Bener sebenernya rotary itu seneng di high-rev karena karakternya yang bertentangan dibanding mesin piston konvensional, yang jadi highlight postingan saya adalah perlakuan kita ketika nge rev, output shaft yang terhubung ke rotary engine mendapat beban berat karena karakter rotary yang bisa reving sesuka hati.. Mengenai daya tahan rotary engine terletak dari seal-seal dan bagian oli nya..ry888 wrote:Oh iya ya..
Berarti ATPM ada keluarin facelift manual jg ya..
Bisa di inden kali ya..
Oh mengenai hi rev, pas baru start mbl ato mesin msh dingin jgn lgsg di rev. Gw br tau rotary ga tahan hi rev.. Bkn nya malah kebaliklannya.. Coz kemaren2 itu kan rx8 ikut ketahanan lemans 24 hrs menang ya.. Coba baca2 di forum rx8.. Lengkap bgt info2 nya tuk perawatan, probs, dll..
satu problem rotary, adalah suhu mesin, pada reving yang tinggi, suhu mesin mobil rx8 sangat tinggi. Oli dengan mudah menjadi overheat -> pada perlakuan reving yang kasar dengan mudah leaking.
Pada reving tinggi tidak boleh melepas pedal gas secara spontan -> penurunan rev spontan bisa menyebabkan engine cracking, selain itu karena extra fuel membawa oli di rotor mesin -> kompresi mesin seketika drop -> padahal masih di injeksi bensin -> maka terjadi engine flood.. Ini terjadi pada mesin rotary yang di high-rev, coba pikir, high rev dilakukan ketika jalanan sepi/kosong, pada kondisi real ini jarang terjadi. Maka trik yang paling jitu adalah menjaga putaran mesin secukupnya, pake bbm bagus, oli super sintetik yang berkualitas..
Anyway trik terakhir ini belum teruji, karena ini dari bapak-bapak owner RX8...
Makanya... Tricky kan mesin rotary?.. saya aja pusing baca teori perawatannya....
CMIIW
Sorry ya yang lain jadi OOT