mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 786
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
Sekarang kan sudah banyak pabrikan mobil di indonesia yang beralih dari RWD ke FWD (penggerak roda depan) padahal banyak orang yang suka mobil RWD karena katanya kuat dan tangguh di medan jelek
Menurut pengalaman kalian mobil FWD apa yang paling kuat melibas medan jalan bervariasi (tidak harus separah medan di luar jawa/jalan dajjal) dan jarang trouble dari sisi apapun silakan dibagi pengalamannya
Menurut saya mobil FWD yang kuat
suzuki splash
Pernah pake splash matic 2013 di tahun 2018-2019 dipake sampe 70ribu kilometer belum pernah servis kaki2 sama sekali tidak pernah ada bunyi2,mesin juga ga ada kerusakan yang berarti,power steering,rack steering juga senyap2 aja
Melibas medan tanjakan juga tenaga cukup meskipun matic
Ground clearance yg cukup tinggi cuma beda 10cm lebih rendah dari avanza tahun yg sama juga bikin worry free
Menurut pengalaman kalian mobil FWD apa yang paling kuat melibas medan jalan bervariasi (tidak harus separah medan di luar jawa/jalan dajjal) dan jarang trouble dari sisi apapun silakan dibagi pengalamannya
Menurut saya mobil FWD yang kuat
suzuki splash
Pernah pake splash matic 2013 di tahun 2018-2019 dipake sampe 70ribu kilometer belum pernah servis kaki2 sama sekali tidak pernah ada bunyi2,mesin juga ga ada kerusakan yang berarti,power steering,rack steering juga senyap2 aja
Melibas medan tanjakan juga tenaga cukup meskipun matic
Ground clearance yg cukup tinggi cuma beda 10cm lebih rendah dari avanza tahun yg sama juga bikin worry free
Last edited by zonepublic on Wed Jul 05, 2023 17:04, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: mobil FWD paling kuat dan jarang trouble?
Pernah nyetir suzuki splash temen, baru 60an ribu km, tp dipake jalan aceh tenggara - medan, glodakan kok kakinya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 786
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Sun Dec 04, 2016 18:38
Re: mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
Pernah piara 2 unit calya, 2016 dan 2017. Entah kenapa yg 2016 dari baru rack steering bunyi, baru claim warranty pas km 30rb pas nemu beres yg gak rewel TWC
Sehabis ganti, senyap sampai dijual di km 110rb
Yang taun 2017, sampe dijual di km 60rb gak kenapa napa. Cuma kemarin buyernya nanya rekomendasi bengkel rekondisi rack steering pas pemakaian udh 80rb km
Kayanya calsig agak bandel sih kaki2 nya, entah yg produksi taun 2022 keatas, apa masih sama material nya atau tidak
Sehabis ganti, senyap sampai dijual di km 110rb
Yang taun 2017, sampe dijual di km 60rb gak kenapa napa. Cuma kemarin buyernya nanya rekomendasi bengkel rekondisi rack steering pas pemakaian udh 80rb km
Kayanya calsig agak bandel sih kaki2 nya, entah yg produksi taun 2022 keatas, apa masih sama material nya atau tidak
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5056
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
tergantung amal ibadah om saya pake honda awet semua kaki2xnya FREED, RM, GE8 ini posisi KM 100rb++ semua kecuali ge8 baru 90rb tapi umur 10thnan semua, awet semua tapi banyak diluar sono orang ngeluh kaki2x freed, ge8 sama rm trouble km di bawah 100rb
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 572
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
2008 crv 2.0at odo 164ribuan, uda 2x servis rackteer di odo 108rb (2016) + 162ribu (2023), ganti support shock + link stabil di odo 162rb tadi barengan servis racksteer yg kedua, bearing roda belakang kiri ganti di odo 132rb tahun 2018 lalu, shockbreaker depan belakanb ganti di odo 150ribuan tahun 2022 lalu
Dibanding mobil rwd mungkin ini crv lebih ringkih, tapi buat suv fwd buat saya bandel sih, apalagi perjalanan medio 2015-2020 lalu sangat sering cilacap - solo saat jalan masih ancur2an, ga kayak sekarang yg sudah mulus dan ada jalur pantai selatan
Brio RS 2017 odo 51rb, kaki2 masih sangat senyap, empuk, no issue
HRV Prestige 2017 odo 16ribuan senyap dan empuk juga, gak ada problem at all
Tapi abis nyuci mobil sendiri kadang2 ngolong semprot PTFE spray di area ball joint, tie rood, link stabil, bushing arm, sampe engine mounting
Sekalian ngecek kali aja ada rembes2 di bawah mesin
Dibanding mobil rwd mungkin ini crv lebih ringkih, tapi buat suv fwd buat saya bandel sih, apalagi perjalanan medio 2015-2020 lalu sangat sering cilacap - solo saat jalan masih ancur2an, ga kayak sekarang yg sudah mulus dan ada jalur pantai selatan
Brio RS 2017 odo 51rb, kaki2 masih sangat senyap, empuk, no issue
HRV Prestige 2017 odo 16ribuan senyap dan empuk juga, gak ada problem at all
Tapi abis nyuci mobil sendiri kadang2 ngolong semprot PTFE spray di area ball joint, tie rood, link stabil, bushing arm, sampe engine mounting
Sekalian ngecek kali aja ada rembes2 di bawah mesin
Present
R20A 5AT 08 / Shell Aspira SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Shell Aspira SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 360
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
Kawan piara Sportage sudah 190k km blom perna ganti apapun di kaki kaki rute Cibubur - central park
Picanto 125k km rute Lippo Karawaci - Sahid Sudirman kaki kaki masi senyap dan enak
Mobil sendiri Fortuner vnt km 119k km Uda ganti shockbreaker karna bunyi duak...duak . Kalo bawaan banyak
Picanto 125k km rute Lippo Karawaci - Sahid Sudirman kaki kaki masi senyap dan enak
Mobil sendiri Fortuner vnt km 119k km Uda ganti shockbreaker karna bunyi duak...duak . Kalo bawaan banyak
-
- SM Specialist
- Posts: 16307
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
kalau sudah ngomongin kaki-kaki, faktornya sangat random. nggak bisa certain make/models dibilang lebih kuat. built better iya (better materials), tapi lebih kuat belum tentu. wong sesederhana cara kita muter setir aja ngaruh ke keawetan karet-karet. suka mentok2 ngga muternya? wkwkwkkw.
trs suka pake angin berapa, makin keras anginnya ya makin gak ngeredam getaran. ya efek ke karet-karet.
rear wheel drive dibilang awet ya rear wheel drive apa dulu. kalo rear wheel drive BMW ya sama aja, makin kompleks konstruksinya makin besar potensi rewel.
kalo rear wheel drive innova ya wajar rigid axle belakang emang komponennya apa aja wkwkwkwk. depan jg paling tie rod dan steering rack aja.
front wheel drive setau ane yg prone to breakdown itu bushing-bushing aja. bushing upper/lower arm, bushing rack steering, ya namanya karet bergesekan terus kena panas dll sudah pasti lebih prematur. bunyi glodakan itu kan dari bushing. wong kadang kita keluhan glodakan dicek gak ada apa-apa. wkwkwkwk
trs suka pake angin berapa, makin keras anginnya ya makin gak ngeredam getaran. ya efek ke karet-karet.
rear wheel drive dibilang awet ya rear wheel drive apa dulu. kalo rear wheel drive BMW ya sama aja, makin kompleks konstruksinya makin besar potensi rewel.
kalo rear wheel drive innova ya wajar rigid axle belakang emang komponennya apa aja wkwkwkwk. depan jg paling tie rod dan steering rack aja.
front wheel drive setau ane yg prone to breakdown itu bushing-bushing aja. bushing upper/lower arm, bushing rack steering, ya namanya karet bergesekan terus kena panas dll sudah pasti lebih prematur. bunyi glodakan itu kan dari bushing. wong kadang kita keluhan glodakan dicek gak ada apa-apa. wkwkwkwk
Last edited by ChZ on Thu Jul 06, 2023 3:10, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 626
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
FWD mobil umum yang kuat2 tuh duet Calsig, pernah naek Go Car kmnya udah 300rban, drivernya bilang cuma pernah ganti laher roda, itu jg karena dia pernah nerabas banjir sekitar Kapuk dan Kelapa Gadingzonepublic wrote: ↑Wed Jul 05, 2023 16:59 Sekarang kan sudah banyak pabrikan mobil di indonesia yang beralih dari RWD ke FWD (penggerak roda depan) padahal banyak orang yang suka mobil RWD karena katanya kuat dan tangguh di medan jelek
Menurut pengalaman kalian mobil FWD apa yang paling kuat melibas medan jalan bervariasi (tidak harus separah medan di luar jawa/jalan dajjal) dan jarang trouble dari sisi apapun silakan dibagi pengalamannya
Menurut saya mobil FWD yang kuat
suzuki splash
Pernah pake splash matic 2013 di tahun 2018-2019 dipake sampe 70ribu kilometer belum pernah servis kaki2 sama sekali tidak pernah ada bunyi2,mesin juga ga ada kerusakan yang berarti,power steering,rack steering juga senyap2 aja
Melibas medan tanjakan juga tenaga cukup meskipun matic
Ground clearance yg cukup tinggi cuma beda 10cm lebih rendah dari avanza tahun yg sama juga bikin worry free
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 654
- Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT
Re: mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
maaf kurang setuju dengan muter setir mentok bikin ga awet.ChZ wrote: ↑Thu Jul 06, 2023 3:00 kalau sudah ngomongin kaki-kaki, faktornya sangat random. nggak bisa certain make/models dibilang lebih kuat. built better iya (better materials), tapi lebih kuat belum tentu. wong sesederhana cara kita muter setir aja ngaruh ke keawetan karet-karet. suka mentok2 ngga muternya? wkwkwkkw.
sejak 20 taun lalu saya mulai nyetir hingga sekarang sudah bermacam-macam mobil dengan EPS, HPS ataupun tanpa PS, dengan track record puluhan hingga ratusan ribu km tiap mobil, setiap nyetir sy ga pernah ragu putar mentok. di u-turn patah, parkir sempit dll, kalau bisa mentok ya pasti putar mentok, bahkan sy suka putar setir dengan cepat. dan tidak ada satupun mobil sy yg pernah bermasalah dengan komponen setir. masalah kaki yg pernah saya alami hanya di suspensi dan komponen yg rusaknya karena jalan kasar seperti bearing roda, tierod, stabilizer dan balljoint.
putar setir mentok tidak bikin komponen cepat rusak, yg bikin cepat rusak adalah BAGAIMANA CARANYA. banyak driver tidak paham cara yg benar, puter setir dalam kondisi mobil diam. ini yg bikin cepet jebol karena putaran setir terhambat traksi dari ban yg ditekan beban mobilnya, sehingga memaksa semua komponen yg berkaitan dengan putar setir. apalagi kalau tanahnya keras dan kasar, ban soft compound, maka ban makin tergerus dan komponen makin tersiksa.
sy setiap muter setir tidak pernah dalam kondisi mobil diam, selalu jalan. jalan sepelan apapun pokoknya roda harus sambil berputar. biarpun harus lebih banyak maju-mundur di parkiran sempit, gpp drpd bikin komponen cepet jebol.
sebel sering liat mobil di u-turn dengan jalur hijau 4-5 meter tapi putbalnya tidak mau mepet, keluar u-turn sampe makan 2 lajur.
-
- SM Specialist
- Posts: 16307
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
masalahnya kita jg gak pernah tau kan om rusak komponennya karena apa. ngomong karena jalan jelek, lah kadang hajar jalan jelek tiap hari gakpapa2 jg, jd ya factor in aja semua faktor yg bikin wear sdikit banyak ada pengaruhnya pasti. wkwkkwkw.r1409 wrote: ↑Thu Jul 06, 2023 3:22
sejak 20 taun lalu saya mulai nyetir hingga sekarang sudah bermacam-macam mobil dengan EPS, HPS ataupun tanpa PS, dengan track record puluhan hingga ratusan ribu km tiap mobil, setiap nyetir sy ga pernah ragu putar mentok. di u-turn patah, parkir sempit dll, kalau bisa mentok ya pasti putar mentok, bahkan sy suka putar setir dengan cepat. dan tidak ada satupun mobil sy yg pernah bermasalah dengan komponen setir. masalah kaki yg pernah saya alami hanya di suspensi dan komponen yg rusaknya karena jalan kasar seperti bearing roda, tierod, stabilizer dan balljoint.
putar setir mentok tidak bikin komponen cepat rusak, yg bikin cepat rusak adalah BAGAIMANA CARANYA. banyak driver tidak paham cara yg benar, puter setir dalam kondisi mobil diam. ini yg bikin cepet jebol karena putaran setir terhambat traksi dari ban yg ditekan beban mobilnya, sehingga memaksa semua komponen yg berkaitan dengan putar setir. apalagi kalau tanahnya keras dan kasar, ban soft compound, maka ban makin tergerus dan komponen makin tersiksa.
sy setiap muter setir tidak pernah dalam kondisi mobil diam, selalu jalan. jalan sepelan apapun pokoknya roda harus sambil berputar. biarpun harus lebih banyak maju-mundur di parkiran sempit, gpp drpd bikin komponen cepet jebol.
sebel sering liat mobil di u-turn dengan jalur hijau 4-5 meter tapi putbalnya tidak mau mepet, keluar u-turn sampe makan 2 lajur.
ya ane jg gak tau mungkin bayangan kita soal "mentok" seperti apa wkwkwkkw. bayangan ane mentok mentok itu ya sampe dijedak jedak dihajar aja gak ada alus-alusnya kan pasti ada pengaruh. sekali dua kali mah gpp. tokh parkir sampe harus muter setir mentok jg ga sesering itu.
logika ane karna itu komponen bergerak. ada gesekan = panas = wear. ya tierod juga komponen steering kan om. boot karet jg mulur-renggang kalo kita muter setir om. gak mesti kena rack steer kalo rack steer mah gak usah diapa apain jg klotak klotak seringnya lewat jalan jelek aja rattle wkwkwkkww.
ane jg mentok koq kalo putbal. ya gimana nggak mentok mobil lock to locknya cuma 2.2x wkwkwkwkw. cuma ya gak model dijedakin langsung. gradual lah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4349
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
Sedikit masukan saja soal "Cara" biar kaki kaki tambah awet..
tentunya faktor lain pasti ada pengaruh juga.
kalau mau menghadapi polisi tidur atau lobang, tentu kita akan tekan rem.
kalau tekan rem, maka shock akan terkompressi (jadi pendek).
Nah, saat pendek maka dia jadi gak kenyal alias gak main.,,
maka kalau di saat itu DDDUAAAGGHHHH... maka hantaman dr lobang atau polisi tidur jadi tidak maksimal lagi serapan dari shock.
maka usahakan kalau ngerem jangan mempet-meepet..
tapi ururannya kek gini..
tekan rem.....shock mengkeret / jadi pendek...speed berkurang...
lepas rem... shock mekar memanjang.... NYESSSSSS...Kena lubang atau polisi tidur....shock akan menahan energi benturan.....lalu sambil digas lagi...ngacirr...
sekian dan terima gaji.
tentunya faktor lain pasti ada pengaruh juga.
kalau mau menghadapi polisi tidur atau lobang, tentu kita akan tekan rem.
kalau tekan rem, maka shock akan terkompressi (jadi pendek).
Nah, saat pendek maka dia jadi gak kenyal alias gak main.,,
maka kalau di saat itu DDDUAAAGGHHHH... maka hantaman dr lobang atau polisi tidur jadi tidak maksimal lagi serapan dari shock.
maka usahakan kalau ngerem jangan mempet-meepet..
tapi ururannya kek gini..
tekan rem.....shock mengkeret / jadi pendek...speed berkurang...
lepas rem... shock mekar memanjang.... NYESSSSSS...Kena lubang atau polisi tidur....shock akan menahan energi benturan.....lalu sambil digas lagi...ngacirr...
sekian dan terima gaji.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 626
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3
Re: mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
Setuju, berlaku juga kalo di depan ada lobang yang gak keburu kita hindari atau gak keburu utk pelan banget, daripada di rem yang memberikan momentum berat kedepan ( apes2 malah ban pecah ), mending lepas gas...ginting wrote: ↑Thu Jul 06, 2023 3:55 Sedikit masukan saja soal "Cara" biar kaki kaki tambah awet..
tentunya faktor lain pasti ada pengaruh juga.
kalau mau menghadapi polisi tidur atau lobang, tentu kita akan tekan rem.
kalau tekan rem, maka shock akan terkompressi (jadi pendek).
Nah, saat pendek maka dia jadi gak kenyal alias gak main.,,
maka kalau di saat itu DDDUAAAGGHHHH... maka hantaman dr lobang atau polisi tidur jadi tidak maksimal lagi serapan dari shock.
maka usahakan kalau ngerem jangan mempet-meepet..
tapi ururannya kek gini..
tekan rem.....shock mengkeret / jadi pendek...speed berkurang...
lepas rem... shock mekar memanjang.... NYESSSSSS...Kena lubang atau polisi tidur....shock akan menahan energi benturan.....lalu sambil digas lagi...ngacirr...
sekian dan terima gaji.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11385
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
Setujjuhginting wrote: ↑Thu Jul 06, 2023 3:55 Sedikit masukan saja soal "Cara" biar kaki kaki tambah awet..
tentunya faktor lain pasti ada pengaruh juga.
kalau mau menghadapi polisi tidur atau lobang, tentu kita akan tekan rem.
kalau tekan rem, maka shock akan terkompressi (jadi pendek).
Nah, saat pendek maka dia jadi gak kenyal alias gak main.,,
maka kalau di saat itu DDDUAAAGGHHHH... maka hantaman dr lobang atau polisi tidur jadi tidak maksimal lagi serapan dari shock.
maka usahakan kalau ngerem jangan mempet-meepet..
tapi ururannya kek gini..
tekan rem.....shock mengkeret / jadi pendek...speed berkurang...
lepas rem... shock mekar memanjang.... NYESSSSSS...Kena lubang atau polisi tidur....shock akan menahan energi benturan.....lalu sambil digas lagi...ngacirr...
sekian dan terima gaji.
ini berlaku untuk shock depan.
Artinya ketika nge-REM, gaya gravitasi pindah ke depan semua, jd beban yg diterima kaki suspensi depan jd -/+ sekian kali lipat
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2362
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
ketika melibas poldur rem nya dilepas. Jadi sebelum melibas polisi tidur kita harus sudah mengatur kecepatannya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2362
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
baca komentar om R1409 , kalau mobil matic akan sering putar setir sambil injak rem
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2362
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
IMHO sok tau saya ya,
kalau mobil RWD putar setir sambil di rem, rack steer akan terbebani.
Kalau mobil FWD putar setir sambil di rem masih sambil bergerak sedikit, yang terbebani itu hanya CV joint nya.
kalau mobil RWD putar setir sambil di rem, rack steer akan terbebani.
Kalau mobil FWD putar setir sambil di rem masih sambil bergerak sedikit, yang terbebani itu hanya CV joint nya.
-
- SM Specialist
- Posts: 16307
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
betul banget ini mbah... haram ngerem pas kena poldur persis malah mending dihajar sekalian aja kalo gak keburu. counterforce nya malah bikin kaki kaki makin tersiksa. kl udah dapet feeling ngerem mobilnya gak perlu direm penuh, turun sampe sekitar 5-10 km/h aja berasa halus.ginting wrote: ↑Thu Jul 06, 2023 3:55 Sedikit masukan saja soal "Cara" biar kaki kaki tambah awet..
tentunya faktor lain pasti ada pengaruh juga.
kalau mau menghadapi polisi tidur atau lobang, tentu kita akan tekan rem.
kalau tekan rem, maka shock akan terkompressi (jadi pendek).
Nah, saat pendek maka dia jadi gak kenyal alias gak main.,,
maka kalau di saat itu DDDUAAAGGHHHH... maka hantaman dr lobang atau polisi tidur jadi tidak maksimal lagi serapan dari shock.
maka usahakan kalau ngerem jangan mempet-meepet..
tapi ururannya kek gini..
tekan rem.....shock mengkeret / jadi pendek...speed berkurang...
lepas rem... shock mekar memanjang.... NYESSSSSS...Kena lubang atau polisi tidur....shock akan menahan energi benturan.....lalu sambil digas lagi...ngacirr...
sekian dan terima gaji.
tp yah berlaku di poldur yang standar wkwkwkkw poldur di indo biasa suka asal. kadang karet ban ama paving aja bisa ditumpuk jadi poldur di kampung2 / perumahan yg gak dipikirin angle of attack nya.
ngeselin emang. kasih stress gak perlu ke permukaan ban.
terus kalo speed trap mending sikat aja gak perlu ngerem... apalagi speed trap ala indo kalo low speed malah kasian kaki kaki berasa ngejedak jedak jedaknya.
dulu pengalaman di frontage road a yani surabaya... skalinya ngerem malah lebih bouncy daripada dihajar 40-60 kmh.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 501
- Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23
Re: mobil FWD paling kuat dan jarang trouble?
Saya ngga pernah punya mobil FWD om.. selalu RWD.zonepublic wrote: ↑Wed Jul 05, 2023 17:04Wah gitu ya,menurut pengalaman anda mobil FWD apa yang paling kuat?
Pas di luar jawa, dapat mobdin juga selalu RWD atau 4WD.
Paling pinjem doang bentaran
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri May 28, 2021 16:02
Re: mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
Menurut saya kita perlu perbanyak edukasi untuk menuntut penyelenggara jalan yang hobi bikin jalan kualitas murahan atau jalan dajjal atau jalan busuk atau tambahkan sendiri padanannyazonepublic wrote: ↑Wed Jul 05, 2023 16:59 Sekarang kan sudah banyak pabrikan mobil di indonesia yang beralih dari RWD ke FWD (penggerak roda depan) padahal banyak orang yang suka mobil RWD karena katanya kuat dan tangguh di medan jelek
Menurut pengalaman kalian mobil FWD apa yang paling kuat melibas medan jalan bervariasi (tidak harus separah medan di luar jawa/jalan dajjal) dan jarang trouble dari sisi apapun silakan dibagi pengalamannya
Menurut saya mobil FWD yang kuat
suzuki splash
Pernah pake splash matic 2013 di tahun 2018-2019 dipake sampe 70ribu kilometer belum pernah servis kaki2 sama sekali tidak pernah ada bunyi2,mesin juga ga ada kerusakan yang berarti,power steering,rack steering juga senyap2 aja
Melibas medan tanjakan juga tenaga cukup meskipun matic
Ground clearance yg cukup tinggi cuma beda 10cm lebih rendah dari avanza tahun yg sama juga bikin worry free
Ini ada artikel: https://oto.detik.com/berita/d-5086378/ ... anan-rusak
Kesimpulan: yang buat undang2 perlu direvisi otaknya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 221
- Joined: Wed Jun 15, 2022 9:37
- Daily Vehicle: Mobilio
Re: mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
Menurut saya tiap orang hasilnya akan berbeda2, karena lokasi jalan, cara mengemudi dll pasti akan sangat berbeda tiap orang.
Contoh kasus, dulu saya pake civic ferio dari 2007 - 2017, awal ngambil mobil itu kaki2 seperti bushing ganti ori di bengkel resmi, trus saya pake lowering kit eibach dan shock gab, ban semi slick selama 10 tahun gak pernah service kaki2, padahal ini mobil daily dari sma - kuliah - sampai mau nikah, tapi ya full cuma dipake dalem kota, gak pernah dipake keluar kota.
Sedangkan bokap pake Camry 2003 dipake keliling ngecek kerjannya Palembang - Jambi - Padang - Lampung, lintas jawa sampai ke malang berkali (sebelum ada tol transjawa & tol Sumatera). Di pemakaian tahun ke 3 atau 4 sudah minta jajan ke beres
Makanya kadang bingung orang suka liat patokan KM dan tahun suka langsung bilang "itu cara pakenya gimana, masa baru KM segitu / tahun segitu udah service kaki2?" atau "wah jelek ya kwalitas mobil A, baru jalan segitu / umur segitu udah minta jajan"
Contoh kasus, dulu saya pake civic ferio dari 2007 - 2017, awal ngambil mobil itu kaki2 seperti bushing ganti ori di bengkel resmi, trus saya pake lowering kit eibach dan shock gab, ban semi slick selama 10 tahun gak pernah service kaki2, padahal ini mobil daily dari sma - kuliah - sampai mau nikah, tapi ya full cuma dipake dalem kota, gak pernah dipake keluar kota.
Sedangkan bokap pake Camry 2003 dipake keliling ngecek kerjannya Palembang - Jambi - Padang - Lampung, lintas jawa sampai ke malang berkali (sebelum ada tol transjawa & tol Sumatera). Di pemakaian tahun ke 3 atau 4 sudah minta jajan ke beres
Makanya kadang bingung orang suka liat patokan KM dan tahun suka langsung bilang "itu cara pakenya gimana, masa baru KM segitu / tahun segitu udah service kaki2?" atau "wah jelek ya kwalitas mobil A, baru jalan segitu / umur segitu udah minta jajan"
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 294
- Joined: Wed Feb 08, 2017 3:33
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Thunder
Re: mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
Pengalaman unik nan langka berkendara Honda R4
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 113
- Joined: Sun Nov 22, 2020 4:08
Re: mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
Pernah bawa mobil sodara G class taun 90an, puter balik setir full ke kanan, langsung ada bunyi KRAKKK yg sangat renyah - setelah itu dibawa jalan setir langsung speleng parah gak mau lurus hahahaha. Agak lupa part apa yg patah, tp ternyata si empunya udah ganti velg dgn diameter lbh besar. Sepertinya adanya komponen yg gak ori/kurang sesuai bisa bikin kaki-kaki bermasalah juga. alhamdulillahnya partnya gak terlalu mahal.r1409 wrote: ↑Thu Jul 06, 2023 3:22maaf kurang setuju dengan muter setir mentok bikin ga awet.ChZ wrote: ↑Thu Jul 06, 2023 3:00 kalau sudah ngomongin kaki-kaki, faktornya sangat random. nggak bisa certain make/models dibilang lebih kuat. built better iya (better materials), tapi lebih kuat belum tentu. wong sesederhana cara kita muter setir aja ngaruh ke keawetan karet-karet. suka mentok2 ngga muternya? wkwkwkkw.
sejak 20 taun lalu saya mulai nyetir hingga sekarang sudah bermacam-macam mobil dengan EPS, HPS ataupun tanpa PS, dengan track record puluhan hingga ratusan ribu km tiap mobil, setiap nyetir sy ga pernah ragu putar mentok. di u-turn patah, parkir sempit dll, kalau bisa mentok ya pasti putar mentok, bahkan sy suka putar setir dengan cepat. dan tidak ada satupun mobil sy yg pernah bermasalah dengan komponen setir. masalah kaki yg pernah saya alami hanya di suspensi dan komponen yg rusaknya karena jalan kasar seperti bearing roda, tierod, stabilizer dan balljoint.
putar setir mentok tidak bikin komponen cepat rusak, yg bikin cepat rusak adalah BAGAIMANA CARANYA. banyak driver tidak paham cara yg benar, puter setir dalam kondisi mobil diam. ini yg bikin cepet jebol karena putaran setir terhambat traksi dari ban yg ditekan beban mobilnya, sehingga memaksa semua komponen yg berkaitan dengan putar setir. apalagi kalau tanahnya keras dan kasar, ban soft compound, maka ban makin tergerus dan komponen makin tersiksa.
sy setiap muter setir tidak pernah dalam kondisi mobil diam, selalu jalan. jalan sepelan apapun pokoknya roda harus sambil berputar. biarpun harus lebih banyak maju-mundur di parkiran sempit, gpp drpd bikin komponen cepet jebol.
sebel sering liat mobil di u-turn dengan jalur hijau 4-5 meter tapi putbalnya tidak mau mepet, keluar u-turn sampe makan 2 lajur.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 119
- Joined: Sat Jul 24, 2021 9:38
Re: mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
Udah kodrat dan khittah-nya mobil FWD punya beban gerak paling besar di roda depan.
Endingnya kan sebagian besar tidak lebih awet daripada penggerak belakang.
Kalau mau lebih awet ya pake SUV yang FWD terus kaki depannya semua diganti spek kompetisi.
Itupun gw yakin nggak akan lebih awet daripada kaki depannya 1TR.
Endingnya kan sebagian besar tidak lebih awet daripada penggerak belakang.
Kalau mau lebih awet ya pake SUV yang FWD terus kaki depannya semua diganti spek kompetisi.
Itupun gw yakin nggak akan lebih awet daripada kaki depannya 1TR.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 586
- Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
- Location: +62 / +65
Re: mobil FWD (penggerak roda depan) kuat,tangguh dan jarang trouble?
Saya pernah tahun 2012 atau 2011 pergi ke arah Cimaja-Batu Karas, nyobain jalur Sukabumi yang motong berkelok-kelok itu. Waktu itu kayaknya masih baru jalurnya, dan ternyata di sepanjang selatan itu jalannya berlobang aduhai semua.
Saya pakai 406 D9, kawan ada yang pakai 850 dan 960 gl banci, sisanya antara D8-d9.
Pulang jalan dari sana, yang mengagetkan singo-singo hampir kena semua kaki-kaki depannya.
Yang 850 aman haha
Saya pakai 406 D9, kawan ada yang pakai 850 dan 960 gl banci, sisanya antara D8-d9.
Pulang jalan dari sana, yang mengagetkan singo-singo hampir kena semua kaki-kaki depannya.
Yang 850 aman haha
Ron Asheton Forever