2022 Honda BR-V E CVT - User Review
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
2022 Honda BR-V E CVT - User Review
Another Year, another H.
ada semacam joke yang sangat populer di kalangan seleb yutuber mobil atau netijen otomotif indo yang terutama sudah berkeluarga :
"kalau beli mobil, ya harus sudah SNI (Sudah Nanya Istri) dan ISO (Istri Sudah Oke)" terutama influenza otomotif yang terkenal gimmicknya kalo malem ngajak makan, besoknya udah beli mobil baru aja
nah ini mungkin berlaku ke bokap ane jg dengan alibi buat beliin nyokap, rayuan dari awal kemunculan BR-V pun akhirnya terealisasi di akhir tahun. dalihnya buat nuker Toyota Sienta V yang entah kenapa kok seperti kena bad omen : ditabrakin driver, oli sempet bocor abis servis di bengkel sodara karena masang filter oli kekencengan.
dan mindset nyokap sebagai orang yang tidak paham otomotif, "uwes akeh dandan wayahe ganti (sudah banyak perbaikan waktunya ganti mobil)" tapi dijadiin senjata bokap buat ngerayu beli BR-V baru, tiap liat BR-V di jalan "BR-V baru iki apik yo (BR-V baru ini bagus ya)".
nyokap kan males pikir panjang dia mobil syaratnya kudu SUV, tidak terlalu besar tapi bagasi harus gede krn buat shelter terus yang penting jangan banyak fancy features alias sensing sensingan karena mobil bakal gantian pake sama driver.
akhirnya ya diputuskanlah "matic, tipe paling murah". BR-V E CVT. kebetulan ada temen gereja baru aja kerja di dealer H langganan. bantu ngegol-in DO pertama meski nego nya musti dipancing-pancing dulu biar mau nambah
deal di harga potongan 45 juta. dari 318.800 ke 273.800. kalau mau dihitung sekalian video competition dapet lagi 3.7juta unit awalnya gak ready karena warna lunar silver, akhirnya minta alokasi luar kota. datang 2 minggu kemudian.
waktu delivery sempat ada kebingungan karena sampai lokasi CEL nyala. teman ane sales baru nggak ngerti ginian, tanya tukang PDI nya dibilang "oh itu nanti cabut aki aja, atau jalanin beberapa kilo udah ilang kok". baiklah bener, dijalanin agak jauh dia udah ilang.
Di hari pertama langsung bawa ke bengkel variasi untuk pasang cover jok karena type E tidak dapat jok kulit. 3 hari nginep lalu mobil sudah mulai dipakai.
Styling
Overall seperti inilah tampilan type E, tidak terlalu flashy seperti tipe Prestige. agak - agak mirip VW Tiguan versi budget. tapi entah kenapa lebih manis dilihat dibanding Prestige dengan velg two-tone 17inch nya.
E dapet velg 16 inch alloy dan the cursed ban dunlop enash*t yang ane sangat yakin ketika karet-karet bushing mobil ini sudah kalah di tahun ke-3, ride qualitynya bakal berasa makin-makin glodakannya seperti yang udah terjadi di Xpander bokap. beruntung ini mobil bakal dipake jarak pendek-pendek aja.
kesan awalnya mobil ini kecil tapi setelah kita masuk car port karena dulu pakai Sienta, guedheeeee ternyata mobil ini. setelah diamat-amati emang moncong mobil ini yang bikin gede. di saat modelan Xpander/Stargazer menggunakan model ala space shuttle untuk ngirit moncong dan maksimalin space, ini BR-V malah boros sekali moncongnya.
nggak biasanya Honda begini. kayaknya filosofi man maximum-machine minimum udah gak dipake karena WR-V pun ruang mesinnya gede dan moncongnya panjang. mungkin HPM didemo sama montir karena di GE8/GB3 mo tune up ribet bongkar-bongkarnya. ini justru seperti SUV kelas C-segment seperti CR-V. kalo lihat BR-V emang sebelahan sama CR-V generasi 2 ukurannya hampir mirip. bisa kali tuh nanti K swap BRV
tapi proportionsnya justru bagus, ngikut gaya Honda kekinian main clean lines nggak kayak sebelumnya kebanyakan garis-garis nabrak. berasa upclass walau ini product untuk emerging market spt india dan indonesia.
Interior Looks & Quality.
interior seperti sudah dibahas, bedanya di type E bener-bener full plastic gak ada tempelan leather di dashnya. tapi sesuai kegunaan yang emang untuk operasional dan kotor-kotoran, jadi hard plastic gini malah gakpapa.
gak perlu dibahas betapa banyak tombol dan tuas yang mirip dengan older models dan betapa tidak flowingnya desain dashboard honda amaze india ini. segitu maksanya mau niru CR-V sampai harus "nongol dikit" AC tengahnya. MID juga lebih sederhana dari type Prestige. build quality so-so tapi so far belum ada rattle, yang nyebelin handbrake mekanis dari zaman brio 2012 itu masih aja dipertahanin. yang bentuknya kayak tit*t. bener-bener ngerusak experience liat kabinnya (yang juga emang udah nggak pleasing).
Kabin tidak terasa luas, paling sempit malah dibanding yang lain karena mobil ini kabinnya paling kecil. kursi belakang masih lebih tidak enak dibanding Xpander atau Stargazer.
Driving & Ride Quality
jok sebenarnya sandarannya nyaman, ga ada teleskopik juga tidak terlalu ganggu karena udah enak. jok lebih tebal dari BR-V lama atau Brio.
tapi kalau postur tubuh udah fitra eri yang 177cm... maksudnya tinggi badan udah di atas 170cm dijamin akan berasa kurang nyaman duduk nyetirnya. apalagi kalau yang bentuk pahanya panjang dan never skip leg day sehingga pantatnya agak seksi kayak ane karena cushion bawah itu bukan hip support, tapi lebih pantes disebut butt support.
di ane, posisi nyetir paling normal itu ya yang ketahan cuma pantat. which is gapapa kalau cuma buat dalam kota aja. kalau luar kota perlu pembuktian lebih lanjut karena nyetir mobilio lama itu pegel-pegel punggungnya jok terlalu keras, ini jok ga keras tapi paha gantung.
