review innova d-4d at vs grand livina at vs honda freed

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

bapakne_satya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
Location: Balikpapan-Yogyakarta
Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013

Re: review innova d-4d at vs grand livina at vs honda freed

Post by bapakne_satya »

VanzMatic wrote:
tokek_hutan wrote:Bicara Freed, saya selalu bilang "PUAS" dan "Gak Nyesel" nuker Innova V AT.
Orang bilang harga Freed over price, tapi mereka gak mempertimbangkan teknologi dan fitur yang ada di tipe PSD MMC-nya:

- Digital Auto Climate Control (= innova tipe V juga ada) --> rasanya sih engga penting. sistem puter Habanja atau geser ala Kijang Original Body, lebih praktis. --> penting atau nggak adl preferensi, bahwa Digital Auto Climate Control adalah feature yg membantu itu pasti
- ABS/EBD/BA (= innova tipe V juga ada) --> Takut konslet kalo nerjang banjir 1/2 roda.. Dulu bawa bimmer temen, ternyata mati mendadak di tol. gara2nya, si owner kemarennya nekat nerjang banjir 1/2 roda. --> apapun, ABS/EBD/BA adalah teknologi yang meningkatkan kinerja sistem penghenti laju, adalah alat safety, dan prinsip alat safety adalah tetap disediakan tetapi tidak berharap untuk digunakan
- akselerasi normal 14 detik dari 0-100km (= innova tipe V juga sama) --> Kalo mau aksel, aku lebih milih Lancer ahh.... :ngacir: --> OOT dah
- Interior akomodatif utk barang ((= innova tipe V juga sama, tapi lebih enak freed karena lebih rendah) --> maksudnya..? --> lebih rendah artinya lebih mudah memasukkan barang, tidak perlu mengangkat terlalu tinggi untuk memasukkan
- electric folding mirror ((= innova tipe V kagak ada) --> Temen saya nawarin buat habanja saya, 1 jutaan. Aku bilang, "No, thanks, tangan saya masih sehat, masih mampu ngelipet spion sendiri.." --> Lagi2 ini adalah preferensi, bahwa electric folding mirror mempermudah hidup itu pasti
- PSD ((= innova tipe V kagak ada) --> Bagus!--> ini juga feature untuk mempermudah hidup
- dalkot 9km/liter Pertamax (= innova tipe V cuman maksimal 7km/liter) --> Habanja AT juga segini, pakai biopertamax. --> livina gw dalkot bisa 12km/L, tp bukan di jakarta walau ada macet juga
- dimensi kompak dan radius putar kecil (= innova tipe V gak spt itu) --> Habanja juga okeh..! --> innova dan avanza seharusnya malah unggul karena RWD sehingga belokan roda depan bisa lebih tajam
- 6 seaters (= innova tipe V 7 seater, beda 1 orang doang) --> 10 orang di Habanja aja masih mampuh, sekaligus naik ke puncak dengan AT nya yang tangguh..! --> unsafe behaviour gan, itu dirancang untuk 7 orang max
- dual airbag (= innova tipe V tahun 2005 punya saya gak ada) --> Takut meletus tanpa sengaja kalo bumper kepentok trotoar, atau konslet. Alhamdulillah, selama nyupir 22 tahun, engga pernah tabrakan tuh...! --> kalau ini adalah alat safety, seharusnya ada tetapi tidak berharap untuk digunakan
- HU Kenwood + remote (= innova tipe V standar shg saya upgret ICE Kenwood) --> kalo In Car Entertainment, ngga penting lah, lebih penting AC dingin, muat banyak, tangguh, suku cadang gampang, servis murah dan mudah. Saya nyupir malah lebih sering nyetel radio saluran rohani dibanding radio dengan lagu2 dung dung dung atau kaset... --> no comment gan karena preferensi

Sampe sekarang Freed saya tetep standar bentuknya, cuman nambah PIVOT 3D + air filter KnN biar lebih narik di putaran bawah. Sementara utk tujuan yang sama di innova V AT saya dulu pake Broquet + Knalpot SAKI (secara harga lebih mahal ketimbang PIVOT 3D + KnN).

Emang bentuk Freed awalnya gak memuaskan selera semua orang, tapi lambat laun dimana2 banyak Freed kan :wkkk: --> 3rd row seat nya menyiksa, kalau menurutku... --> iya, setuju, bahkan innova pun sama nggak nyamannya untuk dewasa (apalagi jarak jauh, itu kenapa gw pilih livina yg 2 row, itu lebih masuk akal
Kemarin saya ke Cirebon juga takjub, Freed buanyak juga di sana. Good work HONDA :frm_salut:
:off_good_job: :mrgreen:
Just my 2 cents
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: review innova d-4d at vs grand livina at vs honda freed

Post by tesna »

yang ky gini nih yang bikin ATPM2 indonesia yang mencabut fitur2 safety karena orang Indonesia dianggap tidak mementingkan fitur safety..... dan pernak pernik lainnya yang seharusnya udah standard di mobil masa kini... setuju sama om bapakne_satya . Sehati2 nya orang bawa mobil.. tapi kan ada faktor external yang tidak bisa kita kontrol (pengemudi/pengguna jalan yg lain, fenomena alam, etc).. fitur2 ini ya gunanya utk minimize risk...

1. ABS.. mobil jaman sekarang harusnya ABS itu fitur standard EBD/BA ya sebagai pelengkapnya... jujur aja saya sendiri sering sekali diselamatkan oleh fitur ini.. bukan berarti saya nyetirnya ugal2an ya... walau cuman jalan 40kph klo jalanan licin (hujan) ini abs klo rem mendadak abs nya udah kick in lho... udah terbukti koq kegunaannya.. di EU (European Union) sana mobil tahun 2007 keatas udah WAJIB hukumnya pakai ABS. Memang kalau di gravel atau di salju ABS justru akan memperpanjang jarak rem.. tapi.. ya orang pada umumnya disini kan jarang jalanin mobil di gravel/snow... klo ketemu offroad masa iya masih ngebut...

2. Airbag.. well.. fitur safety tambahan yang berharap tidak pernah dipakai.

3. 7 seater dipaksa masuk 10 orang ya namanya mengundang resiko yang tidak perlu.. sama aja kaya sepeda motor tp diisi 3 orang atau lebih... Harusnya sistem seatbelt di Indonesia ini tidak diwajibkan oleh penumpang depan saja.. namun penumpang2 yang di belakangnya juga diwajibkan... aneh juga bikin peraturan koq nanggung. Padahal kan resiko nya gede juga buat yg di belakang klo misalnya terjadi sesuatu. Klo gini kan tidak ada kasus over capacity lagi.. (setidaknya di kendaraan pribadi)

4. klo soal digital climate control ini memang sekadar kemewahan/kenyamanan.. tapi klo ada kepake juga lho...(klo fitur digital auto ini bener2 dipake ya).. soalnya selama naik mobil ini mobil itu (sering nebeng orang) jarang yg make fitur automatic climate control ini walau mobilnya ada fitur itu (pada disetel LOW atau COLD)...trus atur fan manual.. lha sama aja pake ac manual yak.... padahal kan namanya jg automatic climate contorol... itu bisa nyetel kekencangan hembusan angin secara otomatis sampai temperatur yang diinginkan.. makanya mobil2 mewah sampe dual zone segala kan.. klo saya sih set di 25 derajat auto aja trus diem aja deh (berlaku jg di AC rumahan saya ahahahha)


udah ah jadi OOT.. maap yak om admin dan TS :P
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: review innova d-4d at vs grand livina at vs honda freed

Post by jalu »

tesna wrote:yang ky gini nih yang bikin ATPM2 indonesia yang mencabut fitur2 safety karena orang Indonesia dianggap tidak mementingkan fitur safety..... dan pernak pernik lainnya yang seharusnya udah standard di mobil masa kini... setuju sama om bapakne_satya . Sehati2 nya orang bawa mobil.. tapi kan ada faktor external yang tidak bisa kita kontrol (pengemudi/pengguna jalan yg lain, fenomena alam, etc).. fitur2 ini ya gunanya utk minimize risk...
regulasi dr pemerintah yang longgar ttg safety + masyarakat yang kurang kritis ttg safety = ATPM berpesta pora mempreteli fitur2 safety yang sudah sepatutnya jadi minimum standard
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5489
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: review innova d-4d at vs grand livina at vs honda freed

Post by nugroho bagor »

jalu wrote:
tesna wrote:yang ky gini nih yang bikin ATPM2 indonesia yang mencabut fitur2 safety karena orang Indonesia dianggap tidak mementingkan fitur safety..... dan pernak pernik lainnya yang seharusnya udah standard di mobil masa kini... setuju sama om bapakne_satya . Sehati2 nya orang bawa mobil.. tapi kan ada faktor external yang tidak bisa kita kontrol (pengemudi/pengguna jalan yg lain, fenomena alam, etc).. fitur2 ini ya gunanya utk minimize risk...
regulasi dr pemerintah yang longgar ttg safety + masyarakat yang kurang kritis ttg safety = ATPM berpesta pora mempreteli fitur2 safety yang sudah sepatutnya jadi minimum standard
Betul2 om :frm_salut: kecuali ntar diadain list yang di sunat sama ATPM,terus di blow up biar buat pelajaran ATPM :frm_bang_head:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: review innova d-4d at vs grand livina at vs honda freed

Post by y_anjasrana »

skrg mulai ada kecendrungan safety dipasang tp fitur lainnya dikurangi. seperti pd brio, airbag, abs & ebd dipasang, tp ac msh model putar dan window by power (baca = model engkol) lagi. pd mirage, airbag dipasang, tp hu dgn lcd dihilangkan. bahkan konon agya yg ktnya seharga 100jtan, sudah dilengkapi airbag. jd sepertinya tren ke depan, fitur2 safety dipasang, tp fitur2 yang memanjakan user dikurangi.

sepertinya mending seperti ini ya.... :mky_04: :mky_04: :mky_04:
Accurate V5 Accounting System Consultant
bapakne_satya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
Location: Balikpapan-Yogyakarta
Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013

Re: review innova d-4d at vs grand livina at vs honda freed

Post by bapakne_satya »

y_anjasrana wrote:skrg mulai ada kecendrungan safety dipasang tp fitur lainnya dikurangi. seperti pd brio, airbag, abs & ebd dipasang, tp ac msh model putar dan window by power (baca = model engkol) lagi. pd mirage, airbag dipasang, tp hu dgn lcd dihilangkan. bahkan konon agya yg ktnya seharga 100jtan, sudah dilengkapi airbag. jd sepertinya tren ke depan, fitur2 safety dipasang, tp fitur2 yang memanjakan user dikurangi.

sepertinya mending seperti ini ya.... :mky_04: :mky_04: :mky_04:
Kl menurut gw mending gini, AV, aksesoris, dll after market tinggal pilih, lha kalau safety equipment? Lbh susah kan?
somat85
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Apr 07, 2015 22:48

Re: review innova d-4d at vs grand livina at vs honda freed

Post by somat85 »

om mohon petunjuk, ane pake innova bensin 2005, kemaren abis luar kota tiba2 ada suara dengung di rpm 1800,diatas to dibawah rpm itu suara ilang. Dan pada saat dengung muncul, rasanya sedikit agak getar ( sedikit sekali ). Sepertinya suara muncul dr kolong mobil.
kira2 apanya ya om? tks.
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: review innova d-4d at vs grand livina at vs honda freed

Post by g1ng2 »

somat85 wrote:om mohon petunjuk, ane pake innova bensin 2005, kemaren abis luar kota tiba2 ada suara dengung di rpm 1800,diatas to dibawah rpm itu suara ilang. Dan pada saat dengung muncul, rasanya sedikit agak getar ( sedikit sekali ). Sepertinya suara muncul dr kolong mobil.
kira2 apanya ya om? tks.
suara dengung dari seputar roda di kecepatan tertentu? mungkin dari laher/bearing cmiiw..
coba cek ke beres... atau bengkel spesialis kaki2
somat85
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Apr 07, 2015 22:48

Re: review innova d-4d at vs grand livina at vs honda freed

Post by somat85 »

g1ng2 wrote:
somat85 wrote:om mohon petunjuk, ane pake innova bensin 2005, kemaren abis luar kota tiba2 ada suara dengung di rpm 1800,diatas to dibawah rpm itu suara ilang. Dan pada saat dengung muncul, rasanya sedikit agak getar ( sedikit sekali ). Sepertinya suara muncul dr kolong mobil.
kira2 apanya ya om? tks.
suara dengung dari seputar roda di kecepatan tertentu? mungkin dari laher/bearing cmiiw..
coba cek ke beres... atau bengkel spesialis kaki2
suara berasal dr knalpot om, pas mobil diem ane coba gas sampe rpm 1800 an bunyi dengung kluar jg cuma lebih krasa pas mobil jalan.