Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet kita
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Fri May 16, 2014 3:48
Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet kita
Hi Semua,
hari ini ane mau share aja nih beberapa ramuan bikin motor jadi kenceng
kalau ada yang kurang mohon ditambahin secara udah banyak sesepuh disini
Sebelum di jelasin ramuannya untuk bikin motor jadi kenceng.
kita harus tau mau dibawa kemana ini motor arahnya
jadi jangan harap kalau agan mau spek kompetisi tapi maunya murah
tapi yang perlu di inget adalah ini untuk motor yang masih pake karburator ya gan..bukan yang udah injeksi
Ramuannya :
1 Carburator
Untuk penggunaan kenceng harian, kita bisa mulai di Carburator, karena pada bagian ini tidak memerlukan biaya yang sangat banyak,
pada umumnya motor standard, biasanya tidak bisa mencapai top speed yang tinggi. atau hanya gigi bawah saja yang terasa kenceng,,setelah itu berat deh untuk naik ke topspeednya..
kalau kata orang bengkel sih "Bawah Galak Atas Suwee"
semua itu bisa diatasi dengan mengganti Pilot jet dan Main jet pada Carburator dengan ukuran yang lebih besar dari standarnya,tapi jangan asal ganti,karna dapat mengakibatkan motor jadi berebet.
2. Pengapian
Pada Motor Standard pengapian sudah diberikan Limiter, jadi kita tidak bisa mengubahnya. Tapi jangan khawatir, CDI racing sudah banyak dipasaran, dan pastinya CDI itu sangatlah mudah untuk diganti, dengan cara menggesernya saja.
tinggal lepas bagian magnet dan menggeser pulser dengan cara mencoak lubang kedudukan pulser,tapi jangan sembarangan menggeser karna dapat berakibat motor susah hidup.
3. Knalpot
Yes ini sudah sangatlah umum, ganti knalpot adalah hal yang termudah
dan bisa dibilang tidak terlalu menguras dompet kita..
ternyata knalpot ini bisa juga untuk menambah tenaga loh
nah sekian deh ramuan termudah yang tidak menguras banyak dompet kita..motor tidak loyo lagi deh..
semoga bermanfaat yaa
hari ini ane mau share aja nih beberapa ramuan bikin motor jadi kenceng
kalau ada yang kurang mohon ditambahin secara udah banyak sesepuh disini
Sebelum di jelasin ramuannya untuk bikin motor jadi kenceng.
kita harus tau mau dibawa kemana ini motor arahnya
jadi jangan harap kalau agan mau spek kompetisi tapi maunya murah
tapi yang perlu di inget adalah ini untuk motor yang masih pake karburator ya gan..bukan yang udah injeksi
Ramuannya :
1 Carburator
Untuk penggunaan kenceng harian, kita bisa mulai di Carburator, karena pada bagian ini tidak memerlukan biaya yang sangat banyak,
pada umumnya motor standard, biasanya tidak bisa mencapai top speed yang tinggi. atau hanya gigi bawah saja yang terasa kenceng,,setelah itu berat deh untuk naik ke topspeednya..
kalau kata orang bengkel sih "Bawah Galak Atas Suwee"
semua itu bisa diatasi dengan mengganti Pilot jet dan Main jet pada Carburator dengan ukuran yang lebih besar dari standarnya,tapi jangan asal ganti,karna dapat mengakibatkan motor jadi berebet.
2. Pengapian
Pada Motor Standard pengapian sudah diberikan Limiter, jadi kita tidak bisa mengubahnya. Tapi jangan khawatir, CDI racing sudah banyak dipasaran, dan pastinya CDI itu sangatlah mudah untuk diganti, dengan cara menggesernya saja.
tinggal lepas bagian magnet dan menggeser pulser dengan cara mencoak lubang kedudukan pulser,tapi jangan sembarangan menggeser karna dapat berakibat motor susah hidup.
3. Knalpot
Yes ini sudah sangatlah umum, ganti knalpot adalah hal yang termudah
dan bisa dibilang tidak terlalu menguras dompet kita..
ternyata knalpot ini bisa juga untuk menambah tenaga loh
nah sekian deh ramuan termudah yang tidak menguras banyak dompet kita..motor tidak loyo lagi deh..
semoga bermanfaat yaa
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 336
- Joined: Wed Mar 26, 2014 20:34
- Location: Surabaya
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
Naaah, akhirnya bahas motor juga di serayamotor.
Itu berlaku untuk semua motor ya Om BR?
Motorku Honda Beat 2010.
Itu berlaku untuk semua motor ya Om BR?
Motorku Honda Beat 2010.
Code: Select all
opensource enthusiast.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
Imho, ramuan yg pas utk pemakaian harian diurut dr dr pertama:
1. knalpot
Sudah jamak dilakukan sbg cara instan mendongkrak performa. Yg perlu diperhatikan, tidak selama nya knalpot racing bisa memberi kontribusi besar terhadap performa, kadang ada yg justru malah turun krn tidak sesuai spek mesin. Knalpot semakin berisik jg belum tentu lari motor makin kenceng...........ini yg mesti di ingat! Udah ga jaman knalpot alay
Tips dr saya, dr pada mengganti dg knalpot aftermarket, lebih baik bawa knalpot standar ke tukang knalpot utk di modif leher knalpot nya dg ukuran 1-2 tingkat lebih besar. Ini cara paling efektif meningkatkan tenaga dan torsi tanpa harus mengganti knalpot aftermarket. Downside nya tentu saja, knalpot standar anda udah ga standar lagi wkwkwwkwk.......... Beberapa orang biasa nya bermasalah dg hal ini. Silencer bisa tetap standard nya atau sekalian dibobok. Cari referensi bengkel bobok knalpot yg sdh mumpuni klo mau melakukan hal ini.
2. Karburator
Setelah urusan knalpot beres (entah ganti aftermarket ataupun modif knalpot) baru beralih ke urusan karbu.
90% sy jamin settingan karbu perlu penyesuaian..........tergantung dr design knalpot yg sdh dirubah, biasa nya pilot jet/ main jet jg minta naik ukuran minimal 1-2 step.
Thats it! Simple aja klo hanya utk pemakaian harian.
Imho pengapian ga perlu diutak-atik krn peranti karbu ga banyak berubah, thus masih sanggup diladeni cdi/koil bawaan.
Kecuali kalo berniat utk modif lbh lanjut, yahhh step2 nya bisa beda lagi dan point2 pengerjaan bakal lbh banyak cmiiw
1. knalpot
Sudah jamak dilakukan sbg cara instan mendongkrak performa. Yg perlu diperhatikan, tidak selama nya knalpot racing bisa memberi kontribusi besar terhadap performa, kadang ada yg justru malah turun krn tidak sesuai spek mesin. Knalpot semakin berisik jg belum tentu lari motor makin kenceng...........ini yg mesti di ingat! Udah ga jaman knalpot alay
Tips dr saya, dr pada mengganti dg knalpot aftermarket, lebih baik bawa knalpot standar ke tukang knalpot utk di modif leher knalpot nya dg ukuran 1-2 tingkat lebih besar. Ini cara paling efektif meningkatkan tenaga dan torsi tanpa harus mengganti knalpot aftermarket. Downside nya tentu saja, knalpot standar anda udah ga standar lagi wkwkwwkwk.......... Beberapa orang biasa nya bermasalah dg hal ini. Silencer bisa tetap standard nya atau sekalian dibobok. Cari referensi bengkel bobok knalpot yg sdh mumpuni klo mau melakukan hal ini.
2. Karburator
Setelah urusan knalpot beres (entah ganti aftermarket ataupun modif knalpot) baru beralih ke urusan karbu.
90% sy jamin settingan karbu perlu penyesuaian..........tergantung dr design knalpot yg sdh dirubah, biasa nya pilot jet/ main jet jg minta naik ukuran minimal 1-2 step.
Thats it! Simple aja klo hanya utk pemakaian harian.
Imho pengapian ga perlu diutak-atik krn peranti karbu ga banyak berubah, thus masih sanggup diladeni cdi/koil bawaan.
Kecuali kalo berniat utk modif lbh lanjut, yahhh step2 nya bisa beda lagi dan point2 pengerjaan bakal lbh banyak cmiiw
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5490
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
Kalo Matic ganti roller yang lebih ringan aja om,sama per pada kampas Ganda cukuplahsirahngelu wrote:Naaah, akhirnya bahas motor juga di serayamotor.
Itu berlaku untuk semua motor ya Om BR?
Motorku Honda Beat 2010.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
Kalau buat saya sih ya, kendaraan di modif tujuan nya apa? Nah "enak" ini maksudnya dimana? Karena tiap orang punya persepsi "enak" yang berbeda..
Nah buat saya motor/mobil untuk harian saja sih sudah cukup tanpa modifikasi, karena sesuatu yang di modif itu punya kelemahan itu pasti.. Kalau untuk harian saja sepertinya tidak perlu modifikasi, karena selama jalan di jalan umum juga mau jalan berapa sih, kecuali mau dijadiin track day vehicle..
Nah buat saya motor/mobil untuk harian saja sih sudah cukup tanpa modifikasi, karena sesuatu yang di modif itu punya kelemahan itu pasti.. Kalau untuk harian saja sepertinya tidak perlu modifikasi, karena selama jalan di jalan umum juga mau jalan berapa sih, kecuali mau dijadiin track day vehicle..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
- Location: mtg, jakarta
- Daily Vehicle: toyota fans boys
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
enak itu ada 2 motor....hehheheh satu rusak, satunya dipake...nah itu enak
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
sejak tigi'05 saya lego, sekarang hanya ada si supra fit'05...standar saja, kondisi spidometer mati (kabelnya putus bagian dalamnya),knalpot mulai keropos (hawa pantai-domisili saya 3,5km dari kura2 pantai Kartini), bensin ngga pernah minum perta (apalagi kerang). mandinya setengah taun sekali kalo sudah keliatan kotor banget. starternya sikil mode on, oli mesin (mineral) ganti tiap 2 taun sekali (itupun kalo ingat)...toh saya pake tiap hari + 20km/hari. saya sih masih ngerasa enak. jangan langsung menghakimi saya semena2 terhadap motor ya...mesin masih halusssss..waktu tap oli jarang ada gram. karna saya pakenya juga haluuusss, ngga pernah throttle2 (blayer2-jawa), apalagi standing2 seperti alay. maklumlah, saya om2...kebetulan motornya juga om2 banget..kalo parkir juga sebisa mungkin cari yg teduh. hehehe. trims sudah membaca share saya.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 209
- Joined: Sun Dec 09, 2012 21:27
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
Shogun125 '04..
Dulu untuk ningkatin performa harian tapi ga menganggu FC adalah..
1.Papas Cam (noken as) » ada teman mekanik saya di Bekasi yang bisa papas cam dengan alat khusus,dimana hasil dari modifikasi cam tersebut tidak mengharuskan kita pasang kopling manual karena biasa nya kalo udah papas cam harus pasang kopling
2.Ganti Knalpot Racing » pasang knalpot AHRS (tipe nya lupa) yang suara nya adem dibawah tapi meraung diatas
3.Tambah Ukuran Mainjet » kalo ga di ganti mainjet nya endut2an bro
Udah segitu aja,ga sampe 500rb
Dulu untuk ningkatin performa harian tapi ga menganggu FC adalah..
1.Papas Cam (noken as) » ada teman mekanik saya di Bekasi yang bisa papas cam dengan alat khusus,dimana hasil dari modifikasi cam tersebut tidak mengharuskan kita pasang kopling manual karena biasa nya kalo udah papas cam harus pasang kopling
2.Ganti Knalpot Racing » pasang knalpot AHRS (tipe nya lupa) yang suara nya adem dibawah tapi meraung diatas
3.Tambah Ukuran Mainjet » kalo ga di ganti mainjet nya endut2an bro
Udah segitu aja,ga sampe 500rb
Kalo punya uang bisa buat beli mobil,ngapain beli motor lagi..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
Karisma ane dulu cuma dimodif gear belakang aja. ga pake modif aneh2. cukup ganti gearnya aja. lupa pakai ukuran berapa. tp akselerasi awal jadi lebih galak. praktis dan ga bikin bising tetangga.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3457
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
Shogun SP '05, cuma ganti footstep Thunder ori ama kaca spion ori doank. Enak deh.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5490
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
Terus buat foto2 pake baju balap no 3 yay_anjasrana wrote:Karisma ane dulu cuma dimodif gear belakang aja. ga pake modif aneh2. cukup ganti gearnya aja. lupa pakai ukuran berapa. tp akselerasi awal jadi lebih galak. praktis dan ga bikin bising tetangga.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Tue Apr 30, 2013 5:46
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
Motorku, sayang mau tak bikin agak kenceng. Udah jarang kebut"an di jalan sih. Hehehe ...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2002
- Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
kalo dulu sih nempelin stiker 46 di spakbor juga jadi enak selap-selip
"The Power of ren-Dreams"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
jangan2 kru bus jpr-tayu-pati dulu juga punya pikiran yg sama....stiker 46 gede dipasang di kaca depan+belakang, sembalap-meternya naik jadi 135% selap-selip, brenti mendadak, dan ngeblong bangjo.........Bueuk_32 wrote:kalo dulu sih nempelin stiker 46 di spakbor juga jadi enak selap-selip
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
Motor Pulsar 220 sy jadi jauh lebih enak (kentjang tapi masih nyaman buat harian) setelah di modif oleh Mas Londo di Sleman, DIY :
- Piston : ukuran 70 mm (std-nya 67mm), bentuk dome dan coakan piston juga sudah disesuaikan. Kapasitas mesin dari 220cc menjadi 240cc.
- Head : ubah sudut klep agar klep SPS 35-30 bisa duduk sempurna (std-nya : 31-26).
- Penataan ruang bakar yg disesuaikan dgn piston 70, dengan squish 14 derajat
- Camshaft juga sudah disesuaikan (digerinda utk mendapatkan lift lebih tinggi dan durasi lebih lama).
- Karbu : pake Mikuni TM33 dng jetting : Pj 25 (Shogun) & Mj 132.5 (Scorpio). Bukaan angin karbu sekitar 2,75 putaran. Sudah dicoba dipasang berbagai type air filter, gak ada yg cocok. Paling maknyus justru gak pake air filter samasekali. Hasil test AFR (pake Innovate LM2 AFR Meter) antara 13,2 s/d 13,7 dari putaran bawah s/d atas (8000 rpm)
- Koil pake dua biji Protec V3 Ground
- Busi pake Bosch Platinum-Iridium
- Knalpot khusus bikinan Abbys Performance Tuning, Bandung
- Pasang Oil Breather System
Selain itu, modifan pada Pulsar saya adalah :
- velg Axio depan 2,75 inch (ban 110/80/17) dan blakang 3.5 inch (ban 160/60/17)
- stang jepit diganti stang P200 pake raiser
- sok blakang ganti YSS 280mm + peninggi 2cm
- sok depan dipasangi fork brace (shock stabilizer)
Biaya2 :
- Klep : 400rb
- Ubah sudut klep,bubut klep,hardener klep,bikin kubah dan squish : 900rb
- Piston set + pen : 325rb
- Coak dan bubut piston : 50rb
- Bikin bosh pen piston : 50rb
- Corter 50rb Porting dan modif kem 1 jt
- Totalnya 2.775.000,-
(saya mengirimkan bahan berupa cyl block komplit beserta isinya yaitu cam, valve, rocker arm dll, dan cyl block ke tempat mas Londo)
Note : rencana mau naik dyno, masih nunggu teman mau sama2 dynotest
P240 sy :
- Piston : ukuran 70 mm (std-nya 67mm), bentuk dome dan coakan piston juga sudah disesuaikan. Kapasitas mesin dari 220cc menjadi 240cc.
- Head : ubah sudut klep agar klep SPS 35-30 bisa duduk sempurna (std-nya : 31-26).
- Penataan ruang bakar yg disesuaikan dgn piston 70, dengan squish 14 derajat
- Camshaft juga sudah disesuaikan (digerinda utk mendapatkan lift lebih tinggi dan durasi lebih lama).
- Karbu : pake Mikuni TM33 dng jetting : Pj 25 (Shogun) & Mj 132.5 (Scorpio). Bukaan angin karbu sekitar 2,75 putaran. Sudah dicoba dipasang berbagai type air filter, gak ada yg cocok. Paling maknyus justru gak pake air filter samasekali. Hasil test AFR (pake Innovate LM2 AFR Meter) antara 13,2 s/d 13,7 dari putaran bawah s/d atas (8000 rpm)
- Koil pake dua biji Protec V3 Ground
- Busi pake Bosch Platinum-Iridium
- Knalpot khusus bikinan Abbys Performance Tuning, Bandung
- Pasang Oil Breather System
Selain itu, modifan pada Pulsar saya adalah :
- velg Axio depan 2,75 inch (ban 110/80/17) dan blakang 3.5 inch (ban 160/60/17)
- stang jepit diganti stang P200 pake raiser
- sok blakang ganti YSS 280mm + peninggi 2cm
- sok depan dipasangi fork brace (shock stabilizer)
Biaya2 :
- Klep : 400rb
- Ubah sudut klep,bubut klep,hardener klep,bikin kubah dan squish : 900rb
- Piston set + pen : 325rb
- Coak dan bubut piston : 50rb
- Bikin bosh pen piston : 50rb
- Corter 50rb Porting dan modif kem 1 jt
- Totalnya 2.775.000,-
(saya mengirimkan bahan berupa cyl block komplit beserta isinya yaitu cam, valve, rocker arm dll, dan cyl block ke tempat mas Londo)
Note : rencana mau naik dyno, masih nunggu teman mau sama2 dynotest
P240 sy :
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
Motor Regal Raptor Daytona 350 sy jadi lebih maknyus, setelah mengalami modifan sbb :
- ganti Pilot Jet 35
- ganti koil Protec V3 Ground dan busi Bosch Platinum-Iridium UR4Ci30
- lepas element air filter
- ganti shock blakang dng aftermarket utk Softail
- ganti silencer yg lbh plong /free flow
- modif kopling utk hilangkan gejala selip kopling
- pasang casing cylinder head bikinan bro Ojie utk mengisi ruang kosong di bawah tanki
- pasang tatakan kaki
- pasang raiser/ganti stang lebih tinggi
- ganti lampu depan dng yg lebih terang
- ganti Pilot Jet 35
- ganti koil Protec V3 Ground dan busi Bosch Platinum-Iridium UR4Ci30
- lepas element air filter
- ganti shock blakang dng aftermarket utk Softail
- ganti silencer yg lbh plong /free flow
- modif kopling utk hilangkan gejala selip kopling
- pasang casing cylinder head bikinan bro Ojie utk mengisi ruang kosong di bawah tanki
- pasang tatakan kaki
- pasang raiser/ganti stang lebih tinggi
- ganti lampu depan dng yg lebih terang
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 209
- Joined: Sun Dec 09, 2012 21:27
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
@Oom Jes; walaupun buat harian tapi custumize nya 'BERAT' juga Oom
Kalo punya uang bisa buat beli mobil,ngapain beli motor lagi..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
hehehe... ya apabolebuatgetoloh... wong sy memang penggemar speed .... tapi hanya kalok kondisi memungkinkan... kalok gak mungkin ya mending jalan pelan2 aja ....kodoq_ijo wrote:@Oom Jes; walaupun buat harian tapi custumize nya 'BERAT' juga Oom
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
Rencana naik dyno nya dimana oom jes? Sy jg pengen test dyno nih nanti klo udah rebes inreyen
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
yg jelas bukan di Sportisi (lumayan mahal), mungkin di ULtraspeed atau Rextor daerah Senendoq wrote:Rencana naik dyno nya dimana oom jes? Sy jg pengen test dyno nih nanti klo udah rebes inreyen
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
Klo di ultraspeed dyno yg diukur itu on wheel apa on crank oom?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
setau sy, ngukurnya on crank, kayak di brosur2 pabrikan motor mengenai spec produknya. Dyno yg mengukur "on wheel" cuma ada dua, dan dua2nya utk mobil yaitu Khatulistiwa Surya Nusa dan Hasta Motordoq wrote:Klo di ultraspeed dyno yg diukur itu on wheel apa on crank oom?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
Hasta? Hasta lenteng agung yg tadi nya workshop paint body itu oom? Setau saya sekarang mrk ada dyno utk motor jg deh cmiiw
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26980
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
honda beat FI
- smua standard tp pakein stiker one heart di striping pinggir nya... kira2 nambah brapa hp yahh..
- smua standard tp pakein stiker one heart di striping pinggir nya... kira2 nambah brapa hp yahh..
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Tips supaya motor jadi enak tapi tetep enak buat dompet
apa iya om ? sy blom tau apakah Hasta bisa dyno motordoq wrote:Hasta? Hasta lenteng agung yg tadi nya workshop paint body itu oom? Setau saya sekarang mrk ada dyno utk motor jg deh cmiiw
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999