Background
Keluarga kami punya 1 sepeda motor Yamaha Alfa (klo di STNK tertulisnya Yamaha V100) keluaran tahun 1988. Ya, ini Yamaha Alfa generasi pertama yg blm double starter sehingga msh menggunakan engkol utk starternya. Desainnya msh cenderung kotak2, senada dgn saingannya di masa tsb. Suspensi depan teleskopik berwarna silver. Utk suspensi blkg, swing arm berwarna silver & shockbreaker yg digunakan msh tertutup cover hitam silver. Ya, mostly warna yg digunakan di bagian bawah adalah silver, termasuk ke blok mesin, cover rantai, hingga tutup tromol depan & blkg. Utk warna, varian milik kami adalah hitam dgn sayap berwarna putih (matching dgn cover akinya) & striping sederhana berwarna coklat emas. Kapasitas mesin 100cc dgn 4 percepatan. Sayap putih ini udh gk dipasang (saya gk tau apakah rusak ato emg sengaja dilepas supaya lbh ramping).
Dulu motor ini dibeli bokap sebagai kendaraan harian. Namun gk sempat dipakai lama (mungkin hanya 10000 km pertama saja dipakai rutin) karena keburu beli mobil. Sehingga akhirnya motor ini hanya dipakai untuk pergi jarak dekat saja. Lucunya, kita udh beberapa kali ganti mobil namun motor ini msh setia terparkir di garasi rumah hahaha. Motor ini terasa spesial bagi saya karena saya belajar naik motor menggunakan Yamaha Alfa ini. Dri motor ini juga, saya belajar cara merawat kendaraan dgn baik (gk sekedar pake doang) yg mana terbawa smpe skrg.
Kombinasi dri starter engkol, bobot yg agk berat (dulu bagi saya motor ini agk berat, skrg sih enteng2 aja), mesin 2 tak cukup jdi bahan tertawaan di kalangan teman2. Pernah diledek kyk bajaj lah, mesin fogging lah (pdhl motor ini asapnya tdk trlalu pekat), cuma saya anggap sebagai angin lalu saja hahaha.
Motor ini sempat sering saya gunakan di periode 2007-2013 sebelum pindah ke kota lain untuk kuliah. Periode 2014-2016, motor dipakai oleh adik sebelum akhirnya ia juga pindah ke kota lain untuk kuliah. Sesudah masa2 tsb, motor tetap dipakai oleh keluarga kami walaupun frekuensi pemakaian tidak setinggi ketika saya maupun adik saya masih bersekolah. Sisanya lebih banyak nganggur di rmh. Sampai titik ini, kondisi eksterior motor benar2 tidak terawat (walaupun utk mesin tidak ada masalah karena oli samping, oli mesin, dan busi tetap diperhatikan dgn baik). Mika lampu sein depan kiri pecah; spion kiri patah; cover aki pecah akibat plastiknya lapuk; cat yg kusam (dan terkelupas di beberapa titik); karat yg mulai menggerogoti beberapa titik di swing arm & cover rantai.
Normal Maintenance
IMO, merawat motor ini sangat gampang. Sejak awal, bokap cuma pesan 3 hal:
- Oli samping gk boleh kurang.
- Busi harus dicek berkala (dibersihkan klo udh kotor) supaya gk berebet.
- Oli mesin gk boleh kurang.
Utk poin 2, awalnya saya gk terbiasa karena betul2 awam mengenai mesin. Blm lg membuka busi (bagi saya yg msh SMP wktu itu) agk sulit. Namun lama2 jdi kebiasaan & akhirnya malah jdi gampang. Yg pnting, slalu sedia 1 busi cadangan di tas toolkit buat jaga2.
Utk poin 3, karena ini adalah motor 2 tak, penggantian oli mesinnya bisa lbh lama. Biasanya hanya saya top up saja klo levelnya dirasa kurang & jika udh terlalu hitam (dan perpindahan gigi terasa kasar) bru saya kuras habis. Biasanya pake Castrol yg 20W-50.
3 poin ini msh bisa dikerjakan sndiri di rmh sehingga bisa dibilang motor hanya ke bengkel klo pekerjaannya dirasa gk possible utk kita kerjain sndiri. Enaknya motor tua, olinya gk perlu pake yg full synthetic. Jdi bisa agk ngirit klo beli oli. Bensin selalu RON 92.
O ya, knapa saya gk mention mengenai rantai? Ini karena rantai motor tertutup oleh cover (ya, bener2 ketutup full sama covernya). Keuntungannya, rantai jdi gk gmpng kotor. Cuma sebulan ato 2 bulan sekali tetep hrus dicek & dilumasi supaya gk kering.
The Beginning
Ide untuk merestorasi terlintas di awal tahun 2023. Saat itu, saya iseng2 cari mika lampu sein utk motor ini di internet. Bulan Mei 2023, saya menemukan penjual di toko ijo yg menjual sepasang mika lampu sein depan Yamaha Alfa original NOS (new old stock) seharga 65000. Bagi saya, harganya cukup menarik & karena barang NOS, langsung saya beli. 2 hari kemudian, barang tsb saya terima. Agk sedikit kecewa karena warnanya berbeda dengan bawaan motor. Mika yg saya beli berwarna smoked orange sedangkan bawaan motor adalah orange. Namun setidaknya mika baru ini bisa dipasang dengan baik di motor (walaupun jadinya agk belang dengan mika lampu sen belakang) sehingga tidak perlu pake lakban bening lg utk menutupi mika lama yg pecah hahaha.
Mika lampu sein depan udh beres, saya jdi lbh bersemangat utk hunting part berikutnya yaitu cover aki. Saya menggunakan cara yg sama, browsing2 di internet saat waktu senggang. Namun ternyata untuk cover aki, cukup sulit untuk menemukan barang original Yamaha. Jika ktmu, barangnya copotan dri motor lain (biasanya copotan dri Alfa II ato Alfa II R) dan warnanya beda dgn bawaan motor saya (putih, rata2 copotan selalu berwarna hitam, merah, biru, dll). Atau klo NOS, harga yg ditawarkan cenderung tinggi. Akhirnya saya menemukan barang yg dicari (sepasang cover aki warna putih), lagi2 di toko ijo, dgn harga yg cukup masuk akal (132000) namun bukan original Yamaha. Berhubung mendesak, akhirnya saya segera beli barang tsb. Ketika saya terima, saya cukup puas dengan barangnya (walaupun bukan original Yamaha), setidaknya bisa terpasang dengan baik di motor.
Saat ini, saya msh berusaha mencari spion original Yamaha untuk menggantikan spion kiri yg patah. Namun karena blm ktmu (klo nemu pun harganya cenderung gk ngotak), akhirnya smpe skrg spion patah tsb msh terpasang di motor. Pikir2, karena dipake jarak dekat aja hrusnya gk akan jdi mslh. Paling kudu lbh hati2 saat belok ato manuver ke kiri.
Next, saya akan bahas masalah terbesar (so far?) yg dialami oleh motor ini.