Hehehe sama dong pengalamannya pake daikin, kerjaannya bocor melulu padahal servis rutinKielConstantine wrote: ↑Wed Mar 01, 2023 13:14Eh ada yg ngomongin AC
Ada pengalaman nehh. AC gree vs daikin . Pasangnya bareng (awal 2020) . Pakenya bareng, umurnya jg sama persis ud nginjak 3 tahun
Yang merk gree. Sampe skarang masih no problem at all. Kg ada bocor2. Masihh dinginnnn. Freon pernah abis, trus isi 1x. Perawatan cuman cuci berkala aja indoor-outdoor 3 bulan sekali
Sementara yg merk jepang daikin. Ampun dahh. Sering banget rembes2 aer sampe netes2. Freon abis wajar pemakaian. Blom lg kadang sensor module receiver remotenya suka kg fungsi. Musti ganti modul. Dipertanyakan jg neh japan quality.. walaupun ud made in china jg sehh si daikin wkwkwk
What would you do?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 277
- Joined: Sun Mar 13, 2016 3:54
- Daily Vehicle: TGN 41 - 2005 Kijang Innova 2700V AT
Re: What would you do?
As simple as possible to make it easier for you and everyone else
TGN 41 - 2005 Kijang Innova 2.7V A/T
TGN 41 - 2005 Kijang Innova 2.7V A/T
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 859
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: What would you do?
Makanya, mau FWD asal berkualiti gak buruk2 amat kog. Ane pake xenia gen 1 rasanya di 90an ribu km shocknya aja udah mulai mati. Ane pake ertiga gen 2 udah 76 ribu km masih belon kenapa2 kaki2nya. At least bedanya gak parah2 banget kan?ChZ wrote: ↑Fri Mar 03, 2023 8:24confero sejauh ini paling common itu kopling nyeplos. tp kaki kakinya jg konon nggak bandel. soalnya klo ngomong kaki kaki teoritikal FWD lebih tidak awet karena more components cv joints dll,rakyatwkwkland wrote: ↑Fri Mar 03, 2023 7:24Bukan user confero, tapi konon katanya walau RWD kaki2nya confero ini sama letoynya dengan FWD jepangan bukan? Mungkin di sini ada user confero yg bisa validasi hal ini bener gak?loid wrote: ↑Fri Mar 03, 2023 6:55 Menurut pandangan awam gw sih, dgn adanya desas-desus rush/terios generasi baru ganti sistem penggerak ke FWD bisa jd kesempatan buat wuling confero ngambil ceruk pasar yg ditinggalkan duo astra di daerah2 pelosok yang menganut prinsip 'RWD harga mati' karena keterbatasan infrastruktur jalan atau alasan lain dan budgetnya ga cukup buat naik kelas ke ladder frame diesel
Yg penting aftersales dan ketersediaan sparepart dibenahi aja, bisa mendekati brand jepangan non astra macem suzuki/mitsu aja udh bagus bgt
Kalo gak lebih kuat daripada kaki2nya FWD jepangan buat apa kalo gitu mah... Dah lah naikannya lebih gak enak, ehh ketahanannya sama aja. Paling satu2nya alasan buat pilih confero cuma karena emang harga brand newnya yang lebih murah aja.
Lagian seletoy2nya kaki2 FWD, kalo emang dibuat dengan kualitas yang bener ya gak jelek2 amat kok. Ane pake ertiga gen 2 udah 76 ribu km kaki2nya masih sehat walafiat.
tapi pengalaman kaki kaki avanza gen 1 jg ga awet-awet amet. panther tu jg mudah loyo kaki kakinya. memang rwd kalo bushing2 dan link2 nya kokoh bakal awet, tp di mobil2 murah biasa nggak gitu case nya. wkwkwkkww.
toyota innova reborn jg tidak sekuat toyota innova lama. apalagi yg first gen wah jgn ditanya kuatnya
Emang dasar fanboy ngerwedeh aja yang suka berlebihan lah seakan2 mobilnya yg paling kuat dunia akherat
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3196
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: What would you do?
merk jepang aja sales nya masih kedodor target
dealer resmi kota kecil juga lack of cashflow
mmg market nya lemah. liat aja mobil di jalan an model an banyak kek apa
lcgc hatch mpv
sorry jika terlalu apa adanya
dealer resmi kota kecil juga lack of cashflow
mmg market nya lemah. liat aja mobil di jalan an model an banyak kek apa
lcgc hatch mpv
sorry jika terlalu apa adanya
engine roaring!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11385
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: What would you do?
