Segalanya tentang Velg Asli Bawaan Pabrik
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00
Segalanya tentang Velg Asli Bawaan Pabrik
mohon maaf
saya mau tanya tentang velg. masih awam tentang velg
apakah velg yang telah di bundle dengan sepeda motor seperti misalnya Smash CW, Shogun SP 125 dan Supra X CW dan Satria FU150 itu kuat dibandingkan dengan velg beli di stand2 yang biasa jual accesoris sepeda motor.
- seberapa kuatkah?
- smash CW dan Shogun SP bentuk velgnya beda, apakah perbedaan itu berpengaruh terhadap ketahanan velg tersebut? mohon penjelasan
-biasanya berapa lama velg bisa dipakai (kondisi jalan standar/kena lobang dikit2)
-apakah harga untuk velg bundle pabrik lebih murah jika kita beli langsung dengan paket sepeda motornya? atau beli motor standard kemudian beli velgnya secara terpisah.
- apakah ada tips dan trik agar velg bisa lebih awet dan tahan lama.
- velg jenis apa yang paling baik/bagus (misal : palang 3[accesoris] atau palang 6[smash CW] atau palang 10[Satria F])
- saya pernah denger nih dari salesnya suzuki kalau velg bawaan Shogun SP itu kuat banget, dia bilang ada orang yang tabrakan garpu depannya yang bengkok tapi velgnya nggak apa2. bener nggak ya? atau hanya promosi sales
-pertanyaan lain mungkin akan menyusul begitu ada ide
Mohon maaf kalau ada kesalahan istilah, karena saya masih awam tentang istilah motor
jika ada bro2 yang mau menambahkan pertanyaan ini atau menanggapi, atau pernah punya pengalaman dengan velg asli bawaan pabrik motor silahkan saja.
Trims atas pencerahannya.
saya mau tanya tentang velg. masih awam tentang velg
apakah velg yang telah di bundle dengan sepeda motor seperti misalnya Smash CW, Shogun SP 125 dan Supra X CW dan Satria FU150 itu kuat dibandingkan dengan velg beli di stand2 yang biasa jual accesoris sepeda motor.
- seberapa kuatkah?
- smash CW dan Shogun SP bentuk velgnya beda, apakah perbedaan itu berpengaruh terhadap ketahanan velg tersebut? mohon penjelasan
-biasanya berapa lama velg bisa dipakai (kondisi jalan standar/kena lobang dikit2)
-apakah harga untuk velg bundle pabrik lebih murah jika kita beli langsung dengan paket sepeda motornya? atau beli motor standard kemudian beli velgnya secara terpisah.
- apakah ada tips dan trik agar velg bisa lebih awet dan tahan lama.
- velg jenis apa yang paling baik/bagus (misal : palang 3[accesoris] atau palang 6[smash CW] atau palang 10[Satria F])
- saya pernah denger nih dari salesnya suzuki kalau velg bawaan Shogun SP itu kuat banget, dia bilang ada orang yang tabrakan garpu depannya yang bengkok tapi velgnya nggak apa2. bener nggak ya? atau hanya promosi sales
-pertanyaan lain mungkin akan menyusul begitu ada ide
Mohon maaf kalau ada kesalahan istilah, karena saya masih awam tentang istilah motor
jika ada bro2 yang mau menambahkan pertanyaan ini atau menanggapi, atau pernah punya pengalaman dengan velg asli bawaan pabrik motor silahkan saja.
Trims atas pencerahannya.
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
wah..
sama2 nih, bung..sy jg gak faham seluk beluk soal velg..
AFAIK..
velg CW bawaan pabrik itu kualitasnya jauh lbh bagus drpd velg aksesori yg harganya dibawah 1 jt.
Misal di F-1ZR CW velg palangnya asli Enkei tuh harganya aja diatas 1 jt. Juga dgn Satria F, Supra X 125 CW, Tiger CW dsb.
CMIIW yah..
peace,
\m/
sama2 nih, bung..sy jg gak faham seluk beluk soal velg..
AFAIK..
velg CW bawaan pabrik itu kualitasnya jauh lbh bagus drpd velg aksesori yg harganya dibawah 1 jt.
Misal di F-1ZR CW velg palangnya asli Enkei tuh harganya aja diatas 1 jt. Juga dgn Satria F, Supra X 125 CW, Tiger CW dsb.
CMIIW yah..
peace,
\m/
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
Ini berdasar sepengetahuan saya lho!
Boleh dikata velg bawaan motor biasanya kuat dan ringan. Biasanya dinilai dari bahan juga sih....tp ini sulit diketahui karena yang berat juga belum tentu kuat dan yang ringan belum tentu rapuh. Contoh velg variasi lokal walau berat kena lobang ndak lama dah peyang. Karena dalam pengecoran tidak mungkin 100% padat pasti ada celah2 akibat udara terjebak dalam bahan pada saat pengecoran....Bahkan velg bawaan moge2 aja juga gitu.
Paling gampang dari struktur fisiknya, misal memiliki bibir yang lebar, penguat tengahnya (pd tengah lingkar) tebal. Coba saja di bandingkan antara Smash dan F150....
Tapi jika dibandingkan dengan produk variasi aftermarket yang memang terkenal. Sedikit ebih baik yang variasi yang after market. Misalnya seperti Daytona. Kalo yang lokal...entahlah....
Dibandingkan dengan velg standar F1ZR CW, daytona (palang 3) mempunyai dinding lebar berefek pada gampang di kasih ban tubeless. Penguat pada lingkar velg (ditengah lebar) lebih tebal terdapat dua tingkatan.Meskipun punya F1Z CW bermerek Enkei tapi kelihatan kasar bubutannya kelihatan meski udah di cat.
Biar awet ya jangan sampai gembos/kurang angin. Hindari lobang2 yang dalam....en harap diperhatikan sewaktu masang ato lepas ban harus hati-hati...salah2 bisa cuil.
Boleh dikata velg bawaan motor biasanya kuat dan ringan. Biasanya dinilai dari bahan juga sih....tp ini sulit diketahui karena yang berat juga belum tentu kuat dan yang ringan belum tentu rapuh. Contoh velg variasi lokal walau berat kena lobang ndak lama dah peyang. Karena dalam pengecoran tidak mungkin 100% padat pasti ada celah2 akibat udara terjebak dalam bahan pada saat pengecoran....Bahkan velg bawaan moge2 aja juga gitu.
Paling gampang dari struktur fisiknya, misal memiliki bibir yang lebar, penguat tengahnya (pd tengah lingkar) tebal. Coba saja di bandingkan antara Smash dan F150....
Tapi jika dibandingkan dengan produk variasi aftermarket yang memang terkenal. Sedikit ebih baik yang variasi yang after market. Misalnya seperti Daytona. Kalo yang lokal...entahlah....
Dibandingkan dengan velg standar F1ZR CW, daytona (palang 3) mempunyai dinding lebar berefek pada gampang di kasih ban tubeless. Penguat pada lingkar velg (ditengah lebar) lebih tebal terdapat dua tingkatan.Meskipun punya F1Z CW bermerek Enkei tapi kelihatan kasar bubutannya kelihatan meski udah di cat.
Biar awet ya jangan sampai gembos/kurang angin. Hindari lobang2 yang dalam....en harap diperhatikan sewaktu masang ato lepas ban harus hati-hati...salah2 bisa cuil.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
sekuat2nya velg, kalo dah ditabrak, apalagi sama truk ato tronton, pasti rusak, cuma dr sini baru ketahuan kualitas velg.. velg asli buatan pabrik memang lebih kuat dibandingin yg abal2 punya. Kalo velg asli biasanya palingan peyang ato mengok kalo tabrakan. masih layak di press...Kalo velg abal2 biasanya patah ato retak...yg ini kayaknya gak bisa pake lagi deh, kecuali mo nekat.
kelemahan velg racing ya harus ati2 bawanya...gak boleh maen terabas-terobos sembarangan, ada lubang dikit kalo bisa menghindar, laen dgn velg jari2, terobos aja. Apalagi ada polisi tidur (F**k), gak bisa maen terjang aja, kecuali kalo bini ente yg tidur, silahkan terjang...
makanya kalo masih dalem kota yg padat n kontur jalan yg kurang baik, gw saranin sih pake pelek jari2 aja dah paling ok....
untuk banyak/nggaknya palang, gw rasa secara logika, makin banyak palang makin kuat velg tersebut menahan kondisi jalan yg ekstrim...
<<-apakah harga untuk velg bundle pabrik lebih murah jika kita beli langsung dengan paket sepeda motornya? >>
so pasti....apalagi kalo velg belakangnya dah pake cakram, so pasti sangat2 murah. Cek aja perbedaan harga ninja s dengan ninja r, beda jauh harganya ketimbang beli pisah...
<<- saya pernah denger nih dari salesnya suzuki kalau velg bawaan Shogun SP itu kuat banget, dia bilang ada orang yang tabrakan garpu depannya yang bengkok tapi velgnya nggak apa2. bener nggak ya? atau hanya promosi sales>>
boleh jadi salesnya bener, krn kenyataannya velg asli pabrikan kuat banget! palingan peyang2 dikit mah ada lha, kudu di setel lagi/press and balancing lagi...
kelemahan velg racing ya harus ati2 bawanya...gak boleh maen terabas-terobos sembarangan, ada lubang dikit kalo bisa menghindar, laen dgn velg jari2, terobos aja. Apalagi ada polisi tidur (F**k), gak bisa maen terjang aja, kecuali kalo bini ente yg tidur, silahkan terjang...
makanya kalo masih dalem kota yg padat n kontur jalan yg kurang baik, gw saranin sih pake pelek jari2 aja dah paling ok....
untuk banyak/nggaknya palang, gw rasa secara logika, makin banyak palang makin kuat velg tersebut menahan kondisi jalan yg ekstrim...
<<-apakah harga untuk velg bundle pabrik lebih murah jika kita beli langsung dengan paket sepeda motornya? >>
so pasti....apalagi kalo velg belakangnya dah pake cakram, so pasti sangat2 murah. Cek aja perbedaan harga ninja s dengan ninja r, beda jauh harganya ketimbang beli pisah...
<<- saya pernah denger nih dari salesnya suzuki kalau velg bawaan Shogun SP itu kuat banget, dia bilang ada orang yang tabrakan garpu depannya yang bengkok tapi velgnya nggak apa2. bener nggak ya? atau hanya promosi sales>>
boleh jadi salesnya bener, krn kenyataannya velg asli pabrikan kuat banget! palingan peyang2 dikit mah ada lha, kudu di setel lagi/press and balancing lagi...
Just Call Me Nichol !!!
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
- Location: malang
Re: Segalanya tentang Velg Asli Bawaan Pabrik
sihlakandesuk wrote:mohon maaf
saya mau tanya tentang velg. masih awam tentang velg
yang jelas lebih kuat dari yg murahan yg harganya dibawah 600rb karena apa? biasanya pabrikan menjalin kerjasama dengan merk velg ternama seperti ENKEI dan mengeluarkan velg OEM untuk pabrikan sepeda motor yg bersangkutan.desuk wrote:- seberapa kuatkah?
tentu, penjelasan sederhananya seperti ini velg dengan bentuk jari2 90 derajat terhadap as roda (tegak lurus) jika menghajar lobang rentan penyang dibandingkan bentuk jari2 yg lain karena beban yg diterima lebih besar dari jari2 yg bukan tegak lurusdesuk wrote: - smash CW dan Shogun SP bentuk velgnya beda, apakah perbedaan itu berpengaruh terhadap ketahanan velg tersebut? mohon penjelasan
tergantung pemakaian lah..... punya saya saja Enkei suzuki dah tiga tahun dah buat turing kemana-mana fine2 aja tuhdesuk wrote: -biasanya berapa lama velg bisa dipakai (kondisi jalan standar/kena lobang dikit2)
tentunya, velg jupie Z kemaren Rp. 1.150.000 untuk F1ZR Rp. 1.800.000 harga dah lama lho inidesuk wrote: -apakah harga untuk velg bundle pabrik lebih murah jika kita beli langsung dengan paket sepeda motornya? atau beli motor standard kemudian beli velgnya secara terpisah.
apaan yak.... nggak tahu dah....desuk wrote: - apakah ada tips dan trik agar velg bisa lebih awet dan tahan lama.
tergantung diameter per jari2nya juga seh, diantara pilihan yg tersedia saya pilih 6[smash CW] kenapa? karena velg smash asli ENKEI OEM Suzuki, sedangkan F150 coba cari aja tulisan ENKEI nggak ada.desuk wrote: - velg jenis apa yang paling baik/bagus (misal : palang 3[accesoris] atau palang 6[smash CW] atau palang 10[Satria F])
Yah... namanya juga penjual hehehehe... tp gini bro... motor gw Shugun pernah jatuh jalan sekitar 80-90kpj ngehajar lobang gede banget di daerah KSU gw pikir velg gw yg kena ternyata segitiga gw yg bengkok hihihi... jadi ada benernya lah kata sales itu meskipun punya gw bukan SPdesuk wrote: - saya pernah denger nih dari salesnya suzuki kalau velg bawaan Shogun SP itu kuat banget, dia bilang ada orang yang tabrakan garpu depannya yang bengkok tapi velgnya nggak apa2. bener nggak ya? atau hanya promosi sales
CMIIW
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
- Location: malang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
Re: Segalanya tentang Velg Asli Bawaan Pabrik
coba baca2 ini dehdesuk wrote:mohon maaf
saya mau tanya tentang velg. masih awam tentang velg
apakah velg yang telah di bundle dengan sepeda motor seperti misalnya Smash CW, Shogun SP 125 dan Supra X CW dan Satria FU150 itu kuat dibandingkan dengan velg beli di stand2 yang biasa jual accesoris sepeda motor.
- seberapa kuatkah?
- smash CW dan Shogun SP bentuk velgnya beda, apakah perbedaan itu berpengaruh terhadap ketahanan velg tersebut? mohon penjelasan
-biasanya berapa lama velg bisa dipakai (kondisi jalan standar/kena lobang dikit2)
Panduan Pilih Pelek Ciri Pelek CW Asli Pabrikan
http://motorplus-online.com/articles.asp?cat=010104
honda,suzuki,yamaha lupa2 inget, cuma kemaren sih antara kaze ZX spoke dengan VR itu bedanya 750rb. Kalau beli terpisah bbrp bilang 1.6jt(enkei) .-apakah harga untuk velg bundle pabrik lebih murah jika kita beli langsung dengan paket sepeda motornya? atau beli motor standard kemudian beli velgnya secara terpisah.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
- Location: Medan
Re: Segalanya tentang Velg Asli Bawaan Pabrik
AFAIK, velg CW bawaan motor pasti telah memenuhi standar pabrikan.desuk wrote:mohon maaf
saya mau tanya tentang velg. masih awam tentang velg
apakah velg yang telah di bundle dengan sepeda motor seperti misalnya Smash CW, Shogun SP 125 dan Supra X CW dan Satria FU150 itu kuat dibandingkan dengan velg beli di stand2 yang biasa jual accesoris sepeda motor.
- seberapa kuatkah?
Dan rata2 adalah merek Enkei yg notebene adalah produsen velg terkenal.
Hmmm, saya kira gak akan terlalu banyak pengaruh bentuk ke endurance velg CW- smash CW dan Shogun SP bentuk velgnya beda, apakah perbedaan itu berpengaruh terhadap ketahanan velg tersebut? mohon penjelasan
Motor saya F1ZR CW taon 2001, pake velg CW bawaan merek Enkei 3 spokes, sampe saat ini baik2 aja, kagak ada masalah, kagak peyang dan masih enak dan stabil dibawa ngebut.-biasanya berapa lama velg bisa dipakai (kondisi jalan standar/kena lobang dikit2)
Jelas harga bundle akan jauh lebih murah ketimbang beli pelek CW aftermarket yg bermerk kayak Enkei.-apakah harga untuk velg bundle pabrik lebih murah jika kita beli langsung dengan paket sepeda motornya? atau beli motor standard kemudian beli velgnya secara terpisah.
Kecuali kalo bro beli velg dgn merk dan produsen yg gak jelas, yg harganya rata2 di bawah 600 ribu.
Ingat bro, harga itu tidak akan bohong, ada harga tentu ada kwalitas.
CMIIW.
Simple aja, jangan sering2 ngelindas lobang, hehehe....- apakah ada tips dan trik agar velg bisa lebih awet dan tahan lama.
Sama aja, tergantung selera bro aja, suka yg mana.- velg jenis apa yang paling baik/bagus (misal : palang 3[accesoris] atau palang 6[smash CW] atau palang 10[Satria F])
Kalo mo aman, beli aja yg orisinil, kayak Enkei Japan atau Daiichi Thailand, harga di atas 1 jutaan sepasang.
Soal ini, bisa aja sih.- saya pernah denger nih dari salesnya suzuki kalau velg bawaan Shogun SP itu kuat banget, dia bilang ada orang yang tabrakan garpu depannya yang bengkok tapi velgnya nggak apa2. bener nggak ya? atau hanya promosi sales
Tapi pernah aku liat di salah satu milis, ada kawak Ninja yg tabrakan, bibir pelek orsi belakang-nya ampe terkelupas.
CMIIW.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 250
- Joined: Thu Sep 29, 2005 7:56
- Location: Medan
Iya, gak mgkn patah palang/spoke-nya, paling cuman peyang aja pelak atau bibir peleknya terkelupas.yoyoyo wrote:hmm, trus misal kejadian pelk enkei kita2 patah (amit2 deh jgn sampe), klaimnya kemana neh?timtimnugroho wrote:tambahan.... Pabrikan ENKEI menjamin velg bikinan dia hanya penyang/bengkok bukan patah...
di buku manual motor gak ada mengenai jaminan pelek.
Thanks.
CMIIW>
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
- Location: malang
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 133
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00
timtimnugroho wrote:
diantara pilihan yg tersedia saya pilih 6[smash CW] kenapa? karena velg smash asli ENKEI OEM Suzuki, sedangkan F150 coba cari aja tulisan ENKEI nggak ada
tapi kok bisa ya? padahal produk Satria F150/shogun SP (pelek 10) kan harganya lebih mahal, masa sih kualitasnya nggak lebih bagus dari bawaannya smash, atau mungkin lebih jelek dari smash. jadi sedih nih jadinya. mahal2 beli motor tapi kualitasnya lebih jelek dibandingkan yang lebih murah...
motor gw shogun SP, peleknya sama nggak kayak Satria F150?
diantara pilihan yg tersedia saya pilih 6[smash CW] kenapa? karena velg smash asli ENKEI OEM Suzuki, sedangkan F150 coba cari aja tulisan ENKEI nggak ada
tapi kok bisa ya? padahal produk Satria F150/shogun SP (pelek 10) kan harganya lebih mahal, masa sih kualitasnya nggak lebih bagus dari bawaannya smash, atau mungkin lebih jelek dari smash. jadi sedih nih jadinya. mahal2 beli motor tapi kualitasnya lebih jelek dibandingkan yang lebih murah...
motor gw shogun SP, peleknya sama nggak kayak Satria F150?
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
ngomong2 soal velg..
Dulu waktu masih ikutan2 ngetrek pake King pernah pake velg almu Rossi itu velg enteng bgt pernah sy timbang ditimbangan kue (punya nyokap beratnya cuma 1/2 kg aja trus sy bandingin ama velg jari2 standar beratnya 1,5kg. pantesan aja tarikan motor jd lbh dahsyat stlh pake velg Rossi.
Kalo dulu harganya sktr 100-150rb kalo skrg brp yah? soale sy lbh berminat ama velg almu jari2 drpd velg2 palang variasi..udah kualitas nomor sekian lbh berat lagi.
peace,
Dulu waktu masih ikutan2 ngetrek pake King pernah pake velg almu Rossi itu velg enteng bgt pernah sy timbang ditimbangan kue (punya nyokap beratnya cuma 1/2 kg aja trus sy bandingin ama velg jari2 standar beratnya 1,5kg. pantesan aja tarikan motor jd lbh dahsyat stlh pake velg Rossi.
Kalo dulu harganya sktr 100-150rb kalo skrg brp yah? soale sy lbh berminat ama velg almu jari2 drpd velg2 palang variasi..udah kualitas nomor sekian lbh berat lagi.
peace,
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
- Location: malang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
Thanks buat re-assurance nya.tomy_j wrote:Iya, gak mgkn patah palang/spoke-nya, paling cuman peyang aja pelak atau bibir peleknya terkelupas.yoyoyo wrote:hmm, trus misal kejadian pelk enkei kita2 patah (amit2 deh jgn sampe), klaimnya kemana neh?timtimnugroho wrote:tambahan.... Pabrikan ENKEI menjamin velg bikinan dia hanya penyang/bengkok bukan patah...
di buku manual motor gak ada mengenai jaminan pelek.
Thanks.
CMIIW>
Anyway jadi blm ada yang tahu ya apakah ada jaminan dari Enkei itu sendiri...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
CMIIW..jihad koplo wrote:klo buat velg jari2 almu itu paling bagus/kuat apa ya yg bisa dicari dipasaran...roosi,TK,daici? asal jangan eccel...apa ada yg bisa nemu accel??
Velg jari2 almu yg bagus..
TK & DID kedua velg ini standarnya YZ-125 & RM-125. Kekuatannya lbh bagus drpd velg jari2 orsi bawaan motor.
Kalo Rossi itu buatan lokal, jauh lbh enteng dr velg jari2 orsi motor cuma kurang kuat.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
TK = Takasago ?anak_singkong wrote:CMIIW..jihad koplo wrote:klo buat velg jari2 almu itu paling bagus/kuat apa ya yg bisa dicari dipasaran...roosi,TK,daici? asal jangan eccel...apa ada yg bisa nemu accel??
Velg jari2 almu yg bagus..
TK & DID kedua velg ini standarnya YZ-125 & RM-125. Kekuatannya lbh bagus drpd velg jari2 orsi bawaan motor.
Kalo Rossi itu buatan lokal, jauh lbh enteng dr velg jari2 orsi motor cuma kurang kuat.
cmiiw.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1028
- Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5490
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Segalanya tentang Velg Asli Bawaan Pabrik
Angkat lagi lagi demen motor