Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Post by lexnic »

Ok, ini adalah review pertama yg saya tulis di forum ini. Sblm2nya cuma silent reader & paling nimbrung2 di thread yg udh ada. Ini sekedar share pengalaman saya memelihara Yamaha Alfa selama ini.

Background
Keluarga kami punya 1 sepeda motor Yamaha Alfa (klo di STNK tertulisnya Yamaha V100) keluaran tahun 1988. Ya, ini Yamaha Alfa generasi pertama yg blm double starter sehingga msh menggunakan engkol utk starternya. Desainnya msh cenderung kotak2, senada dgn saingannya di masa tsb. Suspensi depan teleskopik berwarna silver. Utk suspensi blkg, swing arm berwarna silver & shockbreaker yg digunakan msh tertutup cover hitam silver. Ya, mostly warna yg digunakan di bagian bawah adalah silver, termasuk ke blok mesin, cover rantai, hingga tutup tromol depan & blkg. Utk warna, varian milik kami adalah hitam dgn sayap berwarna putih (matching dgn cover akinya) & striping sederhana berwarna coklat emas. Kapasitas mesin 100cc dgn 4 percepatan. Sayap putih ini udh gk dipasang (saya gk tau apakah rusak ato emg sengaja dilepas supaya lbh ramping).

Dulu motor ini dibeli bokap sebagai kendaraan harian. Namun gk sempat dipakai lama (mungkin hanya 10000 km pertama saja dipakai rutin) karena keburu beli mobil. Sehingga akhirnya motor ini hanya dipakai untuk pergi jarak dekat saja. Lucunya, kita udh beberapa kali ganti mobil namun motor ini msh setia terparkir di garasi rumah hahaha. Motor ini terasa spesial bagi saya karena saya belajar naik motor menggunakan Yamaha Alfa ini. Dri motor ini juga, saya belajar cara merawat kendaraan dgn baik (gk sekedar pake doang) yg mana terbawa smpe skrg.

Kombinasi dri starter engkol, bobot yg agk berat (dulu bagi saya motor ini agk berat, skrg sih enteng2 aja), mesin 2 tak cukup jdi bahan tertawaan di kalangan teman2. Pernah diledek kyk bajaj lah, mesin fogging lah (pdhl motor ini asapnya tdk trlalu pekat), cuma saya anggap sebagai angin lalu saja hahaha. :big_biglaugh:

Motor ini sempat sering saya gunakan di periode 2007-2013 sebelum pindah ke kota lain untuk kuliah. Periode 2014-2016, motor dipakai oleh adik sebelum akhirnya ia juga pindah ke kota lain untuk kuliah. Sesudah masa2 tsb, motor tetap dipakai oleh keluarga kami walaupun frekuensi pemakaian tidak setinggi ketika saya maupun adik saya masih bersekolah. Sisanya lebih banyak nganggur di rmh. Sampai titik ini, kondisi eksterior motor benar2 tidak terawat (walaupun utk mesin tidak ada masalah karena oli samping, oli mesin, dan busi tetap diperhatikan dgn baik). Mika lampu sein depan kiri pecah; spion kiri patah; cover aki pecah akibat plastiknya lapuk; cat yg kusam (dan terkelupas di beberapa titik); karat yg mulai menggerogoti beberapa titik di swing arm & cover rantai.

Normal Maintenance
IMO, merawat motor ini sangat gampang. Sejak awal, bokap cuma pesan 3 hal:
  • Oli samping gk boleh kurang.
  • Busi harus dicek berkala (dibersihkan klo udh kotor) supaya gk berebet.
  • Oli mesin gk boleh kurang.
Poin 1 gampang bgt karena ada lampu indikator yg akan menyala jika oli samping kurang. Special thanks buat teknologi autolube nya Yamaha, kita gk perlu repot2 campurin oli samping ke tangki bensin. Cukup tuang ke tangki oli samping, udh bgtu aja. Dulu pake merk Shell Advance SX 2T, tapi belakangan ganti ke PTT Lubricants Challenger 2T. So far cukup puas dgn PTT, asap lbh gk ngebul dan bau asapnya lbh harum dikit.

Utk poin 2, awalnya saya gk terbiasa karena betul2 awam mengenai mesin. Blm lg membuka busi (bagi saya yg msh SMP wktu itu) agk sulit. Namun lama2 jdi kebiasaan & akhirnya malah jdi gampang. Yg pnting, slalu sedia 1 busi cadangan di tas toolkit buat jaga2.

Utk poin 3, karena ini adalah motor 2 tak, penggantian oli mesinnya bisa lbh lama. Biasanya hanya saya top up saja klo levelnya dirasa kurang & jika udh terlalu hitam (dan perpindahan gigi terasa kasar) bru saya kuras habis. Biasanya pake Castrol yg 20W-50.

3 poin ini msh bisa dikerjakan sndiri di rmh sehingga bisa dibilang motor hanya ke bengkel klo pekerjaannya dirasa gk possible utk kita kerjain sndiri. Enaknya motor tua, olinya gk perlu pake yg full synthetic. Jdi bisa agk ngirit klo beli oli. Bensin selalu RON 92.

O ya, knapa saya gk mention mengenai rantai? Ini karena rantai motor tertutup oleh cover (ya, bener2 ketutup full sama covernya). Keuntungannya, rantai jdi gk gmpng kotor. Cuma sebulan ato 2 bulan sekali tetep hrus dicek & dilumasi supaya gk kering.

The Beginning
Ide untuk merestorasi terlintas di awal tahun 2023. Saat itu, saya iseng2 cari mika lampu sein utk motor ini di internet. Bulan Mei 2023, saya menemukan penjual di toko ijo yg menjual sepasang mika lampu sein depan Yamaha Alfa original NOS (new old stock) seharga 65000. Bagi saya, harganya cukup menarik & karena barang NOS, langsung saya beli. 2 hari kemudian, barang tsb saya terima. Agk sedikit kecewa karena warnanya berbeda dengan bawaan motor. Mika yg saya beli berwarna smoked orange sedangkan bawaan motor adalah orange. Namun setidaknya mika baru ini bisa dipasang dengan baik di motor (walaupun jadinya agk belang dengan mika lampu sen belakang) sehingga tidak perlu pake lakban bening lg utk menutupi mika lama yg pecah hahaha.

IMG_0518.jpg
mika_sein_baru.png
new_sein_on_bike.png

Mika lampu sein depan udh beres, saya jdi lbh bersemangat utk hunting part berikutnya yaitu cover aki. Saya menggunakan cara yg sama, browsing2 di internet saat waktu senggang. Namun ternyata untuk cover aki, cukup sulit untuk menemukan barang original Yamaha. Jika ktmu, barangnya copotan dri motor lain (biasanya copotan dri Alfa II ato Alfa II R) dan warnanya beda dgn bawaan motor saya (putih, rata2 copotan selalu berwarna hitam, merah, biru, dll). Atau klo NOS, harga yg ditawarkan cenderung tinggi. Akhirnya saya menemukan barang yg dicari (sepasang cover aki warna putih), lagi2 di toko ijo, dgn harga yg cukup masuk akal (132000) namun bukan original Yamaha. Berhubung mendesak, akhirnya saya segera beli barang tsb. Ketika saya terima, saya cukup puas dengan barangnya (walaupun bukan original Yamaha), setidaknya bisa terpasang dengan baik di motor.

cover_aki_old.png
cover_aki.png
cover_aki_on.png

Saat ini, saya msh berusaha mencari spion original Yamaha untuk menggantikan spion kiri yg patah. Namun karena blm ktmu (klo nemu pun harganya cenderung gk ngotak), akhirnya smpe skrg spion patah tsb msh terpasang di motor. Pikir2, karena dipake jarak dekat aja hrusnya gk akan jdi mslh. Paling kudu lbh hati2 saat belok ato manuver ke kiri.

Next, saya akan bahas masalah terbesar (so far?) yg dialami oleh motor ini.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Post by lexnic »

lexnic wrote: Sun May 05, 2024 14:47 Ok, ini adalah review pertama yg saya tulis di forum ini. Sblm2nya cuma silent reader & paling nimbrung2 di thread yg udh ada. Ini sekedar share pengalaman saya memelihara Yamaha Alfa selama ini.
Lanjutan dri post ini. Berhubung motor ini udh tua (bahkan lbh tua dri saya), maka akan ada kerusakan2 gk terduga akibat umur. Tapi mnurut saya, yg paling horor adalah ini.

The Hard Part
Sblmnya gk ada mslh super serius sama sekali di motor ini, paling cuma kadang ada rembesan oli, itupun jarang2. Akhir Maret 2024, motor ini sering susah distarter. Dugaan awal adalah busi yg kotor, sudah dibersihkan tapi msh tetap susah distarter. Akhirnya sblm libur lebaran 2024, bokap putuskan utk bongkar karburator & dibersihkan secara menyeluruh. Bermodalkan tutorial Youtube, proses ini kami lakukan sndiri di rmh. Cylinder head jga kami bersihkan, sekaligus silencer knalpot, pikir2 udh kotor2an bgini mnding skalian dikerjain aja.

Setelah selesai, starter jdi lbh mudah dan motor jdi lbh rutin digunakan karena kuatir susah starter lg klo terlalu banyak nganggur. Namun ternyata masalah blm selesai. 2 hari setelah bongkar karburator, motor kembali susah distarter, kali ini benar2 tdk bisa distarter sama sekali. Sehingga motor tdk bisa dipake sama sekali selama libur lebaran. Libur selesai, kita panggil orang dri bengkel motor dekat rmh utk bantu stut motor ke bengkel. Setelah dicek, ternyata membran terlalu longgar akibat kotoran yg udh lama numpuk. Membran dibersihkan, tak lupa selang bensin jga skalian dibersihkan. Beres dri sana, motor bisa dikendarai pulang ke rmh.

Namun ternyata masalah belum benar2 selesai. Akhir April 2024, motor mengeluarkan suara metal beradu saat mesin menyala. Kuatir klo ada problem yg serius, akhirnya motor saya bawa ke bengkel utk dicek lbh lanjut. Setelah dicek lbh lanjut, ketauan deh sumber dri segala mslhnya yaitu rotor
magnet yg jebol smpe2 magnetnya lepas dri mangkoknya. Kemudian, seal kruk as kiri jga jebol, pantesan sering ada rembesan oli di kolong motor.

damaged_rotor_magnet.png
damaged_seal_magnet.png

Ok, at least penyakit utamanya sudah ketemu & masalah berikutnya adalah dmana kita kudu beli sparepart nya. Setelah 2 jam keliling, pemilik bengkel gk berhasil menemukan sparepart nya. Akhirnya saya putuskan utk cari di internet & pemilik bengkel bilang bahwa saya cukup bayar ongkos kerja saja ke dia. Part yg hrus dibeli adalah:
  • Rotor magnet assy —> harus cari yg versi Yamaha Alfa engkol, karena part nya beda dgn kepunyaan Alfa yg double starter.
  • Seal kruk as kiri —> karetnya getas, mkanya oli dri sisi kanan rembes.
  • Packing magnet —> packing lama udh hancur (faktor umur & emg lbh baik ganti apabila buka rumah rotor magnet).
Motor dititipkan ke bengkel selama sparepart blm tersedia karena gk memungkinkan utk dinyalakan (dan cukup repot klo smpe msti didorong ke rmh lg hahaha).

Selama seminggu, saya browsing di internet hanya bermodalkan part no. Sekali lg, saya beruntung karena menemukan 2 seller di toko ijo yg menjual sparepart motor Yamaha klasik. Di seller pertama, saya beli seal kruk as kiri & packing magnet (serta beberapa item lain seperti tali rem depan, spi magnet, gear set, kabel choke, dsb). Seller ini sangat baik & pnya product knowledge yg luas karena dulunya pernah kursus mekanik & sering menangani motor2 Yamaha, Suzuki, maupun vespa (mostly motor klasik).
packing_magnet.png
front_brake_line.png
seal_magnet.png
spi_magnet.png
gear_set.png

Sedangkan rotor magnet saya beli di seller kedua, saat itu stok tinggal 1 dan kebetulan yg dijual adalah rotor magnet original Yamaha (barang NOS) utk tipe Alfa engkol seperti milik saya. Berhubung part no cocok, akhirnya lngsung saya check out supaya barang bisa segera dikirim ke rmh. Sempat ada kendala di pengiriman karena pemesanan dilakukan saat menjelang akhir bulan & seller perlu stock opname. Namun akhirnya barang tsb dikirim pada tgl 2 Mei 2024 & tiba di rmh pada tgl 3 Mei 2024 malam.

rotor_magnet_detail.png

Semua sparepart udh terkumpul & saatnya dipasang di motor. Tgl 4 Mei, saya bawa sparepart2 tsb ke bengkel tempat motor nginep. Pekerjaan yg dilakukan:
  • Pasang rotor magnet baru.
  • Ganti seal magnet.
  • Ganti spi magnet —> sbenernya spi bawaan msh bagus, tapi saya putuskan utk ganti skalian aja mumpung saya pnya barangnya.
  • Ganti packing magnet.
  • Ganti gear set —> gear set lama kondisinya cukup bikin mengelus dada hahaha. Gear besar & kecilnya sudah aus. Rantainya jga udh kendor & trlalu kotor (kemungkinan dulu sering dilumasi dgn oli bekas). Fyi, gear ser bisa pake kepunyaan F1ZR karena ukurannya sama persis.
  • Ganti tali rem depan —> tali rem yg sblmnya terpasang tdk sesuai dgn tipe motornya. Akibatnya jdi terlihat kepanjangan, selain itu jga berkarat di ujung2nya karena udh terlalu lama kena panas & hujan.
Total DC (termasuk ongkos kerja & setelah dipotong diskon) adalah 1,310,509. Yg bikin tembus 1 jt adalah rotor magnet, karena item ini termasuk slow moving sehingga harganya cukup mahal (saya beli di harga 822,300 setelah diskon). Semua sparepart pake original Yamaha Genuine Parts (gk mau ambil risiko beli merk aftermarket, takut kualitasnya kurang bagus ato gk cocok pas dipasang).

pasang_brake_line.png

Setelah semua kehebohan ini, motor jdi sangat enak saat dikendarai. Yg pertama tentunya starter jdi jauh lbh gampang. Kemudian tarikan jga lbh enteng & perpindahan gigi jdi jauh lebih halus (padahal oli mesin blm sempat saya ganti, terakhir diganti pada pertengahan 2023).

Problem rotor magnet ini bener2 jdi momen saya utk mempelajari lbh lanjut mengenai permesinan motor ini. Saya bener2 kuatir dgn ketersediaan sparepart soalnya saya bener2 cari sndiri semuanya tanpa lewat komunitas. Untunglah semuanya berakhir dgn baik & motor bisa kembali normal lg.

finally.jpg

Conclusion
Setiap kali saya melihat motor ini, ada rasa puas & bangga yg gk bisa digambarkan dgn kata2. Ada 1 prinsip yg selalu saya pegang selama merawat kendaraan (mobil maupun motor), rawatlah kendaraanmu dgn baik niscaya ia akan memberikan pengalaman berkendara terbaik yg mampu ia berikan.

Motor ini akan terus dipake. Mngkin ia akan terus ada di garasi rmh smpe pada titik dmana ia gk mampu utk jalan lg. Yg pasti, udh bnyk suka & duka yg dilewati selama motor ini ada di garasi rmh.

Future Plans
Hmm, beberapa hal yg bisa dikerjakan berikutnya:
  • Ganti kabel gas. Kemungkinan kabel gas yg skrg terpasang udh kendor, karena saat setang dibelokkan patah ke kiri putaran mesin naik banyak. Pas dibelokkan patah ke kanan, putaran mesin malah jdi drop.
  • Cari spion (syukur2 dapet original Yamaha) utk gantiin spion kiri yg patah.
Yg paling gila adalah full body repaint. Ini opsi menarik sbenernya, tapi bakal makan waktu & biaya yg gk sedikit. Jdi ini gk akan diprioritasin, mngkin bru dikerjain klo bener2 ada waktu & biaya serta nemu bengkel yg hasil kerjanya bagus.

Sementara smpe dsini dulu. Ke depan, saya akan post lg klo ada update terbaru. Sorry klo tulisannya agk belepotan, maklum blm pernah nulis review samsek dri dulu :big_peace: . Thanks for reading my story.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 786
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Post by zonepublic »

Mantab,masih mau piara motor tua sampai restorasi ngabisin dana sama spt motor baru,kalo saya karena sudah tidak sabaran selalu peremajaan untuk motor (tiap beberapa tahun tukar ke motor baru) karena motor adalah alat perang utama sehari2 jadi butuh yang selalu bisa diandalkan setiap waktu,tidak berfikir nostalgia
Dulu pernah kepikiran ambil honda NSR 150 tahun 99 yang pada jamannya saya lihat itu motor idaman para laki2 (saya bukan aliran pecinta yg retro2 spt vespa,tp aliran racing) cuma kok dipikir2 saya orangnya tidak mau telaten pelihara motor tua jadi saya urungkan niad
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Post by pengendiesel »

Mantap om :big_exellent:

Saya juga pake lagi motor bebek geng ijo umur 15 thn.
Odo kurleb 100k.
Larinya masih ok, fuel cons masih kayak baru 1:50. Fast moving juga masih gampang didapat di beres. Motor ditaruh di sembarang tempat kayaknya orang juga males mau ambil.

Motor ini sering mati suri, bukan krn rewel, tp krn sayanya sj yang kebutuhannya harus pake kendaraan lain.
Terakhir mati suri sekitar 1 thn. Parkirnya langsung kena panas n ujan. Pas mau idupin, gak bisa. Bawa ke bengkel sebelah rumah, beres.
Tapi semenjak mati suri terakhir ini, knalpot jadi rawan bolong karena karat. Gak dipake 1 minggu, sudah ada bolong baru di knalpot. Bkn masalah besar sih harusnya.

Rencana dipake sampe jebol.
Kenapa gak ganti motor baru? Well, nambah duitnya gak worth it buat saya, dengan fungsi yang sama persis
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Post by lexnic »

zonepublic wrote: Sun May 05, 2024 15:56 Mantab,masih mau piara motor tua sampai restorasi ngabisin dana sama spt motor baru,kalo saya karena sudah tidak sabaran selalu peremajaan untuk motor (tiap beberapa tahun tukar ke motor baru) karena motor adalah alat perang utama sehari2 jadi butuh yang selalu bisa diandalkan setiap waktu,tidak berfikir nostalgia
Dulu pernah kepikiran ambil honda NSR 150 tahun 99 yang pada jamannya saya lihat itu motor idaman para laki2 (saya bukan aliran pecinta yg retro2 spt vespa,tp aliran racing) cuma kok dipikir2 saya orangnya tidak mau telaten pelihara motor tua jadi saya urungkan niad
motor ini msh di keep soalnya msh bisa dipake buat jarak deket ato pergi ke area yg parkir mobilnya susah ahahaha.

saya cenderung netral utk model retro bgini, at least klo di parkiran jdi gmpng di notice. yg psti, maling gk akan mau ngambil soalnya cuma laku di kalangan pehobi :big_biglaugh:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Post by lexnic »

pengendiesel wrote: Mon May 06, 2024 1:42 Mantap om :big_exellent:

Saya juga pake lagi motor bebek geng ijo umur 15 thn.
Odo kurleb 100k.
Larinya masih ok, fuel cons masih kayak baru 1:50. Fast moving juga masih gampang didapat di beres. Motor ditaruh di sembarang tempat kayaknya orang juga males mau ambil.

Motor ini sering mati suri, bukan krn rewel, tp krn sayanya sj yang kebutuhannya harus pake kendaraan lain.
Terakhir mati suri sekitar 1 thn. Parkirnya langsung kena panas n ujan. Pas mau idupin, gak bisa. Bawa ke bengkel sebelah rumah, beres.
Tapi semenjak mati suri terakhir ini, knalpot jadi rawan bolong karena karat. Gak dipake 1 minggu, sudah ada bolong baru di knalpot. Bkn masalah besar sih harusnya.
.................
yg pnya om 2 tak ato 4 tak? klo 2 tak, fuel cons nya hebat jga tuh bisa smpe 1:50 utk umur & odo segitu. saya gk pernah ukur detail di Alfa soalnya isi bensinnya antara 3 minggu sekali ato kadang malah sebulan sekali. maklum, jaraknya deket2 doang hehehe. skrg odometernya msh 41k. :mky_01:

mslh karat ini pasti muncul klo sering kepanasan & kehujanan. pnya saya jga ada karat di beberapa titik (swing arm blkg, cover rantai, jeruji di velg jari2, dll). gk smpe keropos, cuma nyebelin aja klo diliat. sementara dibiarin dulu, klo ada waktu & dana bru planning buat full repaint.
pengendiesel wrote: Mon May 06, 2024 1:42 Rencana dipake sampe jebol.
Kenapa gak ganti motor baru? Well, nambah duitnya gak worth it buat saya, dengan fungsi yang sama persis
sama om hahaha. saya jarang liat motor bebek baru, kbnykn orang2 lbh suka pake skutik. trus motor bebek yg kelasnya menengah (misal supra x ato jupiter series) jga harganya udh 19jt ke atas. sbenernya motor bebek itu enak soalnya giginya bisa dioper sesuai keperluan kita tanpa msti tarik kopling, sayang kapasitas bagasinya kecil2.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 592
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Post by satriakarisma »

keren om,
biasanya daerah jateng masih banyak nih modelan 2 tak jadul. Sparepart masih aman deh asal kuat ngumpaninnya aja. hahaha

oya, seinget saya memang orinya agak smoke gitu ya lampu seinnya.
AndImJames
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Thu May 26, 2022 4:47
Location: Jakarta

Re: Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Post by AndImJames »

Wahh keren om, dirumah juga bokap masih miara Alfa th 92 sama Sigma th 97, tapi gak di restore sih, dirawat sewajarnya aja dan masih dipake buat wara wiri komplek walaupun suara sama asepnya bikin tetangga keki :upss:
YaS
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Tue Jan 26, 2016 2:24

Re: Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Post by YaS »

Keren om, saya baru melakukan peremajaan sebagian part motor yang gak terlalu tua (skydrive tahun 2009). Motor jaman perjuangan dulu. body part plastik yang warna hitam sudah berubah jadi abu abu, dan pakai beberapa teknik yang diajarkan mbah gugel ternyata hasilnya hanya bertahan beberapa minggu saja. Mumpung partnya masih dijual dan harganya juga gak terlalu mahal, saya beliin dan ganti.
sektor mesin masih aslinya dari baru, yang baru ganti cuman karburatror saja. beliin repair kit ternyata gak nemu yang bisa sama persis dengan orinya. jadi daripada pusing beliin karburatornya saja mumpung masih ada yang baru.
part lain yang wear and tear normal, seperti ban dan kampas rem. selebihnya bawaan asli motor. dan motor masih going strong.
Sekarang jadi seperti baru lagi motornya.

ngeluarin duit buat restorasi motor ini kerasa enteng, soalnya restorasi motor satu lagi (RGR th 1991) harga partnya aje gile.
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 859
Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Post by rakyatwkwkland »

Nubi turut numpang nyimak oom

Kebetulan juga ada motor bebek yg blm jadul2 amat tapi udah otw tua. Lumayan ane sayang juga. Jadi diusahakan semuanya memang dalam kondisi prima.

Sejauh yg ane rasakan sih ya, tantangan piara motor tua begini, kayanya kalau mau cari body part yang ORI (bukan KW) rada syulit ya oom. Kalo plastik2 pake yang kw dulu pernah dibilangin orang bengkel katanya lebih rawan getas ketimbang yg orinya. Tadinya ane pengen ganti plastik2 body motor ane yg udah pada mulai kusem dan beberapa titik mulai retak, tp karena blm nemu yg ori jadinya urung dulu dehh...
vincewonk
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 656
Joined: Wed Dec 26, 2007 19:33
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Gojek

Re: Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Post by vincewonk »

kbetulan saya juga lg bangun kymco metica 2001 nih py om, 17thn dia jogrok didalam gudang dan kondisi ga idup. tp py saya udah hampir selesai sih, sisa beberapa part aj khususnya di body.
nanti mungkin saya akan coba buka thread serupa deh.

untungnya di motor saya kmnya baru 38rb, jd amin masih sehat banget. bahkan karbunya juga.
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Post by lexnic »

satriakarisma wrote: Mon May 06, 2024 3:28 keren om,
biasanya daerah jateng masih banyak nih modelan 2 tak jadul. Sparepart masih aman deh asal kuat ngumpaninnya aja. hahaha

oya, seinget saya memang orinya agak smoke gitu ya lampu seinnya.
sparepart2 yg saya sebutin itu belinya di jateng semua om hahaha :mky_01: .

utk Alfa keluaran awal, orinya msh orange. kyk bgini nih (sumber gambar: https://www.detik.com/jateng/berita/d-6 ... rp-25-juta).

restorasi-yamaha-alfa-di-sukoharjo_169.jpeg

yg agk smoked dipake di generasi berikutnya (Alfa II, Alfa II R).
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Post by lexnic »

AndImJames wrote: Mon May 06, 2024 3:38 Wahh keren om, dirumah juga bokap masih miara Alfa th 92 sama Sigma th 97, tapi gak di restore sih, dirawat sewajarnya aja dan masih dipake buat wara wiri komplek walaupun suara sama asepnya bikin tetangga keki :upss:
untung tetangga sekitar ok2 aja, malah ada yg pnya Alfa bgini jga. cuma pnya dia knalpotnya diganti (kyknya pake pnya Suzuki Crystal), soalnya suaranya jdi lbh keredam. klo suara sama asep, saya biasanya klo panasin gk smpe digeber2, jdi msh gk trlalu berisik & berasap bgt :mky_01:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Post by lexnic »

YaS wrote: Mon May 06, 2024 6:23 Keren om, saya baru melakukan peremajaan sebagian part motor yang gak terlalu tua (skydrive tahun 2009). Motor jaman perjuangan dulu. body part plastik yang warna hitam sudah berubah jadi abu abu, dan pakai beberapa teknik yang diajarkan mbah gugel ternyata hasilnya hanya bertahan beberapa minggu saja. Mumpung partnya masih dijual dan harganya juga gak terlalu mahal, saya beliin dan ganti.
sektor mesin masih aslinya dari baru, yang baru ganti cuman karburatror saja. beliin repair kit ternyata gak nemu yang bisa sama persis dengan orinya. jadi daripada pusing beliin karburatornya saja mumpung masih ada yang baru.
part lain yang wear and tear normal, seperti ban dan kampas rem. selebihnya bawaan asli motor. dan motor masih going strong.
Sekarang jadi seperti baru lagi motornya.

ngeluarin duit buat restorasi motor ini kerasa enteng, soalnya restorasi motor satu lagi (RGR th 1991) harga partnya aje gile.
enaknya klo mesin msh bagus, kita bisa fokus sama hal2 lain.

RGR kan emg kelasnya motor sport om hahaha. :big_peace:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Post by lexnic »

rakyatwkwkland wrote: Mon May 06, 2024 9:06 Nubi turut numpang nyimak oom

Kebetulan juga ada motor bebek yg blm jadul2 amat tapi udah otw tua. Lumayan ane sayang juga. Jadi diusahakan semuanya memang dalam kondisi prima.

Sejauh yg ane rasakan sih ya, tantangan piara motor tua begini, kayanya kalau mau cari body part yang ORI (bukan KW) rada syulit ya oom. Kalo plastik2 pake yang kw dulu pernah dibilangin orang bengkel katanya lebih rawan getas ketimbang yg orinya. Tadinya ane pengen ganti plastik2 body motor ane yg udah pada mulai kusem dan beberapa titik mulai retak, tp karena blm nemu yg ori jadinya urung dulu dehh...
body part ori ini emg tantangan tersendiri om. klo pas nemu & harganya cocok, berasa kyk nemu harta karun hahaha. :mky_02:

utk body part, saya carinya pelan2 aja om. klo pas nemu & harga cocok ya dibeli. klo gk nemu ato harganya dirasa kemahalan, saya skip dulu. pengecualian di cover aki, ujung2nya saya beli yg aftermarket. so far kualitasnya ok kok, biarpun gk original Yamaha.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Post by lexnic »

vincewonk wrote: Mon May 06, 2024 9:17 kbetulan saya juga lg bangun kymco metica 2001 nih py om, 17thn dia jogrok didalam gudang dan kondisi ga idup. tp py saya udah hampir selesai sih, sisa beberapa part aj khususnya di body.
nanti mungkin saya akan coba buka thread serupa deh.

untungnya di motor saya kmnya baru 38rb, jd amin masih sehat banget. bahkan karbunya juga.
ditunggu thread nya om :big_exellent:
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1651
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Post by lemonadelovers »

btw motor gini pajaknya setahun brp om?
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: VQ35DE{|}CVT
Eco Mode
DDiS 1.3 by Fiat Multijet
1NR-VE
K10C
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Post by lexnic »

lemonadelovers wrote: Tue May 07, 2024 9:32 btw motor gini pajaknya setahun brp om?
total (PKB + SWDKLLJ) skitar 80000an per thn.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1632
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Post by pengendiesel »

lexnic wrote: Mon May 06, 2024 2:35
yg pnya om 2 tak ato 4 tak? klo 2 tak, fuel cons nya hebat jga tuh bisa smpe 1:50 utk umur & odo segitu. saya gk pernah ukur detail di Alfa soalnya isi bensinnya antara 3 minggu sekali ato kadang malah sebulan sekali. maklum, jaraknya deket2 doang hehehe. skrg odometernya msh 41k. :mky_01:

mslh karat ini pasti muncul klo sering kepanasan & kehujanan. pnya saya jga ada karat di beberapa titik (swing arm blkg, cover rantai, jeruji di velg jari2, dll). gk smpe keropos, cuma nyebelin aja klo diliat. sementara dibiarin dulu, klo ada waktu & dana bru planning buat full repaint.
pengendiesel wrote: Mon May 06, 2024 1:42 Rencana dipake sampe jebol.
Kenapa gak ganti motor baru? Well, nambah duitnya gak worth it buat saya, dengan fungsi yang sama persis
sama om hahaha. saya jarang liat motor bebek baru, kbnykn orang2 lbh suka pake skutik. trus motor bebek yg kelasnya menengah (misal supra x ato jupiter series) jga harganya udh 19jt ke atas. sbenernya motor bebek itu enak soalnya giginya bisa dioper sesuai keperluan kita tanpa msti tarik kopling, sayang kapasitas bagasinya kecil2.
4 tak om.
Kalo saya pribadi, nilai plus skutik cuma di dek ratanya, meskipun skutik2 "macho" sudah gak rata lagi. Lainnya mending bebek kemana2, apalagi kena cvt yang kerjaannya cuma gredek dan ngguuunnnggg.

Dulu keluarga saya punya alfa ii, yang warna item strip merah, knalpot non racing. Saya belajar motor pake ini, kebut2an pake ini, jatuh n nabrak beberapa kali pake ini. Kalo saya lebih suka 2 tak yang pake knalpot racing, suaranya lebih garing ting ting ting ting. Kalo yg non knalpot racing, kebanyakan mendem suaranya
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Post by lexnic »

pengendiesel wrote: Thu May 09, 2024 2:32 4 tak om.
Kalo saya pribadi, nilai plus skutik cuma di dek ratanya, meskipun skutik2 "macho" sudah gak rata lagi. Lainnya mending bebek kemana2, apalagi kena cvt yang kerjaannya cuma gredek dan ngguuunnnggg.

Dulu keluarga saya punya alfa ii, yang warna item strip merah, knalpot non racing. Saya belajar motor pake ini, kebut2an pake ini, jatuh n nabrak beberapa kali pake ini. Kalo saya lebih suka 2 tak yang pake knalpot racing, suaranya lebih garing ting ting ting ting. Kalo yg non knalpot racing, kebanyakan mendem suaranya
setuju nih sama yg di bold, selain di beberapa skutik jga ada yg bagasinya volumenya gede. minus terbesar skutik buat saya ya di transmisinya soalnya perpindahan gigi gk bisa diatur sesuai keperluan kita (misal butuh engine brake di turunan ato butuh turunin ke gigi lbh rendah pas tanjakan).

pas awal2 belajar naik motor, buat saya Alfa ini (ato mngkin semua bebek 2 tak jga bgini) gasnya responsif bgt soalnya cuma digas dikit motornya lngsung maju ahahaha :mky_01: . klo knalpot, berhubung saya orang yg suka standaran aja, jdi udh happy dgn knalpot bawaannya. paling klo mau suaranya bergemerincing, silencer nya sering2 dibersihin aja.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 226
Joined: Wed Mar 30, 2022 12:00
Location: Jakarta

Re: Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Post by lexnic »

kmrn abis ganti oli mesin. fun fact, sbenernya lbh tepat dibilang oli transmisi karena di mesin 2 tak, oli mesin (yg berlabel 4T) cuma dipake utk melumasi transmisi motor. sedangkan yg dipake utk melumasi mesin adalah oli samping (yg berlabel 2T).

terakhir kali ganti skitar pertengahan thn lalu (lupa pas odometer brapaan). pikir2, skalian ngecek kondisi olinya setelah motor diservis besar bulan lalu. kali ini dikerjakan sndiri di rmh. alat yg diperlukan gk bnyk sih:
1. baskom utk menampung oli bekas.
2. kunci socket dgn mata socket ukuran 17mm.

saya lupa foto oli bekasnya, secara visual msh agk bening tapi sudah mulai menghitam (mirip kyk minyak goreng yg udh dipake beberapa kali). kapasitas bak oli Yamaha Alfa 0,8 L dan dri pengamatan saya, oli yg keluar dri bak tdk smpe 0,8 L (mngkin hanya skitar 0,5 - 0,6 L). mngkin efek dri rembes akibat seal kruk as kiri yg getas.

kali ini saya pake PTT MaxPlus 4T 20W-40 (tahun lalu saya pake Castrol Activ 4T 20W-50) karena kebetulan belinya barengan dgn oli samping PTT Challenger 2T. ini pengalaman pertama pake PTT MaxPlus 4T, nnti akan saya update lg setelah dipake agk lama. sbenernya gk ada keluhan selama pake Castrol Activ, lbh ke kpingin explore merk lain aja.

oli samping (L) & oli mesin (R).jpg

utk oli samping, selama ini saya top up rutin tiap sebulan sekali. sekali top up mngkin skitar 0,1 - 0,2 L karena dri dulu gk pernah dibiarkan smpe bener2 habis. saya gk berani isi trlalu banyak karena klo smpe meluap bakal sulit utk bersihin tumpahannya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Project Alfa (1988 Yamaha V100)

Post by daimler »

pengendiesel wrote: Thu May 09, 2024 2:32 -cut-

4 tak om.
Kalo saya pribadi, nilai plus skutik cuma di dek ratanya, meskipun skutik2 "macho" sudah gak rata lagi. Lainnya mending bebek kemana2, apalagi kena cvt yang kerjaannya cuma gredek dan ngguuunnnggg.

Dulu keluarga saya punya alfa ii, yang warna item strip merah, knalpot non racing. Saya belajar motor pake ini, kebut2an pake ini, jatuh n nabrak beberapa kali pake ini. Kalo saya lebih suka 2 tak yang pake knalpot racing, suaranya lebih garing ting ting ting ting. Kalo yg non knalpot racing, kebanyakan mendem suaranya
dek rata ini emg nilai plusnya skutik, bisa naro barang2 sama kalo hujan kakinya ga gampang kotor kena cipratan ban motor kita sendiri. sama bbrpa skutik bagasinya lebih besar vs bebek yg selevel kelasnya. ngomongin cvt gredek ini banyak yg nyaranin mangkok kopling gandanya dibolong2in biar melepas panas lebih cepat dimari ada yg udh coba di skutiknya?
denger2 skutik suka gredek karena kotoran kampas ganda di mangkoknya penuh dan ga ada tempat pembuangannya, jd lebih rawan kepanasan jg mangkok gandanya. beda sama bebek yg kotoran kampas ganda bakal ngumpul semua di tgh2 kampas gandanya. CMIIW
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif