dealer di Lexus Menteng. Yang bakal digantiin : fan, motor fan, aki beserta jasa, kurleb 20jt. Akinya doang 8jt hahaha merek Panasonic. Yang saya beli sendiri : shock belakang Tein EnduraPro Plus 7jt, belakang pair oem lexusnya 8.8jt ogah banget. Wiper depan beli merek Denso DDS 200rb, beli oem lexus bisa 400rb sama pasang.
Pas part dateng saya sekalian mau servis besar, 6jt aja. Servis biasa 1.6-2an, murah kan gak jauh sama honda? General check saya keluar 800 ribuan, kalau di Lexus Pluit malah cuma 500an.
Soal battery HV nya, oem di Lexus ganti assy 70jt sama pasang. Di saya alhamdulillah batere masih aman 16V per cell. Solusi kalau mau murah, ganti per cell nya aja 950-1.25jt karena yang rusak paling cuma bbrp cell, tapi langsung vonis ganti assy karena beres gak mau ganti cell. Bisa pm saya untuk nomor spesialisnya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2137
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
nice review, om.. keren mobilnya
Link Tokopedia Kartu Pokemon TCG Original (English, Japan, Indo)
https://tokopedia.link/MksOIFxjMMb
https://tokopedia.link/MksOIFxjMMb
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 762
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
baca review, liat foto, wah plaat 5 digit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
Maintenisnya murah banget om hahaha...
Saya kira orang agak2 lebay bilang maintenis lexus murah karena mikirnya tetep aja merk premium. Tp ternyata bener ya ga jauh beda ma jepang generik. Senggaknya fee jasanya. Part ya wajar lah segituan.
Anyway, congrats mobil barunya. Irit banget yah, pas buat sikon saat ini. Dsn yg lebih penting ga pusing cari parkir di mall tertentu
Saya kira orang agak2 lebay bilang maintenis lexus murah karena mikirnya tetep aja merk premium. Tp ternyata bener ya ga jauh beda ma jepang generik. Senggaknya fee jasanya. Part ya wajar lah segituan.
Anyway, congrats mobil barunya. Irit banget yah, pas buat sikon saat ini. Dsn yg lebih penting ga pusing cari parkir di mall tertentu
Butuh dana buat beli M4
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 851
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
Salfok sama plat nya
Kalo gasalah itu plat konsulat jendral bukan ya?
Pilihan yang sangat tidak biasa si oom TS ini. Even di jalan pun agak2nya ES ini ane sendiri cukup jarang liatnya ya kalo di kota ane di jkt.
And, itu bensin beneran oom 30 km/l? Warbyasah uirrriiiitttt tenan... Kayanya kalo ane liat review media, kemri hybrid aja dalkot msh di 18an km/l dan tol mentok2 kayanya 25 sampai 20-besar km/l... Bawanya kaki sekolah kah oom?
Ane pernah iseng itungin running cost bbm kemri bensin vs kemri haebrit + ganti batere full, pake petromak harga lama yg 9 ribu, asumsi baterai tahan 5 tahun 100k km aja (masa garansi) itu sih udah BEP ya ganti baterenya, plus udah dapet untungnya walau masih dikit. Kalo sekarang sih petromak dah 12k pasti lebih untung lagi. Kalo baterenya umurnya lebih panjang lagi, udah tinggal nikmatin iritnya aja itu... Cocoklah mobil2 begini kalo emang mau diajak kerja keras. Kalo ngendon di gerasi mulu malah rugi genti baterenya
Btw,
Anyway, congrats mobil barunya oom. Semoga puas pakenya.
Kalo gasalah itu plat konsulat jendral bukan ya?
Pilihan yang sangat tidak biasa si oom TS ini. Even di jalan pun agak2nya ES ini ane sendiri cukup jarang liatnya ya kalo di kota ane di jkt.
And, itu bensin beneran oom 30 km/l? Warbyasah uirrriiiitttt tenan... Kayanya kalo ane liat review media, kemri hybrid aja dalkot msh di 18an km/l dan tol mentok2 kayanya 25 sampai 20-besar km/l... Bawanya kaki sekolah kah oom?
