mazda rx 8 vs nissan fairlady

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

mbl hitam
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sat Apr 23, 2005 16:40

mazda rx 8 vs nissan fairlady

Post by mbl hitam »

ada yg bisa beri perbandingan untuk kedua mbl ini ?
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

What do you want to know? Engine, practicality, or..?
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Kalo di sport cars biasanya engine performance and handling.....

practicalty gak terlalu dipikirin yg beli sportcar.

Mazda RX-8 lebih murah, tapi juga lebih banyak di jalanan..
Last edited by WP on Fri Jan 20, 2006 13:32, edited 1 time in total.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

WP wrote:Kalo di sport cars biasanya engine performance and handling.....

practically gak terlalu dipikirin yg beli sportcar.
350 Z = two-seater. With only two doors. You can't bring your kids with you.

RX-8 = FOUR-seaters. Also with FOUR doors. You can bring your kids with you.

And that, Mr. WP, is what 'practicality' means in sports-car talk. Last time I checked, this IS the sports car section, not minibus/station or sedan, isn't it?
mbl hitam
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sat Apr 23, 2005 16:40

Post by mbl hitam »

yg saya pengen tahu sih : tarikan dan handling enak mana, harga jual bekas kuat mana, konsumsi bahan bakarnya gimana
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

mbl hitam wrote:yg saya pengen tahu sih : tarikan dan handling enak mana, harga jual bekas kuat mana, konsumsi bahan bakarnya gimana
'Tarikan'

350Z bermesin 3500cc V6 menghasilkan 280 HP, IMHO ini bukan mesin ideal untuk sebuah sports car, karena cc-nya terlalu besar sementara HP-nya tidak istimewa untuk mesin sebesar itu. Sebagai pembanding, Honda S2000 yang hanya 2000cc mampu menghasilkan 240 HP.

RX-8 tidak memakai mesin piston, tapi mesin rotary (Wankel) 2 x 650cc = 1300cc, menghasilkan tenaga sekitar 240 HP. Mesin ini unik, bisa meraung sampai 9500 RPM bahkan 10.000 RPM pun bisa. Suaranya juga lebih mirip superbike daripada mesin piston biasa.
Kelemahan mesin ini adalah boros BBM dan oli pelumas mesin, tapi IMHO worth the performance and the unique characteristic alone. Konsumsi BBM-nya memang boros tapi tidak berbeda terlalu jauh dengan 350Z yang mesinnya 3500cc, cukup haus BBM juga.

Handling : sama2 RWD, cukup seimbang. Mesin di depan tapi RX-8 bisa dikatakan front-midship, kalau Anda buka kap mesinnya akan terlihat bahwa mesinnya jauh di belakang. Bisa begitu karena mesin rotary 1300cc kecil dan compact.

Harga bekas : untuk tahun2 awal sports cars memang 'jatuh', tapi bottom price-nya justru akan cukup tinggi. Kalau beli sports car dan bukan untuk dijual kembali dalam 1-2 tahun, rasanya tidak perlu terlalu menghitung harga jual, tapi what car you have passion for the most, right?
Tapi kalau Anda sangat kuatir dengan harga jual, Anda bisa beli performance car yang bodystyle-nya bukan sports car seperti BMW 330i.

Untuk bahan pertimbangan lain : Dua2nya didukung ATPM, tapi 350Z kini sudah tidak ada lagi di pricelist Nissan. Mazda RX-series bermesin rotary banyak penggemar setianya di Indo.
Harga jual RX-8 di Indo tidak terlalu jauh dgn Celica, karena masuk kategori pajak di bawah 1500cc, sedangkan 350Z terkena pajak di atas 3000cc (cmiiw).

Konsumsi BBM : 350Z boros karena bermesin besar, RX-8 boros karena bermesin rotary. RX-8 juga boros oli mesin, tapi jika Anda penggemar sports car sejati yang suka mengurus mobil, ini tidak masalah and worth the extra advantage : the unique, high-revving characterful rotary engine.
Mesin 350Z imho tidak istimewa, 3500cc seperti yg dipakai Murano dan model2 Nissan 3500cc lain.

Oh ya, satu pertimbangan terakhir yang bisa sangat membantu keputusan Anda. Anda mau transmisi manual atau matic?

Kalau Anda mau manual, kenikmatan mengganti gigi pada RPM puncak, pilihlah RX-8, you won't regret it. Tapi kalau mau matic, jangan pilih RX-8, karena masih 4 AT dan dengan matic tidak akan bisa mencapai RPM puncak. Kalau mau matic, pilihlah 350Z yang bermesin besar, torsinya pun lebih besar, lebih cocok untuk matic.

Hope it helps.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

rx-8 banyak yang pake lo,tiap hari saya kalo jalan pasti ketemu ,entah di mal ato di jalan

kalo 350z jarang paling 2 minggu sekali.

harganya udah beda duluan kali.
mbl hitam
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sat Apr 23, 2005 16:40

Post by mbl hitam »

ada yg tahu pemakaian bahan bakar dan oli RX 8 ? ( terutama oli tuh, malas kalau bentar2 mesti isi oli, repoottttt ). Teman2 ada yg tahu harga bekas RX 8 ama 350z ?

Kalau menurut review motor trend : RX8, 350z baru s2000, menurut edmunds juga RX8 baru 350z.Apa mungkin karena perbedaan harga yg cukup besar membuat rx8 menjadi pilihan mereka.

Kalau rx8 matic apa krg menggigit ?
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Isi oli kira2 setiap 3-4 kali isi penuh tangki bensin.

RX-8 juga punya keunggulan : full 4-seater, with 4-doors.

RX-8 matic tidak memberikan kepuasan seperti versi manualnya.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

beda harga juga kayaknya pak,bedanya hampir 300 jt.
keren nya rx8 kalo ngak tau pasti di kira 2 pintu aja.
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Kalo eksklusif sebenernya bagus 350Z, RX-8 banyak berseliweran, di Jakarta sama di Surabaya yg paling banyak...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
dado
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
Location: JAKARTA

Post by dado »

jazz is the best muter2 jakarta hanya 10 liter aja
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
s4
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 37
Joined: Wed Mar 08, 2006 0:32

Post by s4 »

Di Indo, gara2 pajak gila.
Mending beli RX-8 aja, kan kalau di luar negeri 350Z dan RX-8 harganya sama (skt US$30,000).

Kalo disini:
RX-8 = 500jt
350Z = 800jt

Kalau kuat beli 350Z, mending tambah 200jt buat beli Porsche Cayman aja.
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

conan wrote: ..........
Untuk bahan pertimbangan lain : Dua2nya didukung ATPM, tapi 350Z kini sudah tidak ada lagi di pricelist Nissan. Mazda RX-series bermesin rotary banyak penggemar setianya di Indo.
Harga jual RX-8 di Indo tidak terlalu jauh dgn Celica, karena masuk kategori pajak di bawah 1500cc, sedangkan 350Z terkena pajak di atas 3000cc (cmiiw).
.........
Mau koreksi dikit,

Kalo di asumsikan baik Nissan 350Z Mazda RX-8 diimpor secara
utuh dari Japan (CBU), maka 350Z akan kena BeaMasuk 45%, PajakPenjualan 10%, Pajak Penjualan Barang Mewah 10%

Sementara RX-8 harus masuk kategory "lain-lain" karena tidak termasuk dlm kategory mesin internal combustion bolak balik maupun Diesel dgn BM 60%, PPN 10%
dan PPN BM 10%
Image
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

Mike wrote:
Mau koreksi dikit,

Kalo di asumsikan baik Nissan 350Z Mazda RX-8 diimpor secara
utuh dari Japan (CBU), maka 350Z akan kena BeaMasuk 45%, PajakPenjualan 10%, Pajak Penjualan Barang Mewah 10%

Sementara RX-8 harus masuk kategory "lain-lain" karena tidak termasuk dlm kategory mesin internal combustion bolak balik maupun Diesel dgn BM 60%, PPN 10%
dan PPN BM 10%
Salah deh, PPnBM 10% itu cuma untuk mobil penumpang non sedan di bawah 1.500 cc.
Asas keadilan-nya bagaimana dong ? Mewah-an mana Avanza dan 350Z ?????
Yang lebih mewah ditarik lebih gedhe, ini yang bener
Dan jelas 350Z jauuuuh lebih mewah banding Avanza :)

RX8 dan 350Z itu dua-dua-nya sedan (3 boxes), dan RX8 dianggap sama dengan sedan bensin lainnya, karena tetap minumnya bensin, gak peduli rotary-nya (apa karena juga bea cukainya gak tahu / gak pengen tahu / gak pengen ribet :))

RX8, sedan di bawah 1.500 cc

BM = 60%
PPN = 10%
PPn BM = 30%

350Z, sedan di atas 3.000 cc (tariffnya sama dengan Mercy S350 :))

BM = 60%
PPN = 10%
PPn BM = 75%

Mau ngaku 350Z mobil hatcback (2 boxes), biar kena 45%, keliatannya gak akan bisa, kecuali memang mau maen gila :)
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

Perbandingannya buat ngebut maksudnya ?
Kalau di jalan lurus jelas 350Z yang menang, tapi kalau di sirkuit belum tentu (tergantung type sirkuitnya).

Mobil sport yang bagus itu gak melulu harus yang cc-nya gedhe, yang penting adalah kombinasi antara bobot dan power.
Bahkan mobil macam Lotus Elise yang cuma 1.8L dapat mempermalukan 350Z dan Boxter di beberapa sirkuit karena beratnya cuma 800 kg.
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

TomS wrote:..........
Mau ngaku 350Z mobil hatcback (2 boxes), biar kena 45%, keliatannya gak akan bisa, kecuali memang mau maen gila :)
Kenapa gak bisa ?

Sedan itu di asumsikan kalo dia memiliki bagasi (ITA, tapi lupa artikel berapa),
jadi 350Z ama RX-8 seharusnya bisa dimasukin ke Hatchback.

Anyway, "bantal" (baca : buku BTBMI 2006) gw ntah ngumpet dimana neh,
ntar deh, liat2 lagi.

Tapi utk RX-8, saya dah baca2 lagi..anda benar..
Mesin Rotary tetap masuk mesin internal Combustion dgn bahan bakar bensin.
Image
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

Mike wrote: Kenapa gak bisa ?

Sedan itu di asumsikan kalo dia memiliki bagasi (ITA, tapi lupa artikel berapa),
jadi 350Z ama RX-8 seharusnya bisa dimasukin ke Hatchback.

Anyway, "bantal" (baca : buku BTBMI 2006) gw ntah ngumpet dimana neh,
ntar deh, liat2 lagi.

Tapi utk RX-8, saya dah baca2 lagi..anda benar..
Mesin Rotary tetap masuk mesin internal Combustion dgn bahan bakar bensin.
Karena baik 350Z, RX7 dan RX8 keluarga gue pernah punya, jadi gue tahu detailnya :)
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Mike wrote:
conan wrote: ..........
Untuk bahan pertimbangan lain : Dua2nya didukung ATPM, tapi 350Z kini sudah tidak ada lagi di pricelist Nissan. Mazda RX-series bermesin rotary banyak penggemar setianya di Indo.
Harga jual RX-8 di Indo tidak terlalu jauh dgn Celica, karena masuk kategori pajak di bawah 1500cc, sedangkan 350Z terkena pajak di atas 3000cc (cmiiw).
.........
Mau koreksi dikit,

Kalo di asumsikan baik Nissan 350Z Mazda RX-8 diimpor secara
utuh dari Japan (CBU), maka 350Z akan kena BeaMasuk 45%, PajakPenjualan 10%, Pajak Penjualan Barang Mewah 10%

Sementara RX-8 harus masuk kategory "lain-lain" karena tidak termasuk dlm kategory mesin internal combustion bolak balik maupun Diesel dgn BM 60%, PPN 10%
dan PPN BM 10%
Kalau bukan internal combustion with petrol fuel, memangnya mesin rotary masuk kategori apa? 'External' combustion?

Sebaiknya Anda koreksi lagi besaran pajak yang sebenarnya untuk RX-8 supaya Mr. Mbl Hitam juga tidak menjadi bingung, Pak.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Mike wrote:
TomS wrote:..........
Mau ngaku 350Z mobil hatcback (2 boxes), biar kena 45%, keliatannya gak akan bisa, kecuali memang mau maen gila :)
Kenapa gak bisa ?

Sedan itu di asumsikan kalo dia memiliki bagasi (ITA, tapi lupa artikel berapa),
jadi 350Z ama RX-8 seharusnya bisa dimasukin ke Hatchback.
Eh, Mr. Mike, Anda pernah buka bagasi RX-8 atau tidak?
Bagasi RX-8 itu dibuka tidak berikut kaca belakangnya, hanya pintu bagasinya, jadi masuknya kategori sedan!
Kalau 350Z dan Celica, pintu bagasi dibuka berikut kaca belakang, jadi bisa saja dimasukkan kategori hatchback.

Lihat lagi asal katanya, Pak : 'hatchback' = 'hatch door' at the back!

Sebelum tiba2 membuka lagi topik lama hanya untuk membuat koreksi bahwa RX-8 adalah 'hatchback bermesin bukan internal combustion', seharusnya Anda melakukan research lagi tentang Mazda RX-8 dan mesin rotary. Kecuali Anda pernah atau masih punya sebuah RX-8.

Silakan pernyataan-pernyataan Anda di atas dikoreksi, Pak Momod. Supaya yang baca tidak bingung.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Mike wrote:
TomS wrote:..........
Mau ngaku 350Z mobil hatcback (2 boxes), biar kena 45%, keliatannya gak akan bisa, kecuali memang mau maen gila :)
Kenapa gak bisa ?

Sedan itu di asumsikan kalo dia memiliki bagasi (ITA, tapi lupa artikel berapa),
jadi 350Z ama RX-8 seharusnya bisa dimasukin ke Hatchback.
Eh, Mr. Mike, Anda pernah buka bagasi RX-8 atau tidak?
Bagasi RX-8 itu dibuka tidak berikut kaca belakangnya, hanya pintu bagasinya, jadi masuknya kategori sedan!
Kalau 350Z dan Celica, pintu bagasi dibuka berikut kaca belakang, jadi bisa saja dimasukkan kategori hatchback.

Lihat lagi asal katanya, Pak : 'hatchback' = 'hatch door' at the back!

Sebelum tiba2 membuka lagi topik lama hanya untuk membuat koreksi bahwa RX-8 adalah 'hatchback bermesin bukan internal combustion', seharusnya Anda melakukan research lagi tentang Mazda RX-8 dan mesin rotary. Kecuali Anda pernah atau masih punya sebuah RX-8.

Silakan pernyataan-pernyataan Anda di atas dikoreksi, Pak Momod. Supaya yang baca tidak bingung.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

Orang bea cukai sini keliatannya simple-simple saja, ada buntut apa enggak.
Kan engga lucu kalau kita beli RX8, S2000 atau 350Z di STNK-nya munculnya minibus (kalau beli Yaris atau Jazz mungkin masih bisa ngerti walau rada-rada jengkel yang beli :))

Celica juga termasuk sedan kok di sini, maka itu kan harganya mahal, tapi memang beberapa importir kadang main nakal juga, tapi biasanya entar importirnya dikejar denda berupa tambah bayar bea atau biasa disebut "notul" yang besarnya 500% dari bea yang di-tilep :)

Mengenai penurunan bea masuk di awal Jan 2006, sehingga semua sedan paling tinggi cuma 60% bisa dilihat di :

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 132/PMK.010/2005 tentang “Program Harmonisasi Tarif Bea Masuk 2005-2010 Tahap Kedua”

Link : http://www.beacukai.go.id/library/data/ ... mk2005.pdf


Ada pun rincian dari peraturan di atas ada di :

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 133/PMK.010/2005 tentang “Program Klasifikasi dan Penetapan Kembali Tarif Bea Masuk atas Barang Impor Produk-Produk Tertentu”

Link : http://www.beacukai.go.id/library/data/ ... 3-2005.pdf

(Link-nya moga-moga dah bener, mungkin bisa di-search ke tempat lain kalau gak bisa, atau japri saja bagi yang pengen tahu)


Kalau mengenai PPnBM harus cari di http://www.pajak.go.id
Seingat aku, dulu aku pernah posting.

Mungkin cara nge-test paling simple adalah membandingkan antara harga retail di Jepang antara Murano yg 3.5L dan 350Z (moga2 bedanya tidak banyak), lalu bandingkan harga retail di sini.
Jika selisih harga di sini jauh berarti pajak Murano pasti tidak sama dengan 350Z secara prosentase (karena kelas yg berbeda)
Cara yang sama mungkin bisa membandingkan antara Celica dan mobil Toyota lainnya non sedan yang harga mirip-mirip di Jepang lalu bandingkan harga retail di sini.
Last edited by TomS on Sun Jun 18, 2006 19:42, edited 2 times in total.
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

conan wrote:
Eh, Mr. Mike, Anda pernah buka bagasi RX-8 atau tidak?
Bagasi RX-8 itu dibuka tidak berikut kaca belakangnya, hanya pintu bagasinya, jadi masuknya kategori sedan!
Kalau 350Z dan Celica, pintu bagasi dibuka berikut kaca belakang, jadi bisa saja dimasukkan kategori hatchback.

ebelum tiba2 membuka lagi topik lama hanya untuk membuat koreksi bahwa RX-8 adalah 'hatchback bermesin bukan internal combustion', seharusnya Anda melakukan research lagi tentang Mazda RX-8 dan mesin rotary. Kecuali Anda pernah atau masih punya sebuah RX-8.

Silakan pernyataan-pernyataan Anda di atas dikoreksi, Pak Momod. Supaya yang baca tidak bingung.
Pernyataan2 saya diatas udah ada yg saya koreksi,
namanya juga diskusi, kalo masih ada yg salah, silahkan siapa aja utk mengoreksi...

@Toms,
setau saya Notul itu biasanya kalo Importir melakukan
under Invoice.
Sementara utk kesalahan HS biasanya hanya kena tambah bayar.
Image
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

Mike wrote: Pernyataan2 saya diatas udah ada yg saya koreksi,
namanya juga diskusi, kalo masih ada yg salah, silahkan siapa aja utk mengoreksi...

@Toms,
setau saya Notul itu biasanya kalo Importir melakukan
under Invoice.
Sementara utk kesalahan HS biasanya hanya kena tambah bayar.
Sama aja, Pak, karena entar bisa nge-les terus-terus-an bilang gak tahu :)
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

TomS wrote: Sama aja, Pak, karena entar bisa nge-les terus-terus-an bilang gak tahu :)
Wah....
kata2 kayak gini mirip omongannya Pak Adang...
jgn2 anda ini orang BC juga yah? :lol: :lol:
Image