Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Waaahhhh jadi kebanyakan mbahas matik malah tambah pening nih... hihihihi... Thanks banget penjelasan para pakar...
Jadi kalau dirangkum, sebenernya lebih worth matik ya dalam artian.. secara akselerasi "kurang-lebis" aja dibanding manual (untuk pajero DID 2000)???
kalau konsumsi bensin/Solar dan maintenance matik gimana tuh.....???
zweifellos wrote:
oh iya, lancer maksudnya. sori sori. kok bisa lupa ya.
tipe exceed maksudnya gimana om?
trus maticnya gimana? ada berapa jenis sih matic di mitsubishi?
*sori lagi2 oot
yang jelas lebih dari 3.. untuk invecs, ada 3 macem...
tapi invecs I sudah gak dipake lagi sepertinya.
invecs II untuk kelas berat di SUV
kalo invecs III untuk sedan.. http://en.wikipedia.org/wiki/INVECS
satu lagi, yang paling advance ada di evo X. twin-clutch SST.
sedang di triton, itu matik konvensional. mungkin serupa dengan yang di fortie atau everest matic... cmiiw. tapi bedanya di fortie ada shift gate, sedangkan di triton dan everest, lempeng aja..
ane kagak ngarti shift gate ini gunanya apa, sepertinya sekedar ngasih feeling ke pengemudi posisi tuas aja. soalnya kalo lempeng kayak everest, harus lihat odometer untuk melihat posisi tuas...
shift gate bisa jg utk safety om.... kan kalo model2 lurus gt, bahaya jg kalo misalnya lagi nyetir tiba2 ada anak kecil maen2 trus ketendang tuas nya ke posisi N.... scara kalo dari D ke N kan cuman tinggal di geser doank.... nah dgn adanya shift gate ini... resiko tsb dapat di minimalisir....
kalo dr yang saya rasakan, tuas model shift gate juga membantu pengemudi untuk mengetahui posisi gigi/stick dengan hanya merasakan posisi tuasnya tanpa melihat indikator di speedo.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
jalu wrote:kalo dr yang saya rasakan, tuas model shift gate juga membantu pengemudi untuk mengetahui posisi gigi/stick dengan hanya merasakan posisi tuasnya tanpa melihat indikator di speedo.
maksud kak jalu cuman dengan dielus2 gitu bisa tau si batang itu ada di mana ya??
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC wrote:
shift gate bisa jg utk safety om.... kan kalo model2 lurus gt, bahaya jg kalo misalnya lagi nyetir tiba2 ada anak kecil maen2 trus ketendang tuas nya ke posisi N.... scara kalo dari D ke N kan cuman tinggal di geser doank.... nah dgn adanya shift gate ini... resiko tsb dapat di minimalisir....
kalo ke N, rasanya hampir semuanya tinggal ditowel doang deh... termasuk model shift gate atau invecs.. cmiiw..
bahkan yang manual pun bisa ditowel dari gigi 3-5 ke N... cobain aja deh... sambil lepas gas tentunya ya...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC wrote:
shift gate bisa jg utk safety om.... kan kalo model2 lurus gt, bahaya jg kalo misalnya lagi nyetir tiba2 ada anak kecil maen2 trus ketendang tuas nya ke posisi N.... scara kalo dari D ke N kan cuman tinggal di geser doank.... nah dgn adanya shift gate ini... resiko tsb dapat di minimalisir....
kalo ke N, rasanya hampir semuanya tinggal ditowel doang deh... termasuk model shift gate atau invecs.. cmiiw..
bahkan yang manual pun bisa ditowel dari gigi 3-5 ke N... cobain aja deh... sambil lepas gas tentunya ya...
betul om kopat....walopun model gate, tapi posisi gigi N & D pasti berada pada satu alur lurus...
tapi gerakan nya scara vertikal kann.... bukanya horizontal kaya model lurus.... jadi bisa minimalisir resiko ketendag atau kesenggol anak kecil atau barang dari arah blakang gt....
maskopat wrote:maksud kak jalu cuman dengan dielus2 gitu bisa tau si batang itu ada di mana ya??
DOHC wrote:tapi gerakan nya scara vertikal kann.... bukanya horizontal kaya model lurus.... jadi bisa minimalisir resiko ketendag atau kesenggol anak kecil atau barang dari arah blakang gt....
om kopat ngomongin ngelus2 posisi batang, trus om dohc ngomongin gerakan vertikal.....ini sebenernya lagi bahas apaan yak.....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
DOHC wrote:wahh kayanya iya dehh.... bearti ga ada guna nya donk yah tuh shift gate.... atau mungkin biar keliatan keren doank kali kaya di mobil2 eropa gt...
salah satu bedanya ya pencetan di tuas transmisinya chiong,....
DOHC wrote:tapi gerakan nya scara vertikal kann.... bukanya horizontal kaya model lurus.... jadi bisa minimalisir resiko ketendag atau kesenggol anak kecil atau barang dari arah blakang gt....
anak kecil mana yg iiseng banget ampe mau nendang tuas perseneling...
Trimakasih buat para pakar atas tambahan pengetahuan dan sarannya...
AKHIRNYA... sudah dapat Pajero DID diesel MATIK, kalau nggak salah mesinya 4M40T (dilihat dari no mesinnya 4M41DC3262... bener gak?)
sudah coba.. cukup enak.. kalau di TOL cepet banget naik speednya, tenaganya gede... kecepatan 100-120 gampang banget didapet sampe ngeri, bawa mobil segede itu takut remnya nggak nyampe... maklum biasa bawa mobil kecil. kalau dibanding sama manual bagaimanapun masih responsif yg manual, namun matik pajero ini tidak mengecewakan.
Mohon saran2, apa aja yg mesti dilakuin untuk mobil ini (check ganti part?) ... maklum baru aja pegang nggak ada buku manual (kalau ada yg punya boleh dong di imilin, tau kasih tahu dimana bisa download)....
thanks lagi sebelumnya...
Mr Maskopat :
Ditawarkan 275, tawar kena tawar jatuhnya 253... itu setelah general check di Misubishi pancoran ketahuan kondisinya secara umum masih bagus, Injector katanya masih bagus, ban baru, shock baru, perlu ganti 1 mounting di gearbox Rp600 ribu.... sama ada karet apa gitu di samping ban 200 rebu.. belum sempat ngganti sih. kemahalen nggak ya??
pemilik sebelumnya biasa ngisi solar shell, kalau saya isi solar biasa atau biodiesel gimana ya? secara mungkin sering keluar kota di pantura khan susah cari solar super??
Gimana caranya join milis????
tuqij4n wrote:Bos Hansen : Di Purging itu diapain ya???
Mr Maskopat :
Ditawarkan 275, tawar kena tawar jatuhnya 253... itu setelah general check di Misubishi pancoran ketahuan kondisinya secara umum masih bagus, Injector katanya masih bagus, ban baru, shock baru, perlu ganti 1 mounting di gearbox Rp600 ribu.... sama ada karet apa gitu di samping ban 200 rebu.. belum sempat ngganti sih. kemahalen nggak ya??
pemilik sebelumnya biasa ngisi solar shell, kalau saya isi solar biasa atau biodiesel gimana ya? secara mungkin sering keluar kota di pantura khan susah cari solar super??
Gimana caranya join milis????
coba kirim email ke pajero-indonesia-subscribe@ yahoogroups.com
tapi milisnya rada sepi..
tentang isi bahan bakar, coba baca tret lain deh. kalo gak salah, tangki harus dilapisi dulu agar gak gampang kotor.. detailnya bisa dilihat di link yang ane kasih kemarin itu..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Purging itu semacam carbon clean utk mesin diesel gitu pak....jadi ntar kerak karbon di mesin bakal bersih & performa mesin mirip spt baru... kira2 gitu pak
Tapi purging bisa dilakukan ntar saja, prioritaskan saja dulu ke penggantian parts2nya....hehehehe...
om gmx sering muncul di sana kalo ada yg nanya² tentang pajero. bisa juga baca² threadnya dari halaman pertama.
btw selamat om atas mobil pajeronya. warna apa om? fotonya dong kalo boleh.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
gw keep monitor kok om.. milisnya bukan sepi lagi, tapi mati hehehe.. mungkin karena pajero adalah mobil langka, komunitasnya sedikit, dan bukan dipake untuk hobby, kalo untuk hobby pake jimny, vitara, land rover, taft, FJ.. kalo service coba ke metro tiga berlian sahardjo om, biasanya banyak pajero di sana, gw juga service di sana.. gw juga disarankan ganti mounting transmisi dan gearbox nih, nanti deh next service..
kalo buat serius off road, jimny, taft, FJ.. gak ada matinya dah...
tapi kalo taft, katanya susah cari final gear yang lebih kasar. jadi kalo pake ban gede, pasrah aja dengan gear ratio standar.
back to pajero.. foto nya dong om.. trus, beli di mana nih pajeronya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
gmx wrote:gw keep monitor kok om.. milisnya bukan sepi lagi, tapi mati hehehe.. mungkin karena pajero adalah mobil langka, komunitasnya sedikit, dan bukan dipake untuk hobby, kalo untuk hobby pake jimny, vitara, land rover, taft, FJ.. kalo service coba ke metro tiga berlian sahardjo om, biasanya banyak pajero di sana, gw juga service di sana.. gw juga disarankan ganti mounting transmisi dan gearbox nih, nanti deh next service..
btw, om hendra mulai ngelirik2 pajero lagi nih..
Om Gmx, om Hendra dan om Kopat
Main ke sentul bareng yok !