Ane pernah iseng itungin running cost bbm kemri bensin vs kemri haebrit + ganti batere full, pake petromak harga lama yg 9 ribu, asumsi baterai tahan 5 tahun 100k km aja (masa garansi) itu sih udah BEP ya ganti baterenya, plus udah dapet untungnya walau masih dikit. Kalo sekarang sih petromak dah 12k pasti lebih untung lagi. Kalo baterenya umurnya lebih panjang lagi, udah tinggal nikmatin iritnya aja itu... Cocoklah mobil2 begini kalo emang mau diajak kerja keras. Kalo ngendon di gerasi mulu malah rugi genti baterenya
Btw,
Ane baru tau oom kalo ternyata rem tangan bisa diinjek yah.......injek rem tangan
Anyway, congrats mobil barunya oom. Semoga puas pakenya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 330
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - EH32 - W203
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
thanku omm
hehe hehe
part pun bisa murah bgt om, banyak yg interchangeable sama camry xv50. lumayan brakepad 600rb order shock pun dr us bisa beli punya camry biar murah.kendibocor wrote: ↑Wed Apr 20, 2022 16:54 Maintenisnya murah banget om hahaha...
Saya kira orang agak2 lebay bilang maintenis lexus murah karena mikirnya tetep aja merk premium. Tp ternyata bener ya ga jauh beda ma jepang generik. Senggaknya fee jasanya. Part ya wajar lah segituan.
Anyway, congrats mobil barunya. Irit banget yah, pas buat sikon saat ini. Dsn yg lebih penting ga pusing cari parkir di mall tertentu
thanku omm, sayang mall langganan saya (sency) uda ga ada parkir lexusnya.
5 digit dengan kode negara itu mobil staf diplomatik/kantor perwakilan organisasi om. 71 = UNICEF.rakyatwkwkland wrote: ↑Wed Apr 20, 2022 17:27 Salfok sama plat nya
Kalo gasalah itu plat konsulat jendral bukan ya?
Pilihan yang sangat tidak biasa si oom TS ini. Even di jalan pun agak2nya ES ini ane sendiri cukup jarang liatnya ya kalo di kota ane di jkt.
And, itu bensin beneran oom 30 km/l? Warbyasah uirrriiiitttt tenan... Kayanya kalo ane liat review media, kemri hybrid aja dalkot msh di 18an km/l dan tol mentok2 kayanya 25 sampai 20-besar km/l... Bawanya kaki sekolah kah oom?
Ane pernah iseng itungin running cost bbm kemri bensin vs kemri haebrit + ganti batere full, pake petromak harga lama yg 9 ribu, asumsi baterai tahan 5 tahun 100k km aja (masa garansi) itu sih udah BEP ya ganti baterenya, plus udah dapet untungnya walau masih dikit. Kalo sekarang sih petromak dah 12k pasti lebih untung lagi. Kalo baterenya umurnya lebih panjang lagi, udah tinggal nikmatin iritnya aja itu... Cocoklah mobil2 begini kalo emang mau diajak kerja keras. Kalo ngendon di gerasi mulu malah rugi genti baterenya
Btw,Ane baru tau oom kalo ternyata rem tangan bisa diinjek yah.......injek rem tangan
Anyway, congrats mobil barunya oom. Semoga puas pakenya.
saya suka barang yang ga dipake orang lain om ahaha. mobil, jam, lappy semua maunya yg ga dikembarin orang.
rekor saya 30an km/l om, normalnya di 15-20an. bekasi-sudirman itu 20km/l dapet lah gampang. kaki saya mayan sekolah om, veloz baru ngetol jkt bandung 1:18 padahal buru2
pake ES ini asal ngegasnya sekolah harusnya irit sih, cuma emang hoki2an nampang di mid nya haha. saya pernah berangkat kerja bekasi-jaktim cruise control di 80 cuma dapet 14km/l, pas pulang iseng tes top speed pake sport mode malah 17km/l
battery juga hoki2an.. temen saya ada 200rb km camry lom ganti batere. yg lain malah ada 50rb udah ganti.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
Wah menarick bener ni mobil perawatannya juga ga rese2 amat yak…
Btw plat konjen/OI gini bebas ganjil genap ga?
Btw plat konjen/OI gini bebas ganjil genap ga?
Smileage lebih penting dari mileage
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1399
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
Pak kalau semisal mobil hybrid gini terus kedepanya baterainya sudah lemah/rusak atau kontrolernya error terus kita males benerin, bisa dilepas ga sistemnya dan jadi mobil konvensional?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 431
- Joined: Sat Jan 12, 2008 12:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
Bagus mobil nya Om. Nice review. Pas momen nya dengan BBM non-subsidi yang lagi mahal mahal nya
Btw sekalian nanya kalo Lexus ATPM gini misal di luar kota diterima ga kalo service di auto 2000? misalnya untuk basic mesin yang sama ada di varian Toyota?