masalah lainnya adalah sepertinya honda negara manapun yang RnD mobil ini itu mungkin berisi perempuan-perempuan berbadan imut karena posisi armrest dan tuas transmisinya sangat rendah.
visibility sangat enak, mobil rasanya kecil walau aslinya ga kecil-kecil amat. pillar A tidak se-landai dan setebal Xpander atau Stargazer. salip-menyalip dengan mobil ini dijamin seperti bawa Brio.
utk powertrain rasanya sudah tidak perlu dibahas.... L15ZF DOHC 121PS dan transmisi CVT. mesin yang katanya tidak lebih punchy dari L15Z1 lama. tapi apakah betul?
kesan "lamban" pada mobil ini itu sekiranya ane analisa ada 2 faktor :
- - engine power curve yang cenderung lebih flat dibanding L15Z1 SOHC. L15ZF dengan konstruksi DOHC memiliki torque curve yang agak di tengah. masalahnya dengan factory tune yang mungkin dibuat serendah mungkin mengingat segmen konsumen mobil ini, ignition timing seperti di retard terlalu banyak. padahal engine yang sama sebenarnya didesain untuk mengeluarkan 132hp di honda Fit/Vezel JDM.
- selip transmisi terlalu besar ketika kickdown. karena waktu nyetir santai dengan light throttle transmisinya berasa cekatan selip dikit langsung lock. tapi begitu kickdown delaynya terlalu besar. ini akibat tuning transmisi yang sepertinya mau irit jadi nggak disiapkan untuk akselerasi.
tapi perspective nya gini : kalau sehari-hari biasa pakai rival seperti say Xpander, atau dalam case ini Sienta V, maka BR-V itu justru terasa mobil yang sangat powerful, ringan, dan cekatan. dan fun factnya jika diadu 0-100 atau 400m drag race melawan City dan WRV, mungkin BR-V malah paling superior karena final gear BR-V ini paling kasar dibanding City atau WRV.
suspension tuning di mobil ini pun agak ke arah keras. jika beli tipe Prestige dengan ban Turanza T005a dan ngisi anginnya ala dealer (over-inflate) maka ya ride qualitynya akan terasa ngocok sekali. tapi di tipe E CVT dengan velg lebih kecil ride qualitynya bisa dibilang sangat pas. ane lebih suka ini dibanding Xpander/Stargazer kalau untuk nyetir. ga berasa melayang limbung dan salip menyalip nggak ragu-ragu karena mobilnya sangat nurut. Steering juga tidak banyak yang perlu dikomentari walau radius putar definitely improvement besar dibanding Sienta ini mobil bisa belok nekuk dengan proper.
oh iya FYI dan ini salah satu yang menurut ane kenapa BR-V itu paling mahal dibanding yang lain : dari dulu sebenarnya BR-V itu didesain mechanically identical dengan HR-V, tapi lebih seperti HR-V lower grade for emerging market sementara HR-V itu global market. makanya kalau ada 1 hal yang menurut ane sangat berbeda dari BR-V dan lawan-lawannya adalah kualitas kaki-kaki. bukan yang ternyaman tapi feelnya itu solid, kokoh, memang seperti mobil kelas HR-V. Berbeda dengan Xpander yang by experience sangat mudah glodakan dan lebih terasa ringkih kalo lewat jalan jerawatan.
Conclusion : The No-Nonsense Daily Beater
Sebenarnya kalau nggak terlalu fancy sensing-sensingan, BR-V tipe E sudah sangat cukup untuk jadi mobil daily beater. ini mobil yang gc nya tinggi, ukurannya cukup pas tidak kebesaran, modelnya ganteng. bahkan dengan discount sekarang jatuhnya jadi value for money sekali karena saudara kecilnya si WR-V bahkan belum dapet diskon.
Tapi ukuran jok dan size kabin yang paling kecil dibanding lawan seharga, membuat mobil ini kurang pantas jika purposenya untuk melawan Xpander yang betul-betul dirancang untuk kenyamanan kabin maksimal. BR-V ini kodratnya sama seperti Toyota Rush, tentu saja tanpa suspensi keras amit-amitnya itu dan RWD rigid axle belakang. dan tentu saja BBM yang lebih irit.
dan dengan diskon besar, it's truly a bargain. plus 4yrs / 50rb km free maintenance. Sejauh ini belum ada factory defect.
Lalu dibanding Toyota Sienta?
Compared ke Toyota Sienta, kelemahan terbesar BR-V itu ruang kabinnya yang dimana itu kelebihan minivan seperti Sienta dan Freed. BR-V tidak punya ruang kabin se fleksibel Sienta. Tapi bagasi BR-V itu lebih flat, jadi untuk bawa galon banyak lebih mudah ngaturnya. Sienta dulu agak jeglong akibat mekanisme pelipatan jok baris ketiga.
Secara driving feel bawa BR-V jauh lebih satset dan lincah, power mesin pun lebih terasa kuat. kaki kaki juga feeling lebih kokoh nya BR-V itu ada. Bantingan BR-V cenderung lebih kaku tapi lebih ngeredam (mungkin ada faktor mobil baru), Sienta feeling ane kalo lewat lobang rasanya sekabin geterrrr semua. Apalagi kalau buat puterbalik, jangan ditanya mana yang lebih enak
intinya untuk kegunaan nyokap ane, BR-V adalah mobil yang lebih cocok
ada semacam joke yang sangat populer di kalangan seleb yutuber mobil atau netijen otomotif indo yang terutama sudah berkeluarga :
"kalau beli mobil, ya harus sudah SNI (Sudah Nanya Istri) dan ISO (Istri Sudah Oke)" terutama influenza otomotif yang terkenal gimmicknya kalo malem ngajak makan, besoknya udah beli mobil baru aja
nah ini mungkin berlaku ke bokap ane jg dengan alibi buat beliin nyokap, rayuan dari awal kemunculan BR-V pun akhirnya terealisasi di akhir tahun. dalihnya buat nuker Toyota Sienta V yang entah kenapa kok seperti kena bad omen : ditabrakin driver, oli sempet bocor abis servis di bengkel sodara karena masang filter oli kekencengan.
dan mindset nyokap sebagai orang yang tidak paham otomotif, "uwes akeh dandan wayahe ganti (sudah banyak perbaikan waktunya ganti mobil)" tapi dijadiin senjata bokap buat ngerayu beli BR-V baru, tiap liat BR-V di jalan "BR-V baru iki apik yo (BR-V baru ini bagus ya)".
nyokap kan males pikir panjang dia mobil syaratnya kudu SUV, tidak terlalu besar tapi bagasi harus gede krn buat shelter terus yang penting jangan banyak fancy features alias sensing sensingan karena mobil bakal gantian pake sama driver.
akhirnya ya diputuskanlah "matic, tipe paling murah". BR-V E CVT. kebetulan ada temen gereja baru aja kerja di dealer H langganan. bantu ngegol-in DO pertama meski nego nya musti dipancing-pancing dulu biar mau nambah
deal di harga potongan 45 juta. dari 318.800 ke 273.800. kalau mau dihitung sekalian video competition dapet lagi 3.7juta unit awalnya gak ready karena warna lunar silver, akhirnya minta alokasi luar kota. datang 2 minggu kemudian.
waktu delivery sempat ada kebingungan karena sampai lokasi CEL nyala. teman ane sales baru nggak ngerti ginian, tanya tukang PDI nya dibilang "oh itu nanti cabut aki aja, atau jalanin beberapa kilo udah ilang kok". baiklah bener, dijalanin agak jauh dia udah ilang.
Di hari pertama langsung bawa ke bengkel variasi untuk pasang cover jok karena type E tidak dapat jok kulit. 3 hari nginep lalu mobil sudah mulai dipakai.
Styling
Overall seperti inilah tampilan type E, tidak terlalu flashy seperti tipe Prestige. agak - agak mirip VW Tiguan versi budget. tapi entah kenapa lebih manis dilihat dibanding Prestige dengan velg two-tone 17inch nya.
E dapet velg 16 inch alloy dan the cursed ban dunlop enash*t yang ane sangat yakin ketika karet-karet bushing mobil ini sudah kalah di tahun ke-3, ride qualitynya bakal berasa makin-makin glodakannya seperti yang udah terjadi di Xpander bokap. beruntung ini mobil bakal dipake jarak pendek-pendek aja.
kesan awalnya mobil ini kecil tapi setelah kita masuk car port karena dulu pakai Sienta, guedheeeee ternyata mobil ini. setelah diamat-amati emang moncong mobil ini yang bikin gede. di saat modelan Xpander/Stargazer menggunakan model ala space shuttle untuk ngirit moncong dan maksimalin space, ini BR-V malah boros sekali moncongnya.
nggak biasanya Honda begini. kayaknya filosofi man maximum-machine minimum udah gak dipake karena WR-V pun ruang mesinnya gede dan moncongnya panjang. mungkin HPM didemo sama montir karena di GE8/GB3 mo tune up ribet bongkar-bongkarnya. ini justru seperti SUV kelas C-segment seperti CR-V. kalo lihat BR-V emang sebelahan sama CR-V generasi 2 ukurannya hampir mirip. bisa kali tuh nanti K swap BRV
tapi proportionsnya justru bagus, ngikut gaya Honda kekinian main clean lines nggak kayak sebelumnya kebanyakan garis-garis nabrak. berasa upclass walau ini product untuk emerging market spt india dan indonesia.
Interior Looks & Quality.
interior seperti sudah dibahas, bedanya di type E bener-bener full plastic gak ada tempelan leather di dashnya. tapi sesuai kegunaan yang emang untuk operasional dan kotor-kotoran, jadi hard plastic gini malah gakpapa.
gak perlu dibahas betapa banyak tombol dan tuas yang mirip dengan older models dan betapa tidak flowingnya desain dashboard honda amaze india ini. segitu maksanya mau niru CR-V sampai harus "nongol dikit" AC tengahnya. MID juga lebih sederhana dari type Prestige. build quality so-so tapi so far belum ada rattle, yang nyebelin handbrake mekanis dari zaman brio 2012 itu masih aja dipertahanin. yang bentuknya kayak tit*t. bener-bener ngerusak experience liat kabinnya (yang juga emang udah nggak pleasing).
Kabin tidak terasa luas, paling sempit malah dibanding yang lain karena mobil ini kabinnya paling kecil. kursi belakang masih lebih tidak enak dibanding Xpander atau Stargazer.
Driving & Ride Quality
jok sebenarnya sandarannya nyaman, ga ada teleskopik juga tidak terlalu ganggu karena udah enak. jok lebih tebal dari BR-V lama atau Brio.
tapi kalau postur tubuh udah fitra eri yang 177cm... maksudnya tinggi badan udah di atas 170cm dijamin akan berasa kurang nyaman duduk nyetirnya. apalagi kalau yang bentuk pahanya panjang dan never skip leg day sehingga pantatnya agak seksi kayak ane karena cushion bawah itu bukan hip support, tapi lebih pantes disebut butt support.
di ane, posisi nyetir paling normal itu ya yang ketahan cuma pantat. which is gapapa kalau cuma buat dalam kota aja. kalau luar kota perlu pembuktian lebih lanjut karena nyetir mobilio lama itu pegel-pegel punggungnya jok terlalu keras, ini jok ga keras tapi paha gantung.
masalah lainnya adalah sepertinya honda negara manapun yang RnD mobil ini itu mungkin berisi perempuan-perempuan berbadan imut karena posisi armrest dan tuas transmisinya sangat rendah.
visibility sangat enak, mobil rasanya kecil walau aslinya ga kecil-kecil amat. pillar A tidak se-landai dan setebal Xpander atau Stargazer. salip-menyalip dengan mobil ini dijamin seperti bawa Brio.
utk powertrain rasanya sudah tidak perlu dibahas.... L15ZF DOHC 121PS dan transmisi CVT. mesin yang katanya tidak lebih punchy dari L15Z1 lama. tapi apakah betul?
kesan "lamban" pada mobil ini itu sekiranya ane analisa ada 2 faktor :
- - engine power curve yang cenderung lebih flat dibanding L15Z1 SOHC. L15ZF dengan konstruksi DOHC memiliki torque curve yang agak di tengah. masalahnya dengan factory tune yang mungkin dibuat serendah mungkin mengingat segmen konsumen mobil ini, ignition timing seperti di retard terlalu banyak. padahal engine yang sama sebenarnya didesain untuk mengeluarkan 132hp di honda Fit/Vezel JDM.
- selip transmisi terlalu besar ketika kickdown. karena waktu nyetir santai dengan light throttle transmisinya berasa cekatan selip dikit langsung lock. tapi begitu kickdown delaynya terlalu besar. ini akibat tuning transmisi yang sepertinya mau irit jadi nggak disiapkan untuk akselerasi.
tapi perspective nya gini : kalau sehari-hari biasa pakai rival seperti say Xpander, atau dalam case ini Sienta V, maka BR-V itu justru terasa mobil yang sangat powerful, ringan, dan cekatan. dan fun factnya jika diadu 0-100 atau 400m drag race melawan City dan WRV, mungkin BR-V malah paling superior karena final gear BR-V ini paling kasar dibanding City atau WRV.
suspension tuning di mobil ini pun agak ke arah keras. jika beli tipe Prestige dengan ban Turanza T005a dan ngisi anginnya ala dealer (over-inflate) maka ya ride qualitynya akan terasa ngocok sekali. tapi di tipe E CVT dengan velg lebih kecil ride qualitynya bisa dibilang sangat pas. ane lebih suka ini dibanding Xpander/Stargazer kalau untuk nyetir. ga berasa melayang limbung dan salip menyalip nggak ragu-ragu karena mobilnya sangat nurut. Steering juga tidak banyak yang perlu dikomentari walau radius putar definitely improvement besar dibanding Sienta ini mobil bisa belok nekuk dengan proper.
oh iya FYI dan ini salah satu yang menurut ane kenapa BR-V itu paling mahal dibanding yang lain : dari dulu sebenarnya BR-V itu didesain mechanically identical dengan HR-V, tapi lebih seperti HR-V lower grade for emerging market sementara HR-V itu global market. makanya kalau ada 1 hal yang menurut ane sangat berbeda dari BR-V dan lawan-lawannya adalah kualitas kaki-kaki. bukan yang ternyaman tapi feelnya itu solid, kokoh, memang seperti mobil kelas HR-V. Berbeda dengan Xpander yang by experience sangat mudah glodakan dan lebih terasa ringkih kalo lewat jalan jerawatan.
Conclusion : The No-Nonsense Daily Beater
Sebenarnya kalau nggak terlalu fancy sensing-sensingan, BR-V tipe E sudah sangat cukup untuk jadi mobil daily beater. ini mobil yang gc nya tinggi, ukurannya cukup pas tidak kebesaran, modelnya ganteng. bahkan dengan discount sekarang jatuhnya jadi value for money sekali karena saudara kecilnya si WR-V bahkan belum dapet diskon.
Tapi ukuran jok dan size kabin yang paling kecil dibanding lawan seharga, membuat mobil ini kurang pantas jika purposenya untuk melawan Xpander yang betul-betul dirancang untuk kenyamanan kabin maksimal. BR-V ini kodratnya sama seperti Toyota Rush, tentu saja tanpa suspensi keras amit-amitnya itu dan RWD rigid axle belakang. dan tentu saja BBM yang lebih irit.
dan dengan diskon besar, it's truly a bargain. plus 4yrs / 50rb km free maintenance. Sejauh ini belum ada factory defect.
Lalu dibanding Toyota Sienta?
Compared ke Toyota Sienta, kelemahan terbesar BR-V itu ruang kabinnya yang dimana itu kelebihan minivan seperti Sienta dan Freed. BR-V tidak punya ruang kabin se fleksibel Sienta. Tapi bagasi BR-V itu lebih flat, jadi untuk bawa galon banyak lebih mudah ngaturnya. Sienta dulu agak jeglong akibat mekanisme pelipatan jok baris ketiga.
Secara driving feel bawa BR-V jauh lebih satset dan lincah, power mesin pun lebih terasa kuat. kaki kaki juga feeling lebih kokoh nya BR-V itu ada. Bantingan BR-V cenderung lebih kaku tapi lebih ngeredam (mungkin ada faktor mobil baru), Sienta feeling ane kalo lewat lobang rasanya sekabin geterrrr semua. Apalagi kalau buat puterbalik, jangan ditanya mana yang lebih enak
intinya untuk kegunaan nyokap ane, BR-V adalah mobil yang lebih cocok
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11263
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
Pertamax mbah
Long life Hondah
Long life Hondah
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 808
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
untuk kabin terutama lebar baris 3 dibanding dengan mobilio bagaimana om @Chz? apakah lbh lebar atau kurang lebih sama saja? ada peningkatan di peredaman noise ban kah?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4973
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
tebelin aja tuh ban biar keliatan makin rugged keknya bakalan ganteng banget bakal keliatan kek ladder frame jatohnya
pelek std aja tapi profil naek banyak body style kek pajero jd pajero sport mini jatohnya
pelek std aja tapi profil naek banyak body style kek pajero jd pajero sport mini jatohnya
Last edited by b0ku on Wed Feb 01, 2023 4:54, edited 1 time in total.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 162
- Joined: Tue Jan 26, 2016 2:24
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
Untuk Jok BRV ini, ada saran bagaimana menambah panjang jok agar paha bisa disupport dengan baik?
Overall ANBRV ini memang all rounder, no complain soal tenaga dan rasa berkendara.
Selain peredaman kabin, kekurangan yang ane rasakan di jok driver yang penompang pahanya terlalu pendek dan panas kabin. Ane sudah ganti kaca film pakai VK40 depan belakang dan samping kanan kiri pakai S*largard Blackphantom, tapi kalau panas terik masih lumayan terasa didalam kabin dibandingkan sama mobil ane yang lain.
Overall ANBRV ini memang all rounder, no complain soal tenaga dan rasa berkendara.
Selain peredaman kabin, kekurangan yang ane rasakan di jok driver yang penompang pahanya terlalu pendek dan panas kabin. Ane sudah ganti kaca film pakai VK40 depan belakang dan samping kanan kiri pakai S*largard Blackphantom, tapi kalau panas terik masih lumayan terasa didalam kabin dibandingkan sama mobil ane yang lain.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5886
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
Ngerik mafiaaa besi Semarang.. Nais ripiu pula..
Kalau BRV ini yg cantik yg warna putih silver pelangi biru itu. Hahaha.
Kalau BRV ini yg cantik yg warna putih silver pelangi biru itu. Hahaha.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
Berarti harga nett di 270.100.000 ya? Mayan si kalo segitu
Smileage lebih penting dari mileage
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
kebetulan baris ketiga sudah dipensiunkan saat post ini dibuat om jadi blom sempat nyoba. krn emang buat bawa-bawa barang aja.
noise ada improve sedikit. mobilio lama itu kan jelek banget peredamnya.
emang rasanya liat itu ruang ban apalagi belakang lebih nungging, keliatan cupu banget sih cm ini mobil nyokap jadi gak gw utak atik.
solusinya ganti jok om harusnya plug n play sama jok jazz GK atau city hatchback.YanuarS wrote: ↑Wed Feb 01, 2023 4:54 Untuk Jok BRV ini, ada saran bagaimana menambah panjang jok agar paha bisa disupport dengan baik?
Overall ANBRV ini memang all rounder, no complain soal tenaga dan rasa berkendara.
Selain peredaman kabin, kekurangan yang ane rasakan di jok driver yang penompang pahanya terlalu pendek dan panas kabin. Ane sudah ganti kaca film pakai VK40 depan belakang dan samping kanan kiri pakai S*largard Blackphantom, tapi kalau panas terik masih lumayan terasa didalam kabin dibandingkan sama mobil ane yang lain.
panas kabin? acnya kurang berasa mungkin ya om. kl saya jarang pake mobil ini jadi gak gitu kerasa apa krn mobil lain honda juga jd dingin acnya ya gitu-gitu aja.
putih silver pelangi biru? white opal ? iyo warna hero color e ya itu sih
cuma mamaku bosen putih jd beli silver cek gampang ramute
iya om sekarang katanya 45 itu open disc nya berarti bisa nambah lg.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 251
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
Keluar juga review nya BR-V E ..
Nice review om,
Arahnya mobil ini memang buat dependable mobil harian sih ya?
tapi kalo ngomong engine, malah torque deliverynya 'dimajuin' ke low-mid nya.
udah bener sepertinya karena gearingnya yang panjang - panjang, jadi rasanya agak lemes di bawah ..
lain cerita kalo beli yg 6MT nya, rasanya bakal lebih fun to drive ..
tapi saya pikir malah balance ya, ngetol / high speed ngirit,
dalem kota juga feelnya malah smooth bukan kaya lompat - lompat torsi gede gitu ..
Interior wise sih saya ga banyak komen ya kalo Honda, daridulu ya gitu - gitu aja kan haha
However ada improvement di sektor body :
Sektor sasis :
Nice review om,
Arahnya mobil ini memang buat dependable mobil harian sih ya?
tapi kalo ngomong engine, malah torque deliverynya 'dimajuin' ke low-mid nya.
udah bener sepertinya karena gearingnya yang panjang - panjang, jadi rasanya agak lemes di bawah ..
lain cerita kalo beli yg 6MT nya, rasanya bakal lebih fun to drive ..
tapi saya pikir malah balance ya, ngetol / high speed ngirit,
dalem kota juga feelnya malah smooth bukan kaya lompat - lompat torsi gede gitu ..
Interior wise sih saya ga banyak komen ya kalo Honda, daridulu ya gitu - gitu aja kan haha
However ada improvement di sektor body :
Sektor sasis :
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by Ibet on Wed Feb 01, 2023 6:32, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 481
- Joined: Sat Apr 18, 2015 2:06
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
Nice review om!
Sempet bawa sebentar juga Honda BRV Prestige temen, meski hanya sebentar di ruas tol Trans Jawa dan masuk ke jalan kabupaten. Jadi harusnya cukup ada gambaran how this car feels.
Untuk driving, menurut saya ini mobil yang sangat solid. Kaki-kaki depan menurutku sangat enak, hanya memang ujung belakang mobilnya terasa kurang. Tapi mesin dan transmisinya di mid-high saya ga ada complain. Buat saya yang back to back nyetir Mazda 2 dengan rute yang sama, BRV ga terasa seperti mobil yang lebih besar maupun lebih berat. Respons mesin cukup bagus, jalan 120-130 masih predictable, hanya mungkin CVT nya saja. Terasa masih ada yang bisa di improve lagi.
Overall a good car. Bahkan sempet kepikiran ---- apa Mazda 2 nya jual aja ganti ini Apalagi exteriornya menurut saya sangat cantik (meski tidak jadi). Mengingat BRV aja yang seperti ini, saya yakin WRV akan jauh lebih enak dari Raize.
Tapi memang, driving positionnya nya buat saya kurang ergonomis. Steering wheel ga telescopic, jok nya terlalu pendek, dan ambience cabinnya kurang menarik. Ditambah lagi NVH dan touch pointnya (terutama tuas transmisi, door trim dan brake lever) yang terasa lebih murah 1 segmen.
Sempet bawa sebentar juga Honda BRV Prestige temen, meski hanya sebentar di ruas tol Trans Jawa dan masuk ke jalan kabupaten. Jadi harusnya cukup ada gambaran how this car feels.
Untuk driving, menurut saya ini mobil yang sangat solid. Kaki-kaki depan menurutku sangat enak, hanya memang ujung belakang mobilnya terasa kurang. Tapi mesin dan transmisinya di mid-high saya ga ada complain. Buat saya yang back to back nyetir Mazda 2 dengan rute yang sama, BRV ga terasa seperti mobil yang lebih besar maupun lebih berat. Respons mesin cukup bagus, jalan 120-130 masih predictable, hanya mungkin CVT nya saja. Terasa masih ada yang bisa di improve lagi.
Overall a good car. Bahkan sempet kepikiran ---- apa Mazda 2 nya jual aja ganti ini Apalagi exteriornya menurut saya sangat cantik (meski tidak jadi). Mengingat BRV aja yang seperti ini, saya yakin WRV akan jauh lebih enak dari Raize.
Tapi memang, driving positionnya nya buat saya kurang ergonomis. Steering wheel ga telescopic, jok nya terlalu pendek, dan ambience cabinnya kurang menarik. Ditambah lagi NVH dan touch pointnya (terutama tuas transmisi, door trim dan brake lever) yang terasa lebih murah 1 segmen.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 207
- Joined: Tue Jul 12, 2016 0:38
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
jadi penasaran bisa ga ya settingan ecu nya dibalikin ke versi JDM?ChZ wrote: ↑Wed Feb 01, 2023 4:22 engine power curve yang cenderung lebih flat dibanding L15Z1 SOHC. L15ZF dengan konstruksi DOHC memiliki torque curve yang agak di tengah. masalahnya dengan factory tune yang mungkin dibuat serendah mungkin mengingat segmen konsumen mobil ini, ignition timing seperti di retard terlalu banyak. padahal engine yang sama sebenarnya didesain untuk mengeluarkan 132hp di honda Fit/Vezel JDM.
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
wah kalau kurvanya malah maju dikit dari L15Z1 ya. berarti lemotnya lebih faktor gearing. tapi ya dari dulu bahkan mesin honda itu makanya selalu paling enak buat luar kota. high hp - long gearing. atasnya kuat, gigi panjang ngebantu buat maksimalin powerband.Ibet wrote: ↑Wed Feb 01, 2023 6:28 Keluar juga review nya BR-V E ..
Nice review om,
Arahnya mobil ini memang buat dependable mobil harian sih ya?
1234.JPG
1234a.JPG
tapi kalo ngomong engine, malah torque deliverynya 'dimajuin' ke low-mid nya.
udah bener sepertinya karena gearingnya yang panjang - panjang, jadi rasanya agak lemes di bawah ..
lain cerita kalo beli yg 6MT nya, rasanya bakal lebih fun to drive ..
tapi saya pikir malah balance ya, ngetol / high speed ngirit,
dalem kota juga feelnya malah smooth bukan kaya lompat - lompat torsi gede gitu ..
Interior wise sih saya ga banyak komen ya kalo Honda, daridulu ya gitu - gitu aja kan haha
However ada improvement di sektor body :
1234b.JPG
Sektor sasis :
1234c.JPG
1234d.JPG
naah iya makanya feel bawa mobilnya itu solid banget utk harga segini. berasa banget ini ride nya 1 level di atas kompetitor. sama seperti BRV lama dia pake kaki kaki beda dengan Mobilio. walau lebih tinggi tp lebih mantep BRV.
sudah pernah coba all new brio jg berasa kualitas kaki kakinya beda banget.
kalau ride WRV seperti BRV sudah pasti 1 class di atas raize ride nya. DNGA di raize/avanza/veloz ini tetep rasanya dikembangin buat platform small car. bahkan secara dimensi raize itu lebih ramping dari WRV/Sonet.lawyerone wrote: ↑Wed Feb 01, 2023 6:29 Nice review om!
Sempet bawa sebentar juga Honda BRV Prestige temen, meski hanya sebentar di ruas tol Trans Jawa dan masuk ke jalan kabupaten. Jadi harusnya cukup ada gambaran how this car feels.
Untuk driving, menurut saya ini mobil yang sangat solid. Kaki-kaki depan menurutku sangat enak, hanya memang ujung belakang mobilnya terasa kurang. Tapi mesin dan transmisinya di mid-high saya ga ada complain. Buat saya yang back to back nyetir Mazda 2 dengan rute yang sama, BRV ga terasa seperti mobil yang lebih besar maupun lebih berat. Respons mesin cukup bagus, jalan 120-130 masih predictable, hanya mungkin CVT nya saja. Terasa masih ada yang bisa di improve lagi.
Overall a good car. Bahkan sempet kepikiran ---- apa Mazda 2 nya jual aja ganti ini Apalagi exteriornya menurut saya sangat cantik (meski tidak jadi). Mengingat BRV aja yang seperti ini, saya yakin WRV akan jauh lebih enak dari Raize.
Tapi memang, driving positionnya nya buat saya kurang ergonomis. Steering wheel ga telescopic, jok nya terlalu pendek, dan ambience cabinnya kurang menarik. Ditambah lagi NVH dan touch pointnya (terutama tuas transmisi, door trim dan brake lever) yang terasa lebih murah 1 segmen.
nah itu yang sayang dulu honda itu terkenal paling enak posisi nyetirnya. tapi sekarang posisi nyetir di BRV jadi a bit off dan sedikit aneh.
improve dgn remap bisa gain 10% (130hp - hampir mirip versi JDM). tapi JDM version itu perbedaannya pake direct injection sama kayak yang turbo turbo. ini masih multipoint injection biasa.sammyjimun wrote: ↑Wed Feb 01, 2023 6:58
jadi penasaran bisa ga ya settingan ecu nya dibalikin ke versi JDM?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 592
- Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
Mantab akhirnya di review.
Pernah coba tes duduk.
buat bodi ane yg 175/85 sih di row 1 n 2 sempit. Mau ke row 3 gak berani.
kl liatnya kursinya kecil2 bgt..
iya gak sih koh?
Pernah coba tes duduk.
buat bodi ane yg 175/85 sih di row 1 n 2 sempit. Mau ke row 3 gak berani.
kl liatnya kursinya kecil2 bgt..
iya gak sih koh?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 634
- Joined: Sun Jun 14, 2020 6:46
- Location: Jkt
- Daily Vehicle: honda
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
untuk driver seat, sy jg ngerasa pendek bgt
rasanya pengen munduran lagi biar paha ketopang semua..
untuk masalah bentuk, saya cuma nyoba bawa bentar..
tp lumayan enak, lumayan meluk... mirip kayak hrv (RU1) SE waktu masi baru
(sekarang ud ga nopang.. busanya kalah sama lemak)
walau bahannya ga seenak SE..
yg paling bikin iri di brv baru ini, setirnya enak banget digenggam.... rasanya pgn ganti setir si RU1 ini
rasanya pengen munduran lagi biar paha ketopang semua..
untuk masalah bentuk, saya cuma nyoba bawa bentar..
tp lumayan enak, lumayan meluk... mirip kayak hrv (RU1) SE waktu masi baru
(sekarang ud ga nopang.. busanya kalah sama lemak)
walau bahannya ga seenak SE..
yg paling bikin iri di brv baru ini, setirnya enak banget digenggam.... rasanya pgn ganti setir si RU1 ini
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4131
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
ini contoh mobil yang kebalikannya merek China, literally the opposite (apalagi kalau cocok dengan entah kenapa itu driver seat aneh banget rasanya kaya njengkang ke belakang / tidak bisa rata lantai), yang kelihatan di mata jelek semua, minim gimmick, ga ada fitur aneh2, serba salam satu tampang satu dashboard satu mesin satu platform, tapi dipakenya enak padahal mesin "tua", platform "setengah tua", transmisi "tua". nah mobil China? ya dibalik aja, yang semuanya di mata cakep2, banyak fitur, banyak gimmick, ada ini itu tapi dipake ga enak...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 671
- Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
- Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
Brv ini seharusnya jadi penopang penjualan H tegak kalau lihat keperluan masyarakat indo + diskonnya gede banget
Lagi kepikiran sih apa brv ini lebih baik dari reborn secara kenyamanan , ga pusingin tenaga deh yang penting yg numpang nyaman
Lagi kepikiran sih apa brv ini lebih baik dari reborn secara kenyamanan , ga pusingin tenaga deh yang penting yg numpang nyaman
- yang kenceng kalah sama yang wet look
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
Kalo yg pantat sy coba, LSUV yg bisa nyaingin Reborn untuk kenyamanan cuma xpander cross
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2797
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
Akhirnya di riviuw jg nih mobil wkwk
Coba di remap dah ecu nya, biar balik ke power yg semestinyapadahal engine yang sama sebenarnya didesain untuk mengeluarkan 132hp di honda Fit/Vezel JDM.
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 251
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
sayangnya beda engine sama honda fit / vezel jdm.KielConstantine wrote: ↑Wed Feb 01, 2023 18:12 Akhirnya di riviuw jg nih mobil wkwk
Coba di remap dah ecu nya, biar balik ke power yg semestinyapadahal engine yang sama sebenarnya didesain untuk mengeluarkan 132hp di honda Fit/Vezel JDM.
karena injeksi nya beda (direct vs port) .. trus di engine dohc yg sekarang itu ada vtc nya di intake, semacam vvt-i kali ya?
basically retard / advance timing buka tutup klep ..
tapi saya gatau, apakah dengan adanya vtc ini bikin remap lebih sulit gainnya?
makanya tuner lebih seneng engine lama, karena simply ga berurusan sama vtc ini?
Kayanya ngga deh om kalo lebih nyaman dari reborn .. gabisa ngalahin blep blep nya innova nelen jalan jelek ..
saya mikirnya jg sama om, harusnya jadi backbone jualan H tegak, tapi setting harganya mahal bener ini Honda kalo ga diskon ..
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
wah kalo 175/85 sih udah jaminan berasa kesempitan omsatriakarisma wrote: ↑Wed Feb 01, 2023 8:29 Mantab akhirnya di review.
Pernah coba tes duduk.
buat bodi ane yg 175/85 sih di row 1 n 2 sempit. Mau ke row 3 gak berani.
kl liatnya kursinya kecil2 bgt..
iya gak sih koh?
agak disayangkan bentuknya gitu, padahal empuknya itu improve banget dari older models. yang dulu pinggang sakit karena jok keras, yang ini kayaknya bokong pegel akibat gak ada yang nyangga.Poporing wrote: ↑Wed Feb 01, 2023 13:09 untuk driver seat, sy jg ngerasa pendek bgt
rasanya pengen munduran lagi biar paha ketopang semua..
untuk masalah bentuk, saya cuma nyoba bawa bentar..
tp lumayan enak, lumayan meluk... mirip kayak hrv (RU1) SE waktu masi baru
(sekarang ud ga nopang.. busanya kalah sama lemak)
walau bahannya ga seenak SE..
yg paling bikin iri di brv baru ini, setirnya enak banget digenggam.... rasanya pgn ganti setir si RU1 ini
barangkali mungkin nanti banyak yang retrofit jok HRV ke BRV
sangat utilitarian khas japanese kalo bikin mobil simplicity dan no-nonsense nya ini sebenernya awalnya bikin ane meh sama mobil ini waktu pertama keluar. tapi begitu nyoba dan habis itu beli kok justru ini mobil mateng bgt rancangan bangunnya.kunaskun wrote: ↑Wed Feb 01, 2023 13:54 ini contoh mobil yang kebalikannya merek China, literally the opposite (apalagi kalau cocok dengan entah kenapa itu driver seat aneh banget rasanya kaya njengkang ke belakang / tidak bisa rata lantai), yang kelihatan di mata jelek semua, minim gimmick, ga ada fitur aneh2, serba salam satu tampang satu dashboard satu mesin satu platform, tapi dipakenya enak padahal mesin "tua", platform "setengah tua", transmisi "tua". nah mobil China? ya dibalik aja, yang semuanya di mata cakep2, banyak fitur, banyak gimmick, ada ini itu tapi dipake ga enak...
kalau saya sbg frequent user honda sih ngga pernah cocok sama ride nya innova type apapun sebelum zenix. ngayunnya amit amit.
ini mobil nyamannya di atas HRV lama yang jelas. tapi kalau suka yang agak ngayun jamin masih enakan rebon. sweet spotnya ya beli xpander atau stargazer itu nurut saya lebih balance dari reborn.
VTC sama kayak VVT-i. sebenernya kalau VTC + VTEC cam, itu lebih enak om buat di tuning krn ngga cuma ngatur lift (VTEC) tapi juga timing (VTC). cuma bener lebih ribet. mungkin tuner blm ketemu formulanya.Ibet wrote: ↑Thu Feb 02, 2023 1:53
sayangnya beda engine sama honda fit / vezel jdm.
karena injeksi nya beda (direct vs port) .. trus di engine dohc yg sekarang itu ada vtc nya di intake, semacam vvt-i kali ya?
basically retard / advance timing buka tutup klep ..
tapi saya gatau, apakah dengan adanya vtc ini bikin remap lebih sulit gainnya?
makanya tuner lebih seneng engine lama, karena simply ga berurusan sama vtc ini?
Kayanya ngga deh om kalo lebih nyaman dari reborn .. gabisa ngalahin blep blep nya innova nelen jalan jelek ..
saya mikirnya jg sama om, harusnya jadi backbone jualan H tegak, tapi setting harganya mahal bener ini Honda kalo ga diskon ..
kalahnya kalo yang CVT sama limiter om. makanya kalo buat di tuning hasil di city hb MT / BRV MT bisa beda jauh dengan versi CVT. CVT nya pada nggak berani remap. wkwkwkkwkw. city HB MT kalo gak salah bisa dapet 150 hp.
kalo soal harga kok saya mencium honda niru strategi si susuki wkwkwkwk pricelist coret biar keliatan diskon. soalnya gak ada tanda tanda diskon BRV dikurangin.
atau emang BRV biar rugi aja terus markup nya di model CBU dan CRV.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2797
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
Terjawab sudah rasa penasaran gw, knp honda trans manual lebih joss hasil remapannyaChZ wrote: ↑Thu Feb 02, 2023 3:13 sebenernya kalau VTC + VTEC cam, itu lebih enak om buat di tuning krn ngga cuma ngatur lift (VTEC) tapi juga timing (VTC). cuma bener lebih ribet. mungkin tuner blm ketemu formulanya.
kalahnya kalo yang CVT sama limiter om. makanya kalo buat di tuning hasil di city hb MT / BRV MT bisa beda jauh dengan versi CVT. CVT nya pada nggak berani remap. wkwkwkkwkw. city HB MT kalo gak salah bisa dapet 150 hp.
Trus gw pernah denger ada rumor2 kalo CVT yg dipake honda tuh sama smua unitnya dari kelas brio; jazz; city; brv hrv sampe ke yg modelan turbo macem civic, crv, accord turbo. Bener kg?
Apa dibedain? soalnya kan CVT yg engine L15 turbo honda bisa kuat tahan sampe power 220-250 hp ya chris ?
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
Manual hajar ajaaa limiter 7500rpm cvt 6000 udah oper. Udah kayak RX8 manual sama matic, yang manual 9000rpm, matic cuma 7500 makanya ringkih tuh RX8 matic, pdhl roteri mintanya dikitir sampe 9000 biar awetKielConstantine wrote: ↑Thu Feb 02, 2023 6:25
Terjawab sudah rasa penasaran gw, knp honda trans manual lebih joss hasil remapannya
Trus gw pernah denger ada rumor2 kalo CVT yg dipake honda tuh sama smua unitnya dari kelas brio; jazz; city; brv hrv sampe ke yg modelan turbo macem civic, crv, accord turbo. Bener kg?
Apa dibedain? soalnya kan CVT yg engine L15 turbo honda bisa kuat tahan sampe power 220-250 hp ya chris ?
Unitnya? Beda donk kalopun sama pulley belt dll pasti beda.
Makanya kalo itu oli HCF2 dihajar pukul rata semua sementara mobil udah remap remap, ya hancurlah itu CVT
Di usa ada FK7 cvt 275hp buildnya gila tanpa cvt cooler aman aman aja katanya pokok cvtfnya jangan pelit kasih yang murah aman.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 18
- Joined: Sun Jul 03, 2022 15:12
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
Sbnrnya kalo CVT gini bs direinforce dalemannya gak ya biar bs handle power lebih lg? Kan sayang ya potensi mesin kelimit CVT, lebih2 di indo semua L15 turbo ga dikasih pilihan manualChZ wrote: ↑Thu Feb 02, 2023 6:41Manual hajar ajaaa limiter 7500rpm cvt 6000 udah oper. Udah kayak RX8 manual sama matic, yang manual 9000rpm, matic cuma 7500 makanya ringkih tuh RX8 matic, pdhl roteri mintanya dikitir sampe 9000 biar awetKielConstantine wrote: ↑Thu Feb 02, 2023 6:25
Terjawab sudah rasa penasaran gw, knp honda trans manual lebih joss hasil remapannya
Trus gw pernah denger ada rumor2 kalo CVT yg dipake honda tuh sama smua unitnya dari kelas brio; jazz; city; brv hrv sampe ke yg modelan turbo macem civic, crv, accord turbo. Bener kg?
Apa dibedain? soalnya kan CVT yg engine L15 turbo honda bisa kuat tahan sampe power 220-250 hp ya chris ?
Unitnya? Beda donk kalopun sama pulley belt dll pasti beda.
Makanya kalo itu oli HCF2 dihajar pukul rata semua sementara mobil udah remap remap, ya hancurlah itu CVT
Di usa ada FK7 cvt 275hp buildnya gila tanpa cvt cooler aman aman aja katanya pokok cvtfnya jangan pelit kasih yang murah aman.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11263
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
City HB ada pilihan manual di web hondamingoe wrote: ↑Thu Feb 02, 2023 6:53Sbnrnya kalo CVT gini bs direinforce dalemannya gak ya biar bs handle power lebih lg? Kan sayang ya potensi mesin kelimit CVT, lebih2 di indo semua L15 turbo ga dikasih pilihan manualChZ wrote: ↑Thu Feb 02, 2023 6:41Manual hajar ajaaa limiter 7500rpm cvt 6000 udah oper. Udah kayak RX8 manual sama matic, yang manual 9000rpm, matic cuma 7500 makanya ringkih tuh RX8 matic, pdhl roteri mintanya dikitir sampe 9000 biar awetKielConstantine wrote: ↑Thu Feb 02, 2023 6:25
Terjawab sudah rasa penasaran gw, knp honda trans manual lebih joss hasil remapannya
Trus gw pernah denger ada rumor2 kalo CVT yg dipake honda tuh sama smua unitnya dari kelas brio; jazz; city; brv hrv sampe ke yg modelan turbo macem civic, crv, accord turbo. Bener kg?
Apa dibedain? soalnya kan CVT yg engine L15 turbo honda bisa kuat tahan sampe power 220-250 hp ya chris ?
Unitnya? Beda donk kalopun sama pulley belt dll pasti beda.
Makanya kalo itu oli HCF2 dihajar pukul rata semua sementara mobil udah remap remap, ya hancurlah itu CVT
Di usa ada FK7 cvt 275hp buildnya gila tanpa cvt cooler aman aman aja katanya pokok cvtfnya jangan pelit kasih yang murah aman.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: 2022 Honda BR-V E CVT - User Review
Setau ane bisa tp kan musti bongkar overhaul total deh. Ya sebenernya auto dan dct juga kalo over torque rawan jg sih. Wkwkwkw. Emang kodratnya kalo mau gila gilaan pake manual trans. Tinggal ganti kopling.
fk7 punya spoon aja 275hp manual. Mobil hatchback fwd gini kodratnya bukan gede gedean power kegedean malah ga enak susah kontrol FWD soalnya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7