What would you do?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

kepo2601
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 277
Joined: Sun Mar 13, 2016 3:54
Daily Vehicle: TGN 41 - 2005 Kijang Innova 2700V AT

Re: What would you do?

Post by kepo2601 »

KielConstantine wrote: Wed Mar 01, 2023 13:14
the-mantal wrote: Wed Mar 01, 2023 10:13 3. ac cina (gree) karena diendorse tukang2 ac.
Eh ada yg ngomongin AC :big_biglaugh:

Ada pengalaman nehh. AC gree vs daikin . Pasangnya bareng (awal 2020) . Pakenya bareng, umurnya jg sama persis ud nginjak 3 tahun

Yang merk gree. Sampe skarang masih no problem at all. Kg ada bocor2. Masihh dinginnnn. Freon pernah abis, trus isi 1x. Perawatan cuman cuci berkala aja indoor-outdoor 3 bulan sekali

Sementara yg merk jepang daikin. Ampun dahh. Sering banget rembes2 aer sampe netes2. Freon abis wajar pemakaian. Blom lg kadang sensor module receiver remotenya suka kg fungsi. Musti ganti modul. Dipertanyakan jg neh japan quality.. walaupun ud made in china jg sehh si daikin wkwkwk
Hehehe sama dong pengalamannya pake daikin, kerjaannya bocor melulu padahal servis rutin :mky_03:
As simple as possible to make it easier for you and everyone else

TGN 41 - 2005 Kijang Innova 2.7V A/T
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 859
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: What would you do?

Post by rakyatwkwkland »

ChZ wrote: Fri Mar 03, 2023 8:24
rakyatwkwkland wrote: Fri Mar 03, 2023 7:24
loid wrote: Fri Mar 03, 2023 6:55 Menurut pandangan awam gw sih, dgn adanya desas-desus rush/terios generasi baru ganti sistem penggerak ke FWD bisa jd kesempatan buat wuling confero ngambil ceruk pasar yg ditinggalkan duo astra di daerah2 pelosok yang menganut prinsip 'RWD harga mati' karena keterbatasan infrastruktur jalan atau alasan lain dan budgetnya ga cukup buat naik kelas ke ladder frame diesel

Yg penting aftersales dan ketersediaan sparepart dibenahi aja, bisa mendekati brand jepangan non astra macem suzuki/mitsu aja udh bagus bgt
Bukan user confero, tapi konon katanya walau RWD kaki2nya confero ini sama letoynya dengan FWD jepangan bukan? Mungkin di sini ada user confero yg bisa validasi hal ini bener gak?

Kalo gak lebih kuat daripada kaki2nya FWD jepangan buat apa kalo gitu mah... Dah lah naikannya lebih gak enak, ehh ketahanannya sama aja. Paling satu2nya alasan buat pilih confero cuma karena emang harga brand newnya yang lebih murah aja.

Lagian seletoy2nya kaki2 FWD, kalo emang dibuat dengan kualitas yang bener ya gak jelek2 amat kok. Ane pake ertiga gen 2 udah 76 ribu km kaki2nya masih sehat walafiat.
confero sejauh ini paling common itu kopling nyeplos. tp kaki kakinya jg konon nggak bandel. soalnya klo ngomong kaki kaki teoritikal FWD lebih tidak awet karena more components cv joints dll,

tapi pengalaman kaki kaki avanza gen 1 jg ga awet-awet amet. panther tu jg mudah loyo kaki kakinya. memang rwd kalo bushing2 dan link2 nya kokoh bakal awet, tp di mobil2 murah biasa nggak gitu case nya. wkwkwkkww.

toyota innova reborn jg tidak sekuat toyota innova lama. apalagi yg first gen wah jgn ditanya kuatnya
Makanya, mau FWD asal berkualiti gak buruk2 amat kog. Ane pake xenia gen 1 rasanya di 90an ribu km shocknya aja udah mulai mati. Ane pake ertiga gen 2 udah 76 ribu km masih belon kenapa2 kaki2nya. At least bedanya gak parah2 banget kan?

Emang dasar fanboy ngerwedeh aja yang suka berlebihan lah seakan2 mobilnya yg paling kuat dunia akherat :ngacir:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3196
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: What would you do?

Post by walid_007 »

merk jepang aja sales nya masih kedodor target
dealer resmi kota kecil juga lack of cashflow

mmg market nya lemah. liat aja mobil di jalan an model an banyak kek apa
lcgc hatch mpv

sorry jika terlalu apa adanya
engine roaring!
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11385
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: What would you do?

Post by Suryaputra »

kepo2601 wrote: Fri Mar 03, 2023 10:10
KielConstantine wrote: Wed Mar 01, 2023 13:14
the-mantal wrote: Wed Mar 01, 2023 10:13 3. ac cina (gree) karena diendorse tukang2 ac.
Eh ada yg ngomongin AC :big_biglaugh:

Ada pengalaman nehh. AC gree vs daikin . Pasangnya bareng (awal 2020) . Pakenya bareng, umurnya jg sama persis ud nginjak 3 tahun

Yang merk gree. Sampe skarang masih no problem at all. Kg ada bocor2. Masihh dinginnnn. Freon pernah abis, trus isi 1x. Perawatan cuman cuci berkala aja indoor-outdoor 3 bulan sekali

Sementara yg merk jepang daikin. Ampun dahh. Sering banget rembes2 aer sampe netes2. Freon abis wajar pemakaian. Blom lg kadang sensor module receiver remotenya suka kg fungsi. Musti ganti modul. Dipertanyakan jg neh japan quality.. walaupun ud made in china jg sehh si daikin wkwkwk
Hehehe sama dong pengalamannya pake daikin, kerjaannya bocor melulu padahal servis rutin :mky_03:
Daikin sumber "lubang" buang air nya kecil

Jd klo kotor dikit, timbul sumbatan, dan buang airnya jd bocor ke depan.
Harusnya buang ke belakang.

Solusinya,
bersihin pakai steam wash lebih sering
max 3 bln sekali.

Serahkan sama ahlinya tukang bersihin ac.
Paling 80rb sekali servis dan cuci.

Aman gak akan bocor.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16307
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: What would you do?

Post by ChZ »

rakyatwkwkland wrote: Fri Mar 03, 2023 10:29 Makanya, mau FWD asal berkualiti gak buruk2 amat kog. Ane pake xenia gen 1 rasanya di 90an ribu km shocknya aja udah mulai mati. Ane pake ertiga gen 2 udah 76 ribu km masih belon kenapa2 kaki2nya. At least bedanya gak parah2 banget kan?

Emang dasar fanboy ngerwedeh aja yang suka berlebihan lah seakan2 mobilnya yg paling kuat dunia akherat :ngacir:
Rwd lederprem katanya kuat dunia akhirat, yah liat aja itu OPS malah penyakit nya shock :big_biglaugh: Panther jg kaki kakinya rewel. :big_biglaugh:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 859
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: What would you do?

Post by rakyatwkwkland »

ChZ wrote: Fri Mar 03, 2023 16:06
rakyatwkwkland wrote: Fri Mar 03, 2023 10:29 Makanya, mau FWD asal berkualiti gak buruk2 amat kog. Ane pake xenia gen 1 rasanya di 90an ribu km shocknya aja udah mulai mati. Ane pake ertiga gen 2 udah 76 ribu km masih belon kenapa2 kaki2nya. At least bedanya gak parah2 banget kan?

Emang dasar fanboy ngerwedeh aja yang suka berlebihan lah seakan2 mobilnya yg paling kuat dunia akherat :ngacir:
Rwd lederprem katanya kuat dunia akhirat, yah liat aja itu OPS malah penyakit nya shock :big_biglaugh: Panther jg kaki kakinya rewel. :big_biglaugh:
Jgn lupakan beberapa case shock bocornya ANKI hehehe... Busedd shock bocor usia muda udah kaya xpander batch awal aja :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16307
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: What would you do?

Post by ChZ »

rakyatwkwkland wrote: Fri Mar 03, 2023 17:09
Jgn lupakan beberapa case shock bocornya ANKI hehehe... Busedd shock bocor usia muda udah kaya xpander batch awal aja :ngacir:
justru nurut ane skrg fwd malah repairnya lbh gampang dan murah. wong fwd rusak itu biasa ya muter-muter ganti bushing aja per 2-3 thn. link stabil jg rata-rata blom pada kena sih sampe 50rb.

murah meriah drpd ganti shock.

bahkan yg klaas mobil kerja rwd lederprem macem L300 kaki kaki depannya sama aja rewel. gw dah repair brapa kali ada tuh. dipake 2 thn aja udah ambrol semua. pdhl muatan kg pernah di atas 2 ton.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2225
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: What would you do?

Post by darrelund »

jualan di indo itu susah" gampang

klo oe jd petinggi sih yg bakal di fokusin, kepercayaan konsumen aja dulu

toyota-honda bisa merajai indo ya bukan tanpa alasan, mereka buat bentuk konsumen kyk skrg kan butuh puluhan taun

tau sukses di indo itu begimana?

muncul kalimat : "beli toyota honda aja servis gampang, awet mobilnya"

yg susah itu bikin konsumen hafal brand tsb diluar kepala & ga ragu utk beli brand tsb, karena effortnya sangat besar

coba rekomen org model macem mazda, hyundai wuling etc etc. pasti muncul kalimat keraguan :big_biglaugh:

chinese car itu kan laku karena harganya undercut jepangan yg sekelas

coba harganya setara

lets say almaz & cx5 harga disamain, masih laku ga? dengan modal fitur yg seabrek
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2225
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: What would you do?

Post by darrelund »

Bibieight wrote: Fri Mar 03, 2023 6:08 Tentang jualan, sebenernya seberapa penting sih ya dealer/toko mobil buat jualan ?. Kira2 kalo di Indonesia dibikin kayak Tesla mungkin ndak sih ?. Direct sales dari ATPM langsung konsumen. Jalur jualan :
  • Online atau via point of service, jadi ATPM buka Experience Store di mal2, isinya karyawan ATPM, fokus buat kasih pelayanan priyayi, ndak ada acara push2 SPK. Konsumen buka order online, bole dirumah bole di Experience Store, kasih deadline delivery transparan.
  • Buat tarik konsumen sering2 kontrak ke perusahaan marketing buka booth kecil di mal2, konsumen masukin order onlen baru dapet komisi (di level perusahaannya ya, perkara tu perusahaan bagi berapa ke salesnya si ndak perlu ikut2)
  • Terus delivery pakai perusahaan kontrak, ambil dari depo ATPM kirim langsung ke konsumen, kasih standard pengiriman, driver+delivery-man harus pake seragam.
  • Abis serah terima, untuk servis kasih kontrak juga ke bengkel, kayak Ford minggat kan dia kontrak buat ASS-nya ke RMA, urusan klaim bengkel kontrak jadi jasa perantara.
Masalah terbesar emang modal ATPM harus gede, soalnya barang yg tadinya dimodalin Main Dealer-Dealer jadi dimodalin ATPM sih, tapi kalo barangnya laris kan jadi ndak perlu bagi2 rejeki ke Main Dealer-Dealer yak :big_think: :big_think: :big_think:
um NR pernah ngide gini jg neh (lupa di trit mana)

jualan full online, transaksi online

ATPM tinggal siapkan physical service center aja

mayan motong cost seh, kan ukuran bangunan jg bisa dikecilin/ dimaksimalin utk service bay tambahan

dan oe setuju, sebenernya diler utk showcase itu ga perlu" amat

kan bisa janjian utk test dirumah

yg penting aftersales aja
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16307
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: What would you do?

Post by ChZ »

darrelund wrote: Sat Mar 04, 2023 3:05 jualan di indo itu susah" gampang

klo oe jd petinggi sih yg bakal di fokusin, kepercayaan konsumen aja dulu

toyota-honda bisa merajai indo ya bukan tanpa alasan, mereka buat bentuk konsumen kyk skrg kan butuh puluhan taun

tau sukses di indo itu begimana?

muncul kalimat : "beli toyota honda aja servis gampang, awet mobilnya"

yg susah itu bikin konsumen hafal brand tsb diluar kepala & ga ragu utk beli brand tsb, karena effortnya sangat besar

coba rekomen org model macem mazda, hyundai wuling etc etc. pasti muncul kalimat keraguan :big_biglaugh:

chinese car itu kan laku karena harganya undercut jepangan yg sekelas

coba harganya setara

lets say almaz & cx5 harga disamain, masih laku ga? dengan modal fitur yg seabrek
pinternya jejepangan, mereka tuh pasang harga mahal, cost cutting di tempat yang sekiranya mayoritas penggunanya gak bakal ributin :mky_03: pengguna ya, bukan netijen nyinyir.

coba lah se banyaknya netijen nyinyir sama HRV CRV apa inofa reborn yg kualitinya jelek, mang penggunanya peduli yah. :upss: a selected few, yang beli jg bukan duit die tp masih duit bapaknye :big_biglaugh:

krn yang biasa di exploit kan repeat order konsumen lama yg dari kijang beli kijang lagi aja saking males milih. buanyak tipikal bapak bapak gini. salesnya jg paling dari masih junior sales ampe sales manager RO terus. toyota harga mati. yang kesel anaknya punya mobil kijang mulu :upss:

inofa reborn ya pada ngeluhin beberapa kualitinya gak sebagus inofa lama, tp dibeli semata ini toyota, gampang kalo mau cari apa-apa. :upss: kan we need to choose the lesser evil :upss:

pabrikan china jg bukan malaikat kok emang tuh mobcin klo laku gak bakal tuh profit oriented jg jd jangan seneng dulu lah, pengusaha dimana-mana sama aja tujuannya cuan bukan malaikat :upss: lah woleng kongpero aja diem diem disunatin khan dr yang awal :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
paidjho
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1210
Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
Location: Jakarta

Re: What would you do?

Post by paidjho »

Mimpi proper mobnas ev, design & aftersales di kelola scr profesional...

Bosen "dijajah" mulu...
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: What would you do?

Post by hackers11 »

OOT dikit, ttg penjualan masi sekitar 1 jt unit meski brand udah bikin produk sesuai kemauan rakyat indo.
Kira2 kenapa ya?
Apa karena sistem mobkas kita yg barang udah ngebul masi ada harganya dan akhirnya yg butuh beli yg berstatus rongsok asal punya mobil?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16307
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: What would you do?

Post by ChZ »

hackers11 wrote: Sat Mar 04, 2023 23:30 OOT dikit, ttg penjualan masi sekitar 1 jt unit meski brand udah bikin produk sesuai kemauan rakyat indo.
Kira2 kenapa ya?
Apa karena sistem mobkas kita yg barang udah ngebul masi ada harganya dan akhirnya yg butuh beli yg berstatus rongsok asal punya mobil?
Pemerataan ekonomi nya mbah. Yg sanggup beli mobil brand new kan majority nya di jawa. Sementara penduduk 280juta kan nyebar wkwkwkwk.

Udh gitu kendala supply chain mobil di indo bahan bakunya mungkin ambil dari luar, rakit di jakarta, kirim ke papua misalnya.

Aturan enak tinggal di batam aja. Wkwkkwkwk. Yg baru baru ntah gimana bisa jual lebih murah jg.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3707
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: What would you do?

Post by kendibocor »

darrelund wrote: Sat Mar 04, 2023 3:05 jualan di indo itu susah" gampang

klo oe jd petinggi sih yg bakal di fokusin, kepercayaan konsumen aja dulu

toyota-honda bisa merajai indo ya bukan tanpa alasan, mereka buat bentuk konsumen kyk skrg kan butuh puluhan taun

tau sukses di indo itu begimana?

muncul kalimat : "beli toyota honda aja servis gampang, awet mobilnya"

yg susah itu bikin konsumen hafal brand tsb diluar kepala & ga ragu utk beli brand tsb, karena effortnya sangat besar

coba rekomen org model macem mazda, hyundai wuling etc etc. pasti muncul kalimat keraguan :big_biglaugh:

chinese car itu kan laku karena harganya undercut jepangan yg sekelas

coba harganya setara

lets say almaz & cx5 harga disamain, masih laku ga? dengan modal fitur yg seabrek
Ngebentuk kepercayaan emang susah, perlu waktu dan effort yg ga sebentar. Ga sekedar jualan produk bagus doang tp kalo supporting systemnya ampas ya kapok lah orang beli, Jadi inget tahun lalu beli mobil :mky_03:
2x beli merk itu, 2x jg dikerjain ngurus plat nomor. Jualan macem warung pinggir jalan yg ngegetok asal laku saat ini doang, abis itu bodo amat bakalan RO lg apa nggak. Uda gitu sistematik lg dari cabang sampe pusat tutup kuping semua sama komplain customer :big_biglaugh: Gimana orng indo ga ke toyota or honda lg :mky_03: :big_biglaugh:
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: What would you do?

Post by hackers11 »

ChZ wrote:
hackers11 wrote: Sat Mar 04, 2023 23:30 OOT dikit, ttg penjualan masi sekitar 1 jt unit meski brand udah bikin produk sesuai kemauan rakyat indo.
Kira2 kenapa ya?
Apa karena sistem mobkas kita yg barang udah ngebul masi ada harganya dan akhirnya yg butuh beli yg berstatus rongsok asal punya mobil?
Pemerataan ekonomi nya mbah. Yg sanggup beli mobil brand new kan majority nya di jawa. Sementara penduduk 280juta kan nyebar wkwkwkwk.

Udh gitu kendala supply chain mobil di indo bahan bakunya mungkin ambil dari luar, rakit di jakarta, kirim ke papua misalnya.

Aturan enak tinggal di batam aja. Wkwkkwkwk. Yg baru baru ntah gimana bisa jual lebih murah jg.
Haha, sepertinya bisa 60% atau lebih rakyat indo yg ga pernah beli mobil baru kali ya.
Punya mobil mungkin iya tp beli seken aja.
Atau beli 1 udah lama bgt dan dipake terus
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16307
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: What would you do?

Post by ChZ »

hackers11 wrote: Tue Mar 07, 2023 6:48 Haha, sepertinya bisa 60% atau lebih rakyat indo yg ga pernah beli mobil baru kali ya.
Punya mobil mungkin iya tp beli seken aja.
Atau beli 1 udah lama bgt dan dipake terus
nurut ane ini efek juga ke pasar mobil bekas yang belakangan naik :mky_03: krn makin gak affordable. orang punya dana 200 juta mau beli baru adanya brio dkk, sementara butuhnya seven seater. ya carinya bekas. daya beli disitu-situ aja, mobilnya harganya terkerek banyak. wkwkwkwkw.

mobil 500 up yang kaga lesu post-pandemic kayaknya cuma fortuner-pajero doank. makanya banyak yg bikin masalah di jalan :mky_03:

ngeliat span nya orang pake mobil sekarang kayaknya lama lama jg mbah. ga kayak dulu 5 thn sekali ganti. skrg bisa 7-10 thn sekali. efek pandemi kali yah 3 thn mobil jarang jalan akhirnya mo jual jg sayang rugi tahun :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: What would you do?

Post by fl4b1e »

sebenernya ada 1 lagi strategi lemimpin As*ra yg orng lupa. end to end customer touch.

Mulai dari beli di dealer, kalau duit mepet ditawarin kredit bunga ringan, atau kayak sewa brrtahun2 (masing2 ada PTnya sendiri2), ada bank juga tuk yg punya credit rating ok, asuransinya juga, sama terakhir kalau mau jual bekasnya, ada PTnya juga yg beli mobil bekasnya juga. Apalagi pas jual bekasnya, kangsung dutawarin mobil baru atau mobil bekas yg upgrade.. wah...

Rata2 merk lain, oaling sebayas hanya dealer dan pembiayaan.

Nah, end to end cusyomer touch point ini yang mahal tuk ditiru. mrmang bener, tadinya ada preferensi, atau spesial treatment ke merk tertentu oleh masing2 unit bisnis, dah berangsur2 berkurang karena masing2 dituntut laba dan aturan regulasi masing2..
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: What would you do?

Post by hackers11 »

2021 74% yg beli kendaraan kredit. Ga sebanyak perkiraan saya yg tadinya mikir 90%++.

Sumber:
https://finansial.bisnis.com/read/20220 ... pembiayaan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16307
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: What would you do?

Post by ChZ »

fl4b1e wrote: Tue Mar 07, 2023 14:11 sebenernya ada 1 lagi strategi lemimpin As*ra yg orng lupa. end to end customer touch.

Mulai dari beli di dealer, kalau duit mepet ditawarin kredit bunga ringan, atau kayak sewa brrtahun2 (masing2 ada PTnya sendiri2), ada bank juga tuk yg punya credit rating ok, asuransinya juga, sama terakhir kalau mau jual bekasnya, ada PTnya juga yg beli mobil bekasnya juga. Apalagi pas jual bekasnya, kangsung dutawarin mobil baru atau mobil bekas yg upgrade.. wah...

Rata2 merk lain, oaling sebayas hanya dealer dan pembiayaan.

Nah, end to end cusyomer touch point ini yang mahal tuk ditiru. mrmang bener, tadinya ada preferensi, atau spesial treatment ke merk tertentu oleh masing2 unit bisnis, dah berangsur2 berkurang karena masing2 dituntut laba dan aturan regulasi masing2..
wkwkwk ini dia om yang ane sebut di depan. orang baru akan consider model/brand tertentu kalo tetangga temen sodara pake. di indo yang susah itu ini, gaji UMR masih kg bisa nyicil mobil baru.

ini sama kayak nissan di US kenapa kok menjamur jadi fleet dan entry buyer soalnya pembiayaannya paling gampang. meski dihujat juga reliabilitynya karena murah ya memang murahan :upss:

susah susah kasih bengkel banyak, ada isinya gak ? SDMnya terlatih gak ? :big_biglaugh:

kalo cuma ngandelin konsumen yang "berduit", ya sulit.

klo liat skala bisnisnya SGMW dan kawan kawan ga susah sebenernya. tinggal gimana hardsell nya aja. beberapa japs company itu justru skalanya jauh lebih kecil.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: What would you do?

Post by Ibet »

orang mulai "woke" jg soal kredit mobil soalnya

mobil lmpv/lsuv tahun anyar gini nyicil 4 taun, per bulan udah di angka 5-6 jt lho
bayangin keluar duit 5-6 jt selama 47 bulan/4 taun

belom bensin, belom asuransi, belom maintenance, belom kpr

ini yg saya lihat orang buka bengkel mobil jg kok hidup - hidup aja meski level workshopnya below standard beres ..
ya orang prefer repair di situ jg .. murah ..

belakangan saya mikir, wah memang lezat dagang mobil bekas di sini haha
terutama mobil yg terkenal rawatannya gampang, gak rusakan, agak boros bensin gpp .. toh dipake hanya weekend
hari - hari ya naik jetski darat alias motor metik 150cc
Salvanost
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3178
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: What would you do?

Post by Salvanost »

KielConstantine wrote: Wed Mar 01, 2023 13:14
the-mantal wrote: Wed Mar 01, 2023 10:13 3. ac cina (gree) karena diendorse tukang2 ac.
Eh ada yg ngomongin AC :big_biglaugh:

Ada pengalaman nehh. AC gree vs daikin . Pasangnya bareng (awal 2020) . Pakenya bareng, umurnya jg sama persis ud nginjak 3 tahun

Yang merk gree. Sampe skarang masih no problem at all. Kg ada bocor2. Masihh dinginnnn. Freon pernah abis, trus isi 1x. Perawatan cuman cuci berkala aja indoor-outdoor 3 bulan sekali

Sementara yg merk jepang daikin. Ampun dahh. Sering banget rembes2 aer sampe netes2. Freon abis wajar pemakaian. Blom lg kadang sensor module receiver remotenya suka kg fungsi. Musti ganti modul. Dipertanyakan jg neh japan quality.. walaupun ud made in china jg sehh si daikin wkwkwk
ya ampun kok sama ya...
gree :big_exellent: walau ukuran ac kecil dibanding daikin
daikin saya module sensor remotenya juga rusak :big_bored:
rakyatwkwkland wrote: Wed Mar 01, 2023 14:08
KielConstantine wrote: Wed Mar 01, 2023 13:14
the-mantal wrote: Wed Mar 01, 2023 10:13 3. ac cina (gree) karena diendorse tukang2 ac.
Eh ada yg ngomongin AC :big_biglaugh:

Ada pengalaman nehh. AC gree vs daikin . Pasangnya bareng (awal 2020) . Pakenya bareng, umurnya jg sama persis ud nginjak 3 tahun

Yang merk gree. Sampe skarang masih no problem at all. Kg ada bocor2. Masihh dinginnnn. Freon pernah abis, trus isi 1x. Perawatan cuman cuci berkala aja indoor-outdoor 3 bulan sekali

Sementara yg merk jepang daikin. Ampun dahh. Sering banget rembes2 aer sampe netes2. Freon abis wajar pemakaian. Blom lg kadang sensor module receiver remotenya suka kg fungsi. Musti ganti modul. Dipertanyakan jg neh japan quality.. walaupun ud made in china jg sehh si daikin wkwkwk
Daikin skrg made in thai dan malon oom. Udah ngga ada lagi model yg masuk dari china.

Masalah segitu kayanya masih mending oom. Belon tau aja dia kalo user model inverternya kalo udah kena PCB nya sekali kena gantinya bisa 2 jutaan :ngacir: Ane sering nangkring di trit AC forum sebelah dah mayan kenyang baca orang curhat daikinnya masalah, mulai dari evap bocor sampe PCB bermasalah khusus seri inverter FTKC :ngacir:

btw,
Freon abis wajar pemakaian
Freon abis mah ga wajar oom... Yg namanya freon mah gabakal pernah abis kecuali ada bocor...
waduh disini banyak yg curhat daikin masalah ya...
bocoran donk daikin yg awet merk apa jarang main2 di forum ac soalnya :big_childish:
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 542
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: What would you do?

Post by the-mantal »

Salvanost wrote: Wed Mar 08, 2023 5:58

waduh disini banyak yg curhat daikin masalah ya...
bocoran donk daikin yg awet merk apa jarang main2 di forum ac soalnya :big_childish:
saya thn 2016 pake daikin yg malaysia non inverter (tipe ftv), pas di bulan ke 8 ac nya mendadak ga dingin, lupa kenapa tp karena masih masa garansi org daikin dtg beresin trus dingin lagi. bulan ke 14 pas garansi abis, ac nya mendadak ga dingin lagi, tp kali ini ada lampu error nyala, org daikin dtg ngecek blg PCB nya kena ganti 2 juta aja katanya (lah harga acnya cm 3 jt lebih dikit). lsg jokul n ga bakal beli daikin lagi.

abis itu saya pake ac merk haier buat gantiin daikin jahanam itu, awet2 sampai skrg tuh ac.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2019
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: What would you do?

Post by alvin23 »

Salvanost wrote: Wed Mar 08, 2023 5:58
waduh disini banyak yg curhat daikin masalah ya...
bocoran donk daikin yg awet merk apa jarang main2 di forum ac soalnya :big_childish:
Katanya yg asli punya pabrik itu selain Daikin ada Panasonic (Indo) trus Gree, Midea, Haier, Changhong. Sisanya kayak Sharp mayan awet tp sbnrnya satu pabrik ama GREE

jd kl tertarik AC Cina bisa coba Gree/Midea. Kl merk Jepang lain Panasonic sama Sharp
Rocky R ADS CVT 2021
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3707
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: What would you do?

Post by kendibocor »

Oe dirumah ada 5 biji daikin thailand non-inverter (kodenya FTC kalo ga salah) belinya barengan pas ngisi rumah. Semuanya aman2 aja sih ga ada bocor atau apa. Tp memang harus service 3-4 bln sekali kalo kotor dikit langsung berasa panas, begitu selesai cuci langsung dingin banget. Padahal 3-4 bln itu blm kotor2 amat. Di rumah yg dulu pake ac nyampur2 mitsubishi sama gree kalo kotor ga berasa langsung signifikan banget beda dinginnya sama si daikin ini.
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 859
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: What would you do?

Post by rakyatwkwkland »

Salvanost wrote: Wed Mar 08, 2023 5:58
KielConstantine wrote: Wed Mar 01, 2023 13:14
the-mantal wrote: Wed Mar 01, 2023 10:13 3. ac cina (gree) karena diendorse tukang2 ac.
Eh ada yg ngomongin AC :big_biglaugh:

Ada pengalaman nehh. AC gree vs daikin . Pasangnya bareng (awal 2020) . Pakenya bareng, umurnya jg sama persis ud nginjak 3 tahun

Yang merk gree. Sampe skarang masih no problem at all. Kg ada bocor2. Masihh dinginnnn. Freon pernah abis, trus isi 1x. Perawatan cuman cuci berkala aja indoor-outdoor 3 bulan sekali

Sementara yg merk jepang daikin. Ampun dahh. Sering banget rembes2 aer sampe netes2. Freon abis wajar pemakaian. Blom lg kadang sensor module receiver remotenya suka kg fungsi. Musti ganti modul. Dipertanyakan jg neh japan quality.. walaupun ud made in china jg sehh si daikin wkwkwk
ya ampun kok sama ya...
gree :big_exellent: walau ukuran ac kecil dibanding daikin
daikin saya module sensor remotenya juga rusak :big_bored:
rakyatwkwkland wrote: Wed Mar 01, 2023 14:08
KielConstantine wrote: Wed Mar 01, 2023 13:14

Eh ada yg ngomongin AC :big_biglaugh:

Ada pengalaman nehh. AC gree vs daikin . Pasangnya bareng (awal 2020) . Pakenya bareng, umurnya jg sama persis ud nginjak 3 tahun

Yang merk gree. Sampe skarang masih no problem at all. Kg ada bocor2. Masihh dinginnnn. Freon pernah abis, trus isi 1x. Perawatan cuman cuci berkala aja indoor-outdoor 3 bulan sekali

Sementara yg merk jepang daikin. Ampun dahh. Sering banget rembes2 aer sampe netes2. Freon abis wajar pemakaian. Blom lg kadang sensor module receiver remotenya suka kg fungsi. Musti ganti modul. Dipertanyakan jg neh japan quality.. walaupun ud made in china jg sehh si daikin wkwkwk
Daikin skrg made in thai dan malon oom. Udah ngga ada lagi model yg masuk dari china.

Masalah segitu kayanya masih mending oom. Belon tau aja dia kalo user model inverternya kalo udah kena PCB nya sekali kena gantinya bisa 2 jutaan :ngacir: Ane sering nangkring di trit AC forum sebelah dah mayan kenyang baca orang curhat daikinnya masalah, mulai dari evap bocor sampe PCB bermasalah khusus seri inverter FTKC :ngacir:

btw,
Freon abis wajar pemakaian
Freon abis mah ga wajar oom... Yg namanya freon mah gabakal pernah abis kecuali ada bocor...
waduh disini banyak yg curhat daikin masalah ya...
bocoran donk daikin yg awet merk apa jarang main2 di forum ac soalnya :big_childish:
Wah penyakit modul sensor remote daikin banyak uga yah yg kena di sini...

Maksudnya daikin yg awet merek apa gmn tuh oom? Kan daikin itu udh merek... :glodak:

Mungkin merek AC yg awet kali ya? Kalo itu sih ane sendiri jg bingung jawabnya. Kayanya merek apapun kalo apes ada aja penyakitnya. Elektronik zaman sekarang itu pada hoki2an soalnya isinya cost cutting semua... Miriplah sama otomotip yg dimana2 cost cutting :big_weee:

Kalo menurut pendapat ane, daikin dibilang lebih jelek dari merek lain mungkin belum tentu kali ya. Tapi lebih ke kualitasnya ga kaya dulu yang mungkin one step ahead kompetitornya, sekarang cenderung mirip2 aja sama merek2 lain. Masalahnya kan harganya yang cenderung lebih mahal daripada merek lain, tapi ga ada poin plusnya, ya IMHO jadi kurang worth it aja gitu. Banyak merek lain yg harganya mungkin lebih murah tp kualitas kurang lebih mirip seperti merek2 dari korea, china, hingga brand lokal Indo.