Daikin sumber "lubang" buang air nya kecilkepo2601 wrote: ↑Fri Mar 03, 2023 10:10Hehehe sama dong pengalamannya pake daikin, kerjaannya bocor melulu padahal servis rutinKielConstantine wrote: ↑Wed Mar 01, 2023 13:14Eh ada yg ngomongin AC
Ada pengalaman nehh. AC gree vs daikin . Pasangnya bareng (awal 2020) . Pakenya bareng, umurnya jg sama persis ud nginjak 3 tahun
Yang merk gree. Sampe skarang masih no problem at all. Kg ada bocor2. Masihh dinginnnn. Freon pernah abis, trus isi 1x. Perawatan cuman cuci berkala aja indoor-outdoor 3 bulan sekali
Sementara yg merk jepang daikin. Ampun dahh. Sering banget rembes2 aer sampe netes2. Freon abis wajar pemakaian. Blom lg kadang sensor module receiver remotenya suka kg fungsi. Musti ganti modul. Dipertanyakan jg neh japan quality.. walaupun ud made in china jg sehh si daikin wkwkwk
Jd klo kotor dikit, timbul sumbatan, dan buang airnya jd bocor ke depan.
Harusnya buang ke belakang.
Solusinya,
bersihin pakai steam wash lebih sering
max 3 bln sekali.
Serahkan sama ahlinya tukang bersihin ac.
Paling 80rb sekali servis dan cuci.
Aman gak akan bocor.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- SM Specialist
- Posts: 16307
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: What would you do?
Rwd lederprem katanya kuat dunia akhirat, yah liat aja itu OPS malah penyakit nya shock Panther jg kaki kakinya rewel.rakyatwkwkland wrote: ↑Fri Mar 03, 2023 10:29 Makanya, mau FWD asal berkualiti gak buruk2 amat kog. Ane pake xenia gen 1 rasanya di 90an ribu km shocknya aja udah mulai mati. Ane pake ertiga gen 2 udah 76 ribu km masih belon kenapa2 kaki2nya. At least bedanya gak parah2 banget kan?
Emang dasar fanboy ngerwedeh aja yang suka berlebihan lah seakan2 mobilnya yg paling kuat dunia akherat
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 859
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: What would you do?
Jgn lupakan beberapa case shock bocornya ANKI hehehe... Busedd shock bocor usia muda udah kaya xpander batch awal ajaChZ wrote: ↑Fri Mar 03, 2023 16:06Rwd lederprem katanya kuat dunia akhirat, yah liat aja itu OPS malah penyakit nya shock Panther jg kaki kakinya rewel.rakyatwkwkland wrote: ↑Fri Mar 03, 2023 10:29 Makanya, mau FWD asal berkualiti gak buruk2 amat kog. Ane pake xenia gen 1 rasanya di 90an ribu km shocknya aja udah mulai mati. Ane pake ertiga gen 2 udah 76 ribu km masih belon kenapa2 kaki2nya. At least bedanya gak parah2 banget kan?
Emang dasar fanboy ngerwedeh aja yang suka berlebihan lah seakan2 mobilnya yg paling kuat dunia akherat
-
- SM Specialist
- Posts: 16307
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: What would you do?
justru nurut ane skrg fwd malah repairnya lbh gampang dan murah. wong fwd rusak itu biasa ya muter-muter ganti bushing aja per 2-3 thn. link stabil jg rata-rata blom pada kena sih sampe 50rb.rakyatwkwkland wrote: ↑Fri Mar 03, 2023 17:09
Jgn lupakan beberapa case shock bocornya ANKI hehehe... Busedd shock bocor usia muda udah kaya xpander batch awal aja
murah meriah drpd ganti shock.
bahkan yg klaas mobil kerja rwd lederprem macem L300 kaki kaki depannya sama aja rewel. gw dah repair brapa kali ada tuh. dipake 2 thn aja udah ambrol semua. pdhl muatan kg pernah di atas 2 ton.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2225
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: What would you do?
jualan di indo itu susah" gampang
klo oe jd petinggi sih yg bakal di fokusin, kepercayaan konsumen aja dulu
toyota-honda bisa merajai indo ya bukan tanpa alasan, mereka buat bentuk konsumen kyk skrg kan butuh puluhan taun
tau sukses di indo itu begimana?
muncul kalimat : "beli toyota honda aja servis gampang, awet mobilnya"
yg susah itu bikin konsumen hafal brand tsb diluar kepala & ga ragu utk beli brand tsb, karena effortnya sangat besar
coba rekomen org model macem mazda, hyundai wuling etc etc. pasti muncul kalimat keraguan
chinese car itu kan laku karena harganya undercut jepangan yg sekelas
coba harganya setara
lets say almaz & cx5 harga disamain, masih laku ga? dengan modal fitur yg seabrek
klo oe jd petinggi sih yg bakal di fokusin, kepercayaan konsumen aja dulu
toyota-honda bisa merajai indo ya bukan tanpa alasan, mereka buat bentuk konsumen kyk skrg kan butuh puluhan taun
tau sukses di indo itu begimana?
muncul kalimat : "beli toyota honda aja servis gampang, awet mobilnya"
yg susah itu bikin konsumen hafal brand tsb diluar kepala & ga ragu utk beli brand tsb, karena effortnya sangat besar
coba rekomen org model macem mazda, hyundai wuling etc etc. pasti muncul kalimat keraguan
chinese car itu kan laku karena harganya undercut jepangan yg sekelas
coba harganya setara
lets say almaz & cx5 harga disamain, masih laku ga? dengan modal fitur yg seabrek
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2225
- Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
- Location: Jakarta
Re: What would you do?
um NR pernah ngide gini jg neh (lupa di trit mana)Bibieight wrote: ↑Fri Mar 03, 2023 6:08 Tentang jualan, sebenernya seberapa penting sih ya dealer/toko mobil buat jualan ?. Kira2 kalo di Indonesia dibikin kayak Tesla mungkin ndak sih ?. Direct sales dari ATPM langsung konsumen. Jalur jualan :
- Online atau via point of service, jadi ATPM buka Experience Store di mal2, isinya karyawan ATPM, fokus buat kasih pelayanan priyayi, ndak ada acara push2 SPK. Konsumen buka order online, bole dirumah bole di Experience Store, kasih deadline delivery transparan.
- Buat tarik konsumen sering2 kontrak ke perusahaan marketing buka booth kecil di mal2, konsumen masukin order onlen baru dapet komisi (di level perusahaannya ya, perkara tu perusahaan bagi berapa ke salesnya si ndak perlu ikut2)
- Terus delivery pakai perusahaan kontrak, ambil dari depo ATPM kirim langsung ke konsumen, kasih standard pengiriman, driver+delivery-man harus pake seragam.
Masalah terbesar emang modal ATPM harus gede, soalnya barang yg tadinya dimodalin Main Dealer-Dealer jadi dimodalin ATPM sih, tapi kalo barangnya laris kan jadi ndak perlu bagi2 rejeki ke Main Dealer-Dealer yak
- Abis serah terima, untuk servis kasih kontrak juga ke bengkel, kayak Ford minggat kan dia kontrak buat ASS-nya ke RMA, urusan klaim bengkel kontrak jadi jasa perantara.
jualan full online, transaksi online
ATPM tinggal siapkan physical service center aja
mayan motong cost seh, kan ukuran bangunan jg bisa dikecilin/ dimaksimalin utk service bay tambahan
dan oe setuju, sebenernya diler utk showcase itu ga perlu" amat
kan bisa janjian utk test dirumah
yg penting aftersales aja
-
- SM Specialist
- Posts: 16307
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: What would you do?
pinternya jejepangan, mereka tuh pasang harga mahal, cost cutting di tempat yang sekiranya mayoritas penggunanya gak bakal ributin pengguna ya, bukan netijen nyinyir.darrelund wrote: ↑Sat Mar 04, 2023 3:05 jualan di indo itu susah" gampang
klo oe jd petinggi sih yg bakal di fokusin, kepercayaan konsumen aja dulu
toyota-honda bisa merajai indo ya bukan tanpa alasan, mereka buat bentuk konsumen kyk skrg kan butuh puluhan taun
tau sukses di indo itu begimana?
muncul kalimat : "beli toyota honda aja servis gampang, awet mobilnya"
yg susah itu bikin konsumen hafal brand tsb diluar kepala & ga ragu utk beli brand tsb, karena effortnya sangat besar
coba rekomen org model macem mazda, hyundai wuling etc etc. pasti muncul kalimat keraguan
chinese car itu kan laku karena harganya undercut jepangan yg sekelas
coba harganya setara
lets say almaz & cx5 harga disamain, masih laku ga? dengan modal fitur yg seabrek
coba lah se banyaknya netijen nyinyir sama HRV CRV apa inofa reborn yg kualitinya jelek, mang penggunanya peduli yah. a selected few, yang beli jg bukan duit die tp masih duit bapaknye
krn yang biasa di exploit kan repeat order konsumen lama yg dari kijang beli kijang lagi aja saking males milih. buanyak tipikal bapak bapak gini. salesnya jg paling dari masih junior sales ampe sales manager RO terus. toyota harga mati. yang kesel anaknya punya mobil kijang mulu
inofa reborn ya pada ngeluhin beberapa kualitinya gak sebagus inofa lama, tp dibeli semata ini toyota, gampang kalo mau cari apa-apa. kan we need to choose the lesser evil
pabrikan china jg bukan malaikat kok emang tuh mobcin klo laku gak bakal tuh profit oriented jg jd jangan seneng dulu lah, pengusaha dimana-mana sama aja tujuannya cuan bukan malaikat lah woleng kongpero aja diem diem disunatin khan dr yang awal
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1210
- Joined: Tue Jan 05, 2016 0:58
- Location: Jakarta
Re: What would you do?
Mimpi proper mobnas ev, design & aftersales di kelola scr profesional...
Bosen "dijajah" mulu...
Bosen "dijajah" mulu...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: What would you do?
OOT dikit, ttg penjualan masi sekitar 1 jt unit meski brand udah bikin produk sesuai kemauan rakyat indo.
Kira2 kenapa ya?
Apa karena sistem mobkas kita yg barang udah ngebul masi ada harganya dan akhirnya yg butuh beli yg berstatus rongsok asal punya mobil?
Kira2 kenapa ya?
Apa karena sistem mobkas kita yg barang udah ngebul masi ada harganya dan akhirnya yg butuh beli yg berstatus rongsok asal punya mobil?
-
- SM Specialist
- Posts: 16307
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: What would you do?
Pemerataan ekonomi nya mbah. Yg sanggup beli mobil brand new kan majority nya di jawa. Sementara penduduk 280juta kan nyebar wkwkwkwk.
Udh gitu kendala supply chain mobil di indo bahan bakunya mungkin ambil dari luar, rakit di jakarta, kirim ke papua misalnya.
Aturan enak tinggal di batam aja. Wkwkkwkwk. Yg baru baru ntah gimana bisa jual lebih murah jg.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3707
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: What would you do?
Ngebentuk kepercayaan emang susah, perlu waktu dan effort yg ga sebentar. Ga sekedar jualan produk bagus doang tp kalo supporting systemnya ampas ya kapok lah orang beli, Jadi inget tahun lalu beli mobildarrelund wrote: ↑Sat Mar 04, 2023 3:05 jualan di indo itu susah" gampang
klo oe jd petinggi sih yg bakal di fokusin, kepercayaan konsumen aja dulu
toyota-honda bisa merajai indo ya bukan tanpa alasan, mereka buat bentuk konsumen kyk skrg kan butuh puluhan taun
tau sukses di indo itu begimana?
muncul kalimat : "beli toyota honda aja servis gampang, awet mobilnya"
yg susah itu bikin konsumen hafal brand tsb diluar kepala & ga ragu utk beli brand tsb, karena effortnya sangat besar
coba rekomen org model macem mazda, hyundai wuling etc etc. pasti muncul kalimat keraguan
chinese car itu kan laku karena harganya undercut jepangan yg sekelas
coba harganya setara
lets say almaz & cx5 harga disamain, masih laku ga? dengan modal fitur yg seabrek
2x beli merk itu, 2x jg dikerjain ngurus plat nomor. Jualan macem warung pinggir jalan yg ngegetok asal laku saat ini doang, abis itu bodo amat bakalan RO lg apa nggak. Uda gitu sistematik lg dari cabang sampe pusat tutup kuping semua sama komplain customer Gimana orng indo ga ke toyota or honda lg
Butuh dana buat beli M4
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: What would you do?
Haha, sepertinya bisa 60% atau lebih rakyat indo yg ga pernah beli mobil baru kali ya.ChZ wrote:Pemerataan ekonomi nya mbah. Yg sanggup beli mobil brand new kan majority nya di jawa. Sementara penduduk 280juta kan nyebar wkwkwkwk.
Udh gitu kendala supply chain mobil di indo bahan bakunya mungkin ambil dari luar, rakit di jakarta, kirim ke papua misalnya.
Aturan enak tinggal di batam aja. Wkwkkwkwk. Yg baru baru ntah gimana bisa jual lebih murah jg.
Punya mobil mungkin iya tp beli seken aja.
Atau beli 1 udah lama bgt dan dipake terus
-
- SM Specialist
- Posts: 16307
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: What would you do?
nurut ane ini efek juga ke pasar mobil bekas yang belakangan naik krn makin gak affordable. orang punya dana 200 juta mau beli baru adanya brio dkk, sementara butuhnya seven seater. ya carinya bekas. daya beli disitu-situ aja, mobilnya harganya terkerek banyak. wkwkwkwkw.
mobil 500 up yang kaga lesu post-pandemic kayaknya cuma fortuner-pajero doank. makanya banyak yg bikin masalah di jalan
ngeliat span nya orang pake mobil sekarang kayaknya lama lama jg mbah. ga kayak dulu 5 thn sekali ganti. skrg bisa 7-10 thn sekali. efek pandemi kali yah 3 thn mobil jarang jalan akhirnya mo jual jg sayang rugi tahun
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 416
- Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18
Re: What would you do?
sebenernya ada 1 lagi strategi lemimpin As*ra yg orng lupa. end to end customer touch.
Mulai dari beli di dealer, kalau duit mepet ditawarin kredit bunga ringan, atau kayak sewa brrtahun2 (masing2 ada PTnya sendiri2), ada bank juga tuk yg punya credit rating ok, asuransinya juga, sama terakhir kalau mau jual bekasnya, ada PTnya juga yg beli mobil bekasnya juga. Apalagi pas jual bekasnya, kangsung dutawarin mobil baru atau mobil bekas yg upgrade.. wah...
Rata2 merk lain, oaling sebayas hanya dealer dan pembiayaan.
Nah, end to end cusyomer touch point ini yang mahal tuk ditiru. mrmang bener, tadinya ada preferensi, atau spesial treatment ke merk tertentu oleh masing2 unit bisnis, dah berangsur2 berkurang karena masing2 dituntut laba dan aturan regulasi masing2..
Mulai dari beli di dealer, kalau duit mepet ditawarin kredit bunga ringan, atau kayak sewa brrtahun2 (masing2 ada PTnya sendiri2), ada bank juga tuk yg punya credit rating ok, asuransinya juga, sama terakhir kalau mau jual bekasnya, ada PTnya juga yg beli mobil bekasnya juga. Apalagi pas jual bekasnya, kangsung dutawarin mobil baru atau mobil bekas yg upgrade.. wah...
Rata2 merk lain, oaling sebayas hanya dealer dan pembiayaan.
Nah, end to end cusyomer touch point ini yang mahal tuk ditiru. mrmang bener, tadinya ada preferensi, atau spesial treatment ke merk tertentu oleh masing2 unit bisnis, dah berangsur2 berkurang karena masing2 dituntut laba dan aturan regulasi masing2..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 696
- Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53
Re: What would you do?
2021 74% yg beli kendaraan kredit. Ga sebanyak perkiraan saya yg tadinya mikir 90%++.
Sumber:
https://finansial.bisnis.com/read/20220 ... pembiayaan
Sumber:
https://finansial.bisnis.com/read/20220 ... pembiayaan
-
- SM Specialist
- Posts: 16307
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: What would you do?
wkwkwk ini dia om yang ane sebut di depan. orang baru akan consider model/brand tertentu kalo tetangga temen sodara pake. di indo yang susah itu ini, gaji UMR masih kg bisa nyicil mobil baru.fl4b1e wrote: ↑Tue Mar 07, 2023 14:11 sebenernya ada 1 lagi strategi lemimpin As*ra yg orng lupa. end to end customer touch.
Mulai dari beli di dealer, kalau duit mepet ditawarin kredit bunga ringan, atau kayak sewa brrtahun2 (masing2 ada PTnya sendiri2), ada bank juga tuk yg punya credit rating ok, asuransinya juga, sama terakhir kalau mau jual bekasnya, ada PTnya juga yg beli mobil bekasnya juga. Apalagi pas jual bekasnya, kangsung dutawarin mobil baru atau mobil bekas yg upgrade.. wah...
Rata2 merk lain, oaling sebayas hanya dealer dan pembiayaan.
Nah, end to end cusyomer touch point ini yang mahal tuk ditiru. mrmang bener, tadinya ada preferensi, atau spesial treatment ke merk tertentu oleh masing2 unit bisnis, dah berangsur2 berkurang karena masing2 dituntut laba dan aturan regulasi masing2..
ini sama kayak nissan di US kenapa kok menjamur jadi fleet dan entry buyer soalnya pembiayaannya paling gampang. meski dihujat juga reliabilitynya karena murah ya memang murahan
susah susah kasih bengkel banyak, ada isinya gak ? SDMnya terlatih gak ?
kalo cuma ngandelin konsumen yang "berduit", ya sulit.
klo liat skala bisnisnya SGMW dan kawan kawan ga susah sebenernya. tinggal gimana hardsell nya aja. beberapa japs company itu justru skalanya jauh lebih kecil.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 251
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: What would you do?
orang mulai "woke" jg soal kredit mobil soalnya
mobil lmpv/lsuv tahun anyar gini nyicil 4 taun, per bulan udah di angka 5-6 jt lho
bayangin keluar duit 5-6 jt selama 47 bulan/4 taun
belom bensin, belom asuransi, belom maintenance, belom kpr
ini yg saya lihat orang buka bengkel mobil jg kok hidup - hidup aja meski level workshopnya below standard beres ..
ya orang prefer repair di situ jg .. murah ..
belakangan saya mikir, wah memang lezat dagang mobil bekas di sini haha
terutama mobil yg terkenal rawatannya gampang, gak rusakan, agak boros bensin gpp .. toh dipake hanya weekend
hari - hari ya naik jetski darat alias motor metik 150cc
mobil lmpv/lsuv tahun anyar gini nyicil 4 taun, per bulan udah di angka 5-6 jt lho
bayangin keluar duit 5-6 jt selama 47 bulan/4 taun
belom bensin, belom asuransi, belom maintenance, belom kpr
ini yg saya lihat orang buka bengkel mobil jg kok hidup - hidup aja meski level workshopnya below standard beres ..
ya orang prefer repair di situ jg .. murah ..
belakangan saya mikir, wah memang lezat dagang mobil bekas di sini haha
terutama mobil yg terkenal rawatannya gampang, gak rusakan, agak boros bensin gpp .. toh dipake hanya weekend
hari - hari ya naik jetski darat alias motor metik 150cc
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3178
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: What would you do?
ya ampun kok sama ya...KielConstantine wrote: ↑Wed Mar 01, 2023 13:14Eh ada yg ngomongin AC
Ada pengalaman nehh. AC gree vs daikin . Pasangnya bareng (awal 2020) . Pakenya bareng, umurnya jg sama persis ud nginjak 3 tahun
Yang merk gree. Sampe skarang masih no problem at all. Kg ada bocor2. Masihh dinginnnn. Freon pernah abis, trus isi 1x. Perawatan cuman cuci berkala aja indoor-outdoor 3 bulan sekali
Sementara yg merk jepang daikin. Ampun dahh. Sering banget rembes2 aer sampe netes2. Freon abis wajar pemakaian. Blom lg kadang sensor module receiver remotenya suka kg fungsi. Musti ganti modul. Dipertanyakan jg neh japan quality.. walaupun ud made in china jg sehh si daikin wkwkwk
gree walau ukuran ac kecil dibanding daikin
daikin saya module sensor remotenya juga rusak
waduh disini banyak yg curhat daikin masalah ya...rakyatwkwkland wrote: ↑Wed Mar 01, 2023 14:08Daikin skrg made in thai dan malon oom. Udah ngga ada lagi model yg masuk dari china.KielConstantine wrote: ↑Wed Mar 01, 2023 13:14Eh ada yg ngomongin AC
Ada pengalaman nehh. AC gree vs daikin . Pasangnya bareng (awal 2020) . Pakenya bareng, umurnya jg sama persis ud nginjak 3 tahun
Yang merk gree. Sampe skarang masih no problem at all. Kg ada bocor2. Masihh dinginnnn. Freon pernah abis, trus isi 1x. Perawatan cuman cuci berkala aja indoor-outdoor 3 bulan sekali
Sementara yg merk jepang daikin. Ampun dahh. Sering banget rembes2 aer sampe netes2. Freon abis wajar pemakaian. Blom lg kadang sensor module receiver remotenya suka kg fungsi. Musti ganti modul. Dipertanyakan jg neh japan quality.. walaupun ud made in china jg sehh si daikin wkwkwk
Masalah segitu kayanya masih mending oom. Belon tau aja dia kalo user model inverternya kalo udah kena PCB nya sekali kena gantinya bisa 2 jutaan Ane sering nangkring di trit AC forum sebelah dah mayan kenyang baca orang curhat daikinnya masalah, mulai dari evap bocor sampe PCB bermasalah khusus seri inverter FTKC
btw,Freon abis mah ga wajar oom... Yg namanya freon mah gabakal pernah abis kecuali ada bocor...Freon abis wajar pemakaian
bocoran donk daikin yg awet merk apa jarang main2 di forum ac soalnya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 542
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: What would you do?
saya thn 2016 pake daikin yg malaysia non inverter (tipe ftv), pas di bulan ke 8 ac nya mendadak ga dingin, lupa kenapa tp karena masih masa garansi org daikin dtg beresin trus dingin lagi. bulan ke 14 pas garansi abis, ac nya mendadak ga dingin lagi, tp kali ini ada lampu error nyala, org daikin dtg ngecek blg PCB nya kena ganti 2 juta aja katanya (lah harga acnya cm 3 jt lebih dikit). lsg jokul n ga bakal beli daikin lagi.
abis itu saya pake ac merk haier buat gantiin daikin jahanam itu, awet2 sampai skrg tuh ac.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2019
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: What would you do?
Katanya yg asli punya pabrik itu selain Daikin ada Panasonic (Indo) trus Gree, Midea, Haier, Changhong. Sisanya kayak Sharp mayan awet tp sbnrnya satu pabrik ama GREE
jd kl tertarik AC Cina bisa coba Gree/Midea. Kl merk Jepang lain Panasonic sama Sharp
Rocky R ADS CVT 2021
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3707
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: What would you do?
Oe dirumah ada 5 biji daikin thailand non-inverter (kodenya FTC kalo ga salah) belinya barengan pas ngisi rumah. Semuanya aman2 aja sih ga ada bocor atau apa. Tp memang harus service 3-4 bln sekali kalo kotor dikit langsung berasa panas, begitu selesai cuci langsung dingin banget. Padahal 3-4 bln itu blm kotor2 amat. Di rumah yg dulu pake ac nyampur2 mitsubishi sama gree kalo kotor ga berasa langsung signifikan banget beda dinginnya sama si daikin ini.
Butuh dana buat beli M4
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 859
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: What would you do?
Wah penyakit modul sensor remote daikin banyak uga yah yg kena di sini...Salvanost wrote: ↑Wed Mar 08, 2023 5:58ya ampun kok sama ya...KielConstantine wrote: ↑Wed Mar 01, 2023 13:14Eh ada yg ngomongin AC
Ada pengalaman nehh. AC gree vs daikin . Pasangnya bareng (awal 2020) . Pakenya bareng, umurnya jg sama persis ud nginjak 3 tahun
Yang merk gree. Sampe skarang masih no problem at all. Kg ada bocor2. Masihh dinginnnn. Freon pernah abis, trus isi 1x. Perawatan cuman cuci berkala aja indoor-outdoor 3 bulan sekali
Sementara yg merk jepang daikin. Ampun dahh. Sering banget rembes2 aer sampe netes2. Freon abis wajar pemakaian. Blom lg kadang sensor module receiver remotenya suka kg fungsi. Musti ganti modul. Dipertanyakan jg neh japan quality.. walaupun ud made in china jg sehh si daikin wkwkwk
gree walau ukuran ac kecil dibanding daikin
daikin saya module sensor remotenya juga rusak
waduh disini banyak yg curhat daikin masalah ya...rakyatwkwkland wrote: ↑Wed Mar 01, 2023 14:08Daikin skrg made in thai dan malon oom. Udah ngga ada lagi model yg masuk dari china.KielConstantine wrote: ↑Wed Mar 01, 2023 13:14
Eh ada yg ngomongin AC
Ada pengalaman nehh. AC gree vs daikin . Pasangnya bareng (awal 2020) . Pakenya bareng, umurnya jg sama persis ud nginjak 3 tahun
Yang merk gree. Sampe skarang masih no problem at all. Kg ada bocor2. Masihh dinginnnn. Freon pernah abis, trus isi 1x. Perawatan cuman cuci berkala aja indoor-outdoor 3 bulan sekali
Sementara yg merk jepang daikin. Ampun dahh. Sering banget rembes2 aer sampe netes2. Freon abis wajar pemakaian. Blom lg kadang sensor module receiver remotenya suka kg fungsi. Musti ganti modul. Dipertanyakan jg neh japan quality.. walaupun ud made in china jg sehh si daikin wkwkwk
Masalah segitu kayanya masih mending oom. Belon tau aja dia kalo user model inverternya kalo udah kena PCB nya sekali kena gantinya bisa 2 jutaan Ane sering nangkring di trit AC forum sebelah dah mayan kenyang baca orang curhat daikinnya masalah, mulai dari evap bocor sampe PCB bermasalah khusus seri inverter FTKC
btw,Freon abis mah ga wajar oom... Yg namanya freon mah gabakal pernah abis kecuali ada bocor...Freon abis wajar pemakaian
bocoran donk daikin yg awet merk apa jarang main2 di forum ac soalnya
Maksudnya daikin yg awet merek apa gmn tuh oom? Kan daikin itu udh merek...
Mungkin merek AC yg awet kali ya? Kalo itu sih ane sendiri jg bingung jawabnya. Kayanya merek apapun kalo apes ada aja penyakitnya. Elektronik zaman sekarang itu pada hoki2an soalnya isinya cost cutting semua... Miriplah sama otomotip yg dimana2 cost cutting
Kalo menurut pendapat ane, daikin dibilang lebih jelek dari merek lain mungkin belum tentu kali ya. Tapi lebih ke kualitasnya ga kaya dulu yang mungkin one step ahead kompetitornya, sekarang cenderung mirip2 aja sama merek2 lain. Masalahnya kan harganya yang cenderung lebih mahal daripada merek lain, tapi ga ada poin plusnya, ya IMHO jadi kurang worth it aja gitu. Banyak merek lain yg harganya mungkin lebih murah tp kualitas kurang lebih mirip seperti merek2 dari korea, china, hingga brand lokal Indo.