additiv oli

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

additiv oli

Post by m4rio »

menurut bro semua penggunaan additive oli gini perlu gk sih ya????
apa additive ini di pake kalao pas oli mineral saja???
dulu ane pernah pake oli yang jenis nya semi sintetik, trus di campur dengan additive oli, nah hasilnya malahan olinya terlalu kentel, jadi pas pagi hari starter timbul suara tek tek tek tek setelah beberapa menit baru ilang itu suaranya, karena terlalu kentel jadi olinya lama naik kali ya.
trus ane juga pernah coba pas oli udah waktunya ganti, ane tambahin aja additive oli, dulu mikirnya sih supaya bisa lebih panjang lagi pakainya, dan oliNYA udah gk terlalu jadi kentel lgi kalo pas pagi....
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: additiv oli

Post by sjamsul »

m4rio wrote:menurut bro semua penggunaan additive oli gini perlu gk sih ya????
apa additive ini di pake kalao pas oli mineral saja???
dulu ane pernah pake oli yang jenis nya semi sintetik, trus di campur dengan additive oli, nah hasilnya malahan olinya terlalu kentel, jadi pas pagi hari starter timbul suara tek tek tek tek setelah beberapa menit baru ilang itu suaranya, karena terlalu kentel jadi olinya lama naik kali ya.
trus ane juga pernah coba pas oli udah waktunya ganti, ane tambahin aja additive oli, dulu mikirnya sih supaya bisa lebih panjang lagi pakainya, dan oliNYA udah gk terlalu jadi kentel lgi kalo pas pagi....
maksud nt additive jenis apa nih............ krn setau ane ada 2 jenis additiiv oli.... yg satu buat oli yg satunya lagi buat metal, klo setau ane disebut dg metal treatment.......... sedangkan klo buat oli disebut oil treatment............
dua2nya sih oke2 aja, tergantung dari sudut mana memandangnya.......................

suara tek2 di mbl nt bukan disebabkan ama olinya yg terlalu kental dll, tp disebabkan krn oli belum masuk ke oil filter....... jadi bisa bunyi tek2... gituuu....
untuk mengatasi bunyi2an spt ini, ada baiknya nt ganti oli filter yg lbh kecil n original......... jangan yg aspal.............. :e-whistle:

(tulisan ini didasarkan pengalaman ane saat msh pake kijang super)...............
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: additiv oli

Post by m4rio »

gk om, sebelomnya juga gpp, pas pake additive baru deh muncul itu suara. nah setelah jalan beberapa rbu km itu suara ilang lgi om.
baru keliatan kemana aja om??????
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27188
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: additiv oli

Post by DOHC »

emang knapa bro mario pake2 aditip gtuan ?? ane sigh rada kurang percaya ama aditip2 gtuan... mendingan ganti oli lebi sering ama pake oli yg agak bagusan aja...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: additiv oli

Post by m4rio »

itu dulu broo. ane pake gituan tapi skrg udah kgk lgi.
ane juga skrg mending milih ganti oli tepat waktu dan pake oli yang ane percaya. heheheheh
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: additiv oli

Post by sjamsul »

m4rio wrote:gk om, sebelomnya juga gpp, pas pake additive baru deh muncul itu suara. nah setelah jalan beberapa rbu km itu suara ilang lgi om.
baru keliatan kemana aja om??????
hmmm...... sayangnya input dari nt ga gitu detail.... jadi rada susah analisanya................ :e-doh: ....

biasa mar..... khan namanya juga rakyat kecil, jadi ane jarang2 bisa ol lama2.... krn sibuk bantingin tulang tiap hari.......... :upss:
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: additiv oli

Post by Prive »

m4rio wrote:menurut bro semua penggunaan additive oli gini perlu gk sih ya????
apa additive ini di pake kalao pas oli mineral saja???
dulu ane pernah pake oli yang jenis nya semi sintetik, trus di campur dengan additive oli, nah hasilnya malahan olinya terlalu kentel, jadi pas pagi hari starter timbul suara tek tek tek tek setelah beberapa menit baru ilang itu suaranya, karena terlalu kentel jadi olinya lama naik kali ya.
trus ane juga pernah coba pas oli udah waktunya ganti, ane tambahin aja additive oli, dulu mikirnya sih supaya bisa lebih panjang lagi pakainya, dan oliNYA udah gk terlalu jadi kentel lgi kalo pas pagi....
apa nggak mendingan beli oli yg specnya lebih bagus aja Om, kalo terlalu kentel kan skrg banyak oli sintetis yang encer dan malah bisa bikin FC lebih irit tuh - cmiiw, mungkin pakar smers oli yg lain bisa nambahin secara banyak spec di oli (gak cuma sae & api service doang), ada TBN, dll gitu, Om Turboman mungkin bisa kasih pencerahan nih
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: additiv oli

Post by doq »

umm.....sy kurang ngerti spek2 teknikal ato chemical dr oli, cm inget dulu pernah d kasi tau sm bokap.........klo oli yg bagus/speknya tinggi, sdh tdk perlu penambahan oil treatment lagi..........krn sifatnya menambah "vitamin" pd oli mesin, yg mana sdh tersedia lengkap pd oli2 ber spek tinggi

nah....yg msh blom sy mengerti, oli yg seperti apakah yg pantas d sebut oli berspek tinggi?apakah d liat dr kandungannya??daya tahannya??

mohon pencerahan.......:ungg:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: additiv oli

Post by sjamsul »

doq wrote:umm.....sy kurang ngerti spek2 teknikal ato chemical dr oli, cm inget dulu pernah d kasi tau sm bokap.........klo oli yg bagus/speknya tinggi, sdh tdk perlu penambahan oil treatment lagi..........krn sifatnya menambah "vitamin" pd oli mesin, yg mana sdh tersedia lengkap pd oli2 ber spek tinggi

nah....yg msh blom sy mengerti, oli yg seperti apakah yg pantas d sebut oli berspek tinggi?apakah d liat dr kandungannya??daya tahannya??

mohon pencerahan.......:ungg:
liat aja api servisnya doq..... misalkan buat mbl bensin SF, SG, SH, dst..... makin akhir makin bagus kualitas olinya (menurut abjad)..... saat ini ane ga tau, dah sampe mana itu spec olinya...... :e-think: ....
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27188
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: additiv oli

Post by DOHC »

so far, paling modern masi api SM...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: additiv oli

Post by m4rio »

emang biasa untuk tau kualitasnya lioat dari API nya, semakin ke mendekati Z maka makin bagus itu oli.... itu kalo bensin nah kalo oli diesel kan ada yang pake angka tuh misalkan CH-4 nah arti 4 ini apa ya?????

sama ini nih, kan ada oli yang bisa di pake buat 2 mesin bensin dan diesel, nah bagus gk ya?? secara kalo kerja diesel kan jauh lebih berat dari bensin. kyk CASTROL magnatec kan bisa buat bensin ama diesel tuh kalo liat spesifikasinya. tapi kebanyakan kan di pake buat mesin bensin.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: additiv oli

Post by imsus2c »

m4rio wrote:emang biasa untuk tau kualitasnya lioat dari API nya, semakin ke mendekati Z maka makin bagus itu oli.... itu kalo bensin nah kalo oli diesel kan ada yang pake angka tuh misalkan CH-4 nah arti 4 ini apa ya?????
Hanya tebakan nih...syukur kalau bener...

Huruf C menandakan tipikal mesin (Compression/Commercial, alias Diesel)
Huruf H menandakan persyaratan/tuntutan performa
Angka 4 menunjukkan tipe cara kerja mesin, jadi konteks ini maksudnya Mesin Diesel 4-langkah (4 Strokes)

Secara umum, CH-4 maksudnya pelumas Mesin Diesel 4 langkah (4 strokes) untuk standard emisi thn 1998 (saat pelumas tipe ini dikeluarkan) dgn bahan bakar bersulfur rendah.

