All About Ford Everest
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Sun Aug 24, 2008 12:44
All About Ford Everest
Dear kawan-kawan...
Lagi pingin nimba ilmu soal Ford Everest (FE) nih.
Tolong bagi info seputar FE, tentang kelebihan dan kekurangannya. Terutama untuk unit 2nd hand, misal tahun 2003-2005.
Bagaimana juga kisah tentang stock & price suku cadangnya (fast & slow moving)
Berapa juga pajak tahunannya.
Thanks before yach.....
Salam,
Lagi pingin nimba ilmu soal Ford Everest (FE) nih.
Tolong bagi info seputar FE, tentang kelebihan dan kekurangannya. Terutama untuk unit 2nd hand, misal tahun 2003-2005.
Bagaimana juga kisah tentang stock & price suku cadangnya (fast & slow moving)
Berapa juga pajak tahunannya.
Thanks before yach.....
Salam,
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 325
- Joined: Sun Jun 06, 2010 6:49
Re: All About Ford Everest
yeah.. Akhirnya muncul treadth everest.. Ikut mantauya gan.. Nih everest suaranya dari luar panther banget. Gak tahu gmn peredaman dan getarannya dari dalem. Hara secondnya jg masuk akal. Tinggal part kwnya nih, banyak apa tdk. Ditunggu komen dr user langsung..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: All About Ford Everest
sundul ah...
kebetulan ada rencana mau ambil everest generasi pertama nih (bukan buat pribadi loh)...
bagi user atau yg pernah pakai, ditunggu sharing dan review-nya
kebetulan ada rencana mau ambil everest generasi pertama nih (bukan buat pribadi loh)...
bagi user atau yg pernah pakai, ditunggu sharing dan review-nya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: All About Ford Everest
Coba angkat lagi thread ini, udah tenggelam. kayaknya kalah pamor sama SUV sekelas yg lain.ediwarsito wrote:Dear kawan-kawan...
Lagi pingin nimba ilmu soal Ford Everest (FE) nih.
Tolong bagi info seputar FE, tentang kelebihan dan kekurangannya. Terutama untuk unit 2nd hand, misal tahun 2003-2005.
Bagaimana juga kisah tentang stock & price suku cadangnya (fast & slow moving)
Berapa juga pajak tahunannya.
Thanks before yach.....
Salam,
Baru dapat jatah kantor Ford Everest TDCi 2011 akhir (desember 2011) surat Jan 2012. Sayang belum dapat yg model T6 yang baru. Mobil ini sudah spek operasional tambang yg diorder ke RMA Automotive. Sudah pakai bullbar depan belakang, shock depan/belakang plus per belakang udah diganti. Ukuran shock lebih gede (taksiran 2 inch lebih diamternya. Masih inden Roll bar dalam, winch, lampu tambahan (rencana Rallye 3003).
Sebelumnya saya belum pernah coba keluarga Everest thn mana pun, yang pernah Ranger thn 2002, 2004, 2010. Redaman suspensi yang paling OK pernah saya pakai tetap keluaran thn 2002. Entah kenapa..Terakhir pakai Triton GLS 2011. Klo saya bandingin kok malah Triton lebih empuk dibanding Ford, padahal generasi L200 bukan main kakunya.
Kembali ke Everest, powernya lebih nendang dibanding Triton GLS saya sebelumnya. Torsi di RPM bawah lebih baik dari Triton walaupun selisihnya sedikit dengan Everest. Akselerasi lebih baik Everest (rute jalan saya 400 km PP site ke Medan), pantas selalu kalah akselerasi Triron sebelumnya dengan Evie ini.
Mungkin redaman suspensi jadi kaku karena shock absorbernya diganti gas yg lebih keras/ kaku sehingga kenyamanan di aspal kalah dari Triton, malah agak mirip L200 walaupun masih lebih lembut tapi lebih mantap diajak zig zag karena body nggak terlalu limbung semntara Triton agak limbung di tikungan.
Mohon input dari Om dan Bro yang pakai Evie sebenarnya karakter SUV ini gimana. Saya agak gelap kenyamanan standarnya karena Evie ini sudah diset untuk medan Off Road (body lebih tinggi sekitar 5 cm dari evie standar.
Thanks inputnya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: All About Ford Everest
pict plizz..... hehehhehehe......
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: All About Ford Everest
Om akang..ak4ng wrote:pict plizz..... hehehhehehe......
sedikit foto, batere camera drop. Tapi masih belum tuntas, karena masih harus pasang roll bar, winch, lampu tambahan sepasang lagi, trus ganti lampu kombinasi (bawaannya pakai truk colt diesel, mau ganti yg LED), lampu tembak Hella Comet 450 back up untuk mundur, parking sensor, filter solar tambahan, radio komunikasi plus masih harus lolos scrut untuk Gate Pass. PR masih minta sertifikasi ADR RMA untuk bullbar agar lolos gate passnya..fuihh...masih cukup panjang jalannya sampai bisa masuk tambang..he3x..
Cuma yg agak ngganjel, ini evie nggak ada security/ alarmanya kah dalam kondisi standar? Kayaknya cuma remote tok..Yang ini Evie TDCi XLT 4x4 yg disulap jok belakangnya jadi 7 seater.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: All About Ford Everest
ntu lampu colt desel di atas bikin ill feel.... meningan genti strobo sekalian.... eh btw kl masuk tambang ada spek mobil kusus ya??? ga bisa asal 4wd semata..... mau pasang winch elektrik atw PTO??
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: All About Ford Everest
Iya Om Akang..bikin ill feel..makanya mau diganti pake kombinasi LED. Klo masuk tambang sebenarnya tergantung standar safety mana yang mereka pakai. Klo tempat saya kerja, udah dlm mobil hrs pake roll bar, hrs 4WD all the time walaupun kering, speed maksimum 30 km/jam.. bisa dibanyangin pakai 4H terus cuma mentok gigi 2. masuk ke areal tambang harus pake 4L klo ga mau SIMPER dicabut. Semua perangkat modifikasi tsb harus ada bukti sertifikasi standar ADR (aussie).ak4ng wrote:ntu lampu colt desel di atas bikin ill feel.... meningan genti strobo sekalian.... eh btw kl masuk tambang ada spek mobil kusus ya??? ga bisa asal 4wd semata..... mau pasang winch elektrik atw PTO??
Winch mau psang elektrik biar nggak ribet krn kayaknya Transfer case Evie ga punya opsi PTO (AFAIK), vendornya nawarin Gladiator (punya sertifikasi ADR standar) padahal saya penginnya paling nggak Tabor 9K. Triton lama pakean saya malah dipasang WARN M15000..edun banget tuh winch, beratnya aja 65 kg. Tapi memang perkasa buat narik, single line hampir 7 ton. Jadi Winch tergede terpasang di LV di tambang ini. Klo evie ini kayaknya nggak akan sampe mblusuk-mblusuk ke daerah ekstrim, paling pake triton klo mau [cencored], evienya parkit di kantor aja...sayang soalnya...mana karpetnya bagus lagi.. Triton saya yg lama lantainya penuh lumpur klo usim hujan kayak sekarang..nggak bisa bersih kayak mobil kota...he3x
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: All About Ford Everest
wah mantap bener tu safety standardnya. di letter BK itu tambang apa sih om?firawan6275 wrote:
Iya Om Akang..bikin ill feel..makanya mau diganti pake kombinasi LED. Klo masuk tambang sebenarnya tergantung standar safety mana yang mereka pakai. Klo tempat saya kerja, udah dlm mobil hrs pake roll bar, hrs 4WD all the time walaupun kering, speed maksimum 30 km/jam.. bisa dibanyangin pakai 4H terus cuma mentok gigi 2. masuk ke areal tambang harus pake 4L klo ga mau SIMPER dicabut. Semua perangkat modifikasi tsb harus ada bukti sertifikasi standar ADR (aussie).
sepanjang yg ane pernah masuk tambang2 di kalimantan sulawesi, KPC Adaro Inco Muarateweh Sebuku dll gak segitunya tuh safety standardnya. yg penting pakai tiang bendera tinggi pasang di depan biar keliatan sm CAT gajah2 itu. tiap persimpangan wajib stop dulu tengok kiri kanan mskipun gak nampak ada yg lewat. klo speed kayaknya lbh dari 30 deh.
yg sumatra cm satu tambang gw pernah masuk, barisan tropical di linggau. safety stadardya sama laah dg yg klaimantan itu.. satu "tambang" lg klo di BK cm Inalum itupun bukan tambang deh ya, cuma pengolahan, jd mlh jauh lbh ringan rule safetynya.
makanya jd bertanya2 itu di BK ada tambang apa lg, mantap safetynya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: All About Ford Everest
Yang ini tambang emas baru (fase konstruksi) di Kab. Tapanuli Selatan Om (SUMUT) makanya platnya BK (tapanuli sebenarnya BB)..mungkin pernah dengar Martabe Gold Mine Project. Sekitar 35 km dari Padang Sidempuan dan 65 km dari Sibolga. Klo tambang yg ini benar-benar tambang dari menambang sampai keluar emas batangan.andy1800 wrote:wah mantap bener tu safety standardnya. di letter BK itu tambang apa sih om?firawan6275 wrote:
Iya Om Akang..bikin ill feel..makanya mau diganti pake kombinasi LED. Klo masuk tambang sebenarnya tergantung standar safety mana yang mereka pakai. Klo tempat saya kerja, udah dlm mobil hrs pake roll bar, hrs 4WD all the time walaupun kering, speed maksimum 30 km/jam.. bisa dibanyangin pakai 4H terus cuma mentok gigi 2. masuk ke areal tambang harus pake 4L klo ga mau SIMPER dicabut. Semua perangkat modifikasi tsb harus ada bukti sertifikasi standar ADR (aussie).
sepanjang yg ane pernah masuk tambang2 di kalimantan sulawesi, KPC Adaro Inco Muarateweh Sebuku dll gak segitunya tuh safety standardnya. yg penting pakai tiang bendera tinggi pasang di depan biar keliatan sm CAT gajah2 itu. tiap persimpangan wajib stop dulu tengok kiri kanan mskipun gak nampak ada yg lewat. klo speed kayaknya lbh dari 30 deh.
yg sumatra cm satu tambang gw pernah masuk, barisan tropical di linggau. safety stadardya sama laah dg yg klaimantan itu.. satu "tambang" lg klo di BK cm Inalum itupun bukan tambang deh ya, cuma pengolahan, jd mlh jauh lbh ringan rule safetynya.
makanya jd bertanya2 itu di BK ada tambang apa lg, mantap safetynya.
Kayaknya standar safetynya merujuk ke standar BHP yang ketat (AFAIK). Ini buggy whip (tiang bendera) sedang dilepas, masih kinyis2. Belum ditempelin sticker No. Lambung dan Gate Pass. Di sini nyalip hrs dapat kontak positif dari yg bakal disalip, dikasih ijin apa nggak. Selama berkendara dilarang merokok, bertelepon walaupun pake handsfree dan pakai radio, jadi klo mau nyalip klo bawa mobil sendirian mesti berheti untuk pake radio. Klo motong Dozer atau Excavator, unit yg kerja tersebut harus berhenti sempurna, blade atau bucketnya harus diletakkan di tanah baru boleh disalip setelah dapat kontak balik/ ijin dari mereka. Sudah banyak yg dicabut atau disuspend SIMPERnya karena menyalip tanpa mematuhi aturan tersebut.
Setiap berkendara baik siang maupun malam radio, lampu besar, strobo light/ beacon harus menyala dan berfungsi baik dan safety belt harus terpasang dgn baik untuk semua penumpang. Belum lagi setiap awal shift harus mengisi Pre Start checklist, klo ada razia tertangkap tidak ada pre start checklist ini bisa runyam urusannya.
Klo untuk aturannya Safety memang top banget walaupun karena belum terbiasa menjadi hal yg berat. Karena sudah jadi kebiasaan malah jadi aneh klo balik ke kota, waktu parkir secara nggak sadar klakson selalu bunyi 2 kali klo maju dan 3 kali klo mau mundur. Sering jadi tontonan orang, mau gmana lagi..sebenarnya nggak ada yg berat kalo sudah jadi kebiasaan. Masalahnya kemauan untuk berubah ini yang menjadi keterbatasan sehingga menghambat proses perubahan itu sendiri..cheers...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10469
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: All About Ford Everest
ooo... jadi ntu lampu colt biar keliatan sama truk2 gede khusus tambang.... ternyata ada juga perusahaan yg ketat soal safety......
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: All About Ford Everest
Betul Bro.. Buggy whip (tiang bendera Safety plus bendera dgn scotchlite) juga harus dilengkapi lampu kecil di ujungnya agar nampak klo jalan malam hari. Kadang yg bikin saya geli, di kota Medan saya beberapa kali ditabrak dari belakang waktu bawa Triton. Padahal itu Triton ada 3 set lampu kombinasi plus std lampu rem ketiga di tutup bak belakang, jadi totalnya ada 7 lampu. Masak sih nggak lihat juga ?!? Alhasil Honda Jazz yg nabrak bumper depannya penyok karena nyondol Towing Bar,untungnya pelan, klo nggak bisa jebol sampai radiatornya tuh..he3xak4ng wrote:ooo... jadi ntu lampu colt biar keliatan sama truk2 gede khusus tambang.... ternyata ada juga perusahaan yg ketat soal safety......
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: All About Ford Everest
Wiksssssss RMA.firawan6275 wrote:Baru dapat jatah kantor Ford Everest TDCi 2011 akhir (desember 2011) surat Jan 2012. Sayang belum dapat yg model T6 yang baru. Mobil ini sudah spek operasional tambang yg diorder ke RMA Automotive. Sudah pakai bullbar depan belakang, shock depan/belakang plus per belakang udah diganti. Ukuran shock lebih gede (taksiran 2 inch lebih diamternya. Masih inden Roll bar dalam, winch, lampu tambahan (rencana Rallye 3003).
- CUT -
Standarnya kelas Freeport tuh hehehe...... Itu 'rollbar dalam' maksudnya ROPS kan om?
Intermezzo, saya pernah imel RMA setaunan lalu penasaran aja ama mereka, saya minta diurai apakah RMA ini cuman comot produk dari brand yang udah eksis (misal, front bumper ARB) lalu dipadu-padankan brand lain, atau mereka memang engineering dan manufacturing sendiri.
Jawabnya, untuk komponen yang menyangkut protection, mereka bikin sendiri semacam bumper dan ROPS. Standar Ostrali, ASE (Automotive Safety Engineering). Kalo semacam sokbreker dan secondary air filter (di snorkle) mereka order ke luar dengan spek dari mereka. Keknya sok pake OME yak?
----------
Yep, spek kusus dan gak asal tancep K4ng semua parts ada compliance ama badan yang kusus ngeluarin sertifikasi.ak4ng wrote:ntu lampu colt desel di atas bikin ill feel.... meningan genti strobo sekalian.... eh btw kl masuk tambang ada spek mobil kusus ya??? ga bisa asal 4wd semata..... mau pasang winch elektrik atw PTO??
Palagi kalo dari luar macem Freeport ato Newmont, K4ng. Freeport AFAIK adalah konsumen terbesarnya RMA buat Ranger mereka. Dan entah gimana, si RMA kok mau juga ngerjain LC 70 Series Freeport padahal mereka spesialis Ford dan Landy.
Saking banyaknya orderan Freeport kali yak?
----------
Gagah kaleeee....firawan6275 wrote:Om akang..
sedikit foto, batere camera drop. Tapi masih belum tuntas, karena masih harus pasang roll bar, winch, lampu tambahan sepasang lagi, trus ganti lampu kombinasi (bawaannya pakai truk colt diesel, mau ganti yg LED), lampu tembak Hella Comet 450 back up untuk mundur, parking sensor, filter solar tambahan, radio komunikasi plus masih harus lolos scrut untuk Gate Pass. PR masih minta sertifikasi ADR RMA untuk bullbar agar lolos gate passnya..fuihh...masih cukup panjang jalannya sampai bisa masuk tambang..he3x..
Nah, yang bold red, mohon pencerahan om. Logika saya yang butot masalah ginian, kalo perusahaan minta dibikinin sesuai spek standar dia ke RMA, maka harusnya ya pasti lolos 'scrutineering' gatenya, bukan? Kan RMA bikin sesuai standar yang dimauin pengorder.
Pencerahan plis om, selalu demen liat mobil proyek maklum masa kecil di hutan Kaltim persis kek om VM.
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: All About Ford Everest
Benar Om, maksudnya ROPS. Udah kebiasaan nyebutnya Roll Bar. Yg punya tambang awalnya order fleet mereka ke GFS/ RMA dan minta kontraktor untuk mengikuti std tersebut. Tapi karena vendor LV (TRAC) dkk kesulitan (muahalll RMA) diberikan rujukan TAS 4x4 asal standarnya merujuk ke Australian Design Rules (ADR) yg sama. Shock pakai G-Force sedangkan per belakang komposisinya 4 per utama plus 2 per ballast. Klo dibandingkan Evie yg saya pakai lebih tinggi dari Evie lain (TAS) sekitar 1-2 inch walaupun pakai ban ukuran sama Savero M/T 245/75R16.Wiksssssss RMA.
Standarnya kelas Freeport tuh hehehe...... Itu 'rollbar dalam' maksudnya ROPS kan om?
Intermezzo, saya pernah imel RMA setaunan lalu penasaran aja ama mereka, saya minta diurai apakah RMA ini cuman comot produk dari brand yang udah eksis (misal, front bumper ARB) lalu dipadu-padankan brand lain, atau mereka memang engineering dan manufacturing sendiri.
Jawabnya, untuk komponen yang menyangkut protection, mereka bikin sendiri semacam bumper dan ROPS. Standar Ostrali, ASE (Automotive Safety Engineering). Kalo semacam sokbreker dan secondary air filter (di snorkle) mereka order ke luar dengan spek dari mereka. Keknya sok pake OME yak?
He3x..iya Om, waktu mau discruit..begitu lihat emblem RMA di bumper depan. Mereka nggak ragu lagi dan ga perlu ribed-ribed karena kayaknya diluar yg punya tambang, evie saya mungkin satu2nya yg pakai RMA. Kaget juga waktu Evie baru datang dari jakarta, udah kepasang bumper depan-belakang, buggy whip, lampu, backup alarm minus ROPS, padahal awalnya mau dilengkapi di Medan agar lebih murah. ROPSnya buatan TAS plus lampu kombinasi LED dan back up light Hella. Cuma back up alarm (alarm mundur) sudah mulai rusak karena kena lumpur (dipasang di kolong belakang), harus ganti Caterpillar biar awet. Sayangnya nggak bisa bisa dipasangin parking sensor karena waktu dipasang bunyi melulu, mungkin jaraknya ke ban serep terlalu dekat. Klo mobil kantor lainnya lengkap dengan parking sensor, jadi lebih yakin nggak nabrak klo mundur. Mau dipasangin Reverse camera juga nggak gampang karena HUnya masih std belum kayak model limited. Nggak bakalan dikasih klo juga harus ganti HU..he3x.Gagah kaleeee....
Nah, yang bold red, mohon pencerahan om. Logika saya yang butot masalah ginian, kalo perusahaan minta dibikinin sesuai spek standar dia ke RMA, maka harusnya ya pasti lolos 'scrutineering' gatenya, bukan? Kan RMA bikin sesuai standar yang dimauin pengorder.
Pencerahan plis om, selalu demen liat mobil proyek maklum masa kecil di hutan Kaltim persis kek om VM.
ini sedikit foto-fotonya setelah upgrade selesai
In the mist
In town 1
In town 2
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: All About Ford Everest
Makasih pencerahannya om.
Untuk lokasi kek di sitenya om Fir, gak perlu pake snorkle dan air filter tambahan yang di ujungnya itu yak?
Emang si RMA minta brapa sih om buat ROPS, bumper non winch, sidebar, upgrade kaki, dll gitu, penasaran aja.
Saya pertama kali 'kenal' RMA taun 2006an saat mereka bikin Ranger SORV, sejak saat itu demen ngamatin produk mereka.
TAS 4x4 kuat di Medan sana ya om? Dia distributor Ironman, Forest dll gitu kan? Eh, brapa biji om Everest ginian di site?
Edit: Apa pertimbangan/alasan teknis si perusahaan kok milih Ranger/Evie ketimbang seteru abadinya si Triton/Pasport, om?
Untuk lokasi kek di sitenya om Fir, gak perlu pake snorkle dan air filter tambahan yang di ujungnya itu yak?
Emang si RMA minta brapa sih om buat ROPS, bumper non winch, sidebar, upgrade kaki, dll gitu, penasaran aja.
Saya pertama kali 'kenal' RMA taun 2006an saat mereka bikin Ranger SORV, sejak saat itu demen ngamatin produk mereka.
TAS 4x4 kuat di Medan sana ya om? Dia distributor Ironman, Forest dll gitu kan? Eh, brapa biji om Everest ginian di site?
Edit: Apa pertimbangan/alasan teknis si perusahaan kok milih Ranger/Evie ketimbang seteru abadinya si Triton/Pasport, om?
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: All About Ford Everest
Lokasi site tempat saya kerja belum perlu pakai snorkel dan pre cleaner karena off roadnya juga dibatasi. Demi safety, klo kondisi jalan udah jadi bubur, kendaraan malah dibatasi yang boleh lewat. Jadi sayang kan sudah investasi melengkapi perlengkapan perang sampai winch malah jadi mubazir. Klo harga bullbar, suspensi ini saya nggak tahu Om, karena begitu order Evie dari show room di Jakarta perusahaan sudah langsung order Off Road package ke Ford yg artinya RMA. Saya cuma ajukan request form SS2 (off road serius). Evie datang sdh hampir siap perang minus ROPS karena nggak semua site minta ROPS sebagai standar. Jadi dilangkapi di Medan.Nightster Guy wrote:Makasih pencerahannya om.
Untuk lokasi kek di sitenya om Fir, gak perlu pake snorkle dan air filter tambahan yang di ujungnya itu yak?
Emang si RMA minta brapa sih om buat ROPS, bumper non winch, sidebar, upgrade kaki, dll gitu, penasaran aja.
Saya pertama kali 'kenal' RMA taun 2006an saat mereka bikin Ranger SORV, sejak saat itu demen ngamatin produk mereka.
TAS 4x4 kuat di Medan sana ya om? Dia distributor Ironman, Forest dll gitu kan? Eh, brapa biji om Everest ginian di site?
Edit: Apa pertimbangan/alasan teknis si perusahaan kok milih Ranger/Evie ketimbang seteru abadinya si Triton/Pasport, om?
Klo di Medan untuk fleet dgn syarat-syarat spesifikasi dan standar regulasi ketat sejauh ini TAS masih lenggang kangkung sendiri. Klo untuk kebun dll, banyak kok bengkel yg bisa bikin bull bar dgn kualitas bagus kayak bikinan TAS. Yg jelas TRAC banyak pake TAS utk tambang. Apalagi di Madina (emas) dan Meulaboh (batu bara) bakal ada project lumayan besar. Paling nggak ada prospek > 50 LV dgn spesifikasi tambang kayak gini.
Klo pertimbangan pake Ford mungkin lebih karena enginenya masih pakai injeksi mekanikal/ konvensional jadi lebih bandel terhadap kualitas solar jelek. Banyak juga yg pake Triton kayak kantor saya karena lebih powerful dan cukup bandel nenggak solar jelek. Ground clearence depan dgn ban ukuran sama Ford saya pikir lebih tinggi hanya Ramp Breakover Triton lebih baik karena TC dan Gearbox lebih tinggi dgn wheel base sama.
Cuma ada 1 Hilux pre facelift (3.0 D4D) dan 1 Hilux post facelift 2.5 D4D. selebihnya ada beberapa Mazda dan 4 Ford Ranger 3.0 Tdci. Untuk Evie yg model 2010 up ada > 10 unit, Model 2008 (Tdci pertama Gen2) ada 3 unit, Evie Gen1 ada 2 unit dan Nissan Frontier Gen1 ada 2 unit, Frontier NP300 ada 1 unit. Bakal lebih banyak lagi Ford Ranger karena kantor sdh order 1 x Ford Ranger yg disulap jadi Service Car. Kabar baiknya bakal masuk model baru T6 2200CC. ..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: All About Ford Everest
Wih, fleetnya belang-belang yak om, bisa jadi bahan komparasi yang kredibel nih........
Hilux, Ranger, Evie, Frontier, Triton, cuman kurang D-Max aja.
Iya, saya kaget liat lineup terbaru Ranger at Indo cuma di 2.2, cek di web ostrali ada versi TDCI yang lebih gede tapi FMI mungkin merasa cukup pake 2.2 toh output powernya lebih gede dari 2.8 sekarang, CMIIW om.
Thanx om cerita2nya, demen banget. Oya, ban standar fleet sono pake merk dan tipenya seperti di Evienya ini om?
Hilux, Ranger, Evie, Frontier, Triton, cuman kurang D-Max aja.
Iya, saya kaget liat lineup terbaru Ranger at Indo cuma di 2.2, cek di web ostrali ada versi TDCI yang lebih gede tapi FMI mungkin merasa cukup pake 2.2 toh output powernya lebih gede dari 2.8 sekarang, CMIIW om.
Thanx om cerita2nya, demen banget. Oya, ban standar fleet sono pake merk dan tipenya seperti di Evienya ini om?
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: All About Ford Everest
Kayaknya kalo di-rekap, standar safety nya kayak gini deh..
Lha wong penampakan on site nya kayak gini...
Pantesan segitu ketat regulasi untuk keselamatannya....firawan6275 wrote:
Standar safetynya merujuk ke standar BHP yang ketat (AFAIK).
1. Dalam mobil hrs pake roll bar,
2. Hrs 4WD all the time walaupun kering
3. Speed maksimum 30 km/jam..
4. Pakai 4H terus cuma mentok gigi 2.
5. Masuk ke areal tambang harus pake 4L klo ga mau SIMPER dicabut.
6. Semua perangkat modifikasi tsb harus ada bukti sertifikasi standar ADR (aussie).
7. Buggy whip (tiang bendera Safety plus bendera dgn scotchlite) juga harus dilengkapi lampu kecil di ujungnya agar nampak klo jalan malam hari. 8. Sticker No. Lambung dan Gate Pass.
9. Nyalip hrs dapat kontak positif dari yg bakal disalip, dikasih ijin apa nggak.
10. Selama berkendara dilarang merokok, bertelepon walaupun pake handsfree dan pakai radio,
11. Kalau mau nyalip kalau bawa mobil sendirian mesti berheti untuk pake radio.
12. Klo motong Dozer atau Excavator, unit yg kerja tersebut harus berhenti sempurna, blade atau bucketnya harus diletakkan di tanah baru boleh disalip setelah dapat kontak balik/ ijin dari mereka. Sudah banyak yg dicabut atau disuspend SIMPERnya karena menyalip tanpa mematuhi aturan tersebut.
13. Setiap berkendara baik siang maupun malam radio, lampu besar, strobo light/ beacon harus menyala dan berfungsi baik dan safety belt harus terpasang dgn baik untuk semua penumpang.
14. Belum lagi setiap awal shift harus mengisi Pre Start checklist, klo ada razia tertangkap tidak ada pre start checklist ini bisa runyam urusannya.
15. Waktu parkir klakson selalu bunyi 2 kali klo maju dan 3 kali klo mau mundur.
16. Harus ada 3 set lampu kombinasi plus std lampu rem ketiga di tutup bak belakang, jadi totalnya ada 7 lampu.
Lha wong penampakan on site nya kayak gini...
firawan6275 wrote:
In the mist
-cut-
Nah, nampaknya ini masukan lumayan bagus nih buat om firawan...JESKONENG wrote:JESKONENG wrote:Permisi om2 .. bagi yg blom tau apa manfaat produk herbal Norival Diesel, ini copy paste testi bro esh (pengguna Captiva Diesel) :
Lapor om JESKONENG
malam itu juga saya langsung teteskan norival diesel + isi biosolar sampai full tank. Hari berikutnya efek yang saya notice:
- getaran mesin berkurang
- tarikan berasa lebih ringan terutama saat lewat tanjakan keluar dari parkir basement.
- asap tidak lagi ngebul saat akselerasi full throttle, biasanya asap terlihat jelas di spion namun kali ini tidak.
- bau asap yang menyengat khas captiva diesel berkurang drastis, hal ini belum pernah saya dapatkan dari beberapa merk diesel additive yang sudah saya coba selama ini.
- untuk fuel consumption report menunggu sampai pengisian berikutnya
(itu baru semalam setelah aplikasi Norival yg pertama)...
ini link-nya : http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 71#p528371
efek dari penggunaan solar yg kurang bagus kualitasnya :
- asap tebal dan bau menyengat dari knalpot
- getaran mesin yg berlebihan
- tenaga yg lemot
- konsumsi solar yg kurang irit
semua efek negatif itu dapat diminimalisir oleh aditif NORIVAL DIESEL !! dng dosis hanya 1ml (1cc) utk setiap 25 liter solar, efeknya sangat menakjubkan seperti yg dialami oleh om esh pada Captiva Diesel-nya...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: All About Ford Everest
Sebenarnya masih ada yg kelupaan Om..Nightster Guy wrote:Wih, fleetnya belang-belang yak om, bisa jadi bahan komparasi yang kredibel nih........
Hilux, Ranger, Evie, Frontier, Triton, cuman kurang D-Max aja.
Iya, saya kaget liat lineup terbaru Ranger at Indo cuma di 2.2, cek di web ostrali ada versi TDCI yang lebih gede tapi FMI mungkin merasa cukup pake 2.2 toh output powernya lebih gede dari 2.8 sekarang, CMIIW om.
Thanx om cerita2nya, demen banget. Oya, ban standar fleet sono pake merk dan tipenya seperti di Evienya ini om?
Ranger gen1 baru ketahuan 2 unit.
Ranger gen 2 1 unit
Dmax gen1 (kali ya) ada 2 unit
Dmax (ini bingung soalnya headlampnya tipe projector) ada 1 unit.
Triton sendiri campur yg GLX, GLS dan Exceed.
Klo ban kebanyakan pake GT Radial Savero M/T dari ukuran 235/75R15, 245/75R16 s/d 31x10.50R15 dan Maxxis Bighorn (sedikit) yg banyak tipe satunya saya lupa. Trus Bridgestone Dueler M/T 235/75R15 dan 265/75R16 (kantor pakai ini), Trus yg baru ada pakai Savero Komodo M/T ukuran 235/75R15 dan 265/75R16 (Triton lama yg saya pakai ganti Jan12, sudah 8 ribu km tinggal 60%). Simex Jungle Trekker, Extreme Trekker dan M/P Trekker (sedikit yg pake karena boros, 15 ribu km afkir - 25%).
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: All About Ford Everest
Simex Trekker series kata temen2 sih soft makanya ngegigit yak om kalo di medan batu? Tapi ya itu, cepet abis.
Next topic.... Setelah nyoba semua truk2 itu (bukan Evie or Pasport), personally om Firawan milih mana (untuk dipake di medan yang anda hadapi keseharian), dilihat dari SEMUA kombinasi parameternya (kapabilitas, kenyamanan, power, ground clearance gak nyangkut, dll)?
Thanx.
Next topic.... Setelah nyoba semua truk2 itu (bukan Evie or Pasport), personally om Firawan milih mana (untuk dipake di medan yang anda hadapi keseharian), dilihat dari SEMUA kombinasi parameternya (kapabilitas, kenyamanan, power, ground clearance gak nyangkut, dll)?
Thanx.
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: All About Ford Everest
Itu sehabis hujan pukul 2 siang, bisa kebayang klo hujan malam hari Om..Dalam kabut itu sebenarnya ada Pabrik berdiri...he3x..Klo dah gini, harapan mau beroff road ria terpaksa disimpan dulu karena nggak aman...Pantesan segitu ketat regulasi untuk keselamatannya....
Lha wong penampakan on site nya kayak gini...
firawan6275 wrote:
In the mist
Sejauh ini yg paling tahan saya temui baru BS Dueler M/T, sampai sisa 25% ketebalan thread depthnya mencapai 25 ribu km kondisi 60% off road dan 40% aspal. Savero Komodo M/T yg dipakai di Triton bagus juga gripnya di lumpur (feeling saya lebih baik dari BS) hanya umurnya kalah sama BS. Trus handling di aspal juga masih kalah dari BS.Simex Trekker series kata temen2 sih soft makanya ngegigit yak om kalo di medan batu? Tapi ya itu, cepet abis.
Next topic.... Setelah nyoba semua truk2 itu (bukan Evie or Pasport), personally om Firawan milih mana (untuk dipake di medan yang anda hadapi keseharian), dilihat dari SEMUA kombinasi parameternya (kapabilitas, kenyamanan, power, ground clearance gak nyangkut, dll)?
Thanx.
Klo bandingin semua DCab rasanya saya belum bisa berikan rekkomendasi karena saya baru pernah bawa Ranger Gen1,2&3, L200, Triton GLS semntara Hilux,Dmax,Frontier saya belum pernah.
Dari list saya klo dibandingin.
Kenyamanan :
Ranger Gen1-Triton - Ranger Gen 2 - Ranger Gen 3 - L200
Ground Clearence
L200 - Ranger Gen 3 - Ranger Gen 1&2- Triton
Daya guna Torsi
L200 - Triton - Ford Gen 1,2,3
Top speed
Ranger Gen 1&2 (155 kmh) - Triton (145 kmh) - L200 (140 kmh) - Ranger Gen3 (140 kmh) dgn catatan di aspal
Akomodasi cabin
Triton - Ford Gen 1,2,3 - L200
Klo boleh dikombinasi idaman saya Triton dgn karakter torsi L200 dan top speednya Ford Gen 1,2 walaupun spek bilang Triton bisa mencapai 160 kmh.
Kemudahan Maintenance (melakukan service)
Ford Ranger Gen 1,2,3 - Triton - L200
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: All About Ford Everest
Sip om resumenya !!
Soal generasi Ranger, kita kalibrasi dulu nih persepsi kita. Kalo menurut saya gini:
- Gen 1: Sein oranye, tampangnya dodol abis dah.
- Gen 2: Versi facelift dari gen 1, sein putih, gril krom, gagah. Enjin sami mawon ma gen 1.
- Gen 3: Beda total ma gen 2. Gril gede kotak dengan horizontal bar gede2, enjin ganti ke Duratorq VGT untuk versi non base.
- Gen 4: Yang sekarang beredar, lampu lancip, enji sami mawon ma gen 3, mulai manis tampangnya....
Di lain sisi, banyak yang mengkategorikan gen 1 dan 2 versi saya itu sebagai gen 1, karena enjin dan dasbor sama cuman beda front end aja. Lalu gen 2 yang gril kotak gede enjin Duratorq, lalu gen 3 yang sekarang ini.
Ada yang kelupaan di resumenya om di atas:
- Mana yang KAKI2NYA PALING BADAK om di site?
- Soal performa dan easy to maintain udah diresume. Nah, yang MESINNYA PALING BADAK siapa om, dalam arti paling TROUBLE FREE, dengan standar perawatan dan penyiksaan yang sama.
Thanx..........
Soal generasi Ranger, kita kalibrasi dulu nih persepsi kita. Kalo menurut saya gini:
- Gen 1: Sein oranye, tampangnya dodol abis dah.
- Gen 2: Versi facelift dari gen 1, sein putih, gril krom, gagah. Enjin sami mawon ma gen 1.
- Gen 3: Beda total ma gen 2. Gril gede kotak dengan horizontal bar gede2, enjin ganti ke Duratorq VGT untuk versi non base.
- Gen 4: Yang sekarang beredar, lampu lancip, enji sami mawon ma gen 3, mulai manis tampangnya....
Di lain sisi, banyak yang mengkategorikan gen 1 dan 2 versi saya itu sebagai gen 1, karena enjin dan dasbor sama cuman beda front end aja. Lalu gen 2 yang gril kotak gede enjin Duratorq, lalu gen 3 yang sekarang ini.
Ada yang kelupaan di resumenya om di atas:
- Mana yang KAKI2NYA PALING BADAK om di site?
- Soal performa dan easy to maintain udah diresume. Nah, yang MESINNYA PALING BADAK siapa om, dalam arti paling TROUBLE FREE, dengan standar perawatan dan penyiksaan yang sama.
Thanx..........
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3054
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: All About Ford Everest
new everest yg pake 2.2l kapan masuknya ya pick up udah mulai siap delivery
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: All About Ford Everest
New Everest blom ada tuh tampangnya, om Solar. Mo masuk di web Ford Thai, bingung ama aksara cacingnya mereka.......
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 398
- Joined: Tue Aug 11, 2009 8:11
- Location: Medan
Re: All About Ford Everest
Ranger gen4 2.5l msh pake engine WLT 12V mechanical injection yg VGT kayaknya cuma Evie. Engine yg paling bandel pendapat saya masih 4D56T L200. Triton sejauh ini (35 ribu km - 1 thn 3 bulan) engine masih OK (pakai fuel water separator tmabahan). Namun utk engine ini Mazda WLT dan Mitsubishi 4D56T nggak beda-beda jauh (Mazda engine cukup bisa ngimbangin Mitsu) tapi untuk Drive Train (Gearbox dan Transfer Case) Mitsubishi lebih bandel. jarang Mitsubihi yg kena Drive Trainnya dibanding Ford.Nightster Guy wrote:Sip om resumenya !!
Soal generasi Ranger, kita kalibrasi dulu nih persepsi kita. Kalo menurut saya gini:
- Gen 1: Sein oranye, tampangnya dodol abis dah.
- Gen 2: Versi facelift dari gen 1, sein putih, gril krom, gagah. Enjin sami mawon ma gen 1.
- Gen 3: Beda total ma gen 2. Gril gede kotak dengan horizontal bar gede2, enjin ganti ke Duratorq VGT untuk versi non base.
- Gen 4: Yang sekarang beredar, lampu lancip, enji sami mawon ma gen 3, mulai manis tampangnya....
Di lain sisi, banyak yang mengkategorikan gen 1 dan 2 versi saya itu sebagai gen 1, karena enjin dan dasbor sama cuman beda front end aja. Lalu gen 2 yang gril kotak gede enjin Duratorq, lalu gen 3 yang sekarang ini.
Ada yang kelupaan di resumenya om di atas:
- Mana yang KAKI2NYA PALING BADAK om di site?
- Soal performa dan easy to maintain udah diresume. Nah, yang MESINNYA PALING BADAK siapa om, dalam arti paling TROUBLE FREE, dengan standar perawatan dan penyiksaan yang sama.
Thanx..........
Untuk kaki-kaki tidak terlalu banyak beda antara Mitsu dan Ford. Hanya Gen1&2 lebih rentan mungkin karena settingan suspensinya lebih lembut (kompromi on road), tapi yg Gen 3 ke atas saya lihat cukup bandel. Malah dibanding triton komponen steeringnya masih lebih bandel Ford. Klo driveshaft depan selama dibersihkan dicek berkala kondisi karet Bootnya kok ada masalah berarti.