2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

“Grand” Vitara ?

Sejujurnya saya nggak ngerti apa tujuan Suzuki pakai nama “Grand” Vitara lagi. “Grand” dalam kamus permobilan selalu dianggap produk yang lebih besar, atau lebih upclass. Misalnya Grand Cherokee adalah Jeep Cherokee versi lebih besar. Ya kalau Grand Innova sih bisa-bisanya Toyota Indonesia aja.

Berlaku juga dengan “Grand” Vitara. Suzuki punya tradisi menamai “Grand” buat varian Vitara / Escudo yang lebih besar atau upmarket. Misalnya Grand Escudo XL7 (yang mana lagi-lagi dipake buat namain Ertiga crossover), dan Grand Vitara adalah Suzuki Vitara 5-doors.

Image
Suzuki XL-7 yang "asli" bukan Ertiga tinggi

“Oh Chz anda kurang fact check bahwa dimensi dari Vitara baru ini hampir sama dengan yang dulu.”

Masalahnya kalau pakai patokan dulu, Honda HR-V baru juga dimensinya sudah deket sama CR-V gen 3. bahkan Suzuki sendiri sudah nge-drop nama “Grand” di Vitara generasi 4 karena konsepnya sudah berubah dari midsize ke compact.

Jadi ketika Grand Vitara kembali dihidupkan, rasanya kok saya berhak punya ekspektasi dan high hopes bahwa mobil ini wajib punya trait seperti old Grand Vitara which we all know and love. Saya sendiri punya kenangan banyak dengan Grand Vitara 2.4.

Image
Lucunya saya search nama "Grand Vitara" di google, yang muncul justru Grand Vitara lama. Google saja bingung mobil ini GV beneran apa bukan...

Sayangnya dengan disuntik matinya "Grand" Vitara, adalah bukti bahwa mobil ini tidak diserap pasar sebaik Honda CR-V. Bahkan Suzuki malah menurunkan kelas Vitara ke small crossover. Adalah sebuah keanehan kalau nama "Grand" nya dipakai lagi. Tapi since hari gini Daihatsu Rocky aja berubah jadi LCGC tinggi so....

Image
Suzuki Vitara

Jadi gimana Grand Vitara baru ini ? Saya mengarahkan steer BMW tua saya ke salah 1 mall yang sedang ada pameran Suzuki karena nggak ada dealer Suzuki yang dekat tempat saya. Iseng - iseng saja siapa tau ada Grand Vitara, eh beneran ada.

Still a looker, even though lacks one important "Suzuki SUV" feature.

Sejujurnya kalau lihat model, GV ini cukup looker. Suzuki berusaha keras membuat kita inget Grand Vitara yang dahulu. Sedikit mengotak, tapi diberi sudut - sudut supaya terlihat modern. Tidak terlihat over-styled. Bahkan boleh dibilang lebih enak dilihat daripada Hyundai Creta. Minimal kalau dibilang namanya Grand Vitara, semua orang percaya. Bentuknya masih rada mirip.
IMG20230722140101.jpg
IMG20230722140043.jpg
IMG20230722140324.jpg
Tapi masalahnya ada 1 dosa besar Suzuki yang ngebikin mobil ini kurang “SUV Suzuki” : mana plastik hitam kecil di samping-samping kap mesin ? Ignis aja punya.

Image

Ruang fendernya besar, bahkan velg 17 dengan ban 215/60/17 masih terlihat growong sekali. Cocok kalau mau modif offroad ala-ala. Ground clearance juga tinggi 210mm.
IMG20230722140030.jpg
It looks generic but it tried, at least.

Interior mobil ini sejujurnya generik Suzuki masa kini. Dari masuk kabin saja saya lebih ngerasa ini kayak nyetir XL7 daripada nyetir Vitara. Persenelengnya di dasbor dan posisinya tinggi. Mungkin biar berasa lebih SUV.
IMG20230722141138.jpg
IMG20230722141130.jpg
Dibekali tilt-telescopic dan joknya cukup enak. Kabin pun lebih luas dari Honda HR-V terutama headroom belakang karena desainnya nggak maksa ala choptop.

Apa lagi ya…. meter clusternya punya display power meter biar kita ngerti ini hybrid-hybrid an gimmick apa bekerja beneran.
IMG20230722141149.jpg
Udah, kayaknya nggak banyak yang perlu dibahas deh di dalem. Fitur liat aja udah banyak yang bahas. Oiya ini tipe GX jadi ada sunroof, kalau tipe GL yang lebih rendah lebih murah sekitar 25 jutaan tidak ada sunroofnya.

Ok, langsung ke nyetirnya aja.

It certainly is economical, comfortable, but what else?

Saya benernya ga expect ditawarin nyoba tapi karena ditawarin ya udah deh. Meski rutenya sangat minimalis tapi karena ini juga paling marketnya orang perkotaan saya mencoba gak nitpicking meski dalam hati berharap bisa punya sweet spot untuk mobil ini karena membawa nama salah satu SUV yang pernah cukup lama ada di rumah dan pengalamannya cukup berkesan.

GV baru ditawarkan dalam varian mesin hybrid saja. K15C. power mesin bensinnya 101.6 hp di 6000 RPM yang awalnya saya kira 114hp, ow crap. Torsinya 137Nm di 4400 RPM. Dibantu dengan sistem SHVS lithium ion battery yang mensuplai tenaga tambahan ke ISG (integrated starter generator) - sistem kebanggaan Suzuki, dan dipadu dengan transmisi 6-speed Automatic. Oh senang dong bukan CVT?
IMG20230722140022.jpg
Engine bay nya besar, masuk nih mesin J24B

….. sayangnya, nggak terlalu membanggakan.

Rute saya hanya cukup buat explore tenaganya karena cuma lurus bolak-balik dari parkiran mall keluar lalu balik lagi. Kesan pertama saya mobil ini kena jalan bumpy, wow redamannya cukup baik. Enak dibanding Grand Vitara lama yang pakai rigid axle belakang. Tipikal Suzuki mirip-mirip karakter bantingan Ertiga. Lembut tapi nggak membal-membal.

Lalu saya coba jalankan. Display di MID menunjukkan powerflow meter. Eh lho mana nih torsi hybridnya? Battery di gambar sudah ter-charge sekitar 3 bar. Tapi power flow meternya masih menunjukkan saya cuma pake tenaga 101,6hp yang sangat besar itu.

Saya gas sampe 60 kph karena jalannya juga rame, nggak bisa kickdown, ah ini baru ada powerflow dari baterai………. yang nggak ada rasanya. Kalaupun ada ya kecil sekali. It’s not even comparable to HR-V 1.5 DOHC yang kata orang - orang lemot. Let alone dengan Hyundai Creta. Hyundai Creta rasanya seperti SUV performa dibanding GV. Sangat nggak yakin bisa nyalip apapun dengan mobil ini.

Sudah gitu di posisi mobil jalan pelan ada perasaan kurang halus transisi generator supportnya nyala dan mati karena memang dia memberi supply tenaga saat dibutuhkan. Akibatnya waktu putar balik malah beberapa kali rasanya jerky tiba-tiba ada bantuan tenaga.

Nggak bisa explore handling terlalu banyak karena rutenya singkat. Mungkin saya bakal coba lagi kalau ada kesempatan.

It looks promising but...

Sejujurnya saya nggak mau terdengar seperti fanboy innova yang protes innova jadi front wheel drive, atau kenapa Supra kok nggak pakai mesin JZ. In fact, saya justru sempat tertarik buat gantiin HR-V 1.8 karena kandidat lain antara masih mahal (HR-V RS), atau nggak cakep (Hyundai Creta). Jgn ngomongin omoda 5 lah grillnya bikin trypophobia kumat. wkwkwkkwkw.

Tapi sayangnya ya kalau saya mau beli mobil ini, cuma tampangnya yang enak diliat. Apalagi kadung bawa HR-V 1.8 udah di remap. Saya pikir adanya generator listrik mild hybrid membantu ternyata ya terbukti masih belum refined dan tidak berperan besar buat support tenaga.

Dan masalah kedua adalah it’s not even cheap. 394 juta di kota saya, dan no discount. Mungkin satu-satunya alasan beli mobil ini emang karena kita lebih prefer model jeep-ish dibanding sleek macem HR-V, dan dengan ruang fender besar mobil ini bisa dipasang velg + ban ala ala offroad dibikin ALTO style.

Walaupun kalau mau pasang gardan harus cabut itu batre dan kayaknya baik dicabut aja sekalian swap J24B karena ruang mesinnya muat :big_weee:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 119
Joined: Sat Jul 24, 2021 9:38

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by esaka »

Kenapa Innova ganti jadi FWD !!!
Dengan harga segitu, terlalu pede sih,
padahal cuma modal fitur viral ala netijen (sunroof),
Lha itu banyak kok yang endingnya ke 42ner lagi 42ner lagi kalau nyari SUV :big_bored:
*balik kucing liat brosur WRV*
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 251
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by Ibet »

udah nyoba dan liat juga di dealer, kebetulan ada dealer Suzuki baru buka deket rumah ..
384 jutaan di kota saya harganya.

secara looks sih enak diliat kok, belakangnya juga asik, hampir ga ada deadspot yg bikin ilfeel exteriornya
interior nya sendiri betul, berasa lebih lega karena atapnya seperti lebih tinggi dari HR-V baru .. dasbornya juga ga keliatan murah ..
build quality sih cukup oke ya, dan gimmick nya juga banyak ..

yg saya kaget, kayanya ini mesin diborong langsung deh same spec sama India punya? sempet liat kalo ga salah ada EGR Coolernya juga.
saya pikir ini buat follow up to BS6 India, tapi kata sales sih bisa nenggak RON90, bingung saya haha.

anyway, konon mau ada diskon di giias besok untuk mobil ini, lagi - lagi entah bener apa ngga
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 774
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by zonepublic »

Saya rasa suzuki indomobil realistis sekarang,dia melihat market yang membeli mobil di indonesia menomerduakan konsumsi BBM yang irit apapun mobilnya(nomer satu tetap harga aftersales/harga jual kembali&sparepart)
Karena mayoritas orang indo mampu beli mobil tp belum tentu mampu bayar bensinnya apalagi perawatannya
Makannya tenor kredit mobil sekarang bisa diatas 5 tahun-10 tahun karena harga mobilnya udah naik hampir 2x lipat dari 5 tahun lalu padahal kemampuan nyicilnya juga masih segitu segitu saja
Last edited by zonepublic on Mon Jul 24, 2023 5:13, edited 1 time in total.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1111
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by iamwewe »

om, penasaran banget sama impresi 6AT nya. oon gak kaya ribon?

sekilas baca.. impresi nya mgkn mobilnya lemot ya, sampe ada bahasa susah nyalip mobil. mobil terlemot yg pernah saya coba, rush konde 4AT. tapi itu kayanya gara2 4AT aja, kalo ini 6AT, masih berat juga ya?
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

esaka wrote: Mon Jul 24, 2023 4:36 Kenapa Innova ganti jadi FWD !!!
Dengan harga segitu, terlalu pede sih,
padahal cuma modal fitur viral ala netijen (sunroof),
Lha itu banyak kok yang endingnya ke 42ner lagi 42ner lagi kalau nyari SUV :big_bored:
*balik kucing liat brosur WRV*
Ibet wrote: Mon Jul 24, 2023 4:48 udah nyoba dan liat juga di dealer, kebetulan ada dealer Suzuki baru buka deket rumah ..
384 jutaan di kota saya harganya.

secara looks sih enak diliat kok, belakangnya juga asik, hampir ga ada deadspot yg bikin ilfeel exteriornya
interior nya sendiri betul, berasa lebih lega karena atapnya seperti lebih tinggi dari HR-V baru .. dasbornya juga ga keliatan murah ..
build quality sih cukup oke ya, dan gimmick nya juga banyak ..

yg saya kaget, kayanya ini mesin diborong langsung deh same spec sama India punya? sempet liat kalo ga salah ada EGR Coolernya juga.
saya pikir ini buat follow up to BS6 India, tapi kata sales sih bisa nenggak RON90, bingung saya haha.

anyway, konon mau ada diskon di giias besok untuk mobil ini, lagi - lagi entah bener apa ngga
ya akhirnya bener om ini mobil jualan modelnya. emang aslinya ane jg rada kepincut modelnya sih. gagah bener emang diliat :ungg:

cuma 1500cc mild hybrid nganu... mending dipasang 1600cc NA deh atau M15 nya S-Cross lebih bener :ungg:
zonepublic wrote: Mon Jul 24, 2023 5:11 Saya rasa suzuki indomobil realistis sekarang,dia melihat market yang membeli mobil di indonesia menomerduakan konsumsi BBM yang irit apapun mobilnya(nomer satu tetap harga aftersales/harga jual kembali&sparepart)
Karena mayoritas orang indo mampu beli mobil tp belum tentu mampu bayar bensinnya apalagi perawatannya
Makannya tenor kredit mobil sekarang bisa diatas 5 tahun-10 tahun karena harga mobilnya udah naik hampir 2x lipat dari 5 tahun lalu padahal kemampuan nyicilnya juga masih segitu segitu saja
konsumsi bbm sih irit lah om kalo ini. cuma gak ada larinya aja. nurut ane suzuki kelamaan bikin mobil yang dibeli karena murah aja (ertiga XL7 baleno Scross) bukan karena memang menggugah buat dimiliki. ya apapun yang jatohnya perang harga sih nurut ane nggak akan berkembang banyak.

GV aslinya kalo speknya bener dikit bisa menggugah buat dimiliki...
iamwewe wrote: Mon Jul 24, 2023 5:11 om, penasaran banget sama impresi 6AT nya. oon gak kaya ribon?

sekilas baca.. impresi nya mgkn mobilnya lemot ya, sampe ada bahasa susah nyalip mobil. mobil terlemot yg pernah saya coba, rush konde 4AT. tapi itu kayanya gara2 4AT aja, kalo ini 6AT, masih berat juga ya?
ane cuma coba sekilas om... selipnya rada banyak sih keknya faktor rasio tengah kepanjangan. di 60 itu masih rada agak selip di kickdown.

ini 6AT di XL7 luar malah lebih lambat daripada ertiga/XL7 4AT. rasionya kurang enak emang.

rush konde sih emang jahanam leletnya body bagong ban lebar dipasang mesin imut 1500cc 104hp :big_bored: final gear kasar di 4AT rush konde jg gak ngebantu. di rush all new mendingan tapi tetep klo kikdon ya lelet om :big_bored:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1693
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by MSU »

mesin K15 ini kayak ertiga donk ya...
harusnya kasi mesin yg lebih gede atau gimana ya...secara GV ini kan kelasnnya lebih tinggi drpd ertiga/xl7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1111
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by iamwewe »

ChZ wrote: Mon Jul 24, 2023 5:31

ane cuma coba sekilas om... selipnya rada banyak sih keknya faktor rasio tengah kepanjangan. di 60 itu masih rada agak selip di kickdown.

ini 6AT di XL7 luar malah lebih lambat daripada ertiga/XL7 4AT. rasionya kurang enak emang.

rush konde sih emang jahanam leletnya body bagong ban lebar dipasang mesin imut 1500cc 104hp :big_bored: final gear kasar di 4AT rush konde jg gak ngebantu. di rush all new mendingan tapi tetep klo kikdon ya lelet om :big_bored:
bentar2.. tadi diatas ada ngomongin m15 nya scross. m15 bukan mesin jadul swift ya? emang suzuki kan skrg kalo gk salah udh ke K series ya. trus.. scross juga kayanya 6AT ya. impresinya sama kah kaya 6AT nya vitara?

aduh.. kalo faktor rasio tengah kepanjangan sih kebayang banget. apalagi ini mobil bensin. kebayang nih beratnya gimana. tapi mungkin hemat banget kali ya?

dari rush dulu, sampe all new rush, bener2 saya pribadi megang avanza... avz 4at jauh lbh enak dari rush. nah ini mungkin bener ya faktor bannya yang lebar vs ban avanza yang biasa aja. trus skrg avz DNGA pun buat saya juga sama, jauh lbh enak dibanding all new rush.
User avatar
grimjow
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 524
Joined: Fri Aug 21, 2015 14:45

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by grimjow »

Nice review Om Chz.
Mobil serba nanggung nih Grand Vitara, dan seperti dikeluarin untuk "Yang penting Suzuki Indo ada line up SUV".

Kalau lihat history nya, Grand Vitara ini ada terus cuman mungkin market Indo yang ga mau beli dan ATPM ga konsisten nawarin & promosi.



Hebatnya nih mobil di India laku loh, tembus 50ribu unit.
Line up future model Suzuki uda ga surprising lagi sekarang, tinggal lihat India launch apa dan in depth review tinggal baca Teambhp.
Tertarik yang kembaran Zenix yang di launch di India, lebih bagus Suzuki bawa gituan ( lebih murah 100 juta vs Zenix).
:big_biglaugh:
Image
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 774
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by zonepublic »

ChZ wrote: Mon Jul 24, 2023 5:31

konsumsi bbm sih irit lah om kalo ini. cuma gak ada larinya aja. nurut ane suzuki kelamaan bikin mobil yang dibeli karena murah aja (ertiga XL7 baleno Scross) bukan karena memang menggugah buat dimiliki. ya apapun yang jatohnya perang harga sih nurut ane nggak akan berkembang banyak.

GV aslinya kalo speknya bener dikit bisa menggugah buat dimiliki...
Kan memang dari dulu Suzuki di Indo imagenya "mobilnya orang miskin" makannya lineup yang bagus2 jarang dimasukin
Ujung tombaknya suzuki juga carry pickup yg dari sejak tahun 80an diandalin sampe sekarang
Btw mobil suzuki yang pake mesin M15 dan M16 kayanya ga populer smua disini krn yg beli kan ga mampu bayarin bensinnya dan teknologinya terlalu kuno masih VVT belom dual VVTi/iVtec padahal yg lain udah ada yg hybrid,turbo ,dan M15 dan M16 terkenal plg boros dibanding L15 atau 1NZ-FE
iamwewe wrote: Mon Jul 24, 2023 5:11 om, penasaran banget sama impresi 6AT nya. oon gak kaya ribon?

sekilas baca.. impresi nya mgkn mobilnya lemot ya, sampe ada bahasa susah nyalip mobil. mobil terlemot yg pernah saya coba, rush konde 4AT. tapi itu kayanya gara2 4AT aja, kalo ini 6AT, masih berat juga ya?
Kayanya rush terlalu gila gedein bannya sampe ukuran tapak 215 di 4 roda,coba diganti ban ukuran 175/55/r16 mungkin larinya bisa kaya yaris
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1111
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by iamwewe »

zonepublic wrote: Mon Jul 24, 2023 6:42

Kayanya rush terlalu gila gedein bannya sampe ukuran tapak 215 di 4 roda,coba diganti ban ukuran 175/55/r16 mungkin larinya bisa kaya yaris
tapi kalo sampe pake ban ukuran itu sih buset itu makin cungkring aja ruang roda...
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

MSU wrote: Mon Jul 24, 2023 6:08 mesin K15 ini kayak ertiga donk ya...
harusnya kasi mesin yg lebih gede atau gimana ya...secara GV ini kan kelasnnya lebih tinggi drpd ertiga/xl7
Kl bener pake 6at yang sama dgn XL7 ya artinya rasio nya perlu diperbaiki om. Masalahnya cuma ngandelin ISG nya ga ngaruh org paling berapa Nm doang :big_bored: mending di remap atau dastek.
iamwewe wrote: Mon Jul 24, 2023 6:11 bentar2.. tadi diatas ada ngomongin m15 nya scross. m15 bukan mesin jadul swift ya? emang suzuki kan skrg kalo gk salah udh ke K series ya. trus.. scross juga kayanya 6AT ya. impresinya sama kah kaya 6AT nya vitara?

aduh.. kalo faktor rasio tengah kepanjangan sih kebayang banget. apalagi ini mobil bensin. kebayang nih beratnya gimana. tapi mungkin hemat banget kali ya?

dari rush dulu, sampe all new rush, bener2 saya pribadi megang avanza... avz 4at jauh lbh enak dari rush. nah ini mungkin bener ya faktor bannya yang lebar vs ban avanza yang biasa aja. trus skrg avz DNGA pun buat saya juga sama, jauh lbh enak dibanding all new rush.
Tepatnya M serie itu mesin performa nya suzuki om itu aja keknya versi indo katanya cuma 100hp itu boong deh aslinya 110hp :big_think: soalnya di SX4 lama aja ga berasa lemot. Di S cross sendiri ga lemot malah enak jd irit dipasang matic 6 speed pinter :big_grin: yg lama pake 4 speed boros. Wkwkwkwkkw.

K series mesin eco kalo suzuki. K15 sendiri itu K14 stroked up.

Kehematan pada test emang liat si om topeng ma pembalap luar kota bisa 1:24... Rpm nya di 100 kmh katanya ga sampe 2000rpm. Memang ngejer irit ni rasionya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

grimjow wrote: Mon Jul 24, 2023 6:27 Nice review Om Chz.
Mobil serba nanggung nih Grand Vitara, dan seperti dikeluarin untuk "Yang penting Suzuki Indo ada line up SUV".

Kalau lihat history nya, Grand Vitara ini ada terus cuman mungkin market Indo yang ga mau beli dan ATPM ga konsisten nawarin & promosi.



Hebatnya nih mobil di India laku loh, tembus 50ribu unit.
Line up future model Suzuki uda ga surprising lagi sekarang, tinggal lihat India launch apa dan in depth review tinggal baca Teambhp.
Tertarik yang kembaran Zenix yang di launch di India, lebih bagus Suzuki bawa gituan ( lebih murah 100 juta vs Zenix).
:big_biglaugh:
Image
Ane pun ada kemungkinan I'd buy one hanya karena faktor model om. Wakakakka. Soalnya ni soal model imbang ma HRV SE. Tp blom butuh dan lbh kepikir bangun GV lama lebih worth duitnya.

Di luar ada versi full hybrid deh kayaknya ini GV.
zonepublic wrote: Mon Jul 24, 2023 6:42 Kan memang dari dulu Suzuki di Indo imagenya "mobilnya orang miskin" makannya lineup yang bagus2 jarang dimasukin
Ujung tombaknya suzuki juga carry pickup yg dari sejak tahun 80an diandalin sampe sekarang
Btw mobil suzuki yang pake mesin M15 dan M16 kayanya ga populer smua disini krn yg beli kan ga mampu bayarin bensinnya dan teknologinya terlalu kuno masih VVT belom dual VVTi/iVtec padahal yg lain udah ada yg hybrid,turbo ,dan M15 dan M16 terkenal plg boros dibanding L15 atau 1NZ-FE
Itulah risiko perang harga om. Yang sy gak suka suzuki jadi india semua krn ngejar perang harga. Produk bagus suzuki dulu masuk, lama lama disunatin. Swift CKD jadi nggilani speknya ABS aja ga punya. Aneh pan, ngejar harga murah gak pede lawan Jazz, at least GT2/GT3 kasi abs eh cuma aksesoris. Yaiyala orang beli Jazz lbh mahal tp speknya gak gembel.

Suzuki punya banyak produk ikonik dan semua punya segmen penggemar nggak perlu takut mahal sebenernya. SUV sendiri punya SJI yg mana garapannya gila gila Vitara dibangun 4x4 tinggal beli transfercase, swift OMR dulu ada. Tuning house macem HKS aja jual turbokit M15. Suzuki itu dulu jauh dr brand ece ece.

Cash cow biarin carry aja lah. Dah bener. Skrg malah kayak gak jelas mau jualan apa. Kesannya Gak pede. Milih jadi maruti india aja. Meski klo tau sejarah indomobil suzuki keknya ada perubahan di jajaran pimpinan sehingga gak lagi mau masukin gituan.

La wong Jimny aja salah market.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by alexand »

jadi intinya ini mobil ganteng di liat tapi kurang enak di setirnya yah :)
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 774
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by zonepublic »

ChZ wrote: Mon Jul 24, 2023 7:29
grimjow wrote: Mon Jul 24, 2023 6:27 Nice review Om Chz.
Mobil serba nanggung nih Grand Vitara, dan seperti dikeluarin untuk "Yang penting Suzuki Indo ada line up SUV".

Kalau lihat history nya, Grand Vitara ini ada terus cuman mungkin market Indo yang ga mau beli dan ATPM ga konsisten nawarin & promosi.



Hebatnya nih mobil di India laku loh, tembus 50ribu unit.
Line up future model Suzuki uda ga surprising lagi sekarang, tinggal lihat India launch apa dan in depth review tinggal baca Teambhp.
Tertarik yang kembaran Zenix yang di launch di India, lebih bagus Suzuki bawa gituan ( lebih murah 100 juta vs Zenix).
:big_biglaugh:
Image
Ane pun ada kemungkinan I'd buy one hanya karena faktor model om. Wakakakka. Soalnya ni soal model imbang ma HRV SE. Tp blom butuh dan lbh kepikir bangun GV lama lebih worth duitnya.

Di luar ada versi full hybrid deh kayaknya ini GV.
zonepublic wrote: Mon Jul 24, 2023 6:42 Kan memang dari dulu Suzuki di Indo imagenya "mobilnya orang miskin" makannya lineup yang bagus2 jarang dimasukin
Ujung tombaknya suzuki juga carry pickup yg dari sejak tahun 80an diandalin sampe sekarang
Btw mobil suzuki yang pake mesin M15 dan M16 kayanya ga populer smua disini krn yg beli kan ga mampu bayarin bensinnya dan teknologinya terlalu kuno masih VVT belom dual VVTi/iVtec padahal yg lain udah ada yg hybrid,turbo ,dan M15 dan M16 terkenal plg boros dibanding L15 atau 1NZ-FE
Itulah risiko perang harga om. Yang sy gak suka suzuki jadi india semua krn ngejar perang harga. Produk bagus suzuki dulu masuk, lama lama disunatin. Swift CKD jadi nggilani speknya ABS aja ga punya. Aneh pan, ngejar harga murah gak pede lawan Jazz, at least GT2/GT3 kasi abs eh cuma aksesoris. Yaiyala orang beli Jazz lbh mahal tp speknya gak gembel.

Suzuki punya banyak produk ikonik dan semua punya segmen penggemar nggak perlu takut mahal sebenernya. SUV sendiri punya SJI yg mana garapannya gila gila Vitara dibangun 4x4 tinggal beli transfercase, swift OMR dulu ada. Tuning house macem HKS aja jual turbokit M15. Suzuki itu dulu jauh dr brand ece ece.

Cash cow biarin carry aja lah. Dah bener. Skrg malah kayak gak jelas mau jualan apa. Kesannya Gak pede. Milih jadi maruti india aja. Meski klo tau sejarah indomobil suzuki keknya ada perubahan di jajaran pimpinan sehingga gak lagi mau masukin gituan.

La wong Jimny aja salah market.
Kayanya kenapa suzuki memilih pro kiblat india karena dia ga mau buka pabrik banyak2 ga mau ngeluarin biaya RnD gede2 juga jadi pabrik di asia mmg ditaruh di india aja,RnD juga dipasrahin ke india jadinya
Lha suzuki aja keluar dari MotoGP karena merasa biaya RnD buat balap terlalu mahal
Masih untung indomobil mau ambil mobil suzuki dari india (kan mmg kaya IU itu indomobil) daripada minta dari jepang nasibnya kaya sepeda motornya disini yg ghoib
Pajak mobil impor utuh dan CKD indo juga beda,dulu ertiga masukin yg disel lbh mahal dikit aja ga gitu laku disini,beda jauh penjualannya dengan ertiga bensin,nasib ertiga disel juga ga kalah pendek dengan chevy spin diselnya ,kalo transmisi manual jadi alasan kambing hitam rasanya ngawur karena ertiga bensin manual juga laku keras
Menurut saya sih memang majority market indo aja yg tidak siap kalo Suzuki "mahal"
Kalo Honda atau toyota mahal org indo masih bisa nerima karena mobil jepang di indo yg punya image "mahal" ya Honda,karena dulu mobilnya mahal dan sparepartnya mahal
Dibawahnya baru toyota,kembali ke brand imagenya memang begitu
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by black2345 »

Akhirnya ada yg nulis short reviewnya, sy uda cobain TD sekitar sebulan yg lalu waktu nungguin servis ertiga. Mobil TD terlalu rame, semua aksesoris chrome2an dipasang plus ada stiker gunung2 yg ga guna. Lihat aslinya yg gx polosan lagi duduk manis di showroom malah lebih cakep, entah team marketing suzuki ini gimana mikirnya..

Sisi positifnya:
- empuk, dibandingkan hrv se 2022 yg ada di rumah
- tombol untuk jari bnyk bgt, jarang2 suzuki punya beginian, biasanya minimalis
- sunroof gede bener & bisa dibuka lebar, cocok buat okb yg mau pamer mobil baru di medsos
- irit, dual vvt kata salesnya + batrai semi hybrid yg rasanya cm berguna untuk iddling stop aja
- hud, wkwkwk entah knp seneng aja ada hud di suzuki, bener2 fitur yg out of mind untuk sebuah crossover

Nah skrg negatifnya aka yg ga nyambung untuk selera saya:
- tombol hazard knp bunder ditengah desain yg kotak2 di dashboard tengan, ini kayak.. haduh india bgt, tabrakan desainnya.. jelek :big_peace:
- ac uda beneran digital, cuman pengoperasiannya harus diteken keatas/bawah, better spt punya ertiga/xl7 yg skrg dgn tombol bulet puter2an
- paddle shift yg ga guna, mau cb akselerasi dari keadaan jalan dgn nurunin gigi malah ga mau, yg ada malah ngeden..
- 6at nya lemot, ngejar irit aja kayaknya

Opini pribadi GV ini sdh berubah jatidirinya, dari SUV ke crossover yg bnyk gimmick. Klo sy jd head marketingnya suzuki GV ini akan dirombak dl speknya sebelum dijual, mesin & transmisi ganti pake K14B & 4at. Dan yg penting, masukin varian all grip untuk kelas yg paling atas. Suzuki ini aneh, mrk sukses besar jualan jimny tp masih blm ngerti maunya konsumen disini gmn. Kesannya ogah2an bgt kasih produk yg bagus krn terbuai keluarga pick up nya masih laris manis
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by black2345 »

zonepublic wrote: Mon Jul 24, 2023 10:41
Kayanya kenapa suzuki memilih pro kiblat india karena dia ga mau buka pabrik banyak2 ga mau ngeluarin biaya RnD gede2 juga jadi pabrik di asia mmg ditaruh di india aja,RnD juga dipasrahin ke india jadinya
Lha suzuki aja keluar dari MotoGP karena merasa biaya RnD buat balap terlalu mahal
Masih untung indomobil mau ambil mobil suzuki dari india (kan mmg kaya IU itu indomobil) daripada minta dari jepang nasibnya kaya sepeda motornya disini yg ghoib
Pajak mobil impor utuh dan CKD indo juga beda,dulu ertiga masukin yg disel lbh mahal dikit aja ga gitu laku disini,beda jauh penjualannya dengan ertiga bensin,nasib ertiga disel juga ga kalah pendek dengan chevy spin diselnya ,kalo transmisi manual jadi alasan kambing hitam rasanya ngawur karena ertiga bensin manual juga laku keras
Menurut saya sih memang majority market indo aja yg tidak siap kalo Suzuki "mahal"
Kalo Honda atau toyota mahal org indo masih bisa nerima karena mobil jepang di indo yg punya image "mahal" ya Honda,karena dulu mobilnya mahal dan sparepartnya mahal
Dibawahnya baru toyota,kembali ke brand imagenya memang begitu
[/quote]

Gadies (ertiga diesel) dgn spin diesel ini basis mesinnya sama lho om dari fiat (cmiiw). Masalahnya bukan di harga jual yg mahal dikit, tp ini mesin rewel kalo diisi solbus :big_grin:
Nah sedangkan ertiga & spin ini main di segmen pemula/workhorse car yg dengan perawatan seminimal mungkin bs menempuh jarak semaksimal mungkin. Jelas dari segmen & standar bbm untuk mobil sdh nggak nyambung, kalo sdh begitu susah lakunya

Kemudian untuk varian at, sebenernya sdh ada 1 unit ertiga diesel yg dijadikan sampel oleh suzuki, tp ga dijual krn ‘tenaganya’ yg kurang cocok ditempel dgn transmisi 4a/t yg sdh ada.

Btw ertiga diesel ini lagi naik harganya, terlebih km rendah & recordnya jelas. Sy lagi cari buat operasional, tp blm ada yg cocok dgn budgetnya. Ada yg cocok dgn budget, tp ga cocok sama unitnya.. wkwkwk
faridrach
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: Sat Jun 20, 2020 21:28

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by faridrach »

Kayaknya kita datang di mall yang sama ya Om Chz.. :big_peace:

20230719_111752.jpg
Weekend lalu coba duduk2 juga di unit displaynya, paling kerasa sih build qualitynya yang cukup bagus ya. Diraba2 tangan terasa solid.

Posisi duduk juga buat saya TB 172cm cari posisi yg enak juga cukup mudah. Namun utk ukuran SUV bagi saya kok terasa kurang commanding ya :big_childish:

Sayangnya saat saya tanya unit test drive malah diminta datang ke showroomnya. Batal test drive deh, padahal cukup penasaran sama 6AT nya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 774
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by zonepublic »

black2345 wrote: Mon Jul 24, 2023 12:34
zonepublic wrote: Mon Jul 24, 2023 10:41
Gadies (ertiga diesel) dgn spin diesel ini basis mesinnya sama lho om dari fiat (cmiiw). Masalahnya bukan di harga jual yg mahal dikit, tp ini mesin rewel kalo diisi solbus :big_grin:
Nah sedangkan ertiga & spin ini main di segmen pemula/workhorse car yg dengan perawatan seminimal mungkin bs menempuh jarak semaksimal mungkin. Jelas dari segmen & standar bbm untuk mobil sdh nggak nyambung, kalo sdh begitu susah lakunya

Kemudian untuk varian at, sebenernya sdh ada 1 unit ertiga diesel yg dijadikan sampel oleh suzuki, tp ga dijual krn ‘tenaganya’ yg kurang cocok ditempel dgn transmisi 4a/t yg sdh ada.

Btw ertiga diesel ini lagi naik harganya, terlebih km rendah & recordnya jelas. Sy lagi cari buat operasional, tp blm ada yg cocok dgn budgetnya. Ada yg cocok dgn budget, tp ga cocok sama unitnya.. wkwkwk
Dulu pernah mau ambil spinsel tp waktu proses pengambilan unit ga jelas banget kelakuan dilernya,akhirnya batal ambil,ertiga disel juga pernah tes drive,saran saya nih mending bujet sama hunting innova disel 2kd aja daripada ertiga/spin disel karena udah pernah nyobain semuanya,soal kondisi asal ga bekas tabrak aja jauh lebih gampang lagi pelihara innova disel buat jadi enak
Itu fiat multijet banyak yang kna penyakit mesin tik,bukan cuma solar busuk aja,tapi interval ganti olinya dari diler kan 15ribu km

faridrach wrote: Mon Jul 24, 2023 13:51 Kayaknya kita datang di mall yang sama ya Om Chz.. :big_peace:


20230719_111752.jpg

Weekend lalu coba duduk2 juga di unit displaynya, paling kerasa sih build qualitynya yang cukup bagus ya. Diraba2 tangan terasa solid.

Posisi duduk juga buat saya TB 172cm cari posisi yg enak juga cukup mudah. Namun utk ukuran SUV bagi saya kok terasa kurang commanding ya :big_childish:

Sayangnya saat saya tanya unit test drive malah diminta datang ke showroomnya. Batal test drive deh, padahal cukup penasaran sama 6AT nya.
The park ya?susah emang diler semarang,pameran tp ga bawa unit tes drivenya,kurang smart pemasarannya
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1626
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by AbdulHakim »

Suzuki Maruti khan sudah jadi sister-company nya Toyota di prindavan sana CMIIW
Kenapa ga re-badge aja itu Corolla Cross Bensin/Hybrid jadi Grand Vitara, lebih pantes aja kayaknya.
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 687
Joined: Mon Jun 06, 2016 10:35

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by trebla88 »

6at nya sizuka di prindavan sana jg pernah direview malah lbih lamban dari 4at nya
Sizuka ngincer eco2 tapi serba nanggung jadinya gini
Mild hybrid penghematan ga ada ,malah nambah cost di kmudian hari

Mesin dual jetnya ini seri c menarik,cuma ga menarik marketing hybridnya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

zonepublic wrote: Mon Jul 24, 2023 10:41 Kayanya kenapa suzuki memilih pro kiblat india karena dia ga mau buka pabrik banyak2 ga mau ngeluarin biaya RnD gede2 juga jadi pabrik di asia mmg ditaruh di india aja,RnD juga dipasrahin ke india jadinya
Lha suzuki aja keluar dari MotoGP karena merasa biaya RnD buat balap terlalu mahal
Masih untung indomobil mau ambil mobil suzuki dari india (kan mmg kaya IU itu indomobil) daripada minta dari jepang nasibnya kaya sepeda motornya disini yg ghoib
Pajak mobil impor utuh dan CKD indo juga beda,dulu ertiga masukin yg disel lbh mahal dikit aja ga gitu laku disini,beda jauh penjualannya dengan ertiga bensin,nasib ertiga disel juga ga kalah pendek dengan chevy spin diselnya ,kalo transmisi manual jadi alasan kambing hitam rasanya ngawur karena ertiga bensin manual juga laku keras
Menurut saya sih memang majority market indo aja yg tidak siap kalo Suzuki "mahal"
Kalo Honda atau toyota mahal org indo masih bisa nerima karena mobil jepang di indo yg punya image "mahal" ya Honda,karena dulu mobilnya mahal dan sparepartnya mahal
Dibawahnya baru toyota,kembali ke brand imagenya memang begitu
kebanyakan flop dan blunder emang om ini merek 1.

gadies mah perkara disuruh isi dex jadi flop dan blunder siapa yang mau mo bensinnya 1:25 juga orang sini mobil solar hrs dex itu haram. aturan suzuki bayar media buat pastiin itu gadies isi biosol aman wong aslinya itu mesin gpp diisi biosol di user banyak yg pake. treatmentnya sama kek pake innova diesel sering ganti filsol aja. lah yg sekelas terra aja dijadiin uji coba b30 solar. aturan suzuki jg ajuin 1 unit buat test solar b30.

nurut saya perkara gak bisa jualannya aja lah gimana jip kecil jimny malah dimaini spekulasi aturan bisa jd volume maker org banyak yang suka 300jt juga dibeli minimal buat babe2 beliin anak gadisnya model jg cewe pada suka murah dibanding beliin mini kuper.

e sekarang limited stock malah digoreng ma diler dijual gopektiau siapa yang mau mobil jip kecil naikan grobak mending beli HRV. swift sport dulu 300juta juga laku biarpun salahnya kenapa yang laku malah CVTnya. swift lama dulu harga mepet jazz yaris juga laku laku aja. SX4 apalagi dulu mah inovatif itu konsepnya kaga murah loh itu mobil.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 774
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by zonepublic »

ChZ wrote: Tue Jul 25, 2023 2:39
zonepublic wrote: Mon Jul 24, 2023 10:41 Kayanya kenapa suzuki memilih pro kiblat india karena dia ga mau buka pabrik banyak2 ga mau ngeluarin biaya RnD gede2 juga jadi pabrik di asia mmg ditaruh di india aja,RnD juga dipasrahin ke india jadinya
Lha suzuki aja keluar dari MotoGP karena merasa biaya RnD buat balap terlalu mahal
Masih untung indomobil mau ambil mobil suzuki dari india (kan mmg kaya IU itu indomobil) daripada minta dari jepang nasibnya kaya sepeda motornya disini yg ghoib
Pajak mobil impor utuh dan CKD indo juga beda,dulu ertiga masukin yg disel lbh mahal dikit aja ga gitu laku disini,beda jauh penjualannya dengan ertiga bensin,nasib ertiga disel juga ga kalah pendek dengan chevy spin diselnya ,kalo transmisi manual jadi alasan kambing hitam rasanya ngawur karena ertiga bensin manual juga laku keras
Menurut saya sih memang majority market indo aja yg tidak siap kalo Suzuki "mahal"
Kalo Honda atau toyota mahal org indo masih bisa nerima karena mobil jepang di indo yg punya image "mahal" ya Honda,karena dulu mobilnya mahal dan sparepartnya mahal
Dibawahnya baru toyota,kembali ke brand imagenya memang begitu
kebanyakan flop dan blunder emang om ini merek 1.

gadies mah perkara disuruh isi dex jadi flop dan blunder siapa yang mau mo bensinnya 1:25 juga orang sini mobil solar hrs dex itu haram. aturan suzuki bayar media buat pastiin itu gadies isi biosol aman wong aslinya itu mesin gpp diisi biosol di user banyak yg pake. treatmentnya sama kek pake innova diesel sering ganti filsol aja. lah yg sekelas terra aja dijadiin uji coba b30 solar. aturan suzuki jg ajuin 1 unit buat test solar b30.

nurut saya perkara gak bisa jualannya aja lah gimana jip kecil jimny malah dimaini spekulasi aturan bisa jd volume maker org banyak yang suka 300jt juga dibeli minimal buat babe2 beliin anak gadisnya model jg cewe pada suka murah dibanding beliin mini kuper.

e sekarang limited stock malah digoreng ma diler dijual gopektiau siapa yang mau mobil jip kecil naikan grobak mending beli HRV. swift sport dulu 300juta juga laku biarpun salahnya kenapa yang laku malah CVTnya. swift lama dulu harga mepet jazz yaris juga laku laku aja. SX4 apalagi dulu mah inovatif itu konsepnya kaga murah loh itu mobil.
Jimny apa aslinya ga cuma jualan nostalgia "katana" dulu ya? Yang mana terkenal jadi pilihan mobil praktis buat orang "miskin" yg harganya murah di jamannya buat anak baru belajar setir ,anak kuliahan biar bisa ajak temennya,orang baru beli mobil pertama buat ngajak ceweknya malam mingguan
Lha wong dulu katana naikannya anjrut2an ga bisa anteng,mana ga bisa lari pula
Makannya seingat saya dari videonya yutuber juga pada bilang klo jimny sebenernya buat nostalgia "jaman susah" mereka aja
Kenyataanya mereka sendiri beli jimny ga da yg mau make harian
Waktu kuliah gue mau dikasih katana tp gue ogah setirnya jadi minta honda estilo aja akhirnya
Soal gadies,ya itulah mindset orang indo,belom mampu pelihara mobil dengan layak tp maksain beli mobil teknologi tinggi
User avatar
Mamang555
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1083
Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by Mamang555 »

Nice (short) review om chz

Saya setuju kalo GV ini set harga nya "kemahalan". Apalagi kalo tanpa diskon ugal2an khas cap S
Konsumen "mapan" atau ibu2 sosialitas ngelirik nya ke HRV atau yang gress sekalian, Yaris Cross
Yang mau coba2 dan rada hipster lari nya ke Creta

Harusnya sih set harga di 370 max utk tipe GX (sebelum diskon) karena harga segitu pemainnya rada lowong
Creta Trend AT 345 jt dan tipe Style 388 jt (sebelum diskon). Gap ini yang harusnya bisa di isi sama GV

Kalo yang sekarang, bujet minimalis kemungkinan lari ke Creta trend buat gegayaan
Bujet maximalis akan lari ke cap T atau H
Belum lagi "senjata rahasia" Mitsu : XFC konsep yang juga mau launching (konon kelas HRV dkk)

Tapi di kondisi kayak begini... setelah hype GV mereda dan stok menumpuk
Biasanya akan ada diskon besar2an untuk NIK tahun berikutnya. Apalagi kalo sudah capai tengah tahun
Misal NIK 2023 di pertengahan atau bahkan jelang akhir tahun 2024... Wah biasanya diskon besar tuh
Beberapa tahun lalu, ada teman pernah beli Karimun NOS (NIK 2 tahun sebelumnya) dengan nominal diskon fantastis hehehe
Adik juga pernah dapet diskon besar saat beli Swift GX sekitar tahun 2015
Dulu GV yang CBU Jepang juga pernah diskon sampe 40 atau 50 jt kalo ga salah di akhir hayatnya

Nah kalo uda keluar jurus yang begini, baru deh value for money nya "dapet"
Kalo new GV ini setelah diskon cuma seharga dibawah 350 juta, mungkin banyak yang bakalan goyah juga yakan? hehe

Sekian, just imo
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 2023 Suzuki Grand Vitara 1.5 GX - Short Review

Post by ChZ »

black2345 wrote: Mon Jul 24, 2023 12:22
Opini pribadi GV ini sdh berubah jatidirinya, dari SUV ke crossover yg bnyk gimmick. Klo sy jd head marketingnya suzuki GV ini akan dirombak dl speknya sebelum dijual, mesin & transmisi ganti pake K14B & 4at. Dan yg penting, masukin varian all grip untuk kelas yg paling atas. Suzuki ini aneh, mrk sukses besar jualan jimny tp masih blm ngerti maunya konsumen disini gmn. Kesannya ogah2an bgt kasih produk yg bagus krn terbuai keluarga pick up nya masih laris manis
idem om, ane juga sejujurnya klo gak faktor tenaganya yang nganu sih naksir banget. modelnya soalnya masih gagah.

mungkin bakal ngobatin kalo ada varian MT yang sayangnya cuma ada AT hybrid SHVS semua. moga2 nanti facelift ada improvement di sektor ini.

dikasi K15B + 4AT nya ertiga pasti ngacir bgt minimal rasionya dibuat rada kasar masih ok ga perlu 0-100 kenceng jg muluk2 harga sgini ngarep turbo wakakkaka. rasio 6at nya kaco bener. suzuki jg skrg ga punya lineup di atas 1600cc.
faridrach wrote: Mon Jul 24, 2023 13:51 Kayaknya kita datang di mall yang sama ya Om Chz.. :big_peace:


20230719_111752.jpg

Weekend lalu coba duduk2 juga di unit displaynya, paling kerasa sih build qualitynya yang cukup bagus ya. Diraba2 tangan terasa solid.

Posisi duduk juga buat saya TB 172cm cari posisi yg enak juga cukup mudah. Namun utk ukuran SUV bagi saya kok terasa kurang commanding ya :big_childish:

Sayangnya saat saya tanya unit test drive malah diminta datang ke showroomnya. Batal test drive deh, padahal cukup penasaran sama 6AT nya.
weekend? jangan2 selisipan om :big_biglaugh: atawa liat E39 silver di parkiran :ngacir: ane sabtu siang sekitar jam 2 an sih.

pdhl unit TDnya dijejer di samping Spresso XL7 GV. ane malah abis itu salesnya lebih semangat nawarin XL7 :upss: katanya GV inden ga ada diskon.
AbdulHakim wrote: Mon Jul 24, 2023 14:37 Suzuki Maruti khan sudah jadi sister-company nya Toyota di prindavan sana CMIIW
Kenapa ga re-badge aja itu Corolla Cross Bensin/Hybrid jadi Grand Vitara, lebih pantes aja kayaknya.
corcross tapi gayanya kurang gagah om cenderng kalem :ungg: aturan GV dimasukin versi full HEV aja pan pake mesin toyota jg tuh M15D-FKS
trebla88 wrote: Tue Jul 25, 2023 0:06 6at nya sizuka di prindavan sana jg pernah direview malah lbih lamban dari 4at nya
Sizuka ngincer eco2 tapi serba nanggung jadinya gini
Mild hybrid penghematan ga ada ,malah nambah cost di kmudian hari

Mesin dual jetnya ini seri c menarik,cuma ga menarik marketing hybridnya
aturan rasio dibuat rapet dijamin ngacir padahal :big_bored: di XL7 india lbh parah kan 0-100 nya 18 detik macem innova 2KD standar aja :big_biglaugh:

yg bikin loyo udahlah tenaga 100hp rasio 3-4 nya panjang bgt mana ada tenaga. mobil 1500cc 100kph di 1700 rpm si pasti rasionya ga bener itu :big_biglaugh: macem xpander 4at rasio nya kepanjangan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7