Mohon suhu2 SMers sama Pajero and CRQ owner kasih pencerahannya.
Untuk Oom Momod, kalau repost mohon oindahin ke thread yang ada............
![Eusa pray :e-pray:](./images/smilies/eusa_pray.gif)
![Eusa pray :e-pray:](./images/smilies/eusa_pray.gif)
![Eusa pray :e-pray:](./images/smilies/eusa_pray.gif)
![Eusa pray :e-pray:](./images/smilies/eusa_pray.gif)
![Eusa pray :e-pray:](./images/smilies/eusa_pray.gif)
![Eusa pray :e-pray:](./images/smilies/eusa_pray.gif)
![Eusa pray :e-pray:](./images/smilies/eusa_pray.gif)
![Eusa pray :e-pray:](./images/smilies/eusa_pray.gif)
![Eusa pray :e-pray:](./images/smilies/eusa_pray.gif)
![Eusa pray :e-pray:](./images/smilies/eusa_pray.gif)
![Thanks :thanks:](./images/smilies/emo_thanks.gif)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Iya Om gmx, kabin atapnya relatif rendah. Klo ruang kaki tengah untuk SUV dgn wheel base relatif pendek cukup lapang, hanya sandaran jok tengah agak tegak. Mau dimodif direbahin mentok ban serep, klo mau ban serep pake tire hanger dibelakang. Bagasi belakang cukup besar lumayanlah bisa bawa 4 koper ukuran 25 kg, klo kurang pasang roof rack di atas.gmx wrote:kalo cherokee, thread-nya di sini --> http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... =12&t=7022
lho kok gmx yang pake pajero malah ngomongin cherokee.. hehehe..
kalo pajero 90an, berarti generasi 2 ya kayak pajero gw.. apa yang mau ditanyain nih om..
pajero gen 2, setau gw ada yg long wheel base dan ada yg short wheel base. untuk mesinnya ada beberapa option
bensin V6 3000cc, engine 6G72, hanya option ini yang LWB yang masuk ke indonesia via ATPM
bensin V6 3500cc, engine 6G74
diesel 2800cc TDi, engine 4M40T
diesel 2500cc TDi, engine 4D56T
kalo mau aman tidur nyenyak ga pusing spare part, pake yang ATPM hehehe
kalo cherokee 4000cc, setau gw, powernya gede banget asik, tapi cabin cukup sempit, dan spare part after marketnya juga banyak, makanya banyak kompornya untuk modif ini itu, jadilah JEEP Just Empty Every Pocket hehehe..
drivetrain mirip, kalo di pajero ada 2H-4H-4HLc-4LLc udah ada center diff lock, di cherokee juga ada parttime 4wd dan fulltime 4wd, plus ada LSD di belakang CMIIW.. kalo buat jalan2 touring AKAP, pake pajero enak banget.. kalo mau untuk offroad, cherokee salah satu jagoannya.. enaknya punya dua2nya om.. (jadi pengen nyari cherokee..)
pajero om gmx mah dengan PS/fortie/everest 4x4 baru juga gak kalah lah...gmx wrote:iya yaa? pantesan ngga slip, ntar gw baca2 lagi..
tambahin nih beda pajero dengan cherokee adalah, kalo pajero itu mobil rally yang masih perlu kecepatan tinggi, kalo offroad light to middle sih masih bisa, kalo cherokee itu mobil offroad, light to extreme.. Rally dan Offroad itu kan beda..
yang saya bold dan warnain itu maksudnya transmisi matic pajero apa cherokee om? kalo maksudnya pajero, apakah memang transmisinya bandel bisa diajak kasar2an itu maksudnya bisa diajak offroad gitu om? atau mungkin pengertian bandel bisa diajak kasar2an maksudnya penggunaan yang lain?firawan6275 wrote:Iya Om gmx, kabin atapnya relatif rendah. Klo ruang kaki tengah untuk SUV dgn wheel base relatif pendek cukup lapang, hanya sandaran jok tengah agak tegak. Mau dimodif direbahin mentok ban serep, klo mau ban serep pake tire hanger dibelakang. Bagasi belakang cukup besar lumayanlah bisa bawa 4 koper ukuran 25 kg, klo kurang pasang roof rack di atas.
semua jok udah kulit plus electric reclining di depan. Panel dashboard walaupun jadul tapi fungsional, tale tellnya cukup komplit. Selain indikator std di mobil lain, ada indikator low wiper fluid, malfunction indication bulb.Tekanan oli ada gaugenya dlm satuan Bar dan temp gaugenya real dgn Deg Celcius, electric compass, outside thermometer, delay head light shut down.
Yg enak lagi, transmisi matic responsif dan bandel bisa diajak kasar2an. Klo mau dibandingin Pajero dan cherokee agak susah krn peruntukkannya agak berbeda walaupun sama2 SUV. Klo mau jalan dgn keluarga besar AKAP lbh enak bawa pajero, klo cherokee batas nyamannya 4 org walaupun bisa 5 org. Klo dilihat lbh dalam, dua mobil ini msh ada bau-bau familinya. Chrysler join dgn mitsu utk membuat atau memasarkan (rebadge) mobil2nya, coba aja lihat service manual atau part catalog cherokee. Alternatornya ada yg dr mitsubishi.
kalo dari postingan2 om gmx tentang kenyamanan Gen 2, keknya PS kalah telak om. tapi kalo ngeliat komen orang tentang triton di offroad, keknya PS menang (dikit?) dari pajero Gen 2.maskopat wrote:pajero om gmx mah dengan PS/fortie/everest 4x4 baru juga gak kalah lah...gmx wrote:iya yaa? pantesan ngga slip, ntar gw baca2 lagi..
tambahin nih beda pajero dengan cherokee adalah, kalo pajero itu mobil rally yang masih perlu kecepatan tinggi, kalo offroad light to middle sih masih bisa, kalo cherokee itu mobil offroad, light to extreme.. Rally dan Offroad itu kan beda..![]()
mau mid offroad hayo... mau touring oke..
Maksudnya cherokee Om, bandel disini maksudnya ndak rewel/ jarang problem dan sentakannya mirip kayak mobil dgn transmisi manual. Klo mau dibawa off road juga ndak perlu khawatir rewel berkubang air dan lumpur. Biasanya transmisi matic yg dikontrol elektronik rentan terhadap air dan lumpur (dr tesimoninya Bro Billy). Mode transmisi ada dua : power dan comfort, sy pun jarang pake mode power krn mode Comfortnya aja udah responsif. Kick down sangat responsif, sentak gas sedikit speed turun satu tingkat. Klo mendadak hrs akselarasi spontan cukup disentak dan mobil lsg melejit. Seandainya kick down ini msh belum cukup (akselerasi msh lambat) sentak dikit lagi posisi speed maticnya turun ke speed lbh rendah dan mobil lsg melejit.zweifellos wrote:yang saya bold dan warnain itu maksudnya transmisi matic pajero apa cherokee om? kalo maksudnya pajero, apakah memang transmisinya bandel bisa diajak kasar2an itu maksudnya bisa diajak offroad gitu om? atau mungkin pengertian bandel bisa diajak kasar2an maksudnya penggunaan yang lain?firawan6275 wrote:Iya Om gmx, kabin atapnya relatif rendah. Klo ruang kaki tengah untuk SUV dgn wheel base relatif pendek cukup lapang, hanya sandaran jok tengah agak tegak. Mau dimodif direbahin mentok ban serep, klo mau ban serep pake tire hanger dibelakang. Bagasi belakang cukup besar lumayanlah bisa bawa 4 koper ukuran 25 kg, klo kurang pasang roof rack di atas.
semua jok udah kulit plus electric reclining di depan. Panel dashboard walaupun jadul tapi fungsional, tale tellnya cukup komplit. Selain indikator std di mobil lain, ada indikator low wiper fluid, malfunction indication bulb.Tekanan oli ada gaugenya dlm satuan Bar dan temp gaugenya real dgn Deg Celcius, electric compass, outside thermometer, delay head light shut down.
Yg enak lagi, transmisi matic responsif dan bandel bisa diajak kasar2an. Klo mau dibandingin Pajero dan cherokee agak susah krn peruntukkannya agak berbeda walaupun sama2 SUV. Klo mau jalan dgn keluarga besar AKAP lbh enak bawa pajero, klo cherokee batas nyamannya 4 org walaupun bisa 5 org. Klo dilihat lbh dalam, dua mobil ini msh ada bau-bau familinya. Chrysler join dgn mitsu utk membuat atau memasarkan (rebadge) mobil2nya, coba aja lihat service manual atau part catalog cherokee. Alternatornya ada yg dr mitsubishi.
kalo masalah kenyamanan, itu subyektif om, tiap orang beda penilaiannya, masalahnya saya belum pernah naik PS, om kopat mungkin bisa kasih review. tapi perlu dijelaskan pajero generasi berapa dulu.. kalo pajero baru dibanding dengan PS baru... hehehe... saya rasa kita tau jawabannyazweifellos wrote: kalo dari postingan2 om gmx tentang kenyamanan Gen 2, keknya PS kalah telak om. tapi kalo ngeliat komen orang tentang triton di offroad, keknya PS menang (dikit?) dari pajero Gen 2.
tapi mendingan kita tanya sama yang dah berpengalaman dengan offroad ajalah. biar lebih ngepas jawabannya.
ah, kalo om gmx udah ngerasa enak bgt naek gen 2, trus kalo ga salah om ryco juga gen 2 ya om? om ryco pun bilang nyaman bgt pajero nya buat touring (saya lupa gen 2 apa gen lebin baru). saya berani ngambil kesimpulan pajero gen 2 jauh lebih nyaman dari PS (buat penumpang) karena opini2 dari pengalaman om2 dan juga dari nyoba PS yang suspensinya (buat saya pribadi) kurang enak buat penumpang (baru sebatas nyoba bangku depan aja sih), jauh lebih enak innova.gmx wrote:kalo masalah kenyamanan, itu subyektif om, tiap orang beda penilaiannya, masalahnya saya belum pernah naik PS, om kopat mungkin bisa kasih review. tapi perlu dijelaskan pajero generasi berapa dulu.. kalo pajero baru dibanding dengan PS baru... hehehe... saya rasa kita tau jawabannyazweifellos wrote: kalo dari postingan2 om gmx tentang kenyamanan Gen 2, keknya PS kalah telak om. tapi kalo ngeliat komen orang tentang triton di offroad, keknya PS menang (dikit?) dari pajero Gen 2.
tapi mendingan kita tanya sama yang dah berpengalaman dengan offroad ajalah. biar lebih ngepas jawabannya.
kalo offroad juga belum pernah, karena belum pernah offroad bareng PS nih, belum ada yang tega kayaknya nyiksa PS.. lagi pula kalo nyoba kemampuan offroad 2 jenis kendaraan harusnya dengan driver yang sama, karena faktor terbesar dalam offroad adalah the man behind the wheel.. mobil dengan power dan fitur offroad yang lengkap bisa kalah dengan mobil yang sederhana.. bisa dihitung berapa kali cherokee kalah dan jimny menang dalam kompetisi..
kalo saya yang nyoba PS untuk offroad, kemampuan saya (yang masih culun ini) pasti juga akan turun drastis.. sayang lah PS masih kinyis2 dipake offroad.. saya aja kalo lagi offroad bawa pajero hati tetep terasa ter-iris.. apalagi bawa PS, langsung bubar balik kanan deh.. beda dengan misalnya kantor om fellos beli PS memang sengaja untuk operasional ke lapangan...
oo transmisi buat cherokee maksudnya. mantap bgt ya, sampe 2 level 'injak dalam' buat akselerasi.firawan6275 wrote:Maksudnya cherokee Om, bandel disini maksudnya ndak rewel/ jarang problem dan sentakannya mirip kayak mobil dgn transmisi manual. Klo mau dibawa off road juga ndak perlu khawatir rewel berkubang air dan lumpur. Biasanya transmisi matic yg dikontrol elektronik rentan terhadap air dan lumpur (dr tesimoninya Bro Billy). Mode transmisi ada dua : power dan comfort, sy pun jarang pake mode power krn mode Comfortnya aja udah responsif. Kick down sangat responsif, sentak gas sedikit speed turun satu tingkat. Klo mendadak hrs akselarasi spontan cukup disentak dan mobil lsg melejit. Seandainya kick down ini msh belum cukup (akselerasi msh lambat) sentak dikit lagi posisi speed maticnya turun ke speed lbh rendah dan mobil lsg melejit.
Klo kekuatan di medan off road mungkin Bro Billy yg bisa kasih testimoni, Hallo Bro Billy??
Merawat tranmisi maticnya pun tdk ribed, asal oli oli matic jumlahnya cukup (tdk boleh kurang atau lebih dr batas aman) dan tdk ada indikasi terkontaminasi atau gosong (krn selip). Klo Pajero naksir krn interior lbh lega, bisa bawa lbh banyak penumpang, desain gagah. Sy yakin dgn ketangguhan engine dan power trainnya, lebih nyaman mungkin karena suspensi depan independent dan belakang udah pake coil. Sayangnya travel roda jd lbh terbatas dibanding rigid axle krn IFS.
Pilih cherokee krn nampak lbh ramping, GC lbh tinggi tp tinggi bodi lbh rendah. Lbh enak muter klo ketemu U-turn dan lbh pede klo ketemu jalan keriting dan komponent suspensi yg bergerak lbh sedikit. Tapi klo ada duit juga mau pake pajero, tentu sesuai dgn aplikasinya.
Klo Pajero saya lbh pilih yang diesel, selain lbh ekonomis engine diesel mitsu ndak usah diragukan durabilitasnya. Sayangnya dulu chrysler cuma pasang engine mitsu 4D55T di Dodge RAM yg msh saudaraan sama Jeep. Coba klo 4D56Tdi dipasang juga di Cherokee, bisa jadi pilihan yang menggiurkan!! Merawatnya mudah, spare partsnya banyak, mekanik yg paham banyak dan tdk rewel.zweifellos wrote: oo transmisi buat cherokee maksudnya. mantap bgt ya, sampe 2 level 'injak dalam' buat akselerasi.
kalo pajero keknya memang lebih ke mobil keluarga atau mobil perjalanan jauh ke luar kota buat mencari kenyamanan khususnya sebagai penumpang kali ya om.
thanks bgt om review dan penjelasannya.
pajero ryco sama kok dengan pajero saya, cuma beda warna aja dan ryco udah ditambah bullbar, winch, roof-rack, ban Maxxis Bighorn MT 32, namanya juga dia sih emang offroader.. per sekarang ini lagi dia pake touring ke kopeng, ambarawa dll bersama KTI (Klub Trooper). Ryco kalo touring bawa keluarga pasti bawa pajero, tapi kalo offroad biasa pake landyzweifellos wrote: ah, kalo om gmx udah ngerasa enak bgt naek gen 2, trus kalo ga salah om ryco juga gen 2 ya om? om ryco pun bilang nyaman bgt pajero nya buat touring (saya lupa gen 2 apa gen lebin baru). saya berani ngambil kesimpulan pajero gen 2 jauh lebih nyaman dari PS (buat penumpang) karena opini2 dari pengalaman om2 dan juga dari nyoba PS yang suspensinya (buat saya pribadi) kurang enak buat penumpang (baru sebatas nyoba bangku depan aja sih), jauh lebih enak innova.
tapi kalo masalah offroad, saya sebelumnya memang murni ngebayangin aja jadi memang sama sekali ga beralasan.
tapi susah nyarinya om, ngga masuk ATPM, kecuali Pajero Sportfirawan6275 wrote: Klo Pajero saya lbh pilih yang diesel, selain lbh ekonomis engine diesel mitsu ndak usah diragukan durabilitasnya. Sayangnya dulu chrysler cuma pasang engine mitsu 4D55T di Dodge RAM yg msh saudaraan sama Jeep. Coba klo 4D56Tdi dipasang juga di Cherokee, bisa jadi pilihan yang menggiurkan!! Merawatnya mudah, spare partsnya banyak, mekanik yg paham banyak dan tdk rewel.
jujur aja, sejak gabung SM (yang tentunya sejak ngebaca thread pajero), saya kemakan betul ama omongan om2 yang punya pajero tentang kenikmatan di dalam pajero. sampe sekarang penasaran gimana enaknya sih.gmx wrote:pajero ryco sama kok dengan pajero saya, cuma beda warna aja dan ryco udah ditambah bullbar, winch, roof-rack, ban Maxxis Bighorn MT 32, namanya juga dia sih emang offroader.. per sekarang ini lagi dia pake touring ke kopeng, ambarawa dll bersama KTI (Klub Trooper). Ryco kalo touring bawa keluarga pasti bawa pajero, tapi kalo offroad biasa pake landyzweifellos wrote: ah, kalo om gmx udah ngerasa enak bgt naek gen 2, trus kalo ga salah om ryco juga gen 2 ya om? om ryco pun bilang nyaman bgt pajero nya buat touring (saya lupa gen 2 apa gen lebin baru). saya berani ngambil kesimpulan pajero gen 2 jauh lebih nyaman dari PS (buat penumpang) karena opini2 dari pengalaman om2 dan juga dari nyoba PS yang suspensinya (buat saya pribadi) kurang enak buat penumpang (baru sebatas nyoba bangku depan aja sih), jauh lebih enak innova.
tapi kalo masalah offroad, saya sebelumnya memang murni ngebayangin aja jadi memang sama sekali ga beralasan.
ngga apa2 lah om, bebas aja ngebayangin PS dipake offroad... ada sukarelawan? hahahaha.. cuma tetep buat offroad sih enakan cherokee, terutama karena dimensi, power, dan ketangguhan matic-nya
maksud om via ATPM ga ada pajero diesel?gmx wrote:tapi susah nyarinya om, ngga masuk ATPM, kecuali Pajero Sportfirawan6275 wrote: Klo Pajero saya lbh pilih yang diesel, selain lbh ekonomis engine diesel mitsu ndak usah diragukan durabilitasnya. Sayangnya dulu chrysler cuma pasang engine mitsu 4D55T di Dodge RAM yg msh saudaraan sama Jeep. Coba klo 4D56Tdi dipasang juga di Cherokee, bisa jadi pilihan yang menggiurkan!! Merawatnya mudah, spare partsnya banyak, mekanik yg paham banyak dan tdk rewel.
jangan terlalu kemakan om, nanti malah kecewa, soalnya pasti beda naik pajero gen 2 yang umurnya udah belasan tahun dengan PS, Fortuner, Everest yang masih kinyis2 fitur2nya lebih modern..zweifellos wrote: jujur aja, sejak gabung SM (yang tentunya sejak ngebaca thread pajero), saya kemakan betul ama omongan om2 yang punya pajero tentang kenikmatan di dalam pajero. sampe sekarang penasaran gimana enaknya sih.![]()
kalo masalah offroad, ga usah pajero atau cherokee asal gardan dua dan kondisi mobil bagus saya dah dengan senang hati ngebawanya ke lumpur. apalagi bannya dah ban cangkol. alamak sedapnya.
pajero yang masuk ATPM:zweifellos wrote: maksud om via ATPM ga ada pajero diesel?
btul pisan om....firawan6275 wrote: Maksudnya cherokee Om, bandel disini maksudnya ndak rewel/ jarang problem dan sentakannya mirip kayak mobil dgn transmisi manual. Klo mau dibawa off road juga ndak perlu khawatir rewel berkubang air dan lumpur. Biasanya transmisi matic yg dikontrol elektronik rentan terhadap air dan lumpur (dr tesimoninya Bro Billy). Mode transmisi ada dua : power dan comfort, sy pun jarang pake mode power krn mode Comfortnya aja udah responsif. Kick down sangat responsif, sentak gas sedikit speed turun satu tingkat. Klo mendadak hrs akselarasi spontan cukup disentak dan mobil lsg melejit. Seandainya kick down ini msh belum cukup (akselerasi msh lambat) sentak dikit lagi posisi speed maticnya turun ke speed lbh rendah dan mobil lsg melejit.
Klo kekuatan di medan off road mungkin Bro Billy yg bisa kasih testimoni, Hallo Bro Billy??
Merawat tranmisi maticnya pun tdk ribed, asal oli oli matic jumlahnya cukup (tdk boleh kurang atau lebih dr batas aman) dan tdk ada indikasi terkontaminasi atau gosong (krn selip). Klo Pajero naksir krn interior lbh lega, bisa bawa lbh banyak penumpang, desain gagah. Sy yakin dgn ketangguhan engine dan power trainnya, lebih nyaman mungkin karena suspensi depan independent dan belakang udah pake coil. Sayangnya travel roda jd lbh terbatas dibanding rigid axle krn IFS.
Pilih cherokee krn nampak lbh ramping, GC lbh tinggi tp tinggi bodi lbh rendah. Lbh enak muter klo ketemu U-turn dan lbh pede klo ketemu jalan keriting dan komponent suspensi yg bergerak lbh sedikit. Tapi klo ada duit juga mau pake pajero, tentu sesuai dgn aplikasinya.
gimana ga kemakan om, yang dibaca komennya positif terus tentang kenyamanan dalam mobil pajero. keknya lom ada yang bilang dalam pajero ga nyaman.gmx wrote:jangan terlalu kemakan om, nanti malah kecewa, soalnya pasti beda naik pajero gen 2 yang umurnya udah belasan tahun dengan PS, Fortuner, Everest yang masih kinyis2 fitur2nya lebih modern..
mantap dah baru beli ban MT! karena second, mungkin malah jadi lebih enak kali ya, jadi lebih tega menghajarnya.gmx wrote:saya baru tadi siang beli ban dueler MT second tapi masih bagus, belum dipasang, jadi pengen cepet nyobain hehehe
wah, cuman gen 3 aja ya yang diesel. apa memang lebih diminati yang bensin ya? sampe PS-upgrade pun yang mo dimasukin versi bensinnya.gmx wrote:pajero yang masuk ATPM:
gen 2 bensin V6 3000cc, 6G72, 1995-1998
gen 3 turbo diesel intercooler 3200cc, 4M41T, 2000-2003
gen 4 bensin 3800cc, 2007-now