Btw sekalian nanya kalo Lexus ATPM gini misal di luar kota diterima ga kalo service di auto 2000? misalnya untuk basic mesin yang sama ada di varian Toyota?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 775
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Fortuner gerobak
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 14, 2009 8:34
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
Hehehe keren om mobilnya, review nya enak dan plat nya ngewriiii
kebetulan adik saya (suami ipar yg pake koleos) pakai ES300H 2019.
Pas lg dirumah bokap. Tapi emg gak pernah si bisa 1L 30kmh. Paling mentok 1L 25Km lah nyetir ini kaya gak ada gear nya cvt kali ya hehe
kebetulan adik saya (suami ipar yg pake koleos) pakai ES300H 2019.
Pas lg dirumah bokap. Tapi emg gak pernah si bisa 1L 30kmh. Paling mentok 1L 25Km lah nyetir ini kaya gak ada gear nya cvt kali ya hehe
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 179
- Joined: Wed Sep 03, 2014 5:49
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
keren reviewnya om. Lexus 2nd opsi yang menarik banget buat di explore ya
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 158
- Joined: Wed Jan 14, 2009 8:34
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
Hehehe keren om mobilnya, review nya enak dan plat nya ngewriiii
kebetulan adik saya (suami ipar yg pake koleos) pakai ES300H 2019.
Pas lg dirumah bokap.
Tapi emg gak pernah si bisa 1L 30kmh. Paling mentok 1L 25Km lah nyetir ini kaya gak ada gear nya cvt kali ya hehe
eh sorry baru sadar tadi diatas attachment nya zonk
kebetulan adik saya (suami ipar yg pake koleos) pakai ES300H 2019.
Pas lg dirumah bokap.
Tapi emg gak pernah si bisa 1L 30kmh. Paling mentok 1L 25Km lah nyetir ini kaya gak ada gear nya cvt kali ya hehe
eh sorry baru sadar tadi diatas attachment nya zonk
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2209
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
Mantap om, si ES ini bagusnya juga parts aftermarket lebih banyak tein enduropro plus pun ada. Ane pernah nyari buat kakaknya yang udah discontinue (GS 4th gen) gak ada aftermarketnya,brake disc juga gak ada.
Pake tein endurapro plus gimana om impressinya? Pakai di setingan berapa?
Pake tein endurapro plus gimana om impressinya? Pakai di setingan berapa?
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 330
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - EH32 - W203
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
aturannya bebas ganjil genap om. perawatan rese sih kalo slow moving, aki doang inden di lexus. mau ke toko sparepart pun ditanyain balik ini mobil apaan
kalo dilepas ga bisa om pasti error. dibiarin aja bisa tapi mobil jadi lemot dan ndut2an. batere ganti bisa per cell sih.
thanku omm. lexus di indo bisa servis ke auto2000/dealer toyota manapun, mereka nanti pesenin parts nya ke jkt. basic mesin sama atau ngga bisa semua, klien saya pake RX300 gres di sumbar servis di a2k.iwansiagian wrote: ↑Thu Apr 21, 2022 0:44 Bagus mobil nya Om. Nice review. Pas momen nya dengan BBM non-subsidi yang lagi mahal mahal nya
Btw sekalian nanya kalo Lexus ATPM gini misal di luar kota diterima ga kalo service di auto 2000? misalnya untuk basic mesin yang sama ada di varian Toyota?
11jt pas beli mikir bisa bayar ga ya ntaran.
iya om, cuma yg sedan jarang unitnya. RX banyak banget yang pake.
buset 7er sama ESnya cakep bener.. kalo di samping es baru kebanting sih punya saya hahaha.goodwill wrote: ↑Thu Apr 21, 2022 5:41 Hehehe keren om mobilnya, review nya enak dan plat nya ngewriiii
kebetulan adik saya (suami ipar yg pake koleos) pakai ES300H 2019.
Pas lg dirumah bokap.
Tapi emg gak pernah si bisa 1L 30kmh. Paling mentok 1L 25Km lah nyetir ini kaya gak ada gear nya cvt kali ya hehe
eh sorry baru sadar tadi diatas attachment nya zonk
k3.jpeg
1:30 ngga susah om, yg penting gasnya ga kasar supaya mesin ga nyala.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 330
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - EH32 - W203
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
GS lebih banyak partnya om harusnya. endurapronya belom dateng, belinya jauh soalnya hahaha.sahabatq8 wrote: ↑Thu Apr 21, 2022 6:23 Mantap om, si ES ini bagusnya juga parts aftermarket lebih banyak tein enduropro plus pun ada. Ane pernah nyari buat kakaknya yang udah discontinue (GS 4th gen) gak ada aftermarketnya,brake disc juga gak ada.
Pake tein endurapro plus gimana om impressinya? Pakai di setingan berapa?
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2209
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
Beli dari luar negri om? Cukai + ongkir kenabrapa?sherryandkez wrote: ↑Thu Apr 21, 2022 10:47GS lebih banyak partnya om harusnya. endurapronya belom dateng, belinya jauh soalnya hahaha.sahabatq8 wrote: ↑Thu Apr 21, 2022 6:23 Mantap om, si ES ini bagusnya juga parts aftermarket lebih banyak tein enduropro plus pun ada. Ane pernah nyari buat kakaknya yang udah discontinue (GS 4th gen) gak ada aftermarketnya,brake disc juga gak ada.
Pake tein endurapro plus gimana om impressinya? Pakai di setingan berapa?
Kalo di market indo gak ada om buat 4gs, malah yang 3gs lebih banyak.
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 330
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - EH32 - W203
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
beli dari tein usa langsung om, rada mahal sampe indo tp satu2nya pilihan. pm aja kalau mau om.sahabatq8 wrote: ↑Thu Apr 21, 2022 11:48Beli dari luar negri om? Cukai + ongkir kenabrapa?sherryandkez wrote: ↑Thu Apr 21, 2022 10:47GS lebih banyak partnya om harusnya. endurapronya belom dateng, belinya jauh soalnya hahaha.sahabatq8 wrote: ↑Thu Apr 21, 2022 6:23 Mantap om, si ES ini bagusnya juga parts aftermarket lebih banyak tein enduropro plus pun ada. Ane pernah nyari buat kakaknya yang udah discontinue (GS 4th gen) gak ada aftermarketnya,brake disc juga gak ada.
Pake tein endurapro plus gimana om impressinya? Pakai di setingan berapa?
Kalo di market indo gak ada om buat 4gs, malah yang 3gs lebih banyak.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4759
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
nice review om & congrats atas mobil barunya dan salken sesama user lexus, kebetulan saya user RX 300 luxury, beli seken juga akhir tahun lalu. background storynya sama kaya saya nih, dulu sempet kepikiran nyari mobil yg lebih lega dan nyaman buat gantiin CX5 elite 2018. kandidatnya waktu itu ada w205 seken, GLC seken, civic FE baru, mazda 3 hatchback baru dan alphard seken. berhubung kalo make sedan / hatch suka mentok alias rawan gesrot, akhirnya w205, civic FE dan mazda 3 hatch dicoret dari list. akhirnya tersisalah
- GLC 2017-2018
- alphard G ATPM 2018-2019
semua dengan budget kisaran 800-900 jtan. berhubung ortu saya sama seperti om, masih mikir2 dulu sm biaya perawatan mobil eropa , akhirnya GLC dicoret dari list. otomatis, satu2nya kandidat yg tersisa hanyalah alphard . mulailah hunting alphard, ternyata agak susah ya nyari yg low km, kalopun ada yg low km, rata2 harganya pada buka agak tinggi dan begitu mau disurvei, beberapa kali keduluan orang . sampe pada akhirnya, saya pada titik nyaris putus asa mencari alphard yg sesuai budget, saya mikinya, gapapa deh saya naikkin budget, daripada cape nyari2 sana sini gak nemu yg cocok. sampe pada suatu hari, kenalan nyokap nawarin RX300 2018 nya yg mau dijual, yaudah karena kenal baik sm yg punya mobil dan dari foto juga masih bagus akhirnya disurvei esok harinya, walaupun agak overbudget harganya . kondisi mobil bener2 bagus. inteiror mulus, semua panel masih berfungsi semua, tarikan enak, matic responsif, body lempeng semua , full ori luar dalam tanpa modifikasi sama sekali dan semua dokumen seperti buku manual dan buku servis lengkap. odometer pas saya liat mobilnya juga masih berjalan 11rb asli, record beres lexus. bahkan buku manualnya pun masih plastikan saking gapernah dipake. akhirnya ibu saya cukup suka dengan kondisi mobil tersebut dan langsung dp saat itu juga, akhirnya cx5 saya digantikan oleh lexus tersebut dan tidak menyesal sampai hari ini, mobilnya cukup nyaman dan fiturnya juga cukup lengkap. selain itu biaya perawatannya juga masih cukup wajar buat ukuran luxury car + aftersalesnya cukup oke juga serta durable. selama make, blm ada masalah yg aneh2, baru ganti aki aja
back to topic. lexus gs memang mobil yg bagus secara desain exterior dan interiornya (walaupun desain interiornya menurut saya bapak2 bgt ya, beda sm exteriornya yg sporty ala anak muda. rx saya pun begitu soalnya, desain interiornya bapak2 bgt, tapi luarnya anak muda bgt stylenya , gak se sporty bmw desain interiornya menurut saya) , fiturnya juga lumayan lengkap dikelasnya. tapi entah knp kurang populer dibanding bmw dan mercy, mungkin di Indo brand image lexus blm sekuat duo jerman , padahal kelasnya setara (mohon maaf kalo salah) . saya pribadi juga sebelum punya RX ini juga gak kepikiran sama sekali buat punya brand ini, saya mikirnya juga nanggung. mending naik kelas ke brand eropa kek mercy or bmw sekalian yg prestigenya jelas diatas lexus kalo di Indo, ternyata dugaan saya salah semua. lexus adalah merek premium jepang yg mewah, nyaman dan durable serta prestigenya gak kalah oke dibanding mercy or bmw. dan lexus gs ini menurut saya ada di tengah2 alias all rounder, cukup nyaman untuk jalan jauh tapi masih cukup enak untuk dikemudikan, walaupun kenyamanannya masih blm sebaik mercy serta driving feel ,tarikan dan handlingnya blm seenak bmw, tapi untuk ukuran luxury car, mobil ini sudah cukup oke menurut saya untuk dipake daily dan gak malu2in juga, malah di mall tertentu dikasih parkir khusus kaya yg om bilang
- GLC 2017-2018
- alphard G ATPM 2018-2019
semua dengan budget kisaran 800-900 jtan. berhubung ortu saya sama seperti om, masih mikir2 dulu sm biaya perawatan mobil eropa , akhirnya GLC dicoret dari list. otomatis, satu2nya kandidat yg tersisa hanyalah alphard . mulailah hunting alphard, ternyata agak susah ya nyari yg low km, kalopun ada yg low km, rata2 harganya pada buka agak tinggi dan begitu mau disurvei, beberapa kali keduluan orang . sampe pada akhirnya, saya pada titik nyaris putus asa mencari alphard yg sesuai budget, saya mikinya, gapapa deh saya naikkin budget, daripada cape nyari2 sana sini gak nemu yg cocok. sampe pada suatu hari, kenalan nyokap nawarin RX300 2018 nya yg mau dijual, yaudah karena kenal baik sm yg punya mobil dan dari foto juga masih bagus akhirnya disurvei esok harinya, walaupun agak overbudget harganya . kondisi mobil bener2 bagus. inteiror mulus, semua panel masih berfungsi semua, tarikan enak, matic responsif, body lempeng semua , full ori luar dalam tanpa modifikasi sama sekali dan semua dokumen seperti buku manual dan buku servis lengkap. odometer pas saya liat mobilnya juga masih berjalan 11rb asli, record beres lexus. bahkan buku manualnya pun masih plastikan saking gapernah dipake. akhirnya ibu saya cukup suka dengan kondisi mobil tersebut dan langsung dp saat itu juga, akhirnya cx5 saya digantikan oleh lexus tersebut dan tidak menyesal sampai hari ini, mobilnya cukup nyaman dan fiturnya juga cukup lengkap. selain itu biaya perawatannya juga masih cukup wajar buat ukuran luxury car + aftersalesnya cukup oke juga serta durable. selama make, blm ada masalah yg aneh2, baru ganti aki aja
back to topic. lexus gs memang mobil yg bagus secara desain exterior dan interiornya (walaupun desain interiornya menurut saya bapak2 bgt ya, beda sm exteriornya yg sporty ala anak muda. rx saya pun begitu soalnya, desain interiornya bapak2 bgt, tapi luarnya anak muda bgt stylenya , gak se sporty bmw desain interiornya menurut saya) , fiturnya juga lumayan lengkap dikelasnya. tapi entah knp kurang populer dibanding bmw dan mercy, mungkin di Indo brand image lexus blm sekuat duo jerman , padahal kelasnya setara (mohon maaf kalo salah) . saya pribadi juga sebelum punya RX ini juga gak kepikiran sama sekali buat punya brand ini, saya mikirnya juga nanggung. mending naik kelas ke brand eropa kek mercy or bmw sekalian yg prestigenya jelas diatas lexus kalo di Indo, ternyata dugaan saya salah semua. lexus adalah merek premium jepang yg mewah, nyaman dan durable serta prestigenya gak kalah oke dibanding mercy or bmw. dan lexus gs ini menurut saya ada di tengah2 alias all rounder, cukup nyaman untuk jalan jauh tapi masih cukup enak untuk dikemudikan, walaupun kenyamanannya masih blm sebaik mercy serta driving feel ,tarikan dan handlingnya blm seenak bmw, tapi untuk ukuran luxury car, mobil ini sudah cukup oke menurut saya untuk dipake daily dan gak malu2in juga, malah di mall tertentu dikasih parkir khusus kaya yg om bilang
Last edited by Pboyz97 on Thu Apr 21, 2022 16:39, edited 1 time in total.
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4759
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
saya bantu jawab ya. bisa, kebetulan saya pernah nanya orang lexusnya kalo dilukot ada auto2000 tertentu yg memang di training buat handle mobil lexus ini heheheiwansiagian wrote: ↑Thu Apr 21, 2022 0:44 Bagus mobil nya Om. Nice review. Pas momen nya dengan BBM non-subsidi yang lagi mahal mahal nya
Btw sekalian nanya kalo Lexus ATPM gini misal di luar kota diterima ga kalo service di auto 2000? misalnya untuk basic mesin yang sama ada di varian Toyota?
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4759
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
wah salken om sesama lexus owner, cakep bgt itu es300 nya, auto keliatan kuno rx saya kalo sebelahangoodwill wrote: ↑Thu Apr 21, 2022 5:41 Hehehe keren om mobilnya, review nya enak dan plat nya ngewriiii
kebetulan adik saya (suami ipar yg pake koleos) pakai ES300H 2019.
Pas lg dirumah bokap.
Tapi emg gak pernah si bisa 1L 30kmh. Paling mentok 1L 25Km lah nyetir ini kaya gak ada gear nya cvt kali ya hehe
eh sorry baru sadar tadi diatas attachment nya zonk
k3.jpeg
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 330
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - EH32 - W203
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
hahaha banyak ya user lexus, ada grupnya gak yaPboyz97 wrote: ↑Thu Apr 21, 2022 16:34 nice review om & congrats atas mobil barunya dan salken sesama user lexus, kebetulan saya user RX 300 luxury, beli seken juga akhir tahun lalu. background storynya sama kaya saya nih, dulu sempet kepikiran nyari mobil yg lebih lega dan nyaman buat gantiin CX5 elite 2018. kandidatnya waktu itu ada w205 seken, GLC seken, civic FE baru, mazda 3 hatchback baru dan alphard seken. berhubung kalo make sedan / hatch suka mentok alias rawan gesrot, akhirnya w205, civic FE dan mazda 3 hatch dicoret dari list. akhirnya tersisalah
- GLC 2017-2018
- alphard G ATPM 2018-2019
semua dengan budget kisaran 800-900 jtan. berhubung ortu saya sama seperti om, masih mikir2 dulu sm biaya perawatan mobil eropa , akhirnya GLC dicoret dari list. otomatis, satu2nya kandidat yg tersisa hanyalah alphard . mulailah hunting alphard, ternyata agak susah ya nyari yg low km, kalopun ada yg low km, rata2 harganya pada buka agak tinggi dan begitu mau disurvei, beberapa kali keduluan orang . sampe pada akhirnya, saya pada titik nyaris putus asa mencari alphard yg sesuai budget, saya mikinya, gapapa deh saya naikkin budget, daripada cape nyari2 sana sini gak nemu yg cocok. sampe pada suatu hari, kenalan nyokap nawarin RX300 2018 nya yg mau dijual, yaudah karena kenal baik sm yg punya mobil dan dari foto juga masih bagus akhirnya disurvei esok harinya, walaupun agak overbudget harganya . kondisi mobil bener2 bagus. inteiror mulus, semua panel masih berfungsi semua, tarikan enak, matic responsif, body lempeng semua , full ori luar dalam tanpa modifikasi sama sekali dan semua dokumen seperti buku manual dan buku servis lengkap. odometer pas saya liat mobilnya juga masih berjalan 11rb asli, record beres lexus. bahkan buku manualnya pun masih plastikan saking gapernah dipake. akhirnya ibu saya cukup suka dengan kondisi mobil tersebut dan langsung dp saat itu juga, akhirnya cx5 saya digantikan oleh lexus tersebut dan tidak menyesal sampai hari ini, mobilnya cukup nyaman dan fiturnya juga cukup lengkap. selain itu biaya perawatannya juga masih cukup wajar buat ukuran luxury car + aftersalesnya cukup oke juga serta durable. selama make, blm ada masalah yg aneh2, baru ganti aki aja
back to topic. lexus gs memang mobil yg bagus secara desain exterior dan interiornya (walaupun desain interiornya menurut saya bapak2 bgt ya, beda sm exteriornya yg sporty ala anak muda. rx saya pun begitu soalnya, desain interiornya bapak2 bgt, tapi luarnya anak muda bgt stylenya , gak se sporty bmw desain interiornya menurut saya) , fiturnya juga lumayan lengkap dikelasnya. tapi entah knp kurang populer dibanding bmw dan mercy, mungkin di Indo brand image lexus blm sekuat duo jerman , padahal kelasnya setara (mohon maaf kalo salah) . saya pribadi juga sebelum punya RX ini juga gak kepikiran sama sekali buat punya brand ini, saya mikirnya juga nanggung. mending naik kelas ke brand eropa kek mercy or bmw sekalian yg prestigenya jelas diatas lexus kalo di Indo, ternyata dugaan saya salah semua. lexus adalah merek premium jepang yg mewah, nyaman dan durable serta prestigenya gak kalah oke dibanding mercy or bmw. dan lexus gs ini menurut saya ada di tengah2 alias all rounder, cukup nyaman untuk jalan jauh tapi masih cukup enak untuk dikemudikan, walaupun kenyamanannya masih blm sebaik mercy serta driving feel ,tarikan dan handlingnya blm seenak bmw, tapi untuk ukuran luxury car, mobil ini sudah cukup oke menurut saya untuk dipake daily dan gak malu2in juga, malah di mall tertentu dikasih parkir khusus kaya yg om bilang
saya tadinya juga lirik2 alphard/vellfire gs, tapi diledekin nyokap, lo blm punya bini blm punya anak uda beli mobil gede aja hahaha. dipikir iya juga ya n bosen krn uda sering bawa alphard/vellfire.
ES300h ini saya beli km 71rb tp daleman masih pada plastikan. jadinya lucu timpang area driver bbrp cacat di kulitnya tp interior lain masih ada plastiknya. manual book sih gampang lagi saya order sama tas2nya, karena saya juga jualan brosur+manual book.
kalo nyaman sih jauh ini di atas W212/F10. cuma ngga enak dibawa ngebut dibanding 2 itu, stabil banget sih tapi ga seru.
ga malu2in lah, kemaren saya bukber naik ini temen yang naik palisade aja lama ngeliatin, dikira camry modif kali ya hahaha.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4759
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
ada om, tapi di WA hehehe. kalo om mau join, bisa PM saya, nanti saya beritahu cara joinnya bagaimana, kebetulan saya sudah sekitar 5 bulanan jadi member group tersebut, isinya memang user lexus dan bermacam2, ada yg RX, NX dll, bukan terfokus pada 1 model saja groupnya, yg penting sesama lexus, udh bisa masuk group tersebut menurut saya hehehesherryandkez wrote: ↑Thu Apr 21, 2022 17:59
hahaha banyak ya user lexus, ada grupnya gak ya
saya tadinya juga lirik2 alphard/vellfire gs, tapi diledekin nyokap, lo blm punya bini blm punya anak uda beli mobil gede aja hahaha. dipikir iya juga ya n bosen krn uda sering bawa alphard/vellfire.
ES300h ini saya beli km 71rb tp daleman masih pada plastikan. jadinya lucu timpang area driver bbrp cacat di kulitnya tp interior lain masih ada plastiknya. manual book sih gampang lagi saya order sama tas2nya, karena saya juga jualan brosur+manual book.
kalo nyaman sih jauh ini di atas W212/F10. cuma ngga enak dibawa ngebut dibanding 2 itu, stabil banget sih tapi ga seru.
ga malu2in lah, kemaren saya bukber naik ini temen yang naik palisade aja lama ngeliatin, dikira camry modif kali ya hahaha.
kalo ibu saya malah kebalikannya, karena hampir tiap hari disopirin, makanya milih alphard, karena lebih lega, tapi karena udh beberapa waktu nyari dan blm dapet, serta kebetulan ditawarin lexus ini kondisi bagus ya akhirnya disikat walaupun agak overbudget , so far cukup puas dengan mobil ini. wah kmnya udh lumayan juga ya buat ukuran lexus. kalo punya saya hampir semua gak plastikan kecuali bukmannya aja , tapi interiornya surprisingly masih bagus tanpa cacat + tombol2nya masih berfungsi semua. kalo ngebut ya merem bmw deh, gatau knp kalo abis dari bmw, bawa lexus rasanya kaya bawa kapal menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 330
- Joined: Sun Mar 13, 2022 9:47
- Daily Vehicle: AVV60 - AVV50 - EH32 - W203
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
boleh dong saya pm ya.Pboyz97 wrote: ↑Fri Apr 22, 2022 17:01ada om, tapi di WA hehehe. kalo om mau join, bisa PM saya, nanti saya beritahu cara joinnya bagaimana, kebetulan saya sudah sekitar 5 bulanan jadi member group tersebut, isinya memang user lexus dan bermacam2, ada yg RX, NX dll, bukan terfokus pada 1 model saja groupnya, yg penting sesama lexus, udh bisa masuk group tersebut menurut saya hehehesherryandkez wrote: ↑Thu Apr 21, 2022 17:59
hahaha banyak ya user lexus, ada grupnya gak ya
saya tadinya juga lirik2 alphard/vellfire gs, tapi diledekin nyokap, lo blm punya bini blm punya anak uda beli mobil gede aja hahaha. dipikir iya juga ya n bosen krn uda sering bawa alphard/vellfire.
ES300h ini saya beli km 71rb tp daleman masih pada plastikan. jadinya lucu timpang area driver bbrp cacat di kulitnya tp interior lain masih ada plastiknya. manual book sih gampang lagi saya order sama tas2nya, karena saya juga jualan brosur+manual book.
kalo nyaman sih jauh ini di atas W212/F10. cuma ngga enak dibawa ngebut dibanding 2 itu, stabil banget sih tapi ga seru.
ga malu2in lah, kemaren saya bukber naik ini temen yang naik palisade aja lama ngeliatin, dikira camry modif kali ya hahaha.
kalo ibu saya malah kebalikannya, karena hampir tiap hari disopirin, makanya milih alphard, karena lebih lega, tapi karena udh beberapa waktu nyari dan blm dapet, serta kebetulan ditawarin lexus ini kondisi bagus ya akhirnya disikat walaupun agak overbudget , so far cukup puas dengan mobil ini. wah kmnya udh lumayan juga ya buat ukuran lexus. kalo punya saya hampir semua gak plastikan kecuali bukmannya aja , tapi interiornya surprisingly masih bagus tanpa cacat + tombol2nya masih berfungsi semua. kalo ngebut ya merem bmw deh, gatau knp kalo abis dari bmw, bawa lexus rasanya kaya bawa kapal menurut saya
km sih normal yah, kemaren ada es300h pre fl 2 biji udah 140 sama 160rb km. kalo interior lexus pada kena di kulit sih, sama GS/LS lama di dash. tombol mah pada awet. beda sama eropaan yg kulitnya awet tp tombol sama layar pada kena.
“People say nothing is impossible, but I do nothing every day.”
—Winnie the Pooh
—Winnie the Pooh
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4759
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Meet Reysha, 2015 Lexus ES300h (AVV60)
sudah saya pm yasherryandkez wrote: ↑Sat Apr 23, 2022 7:48
boleh dong saya pm ya.
km sih normal yah, kemaren ada es300h pre fl 2 biji udah 140 sama 160rb km. kalo interior lexus pada kena di kulit sih, sama GS/LS lama di dash. tombol mah pada awet. beda sama eropaan yg kulitnya awet tp tombol sama layar pada kena.
wah lumayan juga ya km nya, fix dipake tiap hari itu mobil . betul om, wajar sih, karena umurnya udh diatas 5 tahun juga sih wkwkkw
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11