Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kalo boleh kasih saran...
paling enak kayanya mobil 1500cc.. iritnya masih dapet.. tapi di bawa keluar kota jg masih OK..
tiap hari PP rumah kantor 180 km ( mostly tol).
dulu 5 tahun bawa all new yaris manual.. lumayan irit ( 1-14).. bisa pertalite.. cuman radius putar ama sering mentok aja..
skrg .. bawa HRV 2nd gen.. itu lebih enak lagi... irit (1-15).. ground clearance OK.. ya minus minus dikit mah.. nikmatin aja.. dibawa Jkt Bali pun, masih OK...
Saya pakai harian mostly tol sekitar 140 - 180 km per hari, pakai 2 GD remap biosolar rata2 13.5 kpl, oli 10W 30 ganti per 10k. Tarikan buas, bisa ngawur kapan aja.
Ada juga Brio, rute yang sama 15-16 kpl, kecepatan 100 - 120 kpj, pertalite, ganti oli eco di 5k.
Yg lain Zenix HV, pertamax, 15-16 kpl, ganti oli di 10k, 0w 16.
sapifr22 wrote: ↑Wed Nov 08, 2023 14:09
Saya pakai harian mostly tol sekitar 140 - 180 km per hari, pakai 2 GD remap biosolar rata2 13.5 kpl, oli 10W 30 ganti per 10k. Tarikan buas, bisa ngawur kapan aja.
Ada juga Brio, rute yang sama 15-16 kpl, kecepatan 100 - 120 kpj, pertalite, ganti oli eco di 5k.
Yg lain Zenix HV, pertamax, 15-16 kpl, ganti oli di 10k, 0w 16.
Tetap yang paling murah 2GD
Innova disel murahnya karena masih dibolehin pake solar subsidi aja,kons bbmnya dalkot sama aja kaya mobil bensin 2000ccan
masih ada budget: Volvo XC40. PHEV. EV tapi ga takut jalanan jauh, ga takut toll karena hybrid.
intinya: hybrid for best of both world. karena jalanan indo ini kan cuma: macet banget karena dalkot atau lancar banget karena tol. perawatan batere tar soak mahal bla2? Grand Vitara, cek saja harga batere pack di web suzuki hanya 20 jutaan. part lain? ya sudah pernah pake suzuki kan
tapi kalau versi budget dan pahe banget bisa lari kenceng: Keluarga DNGA. liat di IG banyak beut yang lari 180 kpj. tapi ya ga tau d rasanya gimana di dalemnya dan tuning kaki2 diapain karena tentu saja duit ga boong.
masih ada budget: Volvo XC40. PHEV. EV tapi ga takut jalanan jauh, ga takut toll karena hybrid.
intinya: hybrid for best of both world. karena jalanan indo ini kan cuma: macet banget karena dalkot atau lancar banget karena tol. perawatan batere tar soak mahal bla2? Grand Vitara, cek saja harga batere pack di web suzuki hanya 20 jutaan. part lain? ya sudah pernah pake suzuki kan
tapi kalau versi budget dan pahe banget bisa lari kenceng: Keluarga DNGA. liat di IG banyak beut yang lari 180 kpj. tapi ya ga tau d rasanya gimana di dalemnya dan tuning kaki2 diapain karena tentu saja duit ga boong.
zonepublic wrote: ↑Wed Nov 08, 2023 14:25
Innova disel murahnya karena masih dibolehin pake solar subsidi aja,kons bbmnya dalkot sama aja kaya mobil bensin 2000ccan
inofa disel se solar subsidi subsidinya pun kons tetep di atas 1:8 kaga usah sekolah kaki om.
noceng sese bengsin kaga sekolah kaki ya RIP itu fuel cons. apalagi kl yang buat perbandingan inofa bensin. kaga ada sama samanya.
noceng sese bensin canggih sekarang yg fuelcons nya 1:10 ke atas dan bisa mimik pertalite paling jeniks gasoline. tu aja kaki kaga sekolah dan kena macet ya tetep kons nya kalah ma inopa dijel.
zonepublic wrote: ↑Wed Nov 08, 2023 14:25
Innova disel murahnya karena masih dibolehin pake solar subsidi aja,kons bbmnya dalkot sama aja kaya mobil bensin 2000ccan
inofa disel se solar subsidi subsidinya pun kons tetep di atas 1:8 kaga usah sekolah kaki om.
noceng sese bengsin kaga sekolah kaki ya RIP itu fuel cons. apalagi kl yang buat perbandingan inofa bensin. kaga ada sama samanya.
noceng sese bensin canggih sekarang yg fuelcons nya 1:10 ke atas dan bisa mimik pertalite paling jeniks gasoline. tu aja kaki kaga sekolah dan kena macet ya tetep kons nya kalah ma inopa dijel.
jaman msh pake biosol, ipah di rmh paling jelek 1:9 fuel cons nya. itu dgn kondisi macet2an dan kaki gk sekolah
tapi berhubung skrg udh gk pake biosol, paling jelek jdi 1:10. mngkin kena efek cara nyetir & kondisi traffic jga, soalnya sejak gk pake biosol nyetirnya jdi halus & slalu hindarin jalanan macet. ngeliat dex terbakar percuma pas kena macet rasanya gmana gitu di hati & dompet
Kalau disuruh pilih nambah 1 khusus buat nguli dan peemakaian di atas 100km : pilihan pertama saya jatuh ke air ev. Misal yang dari bulanan expense bbm nya 3 juta, mungkin pake ev bisa hanya 600rb ?
Kalau belum mau berahlih ke ev, pilihan saya jatuh ke brio satya. harga di bawah 200jt, irit, RV tinggi. Mungkin kalau macet2an bisa 1:13. pake pertalite. Sementara diesel pake solar macet2an biasa 1:8. Jatuh2nya tetep lebih murah brio pake pertalite.
Kalau all in 1 / alias mobil satu satunya dan budget sekitar 500. Zenix G jadi pilihan utama. Temen saya pake buat anter jeemput anak, jadi genset aja masih dapet 1:15. Apalagi kalau yang tinggal di daerah yang sulit dapet solar, operational costnya mirip sama diesel pake solar 7000.
Tapi sebenernya yaris cross hybrid ini juga menggiurkan si. Kalau dipake 8 tahun, ditambah pengiritan bensinnya, diitung2 total cost jangka panjangnya setara mobil 350 juta. Maksudnya kalau total cost ownership jangka panjangnya bisa setara creta trend / hrv s, cross hybrid dengan fitur2 dll nya si jauh lebih oke ya.
Ini kita lagi bahas mobil nguli, jadi kenyamanan yg pasti bukan no 1
irit buat nguli (kalo mnrt sy) ya liat aja blauwe vogelvloot mrk pake apa sj. pasti yg tdk hancur dibanting-banting n masih bs dijual lg meski berjalan 10x keliling bumi tanpa reviseren n masih bisa 20x lg (asal dirawat dgn std blauwe vogel)
mobil plg irit buat daily use? ya liat aja mobil grep/gokar pake apa aja? rasanya 90% pake avxen atau calsig. krn definisi irit bukan cuman konsumsi bensin tp juga perawatan, parts dan RV
Kalo mnrt gw pribadi, mobil irit itu bukan bensinnya aja, tapi juga dari sisi sparepart, pajaknya n maintenance jg wkwkkwkw. Untuk merknya apa aja kok, yg penting ga rewel kalo diajak keluar kota/dalam kota. Yang penting itu gampang untuk parkir2 yg sempit2 atau kalo ga dpt parkir bisa valet aja, drpd buang bensin utk nyari parkiran.
Pas nih nemu trit yang cocok, lagi nyari juga 2nd car buat kaki harian ngantor dengan kebutuhan rute sehari2 total 100-120 km, rute toll 70% non toll 30%. klo pagi perjalanan santai 45mnt - 1 jam relatif lancar, klo balik 2 - 2,5 jam karena macet. Tolong bantu saran juga dong bapak2 antara :
- avanza/xenia 1.3 manual 2010s
- avanza 1.5 S manual 2010s
- ertiga 1st 2012 gen manual / matic ? pengennya matic tp kuwatir durabilitinya karena mileage sehari2 yg tinggi
- yaris bapao 2009/10s manual / matic ? pengennya matic tp kuwatir durabilitinya karena mileage sehari2 yg tinggi
kriterianya :
- jelasss irit dan bandel
- bisa ngebut dikit lah karena klo balik malem toll cukup lengang
sebenernya udh pengen avanza tp mau tau dulu apakah suspensinya bisa dibikin lebih nyaman dan stabil ? ada yg sudah pernah kah ? dulu pernah pakai punya ortu yang matic sangat bandel, irit, perawatan seadanya dari baru sampe 140rb km dan belum pernah ganti ATF masih lancar jaya tapi ya gitu bantingannya.
GoldyBrown wrote: ↑Wed Jan 17, 2024 10:14
Pas nih nemu trit yang cocok, lagi nyari juga 2nd car buat kaki harian ngantor dengan kebutuhan rute sehari2 total 100-120 km, rute toll 70% non toll 30%. klo pagi perjalanan santai 45mnt - 1 jam relatif lancar, klo balik 2 - 2,5 jam karena macet. Tolong bantu saran juga dong bapak2 antara :
- avanza/xenia 1.3 manual 2010s
- avanza 1.5 S manual 2010s
- ertiga 1st 2012 gen manual / matic ? pengennya matic tp kuwatir durabilitinya karena mileage sehari2 yg tinggi
- yaris bapao 2009/10s manual / matic ? pengennya matic tp kuwatir durabilitinya karena mileage sehari2 yg tinggi
kriterianya :
- jelasss irit dan bandel
- bisa ngebut dikit lah karena klo balik malem toll cukup lengang
sebenernya udh pengen avanza tp mau tau dulu apakah suspensinya bisa dibikin lebih nyaman dan stabil ? ada yg sudah pernah kah ? dulu pernah pakai punya ortu yang matic sangat bandel, irit, perawatan seadanya dari baru sampe 140rb km dan belum pernah ganti ATF masih lancar jaya tapi ya gitu bantingannya.
atau mungkin ada saran mobil lain kah yg mirip2 ?
Sekian
Arigatou
Matic cari yang masih konvensional aman dan kuat sekali kok, yg penting rutin ganti oli transmisi per 20ribu km kebetulan ertiga dan yaris masih konvensional,jadi bebas
Jangan ambil yg matic cvt/dct kalo nyari yang durable
GoldyBrown wrote: ↑Wed Jan 17, 2024 10:14
Pas nih nemu trit yang cocok, lagi nyari juga 2nd car buat kaki harian ngantor dengan kebutuhan rute sehari2 total 100-120 km, rute toll 70% non toll 30%. klo pagi perjalanan santai 45mnt - 1 jam relatif lancar, klo balik 2 - 2,5 jam karena macet. Tolong bantu saran juga dong bapak2 antara :
- avanza/xenia 1.3 manual 2010s
- avanza 1.5 S manual 2010s
- ertiga 1st 2012 gen manual / matic ? pengennya matic tp kuwatir durabilitinya karena mileage sehari2 yg tinggi
- yaris bapao 2009/10s manual / matic ? pengennya matic tp kuwatir durabilitinya karena mileage sehari2 yg tinggi
kriterianya :
- jelasss irit dan bandel
- bisa ngebut dikit lah karena klo balik malem toll cukup lengang
sebenernya udh pengen avanza tp mau tau dulu apakah suspensinya bisa dibikin lebih nyaman dan stabil ? ada yg sudah pernah kah ? dulu pernah pakai punya ortu yang matic sangat bandel, irit, perawatan seadanya dari baru sampe 140rb km dan belum pernah ganti ATF masih lancar jaya tapi ya gitu bantingannya.
atau mungkin ada saran mobil lain kah yg mirip2 ?
Sekian
Arigatou
matic, high mileage, cek transmisi ada gejala aneh waktu pindah gigi apa nggak. ngejedug atau selip berlebih waktu dijalankan? selama nggak ada, berarti aman. tp kalo no record ganti ATF ya ganti aja dulu.
matic biasa kalo udah high mileage nggak pernah ganti ATF, ya sama aja perlu overhaul. manual paling ganti kampas kupleng atau dekrup. tp selama aman, matic bisa lebih robust dan enak rawatannya.
kelemahannya lbh boros sedikit... tp manual ya bisa lbh boros kalau nggak ngerti cara bawa irit.
dari semuanya suzuki ertiga saja. yaris bapau cenderung susah cari unit yang seger. availability parts mungkin berpotensi agak susah skrg sejak BB nggak pake limo.
sy pake sedan jerman yg katanya rewel shirr repairing plisurr 27 thn matic baik2 aja. kilo 142k ongoing. msh bisa ngasepin cumi darat.
GoldyBrown wrote: ↑Wed Jan 17, 2024 10:14
Pas nih nemu trit yang cocok, lagi nyari juga 2nd car buat kaki harian ngantor dengan kebutuhan rute sehari2 total 100-120 km, rute toll 70% non toll 30%. klo pagi perjalanan santai 45mnt - 1 jam relatif lancar, klo balik 2 - 2,5 jam karena macet. Tolong bantu saran juga dong bapak2 antara :
- avanza/xenia 1.3 manual 2010s
- avanza 1.5 S manual 2010s
- ertiga 1st 2012 gen manual / matic ? pengennya matic tp kuwatir durabilitinya karena mileage sehari2 yg tinggi
- yaris bapao 2009/10s manual / matic ? pengennya matic tp kuwatir durabilitinya karena mileage sehari2 yg tinggi
Kalo avanza manual, mendingan cari tahun 2011 keatas yang sudah ganti model om.
yang manual generasi pertama ndut-ndutan nggak karuan, capek banget kalo buat macet.
dari semuanya suzuki ertiga saja. yaris bapau cenderung susah cari unit yang seger. availability parts mungkin berpotensi agak susah skrg sejak BB nggak pake limo.
Pengalaman saya, kalau yaris bapau susah cari unit yang seger, cari honda jazz seger lebih susah lagi
GoldyBrown wrote: ↑Wed Jan 17, 2024 10:14
Pas nih nemu trit yang cocok, lagi nyari juga 2nd car buat kaki harian ngantor dengan kebutuhan rute sehari2 total 100-120 km, rute toll 70% non toll 30%. klo pagi perjalanan santai 45mnt - 1 jam relatif lancar, klo balik 2 - 2,5 jam karena macet. Tolong bantu saran juga dong bapak2 antara :
- avanza/xenia 1.3 manual 2010s
- avanza 1.5 S manual 2010s
- ertiga 1st 2012 gen manual / matic ? pengennya matic tp kuwatir durabilitinya karena mileage sehari2 yg tinggi
- yaris bapao 2009/10s manual / matic ? pengennya matic tp kuwatir durabilitinya karena mileage sehari2 yg tinggi
Kalo avanza manual, mendingan cari tahun 2011 keatas yang sudah ganti model om.
yang manual generasi pertama ndut-ndutan nggak karuan, capek banget kalo buat macet.
Berarti macet musti tahan rpm 1500an agar ga ndut ndutan ? Apa mungkin krn belum drive by wire jadi sering begitu?
Izin nyumbang mobil daily use yg menurut saya cukup "irit"
Sy pake fortuner bensin 2700cc 2015, standard service beres (cuma request oli yg agak bagusan), remap supaya irit dan rpm bawah lbh enak.
Dalkot 1:9
Lukot mayoritas toll 1:11
Durability ga usah ditanya, ga rusak2 ini mobil..