Wah, maaf saya ngga ada data teknisnya pak...dimasapri wrote:Thanks infonya Om Imsus2c.imsus2c wrote: Teoretis, final gear nya mestinya beda
Antara yg dipakai di mesin bensin dan mesin diesel
Besar mana rasio nya, final gear bensin atau diesel?
Atau klo Om Imsus2c punya datanya tolong di share dong...
Susah sekali dapat data Panther AT
Padahal belum lama tempohari, saya barusan overhaul panther matic
Nanti misal ada update info, saya post kan disini
Untuk rasio gigi, umumnya kecil (= halus) diesel dibanding bensin
Ini kembali ke karakter asli mesin diesel, yg kuat torsi di rpm bawah sekaligus rentang rpm kinerja mesinnya yg tidak setinggi mesin bensin.
Contoh yg kelihatan, redline rpm mesin bensin rata2 diatas 5500, bahkan kadang diatas 6500. Kalau mesin diesel paling di 4500an.
Ini contoh spek A/T Innova Diesel vs. A/T Innova Bensin dari web toyota.
Di innova, sepertinya final gear tetap sama (artinya gardan innova bensin maupun diesel sama),
Tapi perbedaan ada di rasio tiap giginya.
Artinya gearbox innova bensin dan gearbox innova diesel berarti berbeda.
http://nasmoco.co.id/mobil/kijang-innov ... si-innova/
(mulai dari gigi 1 keatas)
Diesel Bensin
2.804 2.806
1.531 1.493
1.000 1.000
0.705 0.730