produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
Sudah adakah teman di sini yg pasang Kimcar (piggyback ECU) dan Kimcoil (hi-performance coil) bikinan Pak Hakim Pane ? di forum sebelah ada perdebatan seru mengenai selukbeluk rekayasa ECU ini, dan yg bisa kusimpulkan secara awam adalah :
- Kombinasi Kimcar & Kimcoil dapat membuahkan peningkatan performa mesin mobil sekaligus membuat penggunaan bbm lebih irit
- Harganya termsk ekonomis dibandingkan dengan produk luarnegeri (Unichip/Apexi/G'reddy dll)
- si Pencipta alat itu tidak pelit utk berbagai info teknis soal produknya, dan mau melayani pertanyaan2 teknis
Semoga Pak Hakim Pane mau bergabung di forum ini utk berkenalan dng para anggota SM yg cukup kritis dan obyektif dalam melihat dan menanggapi inovasi dalam dunia otomotif, terutama hasil inovasi anak bangsa sendiri....
- Kombinasi Kimcar & Kimcoil dapat membuahkan peningkatan performa mesin mobil sekaligus membuat penggunaan bbm lebih irit
- Harganya termsk ekonomis dibandingkan dengan produk luarnegeri (Unichip/Apexi/G'reddy dll)
- si Pencipta alat itu tidak pelit utk berbagai info teknis soal produknya, dan mau melayani pertanyaan2 teknis
Semoga Pak Hakim Pane mau bergabung di forum ini utk berkenalan dng para anggota SM yg cukup kritis dan obyektif dalam melihat dan menanggapi inovasi dalam dunia otomotif, terutama hasil inovasi anak bangsa sendiri....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
ni piggyback baru??????
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
ya, piggyback lokal, bro, harga cuma 1,5juta aja... hasilnya udah lumayan bagus, dipake di arena drag, dan di komunitas Soluna dll utk keperluan test... kita tunggu Pak Hakim utk hadir disini...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
mungkin bs diundang perwakilan dr produsen tsb untuk menjelaskan seluk beluk produknya. btw...kimcar bs untuk diesel comrail gak ya ?
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
undang om..!
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
coba aja, teman2 ikuti bahasan Kimcar/Kimcoil dari halaman ini :FortunerMan wrote:ada websitenya?
http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... ost5829165
knapa dari halaman itu ? karna sejak halaman itu Pak Hakim Pane tampil di forum itu.... silakan teman2 juga mengundang beliau utk masuk di thread ini....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
Menarik ini untuk diangkat
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
ini pigibek aplikasinya buat mobil apa aja????
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
kalok ngikutin bahasan di forum seblah itu, udah mcm2 merk/jenis mobil yg pake Kimcar/Kimcoil
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
aku sudah niatkan utk mencoba Kimcar & Kimcoil pada si enlima ku... (pug 306 N5)
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
monggo siapa yg mau mengundang Pak Hakim kemari.....
saya jg ada rencana pasang piggy untuk optimalisasi timing pengapian, sejak harga bbm naik terus pabrikan memberikan seting defaultnya agak mundur supaya bs minum premium gak nglitik....sehingga sewaktu dikasi bbm berkualitas meski kinerja lbh baik tapi mungkin blm pada posisi optimalnya....dng piggy saya ingin koreksi setingan tsb.
saya jg ada rencana pasang piggy untuk optimalisasi timing pengapian, sejak harga bbm naik terus pabrikan memberikan seting defaultnya agak mundur supaya bs minum premium gak nglitik....sehingga sewaktu dikasi bbm berkualitas meski kinerja lbh baik tapi mungkin blm pada posisi optimalnya....dng piggy saya ingin koreksi setingan tsb.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
aku sudah mengirimkan pm di forum seblah itu, mengundang Pak Hakim masuk ke sini..
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
penasaran sih, apakah Kimcar/Kimcoil bisa meningkatkan performa mesin si enlima sekaligus membuat konsumsi bbm jadi lebih irit, kayak crita para pengguna produk di forum seblah....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
ikut nimak ah ... mudah2an Pak Pane mampir ya ..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Sat Apr 23, 2011 1:57
Re: produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
Pak....saya sudah mampir dan nongkrong disini pak....Mari pak, kita berbagi dengan informasi dan pengalaman, saya masih memerlukan hal tersebut karena berbagi sangatlah diperlukan dan harus ditingkatkan....
Oh ya, untuk memulai diskusi saya ada sedikit artikel kecil nih pak yang juga ada di page sebelah.....
Saya masukkan ya pak untuk memulai diskusi kita ya pak.....
Oh ya, untuk memulai diskusi saya ada sedikit artikel kecil nih pak yang juga ada di page sebelah.....
Saya masukkan ya pak untuk memulai diskusi kita ya pak.....
kapsul 97 wrote:ikut nimak ah ... mudah2an Pak Pane mampir ya ..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
Wooow....... slamat datang, slamat bergabung di sini, Pak Hakim !.. teman2 yg mau nanya2 soal Kimcar/Kimcoil silakan langsung aja ......
Pertanyaan saya a.l. : parameter apa saja dari data output ECU yg bisa dimanipulasi oleh Kimcar ? ignition timing apakah bisa di "remap" ? (dimajukan/dimundurkan) dan gimana cara Kimcar memanipulasi data AFR ?
Pertanyaan saya a.l. : parameter apa saja dari data output ECU yg bisa dimanipulasi oleh Kimcar ? ignition timing apakah bisa di "remap" ? (dimajukan/dimundurkan) dan gimana cara Kimcar memanipulasi data AFR ?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
Pak Hakim juga ada di 2 tret berikut:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 43&t=14943
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 43&t=14942
Menarik banget pa Hakim! Syukur2 bisa kopdar buat mempraktekkan karya Bapak!
Beli Indonesia SEKARANG!
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 43&t=14943
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 43&t=14942
Menarik banget pa Hakim! Syukur2 bisa kopdar buat mempraktekkan karya Bapak!
Beli Indonesia SEKARANG!
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
ini copas dari jawaban Pak Hakim di forum sebelah :
Untuk KIMCOIL di Peugeot 306 N5 th 1999 sudah pernah dipasang dan tidak ada masalah pak....Tapi memang sistem ignition di Peugeot agak sedikit berbeda dari yang lainnya. Lucu ya...Peugeot. Pada saat ignition on atau kontak on, ignition mendapat tegangan 12V kemudian beberapa detik kemudian kembali ke posisi 0 volt. Berbeda dengan mobil jaman dulu dan mobil kebanyakan saat ini. Maksudnya apa, saya juga kurang tahu. Apakah hal tersebut membuat ECU aman?????Tapi kenapa mobil lainnya tidak demikian??? Tapi menurut gw kedua-duanya 12 V atau 0 V tidak ada masalah dan aman. Hanya saja pemasangan kimcoil harus disesuaikan dengan sistemnya.
Untuk kimcar saya sudah pernah masang di Peugeot kepala 4 dengan sistem monitoring di dashboard....dengan jumlah sistem oksigen sensor lumayan banyak sehingga penghitungan lambda sangat precise dan exact (tepat), karena semakin banyak titik oxygen sensor maka semakin tinggi tingkat resolusinya. Kimcar dan ECU berantem untuk saling mengecilkan dan membesarkan puls injector. Hal ini terlihat pada pengukuran gas analyzer yang mana lambda tetap menunjukkan nilai 1 tetapi besaran lainnya berubah seperti CO dan CO2nya.
Untuk membuat besaran mobil berubah, bisa tetapi membuat mobil lebih irit belum tentu jika kita hanya menginginkan rpm turun dari kondisi normalnya, karena turunnya rpm bukan menentukan terjadinya pengiritan. Berbeda dengan mobil tanpa oxygen sensor atau sering disebut mobil tanpa sistem close loop. Sementara mobil dengan sistem close loop sering juga disebut dengan sistem feed back control, yang mana perhitungan parameter mobil dikoreksi kembali dari besaran output mobil yaitu besaran gas buang yang menentukan besaran campuran bensin dan udara.
Pemakaian katalisator juga sangat menentukan berhasilnya sistem close loop. Tahun 1990 juga sudah dipergunakan sistem close loop ini tetapi tetap saja perhitungannya tidak sebaik perhitungan close loop sekarang ini. Hal ini disebabkan oleh sistem katalisator yang diterapkan dimobil. Oleh karena itu mobil dengan sistem close loop tanpa katalisator dan jumlah oxygen sensor yang tidak terlalu banyak masih dapat dimanupulasi dengan baik.....Kimcar masih dapat memanipulasi besaran campuran angin dan udara.
Demikian juga harus diingat ada beberapa mobil dengan sistem close loop untuk menjaga besaran bensin diatas atau dibawah artinya sistem close loop dapat menjaga besaran bensin tidak boleh terlalu besar tetapi close loop tidak menjaga besaran bensin jika dikecilkan demikian juga sebaliknya tergantung dari perhitungan didalam ECU-nya. Oleh karena itu banyak sekali parameter dan charakter yang harus dilihat pada mobil jaman sekarang ini terutama dengan sistem close loop.
Dengan memakai paket KIMCOIL dan KIMCAR maka kendala diatas dapat dipecahkan dengan baik karena tanpa disadari ada lagi beberapa mobil yang besaran ignitionnya bermasalah terutama mobil dengan CC yang besar. Hayo siapa yang tahu kenapa hal tersebut dapat terjadi???????
Untuk KIMCOIL di Peugeot 306 N5 th 1999 sudah pernah dipasang dan tidak ada masalah pak....Tapi memang sistem ignition di Peugeot agak sedikit berbeda dari yang lainnya. Lucu ya...Peugeot. Pada saat ignition on atau kontak on, ignition mendapat tegangan 12V kemudian beberapa detik kemudian kembali ke posisi 0 volt. Berbeda dengan mobil jaman dulu dan mobil kebanyakan saat ini. Maksudnya apa, saya juga kurang tahu. Apakah hal tersebut membuat ECU aman?????Tapi kenapa mobil lainnya tidak demikian??? Tapi menurut gw kedua-duanya 12 V atau 0 V tidak ada masalah dan aman. Hanya saja pemasangan kimcoil harus disesuaikan dengan sistemnya.
Untuk kimcar saya sudah pernah masang di Peugeot kepala 4 dengan sistem monitoring di dashboard....dengan jumlah sistem oksigen sensor lumayan banyak sehingga penghitungan lambda sangat precise dan exact (tepat), karena semakin banyak titik oxygen sensor maka semakin tinggi tingkat resolusinya. Kimcar dan ECU berantem untuk saling mengecilkan dan membesarkan puls injector. Hal ini terlihat pada pengukuran gas analyzer yang mana lambda tetap menunjukkan nilai 1 tetapi besaran lainnya berubah seperti CO dan CO2nya.
Untuk membuat besaran mobil berubah, bisa tetapi membuat mobil lebih irit belum tentu jika kita hanya menginginkan rpm turun dari kondisi normalnya, karena turunnya rpm bukan menentukan terjadinya pengiritan. Berbeda dengan mobil tanpa oxygen sensor atau sering disebut mobil tanpa sistem close loop. Sementara mobil dengan sistem close loop sering juga disebut dengan sistem feed back control, yang mana perhitungan parameter mobil dikoreksi kembali dari besaran output mobil yaitu besaran gas buang yang menentukan besaran campuran bensin dan udara.
Pemakaian katalisator juga sangat menentukan berhasilnya sistem close loop. Tahun 1990 juga sudah dipergunakan sistem close loop ini tetapi tetap saja perhitungannya tidak sebaik perhitungan close loop sekarang ini. Hal ini disebabkan oleh sistem katalisator yang diterapkan dimobil. Oleh karena itu mobil dengan sistem close loop tanpa katalisator dan jumlah oxygen sensor yang tidak terlalu banyak masih dapat dimanupulasi dengan baik.....Kimcar masih dapat memanipulasi besaran campuran angin dan udara.
Demikian juga harus diingat ada beberapa mobil dengan sistem close loop untuk menjaga besaran bensin diatas atau dibawah artinya sistem close loop dapat menjaga besaran bensin tidak boleh terlalu besar tetapi close loop tidak menjaga besaran bensin jika dikecilkan demikian juga sebaliknya tergantung dari perhitungan didalam ECU-nya. Oleh karena itu banyak sekali parameter dan charakter yang harus dilihat pada mobil jaman sekarang ini terutama dengan sistem close loop.
Dengan memakai paket KIMCOIL dan KIMCAR maka kendala diatas dapat dipecahkan dengan baik karena tanpa disadari ada lagi beberapa mobil yang besaran ignitionnya bermasalah terutama mobil dengan CC yang besar. Hayo siapa yang tahu kenapa hal tersebut dapat terjadi???????
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Sat Apr 23, 2011 1:57
Re: produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
hayo lihat di page ini...http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 43&t=14942 dan silahkan bergabung......
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Sat Apr 23, 2011 1:57
Re: produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
Lah sy baru tahu pak, kalau artikel yg saya masukkan ternyata membuat tret baru ya....jadi pertanyaan-pertanyaan temen2 gak dibales nih....
Oh ya pak jalu, mengenai bahan bakar dengan nilai oktan rendah pada mesin berbahan bakar nilai oktan tinggi akan menghasilkan kondisi mobil ngelitik....Btw timing maju atau mundur harus disamakan dulu persepsinya...kita sepakat jika timing maju artinya timing diposisikan lebih jauh dari TDC dan timing mundur artinya timing diposisikan mendekati TDC....
Dengan demikian jika mobil bapak mau sehat dan tidak ngelitik jika menggunakan bahan bakar oktan rendah seperti premium maka hal tersebut sangat mudah dengan memajukan timingnya. Produk tersebut saya jual pak....Tetapi timing maju belum saya jual pak karena hal tersebut dipergunakan untuk bahan bakar LPG.....Jika pak Jalu ingin produk tersebut saya siapkan....
Tq
Oh ya pak jalu, mengenai bahan bakar dengan nilai oktan rendah pada mesin berbahan bakar nilai oktan tinggi akan menghasilkan kondisi mobil ngelitik....Btw timing maju atau mundur harus disamakan dulu persepsinya...kita sepakat jika timing maju artinya timing diposisikan lebih jauh dari TDC dan timing mundur artinya timing diposisikan mendekati TDC....
Dengan demikian jika mobil bapak mau sehat dan tidak ngelitik jika menggunakan bahan bakar oktan rendah seperti premium maka hal tersebut sangat mudah dengan memajukan timingnya. Produk tersebut saya jual pak....Tetapi timing maju belum saya jual pak karena hal tersebut dipergunakan untuk bahan bakar LPG.....Jika pak Jalu ingin produk tersebut saya siapkan....
Tq
jalu wrote:monggo siapa yg mau mengundang Pak Hakim kemari.....
saya jg ada rencana pasang piggy untuk optimalisasi timing pengapian, sejak harga bbm naik terus pabrikan memberikan seting defaultnya agak mundur supaya bs minum premium gak nglitik....sehingga sewaktu dikasi bbm berkualitas meski kinerja lbh baik tapi mungkin blm pada posisi optimalnya....dng piggy saya ingin koreksi setingan tsb.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Sat Apr 23, 2011 1:57
Re: produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
Sorry baru dibales nih....Pak jeskoneng, salah pengertian dengan tret baru krn artikel....
Mengenai KIMCAR perlu diketahui bahwa produk tersebut bukanlah "piggy back"....."Piggy back"
menurut arti sebenarnya adalah piggy : ngibulin atau bahasa enaknya "modifikasi", dan back adalah belakang. Jadi "piggy back" adalah memanipulasi parameter sebelum ECU......
Sementara KIMCAR tidak memanipulasi signal sebelum ECU melainkan setelah ECU atau bahasa persamaannya atau analoginya adalah "piggy after".....KIMCAR memodifikasi signal setelah ECU dan tidak menutup kemungkinan bahwa KIMCAR lebih aman dari pada "piggy back" (sensor, piggy back kemudian ECU dan setelah itu injector sebagai actuator).
Jika dibandingkan cepatnya menghitung perubahan signal maka logikanya "piggy after" lebih responsif dibandingkan "piggy back" karena pada "piggy back" setiap perubahan signal harus melalui ECU terlebih dahulu jika modul tersebut adalah piggy back.....Sementera "piggy after" mengambil signal yg berasal dr ECU, dimodifikasi dan diberikan kpd injector. "Piggy back" dan "piggy after" kedua-duanya adalah modul untuk merubah kinerja injector.....
Mengenai KIMCAR memanipulasi kinerja injector dan secara tidak langsung memanipulasi AFR yaitu dengan cara merubah kinerja injector dari Single Shift Theory menjadi Dual Shift Theory pada save mode. Sedangkan pada mode performance dengan membesarkan singnal injector. Pada mode standar kendaraan kembali normal, bypass dan original fabrikan....
Untuk ignition timing yang dinamakan KIMTIMING saya jual yg sifatnya memajukan timing (lihat bahasa diatas, pak jalu, persamaan persepsi mengneai timing). Untuk memundurkan timing tidak saya jual pak....karena hal ini diperlukan untuk bahan bakar LPG.
Sedangkan KIMCOIL adalah modul untuk membesarkan pengapian dengan menggunakan prinsip kerja TCM (Transistor Control Modul) bukan CDI (Condensator Discharge Ignition).....Bolehlah tanding antara MSD (produk amerika, hrg 2,5jt, dengan prinsip kerja CDI) dengan KIMCOIL (TCM)...Mana yang lebih responsiif di RPM bawah dan besarnya tenaga yg dihasilkan...Belum ada sih....yg mau bersama-sama test dyno....
Demikian pak jeskoneng pencerahannya.....
Tq
Mengenai KIMCAR perlu diketahui bahwa produk tersebut bukanlah "piggy back"....."Piggy back"
menurut arti sebenarnya adalah piggy : ngibulin atau bahasa enaknya "modifikasi", dan back adalah belakang. Jadi "piggy back" adalah memanipulasi parameter sebelum ECU......
Sementara KIMCAR tidak memanipulasi signal sebelum ECU melainkan setelah ECU atau bahasa persamaannya atau analoginya adalah "piggy after".....KIMCAR memodifikasi signal setelah ECU dan tidak menutup kemungkinan bahwa KIMCAR lebih aman dari pada "piggy back" (sensor, piggy back kemudian ECU dan setelah itu injector sebagai actuator).
Jika dibandingkan cepatnya menghitung perubahan signal maka logikanya "piggy after" lebih responsif dibandingkan "piggy back" karena pada "piggy back" setiap perubahan signal harus melalui ECU terlebih dahulu jika modul tersebut adalah piggy back.....Sementera "piggy after" mengambil signal yg berasal dr ECU, dimodifikasi dan diberikan kpd injector. "Piggy back" dan "piggy after" kedua-duanya adalah modul untuk merubah kinerja injector.....
Mengenai KIMCAR memanipulasi kinerja injector dan secara tidak langsung memanipulasi AFR yaitu dengan cara merubah kinerja injector dari Single Shift Theory menjadi Dual Shift Theory pada save mode. Sedangkan pada mode performance dengan membesarkan singnal injector. Pada mode standar kendaraan kembali normal, bypass dan original fabrikan....
Untuk ignition timing yang dinamakan KIMTIMING saya jual yg sifatnya memajukan timing (lihat bahasa diatas, pak jalu, persamaan persepsi mengneai timing). Untuk memundurkan timing tidak saya jual pak....karena hal ini diperlukan untuk bahan bakar LPG.
Sedangkan KIMCOIL adalah modul untuk membesarkan pengapian dengan menggunakan prinsip kerja TCM (Transistor Control Modul) bukan CDI (Condensator Discharge Ignition).....Bolehlah tanding antara MSD (produk amerika, hrg 2,5jt, dengan prinsip kerja CDI) dengan KIMCOIL (TCM)...Mana yang lebih responsiif di RPM bawah dan besarnya tenaga yg dihasilkan...Belum ada sih....yg mau bersama-sama test dyno....
Demikian pak jeskoneng pencerahannya.....
Tq
JESKONENG wrote:Wooow....... slamat datang, slamat bergabung di sini, Pak Hakim !.. teman2 yg mau nanya2 soal Kimcar/Kimcoil silakan langsung aja ......
Pertanyaan saya a.l. : parameter apa saja dari data output ECU yg bisa dimanipulasi oleh Kimcar ? ignition timing apakah bisa di "remap" ? (dimajukan/dimundurkan) dan gimana cara Kimcar memanipulasi data AFR ?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Sat Apr 23, 2011 1:57
Re: produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
Wissen ist Macht. Ist Wissen realisierbar?????? Diese Frage musst beanwortet werden.
Ein Ziel: Bildung für alle! Was fuer eine Bildung ist das Ziel?????? Genauso, diese Frage musst beanwortet werden.
Ein Ziel: Bildung für alle! Was fuer eine Bildung ist das Ziel?????? Genauso, diese Frage musst beanwortet werden.
VanzMatic wrote:Pak Hakim juga ada di 2 tret berikut:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 43&t=14943
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 43&t=14942
Menarik banget pa Hakim! Syukur2 bisa kopdar buat mempraktekkan karya Bapak!
Beli Indonesia SEKARANG!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: produk anak bangsa = Kimcar & Kimcoil
Gott verherrlichen sein Volk ein breites Wissen. Das ist der Zweck meiner Aussage. Bildung für alle: Jeder Bürger hat das Recht auf Bildung, Sir bekommen. Gebildete Bürger mit der Bildung, wird der Staat stark sein!kimcarhakim wrote:Wissen ist Macht. Ist Wissen realisierbar?????? Diese Frage musst beanwortet werden.
Ein Ziel: Bildung für alle! Was fuer eine Bildung ist das Ziel?????? Genauso, diese Frage musst beanwortet werden.
(God exalt His people a broad knowledge. That is the purpose of my statement. Education for all: Every citizen has the right to get education, sir. Educated citizens with education, the state will be strong!)
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "