Masalah Suspensi belakang Land Cruiser 100 VX Limited
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Jul 30, 2014 7:54
Masalah Suspensi belakang Land Cruiser 100 VX Limited
Salam kenal semua rekan-rekan SM
Saya mempunyai masalah dengan Suspensi belakang Land Cruiser 100 VX Limited tahun 2001, keras seperti Shockbreaker mati. Setelah diganti Shock Absorber (rekomentasi/diganti oleh Auto 2000) dengan yang Original tetap terasa seperti Shock mati (memantul mantul melewati tanggul, lobang, dan jalan yang tidak rata). Mekanik berusaha untuk menelurusi masalah di Hidroliknya. Sudah seminggu di bengkel. Apakah masalah ini juga di Accumulator ?, seperti yang pernah didiskusikan pada topic lain di forum SM ini. Mohon pencerahan, pengalaman dan rekomendasi solusi permasalahan ini maupun ketersediaan Partnya untuk saya diskusikan balik di Auto 2000 Padang.
Saya mempunyai masalah dengan Suspensi belakang Land Cruiser 100 VX Limited tahun 2001, keras seperti Shockbreaker mati. Setelah diganti Shock Absorber (rekomentasi/diganti oleh Auto 2000) dengan yang Original tetap terasa seperti Shock mati (memantul mantul melewati tanggul, lobang, dan jalan yang tidak rata). Mekanik berusaha untuk menelurusi masalah di Hidroliknya. Sudah seminggu di bengkel. Apakah masalah ini juga di Accumulator ?, seperti yang pernah didiskusikan pada topic lain di forum SM ini. Mohon pencerahan, pengalaman dan rekomendasi solusi permasalahan ini maupun ketersediaan Partnya untuk saya diskusikan balik di Auto 2000 Padang.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 416
- Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56
Re: Masalah Suspensi belakang Land Cruiser 100 VX Limited
Malam om, permasalahan umum LC100 dengan hydraulic suspension memang rata-rata di actuator, apalagi kalau om beli mobil second tanpa service record biasanya perawaran hydraulic nya amburadul suka jarang di perhatiin karena banyak owner kurang "ngeh kalau oli hydraulic harus di ganti secara berkala. Nah pertanyaan mendasar sekarang apakah A2K sudah ganti oli hydraulic-nya, kalau belum minta ganti dulu sekalian di kuras.indrafarni wrote:Salam kenal semua rekan-rekan SM
Saya mempunyai masalah dengan Suspensi belakang Land Cruiser 100 VX Limited tahun 2001, keras seperti Shockbreaker mati. Setelah diganti Shock Absorber (rekomentasi/diganti oleh Auto 2000) dengan yang Original tetap terasa seperti Shock mati (memantul mantul melewati tanggul, lobang, dan jalan yang tidak rata). Mekanik berusaha untuk menelurusi masalah di Hidroliknya. Sudah seminggu di bengkel. Apakah masalah ini juga di Accumulator ?, seperti yang pernah didiskusikan pada topic lain di forum SM ini. Mohon pencerahan, pengalaman dan rekomendasi solusi permasalahan ini maupun ketersediaan Partnya untuk saya diskusikan balik di Auto 2000 Padang.
informasi proses penggantian atau kuras AHC/Hydraulic bisa dibaca disini: http://forum.ih8mud.com/threads/changin ... uid.60619/
nah kalau sudah di ganti ternyata masih mantul-mantul juga kemungkinan besar actuatornya yang rusak (kan shock uda di ganti) ini kerusakan paling standar untuk AHC. parts number nya 49130-60010 harga esimasinya sekitar 7-8jt di web toyodiy.com. cm minta orang A2K nya cek.
selanjutnya untuk acuan harga parts bisa coba dilihat di Toyodiy.com, itu web cukup informatif untuk cari tahu estimasi harga parts mobil toyota hampir semua jenis. So far sih di toko langganan saya kemayoran kemaren ada stock, cm kalau service di A2K kayaknya harus parts dari A2K gak sih supaya dapet jaminan service? sudah lama gak ke A2K lagi soalnya. A2K harusnya jaringan spareparts nya cukup bagus dan lengkap kok, tapi yah mungkin harga bisa agak mahal dikit untuk parts dan jasa.
terakhir, apakah AHC sering di pakai? kalau nggak copot aja semua ganti sistem per sekalian terus di lift pake ban 33 dan di pasang in locker om hehehehe
just my 2c please feel free to add
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Fri Mar 29, 2013 13:34
Re: Masalah Suspensi belakang Land Cruiser 100 VX Limited
Mumpung lagi hangat bahas LC 100 VX Limited, apa memang benar bahwa tipe ini harga bekasnya tidak sebagus Sahara karena sistem suspensi LC 100 yang masih memakai udara dan mahal biaya spare partsnya? Seberapa mahal sih jika harus diganti total? Kalau seperti kata om agathos bisa dilepas sekalian dan ganti sistem per, berapakah total biayanya? Terus bagaimana kinerjanya setelah diganti? Soalnya minat banget sama LC 100 tapi kalau Sahara kok mahal sekali ya? Barangkali ada tips2 lain seputar perawatan LC 100?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 416
- Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56
Re: Masalah Suspensi belakang Land Cruiser 100 VX Limited
Koreksi sedikit om, Land Cruiser family, kecuali prado series, pake nya hydraulic suspension untuk height controlnya bukan air suspension seperti harrier atau range rover. sebenernya IMO lebih kuat hydraulics dibandingkan dengan air suspension (idealnya air suspension setelah 5 tahun harus ganti balon-balon per kalau hydraulics selama perawatan bagus tidak perlu).gembong wrote:Mumpung lagi hangat bahas LC 100 VX Limited, apa memang benar bahwa tipe ini harga bekasnya tidak sebagus Sahara karena sistem suspensi LC 100 yang masih memakai udara dan mahal biaya spare partsnya? Seberapa mahal sih jika harus diganti total? Kalau seperti kata om agathos bisa dilepas sekalian dan ganti sistem per, berapakah total biayanya? Terus bagaimana kinerjanya setelah diganti? Soalnya minat banget sama LC 100 tapi kalau Sahara kok mahal sekali ya? Barangkali ada tips2 lain seputar perawatan LC 100?
Nah kalau Sahara sama VX-Limited yang membedakan adalah kalau sahara itu walaupun gak hydraulic (model tahun 2003 - aussie market version) tapi dia ada double blower dan diff-lock belakang. kalau VX limited belum tentu double blower dan di beberapa tipe yang saya temui juga gak ada rear diff-locker nya. seharusnya Sahara dan vx limited harga-nya gak beda2 juuh (untuk model tahun yang sama yah, jangan bandingkan sahara 2003 dengan VX limited tahun 2001/2002 yah karena dari segi interior dan transmisi aja sudah beda (model sebelum 2003 masih 4 speed transmission dan dashboard nya model flat dengan ac knob kalau 2003 up ac nya uda digital dan transmisi sudah 5 speed).market sahara 2003-2004 di 640jt s/d 710jt tergantung kondisi dan barang juga jarang. VX Limited tahun 2005-2007 antara 750jt-850jt again tergantung kondis dan ini barang jarang banget.
Service Hydraulics bisa cukup mahal, temen pernah ada habis 38jt untuk service peremajaan total hydraulics (shock, actuator, selang2 dll) yang preventive (ganti sebelum rusak atau habis masa umurnya) tapi kalau kerusakan gak parah bisa cukup habis 10-15jt saja (actuator dan perintilian lain) hanya saja kalau saya beli lc second dengan hydraulics dan model tahun lawas tanpa service record berasa lebih safe untuk O/H Hydraulics suspension daripada masalah di jalan nantinya.
kalau konversi dari hydraulics ke per biasa estimasi kasar sekitar 12-15jt pakai per dan shock old man emu -again ini estiasi yah, saya belum cek lagi ke Roma harga dengan kurs sekarang berapa - (oh iya LC 100 series suspensi depannya pakai torsion bar yah bukan per keong atau coil-over. ini udah termasuk lift sekitar 2" jadi gampang pasang ban 33' (kalau jakarta bisa beli di Roma motor).
over-all mesin 1HD-FTE toyota dan transmisi A442F - 4 speed atau A750 5 speed cukup durable kok provided that it has the right maintenance aja (rutin ganti oli, filter, timing belt dll.)
kalau mau lihat list service berdasar KM mobil untuk LC100 monggo di download maintenance schedule di link http://www.lcool.org/technical/100_seri ... series.pdf
just my 2 c
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Fri Mar 29, 2013 13:34
Re: Masalah Suspensi belakang Land Cruiser 100 VX Limited
Oh betul, hydraulic ya bukan air, makasih koreksinya serta ulasannya om agathos! Kalo Sahara memang harga gak bohong hehe...
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Fri Mar 29, 2013 13:34
Re: Masalah Suspensi belakang Land Cruiser 100 VX Limited
...dan, terima kasih juga buat link-nya om, ane print buat kakak yang miara Sahara.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Jul 30, 2014 7:54
Re: Masalah Suspensi belakang Land Cruiser 100 VX Limited
agathos wrote:Malam om, permasalahan umum LC100 dengan hydraulic suspension memang rata-rata di actuator, apalagi kalau om beli mobil second tanpa service record biasanya perawaran hydraulic nya amburadul suka jarang di perhatiin karena banyak owner kurang "ngeh kalau oli hydraulic harus di ganti secara berkala. Nah pertanyaan mendasar sekarang apakah A2K sudah ganti oli hydraulic-nya, kalau belum minta ganti dulu sekalian di kuras.indrafarni wrote:Salam kenal semua rekan-rekan SM
Saya mempunyai masalah dengan Suspensi belakang Land Cruiser 100 VX Limited tahun 2001, keras seperti Shockbreaker mati. Setelah diganti Shock Absorber (rekomentasi/diganti oleh Auto 2000) dengan yang Original tetap terasa seperti Shock mati (memantul mantul melewati tanggul, lobang, dan jalan yang tidak rata). Mekanik berusaha untuk menelurusi masalah di Hidroliknya. Sudah seminggu di bengkel. Apakah masalah ini juga di Accumulator ?, seperti yang pernah didiskusikan pada topic lain di forum SM ini. Mohon pencerahan, pengalaman dan rekomendasi solusi permasalahan ini maupun ketersediaan Partnya untuk saya diskusikan balik di Auto 2000 Padang.
informasi proses penggantian atau kuras AHC/Hydraulic bisa dibaca disini: http://forum.ih8mud.com/threads/changin ... uid.60619/
nah kalau sudah di ganti ternyata masih mantul-mantul juga kemungkinan besar actuatornya yang rusak (kan shock uda di ganti) ini kerusakan paling standar untuk AHC. parts number nya 49130-60010 harga esimasinya sekitar 7-8jt di web toyodiy.com. cm minta orang A2K nya cek.
selanjutnya untuk acuan harga parts bisa coba dilihat di Toyodiy.com, itu web cukup informatif untuk cari tahu estimasi harga parts mobil toyota hampir semua jenis. So far sih di toko langganan saya kemayoran kemaren ada stock, cm kalau service di A2K kayaknya harus parts dari A2K gak sih supaya dapet jaminan service? sudah lama gak ke A2K lagi soalnya. A2K harusnya jaringan spareparts nya cukup bagus dan lengkap kok, tapi yah mungkin harga bisa agak mahal dikit untuk parts dan jasa.
terakhir, apakah AHC sering di pakai? kalau nggak copot aja semua ganti sistem per sekalian terus di lift pake ban 33 dan di pasang in locker om hehehehe
just my 2c please feel free to add
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Wed Jul 30, 2014 7:54
Re: Masalah Suspensi belakang Land Cruiser 100 VX Limited
Terimakasih atas pencerahannya.
Memang masalah terletak pada accumulator atau sering disebut granat. Setelah saya ganti semua (2 depan 2 belakang) VX 100 Limited saya kembali baik.
Sekali lagi terimakasih.
Memang masalah terletak pada accumulator atau sering disebut granat. Setelah saya ganti semua (2 depan 2 belakang) VX 100 Limited saya kembali baik.
Sekali lagi terimakasih.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 190
- Joined: Tue Jul 10, 2007 8:43
Re: Masalah Suspensi belakang Land Cruiser 100 VX Limited
Nah saya lg nyari2 vx 100 sahara..yg plg bgs thn brp ya? Ada bengkel rekomendasi atau langganan kah yg teman2 tau? Konsumsi solar 1: brp ya?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 416
- Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56
Re: Masalah Suspensi belakang Land Cruiser 100 VX Limited
Sahara banyak 2003-2004 om saya lihat nya. Itu versi aussie rata2 gak pake hydraulics, uda ada locker belakang dan dual tank 145L total. Konsumsi sekitar 1:4.5 - 1:8 tergantung tingkat sekolah kaki dan jarak tempuh mobil juga (dalkot apa keluat kota). Sahara enak nya juga uda double blower dan rata2 audio nya gak integrated sama climate control, jadi bisa ganti pakai android system (4G integration).reinhard_harley wrote: ↑Thu Mar 29, 2018 2:39 Nah saya lg nyari2 vx 100 sahara..yg plg bgs thn brp ya? Ada bengkel rekomendasi atau langganan kah yg teman2 tau? Konsumsi solar 1: brp ya?
Bengkel yang bisa pegang land cruiser di ko iman autodyne pasar baru, dia banyak pegang lc diesel. Semua mobil saya ke dia.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1960
- Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
- Location: jkt
Re: Masalah Suspensi belakang Land Cruiser 100 VX Limited
1:4.5-8 itu pkae solar biasa ato gmn y um?
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sun Jan 20, 2019 2:23
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Land cruiser
Re: Masalah Suspensi belakang Land Cruiser 100 VX Limited
Halo saya mau tanya. Saya baru membeli vx100 tapi stelah shaa coba air suspensionnya mengapa ada jedag jedugnya ya? Ketika dinaikan dan diturunkan. Terima kasih. Boleh whatsapp saya jika ada yang tahu. 087800069595. Terima kasih
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Mar 03, 2020 13:29
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Land Cruiser VX100
Re: Masalah Suspensi belakang Land Cruiser 100 VX Limited
Salam dari Bandung om. Saya kebetulan pake lc100 limited juga om dan masalahnya bantingan suspensi keras... shock depan bagian kiri tuh udh bocor, udh dicek juga oleh mekanik auto200 saya curiga kalau shock nya doang diganti tidak akan menyelesaikan masalah, dan takutnya akumulator yang jadi penyebabnya... orang toyota pun gabisa memastikan kalau shock doang yang diganti bakal menyelesaikan masalahnya.. haduhh Maaf kalo boleh tau abis berapa ya biaya ganti accumulator depan & belakang sepasang?indrafarni wrote: ↑Sun May 31, 2015 4:03 Terimakasih atas pencerahannya.
Memang masalah terletak pada accumulator atau sering disebut granat. Setelah saya ganti semua (2 depan 2 belakang) VX 100 Limited saya kembali baik.
Sekali lagi terimakasih.