Umumnya pelumas diesel saat ini API service-nya CH-4 dan CI-4/CI-4 Plus, yg terakhir ini untuk standard emisi thn 2002 keatas yg umumnya mesin dieselnya sudah dilengkapi converter dan EGR

Untuk mesin diesel yg sudah advance, standard emisi 2007 crdi dan menggunakan bahan bakar bersulfur ultra rendah, sudah pake pelumas CJ-4

Kira kira CH-4 dan CI-4/CI-4plus ini setara jika di mesin bensin SL/SM

Monggo silakan dikoreksi atau ditambahi dari yg lebih ahli....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: additiv oli

Post by imsus2c »

m4rio wrote: sama ini nih, kan ada oli yang bisa di pake buat 2 mesin bensin dan diesel, nah bagus gk ya?? secara kalo kerja diesel kan jauh lebih berat dari bensin. kyk CASTROL magnatec kan bisa buat bensin ama diesel tuh kalo liat spesifikasinya. tapi kebanyakan kan di pake buat mesin bensin.
betul meneer, kerja mesin diesel lebih berat daripada mesin bensin
untuk itu, secara kasarnya, jika pelumas mesin bensin jika dipake msein diesel biasanya api service-nya berkurang 2-4 grade.

kalau castrol magnatec dijadikan contoh, lihat aja api service-nya

kebetulan saya juga pake castrol magnatec, jadi masih inget api service-nya.

api service castrol magnatec SM/CF, jadi jika dipake di mesin bensin, dia sampai level SM tapi kalo di mesin diesel, levelnya cuman CF

nah, tinggal sekarang lihat persyaratan pelumas mesin diesel kita, kalo cuman minta CF, pasti bisa, tapi kalo diatasnya (misalnya sudah CH-4), berarti TIDAK BISA alias JANGAN DIPAKAI
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: additiv oli

Post by imsus2c »

Ini urutan api service mesin bensin (diurutkan dari yg paling lama/rendah) --> sekalian ngejawab post-nya meneer sjam jang ini tempo soedah djadie moderator poenja.... :frm_salut:
sjamsul wrote: liat aja api servisnya doq..... misalkan buat mbl bensin SF, SG, SH, dst..... makin akhir makin bagus kualitas olinya (menurut abjad)..... saat ini ane ga tau, dah sampe mana itu spec olinya...... :e-think: ....
1. SA --> murni tanpa additive, sudah ga dibikin lagi
2. SB --> sudah tdk dibikin lagi
3. SC --> teknologi 1964, tdk produksi lg
4. SD --> teknologi 1968, tdk produksi lg
5. SE --> teknologi 1972, tdk produksi lg
6. SF --> teknologi 1980, tdk produksi lg
7. SG --> teknologi 1989, tdk produksi lg
8. SH --> teknologi 1994, tdk produksi lg
9. SJ --> teknologi 1997, msh ada yg produksi tapi mulai jarang
10. SL --> teknologi 2001, umumnya oli skrg tipe ini
11. SM --> teknologi terakkhir, thn 2004, sudah banyak yg mulain produksi tipe ini tapi belum semuanya

Nah, kalau ada yg nanya, yg "I" dan "K" kemana...? Wah....saya jg ga tahu meneer, kan bukan saya yg tentukan pengkodeannya :upss:
Last edited by imsus2c on Mon Oct 26, 2009 15:31, edited 2 times in total.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: additiv oli

Post by imsus2c »

ini yg diesel
1. CA --> teknologi thn 1954, sdh tdk produksi lg
2. CB --> sama dgn diatas tapi cocok utk bbm bersulfur lbh tinggi
3. CC --> teknologi thn 1964, sdh tdk produksi lg
4. CD --> sama dengan diatas
5. CD-II --> sama dgn diatas tpi dirancang untuk mesin diesel 2 strokes
6. CE --> teknologi thn 1983 dgn tambahan turbo, sdh tdk diproduksi lg
7. CF --> sama dgn diatas, dengan tambahan sulfur di bbm-nya dan bisa untuk sistem indirect injection
8. CF-2 --> sama dgn diatas, dirancang untuk mesin diesel 2 strokes
9. CF-4 --> teknologi thn 1988, mesin diesel 4 strokes dan bisa diterapkan di mesin diesel yg pakai turbo
10. CG-4 --> teknologi thn 1995, mulai adanya pengurangan sulfur di bbm
11. CH-4 --> teknologi 1998, dimana putaran optimum/rpm mesin diesel sudah mulai lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya
12. CI-4/CI-4 Plus --> teknologi 2002, dimana kontrol emisi mulai diterapkan dgn adanya converter dan EGR
13. CJ-4 --> teknologi 2007, untuk mesin diesel yg advance, dimana power sudah lebih besar tapi emisi jauh lebih rendah. contohnya untuk mesin crdi yg sdh advance

semoga membantu....jika ada yg kurang, mohon dikoreksi :drinking:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27188
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: additiv oli

Post by DOHC »

kalo buka2 manual book mobil2 dirumah ane, lucu jg yah, panther ane mintanya minimum CC atau CD, trus kalo yg civic minta nya yg SG atau SH.... buset dahh, ternyata mobil2 dibawah taon 2000 itu rata2 pake mesin super jadul yahh... :e-think: :e-think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: additiv oli

Post by sjamsul »

imsus2c wrote:ini yg diesel
1. CA --> teknologi thn 1954, sdh tdk produksi lg
2. CB --> sama dgn diatas tapi cocok utk bbm bersulfur lbh tinggi
3. CC --> teknologi thn 1964, sdh tdk produksi lg
4. CD --> sama dengan diatas
5. CD-II --> sama dgn diatas tpi dirancang untuk mesin diesel 2 strokes
6. CE --> teknologi thn 1983 dgn tambahan turbo, sdh tdk diproduksi lg
7. CF --> sama dgn diatas, dengan tambahan sulfur di bbm-nya dan bisa untuk sistem indirect injection
8. CF-2 --> sama dgn diatas, dirancang untuk mesin diesel 2 strokes
9. CF-4 --> teknologi thn 1988, mesin diesel 4 strokes dan bisa diterapkan di mesin diesel yg pakai turbo
10. CG-4 --> teknologi thn 1995, mulai adanya pengurangan sulfur di bbm
11. CH-4 --> teknologi 1998, dimana putaran optimum/rpm mesin diesel sudah mulai lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya
12. CI-4/CI-4 Plus --> teknologi 2002, dimana kontrol emisi mulai diterapkan dgn adanya converter dan EGR
13. CJ-4 --> teknologi 2007, untuk mesin diesel yg advance, dimana power sudah lebih besar tapi emisi jauh lebih rendah. contohnya untuk mesin crdi yg sdh advance

semoga membantu....jika ada yg kurang, mohon dikoreksi :drinking:
dah lengkap banget nih bro imsus...... tengkyu ya..... ane jadi bisa belajar lagi nih...... :frm_tumbright:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: additiv oli

Post by sjamsul »

DOHC wrote:kalo buka2 manual book mobil2 dirumah ane, lucu jg yah, panther ane mintanya minimum CC atau CD, trus kalo yg civic minta nya yg SG atau SH.... buset dahh, ternyata mobil2 dibawah taon 2000 itu rata2 pake mesin super jadul yahh... :e-think: :e-think:
yg penting khan ga keujanan saat bepergian........ :upss: ...........
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: additiv oli

Post by imsus2c »

DOHC wrote:kalo buka2 manual book mobil2 dirumah ane, lucu jg yah, panther ane mintanya minimum CC atau CD, trus kalo yg civic minta nya yg SG atau SH.... buset dahh, ternyata mobil2 dibawah taon 2000 itu rata2 pake mesin super jadul yahh... :e-think: :e-think:
wajar meneer....lifetime teknologi mesin bisa sampai 20 tahun lebih..., apalagi jika tipe mesinnya terbukti bandel

biaya R&D mesin baru kan ga murah....mungkin malah lebih mahal daripada bikin tipe mobil model baru, cmiiw...

lihat aja karimun yg pertama, masih pake mesin carry/katana yg sdh ada sejak 1980an...

jadi kalo mobil thn 2000an tp bukan pake msin baru, bisa jadi teknologi mesinnya sdh dikembangkan akhir thn 1970an/awal 1980an
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: additiv oli

Post by imsus2c »

sjamsul wrote:
imsus2c wrote:ini yg diesel
1. CA --> teknologi thn 1954, sdh tdk produksi lg
2. CB --> sama dgn diatas tapi cocok utk bbm bersulfur lbh tinggi
3. CC --> teknologi thn 1964, sdh tdk produksi lg
4. CD --> sama dengan diatas
5. CD-II --> sama dgn diatas tpi dirancang untuk mesin diesel 2 strokes
6. CE --> teknologi thn 1983 dgn tambahan turbo, sdh tdk diproduksi lg
7. CF --> sama dgn diatas, dengan tambahan sulfur di bbm-nya dan bisa untuk sistem indirect injection
8. CF-2 --> sama dgn diatas, dirancang untuk mesin diesel 2 strokes
9. CF-4 --> teknologi thn 1988, mesin diesel 4 strokes dan bisa diterapkan di mesin diesel yg pakai turbo
10. CG-4 --> teknologi thn 1995, mulai adanya pengurangan sulfur di bbm
11. CH-4 --> teknologi 1998, dimana putaran optimum/rpm mesin diesel sudah mulai lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya
12. CI-4/CI-4 Plus --> teknologi 2002, dimana kontrol emisi mulai diterapkan dgn adanya converter dan EGR
13. CJ-4 --> teknologi 2007, untuk mesin diesel yg advance, dimana power sudah lebih besar tapi emisi jauh lebih rendah. contohnya untuk mesin crdi yg sdh advance

semoga membantu....jika ada yg kurang, mohon dikoreksi :drinking:
dah lengkap banget nih bro imsus...... tengkyu ya..... ane jadi bisa belajar lagi nih...... :frm_tumbright:
sama-sama meneer... :drinking:
kita disini kan saling barter pengetahuan.... :off_good_job:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: additiv oli

Post by Prive »

afaik, kalo ndak salah ya, C = compression combustion, S = sparkplug combustion
cmiiw
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: additiv oli

Post by imsus2c »

Prive wrote:afaik, kalo ndak salah ya, C = compression combustion, S = sparkplug combustion
cmiiw
betul meneer, asal mulanya:
S = Spark Ignition --> tipikal mesin bensin/gasoline/petrol
C = Compression Ignition --> tipikal mesin diesel

namun sekarang banyak yg mengartikan (bahkan oleh API sekalipun):
S = Service
C = Commercial

http://new.api.org/certifications/engin ... _GUIDE.pdf
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: additiv oli

Post by m4rio »

imsus2c wrote:ini yg diesel
1. CA --> teknologi thn 1954, sdh tdk produksi lg
2. CB --> sama dgn diatas tapi cocok utk bbm bersulfur lbh tinggi
3. CC --> teknologi thn 1964, sdh tdk produksi lg
4. CD --> sama dengan diatas
5. CD-II --> sama dgn diatas tpi dirancang untuk mesin diesel 2 strokes
6. CE --> teknologi thn 1983 dgn tambahan turbo, sdh tdk diproduksi lg
7. CF --> sama dgn diatas, dengan tambahan sulfur di bbm-nya dan bisa untuk sistem indirect injection
8. CF-2 --> sama dgn diatas, dirancang untuk mesin diesel 2 strokes
9. CF-4 --> teknologi thn 1988, mesin diesel 4 strokes dan bisa diterapkan di mesin diesel yg pakai turbo
10. CG-4 --> teknologi thn 1995, mulai adanya pengurangan sulfur di bbm
11. CH-4 --> teknologi 1998, dimana putaran optimum/rpm mesin diesel sudah mulai lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya
12. CI-4/CI-4 Plus --> teknologi 2002, dimana kontrol emisi mulai diterapkan dgn adanya converter dan EGR
13. CJ-4 --> teknologi 2007, untuk mesin diesel yg advance, dimana power sudah lebih besar tapi emisi jauh lebih rendah. contohnya untuk mesin crdi yg sdh advance

semoga membantu....jika ada yg kurang, mohon dikoreksi :drinking:


mantap nih info broo... kalo untuk diesel terus terang ane masih pusing soal specNYA, beda ama bensin yang lebih gampang di pahami.
coba ah tar habis ini panther ane, ane coba oli yang CI-4 / CI-4 plus.
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: additiv oli

Post by sjamsul »

m4rio wrote: mantap nih info broo... kalo untuk diesel terus terang ane masih pusing soal specNYA, beda ama bensin yang lebih gampang di pahami.
coba ah tar habis ini panther ane, ane coba oli yang CI-4 / CI-4 plus.
coba diperhatikan ya mar........ dipelajari juga baik2.... jangan ampe lupa tuhhh......... :upss: .......
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: additiv oli

Post by doq »

wah........meneer imsus otaknya uda ky perpustakaan otomotif.......smuanya lengkap hehehehehe :mrgreen: thx oom :thanks: nambah lagi ilmu sy....
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator