Ada mbah mesin mbl cungkuo yg apik, tuh chery tiggo 8 designed by bule austria lohChZ wrote: ↑Thu Jul 20, 2023 7:42wkakakak iya sih, kalo liat yg tua tua pasti kaget tuh jarum temp nya bisa naik turun beda ma mobil jepang relatif stabil jarum tempnya.farizfsa wrote: ↑Thu Jul 20, 2023 7:34
mobil2 eropa ane yg dulu dan sekarang jrg sih yg kena waterpump, yg modern2 banyakan kena oil cooler zzz.
cm kalo yg ga biasa pake mobil amerika atau eropa liat temprature mesin fluktuatif pasti panik sendiri. di eropa sendiri kalo lg summer ya puanasj uga
ngeliat raize bisa 140-150 hp sebenernye menarik bgt sih buat wara wiri jakarta jalan2 kecil, tinggal upgrade suspension dan rem.
europe/bule engineer itu macem space race sih kalo bikin mobil om. penting spek dewa dulu reliability belakangan. sementara jepangan emang isinya orang2 OCD dan overthinking. jd ya mesin 300hp mungkin output dibuat cuma separonyahackers11 wrote: ↑Thu Jul 20, 2023 7:37 Nambahin komparasi sama EcoBoost 1L.
IMO ane mikirnya itu ajang show off Ford juga sih. Small engine dgn big HP. Korbankan reliability dikit tp dapat gelar engine of the year mungkin trade off yg mereka accept.
Ane bandingin Ama mobil sebelum sekarang, seltos. 1.4 turbo gdi. Canggih dr spek iya dong. Tapi karena jualannya di India dan Indonesia 140hp aja (Dyno elika sih 145 ya)
Dikulik elika dgn remap doang(bukan dastek) dan tune Ron 95 dapat 170hp.
KIA ga ada mobil yg top of the line dgn teknologi mesin mirip di sana pas launch seltos jadi ga ada alasan detune banyak2.
Mungkin safety margin manufaktur Korea dan Jepang lebih besar vs Ford?
contoh itu L15B turbo family aja, klo gak gegara CVT sih 300hp juga masup pdhl factory spec 170ps modal ganti conrod sementara VW golf TSI aja keknya gak bisa dihajar segitu. ud gak karuan itu head gasketnya ancur.
china masukin fitur dulu, baru nyadar eh anjir duitnya abis gak bisa develop engine ma powertrain jd ya udah cari supplier paling murah dipasang kaga fine tuning kelar
Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3472
- Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
- Location: Jakarta
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
- Location: Jakarta
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
ah iya, masuk akal sih. operating temp tinggi buat ngatasin udara dingin dsana. cuma emg jdinya di beberapa case jdi trlalu tinggi pas dipake di negara tropis macam indoChZ wrote: ↑Thu Jul 20, 2023 7:27keknya summer di eropa gak sampe kayak sini om. org dulu mobil2 eropa keluaran awal jg pada mampus radiatornya. sampe ada spek khusus buat negara tropis.lexnic wrote: ↑Thu Jul 20, 2023 7:18
IMO, yg jahanam dsini tuh lbh ke kondisi traffic nya yg klo macet bisa smpe gk bergerak sama skali. blm lg kondisi pas macet, biasanya dipepet kendaraan lain dri kiri kanan depan blkg yg mana semua jga ngeluarin panas mesin .
faktor cuaca mngkin ngefek jga, tapi berhubung di eropa jga ada musim panas (berhubung dsana 4 musim), apa suhu musim panasnya jga sepanas kyk di negara tropis?
ya keknya ngaruh lokasinya northern continent lebih dingin. kek mereka jg operating temp tinggi soalnya udara dingin kan. makanya viscosity grade mobil eropa suka lebih luas rentangnya kan drpd mobil jepang/asia. jepang pake 0W-20 atau 5W-30, eropa biasa minta 0W-30. atau 5W-40.
ud gitu higher temp di sono kepake soalnya harus siap digeber di autobahn germany dan jalan di toll loadnya lbh rendah daripada macet jahanam di jakarta
iya, bener jga om. dsini gk cuma panas tapi lembab jga. analoginya klo kita berdiri di pinggir jalan raya pas lg siang2. itu aja rasanya udh gerah banget gara2 udaranya panas & lembab. ditambah lg klo kondisi macet, kena hawa panas dri kendaraan di sekitarnya
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]
2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 108
- Joined: Mon Dec 19, 2016 0:19
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
Alasan pertama ya memang beda kelas, raize rocky didesain utk econobox carzonepublic wrote: ↑Mon Jul 17, 2023 17:09 Sesuai judul saya penasaran abis iseng2 penasaran compare spek
toyota raize turbo 1.0 yang baru keluar 2021 lha kok performa mesinnya masih kalah jauh sama Ford Fiesta Ecoboost 1.0 keluaran hampir 1 dekade lalu
Sama2 3 silinder sama2 1000 cc tapi fiesta ecoboost tenaganya 123HP torsi 170Nm dibanding Toyota raize tapi tenaga cuma 97HP torsi 140Nm
Apakah teknologi mesin Ford sebagus itu sampai udah dikasih 1 dekade pun toyota belom bisa ngalahin?
Jangan2 mesin innova disel 2gd juga kalah sama mesinnya duratec ford everest?
Yang ke 2 ya Mindset engineering jepang khususnya toyota itu mengutamakan reliability setelah di abuse ownernya sendiri..contoh pakai oli murah bahkan oli palsu, bbm oktan rendah, interval ganti oli terlalu panjang dsb. Cocok lah utk mobil kelas begini yang bakal sering pindah pemilik karena biasanya ownernya ada duit dikit langsung ganti mobil
kalau mobil harga 700- 1 milyar keatas bolehlah buat secanggih mungkin, se (insert any good superlatives) tanpa peduli reliability karena toh user mobil sekelas ini ga sedikit yg anggap mobil itu disposable under 5 years.
-
- SM Specialist
- Posts: 15679
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
tp di sini keliatan banget modular platform salam satu - mesin/dasbor/body/whatever itu berperan dalam rancang bangun mobil. dlm hal ini DNGA ngga dipake sama toyota/daihatsu level atasnya. jd ya udah dikasih spek "segini" aja cukup. ngga perlu dikasih engine yang level of refinement dan engineering effortnya gede karna yang bakal pake jg mobil "murah" hrs semurah mungkin.mhbbi wrote: ↑Fri Jul 21, 2023 3:27
Alasan pertama ya memang beda kelas, raize rocky didesain utk econobox car
Yang ke 2 ya Mindset engineering jepang khususnya toyota itu mengutamakan reliability setelah di abuse ownernya sendiri..contoh pakai oli murah bahkan oli palsu, bbm oktan rendah, interval ganti oli terlalu panjang dsb. Cocok lah utk mobil kelas begini yang bakal sering pindah pemilik karena biasanya ownernya ada duit dikit langsung ganti mobil
sementara beda ma honda brio/BRV/WRV yang salam satu anything dengan city dan HRV kelas atasnya makanya naikannya bisa beda ngga rasa econobox banget. macem VW golf yang rasa interiornya lebih refine dan mewah bahkan dibanding BMW/mersi entry level yg dari awal diciptakan buat ngisi economy class.
makin luas modularity platformnya effort engineeringnya jg lebih gak main-main. VW harus cover dari kelas golf ke A4 paling enggak. ya pasti engineeringnya dimaksimalkan. Ford ecoboost 3-silinder jg dipake banyak model kan. dari fiesta sampe focus mondeo jg ada yang pake nih engine 1.0L tilu silinder.
raize 1KR-VET cuma dipake di small cars aja. plus toyota jg uda mau fokus ke hybrid.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9837
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
Iseng2 ngebandingin ambient temp (feels like)lexnic wrote: ↑Thu Jul 20, 2023 12:05ah iya, masuk akal sih. operating temp tinggi buat ngatasin udara dingin dsana. cuma emg jdinya di beberapa case jdi trlalu tinggi pas dipake di negara tropis macam indoChZ wrote: ↑Thu Jul 20, 2023 7:27keknya summer di eropa gak sampe kayak sini om. org dulu mobil2 eropa keluaran awal jg pada mampus radiatornya. sampe ada spek khusus buat negara tropis.lexnic wrote: ↑Thu Jul 20, 2023 7:18
IMO, yg jahanam dsini tuh lbh ke kondisi traffic nya yg klo macet bisa smpe gk bergerak sama skali. blm lg kondisi pas macet, biasanya dipepet kendaraan lain dri kiri kanan depan blkg yg mana semua jga ngeluarin panas mesin .
faktor cuaca mngkin ngefek jga, tapi berhubung di eropa jga ada musim panas (berhubung dsana 4 musim), apa suhu musim panasnya jga sepanas kyk di negara tropis?
ya keknya ngaruh lokasinya northern continent lebih dingin. kek mereka jg operating temp tinggi soalnya udara dingin kan. makanya viscosity grade mobil eropa suka lebih luas rentangnya kan drpd mobil jepang/asia. jepang pake 0W-20 atau 5W-30, eropa biasa minta 0W-30. atau 5W-40.
ud gitu higher temp di sono kepake soalnya harus siap digeber di autobahn germany dan jalan di toll loadnya lbh rendah daripada macet jahanam di jakarta
iya, bener jga om. dsini gk cuma panas tapi lembab jga. analoginya klo kita berdiri di pinggir jalan raya pas lg siang2. itu aja rasanya udh gerah banget gara2 udaranya panas & lembab. ditambah lg klo kondisi macet, kena hawa panas dri kendaraan di sekitarnya
Antara Bandung lautan asmara dan Jakarta Pinggir
Tengah hari terik
Bedanya kurleb 8C
(37 vs 29 C)
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 625
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
Sejujurnya sih kok saya sangsi ya raize bisa reliable,lha awal2 muncul aja udah ada kasus las2an dudukan suspensi lepas,belum lagi plat bodinya tipis,apa bahan mesinnya bisa awet dipake lama tu?mhbbi wrote: ↑Fri Jul 21, 2023 3:27Alasan pertama ya memang beda kelas, raize rocky didesain utk econobox carzonepublic wrote: ↑Mon Jul 17, 2023 17:09 Sesuai judul saya penasaran abis iseng2 penasaran compare spek
toyota raize turbo 1.0 yang baru keluar 2021 lha kok performa mesinnya masih kalah jauh sama Ford Fiesta Ecoboost 1.0 keluaran hampir 1 dekade lalu
Sama2 3 silinder sama2 1000 cc tapi fiesta ecoboost tenaganya 123HP torsi 170Nm dibanding Toyota raize tapi tenaga cuma 97HP torsi 140Nm
Apakah teknologi mesin Ford sebagus itu sampai udah dikasih 1 dekade pun toyota belom bisa ngalahin?
Jangan2 mesin innova disel 2gd juga kalah sama mesinnya duratec ford everest?
Yang ke 2 ya Mindset engineering jepang khususnya toyota itu mengutamakan reliability setelah di abuse ownernya sendiri..contoh pakai oli murah bahkan oli palsu, bbm oktan rendah, interval ganti oli terlalu panjang dsb. Cocok lah utk mobil kelas begini yang bakal sering pindah pemilik karena biasanya ownernya ada duit dikit langsung ganti mobil
kalau mobil harga 700- 1 milyar keatas bolehlah buat secanggih mungkin, se (insert any good superlatives) tanpa peduli reliability karena toh user mobil sekelas ini ga sedikit yg anggap mobil itu disposable under 5 years.
-
- SM Specialist
- Posts: 15679
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
lah om dulu HRV gen 2 RU jg pada takut gak awet kaki kakinya gludukan lah dll, eh skrg malah masih kek kacang goreng liatnya pdhl udah muncul gen RV.zonepublic wrote: ↑Fri Jul 21, 2023 7:08
Sejujurnya sih kok saya sangsi ya raize bisa reliable,lha awal2 muncul aja udah ada kasus las2an dudukan suspensi lepas,belum lagi plat bodinya tipis,apa bahan mesinnya bisa awet dipake lama tu?
manufacturing defect ga berbanding lurus dengan keawetan om. awet ya awet aja.
1KR-VET kan bukan mesin yang sama sekali baru. aplg raize/rocky japan jg pake mesin yang sama.
lah mobil jadul jg banyak defectnya lbh parah emang dikira tahan banting semua wkwkwkwk. lebih parah ancurnya tuh defect malah ampe kelas kijang aja blok mesin bisa retak.
BMW, ford, VW, peugeot, dll apalagi, ga usah diitung berapa banyak kekonyolan engineeringnya, wong ford pernah bikin mobil tangkinya bisa meledak kalo tabrak belakang
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 625
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
Oh gitu ya,klo hrv saya ga tertarik ambil krn pake mesinnya L15znya jazz gk5,mobilio,brv dan R18nya civic yg katanya boros tp loyo jadi berasa overprice gitu krn mobilio dan brv lebih murahChZ wrote: ↑Fri Jul 21, 2023 7:27lah om dulu HRV gen 2 RU jg pada takut gak awet kaki kakinya gludukan lah dll, eh skrg malah masih kek kacang goreng liatnya pdhl udah muncul gen RV.zonepublic wrote: ↑Fri Jul 21, 2023 7:08
Sejujurnya sih kok saya sangsi ya raize bisa reliable,lha awal2 muncul aja udah ada kasus las2an dudukan suspensi lepas,belum lagi plat bodinya tipis,apa bahan mesinnya bisa awet dipake lama tu?
manufacturing defect ga berbanding lurus dengan keawetan om. awet ya awet aja.
1KR-VET kan bukan mesin yang sama sekali baru. aplg raize/rocky japan jg pake mesin yang sama.
lah mobil jadul jg banyak defectnya lbh parah emang dikira tahan banting semua wkwkwkwk. lebih parah ancurnya tuh defect malah ampe kelas kijang aja blok mesin bisa retak.
BMW, ford, VW, peugeot, dll apalagi, ga usah diitung berapa banyak kekonyolan engineeringnya, wong ford pernah bikin mobil tangkinya bisa meledak kalo tabrak belakang
Tapi betul awal2 bugnya HRV RU di kaki2 yg baru setahun banyak yg ngeluh klo ga salah ada yg sampe ribut sama beres klaim garansi tp lama abis ngurusinnya
Kalo ga salah ini tridnya
viewtopic.php?p=832572&hilit=Hrv#p832572
Tp kalo ga salah faktor HRV laku keras krn promosinya lebih niad daripada brv/mobilio dan lbh crossover dengan adanya overfender ketinggian tidak terlalu tinggi,ukurannya lbh kompak tidak sepanjang mobilo/brv dan imagenya tidak sejelek mobilio yg dipake taksi blubird dan mobilio&brv yg pake salam 1 dasbor dengan lcgcnya honda
-
- SM Specialist
- Posts: 15679
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
ya beda atuh om. moso mobilio disamain ma HRV cuma gegara mesinnya samazonepublic wrote: ↑Fri Jul 21, 2023 7:48 Oh gitu ya,klo hrv saya ga tertarik ambil krn pake mesinnya L15znya jazz gk5,mobilio,brv dan R18nya civic yg katanya boros tp loyo jadi berasa overprice gitu krn mobilio dan brv lebih murah
Tapi betul awal2 bugnya HRV RU di kaki2 yg baru setahun banyak yg ngeluh klo ga salah ada yg sampe ribut sama beres klaim garansi tp lama abis ngurusinnya
Tp kalo ga salah faktor HRV laku keras krn promosinya lebih niad daripada brv/mobilio dan lbh crossover dengan adanya overfender ketinggian tidak terlalu tinggi,ukurannya lbh kompak tidak sepanjang mobilo/brv dan imagenya tidak sejelek mobilio yg dipake taksi blubird
disetir jg beda rasanya HRV lebih rasa premium jauh drpd mobilio BRV. kaki kakinya kokoh nya beda, handlingnya beda. HRV R18 masa loyo ud pernah nyetir blm om apa cm kata orang aja.
yg L15Z malah tuner pd suka gampang dituning ane d blg sodara yg tuning malah kenapa gak ambil yang 1.5 aja tenaganya bisa lebih gede
ya penyebab laku org formulanya kyk jazz tapi tinggi zaman itu gak ada mobil kayak dia jazz aja dicintai dulu gegara luas, ini jazz tinggi pula. harganya yg 1.5 jg mashok banget dulu mepet sama GK5 gak sampe 300. saking allroundernya sampe pd mikir mau pindah ke HRV RV malah makin sempit...
cek aja resale value HRV 1.5 masih tinggi peminatnya banyak
mobilio sih yg bikin ilfil orang itu kliatan murahan banget. aplg sejak kluar esblender makin tenggelem. mana skrg trennya SUV ya udah BRV aja yang diterusin
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 625
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
Hrv 1.8 saya pernah tes drive dr honda srondol lewat tol banyumanik balik keluar jatingaleh,dibejek kurang cepet responnya (apa saya lupa matiin econ modenya ya?btw ada tombol econnnya spt crv ga ya?)ChZ wrote: ↑Fri Jul 21, 2023 8:00ya beda atuh om. moso mobilio disamain ma HRV cuma gegara mesinnya samazonepublic wrote: ↑Fri Jul 21, 2023 7:48 Oh gitu ya,klo hrv saya ga tertarik ambil krn pake mesinnya L15znya jazz gk5,mobilio,brv dan R18nya civic yg katanya boros tp loyo jadi berasa overprice gitu krn mobilio dan brv lebih murah
Tapi betul awal2 bugnya HRV RU di kaki2 yg baru setahun banyak yg ngeluh klo ga salah ada yg sampe ribut sama beres klaim garansi tp lama abis ngurusinnya
Tp kalo ga salah faktor HRV laku keras krn promosinya lebih niad daripada brv/mobilio dan lbh crossover dengan adanya overfender ketinggian tidak terlalu tinggi,ukurannya lbh kompak tidak sepanjang mobilo/brv dan imagenya tidak sejelek mobilio yg dipake taksi blubird
disetir jg beda rasanya HRV lebih rasa premium jauh drpd mobilio BRV. kaki kakinya kokoh nya beda, handlingnya beda. HRV R18 masa loyo ud pernah nyetir blm om apa cm kata orang aja.
yg L15Z malah tuner pd suka gampang dituning ane d blg sodara yg tuning malah kenapa gak ambil yang 1.5 aja tenaganya bisa lebih gede
ya penyebab laku org formulanya kyk jazz tapi tinggi zaman itu gak ada mobil kayak dia jazz aja dicintai dulu gegara luas, ini jazz tinggi pula. harganya yg 1.5 jg mashok banget dulu mepet sama GK5 gak sampe 300. saking allroundernya sampe pd mikir mau pindah ke HRV RV malah makin sempit...
cek aja resale value HRV 1.5 masih tinggi peminatnya banyak
mobilio sih yg bikin ilfil orang itu kliatan murahan banget. aplg sejak kluar esblender makin tenggelem. mana skrg trennya SUV ya udah BRV aja yang diterusin
Iya dulu hrv tipe E matic pertama keluar harganya cm beda 10jtan sama jazz gk5 rs matic klo ga salah cm penyegaran model yg orang jaman itu mulai tertarik mobil yg "terlihat tinggi"
-
- SM Specialist
- Posts: 15679
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
HRV ga ada econ mode. ya CVT kan gitu kalau dibejek ngeraung dulu mana mesin NA 139hp torsi kecil ya ga berasa nendangnya.zonepublic wrote: ↑Fri Jul 21, 2023 8:07 Hrv 1.8 saya pernah tes drive dr honda srondol lewat tol banyumanik balik keluar jatingaleh,dibejek kurang cepet responnya (apa saya lupa matiin econ modenya ya?btw ada tombol econnnya spt crv ga ya?)
Iya dulu hrv tipe E matic pertama keluar harganya cm beda 10jtan sama jazz gk5 rs matic klo ga salah cm penyegaran model yg orang jaman itu mulai tertarik mobil yg "terlihat tinggi"
bawanya santai aja diurut om enak kok ngisi terus mang bukan buat akselerasi dari dead stop.
dulu ane coba juga bejeg dari dead stop ga enak. abis punya emang mobil ini enaknya diurut bawa santai lbh cekatan dari punya otlender semprot CVTnya malahan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 625
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
Btw kayanya kalo di transmisi matic konvensional modern untuk nyalip mmg caranya di kickdown untuk kasih throttle response sedangkan kickdown sebenernya diharamkan di cvt karena bakal bikin cvt rusak ya?,jadi untuk akselerasi cepat di cvt harus pake shifter/paddleshift ya?ChZ wrote: ↑Fri Jul 21, 2023 8:28HRV ga ada econ mode. ya CVT kan gitu kalau dibejek ngeraung dulu mana mesin NA 139hp torsi kecil ya ga berasa nendangnya.zonepublic wrote: ↑Fri Jul 21, 2023 8:07 Hrv 1.8 saya pernah tes drive dr honda srondol lewat tol banyumanik balik keluar jatingaleh,dibejek kurang cepet responnya (apa saya lupa matiin econ modenya ya?btw ada tombol econnnya spt crv ga ya?)
Iya dulu hrv tipe E matic pertama keluar harganya cm beda 10jtan sama jazz gk5 rs matic klo ga salah cm penyegaran model yg orang jaman itu mulai tertarik mobil yg "terlihat tinggi"
bawanya santai aja diurut om enak kok ngisi terus mang bukan buat akselerasi dari dead stop.
dulu ane coba juga bejeg dari dead stop ga enak. abis punya emang mobil ini enaknya diurut bawa santai lbh cekatan dari punya otlender semprot CVTnya malahan.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 530
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
Padahal R18 + CVT earthdreamnya hrv prestige kenceng lho
Emang tidak menghentak hentak tapi tau2 uda kencang aja
0-100nya gak kalah sama K24Z6 + 5AT RM3
Outlendir seprot yang cc lebih besar aja kencengan hrv prestige kemana mana, bonus jauh lebih irit juga
Emang tidak menghentak hentak tapi tau2 uda kencang aja
0-100nya gak kalah sama K24Z6 + 5AT RM3
Outlendir seprot yang cc lebih besar aja kencengan hrv prestige kemana mana, bonus jauh lebih irit juga
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- SM Specialist
- Posts: 15679
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
Yg haram akselerasi dari dead stop aka launch om kickdown mah boleh2 aja cvt klo dari 80 kickdown ke top speed jg gak berasa selip aman2 aja.zonepublic wrote: ↑Fri Jul 21, 2023 9:53 Btw kayanya kalo di transmisi matic konvensional modern untuk nyalip mmg caranya di kickdown untuk kasih throttle response sedangkan kickdown sebenernya diharamkan di cvt karena bakal bikin cvt rusak ya?,jadi untuk akselerasi cepat di cvt harus pake shifter/paddleshift ya?
Btw metik konvensional mah kl yang bego jg sama aja di kickdown delay malah lbh nyebelin suka gear hunting gak jelas pas nanjak bingung milih gigi 1 apa 2 dulu kan ane pernah punya FB ma RU5 engine sama transmisi beda nanjak2 ekstrem mah enakan HRV
Last edited by ChZ on Fri Jul 21, 2023 12:26, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 15679
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
Bener ni kalo ga liat speedo ga tau kl udah kenceng. Emang asem pake cvt suka ga berasa speednya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 362
- Joined: Thu Apr 11, 2019 10:26
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
Ini persis kayak gejala awal orang nyoba crv turbo. Kesannya kayak pelan lambat di awal padahal jarum speedo tiba2 uda 100 aja. Terus diinjekk di puteran atas makin ngejambak.
Hrv skrg dohc juga gitu kali kenceng puteran atas. Kalau awalnya berasa pelan karena sifat bawaan cvt aja sama mungkin disetel irit dr pabrik.
Satu lagi mungkin faktor kenyamanan yg lebih baik dari generasi sebelumnya (Better NVH).
Hrv skrg dohc juga gitu kali kenceng puteran atas. Kalau awalnya berasa pelan karena sifat bawaan cvt aja sama mungkin disetel irit dr pabrik.
Satu lagi mungkin faktor kenyamanan yg lebih baik dari generasi sebelumnya (Better NVH).
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4267
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
kalo dohcnya honda emang lemot di bawah om data 0-100nya juga ngomong makanya honda itu sohc bukan ketinggalan teknologi tapi ngakalin VTEC yang putaran bawahnya loyo emang ciri khas hi rev engine itu rpm bawahnya lemah makin parah kalo ud pake maticKSG88 wrote: ↑Fri Jul 21, 2023 15:29 Ini persis kayak gejala awal orang nyoba crv turbo. Kesannya kayak pelan lambat di awal padahal jarum speedo tiba2 uda 100 aja. Terus diinjekk di puteran atas makin ngejambak.
Hrv skrg dohc juga gitu kali kenceng puteran atas. Kalau awalnya berasa pelan karena sifat bawaan cvt aja sama mungkin disetel irit dr pabrik.
Satu lagi mungkin faktor kenyamanan yg lebih baik dari generasi sebelumnya (Better NVH).
GD misahin vtec sama idsi pas ge8 dijadiin satu jd I-VTEC karena idsinya diakalin pake iridium laser+torque boost resonator, nah kalo di L15B ini gak tau kenapa berani pake dohc biarpun ternyata kelemahannya ngurangin performa bawahnya mungkin alesannya ada CVT bisa 7 speed ratio pendek2x kalo pake 5at ratio panjang modar
kalo cvt dari dulu saya ngomong emang kenceng cuma emang ngeden di bawah kayak mobilio aja ke 140kmhnya merem cepet banget mentok limiter
itu mesin dohcnya honda 220kmh gampang dapetnya om
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1875
- Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
Setuju, mesin 1.2nya juga kykyna power bawahnya lebih dapet. Kalau mau efficiency sekalian yang 1.2 wave aja. 1.0nya kyk afterthoughtChZ wrote: ↑Wed Jul 19, 2023 1:22Tapi urusan raize turbo emang benernya engine ny nothing special sih. Malah canggihan 1.2liternya.
Masih MPI belum GDI (ekobus udah GDI). Tweak nya ga seserius gimana L15B1 ke L15B7. Mesin 1KR dikasih turbo kecil (literally). Basically mesinnya jg tidak kuat di boost besar.
Liat aja punya om mobi akhirnya dari 120an hp harus detune ke 112hp deh gegara reliability issue.
In any sense ecoboost emang didesain lbh mateng.
-
- SM Specialist
- Posts: 15679
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
sialnya secara psikologis jelek karena rasanya pengen nyodok mulu ga berasa udah kenceng ternyata speedo udah 60 kmh kan asem di dalem kota selalu berasanya orang lain yang kepelanan.KSG88 wrote: ↑Fri Jul 21, 2023 15:29 Ini persis kayak gejala awal orang nyoba crv turbo. Kesannya kayak pelan lambat di awal padahal jarum speedo tiba2 uda 100 aja. Terus diinjekk di puteran atas makin ngejambak.
Hrv skrg dohc juga gitu kali kenceng puteran atas. Kalau awalnya berasa pelan karena sifat bawaan cvt aja sama mungkin disetel irit dr pabrik.
Satu lagi mungkin faktor kenyamanan yg lebih baik dari generasi sebelumnya (Better NVH).
kebalik ma bawa xpander misal, rasanya ud kenceng kok ternyata masih 40 kmh.
L15ZF DOHC itu kalo udah jalan benernya gak rasa lemot. leletnya kalau kickdown putaran atas kyk ga dimainin timingnya mgkn kejar biar bisa isi ron90. kemarin coba HRV SE juga gelinding dalem kota ga berasa lelet. jgn dibejek aja
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 545
- Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
- Location: Bandung & Jakarta
- Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
Khusus case all new BRV vs HRV SE ( RV ) menurut saya malah enak AN BRV Om...mesin lebih tangkas, agility gak terpaut jauh...ChZ wrote: ↑Fri Jul 21, 2023 8:00ya beda atuh om. moso mobilio disamain ma HRV cuma gegara mesinnya samazonepublic wrote: ↑Fri Jul 21, 2023 7:48 Oh gitu ya,klo hrv saya ga tertarik ambil krn pake mesinnya L15znya jazz gk5,mobilio,brv dan R18nya civic yg katanya boros tp loyo jadi berasa overprice gitu krn mobilio dan brv lebih murah
Tapi betul awal2 bugnya HRV RU di kaki2 yg baru setahun banyak yg ngeluh klo ga salah ada yg sampe ribut sama beres klaim garansi tp lama abis ngurusinnya
Tp kalo ga salah faktor HRV laku keras krn promosinya lebih niad daripada brv/mobilio dan lbh crossover dengan adanya overfender ketinggian tidak terlalu tinggi,ukurannya lbh kompak tidak sepanjang mobilo/brv dan imagenya tidak sejelek mobilio yg dipake taksi blubird
disetir jg beda rasanya HRV lebih rasa premium jauh drpd mobilio BRV. kaki kakinya kokoh nya beda, handlingnya beda. HRV R18 masa loyo ud pernah nyetir blm om apa cm kata orang aja.
yg L15Z malah tuner pd suka gampang dituning ane d blg sodara yg tuning malah kenapa gak ambil yang 1.5 aja tenaganya bisa lebih gede
ya penyebab laku org formulanya kyk jazz tapi tinggi zaman itu gak ada mobil kayak dia jazz aja dicintai dulu gegara luas, ini jazz tinggi pula. harganya yg 1.5 jg mashok banget dulu mepet sama GK5 gak sampe 300. saking allroundernya sampe pd mikir mau pindah ke HRV RV malah makin sempit...
cek aja resale value HRV 1.5 masih tinggi peminatnya banyak
mobilio sih yg bikin ilfil orang itu kliatan murahan banget. aplg sejak kluar esblender makin tenggelem. mana skrg trennya SUV ya udah BRV aja yang diterusin
-
- SM Specialist
- Posts: 15679
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
HRV RV non turbo emang pasarnya keknya buat cici cici dan emak emak jemput anak sehh om final gearnya alus bener aneh padahal klo SUV aturan biarin aja final gearnya sama org bobot juga paling mirip2. irit jg ujungnya sama-sama aja.
alesan beli HRV nonturbo dibanding BRV ya kabin ma joknya lebih enak aja sih om gimana2 BRV masuk kabin tetep rasanya mobil yang lebih murah kalo buat lincah si iya enak bener itu mobil.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9837
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
klo soal jok, di kelas mini mpv/mini suv 200-300 jt-an.. xpander debest lahChZ wrote: ↑Sat Jul 22, 2023 3:38HRV RV non turbo emang pasarnya keknya buat cici cici dan emak emak jemput anak sehh om final gearnya alus bener aneh padahal klo SUV aturan biarin aja final gearnya sama org bobot juga paling mirip2. irit jg ujungnya sama-sama aja.
alesan beli HRV nonturbo dibanding BRV ya kabin ma joknya lebih enak aja sih om gimana2 BRV masuk kabin tetep rasanya mobil yang lebih murah kalo buat lincah si iya enak bener itu mobil.
cuma feel setirnya rada ngambang gtu, jauh gak sedirect honda
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
Ya beneran ini yg kejadian skrg saya beli buat antar jemput ponakan sekolah sama disetir sendiri kalo pas weekendChZ wrote: ↑Sat Jul 22, 2023 3:38HRV RV non turbo emang pasarnya keknya buat cici cici dan emak emak jemput anak sehh om final gearnya alus bener aneh padahal klo SUV aturan biarin aja final gearnya sama org bobot juga paling mirip2. irit jg ujungnya sama-sama aja.
alesan beli HRV nonturbo dibanding BRV ya kabin ma joknya lebih enak aja sih om gimana2 BRV masuk kabin tetep rasanya mobil yang lebih murah kalo buat lincah si iya enak bener itu mobil.
Udah coba juga BRV dan selain dash dan kabin terasa 1 level dibawah HRV, itu AC double masih gantung diatas + posisi shifter terlalu rendah, ga enak buat relaxed driving.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 167
- Joined: Mon Jun 25, 2018 6:57
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
Ngomong2 soal merk blue oval ini, kbtln pas tinggal diluar sempet pelihara focus ecoboost 2.0.ChZ wrote: ↑Fri Jul 21, 2023 7:27lah om dulu HRV gen 2 RU jg pada takut gak awet kaki kakinya gludukan lah dll, eh skrg malah masih kek kacang goreng liatnya pdhl udah muncul gen RV.zonepublic wrote: ↑Fri Jul 21, 2023 7:08
Sejujurnya sih kok saya sangsi ya raize bisa reliable,lha awal2 muncul aja udah ada kasus las2an dudukan suspensi lepas,belum lagi plat bodinya tipis,apa bahan mesinnya bisa awet dipake lama tu?
manufacturing defect ga berbanding lurus dengan keawetan om. awet ya awet aja.
1KR-VET kan bukan mesin yang sama sekali baru. aplg raize/rocky japan jg pake mesin yang sama.
lah mobil jadul jg banyak defectnya lbh parah emang dikira tahan banting semua wkwkwkwk. lebih parah ancurnya tuh defect malah ampe kelas kijang aja blok mesin bisa retak.
BMW, ford, VW, peugeot, dll apalagi, ga usah diitung berapa banyak kekonyolan engineeringnya, wong ford pernah bikin mobil tangkinya bisa meledak kalo tabrak belakang
Mbl full standar dan under warranty tapi dari pengalaman ini bikin hesitant untuk pelihara lg blue oval lg
1. Dulu sering bgt random check engine light nyala kode cylinder engine misfire tapi mobil normal.
Krn masih warranty bolak-balik dealership aja, tp sampe mblnya dijual ga pernah solved itu masalah
Sampe cape jg sy beli OBD reader aja reset atau kadang didiemin mati sendiri.
2. ganti fast moving part contoh filter cabin aja ampun ribet bgt beda sm mbl jepangan
contohnya ini
ribet bgt sampe dl filter mesti di paksa2 beda kalau merk yg skrg sy punya (jepangan) tinggal buka glove box taro uda
3. Panel gap dll luar maupun interior (khusus ini dulu made in US) untuk sekelas ford focus cukup berantakan
4. Dulu pas diluar, itu kasus powershift failure booming bgt sampe lawsuit2 an ribet.Untung tp dl mobil sy m/t hehe.
-
- SM Specialist
- Posts: 15679
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Teknologi Ford jauh lebih bagus?kok jarang dibahas?Raize turbo kalah telak sama Fiesta Ecoboost
BRV cocoknya emang buat kek nyokap ane yang perang angkut2 hewan rada jorok gak sayang cuma gegara disarungin jok dan keknya depan kf alakadarnya dijemur dikit itu sarung jok rada nyengat baunya bener2 beater car spec itu BRV.peterming77 wrote: ↑Sat Jul 22, 2023 4:08 Ya beneran ini yg kejadian skrg saya beli buat antar jemput ponakan sekolah sama disetir sendiri kalo pas weekend
Udah coba juga BRV dan selain dash dan kabin terasa 1 level dibawah HRV, itu AC double masih gantung diatas + posisi shifter terlalu rendah, ga enak buat relaxed driving.
HRV mau dijorok jorokin rada sayang.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7