Menata Cylender Head
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Fri Jul 25, 2008 6:22
Menata Cylender Head
Halo...
Saya mau nanya nih, bengkel mana ya yg emang jago soal cylender head sekalian mau gedein klep...
Saya mau nanya nih, bengkel mana ya yg emang jago soal cylender head sekalian mau gedein klep...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Menata Cylender Head
kalau yg dimaksud adalah PnP,... nampaknya Rev Engineering kebon jeruk boleh disambangi jg tuh...
gedein klep ?....whewwww !
gedein klep ?....whewwww !
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Fri Jul 25, 2008 6:22
Re: Menata Cylender Head
Dari informasi yg gue dapet dengan ubahan cylender head yang pas plus pengapian yang pas tanpa perlu nge gedein kapasitas mesin bisa bersaing dengan mesin yg cc nya lebih besar.
Nah yang jadi masalah isi cylender head itu khan banyak... kira kira mulai dari mana dulu ya??
modif porting, benahin klep, atau ngebentuk ruang bakar ya??? secara budget terbatas nih bro.. jadi maunya bertahap...
Nah yang jadi masalah isi cylender head itu khan banyak... kira kira mulai dari mana dulu ya??
modif porting, benahin klep, atau ngebentuk ruang bakar ya??? secara budget terbatas nih bro.. jadi maunya bertahap...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Menata Cylender Head
IMO, better dimulai dari basic saja, yaiu PnP... ini kan udah termasuk skir klep juga.
jgn lupa, cek di Dyno, before n afternya... shg akan terlihat perbedaannya (yg biasanya sgt berasa).
jgn lupa, cek di Dyno, before n afternya... shg akan terlihat perbedaannya (yg biasanya sgt berasa).
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Menata Cylender Head
Wah menarik neh...ane baru pernah denger, lanjut deh interest and learning.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Menata Cylender Head
betul meneer andie, pnp adalah cara paling sederhana (dan murah mungkin...) modifikasi mesin utk meningkatkan performa.andy1800 wrote:IMO, better dimulai dari basic saja, yaiu PnP... ini kan udah termasuk skir klep juga.
jgn lupa, cek di Dyno, before n afternya... shg akan terlihat perbedaannya (yg biasanya sgt berasa).
saya sudah buktikan itu
meskipun tidak secara terukur/data (dengan dyno-test), hanya "feeling" saya yg menyatakan performa berubah membaik dan bukan karena sugesti
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Menata Cylender Head
ane coba tengok cylinder head..lalu ane bengong..di apain neh..besi..di ubah fisiknya atau gemana,,tulung dung para suhu kasih penjelasan yang sederhana dan bisa masuk ke otak ane yang udah kadang eror..ke..ke..ke Plz
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Menata Cylender Head
weleh para pakar belon pada mau angkat bicara neh...hayoh Bro Andy kasih penjelasanya Dong..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Menata Cylender Head
weh...sepi neh topik..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Menata Cylender Head
wah apaan tuh serem banget bentuknya
bengkel propis lagi diskon tuh katanya, pmp, jadi irit begitulah klaimnya, akselerasi.
cuma kayanya ga pake angle job, cuman pmp doangan. mungkin jg sekir klep sekalian.
bengkel propis lagi diskon tuh katanya, pmp, jadi irit begitulah klaimnya, akselerasi.
cuma kayanya ga pake angle job, cuman pmp doangan. mungkin jg sekir klep sekalian.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Menata Cylender Head
Pnp + piggy back dastek unichip = mak nyus!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Menata Cylender Head
oh cuman itukah..itu kan istillahnya lah pengerjaan gemanah?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Menata Cylender Head
intinya aja ya, tanpa bubut head-cyl & tanpa PnP (penghalusan & penyesuaian ukuran-aliran saluran intake-exhaust), tanpa turun blok mesin; karena pernah liat cuma ga detail banget sih.
selain tools, siapkan parts:
Packing top-set untuk pengerjaan sektor head-cyl aja, packing full-set kalo untuk sekalian ganti ring-piston. komponen inti packing top-set original adalah gasket head-cyl dan seal klep x 16.
timing-belt & tensioner, kalo diperlukan utk sekalian ganti.
lem gasket utk seal valve cover & gasket karter atau lainnya jika perlu.
grinding paste utk skir klep.
filter oli, oli mesin, gemuk(kalo perlu), coolant, busi, amplas kasar&halus (harus tanya montir), kape (sebutan untuk "mengerok" kerak kepala klep yg membatu/membandel).
lepas terminal2 aki, lepas exhaust manifold (juga intake, yg ini bisa dilepas belakangan), selang2 dan socket2 sekitar head.
buang seluruh coolant, & oli mesin.
lepas noken-as, rocker-arm & head (baut nya rada keras kalo belum pernah bongkar)
lepas semua klep dari kubah ruang bakar.
kerok kerak klep sampai bersih pakai "grinding paste", perhatikan bagian batang klep yg bersinggungan dgn seal-klep jangan sampai baret2 or oli jadi bisa menerobos lewat sini nantinya.
bersihkan juga kerak di head-cyl: pada kubah ruang bakar dan saluran intake - exhaust, bisa pakai amplas.
Copot-ganti seal klep, lumasi pasang lagi klep2 nya, ini yg keliatannya rada susah.
copot-ganti gasket head-cyl dgn yg baru.
Dial crankshaft agar piston #1 & #4 atau #2 & #3 pada TDC (top position), posisi piston ini keliatan dari atas bagian blok mesin yg terbuka.
pasang head-cyl di blok mesin, harusnya pakai urutan prosedur & pengencangan dgn torsi tertentu pada setiap baut.
lumasi, pasang noken-as & rocker-arm pada head-cyl (juga pengencangan dgn torsi tertentu), sesuaikan noken-as dgn posisi nomor2 piston yg mana aja yg pada top position setelah penyesuaian di dial crank tadi.
pasang timing-belt sesuaikan dgn posisi cam, nah ini harus tanya montir nih.
pasang kedua manifold, selang2, socket2 dll.
isi oli mesin, isi coolant.
pasang busi, cover klep, dll
pasang terminal2 aki, start mesin, ini agak susah pada awalnya karena saluran bahan bakar sempat terputus.
kalo mesin udah nyala, agak berasap putih di knalpot bbrp saat, ini wajar karena sebagian sisa pelumas ruang bakar & seal klep tadi yg ikut terbakar sampai habis.
biarkan hidup selama 30-60menit tanpa beban sebelum dijalankan, sambil dengar kenormalan suara mesin.
cmiiw..
kalo dgn ganti piston / ring-piston,mungkin bisa simak disini:
http://saft7.com/?p=282
selain tools, siapkan parts:
Packing top-set untuk pengerjaan sektor head-cyl aja, packing full-set kalo untuk sekalian ganti ring-piston. komponen inti packing top-set original adalah gasket head-cyl dan seal klep x 16.
timing-belt & tensioner, kalo diperlukan utk sekalian ganti.
lem gasket utk seal valve cover & gasket karter atau lainnya jika perlu.
grinding paste utk skir klep.
filter oli, oli mesin, gemuk(kalo perlu), coolant, busi, amplas kasar&halus (harus tanya montir), kape (sebutan untuk "mengerok" kerak kepala klep yg membatu/membandel).
lepas terminal2 aki, lepas exhaust manifold (juga intake, yg ini bisa dilepas belakangan), selang2 dan socket2 sekitar head.
buang seluruh coolant, & oli mesin.
lepas noken-as, rocker-arm & head (baut nya rada keras kalo belum pernah bongkar)
lepas semua klep dari kubah ruang bakar.
kerok kerak klep sampai bersih pakai "grinding paste", perhatikan bagian batang klep yg bersinggungan dgn seal-klep jangan sampai baret2 or oli jadi bisa menerobos lewat sini nantinya.
bersihkan juga kerak di head-cyl: pada kubah ruang bakar dan saluran intake - exhaust, bisa pakai amplas.
Copot-ganti seal klep, lumasi pasang lagi klep2 nya, ini yg keliatannya rada susah.
copot-ganti gasket head-cyl dgn yg baru.
Dial crankshaft agar piston #1 & #4 atau #2 & #3 pada TDC (top position), posisi piston ini keliatan dari atas bagian blok mesin yg terbuka.
pasang head-cyl di blok mesin, harusnya pakai urutan prosedur & pengencangan dgn torsi tertentu pada setiap baut.
lumasi, pasang noken-as & rocker-arm pada head-cyl (juga pengencangan dgn torsi tertentu), sesuaikan noken-as dgn posisi nomor2 piston yg mana aja yg pada top position setelah penyesuaian di dial crank tadi.
pasang timing-belt sesuaikan dgn posisi cam, nah ini harus tanya montir nih.
pasang kedua manifold, selang2, socket2 dll.
isi oli mesin, isi coolant.
pasang busi, cover klep, dll
pasang terminal2 aki, start mesin, ini agak susah pada awalnya karena saluran bahan bakar sempat terputus.
kalo mesin udah nyala, agak berasap putih di knalpot bbrp saat, ini wajar karena sebagian sisa pelumas ruang bakar & seal klep tadi yg ikut terbakar sampai habis.
biarkan hidup selama 30-60menit tanpa beban sebelum dijalankan, sambil dengar kenormalan suara mesin.
cmiiw..
kalo dgn ganti piston / ring-piston,mungkin bisa simak disini:
http://saft7.com/?p=282
Last edited by GTR on Wed Dec 24, 2008 2:50, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Menata Cylender Head
kalo di barengi dengan penggantian setang piston, piston yg berbahan ringan dan kuat(dgn ukuran persis sama), serta puli2 nya jg, kira2 makin maknyus gak yah?esh wrote:Pnp + piggy back dastek unichip = mak nyus!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1727
- Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41
Re: Menata Cylender Head
wah blue print dong, semua ditimbang supaya sama berat, sama ukuran,bahan yang ringan dan kuat (terutama untuk high rpm dan turbo/supercarjer). intinya reciprocating/rotating weight di seimbangkan, supaya putaran jadi ringan, seimbang/ga getar dan tetap kuat. ada jg yang potong piston skirt, modifikasi dome (puncak piston) macem2 dah..terutama buat balap, kalo buat fast street sih ga perlu2 amat kan.
sama kaya suspensi, misalnya di BMW, unsprung weight (berat komponen suspensi terutama yang ga terdukung langsung oleh suspensi) dibuat seringan mungkin, pake aluminium, untuk mengurangi momen2 yang ga diperlukan, dan juga mempertajam feel. sayangnya ya jadi mahal komponennya karena pake aluminium. selain besi cor, ada jg yang pake pressed steel (besi pres) tapi kurang kuat karena ga rigid.
sama kaya suspensi, misalnya di BMW, unsprung weight (berat komponen suspensi terutama yang ga terdukung langsung oleh suspensi) dibuat seringan mungkin, pake aluminium, untuk mengurangi momen2 yang ga diperlukan, dan juga mempertajam feel. sayangnya ya jadi mahal komponennya karena pake aluminium. selain besi cor, ada jg yang pake pressed steel (besi pres) tapi kurang kuat karena ga rigid.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Menata Cylender Head
Lah ini yang ane tunggu ..tengyu Bro Gtr ..
ane rada terbuka neh otak,dan pengembangan referensi ane tambhani sendiri.
ane rada terbuka neh otak,dan pengembangan referensi ane tambhani sendiri.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1266
- Joined: Fri Dec 26, 2008 7:55
- Location: 64112
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Fri Jul 25, 2008 6:22
Re: Menata Cylender Head
Waw, kalo ngerjain sendiri sih gue paling banter nyekir klep, ( itu juga yg bongkar dan pasangnya orang lain, gue cuma kebagian muter2in klep He he he
Dari pengalaman waktu sering ngikut ngebangun mesin buat drag kelas 3.1 sebenernya ubahan paling banyak dan paling mahal justru dipengapian.
aik in
kalo di mesin sendiri karena regulasi dan kelas yg paling deket dgn street performance ya paling semua lubang porting digedein dikit trus dihalusin, lalu papas head dikit,trus permak camshaft, lebih sip lagi piston dan head dilapis keramik. Terahir balancing kruk as,
Pake paking versi kompetisi biar gak percuma papas headnya. o ya pompa bensin juga digedein dong biar lancar jaya bensinnya.
Nah yg paling banyak ngeluarin duit itu ya modul pengapian, kalo jaman dulu sih sampe ada yg pake coil helicopter segala.
Dari pengalaman waktu sering ngikut ngebangun mesin buat drag kelas 3.1 sebenernya ubahan paling banyak dan paling mahal justru dipengapian.
aik in
kalo di mesin sendiri karena regulasi dan kelas yg paling deket dgn street performance ya paling semua lubang porting digedein dikit trus dihalusin, lalu papas head dikit,trus permak camshaft, lebih sip lagi piston dan head dilapis keramik. Terahir balancing kruk as,
Pake paking versi kompetisi biar gak percuma papas headnya. o ya pompa bensin juga digedein dong biar lancar jaya bensinnya.
Nah yg paling banyak ngeluarin duit itu ya modul pengapian, kalo jaman dulu sih sampe ada yg pake coil helicopter segala.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
Re: Menata Cylender Head
sori bro semua. Ini khan 2wheels. Maksudnya pd bahas moge atau apa ya? soalnya sounds like multi cylinder .. mirip mobil malahan.. (no offense lho bro)..
Kalau utk motor, cobain ini deh, melawan arus
http://mototuneusa.com/thanx.htm
baca dari artikel 16 - 20 ..
Kalau utk motor, cobain ini deh, melawan arus
http://mototuneusa.com/thanx.htm
baca dari artikel 16 - 20 ..
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya