mazda rx 8 vs nissan fairlady
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Sat Apr 23, 2005 16:40
mazda rx 8 vs nissan fairlady
ada yg bisa beri perbandingan untuk kedua mbl ini ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Kalo di sport cars biasanya engine performance and handling.....
practicalty gak terlalu dipikirin yg beli sportcar.
Mazda RX-8 lebih murah, tapi juga lebih banyak di jalanan..
practicalty gak terlalu dipikirin yg beli sportcar.
Mazda RX-8 lebih murah, tapi juga lebih banyak di jalanan..
Last edited by WP on Fri Jan 20, 2006 13:32, edited 1 time in total.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
350 Z = two-seater. With only two doors. You can't bring your kids with you.WP wrote:Kalo di sport cars biasanya engine performance and handling.....
practically gak terlalu dipikirin yg beli sportcar.
RX-8 = FOUR-seaters. Also with FOUR doors. You can bring your kids with you.
And that, Mr. WP, is what 'practicality' means in sports-car talk. Last time I checked, this IS the sports car section, not minibus/station or sedan, isn't it?
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Sat Apr 23, 2005 16:40
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
'Tarikan'mbl hitam wrote:yg saya pengen tahu sih : tarikan dan handling enak mana, harga jual bekas kuat mana, konsumsi bahan bakarnya gimana
350Z bermesin 3500cc V6 menghasilkan 280 HP, IMHO ini bukan mesin ideal untuk sebuah sports car, karena cc-nya terlalu besar sementara HP-nya tidak istimewa untuk mesin sebesar itu. Sebagai pembanding, Honda S2000 yang hanya 2000cc mampu menghasilkan 240 HP.
RX-8 tidak memakai mesin piston, tapi mesin rotary (Wankel) 2 x 650cc = 1300cc, menghasilkan tenaga sekitar 240 HP. Mesin ini unik, bisa meraung sampai 9500 RPM bahkan 10.000 RPM pun bisa. Suaranya juga lebih mirip superbike daripada mesin piston biasa.
Kelemahan mesin ini adalah boros BBM dan oli pelumas mesin, tapi IMHO worth the performance and the unique characteristic alone. Konsumsi BBM-nya memang boros tapi tidak berbeda terlalu jauh dengan 350Z yang mesinnya 3500cc, cukup haus BBM juga.
Handling : sama2 RWD, cukup seimbang. Mesin di depan tapi RX-8 bisa dikatakan front-midship, kalau Anda buka kap mesinnya akan terlihat bahwa mesinnya jauh di belakang. Bisa begitu karena mesin rotary 1300cc kecil dan compact.
Harga bekas : untuk tahun2 awal sports cars memang 'jatuh', tapi bottom price-nya justru akan cukup tinggi. Kalau beli sports car dan bukan untuk dijual kembali dalam 1-2 tahun, rasanya tidak perlu terlalu menghitung harga jual, tapi what car you have passion for the most, right?
Tapi kalau Anda sangat kuatir dengan harga jual, Anda bisa beli performance car yang bodystyle-nya bukan sports car seperti BMW 330i.
Untuk bahan pertimbangan lain : Dua2nya didukung ATPM, tapi 350Z kini sudah tidak ada lagi di pricelist Nissan. Mazda RX-series bermesin rotary banyak penggemar setianya di Indo.
Harga jual RX-8 di Indo tidak terlalu jauh dgn Celica, karena masuk kategori pajak di bawah 1500cc, sedangkan 350Z terkena pajak di atas 3000cc (cmiiw).
Konsumsi BBM : 350Z boros karena bermesin besar, RX-8 boros karena bermesin rotary. RX-8 juga boros oli mesin, tapi jika Anda penggemar sports car sejati yang suka mengurus mobil, ini tidak masalah and worth the extra advantage : the unique, high-revving characterful rotary engine.
Mesin 350Z imho tidak istimewa, 3500cc seperti yg dipakai Murano dan model2 Nissan 3500cc lain.
Oh ya, satu pertimbangan terakhir yang bisa sangat membantu keputusan Anda. Anda mau transmisi manual atau matic?
Kalau Anda mau manual, kenikmatan mengganti gigi pada RPM puncak, pilihlah RX-8, you won't regret it. Tapi kalau mau matic, jangan pilih RX-8, karena masih 4 AT dan dengan matic tidak akan bisa mencapai RPM puncak. Kalau mau matic, pilihlah 350Z yang bermesin besar, torsinya pun lebih besar, lebih cocok untuk matic.
Hope it helps.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Newbie
- Posts: 13
- Joined: Sat Apr 23, 2005 16:40
ada yg tahu pemakaian bahan bakar dan oli RX 8 ? ( terutama oli tuh, malas kalau bentar2 mesti isi oli, repoottttt ). Teman2 ada yg tahu harga bekas RX 8 ama 350z ?
Kalau menurut review motor trend : RX8, 350z baru s2000, menurut edmunds juga RX8 baru 350z.Apa mungkin karena perbedaan harga yg cukup besar membuat rx8 menjadi pilihan mereka.
Kalau rx8 matic apa krg menggigit ?
Kalau menurut review motor trend : RX8, 350z baru s2000, menurut edmunds juga RX8 baru 350z.Apa mungkin karena perbedaan harga yg cukup besar membuat rx8 menjadi pilihan mereka.
Kalau rx8 matic apa krg menggigit ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2980
- Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
- Location: Kingdom of Heaven
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Wed Mar 08, 2006 0:32
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
Mau koreksi dikit,conan wrote: ..........
Untuk bahan pertimbangan lain : Dua2nya didukung ATPM, tapi 350Z kini sudah tidak ada lagi di pricelist Nissan. Mazda RX-series bermesin rotary banyak penggemar setianya di Indo.
Harga jual RX-8 di Indo tidak terlalu jauh dgn Celica, karena masuk kategori pajak di bawah 1500cc, sedangkan 350Z terkena pajak di atas 3000cc (cmiiw).
.........
Kalo di asumsikan baik Nissan 350Z Mazda RX-8 diimpor secara
utuh dari Japan (CBU), maka 350Z akan kena BeaMasuk 45%, PajakPenjualan 10%, Pajak Penjualan Barang Mewah 10%
Sementara RX-8 harus masuk kategory "lain-lain" karena tidak termasuk dlm kategory mesin internal combustion bolak balik maupun Diesel dgn BM 60%, PPN 10%
dan PPN BM 10%
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 296
- Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
- Location: Shinjuku
Salah deh, PPnBM 10% itu cuma untuk mobil penumpang non sedan di bawah 1.500 cc.Mike wrote:
Mau koreksi dikit,
Kalo di asumsikan baik Nissan 350Z Mazda RX-8 diimpor secara
utuh dari Japan (CBU), maka 350Z akan kena BeaMasuk 45%, PajakPenjualan 10%, Pajak Penjualan Barang Mewah 10%
Sementara RX-8 harus masuk kategory "lain-lain" karena tidak termasuk dlm kategory mesin internal combustion bolak balik maupun Diesel dgn BM 60%, PPN 10%
dan PPN BM 10%
Asas keadilan-nya bagaimana dong ? Mewah-an mana Avanza dan 350Z ?????
Yang lebih mewah ditarik lebih gedhe, ini yang bener
Dan jelas 350Z jauuuuh lebih mewah banding Avanza
RX8 dan 350Z itu dua-dua-nya sedan (3 boxes), dan RX8 dianggap sama dengan sedan bensin lainnya, karena tetap minumnya bensin, gak peduli rotary-nya (apa karena juga bea cukainya gak tahu / gak pengen tahu / gak pengen ribet )
RX8, sedan di bawah 1.500 cc
BM = 60%
PPN = 10%
PPn BM = 30%
350Z, sedan di atas 3.000 cc (tariffnya sama dengan Mercy S350 )
BM = 60%
PPN = 10%
PPn BM = 75%
Mau ngaku 350Z mobil hatcback (2 boxes), biar kena 45%, keliatannya gak akan bisa, kecuali memang mau maen gila
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 296
- Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
- Location: Shinjuku
Perbandingannya buat ngebut maksudnya ?
Kalau di jalan lurus jelas 350Z yang menang, tapi kalau di sirkuit belum tentu (tergantung type sirkuitnya).
Mobil sport yang bagus itu gak melulu harus yang cc-nya gedhe, yang penting adalah kombinasi antara bobot dan power.
Bahkan mobil macam Lotus Elise yang cuma 1.8L dapat mempermalukan 350Z dan Boxter di beberapa sirkuit karena beratnya cuma 800 kg.
Kalau di jalan lurus jelas 350Z yang menang, tapi kalau di sirkuit belum tentu (tergantung type sirkuitnya).
Mobil sport yang bagus itu gak melulu harus yang cc-nya gedhe, yang penting adalah kombinasi antara bobot dan power.
Bahkan mobil macam Lotus Elise yang cuma 1.8L dapat mempermalukan 350Z dan Boxter di beberapa sirkuit karena beratnya cuma 800 kg.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
Kenapa gak bisa ?TomS wrote:..........
Mau ngaku 350Z mobil hatcback (2 boxes), biar kena 45%, keliatannya gak akan bisa, kecuali memang mau maen gila
Sedan itu di asumsikan kalo dia memiliki bagasi (ITA, tapi lupa artikel berapa),
jadi 350Z ama RX-8 seharusnya bisa dimasukin ke Hatchback.
Anyway, "bantal" (baca : buku BTBMI 2006) gw ntah ngumpet dimana neh,
ntar deh, liat2 lagi.
Tapi utk RX-8, saya dah baca2 lagi..anda benar..
Mesin Rotary tetap masuk mesin internal Combustion dgn bahan bakar bensin.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 296
- Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
- Location: Shinjuku
Karena baik 350Z, RX7 dan RX8 keluarga gue pernah punya, jadi gue tahu detailnyaMike wrote: Kenapa gak bisa ?
Sedan itu di asumsikan kalo dia memiliki bagasi (ITA, tapi lupa artikel berapa),
jadi 350Z ama RX-8 seharusnya bisa dimasukin ke Hatchback.
Anyway, "bantal" (baca : buku BTBMI 2006) gw ntah ngumpet dimana neh,
ntar deh, liat2 lagi.
Tapi utk RX-8, saya dah baca2 lagi..anda benar..
Mesin Rotary tetap masuk mesin internal Combustion dgn bahan bakar bensin.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Kalau bukan internal combustion with petrol fuel, memangnya mesin rotary masuk kategori apa? 'External' combustion?Mike wrote:Mau koreksi dikit,conan wrote: ..........
Untuk bahan pertimbangan lain : Dua2nya didukung ATPM, tapi 350Z kini sudah tidak ada lagi di pricelist Nissan. Mazda RX-series bermesin rotary banyak penggemar setianya di Indo.
Harga jual RX-8 di Indo tidak terlalu jauh dgn Celica, karena masuk kategori pajak di bawah 1500cc, sedangkan 350Z terkena pajak di atas 3000cc (cmiiw).
.........
Kalo di asumsikan baik Nissan 350Z Mazda RX-8 diimpor secara
utuh dari Japan (CBU), maka 350Z akan kena BeaMasuk 45%, PajakPenjualan 10%, Pajak Penjualan Barang Mewah 10%
Sementara RX-8 harus masuk kategory "lain-lain" karena tidak termasuk dlm kategory mesin internal combustion bolak balik maupun Diesel dgn BM 60%, PPN 10%
dan PPN BM 10%
Sebaiknya Anda koreksi lagi besaran pajak yang sebenarnya untuk RX-8 supaya Mr. Mbl Hitam juga tidak menjadi bingung, Pak.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Eh, Mr. Mike, Anda pernah buka bagasi RX-8 atau tidak?Mike wrote:Kenapa gak bisa ?TomS wrote:..........
Mau ngaku 350Z mobil hatcback (2 boxes), biar kena 45%, keliatannya gak akan bisa, kecuali memang mau maen gila
Sedan itu di asumsikan kalo dia memiliki bagasi (ITA, tapi lupa artikel berapa),
jadi 350Z ama RX-8 seharusnya bisa dimasukin ke Hatchback.
Bagasi RX-8 itu dibuka tidak berikut kaca belakangnya, hanya pintu bagasinya, jadi masuknya kategori sedan!
Kalau 350Z dan Celica, pintu bagasi dibuka berikut kaca belakang, jadi bisa saja dimasukkan kategori hatchback.
Lihat lagi asal katanya, Pak : 'hatchback' = 'hatch door' at the back!
Sebelum tiba2 membuka lagi topik lama hanya untuk membuat koreksi bahwa RX-8 adalah 'hatchback bermesin bukan internal combustion', seharusnya Anda melakukan research lagi tentang Mazda RX-8 dan mesin rotary. Kecuali Anda pernah atau masih punya sebuah RX-8.
Silakan pernyataan-pernyataan Anda di atas dikoreksi, Pak Momod. Supaya yang baca tidak bingung.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2961
- Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34
Eh, Mr. Mike, Anda pernah buka bagasi RX-8 atau tidak?Mike wrote:Kenapa gak bisa ?TomS wrote:..........
Mau ngaku 350Z mobil hatcback (2 boxes), biar kena 45%, keliatannya gak akan bisa, kecuali memang mau maen gila
Sedan itu di asumsikan kalo dia memiliki bagasi (ITA, tapi lupa artikel berapa),
jadi 350Z ama RX-8 seharusnya bisa dimasukin ke Hatchback.
Bagasi RX-8 itu dibuka tidak berikut kaca belakangnya, hanya pintu bagasinya, jadi masuknya kategori sedan!
Kalau 350Z dan Celica, pintu bagasi dibuka berikut kaca belakang, jadi bisa saja dimasukkan kategori hatchback.
Lihat lagi asal katanya, Pak : 'hatchback' = 'hatch door' at the back!
Sebelum tiba2 membuka lagi topik lama hanya untuk membuat koreksi bahwa RX-8 adalah 'hatchback bermesin bukan internal combustion', seharusnya Anda melakukan research lagi tentang Mazda RX-8 dan mesin rotary. Kecuali Anda pernah atau masih punya sebuah RX-8.
Silakan pernyataan-pernyataan Anda di atas dikoreksi, Pak Momod. Supaya yang baca tidak bingung.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 296
- Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
- Location: Shinjuku
Orang bea cukai sini keliatannya simple-simple saja, ada buntut apa enggak.
Kan engga lucu kalau kita beli RX8, S2000 atau 350Z di STNK-nya munculnya minibus (kalau beli Yaris atau Jazz mungkin masih bisa ngerti walau rada-rada jengkel yang beli )
Celica juga termasuk sedan kok di sini, maka itu kan harganya mahal, tapi memang beberapa importir kadang main nakal juga, tapi biasanya entar importirnya dikejar denda berupa tambah bayar bea atau biasa disebut "notul" yang besarnya 500% dari bea yang di-tilep
Mengenai penurunan bea masuk di awal Jan 2006, sehingga semua sedan paling tinggi cuma 60% bisa dilihat di :
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 132/PMK.010/2005 tentang “Program Harmonisasi Tarif Bea Masuk 2005-2010 Tahap Keduaâ€Â
Link : http://www.beacukai.go.id/library/data/ ... mk2005.pdf
Ada pun rincian dari peraturan di atas ada di :
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 133/PMK.010/2005 tentang “Program Klasifikasi dan Penetapan Kembali Tarif Bea Masuk atas Barang Impor Produk-Produk Tertentuâ€Â
Link : http://www.beacukai.go.id/library/data/ ... 3-2005.pdf
(Link-nya moga-moga dah bener, mungkin bisa di-search ke tempat lain kalau gak bisa, atau japri saja bagi yang pengen tahu)
Kalau mengenai PPnBM harus cari di http://www.pajak.go.id
Seingat aku, dulu aku pernah posting.
Mungkin cara nge-test paling simple adalah membandingkan antara harga retail di Jepang antara Murano yg 3.5L dan 350Z (moga2 bedanya tidak banyak), lalu bandingkan harga retail di sini.
Jika selisih harga di sini jauh berarti pajak Murano pasti tidak sama dengan 350Z secara prosentase (karena kelas yg berbeda)
Cara yang sama mungkin bisa membandingkan antara Celica dan mobil Toyota lainnya non sedan yang harga mirip-mirip di Jepang lalu bandingkan harga retail di sini.
Kan engga lucu kalau kita beli RX8, S2000 atau 350Z di STNK-nya munculnya minibus (kalau beli Yaris atau Jazz mungkin masih bisa ngerti walau rada-rada jengkel yang beli )
Celica juga termasuk sedan kok di sini, maka itu kan harganya mahal, tapi memang beberapa importir kadang main nakal juga, tapi biasanya entar importirnya dikejar denda berupa tambah bayar bea atau biasa disebut "notul" yang besarnya 500% dari bea yang di-tilep
Mengenai penurunan bea masuk di awal Jan 2006, sehingga semua sedan paling tinggi cuma 60% bisa dilihat di :
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 132/PMK.010/2005 tentang “Program Harmonisasi Tarif Bea Masuk 2005-2010 Tahap Keduaâ€Â
Link : http://www.beacukai.go.id/library/data/ ... mk2005.pdf
Ada pun rincian dari peraturan di atas ada di :
Peraturan Menteri Keuangan Nomor 133/PMK.010/2005 tentang “Program Klasifikasi dan Penetapan Kembali Tarif Bea Masuk atas Barang Impor Produk-Produk Tertentuâ€Â
Link : http://www.beacukai.go.id/library/data/ ... 3-2005.pdf
(Link-nya moga-moga dah bener, mungkin bisa di-search ke tempat lain kalau gak bisa, atau japri saja bagi yang pengen tahu)
Kalau mengenai PPnBM harus cari di http://www.pajak.go.id
Seingat aku, dulu aku pernah posting.
Mungkin cara nge-test paling simple adalah membandingkan antara harga retail di Jepang antara Murano yg 3.5L dan 350Z (moga2 bedanya tidak banyak), lalu bandingkan harga retail di sini.
Jika selisih harga di sini jauh berarti pajak Murano pasti tidak sama dengan 350Z secara prosentase (karena kelas yg berbeda)
Cara yang sama mungkin bisa membandingkan antara Celica dan mobil Toyota lainnya non sedan yang harga mirip-mirip di Jepang lalu bandingkan harga retail di sini.
Last edited by TomS on Sun Jun 18, 2006 19:42, edited 2 times in total.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
Pernyataan2 saya diatas udah ada yg saya koreksi,conan wrote:
Eh, Mr. Mike, Anda pernah buka bagasi RX-8 atau tidak?
Bagasi RX-8 itu dibuka tidak berikut kaca belakangnya, hanya pintu bagasinya, jadi masuknya kategori sedan!
Kalau 350Z dan Celica, pintu bagasi dibuka berikut kaca belakang, jadi bisa saja dimasukkan kategori hatchback.
ebelum tiba2 membuka lagi topik lama hanya untuk membuat koreksi bahwa RX-8 adalah 'hatchback bermesin bukan internal combustion', seharusnya Anda melakukan research lagi tentang Mazda RX-8 dan mesin rotary. Kecuali Anda pernah atau masih punya sebuah RX-8.
Silakan pernyataan-pernyataan Anda di atas dikoreksi, Pak Momod. Supaya yang baca tidak bingung.
namanya juga diskusi, kalo masih ada yg salah, silahkan siapa aja utk mengoreksi...
@Toms,
setau saya Notul itu biasanya kalo Importir melakukan
under Invoice.
Sementara utk kesalahan HS biasanya hanya kena tambah bayar.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 296
- Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
- Location: Shinjuku
Sama aja, Pak, karena entar bisa nge-les terus-terus-an bilang gak tahuMike wrote: Pernyataan2 saya diatas udah ada yg saya koreksi,
namanya juga diskusi, kalo masih ada yg salah, silahkan siapa aja utk mengoreksi...
@Toms,
setau saya Notul itu biasanya kalo Importir melakukan
under Invoice.
Sementara utk kesalahan HS biasanya hanya kena tambah bayar.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca