Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Thoecks
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Aug 02, 2023 9:39

Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by Thoecks »

Mohon saran suhu, Zenix G bensin atau hybrid, pemakaian sering keluar kota, 1thn mungkin 10-15rb km. Rencana mobil mau tak rawat smpe lama diatas 15thn atau malah gk dijual lagi (pengalaman jual motor mobil, saking kangennya smpe kebawa mimpi :ungg: :big_biglaugh: ).
Zenix bensin takutnya cvt gk panjang umur (blm pernah rawat cvt yg usianya diatas 10th, jdi ga tau). klo yg hybrid baterai sm komponen tambahan lain yg blm tau usianya, jdi bingung.
Mohon saran :big_blushing:
quyquy
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 665
Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by quyquy »

Kalo demen diesel, mending yg reborn diesel G matic..
Cocok dipake jangka supeeer panjang.

Tp kalo demen bensin dan bs beli versi hybridnya ya ambil yg hybrid sekalian.
User avatar
Bakmiekepiting
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2622
Joined: Wed Nov 14, 2012 11:19

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by Bakmiekepiting »

Baterai Zenix Hybrid garansi 8 thn / 160rb KM 😊
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 775
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by ctopher7 »

Thoecks wrote: Wed Aug 02, 2023 9:55 Mohon saran suhu, Zenix G bensin atau hybrid, pemakaian sering keluar kota, 1thn mungkin 10-15rb km. Rencana mobil mau tak rawat smpe lama diatas 15thn atau malah gk dijual lagi (pengalaman jual motor mobil, saking kangennya smpe kebawa mimpi :ungg: :big_biglaugh: ).
Zenix bensin takutnya cvt gk panjang umur (blm pernah rawat cvt yg usianya diatas 10th, jdi ga tau). klo yg hybrid baterai sm komponen tambahan lain yg blm tau usianya, jdi bingung.
Mohon saran :big_blushing:
demen keluar kota yakin mau fwd om? saya aja ke bandung, kalo ke cafe cafenya banyak yang yang jalanannya terjal banget naik turun. ditambah kalo gatau medannya ntar pasti makin susah nanjak

cvt fwd monokok hybrid mah memang resep kenyamanan dalem kota. luar kota ga yakin deh kalo ktemu jalanan naik turn dan rada rusak. lagian kalo tol luar kota high speed batrenya ga kepake pasti
pecinta bio solar
Thoecks
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Aug 02, 2023 9:39

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by Thoecks »

quyquy wrote: Wed Aug 02, 2023 11:31 Kalo demen diesel, mending yg reborn diesel G matic..
Cocok dipake jangka supeeer panjang.

Tp kalo demen bensin dan bs beli versi hybridnya ya ambil yg hybrid sekalian.
Kalau reliability kyknya emng reborn tak terkalahkan ya om. :big_biglaugh:
Tapi entah knp sy kalau bawa reborn kerasa capek bgt (sering pinjem punya sodara), mungkin grgr setirnya berat kalau jalan pelan, trus kalau di tol setir jdi enteng bgt berasa melayang jdi harus ekstra fokus. Gatau apa emng mobilnya ga sehat, ga pernah nyoba yg inreyen soalnya :big_biglaugh:
Kalau zenix katanya setir udh enteng kyk mobil kekinian, pakai elektronik.
Bakmiekepiting wrote: Wed Aug 02, 2023 11:46 Baterai Zenix Hybrid garansi 8 thn / 160rb KM 😊
Kalau kyk motor listrik dan komponen listrik lainnya gimana om?
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 774
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by zonepublic »

Thoecks wrote: Wed Aug 02, 2023 9:55 Mohon saran suhu, Zenix G bensin atau hybrid, pemakaian sering keluar kota, 1thn mungkin 10-15rb km. Rencana mobil mau tak rawat smpe lama diatas 15thn atau malah gk dijual lagi (pengalaman jual motor mobil, saking kangennya smpe kebawa mimpi :ungg: :big_biglaugh: ).
Zenix bensin takutnya cvt gk panjang umur (blm pernah rawat cvt yg usianya diatas 10th, jdi ga tau). klo yg hybrid baterai sm komponen tambahan lain yg blm tau usianya, jdi bingung.
Mohon saran :big_blushing:
Bensin aja,klo buat luarkotaan kayanya hibrid ga seberapa ngefek banyak iritnya,soal transmisi ya paling rawat aja per 20ribu km ganti oli toh pake reborn juga sama,mesti rutin ganti oli gardan,100ribu km overhaul ganti belt
Kayanya dari dulu umum gitu perawatannya
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 671
Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by carlzeiss »

Coba nonton yutubnya moladin yang bandingin jinik hybrid sama non

Abis nonton pasti udh bs nentuin milih yg mana dengan gampang hahaha
- yang kenceng kalah sama yang wet look
t105erd
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1399
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by t105erd »

Thoecks wrote: Wed Aug 02, 2023 9:55 Mohon saran suhu, Zenix G bensin atau hybrid, pemakaian sering keluar kota, 1thn mungkin 10-15rb km. Rencana mobil mau tak rawat smpe lama diatas 15thn atau malah gk dijual lagi (pengalaman jual motor mobil, saking kangennya smpe kebawa mimpi :ungg: :big_biglaugh: ).
Zenix bensin takutnya cvt gk panjang umur (blm pernah rawat cvt yg usianya diatas 10th, jdi ga tau). klo yg hybrid baterai sm komponen tambahan lain yg blm tau usianya, jdi bingung.
Mohon saran :big_blushing:
Non hybrid dong kalo buat jangka panjang, ga pusing masalah baterai, kontroler dll, tinggal perawatan rutin + ganti oli aja. Musuhnya baterai jenis apapun itu adalah panas. Makanya mobil2 eropa yg baterainya dibagasi bisa lebih awet dibanding mobil jepang yg baterainya di deket mesin. Apalagi kalo mobil hybrid/EV sering kejemur.
Kalo pakai mobil 5 tahun ganti yaa yang hybrid hehe...
Thoecks
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Aug 02, 2023 9:39

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by Thoecks »

ctopher7 wrote: Wed Aug 02, 2023 12:37 demen keluar kota yakin mau fwd om? saya aja ke bandung, kalo ke cafe cafenya banyak yang yang jalanannya terjal banget naik turun. ditambah kalo gatau medannya ntar pasti makin susah nanjak

cvt fwd monokok hybrid mah memang resep kenyamanan dalem kota. luar kota ga yakin deh kalo ktemu jalanan naik turn dan rada rusak. lagian kalo tol luar kota high speed batrenya ga kepake pasti
Soalnya udh sering keluar kota pake berbagai macam honda om, jdi udh pede aja pake fwd, jalanan rusak, naik, turun hajar aja blm pernah kendala yg gimana2.
zonepublic wrote: Wed Aug 02, 2023 12:56 Bensin aja,klo buat luarkotaan kayanya hibrid ga seberapa ngefek banyak iritnya,soal transmisi ya paling rawat aja per 20ribu km ganti oli toh pake reborn juga sama,mesti rutin ganti oli gardan,100ribu km overhaul ganti belt
Kayanya dari dulu umum gitu perawatannya
t105erd wrote: Wed Aug 02, 2023 13:30 Non hybrid dong kalo buat jangka panjang, ga pusing masalah baterai, kontroler dll, tinggal perawatan rutin + ganti oli aja. Musuhnya baterai jenis apapun itu adalah panas. Makanya mobil2 eropa yg baterainya dibagasi bisa lebih awet dibanding mobil jepang yg baterainya di deket mesin. Apalagi kalo mobil hybrid/EV sering kejemur.
Kalo pakai mobil 5 tahun ganti yaa yang hybrid hehe...
Iya kalau yg non hybrid peace of mind nya lebih dapet sih om. Seringnya keluar kota juga, kalau lihat review konsumsi bisa 1:14 sih masih oke lah, sekarang pake jazz ge8 juga segitu konsumsi bbmnya :big_biglaugh:
Bpurna
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
Location: Indonesia

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by Bpurna »

Jelas yg hybrid dong. Harga beda gak banyak (msh sangat fair lah). Tenaga dapet, irit jelas dpt. Apalg mobil dipake rutin itu awet utk batre. Resale value jg kedepan hybrid akan menang rasanya.
fl4b1e
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Sun Dec 27, 2015 15:18

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by fl4b1e »

Thoecks wrote:Mohon saran suhu, Zenix G bensin atau hybrid, pemakaian sering keluar kota, 1thn mungkin 10-15rb km. Rencana mobil mau tak rawat smpe lama diatas 15thn atau malah gk dijual lagi (pengalaman jual motor mobil, saking kangennya smpe kebawa mimpi :ungg: :big_biglaugh: ).
Zenix bensin takutnya cvt gk panjang umur (blm pernah rawat cvt yg usianya diatas 10th, jdi ga tau). klo yg hybrid baterai sm komponen tambahan lain yg blm tau usianya, jdi bingung.
Mohon saran :big_blushing:
Kalau boleh tau, domisili dan pemakaian harian di kota besar kayak Jakarta, Surabaya, zsemarang, Bandung yg macet gak Om?

mnrt saya sih meski sering keluar kota, tapi kalau hariannya di daerah macet saya akan lebih milih hybrid. Kalau Om setahun diatas 16 rib km aja pemakaiannya, saya sih condong hybrid. kenapa? asumsi mobil hybrid lebih irit 5 kilometer per liter aja, kan untuk 100 ribu kilometer pemakaian, selisihnya bisa idr 46 juta. emang hitungan kasar sih, hanya 100ribu km kalau dibagi 10kpl asumsi konsumsi bbm dalam kota zenix bensin kan hasilnya 10 ribu liter, sementara kalau zenix hybrid 100ribu km dibagi asumsi konsumsi dalam kota zenix hybrid 15kpl, dapat 6,667liter, maka selisihnya 3,333 x 14ribu harga pertamax kan idr 46 juta..

Beda cerita kalau harian di kota yang ga macet, serta pemakaian juga ga kilometer tinggi dan kalau pemakaian harian ga macet, go for gasoline, Om hemat banyak dari selisih harga beli, serta pastinya less worry masalah batere.

Tuk masalah tanjakan, ya bisa liat Moladin sih, tapi mnrt saya, dibanding Veloz cvt tuk nanjak, Zenix jauh lebih ok.

Kalau masalah reborn, hmmm ya bergantung yaa.. reborn mungkin lebih reliable, lebih bisa dioprek, build quality sedikit lebih ok, tapi kalau kenyamanan, pengendaraan, kehematan bbm, serta karena dipiara lama, saya sih milih Zenix, asalkan medan l harian ga yang offroad ngerasa kaki-kaki..

semoga membantu
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by ChZ »

Kalo jangka panjang lbh untung pake yg bensin om :mky_03: hibrit gw yakin jualnya rewel pembelinya ntar batre kondisi under 90% dipake alesan nawar malas bener :big_bored:

Apalagi setaun jalan d bawah 20 rebu bocuan om. Barunya jg selisih 30jt :big_bored: ane pernah iseng hitung bocuan om bahkan dgn assuming ud ada batre murah 30jt an.

Garansi 8thn diganti paling ada s&k nya banyak. Klo cuma drop kapasitas mah ogah mereka gw dah ngalamin nissan gak mau tuh kapasitas drop d bilang normal batre harga 75jt :big_bored: ni mbl umur 2 taun loh drop kapasitas. Klo drop kapasitas fcnya gak bisa bagus skrg 1:18 dalkot doank bisanya.

Sementara kl blm ada yah minim 60jt buat batre sendiri dalkotan pun iritnya gak ngebantu :big_bored: lukot hibrit jg gak irit2 bgt om.

Cvt kalo rajin ganti oli metik mah aman :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Thoecks
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Aug 02, 2023 9:39

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by Thoecks »

Bpurna wrote: Wed Aug 02, 2023 14:20 Jelas yg hybrid dong. Harga beda gak banyak (msh sangat fair lah). Tenaga dapet, irit jelas dpt. Apalg mobil dipake rutin itu awet utk batre. Resale value jg kedepan hybrid akan menang rasanya.
Iya sepertinya yg hybrid ini resale value akan menang ya om karena lebih banyak peminatnya.
Thanks :big_peace:
fl4b1e wrote: Wed Aug 02, 2023 14:36 Kalau boleh tau, domisili dan pemakaian harian di kota besar kayak Jakarta, Surabaya, zsemarang, Bandung yg macet gak Om?

mnrt saya sih meski sering keluar kota, tapi kalau hariannya di daerah macet saya akan lebih milih hybrid. Kalau Om setahun diatas 16 rib km aja pemakaiannya, saya sih condong hybrid. kenapa? asumsi mobil hybrid lebih irit 5 kilometer per liter aja, kan untuk 100 ribu kilometer pemakaian, selisihnya bisa idr 46 juta. emang hitungan kasar sih, hanya 100ribu km kalau dibagi 10kpl asumsi konsumsi bbm dalam kota zenix bensin kan hasilnya 10 ribu liter, sementara kalau zenix hybrid 100ribu km dibagi asumsi konsumsi dalam kota zenix hybrid 15kpl, dapat 6,667liter, maka selisihnya 3,333 x 14ribu harga pertamax kan idr 46 juta..

Beda cerita kalau harian di kota yang ga macet, serta pemakaian juga ga kilometer tinggi dan kalau pemakaian harian ga macet, go for gasoline, Om hemat banyak dari selisih harga beli, serta pastinya less worry masalah batere.

Tuk masalah tanjakan, ya bisa liat Moladin sih, tapi mnrt saya, dibanding Veloz cvt tuk nanjak, Zenix jauh lebih ok.

Kalau masalah reborn, hmmm ya bergantung yaa.. reborn mungkin lebih reliable, lebih bisa dioprek, build quality sedikit lebih ok, tapi kalau kenyamanan, pengendaraan, kehematan bbm, serta karena dipiara lama, saya sih milih Zenix, asalkan medan l harian ga yang offroad ngerasa kaki-kaki..

semoga membantu
Kalau harian ke kantor gk macet sih om, sy seringnya juga bawa motor (kecuali musim hujan) soalnya deket cuma 3km an, dan jalannya lewat gang kecil2 jdi agak ribet bawa mobil.
Mobil rencana buat ke luar kota aja, kebanyakan tol, urusan kantor sm pulang kampung sekalian jalan2 :weekk:
Buat nemenin mobil yg sekarang udh sepuh om, karena tiap bulan pasti pulang kampung jarak 250km lebih, agak was2 klo bawa mobil tua jauh2.
Kyknya pilihan condong ke non hybrid ya om.
Thanks :big_peace:
ChZ wrote: Wed Aug 02, 2023 14:55 Kalo jangka panjang lbh untung pake yg bensin om :mky_03: hibrit gw yakin jualnya rewel pembelinya ntar batre kondisi under 90% dipake alesan nawar malas bener :big_bored:

Apalagi setaun jalan d bawah 20 rebu bocuan om. Barunya jg selisih 30jt :big_bored: ane pernah iseng hitung bocuan om bahkan dgn assuming ud ada batre murah 30jt an.

Garansi 8thn diganti paling ada s&k nya banyak. Klo cuma drop kapasitas mah ogah mereka gw dah ngalamin nissan gak mau tuh kapasitas drop d bilang normal batre harga 75jt :big_bored: ni mbl umur 2 taun loh drop kapasitas. Klo drop kapasitas fcnya gak bisa bagus skrg 1:18 dalkot doank bisanya.

Sementara kl blm ada yah minim 60jt buat batre sendiri dalkotan pun iritnya gak ngebantu :big_bored: lukot hibrit jg gak irit2 bgt om.

Cvt kalo rajin ganti oli metik mah aman :mky_03:
Sepertinya hybrid kalau kapasitas baterai mulai turun, akan semakin boros ya om, jdi klo hitung2 an gk bisa lngsung bandingin fc waktu mobil msh baru, soalnya makin thn bakal makin boros, tpi gk tau si zenix ini apa bakal banyak kasus spt nissan si om, secara ini toyota yg teknologi hybridnya paling oke.
Thanks :big_peace:
Last edited by Thoecks on Wed Aug 02, 2023 18:12, edited 2 times in total.
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2797
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by KielConstantine »

Ane vote zenix hybrid deh…

Bukannya apa seh, perihal power aja lebih gede sama ada bantuan instant torque dari motor listrik.. apalagi sering luar kota highway gitu kan, enak buat selip selip

Klo bensin keknya lemotzzz aja kg bisa lari wkwkwkk

Kmaren zenix hybrid di test 0-100 dpt 8.9 detik seinget ane :upss:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16249
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by ChZ »

Thoecks wrote: Wed Aug 02, 2023 17:04 Sepertinya hybrid kalau kapasitas baterai mulai turun, akan semakin boros ya om, jdi klo hitung2 an gk bisa lngsung bandingin fc waktu mobil msh baru, soalnya makin thn bakal makin boros, tpi gk tau si zenix ini apa bakal banyak kasus spt nissan si om, secara ini toyota yg teknologi hybridnya paling oke.
Thanks :big_peace:
Yang ud pasti performa batre di thn ke-2,3,4 dst ga bakal se prima di awal jd expect ada penurunan di fuel cons om.

Mau mobilnya merek apapun sama om naturnya batre seperti itu.

Bergantung sama
- charging cycle (makin sering ya makin cepet drop)
- cuaca (panas/dingin)
- penggunaan (kalo paralell hybrid macem zenix harusnya luar kota gak seberapa berat krn yang banyak kerja mesin bensinnya, serial hybrid atau full EV itu range dropnya ngeri kalo luar kota di kicks aja luar kota lari 140 dapetnya 1:12-13 doang, itu ionik kalo bejeknya segitu ya range drop tinggal seratusan dari 300an)
- luck (batre kalo mau ngedrop ya suka suka dia)

Kalo kira kira kaki berat dan sering luar kota keknya enakan bensin soalnya yg hibrit engine only 150hp an combined output kan tergantung kondisi batrenya, bensin 176hp :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
sapifr22
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 177
Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by sapifr22 »

Kalau rute luar kotaan, dan pemakaian 10-15k km, lebih baik gasoline.
Selisih biaya per tahun hanya beda dikit karena jarak tempuh rendah.

Kecuali kalau mau cari TSS, yang hanya ada di Q hybrid, yang uenak sekali dipakai ngetol jarak jauh....
Nyetir santai, tdk capek karena adaptive cruise control plus bisa nyetir sendiri
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by Chr1stm1 »

Saya vote hybrid Om
Selain karena iritnya, nyetir hybrid tuh kayak ada kepuasan tersendiri aja, walaupun hanya test drive sebentar, hehe
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 409
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by Andhyka »

Mulai muncul peraturan dan kebijakan bahwa EV dan hybrid dilarang untuk masuk basement gedung salah satunya negara Malaysia.

https://www.edgeprop.my/content/1905649 ... -be-banned

Karena memang jika sampai terbakar di basement, firetruck tidak bisa turun ke bawah untuk memadamkan api. Dan juga api tidak bisa cepat padam ntar besi pancang ikut leleh bisa2 satu gedung ambrol semua mirip peristiwa WTC.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4759
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by Pboyz97 »

Thoecks wrote: Wed Aug 02, 2023 9:55 Mohon saran suhu, Zenix G bensin atau hybrid, pemakaian sering keluar kota, 1thn mungkin 10-15rb km. Rencana mobil mau tak rawat smpe lama diatas 15thn atau malah gk dijual lagi (pengalaman jual motor mobil, saking kangennya smpe kebawa mimpi :ungg: :big_biglaugh: ).
Zenix bensin takutnya cvt gk panjang umur (blm pernah rawat cvt yg usianya diatas 10th, jdi ga tau). klo yg hybrid baterai sm komponen tambahan lain yg blm tau usianya, jdi bingung.
Mohon saran :big_blushing:
sebenernya pengen nyaranin trio ladder ajaa, karena tenaga , konsumsi bbm & feelnya lebih enak & lebih worth dibanding zenix (kebetulan saya ex user anf & reborn diesel + sekarang pake AN voxy 2023 yg drivetrainnya mirip sm zenix bensin & ANPS dakar 2018 serta udh pernah td zenix hybrid jg) , entah knp zenix lebih cocok buat mobil dalkot aja, pengalaman di voxy tarikannya kalo buat luar kota agak kurang & bengek, apalagi diisi full load, buat selap selip perlu injek gas dalam dulu, dulu pas pake reborn diesel jauh lebih efortless buat lukot & buat selap selip hehehe + tarikannya jg lebih enak dibanding voxy/zenix menurut saya, makanya buat lukot saya nambah lagi ANPS dakar beli seken :big_biglaugh:

kalo cuma 2 itu opsinya saya pilih yg bensin. cvt asal perawatannya bener , telaten, rutin + ngga pernah salah or telat ganti oli harusnya awet. kalo hybrid entah knp kalo lukot konsumsi bbmnya ngga jauh beda sm diesel or bensin menurut saya, lebih enak buat lukot hehehe
Thoecks wrote: Wed Aug 02, 2023 12:51
Kalau reliability kyknya emng reborn tak terkalahkan ya om. :big_biglaugh:
Tapi entah knp sy kalau bawa reborn kerasa capek bgt (sering pinjem punya sodara), mungkin grgr setirnya berat kalau jalan pelan, trus kalau di tol setir jdi enteng bgt berasa melayang jdi harus ekstra fokus. Gatau apa emng mobilnya ga sehat, ga pernah nyoba yg inreyen soalnya :big_biglaugh:
Kalau zenix katanya setir udh enteng kyk mobil kekinian, pakai elektronik.
jelas, dulu saya pake 2 tahunan ngga ada masalah apa apa sampe dijual, cuma servis rutin & ganti oli aja :big_biglaugh: , sekarang pake AN voxy 2023 entah knp buat lukot saya lebih prefer reborn, zenix udh pernah saya coba jg tarikannya buat lukot ngga seenak reborn, cocoknya buat dipake di dalkot aja hehehe. kalo reborn emg berasa capek om dalkot, saya ngerasain sendiri, baru berasa enaknya di tol or lukot :big_biglaugh:
Thoecks wrote: Wed Aug 02, 2023 13:50
ctopher7 wrote: Wed Aug 02, 2023 12:37 demen keluar kota yakin mau fwd om? saya aja ke bandung, kalo ke cafe cafenya banyak yang yang jalanannya terjal banget naik turun. ditambah kalo gatau medannya ntar pasti makin susah nanjak

cvt fwd monokok hybrid mah memang resep kenyamanan dalem kota. luar kota ga yakin deh kalo ktemu jalanan naik turn dan rada rusak. lagian kalo tol luar kota high speed batrenya ga kepake pasti
Soalnya udh sering keluar kota pake berbagai macam honda om, jdi udh pede aja pake fwd, jalanan rusak, naik, turun hajar aja blm pernah kendala yg gimana2.
zonepublic wrote: Wed Aug 02, 2023 12:56 Bensin aja,klo buat luarkotaan kayanya hibrid ga seberapa ngefek banyak iritnya,soal transmisi ya paling rawat aja per 20ribu km ganti oli toh pake reborn juga sama,mesti rutin ganti oli gardan,100ribu km overhaul ganti belt
Kayanya dari dulu umum gitu perawatannya
t105erd wrote: Wed Aug 02, 2023 13:30 Non hybrid dong kalo buat jangka panjang, ga pusing masalah baterai, kontroler dll, tinggal perawatan rutin + ganti oli aja. Musuhnya baterai jenis apapun itu adalah panas. Makanya mobil2 eropa yg baterainya dibagasi bisa lebih awet dibanding mobil jepang yg baterainya di deket mesin. Apalagi kalo mobil hybrid/EV sering kejemur.
Kalo pakai mobil 5 tahun ganti yaa yang hybrid hehe...
Iya kalau yg non hybrid peace of mind nya lebih dapet sih om. Seringnya keluar kota juga, kalau lihat review konsumsi bisa 1:14 sih masih oke lah, sekarang pake jazz ge8 juga segitu konsumsi bbmnya :big_biglaugh:
yg saya bold, jangan dijadiin patokkan. kebetulan saya pernah pake CRV turbo pres 2019 juga sebelum voxy ini. jangan harap CVT nya zenix ini bisa se responsif honda punya , memang soal durability nggak usah diragukan lg, tp kalo biasa make honda jangan kaget kalo tarikannya jauh dari kata responsif dibanding honda yg notabene sama2 CVT. pengalaman dulu bawa ke puncak & bandung pake crv turbo jauh lebih efortless kalo selap selip kondisi full load, pake voxy di tanjakkan aja sama2 kondisi full load mesti digas dalem dulu baru mau ngisi tarikannya , pengalaman sendiri murni bukan katanya katanya,dan juga jangan berekspektasi kestabilan, driving feel & handlingnya bakal seenak honda walaupun saya akui cukup modern & nyaman hehehe

cvt bisa lumayan irit setau saya karena kita lari 100 pun rpm nya masih terjaga di putaran rendah, nggak sampe 3rb rpm + gas dikit udh ganti gigi which is rasio giginya pendek, beda sm ge8 yg emg rasio giginya panjang, kebetulan dulu pernah pake jg :big_biglaugh:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
alexand
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 197
Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
Location: jakarta
Daily Vehicle: xpander sport AT 2020

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by alexand »

Kalo rata2 perbulan di bawah 2000km saran saya lebih ke zenix gasoline aja. Apalagi ini mobil mau di keep dalam jangka waktu lama, batere itu pasti turun terus kapasitasnya dan di tahun ke 9 kita asumsi udah harus ganti batere mungkin kena 40jt.

Kalo di hitung dari selisih harga beli mobil + batere dalam jangka waktu 10 tahun kepemilikan mobil rasanya lebih baik beli yg tipe gasoline aja

Konsumsi real dalam kota jakarta zenix g hybrid itu sekitar 1:16-17 kpl

Kalo budgetnya nyampe sekalian zenix v gasoline aja biar gak berasa kopongan banget mobilnya
Thoecks
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Wed Aug 02, 2023 9:39

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by Thoecks »

Pboyz97 wrote: Thu Aug 03, 2023 9:05 sebenernya pengen nyaranin trio ladder ajaa, karena tenaga , konsumsi bbm & feelnya lebih enak & lebih worth dibanding zenix (kebetulan saya ex user anf & reborn diesel + sekarang pake AN voxy 2023 yg drivetrainnya mirip sm zenix bensin & ANPS dakar 2018 serta udh pernah td zenix hybrid jg) , entah knp zenix lebih cocok buat mobil dalkot aja, pengalaman di voxy tarikannya kalo buat luar kota agak kurang & bengek, apalagi diisi full load, buat selap selip perlu injek gas dalam dulu, dulu pas pake reborn diesel jauh lebih efortless buat lukot & buat selap selip hehehe + tarikannya jg lebih enak dibanding voxy/zenix menurut saya, makanya buat lukot saya nambah lagi ANPS dakar beli seken :big_biglaugh:

kalo cuma 2 itu opsinya saya pilih yg bensin. cvt asal perawatannya bener , telaten, rutin + ngga pernah salah or telat ganti oli harusnya awet. kalo hybrid entah knp kalo lukot konsumsi bbmnya ngga jauh beda sm diesel or bensin menurut saya, lebih enak buat lukot hehehe

yg saya bold, jangan dijadiin patokkan. kebetulan saya pernah pake CRV turbo pres 2019 juga sebelum voxy ini. jangan harap CVT nya zenix ini bisa se responsif honda punya , memang soal durability nggak usah diragukan lg, tp kalo biasa make honda jangan kaget kalo tarikannya jauh dari kata responsif dibanding honda yg notabene sama2 CVT. pengalaman dulu bawa ke puncak & bandung pake crv turbo jauh lebih efortless kalo selap selip kondisi full load, pake voxy di tanjakkan aja sama2 kondisi full load mesti digas dalem dulu baru mau ngisi tarikannya , pengalaman sendiri murni bukan katanya katanya,dan juga jangan berekspektasi kestabilan, driving feel & handlingnya bakal seenak honda walaupun saya akui cukup modern & nyaman hehehe

cvt bisa lumayan irit setau saya karena kita lari 100 pun rpm nya masih terjaga di putaran rendah, nggak sampe 3rb rpm + gas dikit udh ganti gigi which is rasio giginya pendek, beda sm ge8 yg emg rasio giginya panjang, kebetulan dulu pernah pake jg :big_biglaugh:
Zenix di jalan keriting berlubang kecil2 gimana om? Masih oke kah dibanding reborn? Secara dia monokok, mungkin lebih bergemuruh gitu, tpi bisa diakali sih, ganti ban lebih tebal + tekanan ban dikurangi.
Kalau tarikan agak lemot msh bisa di toleransi om, dulu sering bawa GNKI bensin punya ortu, lemotnya minta ampun sy juga msh sabar2 aja kok :big_biglaugh:
Yg penting penumpang nyaman, sy nyetir jga santai gk capek2 bgt. :big_exellent:
Thanks om :big_peace:
alexand wrote: Thu Aug 03, 2023 11:05 Kalo rata2 perbulan di bawah 2000km saran saya lebih ke zenix gasoline aja. Apalagi ini mobil mau di keep dalam jangka waktu lama, batere itu pasti turun terus kapasitasnya dan di tahun ke 9 kita asumsi udah harus ganti batere mungkin kena 40jt.

Kalo di hitung dari selisih harga beli mobil + batere dalam jangka waktu 10 tahun kepemilikan mobil rasanya lebih baik beli yg tipe gasoline aja

Konsumsi real dalam kota jakarta zenix g hybrid itu sekitar 1:16-17 kpl

Kalo budgetnya nyampe sekalian zenix v gasoline aja biar gak berasa kopongan banget mobilnya
sapifr22 wrote: Thu Aug 03, 2023 6:09 Kalau rute luar kotaan, dan pemakaian 10-15k km, lebih baik gasoline.
Selisih biaya per tahun hanya beda dikit karena jarak tempuh rendah.

Kecuali kalau mau cari TSS, yang hanya ada di Q hybrid, yang uenak sekali dipakai ngetol jarak jauh....
Nyetir santai, tdk capek karena adaptive cruise control plus bisa nyetir sendiri
Iya om untuk pemakaian jangka panjang dan km yg gk tinggi2 bgt sptnya lbh oke yg non hybrid
Kalau soal pilihan trim, sdh turun temurun dari keluarga kalau beli innova pasti tipe G :big_biglaugh:
Sayang sekali tipe V blm dpt TSS, :big_bored: klo dpt mungkin bisa jdi pertimbangan.
Kalau yg Q kejauhan om, mending tambah dikit sisanya bisa buat beli D Cab istimiwir wong buat jalan2 trabasan :big_biglaugh:
Thanks om :big_peace:
Last edited by Thoecks on Thu Aug 03, 2023 16:09, edited 1 time in total.
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4759
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by Pboyz97 »

Thoecks wrote: Thu Aug 03, 2023 16:00
Zenix di jalan keriting berlubang kecil2 gimana om? Masih oke kah dibanding reborn? Secara dia monokok, mungkin lebih bergemuruh gitu, tpi bisa diakali sih, ganti ban lebih tebal + tekanan ban dikurangi.
Kalau tarikan agak lemot msh bisa di toleransi om, dulu sering bawa GNKI bensin punya ortu, lemotnya minta ampun sy juga msh sabar2 aja kok :big_biglaugh:
Yg penting penumpang nyaman, sy nyetir jga santai gk capek2 bgt. :big_exellent:
Thanks om :big_peace:

kalo kriting ya masih oke lah, walaupun kalo mau aman lukot saya masih lebih prefer gnki or reborn. gnki bensin mah jangan ditanya, apalagi yg maticnya :big_biglaugh: , saya jg sempet punya jg v bensin at 2014 barong hehehe. kalo nyaman ya tergantung benchmarknya apa. kalo benchmarknya mobil kelas bawahnya or sesama ladder yg nyaman2 aja. tp kalo benchmarknya monokok kelas crv keatas kok saya lebih consider voxy or crv seken yg notabene lebih nyaman dibanding zenix ini. salah 1 alasan keluarga saya batal ambil zenix selain bq yg nggak sesuai harganya jg karena benchmarking kami adalah suv monokok kelas crv yang sudah kami pakai selama puluhan tahun, makanya zenix kenyamanannya masih dibawah crv , apalagi mobil yg akan kami gantikan adalah crv turbo pres 2019 hehehe :big_peace:
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
W42d
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 123
Joined: Wed Jan 25, 2017 14:22

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by W42d »

Kalau saya boleh saran, lihat pemakaian yg lebih banyak lukot, sepertinya better ambil gasoline biasa aja. Dgn harga yg sama, bisa dpt gasoline tipe V. Denger2 yg gasoline ada diskon.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by RezPrat »

Thoecks wrote: Wed Aug 02, 2023 9:55 Mohon saran suhu, Zenix G bensin atau hybrid, pemakaian sering keluar kota, 1thn mungkin 10-15rb km. Rencana mobil mau tak rawat smpe lama diatas 15thn atau malah gk dijual lagi (pengalaman jual motor mobil, saking kangennya smpe kebawa mimpi :ungg: :big_biglaugh: ).
Zenix bensin takutnya cvt gk panjang umur (blm pernah rawat cvt yg usianya diatas 10th, jdi ga tau). klo yg hybrid baterai sm komponen tambahan lain yg blm tau usianya, jdi bingung.
Mohon saran :big_blushing:
Buat pake lebih dari 10thn ambil yg bensin Om, ya mengenai CVT Alphard pun diatas 10thn ada bbrp yg kena, tapi gak sebanyak Nissan. Tiap 2-3 tahun rajin aja ganti oli cvt, d tap aja.
Jangan sering bawa ke medan pasir, jalan off-road lumpur, tarik beban...biar awet cvt nya. Buat oli cvt stick to Toyota aja, ganti d beres, peace of mind.
Krucilatoz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Sat Jul 19, 2014 13:08

Re: Butuh saran, Zenix g bensin atau hybrid

Post by Krucilatoz »

Thoecks wrote: Wed Aug 02, 2023 9:55 Mohon saran suhu, Zenix G bensin atau hybrid, pemakaian sering keluar kota, 1thn mungkin 10-15rb km. Rencana mobil mau tak rawat smpe lama diatas 15thn atau malah gk dijual lagi (pengalaman jual motor mobil, saking kangennya smpe kebawa mimpi :ungg: :big_biglaugh: ).
Zenix bensin takutnya cvt gk panjang umur (blm pernah rawat cvt yg usianya diatas 10th, jdi ga tau). klo yg hybrid baterai sm komponen tambahan lain yg blm tau usianya, jdi bingung.
Mohon saran :big_blushing:
Nanya malah tambah bingung kan om? hehehehe

Jadi kalau boleh saran saya cuma satu : dah ikuti kata hati aja, mana yg bikin happy :big_peace:

pakai hybrid batere nanti harus diganti? ya tinggal ganti.
mahal? ya nabung, invest, dkk. bisa beli zenix biasanya udah punya tabungan sejumlah sama di rekening lain.

disclaimer, saya owner zenix v hybrid, sebelumnya pakai livina 12 tahun happily (yg kata orang lemot, ngelitik, sparepart mahal, rv jatuh ) :big_smile]