1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15601
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

zonepublic wrote: Wed Apr 24, 2024 5:09
Ga coba piara audi?katanya mobil jerman yg punya semua kelebihan dari smua merk jerman kompetitornya
saya kalo jerman gak mau jauh2 dari bmw atau mercy sih om. audi bengkelnya gelap cari kampakan aja susah. nggak favorit orang hobby juga.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by iamwewe »

ChZ wrote: Wed Apr 24, 2024 5:03
iamwewe wrote: Wed Apr 24, 2024 4:50 numpang tanya om.

kalo mobil jepang kan sbnrnya terkenal reliable nya dibanding yurop nih. nah karena lagi kebetulan ngomongin galant or ferio vs e39 nih, anggeplah kita bener2 sama2 dapet bahan nih. sama2 direstorasi. utk keawetannya, apa masih si jepang better daripada e39? mengingat pasti part2 replacement banyak yg non oem nih
assuming sama sama build dari bahan (body only, semua electrical wiring dan engine tranny baru pesan dari atpm), anggeplah mobilnya sama-sama keluar dari dealer gress mengeliminir faktor spt part langka dll.

kita bandingin saja top of mind keduanya toyota versus mercy. kijang versus w124 boxer wkwkk 2 2nya yang katanya badak dan nggak rewelan.

jepang masih akan slightly more durable. problemnya operating temp japs engine itu lebih rendah daripada europ. europ udah pasti suffer di karet karet lebih cepat rembes krn panas. not mentioning kalau sezaman elektrikal europ itu terbilang rumit dan module-modulenya banyak lebih prone to failure.

masalahnya japs brand rata-rata ngga punya culture preserving mobil tua macem atpm jerman, penggemarnya juga relatif dikit kalo toyota paling berhasilnya bikin fanbase kijang kuat.

jerman dari BMW ampe porsche selalu punya gallery dan infrastructure buat pajang dan piara lineup lawas bahkan sy liat sendiri di astra bmw semarang di gudang dia ada seri-3 lengkap dari E30 sampe F30.

makanya ampe sekarang jatohnya malah europ classics itu bertahan dan lebih mudah di maintain.
aduh jgn bandingin kijang... itu sih emang built to last wkwkwk tapi ngerti sih maksud nya.

ya kadang pikir2 bener juga sih. kalo mobil2 tua gitu weekend banyakan liat bmw merc sedan. jarang banget liat sedan2 yg seumurannya. misal lancer ferio yang gitu2 ngga tau kenapa. padahal kalo ngomong baru nya waktu dulu rasanya populasi banyakan sedan2 japs ono
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15601
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

iamwewe wrote: Wed Apr 24, 2024 5:36
aduh jgn bandingin kijang... itu sih emang built to last wkwkwk tapi ngerti sih maksud nya.

ya kadang pikir2 bener juga sih. kalo mobil2 tua gitu weekend banyakan liat bmw merc sedan. jarang banget liat sedan2 yg seumurannya. misal lancer ferio yang gitu2 ngga tau kenapa. padahal kalo ngomong baru nya waktu dulu rasanya populasi banyakan sedan2 japs ono
nah itu masalahnya om.....

mobil jepang itu karna terkenal bandel, bener si dari barunya bisa umur lebih panjang komponennya.... tapi problemnya ya jangka panjang juga.

misal ni soal aer radiator. block mesin kijang itu banyakan diisi aer keran sumur. tp begitu udah tua nah kasian pemilik yang baru angkut modal kerehore. ujungnya turun mesin krn ntahlah kompresi bocor atau karatan semua jeroannya. wkwkkwkwkwkw. ujungnya blok harus dipapas. atau krn mesinnya kuat dihajar, visco udah lemah biasa masi bisa dipaksa jalan. begitu ampe rumah bingung kok kap mesin berasap. ane uda nemu 2 apa 3 temen yah punya kapsul ya hobinya ngebengkel mulu.

kebalikan sama mobil yurop yang karena "dikenal" kurang bandel, tinggal gimana ownernya.

ada yg kerehore seneng dapet sedan tua jerman murah ujungnya yah bernasib lebih parah dari si owner kijang :mky_07: tapi ada yang saking udah ngerti mobilnya butuh perawatan extra, dia sering sering tuh melongok ke kap mesin dan check level aer radiator.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2606
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by farizfsa »

iamwewe wrote: Wed Apr 24, 2024 4:50
farizfsa wrote: Wed Apr 24, 2024 4:21
ChZ wrote: Wed Apr 24, 2024 3:51

ane pernah iseng coba liat marketplace liat galant dr gen eterna lele ampe hiu... barang dikit dan gak yakin barangnya bener pula.

E39 di marketplace minimal tiap hari ada 1 lah yang ngiklanin :big_biglaugh:

E36? dari yg bangke 20 jutaan ampe full accs 100 jutaan buanyak.

ngomong overheat wong dulu genio ferio aja hobinya overheat, trs apa bedanya ma miara E36. kijang tua jg hobi overheat. namanya mbl tua penyakit ya sama-sama aja.

dulu msh pada kaget aja soalnya cuma ada original parts harga mencekik skrg mah cari kawenya juga buanyak yg oem grade wkwkwk. radiator dari yg ga ampe sejuta ampe 5 jutaan juga banyak.
bmw overheat udah ada obatnya pasang radiator altech besi, kan penyarkitnya di radiator plastik aja itu. mau main mersih w220 w221 sclass air sus nya udh ga mahal sama sekali, cm 2x harga shock mobil biasa, tp nikmatnya beda level lah.

coba airsus mbl jepang, susah say carinya adapun mahal
numpang tanya om.

kalo mobil jepang kan sbnrnya terkenal reliable nya dibanding yurop nih. nah karena lagi kebetulan ngomongin galant or ferio vs e39 nih, anggeplah kita bener2 sama2 dapet bahan nih. sama2 direstorasi. utk keawetannya, apa masih si jepang better daripada e39? mengingat pasti part2 replacement banyak yg non oem nih
nah kl bangun mbl jepang, dr pengalaman ane ya tp, barang nya parts nya tuh kalo ga ori, pasti aftermarket/oem/kw nah tp non-oem nya ga ketakter kualitasnya, apa saya yang dodol jg aja ya. kalo eropa masih ketaker misalkan kampas rem ATE, parts suspensi lemforder, shock sachs bilstein, dsb. harganya jg kadang lebih mahal mobil jepang pula.

kalo mbl baru aja deh contoh mobil relatif baru yg sy pegang sekarang, bmw f10 vs accord cr2, dua2nya tahun 2014
shock bmw pilihannya beragam dr yg murah bgt smp yang mahal,

shock bilstein oem bmw f10 sepasang depan tuh cuma 3jt , sedangkan shock depan oem showa honda accord cr2 sepasang sama 3 jt juga. cm yg satu dpt kualitas bilstein yg satu dpt kualitas showa wkwk.

udh gt ya susahnya buat saya bedain barang ori atau aspal mobil jepang. makin hari makin canggih nyamainnya. kl barang eropa jrg yg aspal, tp emg lgs oem/kw aja.

kl restore bangunnya sama2 bener sih, mungkin ttp reliable mobil jepangan ya haha.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by lexnic »

ChZ wrote: Wed Apr 24, 2024 2:50
lexnic wrote: Tue Apr 23, 2024 10:28
mentalnya blm betul2 siap mbah, kyknya kudu semedi & perkuat ilmu dulu hahaha. mana toyotanya standar ting2 & gk dipake aneh2, jdi smpe skrg jajannya msh dikit (2kd standar tanpa modif aneh2 ato remap2an kyknya tinggal merem aja jga msh gelinding). :mky_01:

ada rasa seneng klo ngeliat mobil ato motor tua yg terawat, apalagi klo kita sndiri yg kerjain. sbenernya ane jga lg proses restorasi bebek tua di rmh. untungnya sektor mesin gk ada mslh, paling eksterior aja yg msti dirapiin. skrg lg hunting spion gara2 spion bawaan yg sebelah kiri patah. carinya nyantai sih, toh cuma dipake deket2 rmh doang, jdi spion ilang 1 msh gpp.

yg lucu, sblm libur lebaran, ane sama bokap bersih2 karburator & knalpot di rmh. 2 hari setelahnya, tau2 mogok gk bisa distarter samsek. ditelusuri lbh lanjut, penyebabnya gara2 membrannya terlalu longgar akibat kotorannya numpuk. mstinya skalian dikerjain pas posisi karburator dilepas ahahahaha. :big_biglaugh:
salah satu rasa puas miara ginian tuh terbayarkan kalo bisa memicu obrolan random di parkiran wkwkwk.

belakangan ada 2x ketemu orang... 1x di parkiran warung makan, 1x di parkiran minimarket random ngajak ngobrol krn liat e39 ane.

cuma emang musti invest waktu lebih buat ngurusin wakakkak harus siap dengan random occurences yang rada urgent. makanya cermatnya harus dari milih unit.
kejadiannya mirip mbah, cuma wktu itu bokap yg bawa motornya. jdi lg bayar tagihan air PAM, tau2 dideketin om2 yg kepincut motornya. ngobrol ngalor ngidul, bokap smpe bosen soalnya mau buru2 pulang, ujung2nya nanya mau dilepas di harga berapa. sblmnya pas lg renovasi rumah, mandor proyeknya jga udh nanyain hal yg sama.

random occurences ini bener banget, tapi ya kudu maklum soalnya faktor umur gk bisa bohong hahaha. tapi di luar random occurences, rasa puas & senengnya itu yg bikin tetep dirawat dgn baik.

farizfsa wrote: Wed Apr 24, 2024 3:36
zonepublic wrote: Tue Apr 23, 2024 10:58
lexnic wrote: Tue Apr 23, 2024 10:28
mentalnya blm betul2 siap mbah, kyknya kudu semedi & perkuat ilmu dulu hahaha. mana toyotanya standar ting2 & gk dipake aneh2, jdi smpe skrg jajannya msh dikit (2kd standar tanpa modif aneh2 ato remap2an kyknya tinggal merem aja jga msh gelinding). :mky_01:

ada rasa seneng klo ngeliat mobil ato motor tua yg terawat, apalagi klo kita sndiri yg kerjain. sbenernya ane jga lg proses restorasi bebek tua di rmh. untungnya sektor mesin gk ada mslh, paling eksterior aja yg msti dirapiin. skrg lg hunting spion gara2 spion bawaan yg sebelah kiri patah. carinya nyantai sih, toh cuma dipake deket2 rmh doang, jdi spion ilang 1 msh gpp.

yg lucu, sblm libur lebaran, ane sama bokap bersih2 karburator & knalpot di rmh. 2 hari setelahnya, tau2 mogok gk bisa distarter samsek. ditelusuri lbh lanjut, penyebabnya gara2 membrannya terlalu longgar akibat kotorannya numpuk. mstinya skalian dikerjain pas posisi karburator dilepas ahahahaha. :big_biglaugh:
Ya dah coba hunting mobil tua karbu trus direstorasi pelan2 dulu
Boleh coba suzuki katana yg plg basic atau corolla twincam atau galant kalo mau yg menantang boleh coba mazda rx7/rx8?,main motuba jepangan dulu klo dah lulus ntar main ke europ,itu filter oli e39 harganya 4x filter oli mobil jepang ori lho
ribetan main mbl tua jepangan dari pada eropaan beginih. barang mbl jepangan printilan udah susah. bmw mercy mah buanyak.
ga ada di indo itu ebay banyak, atau copotan singapur malaysia jg biasanya mbl eropa banyakan

cb deh main galant, bakal abis banyak jg mirip2 sm eropaan, malah parts lebih susah wkwk
dri pengalaman saya ngerapiin motor, printilan produk jepang cukup susah dicari. klo pun ada, kadang harganya gk masuk akal.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
lexnic
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by lexnic »

ChZ wrote: Wed Apr 24, 2024 5:03
iamwewe wrote: Wed Apr 24, 2024 4:50 numpang tanya om.

kalo mobil jepang kan sbnrnya terkenal reliable nya dibanding yurop nih. nah karena lagi kebetulan ngomongin galant or ferio vs e39 nih, anggeplah kita bener2 sama2 dapet bahan nih. sama2 direstorasi. utk keawetannya, apa masih si jepang better daripada e39? mengingat pasti part2 replacement banyak yg non oem nih
assuming sama sama build dari bahan (body only, semua electrical wiring dan engine tranny baru pesan dari atpm), anggeplah mobilnya sama-sama keluar dari dealer gress mengeliminir faktor spt part langka dll.

kita bandingin saja top of mind keduanya toyota versus mercy. kijang versus w124 boxer wkwkk 2 2nya yang katanya badak dan nggak rewelan.

jepang masih akan slightly more durable. problemnya operating temp japs engine itu lebih rendah daripada europ. europ udah pasti suffer di karet karet lebih cepat rembes krn panas. not mentioning kalau sezaman elektrikal europ itu terbilang rumit dan module-modulenya banyak lebih prone to failure.

masalahnya japs brand rata-rata ngga punya culture preserving mobil tua macem atpm jerman, penggemarnya juga relatif dikit kalo toyota paling berhasilnya bikin fanbase kijang kuat.

jerman dari BMW ampe porsche selalu punya gallery dan infrastructure buat pajang dan piara lineup lawas bahkan sy liat sendiri di astra bmw semarang di gudang dia ada seri-3 lengkap dari E30 sampe F30.

makanya ampe sekarang jatohnya malah europ classics itu bertahan dan lebih mudah di maintain.
CMIIW, kadang karena faktor lbh "durable" jga mkanya orang2 cenderung menganggap enteng maintenance mobil jepang. lha kyk kijang, radiatornya mayoritas psti diisi air biasa (entah air sumur ato air keran), interval ganti olinya banyak telatnya, trus sparepart diganti entah pake kw berapa asal harganya murah. ibaratnya, slama msh gelinding ya dianggap gk ada masalah.

faktor lain, mngkin karena dianggap sebagai "mobil perang" mkanya utk maintenance kudu semurah2nya.. :big_peace:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by iamwewe »

ChZ wrote: Wed Apr 24, 2024 7:30
nah itu masalahnya om.....

mobil jepang itu karna terkenal bandel, bener si dari barunya bisa umur lebih panjang komponennya.... tapi problemnya ya jangka panjang juga.

misal ni soal aer radiator. block mesin kijang itu banyakan diisi aer keran sumur. tp begitu udah tua nah kasian pemilik yang baru angkut modal kerehore. ujungnya turun mesin krn ntahlah kompresi bocor atau karatan semua jeroannya. wkwkkwkwkwkw. ujungnya blok harus dipapas. atau krn mesinnya kuat dihajar, visco udah lemah biasa masi bisa dipaksa jalan. begitu ampe rumah bingung kok kap mesin berasap. ane uda nemu 2 apa 3 temen yah punya kapsul ya hobinya ngebengkel mulu.

kebalikan sama mobil yurop yang karena "dikenal" kurang bandel, tinggal gimana ownernya.

ada yg kerehore seneng dapet sedan tua jerman murah ujungnya yah bernasib lebih parah dari si owner kijang :mky_07: tapi ada yang saking udah ngerti mobilnya butuh perawatan extra, dia sering sering tuh melongok ke kap mesin dan check level aer radiator.
kalo case air radiator itu sih udh bnr2 fatal banget utk longterm isi air sumur sih. tapi ini kan ya emang kesalahan usernya ya :mky_01:

nah ngmg bmw berumur yak, knp ya buanyak banget mslh gk jauh2 dari overheat. tapi kenapa ya jarang banget liat mercy tua yg overheat. apa di jaman itu mercy lbh bagus utk jalur2 buang panasnya? atau karena user bmw kebanyakan anak muda yg demen performance, jadi banyak mods sampai overpushed?

kayanya masalah overheat ini solved di bmw f series ya? soalnya sampe skrg sih blm pernah liat yg mogok di pinggir tol krn overheat. apalagi yg tampilannya standar.
farizfsa wrote: Wed Apr 24, 2024 8:08
nah kl bangun mbl jepang, dr pengalaman ane ya tp, barang nya parts nya tuh kalo ga ori, pasti aftermarket/oem/kw nah tp non-oem nya ga ketakter kualitasnya, apa saya yang dodol jg aja ya. kalo eropa masih ketaker misalkan kampas rem ATE, parts suspensi lemforder, shock sachs bilstein, dsb. harganya jg kadang lebih mahal mobil jepang pula.

kalo mbl baru aja deh contoh mobil relatif baru yg sy pegang sekarang, bmw f10 vs accord cr2, dua2nya tahun 2014
shock bmw pilihannya beragam dr yg murah bgt smp yang mahal,

shock bilstein oem bmw f10 sepasang depan tuh cuma 3jt , sedangkan shock depan oem showa honda accord cr2 sepasang sama 3 jt juga. cm yg satu dpt kualitas bilstein yg satu dpt kualitas showa wkwk.

udh gt ya susahnya buat saya bedain barang ori atau aspal mobil jepang. makin hari makin canggih nyamainnya. kl barang eropa jrg yg aspal, tp emg lgs oem/kw aja.

kl restore bangunnya sama2 bener sih, mungkin ttp reliable mobil jepangan ya haha.
berarti istilahnya kalo eropa lebih gampang ketaker ya kualitasnya. antara kualitas OEM ato kualitas KW sekalian ya. ya emang sih kalo jepang banyak banget yg aspal..

nah kalo kita ngomong barang ori copotan nih om. ketersediaan nya gimana ya spesifik sedan bmw merc vs sedan toyo honda? mengingat waktu baru nya pasti dong sedan jap jauh lbh banyak terjual. trus gampang gk sih kita dapetnya, khususnya ya di indo ini ya. jangan ngmg kita impor dari luar segala.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2606
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by farizfsa »

iamwewe wrote: Thu Apr 25, 2024 0:53
ChZ wrote: Wed Apr 24, 2024 7:30
nah itu masalahnya om.....

mobil jepang itu karna terkenal bandel, bener si dari barunya bisa umur lebih panjang komponennya.... tapi problemnya ya jangka panjang juga.

misal ni soal aer radiator. block mesin kijang itu banyakan diisi aer keran sumur. tp begitu udah tua nah kasian pemilik yang baru angkut modal kerehore. ujungnya turun mesin krn ntahlah kompresi bocor atau karatan semua jeroannya. wkwkkwkwkwkw. ujungnya blok harus dipapas. atau krn mesinnya kuat dihajar, visco udah lemah biasa masi bisa dipaksa jalan. begitu ampe rumah bingung kok kap mesin berasap. ane uda nemu 2 apa 3 temen yah punya kapsul ya hobinya ngebengkel mulu.

kebalikan sama mobil yurop yang karena "dikenal" kurang bandel, tinggal gimana ownernya.

ada yg kerehore seneng dapet sedan tua jerman murah ujungnya yah bernasib lebih parah dari si owner kijang :mky_07: tapi ada yang saking udah ngerti mobilnya butuh perawatan extra, dia sering sering tuh melongok ke kap mesin dan check level aer radiator.
kalo case air radiator itu sih udh bnr2 fatal banget utk longterm isi air sumur sih. tapi ini kan ya emang kesalahan usernya ya :mky_01:

nah ngmg bmw berumur yak, knp ya buanyak banget mslh gk jauh2 dari overheat. tapi kenapa ya jarang banget liat mercy tua yg overheat. apa di jaman itu mercy lbh bagus utk jalur2 buang panasnya? atau karena user bmw kebanyakan anak muda yg demen performance, jadi banyak mods sampai overpushed?

kayanya masalah overheat ini solved di bmw f series ya? soalnya sampe skrg sih blm pernah liat yg mogok di pinggir tol krn overheat. apalagi yg tampilannya standar.
farizfsa wrote: Wed Apr 24, 2024 8:08
nah kl bangun mbl jepang, dr pengalaman ane ya tp, barang nya parts nya tuh kalo ga ori, pasti aftermarket/oem/kw nah tp non-oem nya ga ketakter kualitasnya, apa saya yang dodol jg aja ya. kalo eropa masih ketaker misalkan kampas rem ATE, parts suspensi lemforder, shock sachs bilstein, dsb. harganya jg kadang lebih mahal mobil jepang pula.

kalo mbl baru aja deh contoh mobil relatif baru yg sy pegang sekarang, bmw f10 vs accord cr2, dua2nya tahun 2014
shock bmw pilihannya beragam dr yg murah bgt smp yang mahal,

shock bilstein oem bmw f10 sepasang depan tuh cuma 3jt , sedangkan shock depan oem showa honda accord cr2 sepasang sama 3 jt juga. cm yg satu dpt kualitas bilstein yg satu dpt kualitas showa wkwk.

udh gt ya susahnya buat saya bedain barang ori atau aspal mobil jepang. makin hari makin canggih nyamainnya. kl barang eropa jrg yg aspal, tp emg lgs oem/kw aja.

kl restore bangunnya sama2 bener sih, mungkin ttp reliable mobil jepangan ya haha.
berarti istilahnya kalo eropa lebih gampang ketaker ya kualitasnya. antara kualitas OEM ato kualitas KW sekalian ya. ya emang sih kalo jepang banyak banget yg aspal..

nah kalo kita ngomong barang ori copotan nih om. ketersediaan nya gimana ya spesifik sedan bmw merc vs sedan toyo honda? mengingat waktu baru nya pasti dong sedan jap jauh lbh banyak terjual. trus gampang gk sih kita dapetnya, khususnya ya di indo ini ya. jangan ngmg kita impor dari luar segala.
nah kalo omongin copotan, di jakarta dan sekitar sih lebih gampang cari kampakan copotan mobil eropa especially bmw dan mercedes ya. kita ke daerah taman mini bambu apus itu banyak potongan mercy, beberapa ada bmw dan volvo. kl mobil jepang ada aja tp di tempat copotan campur juga bukan spesifik.

makanya saya jg salut sama org yg bangun mobil jepang classic, lebih susah
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3425
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by kendibocor »

iamwewe wrote: Thu Apr 25, 2024 0:53
kalo case air radiator itu sih udh bnr2 fatal banget utk longterm isi air sumur sih. tapi ini kan ya emang kesalahan usernya ya :mky_01:

nah ngmg bmw berumur yak, knp ya buanyak banget mslh gk jauh2 dari overheat. tapi kenapa ya jarang banget liat mercy tua yg overheat. apa di jaman itu mercy lbh bagus utk jalur2 buang panasnya? atau karena user bmw kebanyakan anak muda yg demen performance, jadi banyak mods sampai overpushed?

kayanya masalah overheat ini solved di bmw f series ya? soalnya sampe skrg sih blm pernah liat yg mogok di pinggir tol krn overheat. apalagi yg tampilannya standar.
Beberapa kali liat F10 melipir di pinggir tol, entah kenapa tp kap mesin ga kebuka sih justru F30 malah ga pernah liat mogok dipinggir jalan, kebetulan aja kali ya. Masalah overheat dibilang solved ga 100% jg sih om, kemaren mbl saya jg ga dipake 2 minggu liburan balik2 ke rumah dan dipake 1 hari besoknya coolant beleber kemana2. Taunya pipa dari reservoir sambungannya pecah. Bawa ke anugrah blg coolant bocor mereka langsung tau tuh pipa reservoir yg masalah. Emang sambungannya plastik gitu jd pasti lama2 pecah trus mereka langsung tau jd kayanya common problem jg deh.
Baca2 di forum luar mesin B48-B58 nya emang ga jauh2 dari masalah cooling systemnya aja sih. Kalo yg N kurang tau ya
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by iamwewe »

farizfsa wrote: Thu Apr 25, 2024 1:57
nah kalo omongin copotan, di jakarta dan sekitar sih lebih gampang cari kampakan copotan mobil eropa especially bmw dan mercedes ya. kita ke daerah taman mini bambu apus itu banyak potongan mercy, beberapa ada bmw dan volvo. kl mobil jepang ada aja tp di tempat copotan campur juga bukan spesifik.

makanya saya jg salut sama org yg bangun mobil jepang classic, lebih susah
wah.. malah ada sentra copotan khusus utk mobil eropa yak.

mantep nih nambah ilmu. wokeh om sementara itu dulu lah utk pengetahuan umum, nanti kalo udh terjun nyemplung baru konsul lagi :emo-flowerforyou:
kendibocor wrote: Thu Apr 25, 2024 1:58

Beberapa kali liat F10 melipir di pinggir tol, entah kenapa tp kap mesin ga kebuka sih justru F30 malah ga pernah liat mogok dipinggir jalan, kebetulan aja kali ya. Masalah overheat dibilang solved ga 100% jg sih om, kemaren mbl saya jg ga dipake 2 minggu liburan balik2 ke rumah dan dipake 1 hari besoknya coolant beleber kemana2. Taunya pipa dari reservoir sambungannya pecah. Bawa ke anugrah blg coolant bocor mereka langsung tau tuh pipa reservoir yg masalah. Emang sambungannya plastik gitu jd pasti lama2 pecah trus mereka langsung tau jd kayanya common problem jg deh.
Baca2 di forum luar mesin B48-B58 nya emang ga jauh2 dari masalah cooling systemnya aja sih. Kalo yg N kurang tau ya
padahal mesin f10 dan f30 sama kan yak? 520 320 ato mgkn yg dieselnya.

sori om, mobil om f30 kalo sy liat 2016 ya di signature. ini mobil standar ting ting di sektor mesin gk om? ato mgkn ada mods apa gitu yg mgkn bisa push internal? atau memang utk f30 umur 8tahunan wajar ya utk peremajaan di cooling sistem.
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2606
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by farizfsa »

kendibocor wrote: Thu Apr 25, 2024 1:58
iamwewe wrote: Thu Apr 25, 2024 0:53
kalo case air radiator itu sih udh bnr2 fatal banget utk longterm isi air sumur sih. tapi ini kan ya emang kesalahan usernya ya :mky_01:

nah ngmg bmw berumur yak, knp ya buanyak banget mslh gk jauh2 dari overheat. tapi kenapa ya jarang banget liat mercy tua yg overheat. apa di jaman itu mercy lbh bagus utk jalur2 buang panasnya? atau karena user bmw kebanyakan anak muda yg demen performance, jadi banyak mods sampai overpushed?

kayanya masalah overheat ini solved di bmw f series ya? soalnya sampe skrg sih blm pernah liat yg mogok di pinggir tol krn overheat. apalagi yg tampilannya standar.
Beberapa kali liat F10 melipir di pinggir tol, entah kenapa tp kap mesin ga kebuka sih justru F30 malah ga pernah liat mogok dipinggir jalan, kebetulan aja kali ya. Masalah overheat dibilang solved ga 100% jg sih om, kemaren mbl saya jg ga dipake 2 minggu liburan balik2 ke rumah dan dipake 1 hari besoknya coolant beleber kemana2. Taunya pipa dari reservoir sambungannya pecah. Bawa ke anugrah blg coolant bocor mereka langsung tau tuh pipa reservoir yg masalah. Emang sambungannya plastik gitu jd pasti lama2 pecah trus mereka langsung tau jd kayanya common problem jg deh.
Baca2 di forum luar mesin B48-B58 nya emang ga jauh2 dari masalah cooling systemnya aja sih. Kalo yg N kurang tau ya
itu penyakit coolant pipe jebol atau semacemnya kayanya penyakit B38-B48-B58 kali ya wkwk, B38 218i ane sih itu coolant jebol ke exhaust turbo jadi harus ganti turbo dll

ini sekarang fuel gauge jg agak ngaco semenjak sepupu minjem tp pelit isi bensin, fuel pump macet, cari gantinya tidak semudah itu, untung masih bs dibersihin tp ya gt, bensin 1/8 kurang udh deg2 ser karena sebenernya udh abis mentok

sampe sekarang sih F10 ane ga pernah masalah sama cooling system, sempet naik dikit cuma abis itu ane minta kuras radiator sampe sekarang aman lg. 10 tahun ga pernah ganti printilan cooling system even water pump oke lah. seinget ane pas dl kk ane megang F30 320d juga ga pernah ganti perkara cooling system sih.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3425
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by kendibocor »

iamwewe wrote: Thu Apr 25, 2024 3:10
farizfsa wrote: Thu Apr 25, 2024 1:57
nah kalo omongin copotan, di jakarta dan sekitar sih lebih gampang cari kampakan copotan mobil eropa especially bmw dan mercedes ya. kita ke daerah taman mini bambu apus itu banyak potongan mercy, beberapa ada bmw dan volvo. kl mobil jepang ada aja tp di tempat copotan campur juga bukan spesifik.

makanya saya jg salut sama org yg bangun mobil jepang classic, lebih susah
wah.. malah ada sentra copotan khusus utk mobil eropa yak.

mantep nih nambah ilmu. wokeh om sementara itu dulu lah utk pengetahuan umum, nanti kalo udh terjun nyemplung baru konsul lagi :emo-flowerforyou:
kendibocor wrote: Thu Apr 25, 2024 1:58

Beberapa kali liat F10 melipir di pinggir tol, entah kenapa tp kap mesin ga kebuka sih justru F30 malah ga pernah liat mogok dipinggir jalan, kebetulan aja kali ya. Masalah overheat dibilang solved ga 100% jg sih om, kemaren mbl saya jg ga dipake 2 minggu liburan balik2 ke rumah dan dipake 1 hari besoknya coolant beleber kemana2. Taunya pipa dari reservoir sambungannya pecah. Bawa ke anugrah blg coolant bocor mereka langsung tau tuh pipa reservoir yg masalah. Emang sambungannya plastik gitu jd pasti lama2 pecah trus mereka langsung tau jd kayanya common problem jg deh.
Baca2 di forum luar mesin B48-B58 nya emang ga jauh2 dari masalah cooling systemnya aja sih. Kalo yg N kurang tau ya
padahal mesin f10 dan f30 sama kan yak? 520 320 ato mgkn yg dieselnya.

sori om, mobil om f30 kalo sy liat 2016 ya di signature. ini mobil standar ting ting di sektor mesin gk om? ato mgkn ada mods apa gitu yg mgkn bisa push internal? atau memang utk f30 umur 8tahunan wajar ya utk peremajaan di cooling sistem.
F10 lebih banyak trim dan jenis mesinnya. F10 ga ada bensin seri B jg, N semua. Kalo F30 variannya cuman N20, N55, B48 sama B58 yg populasinya ghoib disini. Mbl ane std om mesinnya, malah modif visual doang jd ricer :big_weee:
Sebenernya wajar sih kalo mbl ane butuh peremajaan, tp masalah cooling systemnya cukup sering om dan ga selalu di mbl tua. Ya nasib pake bahan2 plastik.
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
Devourer
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: Mon Jun 25, 2018 6:57

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by Devourer »

farizfsa wrote: Thu Apr 25, 2024 1:57
iamwewe wrote: Thu Apr 25, 2024 0:53
ChZ wrote: Wed Apr 24, 2024 7:30
nah itu masalahnya om.....

mobil jepang itu karna terkenal bandel, bener si dari barunya bisa umur lebih panjang komponennya.... tapi problemnya ya jangka panjang juga.

misal ni soal aer radiator. block mesin kijang itu banyakan diisi aer keran sumur. tp begitu udah tua nah kasian pemilik yang baru angkut modal kerehore. ujungnya turun mesin krn ntahlah kompresi bocor atau karatan semua jeroannya. wkwkkwkwkwkw. ujungnya blok harus dipapas. atau krn mesinnya kuat dihajar, visco udah lemah biasa masi bisa dipaksa jalan. begitu ampe rumah bingung kok kap mesin berasap. ane uda nemu 2 apa 3 temen yah punya kapsul ya hobinya ngebengkel mulu.

kebalikan sama mobil yurop yang karena "dikenal" kurang bandel, tinggal gimana ownernya.

ada yg kerehore seneng dapet sedan tua jerman murah ujungnya yah bernasib lebih parah dari si owner kijang :mky_07: tapi ada yang saking udah ngerti mobilnya butuh perawatan extra, dia sering sering tuh melongok ke kap mesin dan check level aer radiator.
kalo case air radiator itu sih udh bnr2 fatal banget utk longterm isi air sumur sih. tapi ini kan ya emang kesalahan usernya ya :mky_01:

nah ngmg bmw berumur yak, knp ya buanyak banget mslh gk jauh2 dari overheat. tapi kenapa ya jarang banget liat mercy tua yg overheat. apa di jaman itu mercy lbh bagus utk jalur2 buang panasnya? atau karena user bmw kebanyakan anak muda yg demen performance, jadi banyak mods sampai overpushed?

kayanya masalah overheat ini solved di bmw f series ya? soalnya sampe skrg sih blm pernah liat yg mogok di pinggir tol krn overheat. apalagi yg tampilannya standar.
farizfsa wrote: Wed Apr 24, 2024 8:08
nah kl bangun mbl jepang, dr pengalaman ane ya tp, barang nya parts nya tuh kalo ga ori, pasti aftermarket/oem/kw nah tp non-oem nya ga ketakter kualitasnya, apa saya yang dodol jg aja ya. kalo eropa masih ketaker misalkan kampas rem ATE, parts suspensi lemforder, shock sachs bilstein, dsb. harganya jg kadang lebih mahal mobil jepang pula.

kalo mbl baru aja deh contoh mobil relatif baru yg sy pegang sekarang, bmw f10 vs accord cr2, dua2nya tahun 2014
shock bmw pilihannya beragam dr yg murah bgt smp yang mahal,

shock bilstein oem bmw f10 sepasang depan tuh cuma 3jt , sedangkan shock depan oem showa honda accord cr2 sepasang sama 3 jt juga. cm yg satu dpt kualitas bilstein yg satu dpt kualitas showa wkwk.

udh gt ya susahnya buat saya bedain barang ori atau aspal mobil jepang. makin hari makin canggih nyamainnya. kl barang eropa jrg yg aspal, tp emg lgs oem/kw aja.

kl restore bangunnya sama2 bener sih, mungkin ttp reliable mobil jepangan ya haha.
berarti istilahnya kalo eropa lebih gampang ketaker ya kualitasnya. antara kualitas OEM ato kualitas KW sekalian ya. ya emang sih kalo jepang banyak banget yg aspal..

nah kalo kita ngomong barang ori copotan nih om. ketersediaan nya gimana ya spesifik sedan bmw merc vs sedan toyo honda? mengingat waktu baru nya pasti dong sedan jap jauh lbh banyak terjual. trus gampang gk sih kita dapetnya, khususnya ya di indo ini ya. jangan ngmg kita impor dari luar segala.
nah kalo omongin copotan, di jakarta dan sekitar sih lebih gampang cari kampakan copotan mobil eropa especially bmw dan mercedes ya. kita ke daerah taman mini bambu apus itu banyak potongan mercy, beberapa ada bmw dan volvo. kl mobil jepang ada aja tp di tempat copotan campur juga bukan spesifik.

makanya saya jg salut sama org yg bangun mobil jepang classic, lebih susah
setuju nih om dari pengalaman rapiin w124 sama skrg lg pegang e36
mobil2 eropa bmw mercy cari partnya masih tergolong gampang ga perlu sampe handcarry dari luar

mercy ane biasa klo kampakan part langganan di kampakan mercy group/pjm part,
klo part2 brand new / nos, biasa mesti cari2 soalnya ane belum coba tanya ke dealer masih bisa pesen ga

beda sm bmw enaknya, ane rapiin e36 masih bisa order brand new part dr dealer ada yg ready ada mesti inden
Barang new selain dealer jg masi bisa beli di toko ijo (europecarparts jkt) kampakan ane langganan di kampakan awi bmw

Nah klo jepang tua bener2 ga paham, yg bener2 kepingin itu evo 3 ato 5 convert pun gpp
tapi balik lagi nyali ane kurang kyknya part2 nya susah & mahal ga yakin bisa jadi mobilnya hehe
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15601
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

iamwewe wrote: Thu Apr 25, 2024 0:53 kalo case air radiator itu sih udh bnr2 fatal banget utk longterm isi air sumur sih. tapi ini kan ya emang kesalahan usernya ya :mky_01:

nah ngmg bmw berumur yak, knp ya buanyak banget mslh gk jauh2 dari overheat. tapi kenapa ya jarang banget liat mercy tua yg overheat. apa di jaman itu mercy lbh bagus utk jalur2 buang panasnya? atau karena user bmw kebanyakan anak muda yg demen performance, jadi banyak mods sampai overpushed?

kayanya masalah overheat ini solved di bmw f series ya? soalnya sampe skrg sih blm pernah liat yg mogok di pinggir tol krn overheat. apalagi yg tampilannya standar.
Problemnya stau ane karena merkedes punya thermostat ngebukanya lebih awal, palagi seri empat silindernya. sialnya makin kesini beemwe seri 4 silinder itu yang laku. Makanya kesannya beemwe itu rewel.

Trus dodolnya beemwe seri lawas pake radiatorcap 200kPa. Dimana mobil skyline GTR aja ga sampe segitu ngelepas pressurenya. Yg jadi korban? Ya selang2, kipas, dan kawan kawan. Di Fseries udah ga pake 200 kpa kalo ga salah diganti 160kPa apa 140. Ane punya ganti pake 140 kPa wkwkwkkw.

Tp beberapa komponen lain, merkedes emang lebih mahal juga sih om.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15601
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: 1997 BMW 528i (E39) - The Project Starts

Post by ChZ »

lexnic wrote: Wed Apr 24, 2024 13:24 CMIIW, kadang karena faktor lbh "durable" jga mkanya orang2 cenderung menganggap enteng maintenance mobil jepang. lha kyk kijang, radiatornya mayoritas psti diisi air biasa (entah air sumur ato air keran), interval ganti olinya banyak telatnya, trus sparepart diganti entah pake kw berapa asal harganya murah. ibaratnya, slama msh gelinding ya dianggap gk ada masalah.

faktor lain, mngkin karena dianggap sebagai "mobil perang" mkanya utk maintenance kudu semurah2nya.. :big_peace:
Tul banget om, mopang itu banyakan ampe 100rb kilo ganti oli mesin doang aja jalan. Paling nambah2 kampas rem aja.

Ketauan jeleknya nanti kalo udah pemilik ketiga, empat, dst. Cuma dapet ampasnya.

Contoh ya mobil kecintaan warga SM we all know and love, innova diesel. Yang seri 2KD saya cukup sering liat ntah injektor kencing atau turbo jebol di pemilik ke sekian. Kemakan omongan bisa solar murah dan bandel.

Saya justru seneng om mobil jerman dpt reputasi rewel, berarti value di market turun, bisa nikmatin mobil bagus murah :big_grin:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7