Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Sat Mar 15, 2014 19:21
Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
Halo suhu-suhu SMers,
Singkat cerita ada kebutuhan untuk nambah mobil lagi. Barangkali rekan-rekan berkenan memberikan rekomendasi dan sarannya untuk pilihan mobil dengan kriteria sebagai berikut:
- Budget 150-180jt
- Mobil seken tahun tertua 2015
- Ukuran sedang ke besar
- Pilihan mobil sedang ke besar ada di X-trail T32 2.0, Outlander PX, sama S Cross (prefacelift atau facelift)
- Pilihan mobil kecil ada di Baleno 2017, Mazda 2 2015-2016.
- Pertimbangan masing-masing mobil:
1. Nissan X-Trail T32 2.0 2015
- Kenapa yang 2.0? Ngincer cc gak terlalu besar.
- Kenapa X-trail T32? Karena harganya cukup affordable dengan saya melihat ada extra tambahan 2 seater bisa berguna nih buat darurat. Bagasi juga gede cocok untuk bawa barang-barang bayi. Model juga masih lumayan. Udah test drive dan kaki-kaki masih lebih enak dari HRV Prestige temen. Interior cukup lega, jok belakang bisa dimundur dan rebahin.
Minus pertimbangan:
- Body terlalu besar untuk sehari-hari, kemungkinan jatohnya ga akan sering-sering dipake kerja. Buat perang pake mobil lain
- Unit yang saya coba joknya sedikit goyang, itu kenapa ya? settingan electric seatnya kah? dan di power backdoor ada suara2 tapi tetep jalan normal
- Mungkin boros, dan kaki-kaki katanya rentan ya?
2. Outlander PX 2013 prefacelift atau 2014 facelift
- Ukuran gak terlalu besar
- Menang panoramic
- Katanya mobil badak cocok untuk perang
- Belum nemu unik yang cocok, harganya lebih tinggi dari X-trail untuk yang 2013, apalagi yang 2014
Minus pertimbangan:
- unit2 km nya tinggi2
3. Suzuki S Cross 2016 prefacelift atau 2018 facelift
- Ukuran lebih compact, lebih pede bawa di jalan sehari-hari
- yang prefacelift modelnya kurang selera, kalo yang facelift boleh lah
- kurangnya katanya lemot
- tapi enaknya biaya perawatan cenderung murah
- ini ada isofix gak ya yg facelift? di prefacelift saya liat gak ada
4. Suzuki Baleno 2017
- Masuknya ke hatchback untuk perang sehari-hari
- Concern sama tenaganya yg katanya lemot. Biasa bawa Mazda, Honda pada lincah-lincah
- Dashboard berasa tinggi banget, sama model dashboard kurang selera
- Perawatan gak terlalu khawatir
- Masih lupa soal isofix dan bagasi apa cukup luas?
5. Mazda 2 2015/2016
- Ini mah CX3 versi lain, kayanya belum jadi pilihan prioritas. Tapi karena istri suka aja
- Sempit, kursi belakang tegak, bagasi kecil, wah komplit deh ini mah bener2 mobil untuk yang nyetir sendiri aja
- Tapi belum tau nih unit2 taun 2015/2016 ini pada badak atau rewel ya?
- Pengennya sih Jazz biar rada proper dengan kelegaan kabin dan kepraktisan, tapi harganya masih tinggi banget even untuk yg 2015-2016
Demikian suhu2, barangkali bisa memberikan +- nya dengan pertimbangan tersebut. Saya sih lebih pengen ke arah 3 teratas dulu aja. Cuma untuk unit xtrailnya itu apakah susah yaa benerin jok sama power backdoornya? Dan untuk outlander km tinggi2 apakah ada yang perlu dikhawatirkan? Thanks semua
Singkat cerita ada kebutuhan untuk nambah mobil lagi. Barangkali rekan-rekan berkenan memberikan rekomendasi dan sarannya untuk pilihan mobil dengan kriteria sebagai berikut:
- Budget 150-180jt
- Mobil seken tahun tertua 2015
- Ukuran sedang ke besar
- Pilihan mobil sedang ke besar ada di X-trail T32 2.0, Outlander PX, sama S Cross (prefacelift atau facelift)
- Pilihan mobil kecil ada di Baleno 2017, Mazda 2 2015-2016.
- Pertimbangan masing-masing mobil:
1. Nissan X-Trail T32 2.0 2015
- Kenapa yang 2.0? Ngincer cc gak terlalu besar.
- Kenapa X-trail T32? Karena harganya cukup affordable dengan saya melihat ada extra tambahan 2 seater bisa berguna nih buat darurat. Bagasi juga gede cocok untuk bawa barang-barang bayi. Model juga masih lumayan. Udah test drive dan kaki-kaki masih lebih enak dari HRV Prestige temen. Interior cukup lega, jok belakang bisa dimundur dan rebahin.
Minus pertimbangan:
- Body terlalu besar untuk sehari-hari, kemungkinan jatohnya ga akan sering-sering dipake kerja. Buat perang pake mobil lain
- Unit yang saya coba joknya sedikit goyang, itu kenapa ya? settingan electric seatnya kah? dan di power backdoor ada suara2 tapi tetep jalan normal
- Mungkin boros, dan kaki-kaki katanya rentan ya?
2. Outlander PX 2013 prefacelift atau 2014 facelift
- Ukuran gak terlalu besar
- Menang panoramic
- Katanya mobil badak cocok untuk perang
- Belum nemu unik yang cocok, harganya lebih tinggi dari X-trail untuk yang 2013, apalagi yang 2014
Minus pertimbangan:
- unit2 km nya tinggi2
3. Suzuki S Cross 2016 prefacelift atau 2018 facelift
- Ukuran lebih compact, lebih pede bawa di jalan sehari-hari
- yang prefacelift modelnya kurang selera, kalo yang facelift boleh lah
- kurangnya katanya lemot
- tapi enaknya biaya perawatan cenderung murah
- ini ada isofix gak ya yg facelift? di prefacelift saya liat gak ada
4. Suzuki Baleno 2017
- Masuknya ke hatchback untuk perang sehari-hari
- Concern sama tenaganya yg katanya lemot. Biasa bawa Mazda, Honda pada lincah-lincah
- Dashboard berasa tinggi banget, sama model dashboard kurang selera
- Perawatan gak terlalu khawatir
- Masih lupa soal isofix dan bagasi apa cukup luas?
5. Mazda 2 2015/2016
- Ini mah CX3 versi lain, kayanya belum jadi pilihan prioritas. Tapi karena istri suka aja
- Sempit, kursi belakang tegak, bagasi kecil, wah komplit deh ini mah bener2 mobil untuk yang nyetir sendiri aja
- Tapi belum tau nih unit2 taun 2015/2016 ini pada badak atau rewel ya?
- Pengennya sih Jazz biar rada proper dengan kelegaan kabin dan kepraktisan, tapi harganya masih tinggi banget even untuk yg 2015-2016
Demikian suhu2, barangkali bisa memberikan +- nya dengan pertimbangan tersebut. Saya sih lebih pengen ke arah 3 teratas dulu aja. Cuma untuk unit xtrailnya itu apakah susah yaa benerin jok sama power backdoornya? Dan untuk outlander km tinggi2 apakah ada yang perlu dikhawatirkan? Thanks semua
2018 Mazda CX3 Touring 2.0
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 721
- Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
Kalo merem perawatan, T32 udah paling enak.. kursi driver agak oblak kayanya emang penyakit T32, udah banyak bengkel yang bisa benerin.. check utama T32 di cvt sama kaki2... harga part khas nissan..
Suzuki biasa menang perawatan murah, tapi kalo part body biasanya agak mahal.. S cross masih pake 6AT sendiri, tp interior jg agak kuno..
Outlander model udah agak outdated sih, interior boring jg, mobilnya jg ga seenak T32.. tp kalau perawatan kurang tau..
Alternatif lain, HRV dapet sih kayanya tp emang mobilnya agak keras dibanding yang lain..
Suzuki biasa menang perawatan murah, tapi kalo part body biasanya agak mahal.. S cross masih pake 6AT sendiri, tp interior jg agak kuno..
Outlander model udah agak outdated sih, interior boring jg, mobilnya jg ga seenak T32.. tp kalau perawatan kurang tau..
Alternatif lain, HRV dapet sih kayanya tp emang mobilnya agak keras dibanding yang lain..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
2020 CRV RW1 1.5TC
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1148
- Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
Nissan 2.0 dan 2.5 mirip2 konsumsi BBM nya
Kalo mau beli sekalian 2.5
Kalo mau beli sekalian 2.5
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Sat Mar 15, 2014 19:21
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
iya enak omm nyamanadityawei wrote: ↑Thu Sep 14, 2023 1:42 Kalo merem perawatan, T32 udah paling enak.. kursi driver agak oblak kayanya emang penyakit T32, udah banyak bengkel yang bisa benerin.. check utama T32 di cvt sama kaki2... harga part khas nissan..
Suzuki biasa menang perawatan murah, tapi kalo part body biasanya agak mahal.. S cross masih pake 6AT sendiri, tp interior jg agak kuno..
Outlander model udah agak outdated sih, interior boring jg, mobilnya jg ga seenak T32.. tp kalau perawatan kurang tau..
Alternatif lain, HRV dapet sih kayanya tp emang mobilnya agak keras dibanding yang lain..
kursi driver oblak estimasi harga berapa yaa om?
sama kaki2 itu ngaruhnya ke apa saja yaa selain kerasa glodakan?
suzuki paling aman berarti ya om dengan mengorbankan rasa berkendara
HRV mirip Jazz harga2nya omm muahall untuk tahunnya
waah iya om? waduhh.. kalau pajak jauh gak ya om?
yg 2.0 kemaren 4.7jt
2018 Mazda CX3 Touring 2.0
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 569
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
T32 2.0 sih concern di perawatan mesin direct injectionnya
Sering2 aja tune up dan bersih2 di intake karena build up carbon yg cukup major disana terutama klo sering macet2an dan bbm ron90
Lainnya ya cek cvt aja, seandainya jadi ambil unit langsung ganti cvt fluidnya
Bbm khas suv bensin sih, sama seperti case di crv 2.0 vs 2.4
Klo buat lukot dan ngetol, bbm gak beda
Tapi buat pemakaian sering dalkot yg santai dan sering kena macet, tetep berasa kok bedanya tetap berasa 2.0 lebih irit (ini case crv 2.0 saya vs 2.4 bokap)
T32 juga diperhatikan ac nya, beberapa pernah mengeluhkan ac gak dingin
Dibanding outlander sport, hrv, apalagi s cross dan baleno, merem pilih ini sih
Tapi klo ngincer lincahnya dan taun muda, baleno aja dah
Sering2 aja tune up dan bersih2 di intake karena build up carbon yg cukup major disana terutama klo sering macet2an dan bbm ron90
Lainnya ya cek cvt aja, seandainya jadi ambil unit langsung ganti cvt fluidnya
Bbm khas suv bensin sih, sama seperti case di crv 2.0 vs 2.4
Klo buat lukot dan ngetol, bbm gak beda
Tapi buat pemakaian sering dalkot yg santai dan sering kena macet, tetep berasa kok bedanya tetap berasa 2.0 lebih irit (ini case crv 2.0 saya vs 2.4 bokap)
T32 juga diperhatikan ac nya, beberapa pernah mengeluhkan ac gak dingin
Dibanding outlander sport, hrv, apalagi s cross dan baleno, merem pilih ini sih
Tapi klo ngincer lincahnya dan taun muda, baleno aja dah
Present
R20A 5AT 08 / Shell Aspira SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Shell Aspira SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Pertamina Fastron Eco SN 0w20 / HCF2
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1626
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
pajak yg 2.5 2016 punya saya dulu 5,2-an sama nembak pake jasa 700rb, total jadi 5,9
T32 kalo dari list di atas siy, superior, perihal fuel consumptionnya karena saya isi pertalite jadi ga kerasa borosnya
mobil enak siy, empuk (jok dan suspensi), lega, ground clearance oke, bagasi luas (karena jok belakang selalu dilipat)
puas siy saya dulu pakenya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 721
- Joined: Mon Nov 30, 2015 1:44
- Location: Surakarta
- Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova V D4D 2013
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
Jujur kalo main aman mau bilang innova diesel matic, tp saya sendiri udah pensiun pake 2kd.. wkwkwkwkmangujo wrote: iya enak omm nyaman
kursi driver oblak estimasi harga berapa yaa om?
sama kaki2 itu ngaruhnya ke apa saja yaa selain kerasa glodakan?
suzuki paling aman berarti ya om dengan mengorbankan rasa berkendara
HRV mirip Jazz harga2nya omm muahall untuk tahunnya
waah iya om? waduhh.. kalau pajak jauh gak ya om?
yg 2.0 kemaren 4.7jt
Kursi oblak kmrn liatnya di grup fb T32, banyak yg ngeluhin itu, tp ga tau jg biaya benerin berapa.. akhirnya saya malah ambil RW1..
2.0 harus pertamax, yg 2.5 bisa pertalite kalo T32 karena yang 2.0 sdh direct injection jd lebih sensitif bbm..
Cari unit T32 yg seger agak gampang2 susah jg, rata2 dijual harga oke km gondrong, ada km dikit harga ngawur..
2013 Toyota Grand New Kijang Innova V 2.5 (retired)
2020 CRV RW1 1.5TC
2020 CRV RW1 1.5TC
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 701
- Joined: Tue Mar 08, 2022 7:25
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Corolla Cross Hybrid
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
Temen saya pake T32 2.5 akhirnya dijual krn ga tahan sama borosnya, dia cewek pemakaian dalkot cuma bisa 1:7-8 itu pun udah gaya nyetir irit2an, dipake antar jemput sekolah sehari2 ya lumayan pengeluaran BBM. Kalo baca2 dan liat review sih yg 2.0 harusnya lumayan lebih irit di 1:10 an, krn secara teknologi mesin yg 2.0 justru lebih ada improvement dibanding 2.5 yg pake mesin sama dng T31.
Tapi kalau mau nyaman Nissan Xtrail memang pilihan yg tepat diharga segitu, temen saya aja ngakuin, asal ga keberatan sama FC nya.
Suzuki S-Cross: kalo ga mengharap lebih aja ya gpp sih, buat sehari2 cukup, tapi bantingan ya ga bisa disamakan dng T32. Yg pasti irit lah, ac juga adem nyessss. kalo S-Cross mending sekalian yg facelift, jok sudah kulit, tampak depan juga lebih cakep. Harganya aja mungkin masih mepet2 200 tergantung tahun dan km. Ongkos servis khas Suzuki lah ya, murah meriah merakyat
Outlander Sport: belum pernah test drive tapi pada masanya di 2013 ini termasuk salah satu mobil impian krn udah model SUV, terutama yg PX, tapi di 2023 kok kayaknya ga worth it ya. Apalagi kebanyakan km pasti gondrong2.
Tapi kalau mau nyaman Nissan Xtrail memang pilihan yg tepat diharga segitu, temen saya aja ngakuin, asal ga keberatan sama FC nya.
Suzuki S-Cross: kalo ga mengharap lebih aja ya gpp sih, buat sehari2 cukup, tapi bantingan ya ga bisa disamakan dng T32. Yg pasti irit lah, ac juga adem nyessss. kalo S-Cross mending sekalian yg facelift, jok sudah kulit, tampak depan juga lebih cakep. Harganya aja mungkin masih mepet2 200 tergantung tahun dan km. Ongkos servis khas Suzuki lah ya, murah meriah merakyat
Outlander Sport: belum pernah test drive tapi pada masanya di 2013 ini termasuk salah satu mobil impian krn udah model SUV, terutama yg PX, tapi di 2023 kok kayaknya ga worth it ya. Apalagi kebanyakan km pasti gondrong2.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5886
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
T32 emang penyakitnya itu jok oblak.
Punya ane + temen jg begitu.
Benerinnya murah aja kalau ga salah cuma gopek, itu sudah termasuk bongkar pasang. Kalau ga salah, beli bushingnya doang ganti yg rusak tambah murah lg. Ada di grup FB itu kalau mau benerin.
PBD sih harusnya ga bunyi2 ya.
CVT sih yg agak masalah, harus cari yg sering ganti oli CVT aja.
Kalau kaki2 ya wajar lah, tapi sudah banyak 3rd party kayak Heikers mah aman aja.
Kalau soal mesin emang setau ane yg 2.0 malah sudah direct injection, jadi lebih rewel dibamding 2.5. Kompresi jg lebih tinggi.
Punya ane + temen jg begitu.
Benerinnya murah aja kalau ga salah cuma gopek, itu sudah termasuk bongkar pasang. Kalau ga salah, beli bushingnya doang ganti yg rusak tambah murah lg. Ada di grup FB itu kalau mau benerin.
PBD sih harusnya ga bunyi2 ya.
CVT sih yg agak masalah, harus cari yg sering ganti oli CVT aja.
Kalau kaki2 ya wajar lah, tapi sudah banyak 3rd party kayak Heikers mah aman aja.
Kalau soal mesin emang setau ane yg 2.0 malah sudah direct injection, jadi lebih rewel dibamding 2.5. Kompresi jg lebih tinggi.
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
Xtrail T32 2 liter mesin MR20DD. direct injection dan mesin GDI nissan denger2 prone to carbon buildup lebih cepat. lebih enak beli 2.5 liter perawatan lebih mudah. avoid thn 2015-2016 kaki kakinya sangat rewel karena nissan kasih per terlalu keras. dulu pengalaman pegang 2.5 thn 2015 nyesel udah rewel gak enak ternyata emang unit tahun segitu defect asem.
outlander yang duduk belakang kasian.
utk 2 barang ini untuk aman beli yang low KM (<50ribu) soalnya jatco transmission (nissan/mitsu sama aja) suka direkomendasi ganti transmisi gelondongan kalo udah high km alias gak disuruh ganti CVTF selama hidupnya kalo high KM harus make sure gak ada gejala aneh2 begitu ambil langsung ganti CVTF.
dari semua itu saran S-cross aja masih existing model rawatan lebih gampang. mesin jg lebih ada tenaga drpd bahenol.
outlander yang duduk belakang kasian.
utk 2 barang ini untuk aman beli yang low KM (<50ribu) soalnya jatco transmission (nissan/mitsu sama aja) suka direkomendasi ganti transmisi gelondongan kalo udah high km alias gak disuruh ganti CVTF selama hidupnya kalo high KM harus make sure gak ada gejala aneh2 begitu ambil langsung ganti CVTF.
dari semua itu saran S-cross aja masih existing model rawatan lebih gampang. mesin jg lebih ada tenaga drpd bahenol.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Sat Mar 15, 2014 19:21
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
wah terima kasih untuk responnya suhu2, mantaaap.. sorry ga bisa bales satu2 yah
so far kalo diliat memang T32 ini paling nyaman, tp concern ke perawatan dan BBM khas suv.
T32 2.5 lebih mudah dirawat karena mesin lungsuran T31 yah.
Okee, jadi kalau misal CVT mulai bermasalah di T32 itu kendalanya atau kerasanya gimana yah?
Kalau kaki-kaki, memang bener rasanya keras itu yang 2015 saya coba. Lebih ke bantingan suspensi. Tapi gak sefirm mazda juga yah gimana rasanya hehehe. Untuk jok oblak berarti gak terlalu mahal ya misalkan 500.. AC yang dicoba dingin banget kokk, s cross juga ac dingin banget
Kalau mau yang merem perawatan dan irit ambil S Cross berarti ya.. karena baleno kurang suka sama dashboardnya tinggi
Outlander sekarang hanya menang di panoramic saja ya.. karena susah nyari yang km low
Kesimpulannya.. mengerucut pilihan ke s cross facelift dan t32 saja berarti yaa
Belum nemu untuk disurvey ini s cross facelift di bandung, lumayan jarang yang oke dan matic
so far kalo diliat memang T32 ini paling nyaman, tp concern ke perawatan dan BBM khas suv.
T32 2.5 lebih mudah dirawat karena mesin lungsuran T31 yah.
Okee, jadi kalau misal CVT mulai bermasalah di T32 itu kendalanya atau kerasanya gimana yah?
Kalau kaki-kaki, memang bener rasanya keras itu yang 2015 saya coba. Lebih ke bantingan suspensi. Tapi gak sefirm mazda juga yah gimana rasanya hehehe. Untuk jok oblak berarti gak terlalu mahal ya misalkan 500.. AC yang dicoba dingin banget kokk, s cross juga ac dingin banget
Kalau mau yang merem perawatan dan irit ambil S Cross berarti ya.. karena baleno kurang suka sama dashboardnya tinggi
Outlander sekarang hanya menang di panoramic saja ya.. karena susah nyari yang km low
Kesimpulannya.. mengerucut pilihan ke s cross facelift dan t32 saja berarti yaa
Belum nemu untuk disurvey ini s cross facelift di bandung, lumayan jarang yang oke dan matic
2018 Mazda CX3 Touring 2.0
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
CVT (atau matic apapun) punya kerusakan gejalanya nggak jauh2 dari :mangujo wrote: ↑Thu Sep 14, 2023 3:33
Okee, jadi kalau misal CVT mulai bermasalah di T32 itu kendalanya atau kerasanya gimana yah?
Kalau kaki-kaki, memang bener rasanya keras itu yang 2015 saya coba. Lebih ke bantingan suspensi. Tapi gak sefirm mazda juga yah gimana rasanya hehehe. Untuk jok oblak berarti gak terlalu mahal ya misalkan 500.. AC yang dicoba dingin banget kokk, s cross juga ac dingin banget
- ngejedug kasar, apalagi CVT nggak mungkin ngejedug kasar.
- selip berlebih (udah digas tapi rpmnya meraung tinggi banget sampe 2000-3000, mobilnya paling jalan baru 10-20 km/h pake acara diem dulu waktu digas, kayak orang belajar nyetir belum lancar imbangin gas ama kopling).
- suara berisik berlebih , paling kerasa kalau CVT.
CVT rusak sebenarnya yang umum ya bearing pulley udah mulai aus, atau body valve tersumbat akibat kotor / spesifikasi oli tidak sesuai jadi aliran oli transmisi tidak wajar. kalau body valve masih gampang, kalo udah bearing pulley harus turun transmisi. wkwkwkw.
masalahnya di xtrail kerasnya per itu bikin komponen lainnya gak awet om saya odo 25ribu udah ganti shock 4 biji, link stabilizer. yang mana nggak wajar utk ukuran mobil baru jalan segitu.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 293
- Joined: Tue Jul 31, 2007 8:07
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
CVT bermasalah di mobil merk apapun, gejalanya pas kita injek gas kan rpm naik harusnya mobil langsung melaju, tapi ini kayak ada delaynya beberapa detik trus baru mobil maju.mangujo wrote: ↑Thu Sep 14, 2023 3:33 wah terima kasih untuk responnya suhu2, mantaaap.. sorry ga bisa bales satu2 yah
so far kalo diliat memang T32 ini paling nyaman, tp concern ke perawatan dan BBM khas suv.
T32 2.5 lebih mudah dirawat karena mesin lungsuran T31 yah.
Okee, jadi kalau misal CVT mulai bermasalah di T32 itu kendalanya atau kerasanya gimana yah?
Kalau kaki-kaki, memang bener rasanya keras itu yang 2015 saya coba. Lebih ke bantingan suspensi. Tapi gak sefirm mazda juga yah gimana rasanya hehehe. Untuk jok oblak berarti gak terlalu mahal ya misalkan 500.. AC yang dicoba dingin banget kokk, s cross juga ac dingin banget
Kalau mau yang merem perawatan dan irit ambil S Cross berarti ya.. karena baleno kurang suka sama dashboardnya tinggi
Outlander sekarang hanya menang di panoramic saja ya.. karena susah nyari yang km low
Kesimpulannya.. mengerucut pilihan ke s cross facelift dan t32 saja berarti yaa
Belum nemu untuk disurvey ini s cross facelift di bandung, lumayan jarang yang oke dan matic
untuk sparepart kaki2 t32 sekarang sudah banyak pilihan aftermarket yang murah2 daripada yang oem nissan, saya sudah pakai utk link stabil, bushing2, sokbreker. Masih nyaman seperti pakai sparepart asli.
klo buat dalam kota saya masih dapat konsumsi bensin 1:10 - 1:11, masih lebih irit memang dibanding yang mesin 2500 cc di Teana rute yang sama cuma dapat 1:8 mentok2 bagusnya 1:9.
Jok oblak penyakit t32, bisa diperbaiki dan ga mahal.
AC juga kalo pemakaian jorok dan gak pernah di maintenance berkala ya bisa rusak dan gak dingin, bisa pake sparepart merk aftermarket seperti valeo / pokka / merk lain utk ngirit biaya, tapi ada beberapa sparepart AC yang harus pakai originalnya misalnya expansion.
goodluck and happy hunting
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4759
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
kalo xtrail kurang tau soal perwatan. tapi diantara semua kandidat , termasuk yg paling nyaman & paling tinggi kelasnya. tp kalo saya pribadi mending yg 2.5 sekalian, harga beti tp fitur lebih lengkap , konsumsinya bbm nya setau saya jg gajauh beda + tarikan lebih mending jg daripada ayg 2.0 menurut sayamangujo wrote: ↑Thu Sep 14, 2023 1:37 Halo suhu-suhu SMers,
Singkat cerita ada kebutuhan untuk nambah mobil lagi. Barangkali rekan-rekan berkenan memberikan rekomendasi dan sarannya untuk pilihan mobil dengan kriteria sebagai berikut:
- Budget 150-180jt
- Mobil seken tahun tertua 2015
- Ukuran sedang ke besar
- Pilihan mobil sedang ke besar ada di X-trail T32 2.0, Outlander PX, sama S Cross (prefacelift atau facelift)
- Pilihan mobil kecil ada di Baleno 2017, Mazda 2 2015-2016.
- Pertimbangan masing-masing mobil:
1. Nissan X-Trail T32 2.0 2015
- Kenapa yang 2.0? Ngincer cc gak terlalu besar.
- Kenapa X-trail T32? Karena harganya cukup affordable dengan saya melihat ada extra tambahan 2 seater bisa berguna nih buat darurat. Bagasi juga gede cocok untuk bawa barang-barang bayi. Model juga masih lumayan. Udah test drive dan kaki-kaki masih lebih enak dari HRV Prestige temen. Interior cukup lega, jok belakang bisa dimundur dan rebahin.
Minus pertimbangan:
- Body terlalu besar untuk sehari-hari, kemungkinan jatohnya ga akan sering-sering dipake kerja. Buat perang pake mobil lain
- Unit yang saya coba joknya sedikit goyang, itu kenapa ya? settingan electric seatnya kah? dan di power backdoor ada suara2 tapi tetep jalan normal
- Mungkin boros, dan kaki-kaki katanya rentan ya?
2. Outlander PX 2013 prefacelift atau 2014 facelift
- Ukuran gak terlalu besar
- Menang panoramic
- Katanya mobil badak cocok untuk perang
- Belum nemu unik yang cocok, harganya lebih tinggi dari X-trail untuk yang 2013, apalagi yang 2014
Minus pertimbangan:
- unit2 km nya tinggi2
3. Suzuki S Cross 2016 prefacelift atau 2018 facelift
- Ukuran lebih compact, lebih pede bawa di jalan sehari-hari
- yang prefacelift modelnya kurang selera, kalo yang facelift boleh lah
- kurangnya katanya lemot
- tapi enaknya biaya perawatan cenderung murah
- ini ada isofix gak ya yg facelift? di prefacelift saya liat gak ada
4. Suzuki Baleno 2017
- Masuknya ke hatchback untuk perang sehari-hari
- Concern sama tenaganya yg katanya lemot. Biasa bawa Mazda, Honda pada lincah-lincah
- Dashboard berasa tinggi banget, sama model dashboard kurang selera
- Perawatan gak terlalu khawatir
- Masih lupa soal isofix dan bagasi apa cukup luas?
5. Mazda 2 2015/2016
- Ini mah CX3 versi lain, kayanya belum jadi pilihan prioritas. Tapi karena istri suka aja
- Sempit, kursi belakang tegak, bagasi kecil, wah komplit deh ini mah bener2 mobil untuk yang nyetir sendiri aja
- Tapi belum tau nih unit2 taun 2015/2016 ini pada badak atau rewel ya?
- Pengennya sih Jazz biar rada proper dengan kelegaan kabin dan kepraktisan, tapi harganya masih tinggi banget even untuk yg 2015-2016
Demikian suhu2, barangkali bisa memberikan +- nya dengan pertimbangan tersebut. Saya sih lebih pengen ke arah 3 teratas dulu aja. Cuma untuk unit xtrailnya itu apakah susah yaa benerin jok sama power backdoornya? Dan untuk outlander km tinggi2 apakah ada yang perlu dikhawatirkan? Thanks semua
opsi lain saya vote mazda 2. nggak rewel harusnya, termasuk badak, secara udh model yg skyactiv . dulu saya pernah piara cx5 gen 1 2013 ampe dijual 4 tahun lalu di odo 162 rb gaada masalah yg aneh2, cuma ganti engine mounting, shock empat2nya aja. sisanya aman, gaada masalah yg aneh2. paling cocok kalo nyari driving feel ,tarikan & handling, paling enak diantara semua kandidat. cm emg minusnya kaya yg om bilang. akomodasi hehehe
kalo odo tinggi harusnya selama perawatannya rutin & telaten nggak ada masalah. yg penting sevice recordnya lengkap & jelas + bawa inspektor kalo mau cek mobil , jd tau minus2nya apa aja hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'24 U11
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 670
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
Kebetulan lagi ada nih...
SUZUKI SX4 S-Cross A/T Grey 2021, tgn1 pribadi, KM 39rb (record, msh ada service gratis 2x, msh ada garansi), plat B Depok, pajak Mei 2024.
Tinggal pakai aja...
Rp 205 juta.
Lokasi Kebayoran Lama, JakSel. Klo minat telp./wa aja 0812.8203.9813. Tq
SUZUKI SX4 S-Cross A/T Grey 2021, tgn1 pribadi, KM 39rb (record, msh ada service gratis 2x, msh ada garansi), plat B Depok, pajak Mei 2024.
Tinggal pakai aja...
Rp 205 juta.
Lokasi Kebayoran Lama, JakSel. Klo minat telp./wa aja 0812.8203.9813. Tq
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Tue Oct 10, 2017 12:24
- Location: Surabaya, Jawa Timur
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
Kalo mengincar kemewahan interior dengan dimensi kompak, menurut saya Mazda 2 bisa dipertimbangkan
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Thu Feb 02, 2017 8:26
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
Khusus AC T32, biasanya yang kalah pressure switchnya, keluhannya tiba2 ga dingin tapi dimatikan dihidupin lagi normalariswp wrote: ↑Thu Sep 14, 2023 2:06 T32 2.0 sih concern di perawatan mesin direct injectionnya
Sering2 aja tune up dan bersih2 di intake karena build up carbon yg cukup major disana terutama klo sering macet2an dan bbm ron90
Lainnya ya cek cvt aja, seandainya jadi ambil unit langsung ganti cvt fluidnya
Bbm khas suv bensin sih, sama seperti case di crv 2.0 vs 2.4
Klo buat lukot dan ngetol, bbm gak beda
Tapi buat pemakaian sering dalkot yg santai dan sering kena macet, tetep berasa kok bedanya tetap berasa 2.0 lebih irit (ini case crv 2.0 saya vs 2.4 bokap)
T32 juga diperhatikan ac nya, beberapa pernah mengeluhkan ac gak dingin
Dibanding outlander sport, hrv, apalagi s cross dan baleno, merem pilih ini sih
Tapi klo ngincer lincahnya dan taun muda, baleno aja dah
kalau bawa ke bengkel ac biasa langsung vonis ganti kompresor , padahal pressure switch cuma ratusan ribu
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Fri Jan 01, 2016 14:51
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
Walau memang beda tipe, tapi dibanding e39 si T32 beda jauh ga nyaman n rewelnya? harganya mulai menarik wkwkChZ wrote: ↑Thu Sep 14, 2023 2:57 Xtrail T32 2 liter mesin MR20DD. direct injection dan mesin GDI nissan denger2 prone to carbon buildup lebih cepat. lebih enak beli 2.5 liter perawatan lebih mudah. avoid thn 2015-2016 kaki kakinya sangat rewel karena nissan kasih per terlalu keras. dulu pengalaman pegang 2.5 thn 2015 nyesel udah rewel gak enak ternyata emang unit tahun segitu defect asem.
Smileage lebih penting dari mileage
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
karena T32 ane angkatan defect jadi rasanya keras T32 mbah. malah kayaknya rewelan T32. makanya sebelum tau 2017 udah diperbaiki itu per ane uda males duluan ama T32.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1104
- Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
- Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
Scross sih, ga pusing berurusan sama cvt jatco 7 yg kalo trouble bisa beli nmax baru hehe
Scross enteng kok, kalo dibandingin sama mesin 2.0 ya jelas lemot.. boleh coba mampir ke IG sx4.grey atau sibuntet.scross buat tanya2
T32 ama OS Ganti cvtf tiap 15rb km max pake NS3 japan kalo mau aman
Scross itu minusnya cuman engine mounting kanan aja yg mahal, 4.5jt harganya ahahaha tapi saya pake dari baru 2016 belom minta ganti sih, ya mungkin nanti pas ultah ke 10
Arm 1 set cmn 500rb udh 2 bushing + 1 balljoint, kanan kiri sejuta itupun 5 taun lebih baru ganti, mobil yg running costnya paling murah kali ya
Scross enteng kok, kalo dibandingin sama mesin 2.0 ya jelas lemot.. boleh coba mampir ke IG sx4.grey atau sibuntet.scross buat tanya2
T32 ama OS Ganti cvtf tiap 15rb km max pake NS3 japan kalo mau aman
Scross itu minusnya cuman engine mounting kanan aja yg mahal, 4.5jt harganya ahahaha tapi saya pake dari baru 2016 belom minta ganti sih, ya mungkin nanti pas ultah ke 10
Arm 1 set cmn 500rb udh 2 bushing + 1 balljoint, kanan kiri sejuta itupun 5 taun lebih baru ganti, mobil yg running costnya paling murah kali ya
gaspol resing tim
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 162
- Joined: Tue Jan 26, 2016 2:24
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
Kebetulan punya dan pernah punya 3 mobil yang dibahas disini, berikut ini olus minus versi ane om:
Scross Facelift, tahun 2019, sekarang jadi mobil harian ane.
+ build quality dibanding dengan rival sekelasnya paling OK, no rattling no issue sampai sekarang
+ bantingan OK, gak keras tapi juga limbungnya minim (dibanding T32, jalanan berkelok T32 lebih limbung, penumpang row ke 2 mengeluh mual kalau ane bawanya agak ugal)
+ irit, sejauh ini rata rata konsumsi BBM 1:12 - 1:13.5.
+ matic 6 speed convensional, dibanding CVT, sensasinya masih lebih menyenangkan ini.
- tarikan agak lemot dari stop and go, dan untuk overtake. Untuk overtake, kalau kita sudah kenal karakter mesin dan transmisinya, overtake no issue. kalau baru pakai atau belum dapat feelnya, kesannya lemot.
- Ban bawaaan ampas, keras, berisik dan gripnya kurang, sangat recommended ganti ban.
T32, 2.0 tahun 2017, dijual tahun 2022
+ build quality in overall solid, hanya plastik jok penumpang depan yang gak tahu kenapa tiba tiba lepas dan plastiknya patah.
+ printilan untuk kemudahan pengemudi masih uptodate dibandingkan mobil mobil jaman now: power backdoor, camera 360, auto wiper, auto headlight, etc, but no cruise control
+ kesan mobil mahal masih dapat, biarpun harganya lebih murah daripada LMPV atau LSUV di rentang harga mobil second tahun yang sama.
+ suspensi nyaman bingit untuk pemakain santai dan jalan tol, asalkan di jalanan berkelok mikirin penumpang belakang.
rata rata konsumsi BBM 1:10 - 1:12 tergantung traffic dan pamakaian, kalau sering dipakai jarak dekat agak boros.
- tarikan mesin lemot untuk putaran bawah.. putaran tengah mesin OK, putaran atas udah kehabisan nafas
- fell steer biasa saja, masih enakan Scross
- pajak mahal, gak beda jauh sama yang varian 2.5. beda cuma beberapa ratus ribu
- Kondensor AC tidak seawaet mobil ane yang lain
- Shochbrekaer depan sudah lemah di tahun ke 4
T32, 2.5 tahun 2017
+ build quality sama dengan yang varian 2.0, plusnya jok kulitnya bagus, gak panas.
+ tarikannya enak pakai bingit... sebanding dengan konsumsi BBMnya
+ nilai plus yang lain yang di versi 2.0
+ somehow, biarpun suspensi sama sama nyaman dibanding yang 2.0, untuk kelimbungan lebih baik daripada yang 2.0. kemungkinan faktor ring dan profil ban bawaan pengaruh.
- BBM jarang bisa menyentuh average diatas 1:10.
- kondensor AC minta jajan juga, agak lebih lama dibanding yang 2.0 beda setahun kalau gak salah ingat ane.
- shockbreaker depan juga sudah lemah dan minta ganti di tahun ke 5.
(kondensor dan AC sepertinya karena lebih jarang dipakai yang 2.5 dibanding yang 2.0)
kemudian, daripada Baleno, lebih mending Scross kemana mana Om. soalnya dulu juga pernah membandingkan 2 mobil ini dan juga HRV sebelum memutuskan ambil Scross. Entah untuk Baleno yang baru sekarang, belum pernah coba.
Scross Facelift, tahun 2019, sekarang jadi mobil harian ane.
+ build quality dibanding dengan rival sekelasnya paling OK, no rattling no issue sampai sekarang
+ bantingan OK, gak keras tapi juga limbungnya minim (dibanding T32, jalanan berkelok T32 lebih limbung, penumpang row ke 2 mengeluh mual kalau ane bawanya agak ugal)
+ irit, sejauh ini rata rata konsumsi BBM 1:12 - 1:13.5.
+ matic 6 speed convensional, dibanding CVT, sensasinya masih lebih menyenangkan ini.
- tarikan agak lemot dari stop and go, dan untuk overtake. Untuk overtake, kalau kita sudah kenal karakter mesin dan transmisinya, overtake no issue. kalau baru pakai atau belum dapat feelnya, kesannya lemot.
- Ban bawaaan ampas, keras, berisik dan gripnya kurang, sangat recommended ganti ban.
T32, 2.0 tahun 2017, dijual tahun 2022
+ build quality in overall solid, hanya plastik jok penumpang depan yang gak tahu kenapa tiba tiba lepas dan plastiknya patah.
+ printilan untuk kemudahan pengemudi masih uptodate dibandingkan mobil mobil jaman now: power backdoor, camera 360, auto wiper, auto headlight, etc, but no cruise control
+ kesan mobil mahal masih dapat, biarpun harganya lebih murah daripada LMPV atau LSUV di rentang harga mobil second tahun yang sama.
+ suspensi nyaman bingit untuk pemakain santai dan jalan tol, asalkan di jalanan berkelok mikirin penumpang belakang.
rata rata konsumsi BBM 1:10 - 1:12 tergantung traffic dan pamakaian, kalau sering dipakai jarak dekat agak boros.
- tarikan mesin lemot untuk putaran bawah.. putaran tengah mesin OK, putaran atas udah kehabisan nafas
- fell steer biasa saja, masih enakan Scross
- pajak mahal, gak beda jauh sama yang varian 2.5. beda cuma beberapa ratus ribu
- Kondensor AC tidak seawaet mobil ane yang lain
- Shochbrekaer depan sudah lemah di tahun ke 4
T32, 2.5 tahun 2017
+ build quality sama dengan yang varian 2.0, plusnya jok kulitnya bagus, gak panas.
+ tarikannya enak pakai bingit... sebanding dengan konsumsi BBMnya
+ nilai plus yang lain yang di versi 2.0
+ somehow, biarpun suspensi sama sama nyaman dibanding yang 2.0, untuk kelimbungan lebih baik daripada yang 2.0. kemungkinan faktor ring dan profil ban bawaan pengaruh.
- BBM jarang bisa menyentuh average diatas 1:10.
- kondensor AC minta jajan juga, agak lebih lama dibanding yang 2.0 beda setahun kalau gak salah ingat ane.
- shockbreaker depan juga sudah lemah dan minta ganti di tahun ke 5.
(kondensor dan AC sepertinya karena lebih jarang dipakai yang 2.5 dibanding yang 2.0)
kemudian, daripada Baleno, lebih mending Scross kemana mana Om. soalnya dulu juga pernah membandingkan 2 mobil ini dan juga HRV sebelum memutuskan ambil Scross. Entah untuk Baleno yang baru sekarang, belum pernah coba.
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
MY2019 dapet ban bawaannya apa om? masih JKtyre yak?
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 162
- Joined: Tue Jan 26, 2016 2:24
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
Iya, masih JK tyre. Ampas banget tuh ban.. cuman pakai 3 bulanan kalau gak salah, langsung ganti sama sekalian upsize ke velg 19ChZ wrote:MY2019 dapet ban bawaannya apa om? masih JKtyre yak?
-
- SM Specialist
- Posts: 16249
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
wakakakka ane liat beberapa udah ganti turanza, kirain si cap S uda tobat OEMnya pake turanza. sama kek bahenol pake apollo jg ampas banget. itu apollo alnac 4G di bahenol prefacelift ane coba handlingnya kayak wobbly lembek gitu bannya pdhl lihat di web itu ban jenis UHP
bused gede amat om 19, spill dong penampakannya Scross pake 19
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1399
- Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17
Re: Mohon saran X-trail T32 2.0, Outlander PX, dan S-Cross
Kakak saya pakai SX4 buset stirnya berat, saya biasa bawa yaris kaget.rendr wrote: ↑Thu Sep 14, 2023 13:26 Scross sih, ga pusing berurusan sama cvt jatco 7 yg kalo trouble bisa beli nmax baru hehe
Scross enteng kok, kalo dibandingin sama mesin 2.0 ya jelas lemot.. boleh coba mampir ke IG sx4.grey atau sibuntet.scross buat tanya2
T32 ama OS Ganti cvtf tiap 15rb km max pake NS3 japan kalo mau aman
Scross itu minusnya cuman engine mounting kanan aja yg mahal, 4.5jt harganya ahahaha tapi saya pake dari baru 2016 belom minta ganti sih, ya mungkin nanti pas ultah ke 10
Arm 1 set cmn 500rb udh 2 bushing + 1 balljoint, kanan kiri sejuta itupun 5 taun lebih baru ganti, mobil yg running costnya paling murah kali ya
Wah itu sih murah bgt lower arm kanan kiri 1 juta. Kalo yaris yg original mah bisa 2 kali lipat lebih wkwk...
Jok belakang sx cross gimana om lebih nyaman dari sx4 lama atau sama saja?