Antara BMW 318i/320i/323i
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat Apr 03, 2010 11:00
Antara BMW 318i/320i/323i
Ane berencana mo ganti mobil dengan sedan, n minat sama BMW. sesuai budget, dptnya kisaran tahun 96/98.
mohon ulasan para senior donk tentang varian ini..
1. Perawatan
2. ketersedian n harga Sparepart
3. Premium/pertamax (dikota gw cm ada premium)
4. Hal" yg harus diperhatikan sebelum membeli mobil ini..
Thank's untuk masukannya...
mohon ulasan para senior donk tentang varian ini..
1. Perawatan
2. ketersedian n harga Sparepart
3. Premium/pertamax (dikota gw cm ada premium)
4. Hal" yg harus diperhatikan sebelum membeli mobil ini..
Thank's untuk masukannya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3054
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
siap siap aja 100 juta kalau mau OVERHAUL , yah kemana mana kalau nanya KEIRITAN,SPARE PART MURAH DAN TERJANGKAU SEMUA ORANG JUGA TAHU AVANZA ma XENIA itu kelasnya bro kalau BMW ma AUDI nanya keiritan dan spare part salah bikin judul loe
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Apr 07, 2010 5:24
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
boleh saya tahu anda dapat info darimana kalau overhaul bmw itu 100 juta?solar_kerosen wrote:siap siap aja 100 juta kalau mau OVERHAUL , yah kemana mana kalau nanya KEIRITAN,SPARE PART MURAH DAN TERJANGKAU SEMUA ORANG JUGA TAHU AVANZA ma XENIA itu kelasnya bro kalau BMW ma AUDI nanya keiritan dan spare part salah bikin judul loe
saya tanya di bengkel saya cuma 800 rb untuk jasa diluar spare part
@TS:
anda berada di kota mana , kalau di kota besar ketersediaan spare part tidak menjadi masalah, dan perawatan tidak terlalu mahal, bahkan masih lebih mahal altis karena untuk tahun 1996 masih kode e36, spare partnya murah
untuk bensin , di tahun 96 keatas 320i dan 323i tidak bisa dikasih premium tp 318 bisa untuk 318 kalau mesin sehat bisa 1:10 pakai pertamax
hal-hal yang harus diperhatikan saat mau beli mobilnya cari yg interior masih ori, elektrik masih nyala , kaki-kaki sehat
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
Kalau bongkar mesin BMW, jangan di bengkel 800 ribuan gituan deh. Sayang mobilnya aja.
Ready to Race
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 243
- Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
- Location: Java
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
800 ribuan itu tune-up kali bro. overhaul itu maksudnya turun mesin kan? kayanya lebih deh, di bengkel umum sekalipun.
@TS, apakah bener memang maunya BMW? Kalo cuma pengen mobil sedan, dan ketersediaan & harga spare-part, perawatan dianggap penting, masih banyak pilihan lain yang lebih baik.. IMHO lho..
@TS, apakah bener memang maunya BMW? Kalo cuma pengen mobil sedan, dan ketersediaan & harga spare-part, perawatan dianggap penting, masih banyak pilihan lain yang lebih baik.. IMHO lho..
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Apr 07, 2010 5:24
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
800 ribu itu jasa doang, dan cuman ngerapiin, kl ada parts yg diganti yah tambah lg atau ada tambahan lagi yah nambah lagi
selama ini saya make udh 3 tahun ga masalah kok malah dibandingkan lancer masih lebih murah bmw yg sekarang saya pakai ngerawatnya
memang biasa sih pada ga percaya, waktu saya kasih tau shock blakang bilstein cuman 800 rb juga ga ada yg percaya, padahal saya sudah kasih liat kuitansinya...
selama ini saya make udh 3 tahun ga masalah kok malah dibandingkan lancer masih lebih murah bmw yg sekarang saya pakai ngerawatnya
memang biasa sih pada ga percaya, waktu saya kasih tau shock blakang bilstein cuman 800 rb juga ga ada yg percaya, padahal saya sudah kasih liat kuitansinya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
Iya bro, setahu saya kalau bengkel yg pasang harga segitu krn banting harga atau nantinya ada hidden cost. Syukur2 dapat yg pertama, tapi kalau dapat yg kedua mah total - total 20 juta juga keluar buat turun mesin.
Untuk jasa servis ringan kalau BMW itu sekitar 150 ribu, dibanding Toyota 75 ribu. Suzuki katanya lebih murah. Ini pengalaman aku lho ya, di luar beres. Kalau bro ada pengalaman lain mohon dikabarin.
Kalau shock emang mobil eropa rata2 lebih murah daripada Jepang.
Untuk jasa servis ringan kalau BMW itu sekitar 150 ribu, dibanding Toyota 75 ribu. Suzuki katanya lebih murah. Ini pengalaman aku lho ya, di luar beres. Kalau bro ada pengalaman lain mohon dikabarin.
Kalau shock emang mobil eropa rata2 lebih murah daripada Jepang.
Ready to Race
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Apr 07, 2010 5:24
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
ga cuman shock bro, untuk komponen kaki-kaki banyak kwnya jg dan itu masih bikinan jerman, dengan harga jauh lebih murah dan ketahanannya masih diatas spare part ori mobil jepang....asudarsono wrote:Iya bro, setahu saya kalau bengkel yg pasang harga segitu krn banting harga atau nantinya ada hidden cost. Syukur2 dapat yg pertama, tapi kalau dapat yg kedua mah total - total 20 juta juga keluar buat turun mesin.
Untuk jasa servis ringan kalau BMW itu sekitar 150 ribu, dibanding Toyota 75 ribu. Suzuki katanya lebih murah. Ini pengalaman aku lho ya, di luar beres. Kalau bro ada pengalaman lain mohon dikabarin.
Kalau shock emang mobil eropa rata2 lebih murah daripada Jepang.
untuk komponen-komponen mesin, parts-parts aftermarketnya juga udah banyak yang masukin, dan harganya sama ama parts mobil jepang...
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat Apr 03, 2010 11:00
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
Thank's buat masukan nya..
Gw tinggal d Riau, untuk sparepart, ada teman yang dah biasa pesan di Jakarta, jd tinggal kirim.. Ada teman yang make 318i keluaran 1998, katanya sparepartnya gak terlalu mahal, bisa beli yg keluaran jerman juga, cuma ga lolos QC BMW, jd lebih murah, biasanya c cuma karena gores, bentuk yang kurang sempurna, akan tetapi tidak mempengaruhi fungsinya, aq sudah pernah liat barangnya.
Kemarin ada liat 323i, fisiknya bagus n standar, tp ada yng bilang mesinnya ringkih dan g tahan terhadap kandungan sulfur dalam premium nya pertamina,(problem nilkasil katanya) smntara di kota gw cm ada Pertamina, jadi sekarang mikir" nyari 320i aja..
Jadi yang minum Premium keluaran <=1996 aja ya?
Gw tinggal d Riau, untuk sparepart, ada teman yang dah biasa pesan di Jakarta, jd tinggal kirim.. Ada teman yang make 318i keluaran 1998, katanya sparepartnya gak terlalu mahal, bisa beli yg keluaran jerman juga, cuma ga lolos QC BMW, jd lebih murah, biasanya c cuma karena gores, bentuk yang kurang sempurna, akan tetapi tidak mempengaruhi fungsinya, aq sudah pernah liat barangnya.
Kemarin ada liat 323i, fisiknya bagus n standar, tp ada yng bilang mesinnya ringkih dan g tahan terhadap kandungan sulfur dalam premium nya pertamina,(problem nilkasil katanya) smntara di kota gw cm ada Pertamina, jadi sekarang mikir" nyari 320i aja..
Jadi yang minum Premium keluaran <=1996 aja ya?
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Apr 07, 2010 5:24
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
untuk yg tahun 1996 mesin sudah m52 ( yg kena problem nikasil ) jadi kalau mau aman cari yg <1995
untuk yg bebas nikasil gambar mesinya seperti ini :
untuk yang m52 bentuk mesinya seperti ini :
bedanya bisa dilihat dari manifoldnya, kalau m52 melengkung...
untuk yg bebas nikasil gambar mesinya seperti ini :
untuk yang m52 bentuk mesinya seperti ini :
bedanya bisa dilihat dari manifoldnya, kalau m52 melengkung...
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat Apr 03, 2010 11:00
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
untuk 320i/323i, yg bebas nikasil itu tahun 1995 kebawah, tp klo yg 318i g ada problem nikasil, begitu ya bos?
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Apr 07, 2010 5:24
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
323i pasti kena soalnya kluar awal thn 96 kl ga salah...tagurajai wrote:untuk 320i/323i, yg bebas nikasil itu tahun 1995 kebawah, tp klo yg 318i g ada problem nikasil, begitu ya bos?
kl 318i ga ada problem nikasil..
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat Apr 03, 2010 11:00
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
selain bntuk mesin, ada ciri laen gak? misalnya ada tertulis gitu?
kmrn aq jalan" ke show room, ada 323i, katanya th 1995. coba minggu depan aq liat" lagi mesin nya...
kmrn aq jalan" ke show room, ada 323i, katanya th 1995. coba minggu depan aq liat" lagi mesin nya...
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Apr 07, 2010 5:24
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
tambahan yg ada di 323i tp ga ada di 320itagurajai wrote:selain bntuk mesin, ada ciri laen gak? misalnya ada tertulis gitu?
kmrn aq jalan" ke show room, ada 323i, katanya th 1995. coba minggu depan aq liat" lagi mesin nya...
- komputer onboard di bawah ac
- jok bagian depanya bisa ditarik bwat selonjoran
- spidometer tengah udh anti silau , ga pake mode siang malem lg
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Mon May 03, 2010 16:16
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
kenapa di sini tidak ada yang menyarankan untuk diagnosa mesin BMW dengan komputer? Menurut saya ini hal yang harus dicek kalau mau beli BMW :
1. begitu mesin di-kontak, semua lampu elektrik harus normal, jangan sampai lampu-lampu ABS, indikator
radiator, dan yang lain-lain ga normal, artinya elektriknya udah kena.
2. harus test drive di jalan, harusnya torsinya galak, gimana sih, BMW tuh akselerasinya jempolan, dari 0-80
km/jam harusnya enteng banget, dan Anda sampai merasakan sedikit gaya G, alias duduk jadi kena gaya ke
belakang (agak susah jelasinnya). kalau BMW nya loyo, jangan dibeli.
3. tanya kelengkapan kunci, harusnya dapat kunci original dengan remote, dan kunci original cadangan tanpa
remote minimal satu. kalau ga ada, jangan dibeli deh. Ini untuk model 318i E46 atau yg lebih baru yah.
4. bilang sama dealernya "boleh ga saya bawa ke bengkel bmw resmi untuk di-scan, jika memang bagus dan
problem free, saya akan ambil". Bilang juga, "saya juga ingin cek kaki-kakinya di bengkel bmw itu" --> kalo
dealernya banyak bertingkah dan berkilah ngga mengijinkan, lupakan aja, secantik atau semulus apapun mobil
itu, karena pasti bermasalah mesinnya.
5. Jangan percaya ma kilometer, karena kemungkinan udah diputer balik. Daripada pusing ma berapa kilometer,
scan scan scan. I mean, dan saya maksud, scan lah BMW Anda itu dengan scanner GT-1 di bengkel BMW
resmi atau alternatif yang terpercaya. Di situ akan ketauan apa aja penyakitnya jika ada.
Menurut saya, sebagai ilustrasi saja, lebih baik beli BMW kilometer 200,000 tapi terawat dengan baik, beli dari pencinta BMW
kalau bisa yang bener2 tau luar dalam track record mobil itu, daripada beli BMW kilometer 30,000 tapi ga pernah dirawat,
karena itu mobil 'sampah', walau body mulus dan mengkilat, karena sama aja Anda harus menyiapkan biaya banyak untuk
rekondisi.
Lalu tentang premium dan pertamax... hmm saya ga recommend pakai premium.. please pakai pertamax. Mobil seperti BMW, Mercedes, dan mobil Europe lainnya memang 'manja', jadi kalau mau awet, Pertamax aja
Tentang biaya servis, ah ga segitu mahalnya . Asal kalo dah tahu ada lubang di jalan, jangan main hajar, atau siap siap shock ganti setahun sekali hehe. Atau jangan coba coba 'ngakalin'. Begitu suruh ganti spare parts, ganti secepatnya. Ga perlu yang original, yang after market buatan Jerman banyak. Sebagai ilustrasi, saya udah pernah ganti untuk BMW 318i E46 saya :
1. kampas rem aftermarket: 450 rb untuk kanan kiri (depan saja , atau belakang saja). Jadi kalau mau ganti semua, 900 rb.
2. sensor rem aftermarket: 90 rb untuk kanan kiri. --> biasanya harus ganti jika rem ganti, krna sensor otomatis kemakan.
3. sensor crankshaft original BMW: 2 juta (ini sangat slow moving, mungkin 7-8 tahun sekali baru perlu diganti).
4. connector radiator original BMW (saat itu radiator sempat bocor tipis dan netes, harus ganti connector ini) : 800 rb
5. Oli mesin merek Aral, atau pakai merek Mobil yang bagus, itu seliter berkisar 100 rb, kebutuhan 4,5 liter kalo ga salah.
6. Radiator coolant buatan Jerman juga : 300 rb.
Harganya semua wajar kan...? Menurut saya, dibanding kenikmatan pengendaraan, kecepatan, dan prestise yang didapat, BMW berikut perawatannya adalah sangat value for money... lebih keren daripada Mercy sih (wah siap2 gue dihajar ma para pencinta Merc) heheheee.... piss piss...
Well, BMW emang harus dicintai, dan dirawat, nanti dia akan memanjakan Anda
1. begitu mesin di-kontak, semua lampu elektrik harus normal, jangan sampai lampu-lampu ABS, indikator
radiator, dan yang lain-lain ga normal, artinya elektriknya udah kena.
2. harus test drive di jalan, harusnya torsinya galak, gimana sih, BMW tuh akselerasinya jempolan, dari 0-80
km/jam harusnya enteng banget, dan Anda sampai merasakan sedikit gaya G, alias duduk jadi kena gaya ke
belakang (agak susah jelasinnya). kalau BMW nya loyo, jangan dibeli.
3. tanya kelengkapan kunci, harusnya dapat kunci original dengan remote, dan kunci original cadangan tanpa
remote minimal satu. kalau ga ada, jangan dibeli deh. Ini untuk model 318i E46 atau yg lebih baru yah.
4. bilang sama dealernya "boleh ga saya bawa ke bengkel bmw resmi untuk di-scan, jika memang bagus dan
problem free, saya akan ambil". Bilang juga, "saya juga ingin cek kaki-kakinya di bengkel bmw itu" --> kalo
dealernya banyak bertingkah dan berkilah ngga mengijinkan, lupakan aja, secantik atau semulus apapun mobil
itu, karena pasti bermasalah mesinnya.
5. Jangan percaya ma kilometer, karena kemungkinan udah diputer balik. Daripada pusing ma berapa kilometer,
scan scan scan. I mean, dan saya maksud, scan lah BMW Anda itu dengan scanner GT-1 di bengkel BMW
resmi atau alternatif yang terpercaya. Di situ akan ketauan apa aja penyakitnya jika ada.
Menurut saya, sebagai ilustrasi saja, lebih baik beli BMW kilometer 200,000 tapi terawat dengan baik, beli dari pencinta BMW
kalau bisa yang bener2 tau luar dalam track record mobil itu, daripada beli BMW kilometer 30,000 tapi ga pernah dirawat,
karena itu mobil 'sampah', walau body mulus dan mengkilat, karena sama aja Anda harus menyiapkan biaya banyak untuk
rekondisi.
Lalu tentang premium dan pertamax... hmm saya ga recommend pakai premium.. please pakai pertamax. Mobil seperti BMW, Mercedes, dan mobil Europe lainnya memang 'manja', jadi kalau mau awet, Pertamax aja
Tentang biaya servis, ah ga segitu mahalnya . Asal kalo dah tahu ada lubang di jalan, jangan main hajar, atau siap siap shock ganti setahun sekali hehe. Atau jangan coba coba 'ngakalin'. Begitu suruh ganti spare parts, ganti secepatnya. Ga perlu yang original, yang after market buatan Jerman banyak. Sebagai ilustrasi, saya udah pernah ganti untuk BMW 318i E46 saya :
1. kampas rem aftermarket: 450 rb untuk kanan kiri (depan saja , atau belakang saja). Jadi kalau mau ganti semua, 900 rb.
2. sensor rem aftermarket: 90 rb untuk kanan kiri. --> biasanya harus ganti jika rem ganti, krna sensor otomatis kemakan.
3. sensor crankshaft original BMW: 2 juta (ini sangat slow moving, mungkin 7-8 tahun sekali baru perlu diganti).
4. connector radiator original BMW (saat itu radiator sempat bocor tipis dan netes, harus ganti connector ini) : 800 rb
5. Oli mesin merek Aral, atau pakai merek Mobil yang bagus, itu seliter berkisar 100 rb, kebutuhan 4,5 liter kalo ga salah.
6. Radiator coolant buatan Jerman juga : 300 rb.
Harganya semua wajar kan...? Menurut saya, dibanding kenikmatan pengendaraan, kecepatan, dan prestise yang didapat, BMW berikut perawatannya adalah sangat value for money... lebih keren daripada Mercy sih (wah siap2 gue dihajar ma para pencinta Merc) heheheee.... piss piss...
Well, BMW emang harus dicintai, dan dirawat, nanti dia akan memanjakan Anda
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat Apr 03, 2010 11:00
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
Thank's Sob,
ne dah ngambil BMW 320i, E36 M50.. masih orisinal semua n kelistrikan masih bagus, minus kmrn hrs ganti sensor rem, (160rb d sini).
KM 95.000.
Untuk d riau, harga partnya lbh mahal, mungkin ongkos kirim dari sana. kmrn beli Oli Repsol Elite Injection disini 73rb/ltr, smntara di jkt dpt 150rb/gln(4 ltr).sekali ganti oli butuh 8 Liter jadi besok mo beli part dari jkt aja n kirim k sini.
PR skrng,
1. Socket foglamp rusak, jd lampunya mati sebelah,
2. Shock absorber untu engine hood dah g berfungsi.
3. Ganti karet Wiper.
Secara General, Puas banget makenya, nyaman n stabil. berhubung di daerah gw g ada pertamax, masih gw isi premium, rencana mo cari beli alat untuk memperbaiki kualitas premium, breaquet ato apa namanya? (Mohon infonya untuk alat ini )
Dengan premium aja, persneling 2 aja dpt 80 Km/jam.. dah bikin tubuh tersandar ke jok, hehehe.. Pa lagi make pertamax ya?
ne dah ngambil BMW 320i, E36 M50.. masih orisinal semua n kelistrikan masih bagus, minus kmrn hrs ganti sensor rem, (160rb d sini).
KM 95.000.
Untuk d riau, harga partnya lbh mahal, mungkin ongkos kirim dari sana. kmrn beli Oli Repsol Elite Injection disini 73rb/ltr, smntara di jkt dpt 150rb/gln(4 ltr).sekali ganti oli butuh 8 Liter jadi besok mo beli part dari jkt aja n kirim k sini.
PR skrng,
1. Socket foglamp rusak, jd lampunya mati sebelah,
2. Shock absorber untu engine hood dah g berfungsi.
3. Ganti karet Wiper.
Secara General, Puas banget makenya, nyaman n stabil. berhubung di daerah gw g ada pertamax, masih gw isi premium, rencana mo cari beli alat untuk memperbaiki kualitas premium, breaquet ato apa namanya? (Mohon infonya untuk alat ini )
Dengan premium aja, persneling 2 aja dpt 80 Km/jam.. dah bikin tubuh tersandar ke jok, hehehe.. Pa lagi make pertamax ya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
^^ waaah, sip sip.... congratz... jgn lupa foto2nya sob....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
eh omong2, nikasil itu apa sih?tarranova wrote:323i pasti kena soalnya kluar awal thn 96 kl ga salah...tagurajai wrote:untuk 320i/323i, yg bebas nikasil itu tahun 1995 kebawah, tp klo yg 318i g ada problem nikasil, begitu ya bos?tarranova wrote:untuk yg tahun 1996 mesin sudah m52 ( yg kena problem nikasil ) jadi kalau mau aman cari yg <1995
kl 318i ga ada problem nikasil..
.
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Apr 07, 2010 5:24
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
tagurajai wrote:Thank's Sob,
ne dah ngambil BMW 320i, E36 M50.. masih orisinal semua n kelistrikan masih bagus, minus kmrn hrs ganti sensor rem, (160rb d sini).
KM 95.000.
Untuk d riau, harga partnya lbh mahal, mungkin ongkos kirim dari sana. kmrn beli Oli Repsol Elite Injection disini 73rb/ltr, smntara di jkt dpt 150rb/gln(4 ltr).sekali ganti oli butuh 8 Liter jadi besok mo beli part dari jkt aja n kirim k sini.
PR skrng,
1. Socket foglamp rusak, jd lampunya mati sebelah,
2. Shock absorber untu engine hood dah g berfungsi.
3. Ganti karet Wiper.
Secara General, Puas banget makenya, nyaman n stabil. berhubung di daerah gw g ada pertamax, masih gw isi premium, rencana mo cari beli alat untuk memperbaiki kualitas premium, breaquet ato apa namanya? (Mohon infonya untuk alat ini )
Dengan premium aja, persneling 2 aja dpt 80 Km/jam.. dah bikin tubuh tersandar ke jok, hehehe.. Pa lagi make pertamax ya?
ganti oli itu 7 liter, kalau ga ganti filter 6,5 liter sudah cukup....
untuk alat-alat seperti itu sudah coba beberapa tapi rasanya tidak ada perbedaan yang berarti...
untuk harga shock engine hood di jakarta sekitar 120 rb per buah...
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Wed Apr 07, 2010 5:24
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
andy1800 wrote: eh omong2, nikasil itu apa sih?
.
nikasil itu campuran logam untuk bahan mesin m52 yg dipake untuk ngelapisin liner silindernya... ga kuat kalau kena silfur... bisa retak...
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Mon Oct 18, 2010 9:50
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
klo BMW 320i thn 95/96 itu type mesinnya apa dan mohon info bengkel resmi yg bgs di Jkt barat dan biaya perawatan tiap bulan kr2 brp? thanks utk info2nya yah...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 163
- Joined: Fri Dec 26, 2008 17:18
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
master bimer???andyw5453 wrote:klo BMW 320i thn 95/96 itu type mesinnya apa dan mohon info bengkel resmi yg bgs di Jkt barat dan biaya perawatan tiap bulan kr2 brp? thanks utk info2nya yah...
Habis Siang, Terbitlah Petang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
wah..wah...moga2 master2 bimmer...pada mau nongkrong lama2 di sini (SM).....ini mobil kesukaan gw waktu kuliah...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
Gak stuju....ismawan wrote:- CUT -
Harganya semua wajar kan...? Menurut saya, dibanding kenikmatan pengendaraan, kecepatan, dan prestise yang didapat, BMW berikut perawatannya adalah sangat value for money... lebih keren daripada Mercy sih (wah siap2 gue dihajar ma para pencinta Merc) heheheee.... piss piss...
Well, BMW emang harus dicintai, dan dirawat, nanti dia akan memanjakan Anda
Kerenan Mercs kmana2 laaaaa..
Image mewah menang Mercs, styling dan design awetan Mercs, mesin bandelan Mercs, sejarah menangan Mercs, tipe2 legendaris jauh lebih banyak Mercs, resale value menang Mercs, komunitas jauh lebih solid dan teratur Mercs, dll dsb.
Pendapat saya loh.... BTT BTT..
:kabuuuuuuuuur:
Das Beste oder nichts.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Fri Apr 25, 2008 5:29
Re: Antara BMW 318i/320i/323i
Mantaff sharingnya bro....ismawan wrote:kenapa di sini tidak ada yang menyarankan untuk diagnosa mesin BMW dengan komputer? Menurut saya ini hal yang harus dicek kalau mau beli BMW :
1. begitu mesin di-kontak, semua lampu elektrik harus normal, jangan sampai lampu-lampu ABS, indikator
radiator, dan yang lain-lain ga normal, artinya elektriknya udah kena.
2. harus test drive di jalan, harusnya torsinya galak, gimana sih, BMW tuh akselerasinya jempolan, dari 0-80
km/jam harusnya enteng banget, dan Anda sampai merasakan sedikit gaya G, alias duduk jadi kena gaya ke
belakang (agak susah jelasinnya). kalau BMW nya loyo, jangan dibeli.
3. tanya kelengkapan kunci, harusnya dapat kunci original dengan remote, dan kunci original cadangan tanpa
remote minimal satu. kalau ga ada, jangan dibeli deh. Ini untuk model 318i E46 atau yg lebih baru yah.
4. bilang sama dealernya "boleh ga saya bawa ke bengkel bmw resmi untuk di-scan, jika memang bagus dan
problem free, saya akan ambil". Bilang juga, "saya juga ingin cek kaki-kakinya di bengkel bmw itu" --> kalo
dealernya banyak bertingkah dan berkilah ngga mengijinkan, lupakan aja, secantik atau semulus apapun mobil
itu, karena pasti bermasalah mesinnya.
5. Jangan percaya ma kilometer, karena kemungkinan udah diputer balik. Daripada pusing ma berapa kilometer,
scan scan scan. I mean, dan saya maksud, scan lah BMW Anda itu dengan scanner GT-1 di bengkel BMW
resmi atau alternatif yang terpercaya. Di situ akan ketauan apa aja penyakitnya jika ada.
Menurut saya, sebagai ilustrasi saja, lebih baik beli BMW kilometer 200,000 tapi terawat dengan baik, beli dari pencinta BMW
kalau bisa yang bener2 tau luar dalam track record mobil itu, daripada beli BMW kilometer 30,000 tapi ga pernah dirawat,
karena itu mobil 'sampah', walau body mulus dan mengkilat, karena sama aja Anda harus menyiapkan biaya banyak untuk
rekondisi.
Lalu tentang premium dan pertamax... hmm saya ga recommend pakai premium.. please pakai pertamax. Mobil seperti BMW, Mercedes, dan mobil Europe lainnya memang 'manja', jadi kalau mau awet, Pertamax aja
Tentang biaya servis, ah ga segitu mahalnya . Asal kalo dah tahu ada lubang di jalan, jangan main hajar, atau siap siap shock ganti setahun sekali hehe. Atau jangan coba coba 'ngakalin'. Begitu suruh ganti spare parts, ganti secepatnya. Ga perlu yang original, yang after market buatan Jerman banyak. Sebagai ilustrasi, saya udah pernah ganti untuk BMW 318i E46 saya :
1. kampas rem aftermarket: 450 rb untuk kanan kiri (depan saja , atau belakang saja). Jadi kalau mau ganti semua, 900 rb.
2. sensor rem aftermarket: 90 rb untuk kanan kiri. --> biasanya harus ganti jika rem ganti, krna sensor otomatis kemakan.
3. sensor crankshaft original BMW: 2 juta (ini sangat slow moving, mungkin 7-8 tahun sekali baru perlu diganti).
4. connector radiator original BMW (saat itu radiator sempat bocor tipis dan netes, harus ganti connector ini) : 800 rb
5. Oli mesin merek Aral, atau pakai merek Mobil yang bagus, itu seliter berkisar 100 rb, kebutuhan 4,5 liter kalo ga salah.
6. Radiator coolant buatan Jerman juga : 300 rb.
Harganya semua wajar kan...? Menurut saya, dibanding kenikmatan pengendaraan, kecepatan, dan prestise yang didapat, BMW berikut perawatannya adalah sangat value for money... lebih keren daripada Mercy sih (wah siap2 gue dihajar ma para pencinta Merc) heheheee.... piss piss...
Well, BMW emang harus dicintai, dan dirawat, nanti dia akan memanjakan Anda
kayaknya ente jago banget soal BMW.
Kok nggak pernah nongol bro...sering2 main disini buat bagi2 ilmu.